Written by 03:26 Elektronik

10 Rekomendasi Smart TV 4K UHD Terbaik

Untuk mengakses konten siaran dari televisi, Anda tentu menginginkan kualitas gambar yang detail dan tampak nyata, bukan? Pengalaman terbaik ini dapat Anda peroleh dengan menonton siaran hingga streaming dari smart TV beresolusi 4K. Umum pula disebut resolusi UHD (ultra high definition), smart TV 4K kini menjadi pertimbangan televisi modern utama banyak keluarga.

Produsen asal mancanegara seperti LG, Samsung, Sony, dan Sharp berlomba mengeluarkan smart TV 4K dengan kualitas terbaik. Anda yang tengah mencari produk unggulan mungkin bingung untuk memilih satu di antara sekian banyak pilihan. Maka itu, kami akan menemani Anda temukan smart TV 4K yang tepat. Tak lupa, aspek pemilihan smart TV 4K terjabarkan pula di sini. Selamat membaca!

Apakah TV 4K dan TV UHD Berbeda?

Secara teknis, definisi 4K sebenarnya adalah standar sinema yang digunakan untuk menayangkan film layar lebar atau produksi profesional. Sedangkan UHD (Ultra High Definition) adalah standar siaran atau tampilan konsumen. Namun, karena istilah 4K lebih melekat pada konsumen, beberapa produsen TV banyak menggunakan istilah 4K ini bersama dengan UHD.

Baik TV 4K, UHD, atau 4K UHD umumnya merujuk pada definisi TV yang sama. Istilah 4K merujuk pada fakta bahwa piksel horizontal TV ini kira-kira empat ribu (4.096 x 2160) dengan aspek rasio 1.9:1. Sementara UHD jumlah pikselnya lebih rendah, yaitu 3.840 x 2160 dengan aspek rasio 1,78:1. Namun karena perbedaan ini terlalu pendek, banyak produsen sering mengaburkan keduanya.

Cara Memilih Smart TV 4K UHD

Beberapa hal mesti Anda pertimbangkan tatkala membeli smart TV 4K. Ulasan lengkap perihal poin pemilihan smart TV 4K akan kami bahas di section ini. Simak dengan cermat, ya!

Pilih Tipe Layar dengan Membandingkan Performanya

Sebagian besar TV yang Anda temui saat ini adalah bentuk LCD. Namun ini berbeda-beda dalam hal jenis panel dan lampu latar (backlight) yang digunakan. Perbedaan tipe layar ini biasanya memengaruhi performa dan sumber daya yang digunakan, yang akan kita bahas disini.

Edge LED: Jenis Layar Rendah Budget yang Ringkas dan Hemat Energi

Lampu latar edge LED umumnya diposisikan di sepanjang tepi layar. Jadi display ini menggunakan semacam “pemandu cahaya” untuk menyebarkan cahaya ke seluruh permukaan layar. Ini membuatnya lebih hemat daya dan memungkinkan layar TV menjadi lebis tipis dan ramping. Maka dari itu, jenis LCD ini biasanya jauh lebih murah.

Adanya posisi LED pada tepi layar memungkinkan kontras layar menjadi lebih baik. Sayangnya, kualitas gambar yang dihasilkan tidak sebaik direct LED dan cahaya latarnya juga lemah, terutama di bagian tengah. Ketika Anda melihat gambar pemandangan atau layar di malam hari, bagian tengahnya cenderung kurang tajam.

Direct LED: Layar Terang dengan Tampilan Gambar Lebih Jelas

Tipe direct LED pada dasarnya memiliki lampu latar yang diposisikan di belakang panel. Lampu latar ini tersebar di seluruh panel layar sehingga membuat tampilan LCD jauh lebih terang dengan cahaya latar yang lebih baik. Area terang dan gelap pada layar ini ditampilkan dengan jelas. Bahkan, tampilan gambar di layar lebih jelas ketika ditonton malam hari.

Direct LED juga memungkinkan gambar yang ditampilkan jauh lebih jelas, karena lebih banyak matriks LED yang digunakan. Sayangnya, display yang menggunakan banyak LED ini cenderung lebih gampang panas dan lebih banyak menghabiskan daya alias boros listrik.

OLED: Kontras Tinggi untuk Produksi Warna Gelap yang Sempurna

Display OLED sebenarnya tidak berkaitan dengan LCD, karena teknologi OLED tidak memanfaatkan lampu latar aktif untuk memancarkan cahaya. Sebaliknya, setiap piksel layar ini mampu menyala secara independen dan berfungsi sebagai sumber cahayanya sendiri.

