Elektronik

10 Rekomendasi Merk Speaker Aktif Terbaik

Speaker aktif atau powered speaker adalah speaker yang memiliki amplifier bawaan, berkebalikan dari speaker pasif yang harus dihubungkan dengan amplifier terpisah. Karakteristik ini menjadikannya pilihan utama untuk sebagian audiophile yang lebih senang dengan setup yang simpel.

Produsen speaker aktif itu sendiri banyak, misalnya Advance, Simbadda, dan Sonicgear. Jika Anda tertarik membeli dan ingin lebih mudah menentukan, ikuti tips memilih yang kami terangkan di artikel ini. PickyBest juga punya sepuluh rekomendasi speaker aktif terbaik yang patut Anda periksa. Selamat membaca!

Cara Memilih Speaker Aktif

Memilih speaker aktif tidak boleh sembarangan. Terdapat banyak aspek yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah ukuran, jenis kabinet, sensitivitas, rentang frekuensi, bobot, dan konektivitas.

Floorstanding atau Bookshelf?

Speaker, baik aktif maupun pasif, dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu floorstanding dan bookshelf.

Tak hanya beda ukuran, keduanya juga memiliki perbedaan pada aspek volume, respons frekuensi, dan sebagainya. Sebab itu, tentukan dulu jenis mana yang lebih tepat buat Anda.

  • Floorstanding (tower speaker). Kabinet tinggi besar menghasilkan sensitivitas besar pula, yang berujung pada volume maksimum lebih keras. Selain itu, speaker ini terdiri dari multi-driver sehingga mencakup nyaris seluruh frekuensi audio (full range, 20 Hz-20 kHz).
  • Bookshelf. Memiliki kabinet kecil dan ringkas sehingga biasanya diletakkan di atas meja, lemari, atau di-mount ke stand khusus. Rentang frekuensinya sendiri lebih sempit karena hanya memiliki dua (2-way) atau tiga (3-way) driver. Cocok digunakan di ruangan terbatas seperti kamar tidur dan ruang keluarga, ataupun sebagai desktop speaker.

Pastikan Sensitivitasnya Sesuai dengan Kebutuhan Besar Volume

Sensitivitas speaker merujuk pada relasi antara power input dari amplifier dengan sound ouput. Semakin besar sensitivitasnya, semakin besar pula volume audio yang dihasilkan setiap 1 watt dalam jarak 1 meter. Adapun sensitivitas—atau juga disebut sound pressure level (SPL)—diukur dalam satuan desibel (dB).

Sesuaikanlah sensitivitas speaker dengan kebutuhan besar volume Anda. Rata-rata speaker memiliki sensitivitas sekitar 74-88 dB. Ini adalah wilayah volume yang nyaman untuk level rumahan. Jika mau digunakan untuk pertunjukkan live music, Anda bisa pilih yang mencapai 100 dB ke atas.

Perhatikan Rentang Frekuensinya

Rentang frekuensi atau juga disebut respons frekuensi menunjukkan cakupan frekuensi sinyal audio yang dapat direproduksi oleh speaker.

Rentang frekuensi suara yang dapat didengar oleh manusia adalah 20 Hz-20 kHz. Semakin dekat rentang frekuensi speaker dengan rentang frekuensi tersebut, semakin akurat reproduksi audionya di segala frekuensi.

Biar demikian, tidak semua speaker mencakup seluruh rentang frekuensi tersebut. Sebab itulah, diperlukan pemisahan frekuensi (crossover) ke dalam beberapa driver atau bahkan speaker berbeda.

Kalau Tidak Mau Tambah Subwoofer, Pilih Speaker Full Range

Di poin sebelumnya sudah kami jelaskan bahwa ada pemisahan frekuensi ke speaker berbeda. Subwoofer adalah salah satunya. Speaker ini dirancang khusus untuk mereproduksi frekuensi paling rendah (sub-bass), yakni sekitar 20-200 Hz. Subwoofer nyaris selalu diperlukan dalam sebuah sistem audio.

