Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Brush Makeup Set Terbaik

Bagi para pecinta makeup tentu sudah tidak asing dengan brush makeup set. Produk ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang tidak mau ribet membeli brush makeup secara terpisah karena sesuai namanya, dalam satu produk Anda sudah mendapatkan satu set brush makeup dengan kegunaan yang berbeda-beda.

Ingin membali brush makeup set terbaik? Pada artikel ini, PickyBest akan berikan rekomendasi serta cara memilihnya. Produk dari Emina, Focallure, Mineral Botanica, dan beberapa merek lain dapat Anda temukan di sini. Jadi, simak sampai habis, ya!

Cara Memilih Brush Makeup Set

Untuk memilih brush makeup set yang cocok dan tepat dengan kebutuhan Anda, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di bawah ini kami berikan cara mudah memilih brush set yang sesuai untuk Anda.

Periksa Bahan Bulunya, Apakah Alami atau Buatan?

Terdapat dua jenis bahan baku pembuatan brush, yaitu bulu alami dan bulu buatan (sintetis). Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Bulu Alami: Lebih Lembut dan Tidak Mudah Aus

Brush makeup jenis ini menggunakan bulu binatang sebagai bahan baku pembuatannya. Bulu alami yang digunakan biasanya berasal dari bulu tupai, kuda poni, musang, dan kambing.

Berikut karakteristik dari brush makeup berbahan bulu alami:

  • Helainya sangat lembut dan halus, sehingga sangat nyaman saat disapukan ke kulit, cocok untuk kulit sensitif atau sering iritasi saat menggunakan brush dengan permukaan kasar dan menusuk.
  • Tidak mudah aus karena bulunya yang sangat lembut.
  • Harganya yang relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan brush dari bulu buatan.
  • Risiko terjadi alergi bagi pengguna yang memiliki alergi terhadap bulu binatang.

Bulu Buatan: Cocok untuk Pemula, Pilihannya Lebih Banyak

Saat ini, banyak merek yang menawarkan brush dengan bulu buatan yang didesain sedemikian rupa agar kualitasnya semakin menyerupai bulu alami. Bahan sintetis yang digunakan misalnya nilon, taklon, dan serat poliester.

Berikut karakteristik dari brush berbahan bulu buatan:

  • Banyak pilihan merek untuk brush dengan bulu buatan, dari yang kualitasnya standar hingga premium.
  • Harganya relatif lebih terjangkau dan bulunya lebih mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk Anda yang masih pemula di dunia makeup.
  • Kurang maksimal untuk pengaplikasian powder makeup seperti blush dan highlighter karena pigmen yang terkandung dalam makeup kurang bisa menempel pada bulu buatan.
  • Dari segi tingkat kelembutan helai bulu buatan belum bisa mengalahkan kualitas bulu alami.

Cek Kelengkapatan Makeup Brush dalam Satu Set-nya

Penting untuk menyesuaikan kelengkapan brush makeup set yang ditawarkan dengan kebutuhan makeup Anda. Riasan yang natural dan ringan akan membutuhkan brush yang lebih ringkas, sedangkan makeup full on akan membutuhkan set brush yang lebih lengkap.

Berbagai macam brush memiliki kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk dan ukuran.

  • Dalam brush makeup set sederhana, umumnya Anda akan mendapatkan aplikator untuk makeup dasar seperti foundation brush, powder brush, eyeshadow brush, dan blush brush.
  • Dalam brush set yang lebih lengkap, Anda akan mendapatkan tambahan brush untuk mendapatkan hasil makeup yang lebih maksimal seperti contour brush dan highlighter brush.

Anda bisa menyesuaikan pemilihan brush makeup set dengan rutinitas makeup Anda. Brush makeup set sederhana akan cocok untuk Anda yang suka makeup ringkas dan natural, sedangkan brush makeup set lengkap akan sangat cocok untuk Anda yang suka makeup full on.

Pilih yang Dilengkapi Wadah/Pouch dengan Kantong Organizer

Meskipun terlihat sepele, pouch dengan kantong organizer akan sangat memudahkan Anda untuk menyimpan dan merawat brush set. Selain itu, keberadaan pouch juga akan membuatnya mudah untuk dibawa travelling.

