Elektronik

10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik

Tidak seperti speaker biasa yang tak praktis dibawa-bawa, speaker bluetooth memberikan kemudahan untuk berbagi musik di mana saja. Meski ukurannya relatif kecil, volume yang dikeluarkan tak kalah kencang. Suasana saat berkumpul bersama teman atau orang tersayang pun menjadi lebih hidup.

Ada banyak merek speaker bluetooth berkualitas di pasaran, mulai dari Sony, JBL, dan Anker. Supaya tidak keliru, kami jabarkan cara memilihnya di artikel ini. Kami juga mengumpulkan sepuluh speaker bluetooth terbaik dari berbagai merek. Selamat membaca!

Cara Memilih Speaker Bluetooth

Terdapat beberapa pertimbangan dalam memilih speaker bluetooth. Mulai dari total play time, ukuran, ketahanan terhadap air, konektivitas bluetooth-nya, kemampuannya untuk multi pairing, dan fitur-fitur tambahan. Yuk, kupas lebih mendalam!

Agar Tidak Perlu Sering Isi Ulang Daya, Pilih yang Play Time-nya Lama

Speaker bluetooth unggul sebagai periferal audio berkat portabilitasnya. Itu sebabnya, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah total play time. Sama seperti alat elektronik berbaterai lainnya, lama play time dipengaruhi oleh kapasitas baterai. Tapi bukan itu saja faktornya. Aspek-aspek seperti tipe konektivitas bluetooth dan pola pemakaian juga berpengaruh.

Standar play time dapat dipahami sesuai kelas harga produknya. Pada produk seharga 500 ribu ke bawah, play time-nya berkisar dari 5 sampai 10 jam. Yang di atas 500 ribu hingga berjuta-juta biasanya berada di angka 10 sampai 24 jam. Jadi, jika menginginkan speaker bluetooth yang awet dipakai seharian, bersiaplah untuk merogoh kocek lebih dalam.

Pastikan Ukurannya Pas dengan Skenario Penggunaan

blank

Speaker bluetooth tersedia dalam banyak ukuran. Perbedaan ukuran ini membuat skenario penggunannya pun berbeda. Speaker kecil yang dapat ditaruh di dalam tas dirancang untuk mobilitas maksimal. Sedangkan ukuran yang lebih besar cocok untuk mobilisasi minimal di satu area, misalnya di dalam rumah agar leluasa berpindah-pindah ruangan.

Lebih lanjut, speaker bluetooth kecil lebih maksimal dalam mencakup area terbatas, semisal kamar pribadi. Sedangkan di area luas, terutama outdoor, speaker bluetooth yang besar menghasilkan suara lebih keras dan bagus. Baterainya pun tahan lebih lama, cocok dengan skenario luar ruangan yang barangkali jauh dari sumber listrik.

Jadi, sesuaikanlah ukuran speaker dengan skenario penggunaan Anda. Kalau hanya untuk memutar lagu-lagu akustik di tongkrongan, speaker ukuran kecil yang kualitasnya bagus sudah lebih dari cukup. Namun bila ingin menggelar pesta musik EDM yang liar, pilihlah yang ukuran besar supaya audionya terasa nendang.

Untuk Penggunaan Outdoor, Pilih yang Tahan Debu dan Air

blank

Salah satu ancaman terbesar untuk perangkat elektronik adalah rusak terkena air. Karena itu, pastikan speaker bluetooth pilihan Anda tahan air. Apalagi mengingat situasi luar ruangan yang tidak bisa diprediksi. Jangan sampai air yang merembes ke dalam tas saat Anda kehujanan membuat speaker rusak seketika.

Sebagaimana perangkat elektronik lainnya, ketahanan speaker bluetooth terhadap air dan debu diukur melalui rating Ingress Protection (IP). Rating IP terdiri dari dua digit. Digit pertama mengukur ketahanan debu, sedangkan digit kedua menunjukkan ketahanan air. Semakin tinggi angkanya, maka semakin bagus isolasinya terhadap masing-masing zat.