Apabila karena alasan tertentu Anda tidak berniat tambah subwoofer, maka Anda perlu memilih speaker full range. Speaker full range minimal memiliki tiga buah driver (3-way) untuk menghasilkan reproduksi lebih baik pada tiap jenis frekuensi. Speaker full range memerlukan kabinet yang besar sehingga Anda hanya dapat menemukannya sebagai speaker floorstanding.

Jika Perlu, Pilih yang Mendukung Konektivitas Wireless

Saat ini sudah banyak speaker aktif dengan konektivitas wireless dan bluetooth. Fitur ini sangat berguna untuk meminimalisir sambungan kabel dan memudahkan akses ke speaker dari beragam perangkat. Sebagian produk juga kompatibel dengan teknologi streaming seperti Google Chromecast dan Apple AirPlay 2.

Tak hanya sampai situ, banyak pula speaker yang sudah mendukung konektivitas langsung dengan layanan streaming musik seperti Spotify, Deezer, TIDAL, dan sejenisnya. Fitur ini sangat bermanfaat untuk Anda yang lebih sering mendengar musik digital dibanding rilisan fisik.

10 Rekomendasi Speaker Aktif Terbaik

Apakah tips memilih yang kami bagi di atas mudah dipahami? Jika sudah paham, sekarang Anda sudah siap untuk menyeleksi speaker aktif di pasaran. Sebelum pergi, mari cek sepuluh rekomendasi kami di bawah ini.

1. Yamaha DBR-10

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Kapabilitas tinggi dalam desain yang compact

Yamaha DBR-10 merupakan varian paling compact dari seri loudspeaker DBR milik Yamaha. Dengan output volume maksimum mencapai 129 dB dan ukuran yang hanya 10 inci, speaker ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan berbeda. Baik sebagai speaker utama dari konfigurasi di rumah, maupun monitor panggung.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Volume kencang.
  • Build quality kokoh.
  • Harga sangat kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Frekuensi sub-bass kurang nendang.
Jenis Floorstanding
Sensitivitas maksimum 132 dB
Rentang frekuensi 55 Hz-20 kHz
Bobot 10,5 kg
Dimensi 308x493x289 mm
Kisaran harga Rp3.725.000

2. Simbadda CST 3000N+

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Sudah lengkap dengan subwoofer bawaan!

Speaker Simbadda ini merupakan paket lengkap yang terdiri dari 2 speaker utama dengan 1 speaker subwoofer. Dengan konfigurasi ini, Anda dapat merasakan kualitas audio yang lengkap dengan kualitas yang baik pada seluruh frekuensi. Kabinet subwoofer yang berukuran besar membuat ukuran driver-nya juga lebih besar sehingga kualitas bass-nya lebih punchy.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tampilan klasik.
  • Ideal untuk musik, sound game, atau sound film.
  • Material kayu membuat suara bass semakin bulat.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Bookshelf
Sensitivitas maksimum 70 dB
Rentang frekuensi 50 Hz-20 KHz
Bobot Tidak disebutkan
Dimensi 150x175x158 mm
Kisaran harga Rp385.000

3. ADVANCE M10BT

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Speaker aktif dengan radio FM dan kabel RCA

ADVANCE M10BT adalah speaker aktif yang mendukung konektivitas bluetooth. Dengan begitu, Anda bisa memutar musik favorit melalui smartphone tanpa kabel. Fitur modern ini juga diiringi dengan fitur klasik seperti radio FM dan sambungan kabel RCA.

Kabel RCA memungkinkan Anda menyambungkan speaker ini dengan pemutar DVD/VCD atau Blu-ray untuk menonton film. Selain itu, speaker ini juga bisa digunakan untuk TV dan PC.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sudah didukung konektivitas Bluetooth.
  • Tersedia fitur klasik radio FM dan sambungan kabel RCA.
  • Bisa dihubungkan ke TV dan PC.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Bookshelf
Sensitivitas maksimum Tidak disebutkan
Rentang frekuensi 150 Hz-20 kHz, 20 Hz-150 Hz (subwoofer)
Bobot Tidak disebutkan
Dimensi 88x125x69 mm, 152x226x224 mm (subwoofer)
Kisaran harga Rp299.900

4. KEF LS50 Wireless II

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

All-in-one speaker system untuk segala macam kebutuhan

Jika kapabilitas KEF LSX masih terasa kurang buat Anda, maka tak ada lagi produk yang lebih tepat selain KEF LS50 Wireless II. Produk ini digadang sebagai “all-in-one speaker system” bukan tanpa alasan. Tak hanya musik, LS50 Wireless II juga dapat digunakan untuk kebutuhan audio lain, baik itu sistem home theater, desktop computer, bahkan gaming console.