Tidak hanya brush, pouch brush juga merupakan item yang wajib Anda jaga kebersihannya. Bersihkan pouch brush secara rutin untuk menghindari kotoran dan debu bersarang di brush Anda, ya!

10 Rekomendasi Brush Makeup Set Terbaik

Setelah mengetahui kiat-kiat memilih brush set terbaik yang tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda, saatnya kami memberikan 10 rekomendasi brush set makeup yang paling worth it untuk dimiliki!

1. Real Techniques Core Collection

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Brush set mewah nan ringkas, ini dia!

Real Technique merupakan salah satu nama besar di dunia brush makeup yang tidak perlu Anda ragukan lagi kualitasnya. Salah satu koleksinya, Core Collection, menawarkan set kuas makeup dasar untuk mengaplikasiakn contour powder, liquid foundation, dan bedak. Ada juga detailer brush sebagai perata concealer, atau Anda bisa jadikan lip brush.

Secara total, Real Technique Core Collection memberikan 4 kuas dengan bulu halus dan mewah. Pegangan kuas terbuat dari aluminium sehingga terasa ringan saat digenggam. Bahan tersebut memastikan kuas lebih kukuh dan tidak mudah patah. Buat Anda yang sedang mencari brush untuk complexion, jangan lewatkan brush makeup set terbaik yang multifungsi ini.

Jenis bulu Sintetis
Isi set Contour brush, pointed foundation brush, detailer brush, buffing brush
Wadah Panoramic case (2 in 1 pouch + stand drying)
Kisaran harga Rp260.000

2. Emina Brush Set

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Pemula di dunia makeup? Ini brush set untuk Anda!

Emina merupakan merek yang berfokus pada kebutuhan skin care dan makeup untuk remaja dan pemula. Itulah mengapa, Emina Brush Set hadir dengan desain warna batang kuas merah muda lembut nan menggemaskan. Setiap bulu kuas dipastikan tidak mudah rontok.

Bagi Anda yang sedang belajar makeup, brush makeup set terbaik ini akan sangat cocok untuk Anda karena harganya yang terjangkau. Meskipun harganya terjangkau, brush ini sudah dilengkapi pouch, lho! Apalagi, Emina menjamin sentuhan bulu-bulu kuasnya begitu lembut. Nyaman setiap kali memulas makeup product!

Jenis bulu Sintetis
Isi set Powder brush, kabuki brush, dome shadow brush, fluffy shadow brush
Wadah Pouch
Kisaran harga Rp73.000

3. Mineral Botanica Brush Set Kit

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Set kuas lokal yang lengkap untuk makeup full on

Bagi Anda yang menginginkan brush makeup set yang cukup lengkap, tidak akan salah menjatuhkan pilihan pada produk keluaran Mineral Botanica ini. Terdapat sepuluh bentuk brush, produk ini mampu memenuhi kebutuhan makeup full on Anda dari complexion sampai eye makeup.

Brush makeup set terbaik ini dilengkapi pouch dengan kantong organizer (stand drying), membuatnya sangat praktis untuk dibawa bepergian. Setiap kuas terbuat dari bulu sintetis yang tak hanya extremely soft, namun juga tidak mudah rontok meski dipakai sering-sering.

Jenis bulu Sintetis
Isi set Loose foundation brush, blending brush (eyeshadow brush), eyeshadow corner brush, pointed eyeshadow brush, shading brush, nose shading brush, eyeliner brush, lipstick brush, mascara brush, eyebrow brush
Wadah Case (2 in 1 pouch + stand drying)
Kisaran harga Rp203.500

4. Focallure Brush Set

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Brush makeup set super murah tanpa kesan murahan

Focallure merupakan brand asal negeri Tirai Bambu yang terkenal akan kualitas produk-produk kosmetiknya. Salah satu brush makeup set terbaik keluarannya ini diklaim mampu membuat produk makeup melekat dengan sangat baik. Tersedia sepuluh brush dengan serat sintetis yang berkualitas dan lembut saat disapukan ke kulit.