Rating IP kebanyakan speaker bluetooth berkisar dari IPX5 (tahan semburan air bertekanan rendah) sampai IPX7 (tahan direndam hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit) (“X” artinya tidak ada rating ketahanan debu). Kalau ingin yang juga tahan debu, maka pastikan digit pertamanya berupa angka, misalnya IP67.

Perhatikan Rincian Konektivitas Bluetoothnya

Sesuai namanya, speaker bluetooth beroperasi secara nirkabel melalui sambungan bluetooth. Alhasil, rincian dari konektivitas bluetooth dari speaker juga wajib Anda periksa. Terdapat setidaknya dua aspek yang membutuhkan perhatian, yakni versi dari bluetooth itu sendiri dan dukungan kodek audionya.

Versi Mana yang Lebih Baik, 4.0 atau 5.0?

blank

Perangkat elektronik modern ini memakai dua versi bluetooth, yakni seri 4.0 (4.0, 4.1, dan 4.2) dan 5.0. Pembekalan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) membuat keduanya ideal untuk perangkat yang terhubung dalam waktu lama seperti speaker bluetooth. Dampaknya, walaupun terhubung terus, daya konsumsi daya tetap hemat.

Bluetooth seri 4.0 dan 5.0 punya cakupan jarak sambungan yang berbeda. Bluetooth 4.2 memiliki cakupan jarak 30 meter, sedangkan versi 5.0 mencapai 120 meter. Produk yang pakai versi 5.0 dapat dioperasikan dari jarak sangat jauh, cocok untuk skenario pesta besar, sementara versi 4.2 ideal untuk kebutuhan sendiri atau pesta kecil.

Versi 5.0 juga unggul di sisi konsumsi energi yang beberapa kali lebih hemat dan berkapasitas bandwidth 2 MB, lebih besar dua kali lipat dari 4.2. Tapi, seluruh peningkatan ini baru dapat dirasakan ketika perangkat utamanya juga mendukung versi 5.0. Jika perangkat utama masih di versi 4.0, walaupun tetap bisa dipakai, performanya jadi turun ke standar 4.0.

Kesimpulannya, periksa dulu versi bluetooth di perangkat utama Anda, baik itu smartphone atau komputer. Kalau sudah mendukung versi 5.0, maka pilihlah speaker yang versi 5.0 juga. Bila belum, cukup speaker di versi 4.0 saja, terkecuali bila Anda berniat membeli gawai baru dalam waktu dekat.

Periksa Dukungan Kodek untuk Memaksimalkan Kualitas Audio

blank

Kodek bluetooth adalah program yang melakukan kompresi data audio menjadi format tertentu lalu mentransmisikannya sesuai jumlah bitrate untuk kemudian didekompresi pada perangkat yang tersambung. Kompresi dilakukan untuk mengecilkan ukuran file sehingga ringan bandwidth, dengan konsekuensi turunnya kualitas audio.

Semakin besar bitrate-nya, makin kecil kompresinya dan makin baik pula kualitas audionya, sehingga pemakaian bandwidth-nya pun lebih banyak. Contohnya pada kodek yang paling standar dan didukung oleh semua speaker bluetooth, Low-complexity Sub-band Codec (SBC). Dengan transmisi bitrate dari 192 sampai 320 kilobit per second (kbps), kualitas suara terbilang standar.

Kualitas yang sedikit lebih baik ditemukan pada kodek Advanced Audio Coding (AAC) yang ada di angka 250 kbps. Tetapi, konsumsi dayanya lebih tinggi sehingga baterai akan lebih cepat habis saat menggunakan kodek ini. Bila ingin yang peningkatan kualitasnya terasa, kodek dengan bitrate tinggi seperti LDAC dapat mencapai 990 kbps.

Untuk memakai kodek selain SBC, kedua perangkat yang tersambung harus mendukung jenis kodek yang sama. Jadi, periksa dulu dukungan kodek audio bluetooth di perangkat utama Anda. Bila mendukung beberapa kodek, Anda dapat mengatur penerapannya lewat menu pengaturan. Jika tidak ada, kemungkinan besar perangkat Anda hanya mendukung kodek SBC.