Karena tidak memiliki panel LED, jenis layar ini memiliki berat lebih ringan dan ukuran lebih tipis. Di sisi lain, layar OLED juga dapat menampilkan kontras yang jauh lebih unggul karena dapat menampilkan warna hitam asli dengan cara mematikan pikselnya. Sayangnya, harga TV dengan layar OLED jauh lebih tinggi dibandingkan LCD biasa.

Pilih Layar dengan Panel IPS untuk Sudut Pandang Lebih Luas

Panel IPS (in-plane switching) adalah salah satu dari dua tipe panel utama pada teknologi layar smart TV. Jenis panel lainnya adalah VA (vertical alignment). Kedua tipe ini memengaruhi banyak aspek kinerja layar, termasuk sudut pandang, reproduksi warna, dan rasio kontras. Panel VA biasanya memiliki kontras tinggi namun sudut pandangnya terbatas, yakni dari depan saja.

Di sisi lain, panel IPS dapat melampaui kinerja VA dalam hal akurasi warna. Tipe panel ini memanfaatkan kristal cair yang disejajarkan secara paralel untuk menghasilkan warna yang kaya. Selain itu, kemampuan kristal cair pada panel IPS untuk bergeser secara horizontal juga dapat menciptakan sudut pandang lebih luas dari VA, yaitu dari depan dan samping.

Pilih yang Refresh Rate-nya 60 Hz, 120 Hz, atau Lebih

Refresh rate adalah angka yang menunjukkan berapa kali per detik gambar di TV berubah yang ditulis dalam satuan Hz (hertz). Berbeda dengan TV plasma yang menangkap gelombang radio, TV LCD bekerja menyatukan gambar untuk hasilkan video. Kebanyakan TV LCD dapat menyatukan 60 gambar per detik, sementara model high-end bisa me-refresh hingga 120 Hz atau lebih per detiknya.

Gambar yang tajam dan smooth bisa didapatkan dari refresh rate yang tinggim seperti 120 Hz ke atas. Sayangnya, banyak dari produsen TV mungkin menyisipkan bingkai hitam untuk menarik pelanggan dengan mengklaim angka yang tinggi namun tidak sesuai dengan refresh rate asli (fake refresh rate). Beberapa di antaranya bahkan memiliki istilah mereka sendiri seperti Motion Rate untuk Samsung, TruMotion untuk LG, atau Backlight Scan untuk Panasonic.

Utamakan Produk yang Mengusung Teknologi Layar HDR

Istilah HDR (High Dynamic Range) biasanya sering dijumpai pada dunia fotografi. Teknologi layar ini difungsikan untuk memunculkan gambar yang lebih detail dengan meningkatkan kontras dan memperluas nuansa warna. Ketika fitur ini datang pada TV, Anda bisa melihat gambar dan video yang lebih realistis mendekati aslinya.

HDR mampu memberikan gambar lebih terang dengan level kontras yang tinggi. Sementara itu, HDR juga memanfaatkan lebih banyak warna untuk membuat gambar yang tampak nyata. Ada banyak format HDR yang bisa dipilih, yang paling populer adalah HDR10 dan Dolby Vision. Sementara format lainnya ada HDR10+, HLG, NHK, dan Advanced HDR.

Periksa Tawaran Konektivitas Internet, Baik dengan Port Ethernet ataupun Built-In Wi-Fi

Pada dasarnya, semua smart TV 4K adalah jenis smart TV yang memiliki port ethernet dan dukungan WiFi internal. Adanya fitur ini memungkinkan Anda terhubung ke internet agar bisa menikmati hiburan seperti streaming acara TV online, menyaksikan pilihan video-on-demand, browsing, langganan acara Netflix, Youtube, dan banyak lagi.

Dengan port ethernet, Anda bisa menghubungkan smart TV dengan kabel HDMI untuk mendapatkan streaming konten yang lebih lancar. Namun Anda juga bisa memperoleh akses melalui sistem WiFi bawaan, meskipun memakan bandwidth lebih besar untuk menangani resolusi gambar 4K.

Cek Apakah Terdapat Tuner Bawaan untuk Menyaksikan Siaran 4K

TV tuner adalah komponen yang dibangun dalam perangkat TV konvensional untuk memungkinkan Anda bisa menerima siaran TV 4K tanpa bantuan kotak kabel atau satelit. Tanpa adanya tuner bawaan, Anda tidak bisa menyaksikan siaran lokal over-the-air pada TV.