Bagi Anda yang tergolong pemula dalam dunia makeup, set kuas dengan pouch ini bisa menjadi salah satu pilihan makeup brush set terbaik. Desainnya didominasi warna hitam, lalu paduan bahan metalik di bagian atas kuas membuatnya tampak elegan. Gunakanlah produk andalan Focallure ini bilamana Anda ingin menciptakan makeup look yang smooth dan flawless.

Jenis bulu Sintetis
Isi set 6 face brush (flat foundation, face powder, tappered face powder, tappered blush, around blush), 4 eyeshadow brush (blending, flat blending, flat eyeshadow, angled)
Wadah Pouch
Kisaran harga Rp86.000

5. Ecotools Six Pieces Starter Collection

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Suka makeup natural sehari-hari? Brush ini bisa jadi pilihan Anda!

Ecotools mengeluarkan koleksi brush makeup set terbaik untuk tampilan harian. Walau menawarkan kesan natural, Anda tetap bisa memperoleh riasan maksimal dengan brush ini. Terdiri dari lima brush lembut dengan pegangan berwarna kayu alami, Anda dapat berkreasi dengan makeup andalan tanpa merusak lingkungan.

Yang menarik dari Ecotools Six Pieces Starter Collection ada pada kuasnya yang super lembut dan tidak menusuk kulit wajah. Belum lagi ketika dibersikan, bulunya dijamin tidak rontok. Satu paketnya dilengkapi tas kecil yang praktis dibawa-bawa. Friendly untuk pemula, juga ideal bagi penggiat kosmetik yang menyukai kemudahan!

Jenis bulu Sintetis
Isi set Powder/blush brush, concealer brush, full shadow brush, spoolie brush, angled liner brush
Wadah Pouch
Kisaran harga Rp263.920

6. Aeris Beaute The Coral 15 Face & Eye Brush Set

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Lengkap, murah, dan produk lokal. Paket komplet!

Bagi Anda yang tidak ingin pusing-pusing memilih brush, Aeris Beaute meluncurkan seri The Coral 15 Face & Eye Brush Set. Lima belas brush yang disediakan terbuat dari komponen sintetis, sedangkan gagang kuasnya berasal dari high grade synthetic dan antimicrobial fibers.

Meskipun terdapat belasan set brush, nyatanya cukup dengan 7 kuas wajah, Anda sudah bisa mengaplikasikan seluruh face makeup, dari mulai liquid foundation, concealer, hingga highlighter. Sedangkan sisa kuasnya bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan eye makeup.

Jenis bulu Sintetis
Isi set Highlight fan brush, round deluxe buffer, angled blush brush, deluxe powder brush, precision mini contour brush, under eye pointed powder brush, tapered powder brush, pro blending brush, round mini buffer brush, precision pencil brush, angled brow brush, flat shadow brush, oval shader brush, fluffy crease brush
Wadah Tidak ada, namun bisa dimasukkan ke pouch karena ukurannya yang kecil
Kisaran harga Rp360.000

7. Masami Shouko Puppy Brush Set

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Mewah, menggemaskan, dan travel friendly

Untuk Anda yang gemar traveling, cobalah membeli set brush ini sebagai teman selama di tanah orang. Tempat penyimpanannya berbentuk holder cup menjaga setiap kuas tidak berantakan, sekaligus memudahkannya dibawa ke mana-mana. Produk ini berisikan 6 brush yang sangat lembut dan padat dengan nuansa rose gold menggemaskan.

Karena penampilan fisiknya yang girly dan imut, brush makeup set terbaik ini akan cocok untuk Anda yang suka dengan produk peralatan makeup ala Jepang ataupun Korea.. Selain berdesain imut, set kuas makeup ini mudah dipakai, bahannya pun sangat lembut tanpa efek menusuk. Sangat nyaman dan praktis diajak travelling!

Jenis bulu Sintetis
Isi set Powder brush, contour brush, blending brush, crease brush, eyeshadow/eyeliner brush, eyeshader brush
Wadah Holder cup + penutup
Kisaran harga Rp287.547

8. BH Cosmetics Pop Art Brush Set

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Set brush yang cocok untuk Anda si jiwa kreatif

Satu kata untuk mendeskripsikan brush makeup set terbaik ini: Seni! BH Cosmetics benar-benar menghadirkan produk sesuai namanya. Setiap brush memiliki warna cerah yang berbeda-beda seperti kuas lukis dan dibungkus dengan holder cup berwarna perak-hitam yang elegan.