Biar Suara Makin Mantap, Pilih yang Bisa Multi Pairing

blank

Di skenario seperti pesta, supaya hentakkan musik makin nendang, Anda bisa gunakan lebih dari satu speaker bluetooth. Syaratnya, semua speaker yang dipakai harus mendukung multi pairing atau kadang juga disebut party mode. Untuk mengaktifkan fitur ini, biasanya harus instal aplikasi tertentu terlebih dulu.

Salah satu kelemahan speaker bluetooth adalah stereo kurang terasa akibat ukurannya yang kecil. Dengan multi pair dua speaker, Anda bisa membuat konfigurasi stereo dua channel kiri dan kanan. Musik pun terasa lebih hidup karena tiap instrumen terdengar dengan jelas.

Supaya Makin Mudah, Pertimbangkan juga Fitur Tambahannya

blank

Selain fitur-fitur esensial yang kami bahas di atas, terdapat pula beberapa fitur tambahan yang juga patut Anda pertimbangkan. Misalnya mikrofon untuk menjawab telepon. Meski menelepon di speaker memang kurang ideal karena dapat terdengar banyak orang, keberadaan fitur ini cukup membantu ketika Anda sedang tidak memegang gawai.

Fitur lain yang bisa dipertimbangkan adalah lubang jack audio. Walaupun namanya speaker bluetooth, Anda barangkali tetap ingin menyambungkannya dengan kabel untuk menghemat baterai saat dipakai di rumah. Terdapat pula fitur-fitur tambahan lain yang khas dari masing-masing merek. Maka itu, pastikan untuk memeriksa semua fitur yang ditawarkan oleh produk pilihan Anda, ya!

10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik

Setelah mengikuti pembahasan tentang cara memilihnya, tentu Anda sudah tak sabar untuk segera belanja, bukan? Di bagian ini, kami telah mengumpulkan sepuluh speaker bluetooth terbaik dari berbagai merek. Jangan lupa untuk selalu memilih dengan menyesuaikan ketersediaan budget Anda, ya!

1. Sony XB01

blank

Sumber: Sony.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dilengkapi teknologi EXTRA BASS untuk dentuman musik lebih dahsyat

Meski ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan, kualitas suara speaker Sony ini jempolan. Teknologi EXTRA BASS-nya menghasilkan suara yang kencang di mana pun Anda berada.

Portabilitas produk ini didukung baterai yang menghasilkan play time hingga 6 jam. Terdapat pula strap kokoh untuk mengikat speaker di mana saja, misalnya di handle sepeda untuk bersepeda ditemani musik favorit.

Play time 6 jam
Versi bluetooth 4.2
Kodek audio SBC
Rating IP IPX5
Kisaran harga Rp329.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Sony SRS-XB43

blank

Sumber: Sony.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menghasilkan bass yang dalam dan menggema

Speaker bluetooth ini mampu membuat semua tempat menjadi diskotek dadakan. Bagaimana tidak, suaranya yang menggelegar dengan penekanan lebih pada frekuensi rendah, menghasilkan performa bass yang dalam dan imersif. Sangat cocok untuk memutar musik EDM.

Kualitas audionya didukung dengan kodek audio LDAC yang dibuat oleh Sony sendiri. Kompresinya yang minim membuat kualitas suara begitu hidup. Hebatnya lagi, produk ini menawarkan total play time hingga 24 jam. Anda dapat berpesta tanpa henti dari malam sampai pagi!

Play time 24 jam
Versi bluetooth 5.0
Kodek audio SBC, AAC, LDAC
Rating IP IP67
Kisaran harga Rp3.199.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Oontz Angle Solo

blank

Sumber: Theoontz.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Harga murah meriah, tapi play time-nya mencapai 10 jam!

Harga miring tidak membuat produk ini jadi kacangan. Justru, performa yang ditawarkan berada di atas rata-rata produk di kelasnya, terutama di sisi baterai yang mampu menunjang pemakaian hingga 10 jam.

Speaker ini cocok buat tipe orang yang suka karaokean di kamar mandi. Berkat rating IPX5, Oontz Angle Solo dapat bertahan dari guyuran air. Suaranya pun dijamin tanpa distrosi di segala kondisi.