Kenyataannya, banyak pelanggan smart TV lebih sering melakukan streaming atau menonton TV langsung dari kotak kabel atau satelit tanpa memerlukan tuner. Sayangnya, akses konten dengan cara ini cukup terbatas. Jadi, jika Anda ingin menonton saluran TV lokal gratis tanpa antena eksternal, pilihlah smart TV 4K yang memiliki adaptor tuner bawaan di dalamnya.

10 Rekomendasi Smart TV 4K UHD Terbaik

Fitur apakah yang Anda butuhkan dari sebuah smart TV 4K? Apapun itu, kami sarankan Anda memeriksa betul spesifikasi dan fitur unggulan setiap produk. Berikut sederet pilihan smart TV 4K berkualitas yang best seller di Indonesia. Silakan pilih sesuai budget dan kebutuhan Anda!

1. Samsung UA43RU7100KPXD 4K UHD Smart TV

Menyajikan pengalaman bermain game tanpa latensi dan menonton TV yang halus

Jika Anda menginginkan pengalaman menonton TV dan bermain game yang halus tanpa lag, smart TV 4K RU7100KPXD varian 43 inci dari Samsung ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Smart TV LED 4K ini didukung dengan motion rate hingga 100 Hz, membuat gambar yang dihasilkan lebih smooth dengan tingkat latensi super rendah.

Produk ini dilengkapi HDR10+ yang dapat menampilkan konten lebih terang dan jelas pada layar. Bahkan, Anda juga bisa dengan mudah mengendalikan perangkat ini dari jarak jauh dengan satu remote TV universal. Konten yang disajikan juga lebih luas berkat adanya smart hub dan TV tuner digital DVB-T2.

Kode produkUA43RU7100KPXD
Ukuran layar43 inci
Tipe layarLED
Layar IPSTidak disebutkan
Refresh rateMotion Rate 100
Kualitas gambarHDR10+
Internet
Tuner bawaanDigital DVB-T2
Kisaran hargaRp4.899.000

2. LG 50UM7300PTA 4K UHD Smart LED TV

Dengan layar IPS multi HDR untuk memaksimalkan pengalaman menonton

Smart TV 4K dengan ukuran layar 50 inci dari LG ini dilengkapi direct LED yang bisa menawarkan Anda tampilan TV terang dengan cahaya latar yang optimal. Produk ini didukung layar IPS 4K yang memungkinkan Anda dapat menikmati film lebih nyaman dari sisi samping maupun depan.

Kelebihan lain dari smart TV besutan LG ini yaitu dilengkapi format multi-HDR (termasuk HDR10 dan HLG) yang dikombinasikan dengan Dynamic Tone Mapping untuk menyajikan kualitas video lebih detail, halus, dan kaya warna. Pergerakan gambar atau videonya juga lebih smooth dengan motion rate 120 Hz.

Kode produk50UM7300PTA
Ukuran layar50 inci
Tipe layarDirect LED
Layar IPS
Refresh rateTruMotion 120
Kualitas gambarHDR10, HLG
Internet
Tuner bawaanTidak disebutkan
Kisaran hargaRp6.499.000

3. Coocaa 50S5G 4K UHD Android Smart LED TV

Akses hiburan lebih lengkap dengan harga kurang dari 5 juta!

Untuk Anda yang membutuhkan TV HDR affordable, Anda mungkin akan cocok dengan produk rakitan Coocaa satu ini. Smart TV 4K UHD berikut memiliki ukuran layar 50 inci yang dilengkapi sistem Android 7.0, memungkinkan Anda untuk mengakses Play Store secara langsung dari layar.

Layar IPS dan direct LED pada smart TV 4K ini memungkinkan Anda menonton dengan kontras lebih bagus berbagai arah. Meskipun tampilan fisiknya kurang elegan karena memiliki bezel yang tidak tipis, smart TV ini didukung beragam port lengkap untuk mengakses banyak hiburan dengan motion rate 60 Hz.

Kode produk50S5G
Ukuran layar50 inci
Tipe layarDirect LED
Layar IPS
Refresh rate60 Hz
Kualitas gambarHDR
Internet
Tuner bawaanTidak disebutkan
Kisaran hargaRp 4.489.000

4. Xiaomi Mi TV 4 4K UHD Smart Android TV

Tampilan minimalis dengan harga yang murah

Tak ingin ketinggalan dengan produsen elektronik kenamaan lain, Xiaomi pun merilis smart TV beresolusi UHD andalannya. Produk ini dihadirkan dengan layar 55 inci dan format HDR 10 bit yang memanjakan pengguna menikmati layanan TV 60 Hz dengan banyak pilihan warna. Produk ini juga mendukung layar IPS untuk bisa dinikmati dari segala arah.