Dari segi kualitas suara, KEF LS50 Wireless II juga menawarkan performa terbaik. Selain soundstage luas yang melebihi ekspektasi dari kabinetnya yang kecil, speaker ini juga menyediakan lebih banyak ruang agar tiap elemen audio terdengar lebih hidup dan natural. Pengalaman mendengar musik, nonton film, atau main gim pun jadi lebih imersif.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kualitas suara mencengangkan.
  • Konektivitas luas.
  • Desain modern.
  • Kompatibel dengan AirPlay 2 dan Chromecast.
  • Dukungan langsung dengan banyak layanan streaming musik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin cukup mahal untuk sebagian orang.
Jenis Bookshelf
Sensitivitas maksimum 108 dB
Rentang frekuensi 40 Hz-47 kHz
Bobot Tidak disebutkan
Dimensi 305x200x311 mm
Kisaran harga Rp36.800.000

5. Edifier R1280DB

Sumber: Edifier.com

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Speaker aktif berkonektivitas bluetooth yang tak bikin kantong jebol

Kata siapa speaker berkualitas harus mahal? Edifier adalah merek terkenal yang memiliki katalog produk berkualitas dengan harga yang ramah kantong. R1290DB adalah speaker aktif dengan performa cakap.

Menghadirkan banyak headroom, musik dari speaker ini takkan terdistorsi maupun terdengar muddy. Menariknya lagi, meski ada di price point 2 juta ke bawah, speaker ini sudah mendukung konektivitas bluetooth!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Volume kencang.
  • Suara jernih di volume tinggi.
  • Desain modern tidak terkesan murahan.
  • Build quality kokoh.
  • Harga relatif terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Bookshelf
Sensitivitas maksimum Tidak disebutkan
Rentang frekuensi 55 Hz-20 kHz
Bobot Tidak disebutkan
Dimensi 146x234x196 mm
Kisaran harga Rp1.720.000

6. Edifier S3000 Pro

Sumber: Edifier.com

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Tokopedia

Affordable, cocok untuk audiophile pemula

Audiophile pemula mungkin belum siap untuk berinvestasi pada speaker hi-fi yang harganya belasan sampai puluhan juta. Jika Anda termasuk yang seperti ini, Edifier S3000 Pro adalah speaker ideal buat Anda.

Dengan harga yang relatif affordable, speaker ini menawarkan kualitas audio jernih dengan sub-bass bertenaga. Selain itu, konektivitas tanpa kabel juga didukung.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Volume kencang dengan bass punchy.
  • Konektivitas lengkap.
  • Desain elegan dengan panel akses kayu di kedua sisi.
  • Mendukung codec audio bluetooth aptX.
  • Harga kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Bookshelf
Sensitivitas maksimum Tidak disebutkan
Rentang frekuensi 38 Hz-40 kHz
Bobot Tidak disebutkan
Dimensi Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp10.250.000

7. JERTECH Speaker Gaming RGB S6

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Cocok untuk speaker PC di rumah

Butuh speaker untuk PC di rumah? Anda bisa pilih speaker JERTECH ini. Speaker ini memiliki ukuran yang pas untuk ditaruh di atas meja komputer.

Spesifikasinya juga cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan audio PC, mulai dari untuk mendengarkan musik hingga gaming. Bicara soal gaming, desain speaker ini juga memiliki estetika yang pas untuk para gamer karena dilengkapi lampu RGB.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga ramah kantong.
  • Kualitas bass mantap.
  • Suara jernih.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • RGB static.
Jenis Bookshelf
Sensitivitas maksimum 92 dB
Rentang frekuensi 120 Hz-5 KHz
Bobot Tidak disebutkan
Dimensi 73x106x150 mm
Kisaran harga Rp102.900

8. Weyon Sakura Bluetooth Speaker 810

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Mendukung konektivitas bluetooth dan port yang lengkap

Weyon Sakura Bluetooth Speaker 810 memiliki panel samping yang terbuat dari kayu berkualitas tinggi untuk membantu meningkatkan kualitas audio speaker.