Play time 10 jam
Versi bluetooth 4.2
Kodek audio SBC
Rating IP IPX5
Kisaran harga Rp299.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Marshall Emberton

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Speaker bluetooth unggulan dari merek amplifier ternama

Anda yang anak band mungkin telah mengenal Marshall dari produk amplifier mereka. Desain speaker bluetooth mereka pun terlihat mirip dengan amplifier. Dari segi suara, tidak perlu ragu lagi. Salah satu yang terbaik di kelas harganya!

Suara yang dihasilkan Marshall Emberton terdengar kencang tanpa menjadi mendam dan muddy. Sudah begitu, terdapat pula teknologi True Stereophonic yang menghasilkan suara 360 derajat dari semua sisi speaker.

Play time 20 jam
Versi bluetooth 5.0
Kodek audio SBC
Rating IP IPX7
Kisaran harga Rp3.399.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. JBL GO

blank

Sumber: Id.jbl.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Speaker minimalis yang murah meriah dan berfitur lengkap

Walaupun harganya murah, JBL GO dibekali dengan fitur yang cukup lengkap. Terdapat mikrofon untuk menjawab telepon, satu jack audio 3,5mm. Kualitas suaranya juga cukup baik, walau mungkin bass-nya tidak seberapa dalam karena respons frekuensi terendahnya hanya sampai 180Hz.

Speaker bluetooth berbentuk kotak ini terlihat stylish dengan 8 pilihan warna. Materialnya pun kokoh dengan lapisan karet di sekujur bodi dan metal pada bagian lubang suara, tepat menjadi pilihan Anda yang menginginkan speaker awet.

Play time 5 jam
Versi bluetooth 4.1
Kodek audio SBC
Rating IP IPX7
Kisaran harga Rp300.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. JBL Charge 4

blank

Sumber: Id.jbl.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat melakukan multi pairing sampai 100 speaker

Suara yang diproduksi oleh speaker ini sudah sangat baik, tapi bagaimana bila Anda ingin hasil yang lebih masif lagi? JBL menjawabnya dengan menyematkan program JBL Connect+ yang mampu melakukan multi pairing hingga 100 speaker sekaligus.

Program yang sama juga membuat setidaknya dua unit JBL Charge 4 dapat dikonfigurasi menjadi sistem stereo, sehingga dapat digunakan pada skenario gaming di mana penempatan bunyi harus akurat.

Play time 20 jam
Versi bluetooth 4.2
Kodek audio SBC
Rating IP IPX7
Kisaran harga Rp2.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Anker SoundCore Select

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Unggul dengan play time maksimal yang mencapai 24 jam

Anker Soundcore Select adalah satu dari sedikit produk 500 ribuan yang baterainya tahan untuk penggunaan hingga 24 jam, membuatnya setara dengan speaker-speaker lain yang harganya berkali-kali lipat.

Kualitas suaranya pun tidak mengecewakan dengan respons frekeunsi terendah di angka 70 Hz yang menghasilkan sub-bass yang cukup solid. Portabilitasnya pun baik karena punya rating IPX5 untuk memastikan speaker dapat dibawa ke pantai.

Play time 24 jam
Versi bluetooth 4.2
Kodek audio SBC
Rating IP IPX5
Kisaran harga Rp529.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Anker Soundcore Flare S+

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat menunjang skenario gaming

Soundcore Flare S+ ideal untuk menunjang permainan konsol berkat fitur 360 derajatnya yang terlihat dari lubang speaker pada seluruh sisi bodi. Dalam memutar musik pun performanya juara. Terdapat pula kebebasan untuk mengostumisasi pengaturan audio sesuai preferensi pengguna.

Produk yang satu ini cocok digunakan di rumah karena dibekali asisten virtual Alexa. Walaupun begitu, fungsionalitasnya tidak hilang ketika dibawa keluar rumah, terutama berkat rating IPX7 yang memastikan speaker tahan di medan berat.