Tampilan Mi TV 4 ini cukup minimalis dengan bezel tipis. Tambahan tuner analog (NTSC/PAL/SECAM) dan Smart Control Mi Remote-nya berguna untuk memudahkan pengoperasian. Untuk port-nya, Xiaomi menyediakan 3 slot HDMI, 1 slot USB 2.0, dan slot untuk ethernet. Selain itu, produk ini juga mendukung WiFi dan Bluetooth 4.2 untuk sambungan nirkabel.

Kode produkMi 4
Ukuran layar55 inci
Tipe layarDirect LED
Layar IPS
Refresh rate60 Hz
Kualitas gambarHDR10
Internet
Tuner bawaanAnalog (NTSC/PAL/SECAM)
Kisaran hargaRp5.499.000

5. Sony Bravia KD-55X8000G 4K UHD Smart Android LED TV

Mendukung gambar dan suara yang jernih

Seri Bravia KD-55X8000G keluaran Sony ini mempunyai layar berukuran 55 inci dengan backlight tipe direct LED. Layar ini mendukung format HDR10 dan HLG, serta mampu berjalan dengan motion rate 50 – 60 Hz. Spesifikasi tersebut cukup menampilkan detail gambar yang terlihat nyata.

Selain mendukung port internet dan Android, smart TV UHD 4K ini juga dibekali tuner digital DVB-T/T2 yang memungkinkan Anda menikmati beragam acara lebih mudah. Sistem suara TV ini menggunakan teknologi ClearAuido+ yang membuatnya lebih jernih saat memutar tontonan.

Kode produkKD-55X8000G
Ukuran layar55 inci
Tipe layarDirect LED
Layar IPS
Refresh rate50 Hz/60 Hz
Kualitas gambarHDR10, HLG
Internet
Tuner bawaanDigital DVB-T/T2
Kisaran hargaRp7.895.000

6. Panasonic TH-43GX400G 4K UHD Smart LED TV

Fitur Digital Theater Sound untuk pengalaman tonton mengagumkan

Panasonic TH-43GX400G adalah smart TV yang sanggup menampilkan gambar 4K lengkap dengan teknologi Digital Theater Sound untuk hasil gambar yang memukau. TV LED 43 inci ini juga dilengkapi layar IPS dan teknologi HDR10 untuk memperlihatkan gambar dengan kontras terbaik yang bisa dinikmati dari segala arah.

Anda juga bisa merasakan suara TV yang lebih akurat berkat teknologi DTS Surround-nya yang membuat Anda seolah-olah berada di tengah film atau game yang sedang dimainkan. Produk ini menawarkan fitur streaming dan banyak pilihan aplikasi yang mudah diakses dengan basis Android TV.

Kode produkTH-43GX400G
Ukuran layar43 inci
Tipe layarLED
Layar IPS
Refresh rateTidak disebutkan
Kualitas gambarHDR10
Internet
Tuner bawaanTidak disebutkan
Kisaran hargaRp5.198.000

7. LG OLED55C9PTA 4K UHD Smart Flat OLED TV

Smart TV OLED yang ramping dan paling banyak fiturnya

Keberhasilan layar berteknologi OLED menjadi keunggulan dasar yang ditawarkan oleh LG. Pada titik ini, brand raksasa asal Korea berikut berhasil menciptakan smart TV 4K dengan OLED paling cerdas dan penuh fitur yang dapat Anda beli dengan harga kompetitif.

LG OLED55C9PTA hadir dengan fisik ramping dan desain minimalis. Teknologi Dolby Atmos Audio yang tersemat memungkinkan Anda menikmati audio dengan sebaran ke area luas. Inovasi kabel unik pada smart TV 4K ini tidak akan merusak estetika sekitaran meja tempat Anda meletakkan TV.

Kode produkOLED55C9PTA
Ukuran layar55 inci
Tipe layarOLED
Layar IPSTidak disebutkan
Refresh rate120 Hz
Kualitas gambarHDR10 Pro, HLG Pro
Internet
Tuner bawaanTidak disebutkan
Kisaran hargaRp23.799.000

8. Changhong U58H7A 4K UHD Android 9.0 Smart LED TV

Nikmati beragam fitur menghibur tanpa merogoh kantong dalam-dalam

Produsen asal Tiongkok, Changhong, meluncurkan smart TV 4K berlayar lebar dengan harga relatif terjangkau. Produk ini dibekali bermacam fitur melimpah yang telah didukung sistem operasi Android 9.0, menjadikannya sebagai smart TV 4K pertama yang menggunakan OS ini.