Speaker aktif ini bisa dipakai untuk segala macam perangkat, mulai dari TV hingga smartphone. Sebabnya, speaker ini dilengkapi dengan port yang lengkap dan konektivitas bluetooth. Tidak ketinggalan, terdapat pula fitur radio FM untuk mendengarkan stasiun radio favorit Anda di rumah.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga terjangkau.
  • Suara trebel menonjol.
  • Cocok untuk musik dangdut.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada pengaturan bass dan trebel.
Jenis Bookshelf
Sensitivitas maksimum Tidak disebutkan
Rentang frekuensi Tidak disebutkan
Bobot Tidak disebutkan
Dimensi Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp399.000

9. Yamaha HS5

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Memenuhi kebutuhan profesional

Apakah Anda produser musik yang melakukan tahap mixing dan mastering sendiri? Jika demikian, Anda memerlukan studio monitor berakurasi tinggi seperti Yamaha HS5 satu ini.

Bagaimana mix Anda terdengar di speaker ini, begitu pula lah mix Anda akan terdengar di semua speaker lain. Alhasil, produksi Anda akan terdengar lebih profesional.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ukuran minimalis cocok untuk bedroom producer.
  • Volume kencang untuk ruangan kecil-menengah.
  • Karakter suara natural dan flat ideal untuk produksi musik.
  • Konstruksi padat kayu MDF meminimalisir resonansi yang tidak diinginkan.
  • Harga ramah kantong.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bass kurang dalam. Perlu tambah subwoofer.
Jenis Bookshelf studio monitor
Sensitivitas maksimum Tidak disebutkan
Rentang frekuensi 74 Hz-24 kHz
Bobot 5,3 kg
Dimensi 170x285x222 mm
Kisaran harga Rp3.350.000

10. Sonicgear Titan 2P

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Speaker aktif bluetooth dengan kualitas audio yang jernih

Sonicgear Titan 2P bisa menjadi pilihan cerdas untuk Anda yang sering bergonta-ganti perangkat untuk mendengarkan musik di speaker. Pasalnya, speaker ini mendukung sambungan bluetooth sehingga semua perangkat yang sudah di-paired bisa langsung memutar audio ke speaker.

Kendati ukurannya kecil, kualitas suara speaker ini sangat baik. Audionya terdengar jernih pada seluruh frekuensi. Performa bass-nya juga tidak mengecewakan, apalagi dengan mempertimbangkan harganya yang sangat miring!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga terjangkau.
  • Ukuran mini, portabel untuk dipindahkan.
  • Sudah didukung konektivitas nirkabel dengan Bluetooth.
  • Suara sudah cukup untuk orang yang bukan audiophile.
  • Ada lampu LED.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa orang merasa suaranya tidak begitu spesial.
Jenis Bookshelf
Sensitivitas maksimum Tidak disebutkan
Rentang frekuensi 50Hz – 200KHz
Bobot Tidak disebutkan
Dimensi Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp145.000

Yuk, cek rekomendasi produk speaker dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Dari sepuluh produk di atas, mana yang mau segera Anda bawa pulang? Sebelum transaksi, pastikan Anda telah mempertimbangkan aspek-aspek yang telah kami jelaskan di bagian cara memilih.

Perlu diketahui bahwa performa audio dari speaker sangat dipengaruhi oleh penempatan dan akustik ruang. Sebab itu, ada baiknya Anda mempelajari lebih lanjut kedua hal materi ini sebelum mulai membangun setup. Selamat mendengarkan musik favorit dengan speaker aktif baru Anda!

  • Seluruh materi pada konten ini dikurasi secara independen oleh PickyBest. Kami mungkin mendapatkan sedikit komisi dari setiap pembelian produk yang terjadi. Namun tenang, tidak ada penambahan biaya apa pun bagi Anda.

You may also like

Comments are closed.