Play time 16 jam
Versi bluetooth 4.2
Kodek audio SBC
Rating IP IPX7
Kisaran harga Rp1.699.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Ultimate Ears Wonderboom 2

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dirancang khusus untuk pengguaan luar ruangan

Wonderboom 2 adalah speaker bluetooth yang dirancang khusus untuk penggunaan luar ruangan. Dengan outdoor burst, suara tetap terdengar kencang meski berada di tengah situasi yang berisik.

Perangkat ini tidak hanya tahan air, melainkan juga tahan debu dan tahan banting dari ketinggian 1,5 meter. Segala kemungkinan skenario luar ruangan sudah diperhitungkan dalam perancangan desainnya.

Play time 13 jam
Versi bluetooth Tidak disebutkan
Kodek audio SBC
Rating IP IP67
Kisaran harga Rp1.199.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Vivan VS12

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Konfigurasi TWS yang murah meriah

Mungkin Anda masih ragu membuat konfigurasi speaker bluetooth stereo karena perlu membeli dua unit, sementara budget terbatas. Jika demikian, pilihlah Vivan VS12 yang harga satu unitnya hanya 200 ribuan. Dengan total biaya 400 ribuan, Anda dapat membuat konfigurasi TWS (true wireless stereo) yang apik di rumah.

Kualitas build speaker ramah kantong ini juga sangat baik dengan lubang speaker yang mencakup seluruh bodi (360). Ia juga tahan air dengan rating IPX6, sehingga dapat Anda bawa ke kamar mandi jika ingin menikmati waktu berendam atau bahkan sambil karaokean.

Play time 8 jam
Versi bluetooth 5.0
Kodek audio SBC
Rating IP IPX6
Kisaran harga Rp295.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Speaker Bluetooth

Produk Sony XB01 Sony SRS-XB43 Oontz Angle Solo Marshall Emberton JBL GO JBL Charge 4 Anker SoundCore Select A3106 Anker Soundcore Flare S+ A3163 Ultimate Ears Wonderboom 2 Vivan VS12
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Play time 6 jam 24 jam 10 jam 20 jam 5 jam 20 jam 24 jam 16 jam 13 jam 8 jam
Versi bluetooth 4.2 5 4.2 5 4.1 4.2 4.2 4.2 Tidak disebutkan 5
Kodek audio SBC SBC, AAC, LDAC SBC SBC SBC SBC SBC SBC SBC SBC
Rating IP IPX5 IP67 IPX5 IPX7 IPX7 IPX7 IPX5 IPX7 IP67 IPX6
Kisaran harga Rp329.000 Rp3.199.000 Rp299.000 Rp3.399.000 Rp300.000 Rp2.000.000 Rp529.000 Rp1.699.000 Rp1.199.000 Rp295.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Jadi, manakah dari produk rekomendasi kami di atas yang Anda minati? Sebelum membeli, jangan lupa untuk memperhatikan total play time, ukuran, ketahanan terhadap air, versi bluetooth-nya, kemampuannya untuk multi pairing, dan fitur-fitur tambahan.

Kalau Anda masih bingung speaker bluetooth mana yang paling cocok, kami sarankan untuk mengembalikannya lagi dengan kebutuhan Anda berdasarkan skenario penggunannya. Apa pun pilihan Anda, semoga Anda puas dengan performa audionya, ya!

Referensi

How to Buy the Best Bluetooth Speakers: buying guide
https://www.electronics-notes.com/articles/equipment-items-gadgets/bluetooth-speakers/how-to-buy-best-bluetooth-speaker.php diakses pada 7 Maret 2021

7 things to consider before buying a Bluetooth speaker
https://www.whathifi.com/advice/7-things-to-consider-before-buying-a-bluetooth-speaker diakses pada 7 Maret 2021

Ultimate Bluetooth speaker buying guide
https://www.soundguys.com/bluetooth-speaker-buying-guide-8379/ diakses pada 7 Maret 2021

Different Bluetooth Versions: What You Need to Know
https://www.headphonesty.com/2021/01/bluetooth-versions/ diakses pada 7 Maret 2021

Understanding Bluetooth codecs
https://www.soundguys.com/understanding-bluetooth-codecs-15352/ diakses pada 7 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.