Penggunaan OS Android memudahkan Anda mengakses Play Store, Google Assistant, dan built-in Chromecast untuk memilih konten film, musik, dan aplikasi yang menghibur. Layar LED pada TV pintar ini menerapkan teknologi HDR yang mengeluarkan setiap detail gambar lebih jernih dan tergolong nyata.

Kode produkU58H7A
Ukuran layar58 inci
Tipe layarLED
Layar IPSTidak disebutkan
Refresh rateTidak disebutkan
Kualitas gambarHDR
Internet
Tuner bawaanTidak disebutkan
Kisaran hargaRp 6.299.000

9. Sharp 4T-C60AH1X 4K UHD Easy Smart 3.0 LED TV

Cocok untuk pengguna Muslim yang tak ingin kebablasan nonton

Berbeda dengan merek lain, Sharp menyuguhkan smart TV 4K dengan kualitas gambar AQUOS untuk warna lebih tepat. Lampu latar dan panel warna pada setiap inci layar memberikan warna lebih luas 123%. Mengusung standar HDR paling terbaru serta penggabungan dengan teknologi pencahayaan tinggi, produk ini konsisten mengeluarkan kontras warna terang dan gelap lebih nyata seperti aslinya.

Mengingat di Indonesia lebih dari 80% penduduknya memeluk agama Islam, smart TV 4K ini dibekali fitur Azan Reminder sebagai pengingat waktu salat. Bila ingin bermain game Android, menikmati konten Google Play, atau menonton video YouTube, Sharp mendesain layar lebih lebar dengan fitur Wireless Mirroring yang mampu mentransfer tampilan layar HP ke TV. Keren, bukan?

Kode produk4T-C60AH1X
Ukuran layar60 inci
Tipe layarLED
Layar IPSTidak disebutkan
Refresh rateTidak disebutkan
Kualitas gambarHDR10
Internet
Tuner bawaanTidak disebutkan
Kisaran hargaRp10.499.000

10. Polytron PLD-65UV5901 4K UHD Smart TV

Tonton tayangan kesukaan Anda hanya dengan sekali click!

Seri terbaru Polytron PLD 65UV5901 secara khusus dirancang untuk menghadirkan pengalaman menonton bioskop dari rumah. Ukuran layar 65 incinya memiliki bezel tipis, Anda bersama pasangan atau keluarga semakin puas setiap kali menonton. Anda yang berlangganan Netflix bisa menghabiskan weekend atau waktu kosong untuk menyelesaikan seri favorit dalam kualitas 4K!

Hadir bersama Quantum Dot Technology, smart TV dari Polytron ini menghasilkan spektrum warna luas, membuat konten yang Anda tonton lebih hidup dan seru. Apalagi, kecerahan optimal, akurasi warna superior, serta teknologi HDR 10+ menjadikan Anda betah menikmati suguhan kesukaan. Satu lagi, sistem operasi Linux memungkinkan Anda melakukan streaming YouTube dan Netflix dengan sekali klik.

Kode produkPLD-65UV5901
Ukuran layar65 inci
Tipe layarEdge LED
Layar IPSTidak disebutkan
Refresh rate120 Hz
Kualitas gambarHDR10+
Internet
Tuner bawaanTidak disebutkan
Kisaran hargaRp15.666.000

Kesimpulan

Meskipun pabrikan mulai mengepakkan sayap produksinya ke smart TV resolusi 8K, Anda pun bisa merasakan kepuasan dengan smart TV 4K. Rentang harga yang berbeda-beda dari smart TV 4K dipengaruhi oleh keunggulannya masing-masing. Utamakan produk yang memprioritaskan kualitas gambar serta audio. Jangan lupa untuk memilih produk yang nyaman ditonton bersama-sama dari banyak sudut.

Bila Anda masih kebingungan memilih smart TV 4K terbaik, bacalah review pengguna dari YouTube atau media lain untuk meyakinkan. Smart TV 4K yang Anda pilih harus dipastikan sesuai kebutuhan pribadi. Pilihlah produk yang membuat Anda betah setiap kali menonton televisi. Selamat memilih!

(Visited 2.947 times, 13 visits today)