Meskipun dibanderol dengan kisaran harga cukup tinggi, brush makeup set ini sangat membantu para wanita, terutama pemula yang ingin menikmati riasan makeup tanpa direpotkan oleh brush yang tak cocok. Brush set ini juga dapat menjadi investasi untuk Anda sebab keawetannya yang tersohor. Tertarik membelinya?

Jenis bulu Sintetis
Isi set Powder brush, angled powder/blush brush, foundation brush, complexion blending brush, flat complexion brush, tapered eyeshadow blending, fluffy angled eyeshadow brush, angled liner/brow brush, lip brush, spooley brush
Wadah Holder cup + penutup
Kisaran harga Rp420.000

9. Zoya Cosmetics Brush Set

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Sepaket brush komplit dengan harga ekonomis

Produk kosmetik lokal Zoya juga turut meramaikan lini produk brush makeup set terbaik. Tak tanggung-tanggung, 12 jenis brush bisa Anda miliki dengan harga yang sangat ekonomis. Belum lagi tambahan holder cup-nya memudahkan Anda untuk mengorganisir kuas agar tidak berantakan apalagi hilang.

Bulu-bulu kuas halus memberikan kenyamanan selama digunakan. Berkat gagang brush yang kukuh, tak perlu lagi kuas patah tertekan. Sediaan lengkapnya memudahkan Anda yang tergolong pemula untuk urusan ber-makeup. Bila ingin menyimpan brush, Zoya Cosmetics telah menyertakan tabung berwarna pink sebagai wadah.

Jenis bulu Sintetis
Isi set Lip brush, eyeshadow brush, angled small flat brush, angled eyeshadow brush, blending brush, small flat brush, concealer brush, pencil brush, foundation brush, angled contour brush, duo fiber brush, powder brush
Wadah Holder cup + penutup
Kisaran harga Rp230.000

10. Haluu Essentials Demicorn Brush Set

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Brush unik dan cantik dengan tema unicorn

Jika Anda mencari brush unik dan tampil beda dari produk lain, seri Demicorn brush makeup set terbaik rancangan Haluu ini bisa menjadi opsi tepat. Seluruh bulu dan pegangannya dibuat identik dengan warna unicorn lengkap dengan holder cup. Sangat menarik dan lucu!

Fungsi brush-nya cukup lengkap, dari mulai face makeup hingga eye makeup. Di samping Unicorn Vibes-nya yang terkenal, beberapa orang menyukai brush makeup set ini sebab bulunya yang lembut. Ketika dibersihkan pun, tak ada kerontokan sama sekali. Lengkap dengan holder cup serta penutup, produk ini semakin gampang dibawa bepergian.

Jenis bulu Sintetis
Isi set Powder brush, blush brush, angled powder brush, setting brush, fan brush, flat eyeshadow brush, spoolie brush, flat eye definer brush, angled eye definer brush, small oval shadow brush
Wadah Holder cup + penutup
Kisaran harga Rp295.000

Bersihkan Brush Makeup setiap Habis Digunakan

Bila Anda sudah menemukan brush makeup set paling sesuai kebutuhan, tentu Anda ingin brush yang sudah dibeli bisa digunakan untuk jangka waktu lama. Faktor kebersihan memiliki peranan penting guna menjaga brush Anda tetap awet.

Brush yang jarang dibersihkan akan membuat bagian bulunya menjadi aus dan tidak lagi nyaman digunakan sebab munculnya residu makeup pada bulunya. Brush yang tidak terjaga kebersihannya juga akan menjadi sarang kuman dan bakteri yang akan berdampak buruk untuk kulit wajah Anda.

Berikut cara merawat makeup brush:

  1. Cucilah bulu kuas dengan sabun yang lembut secara perlahan hingga sisa produk makeup yang menempel pada brush luruh.
  2. Bilas dengan air bersih dan seka menggunakan handuk, lalu jemur setelahnya. Hindari menjemur brush di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  3. Setelah brush kering sepenuhnya, Anda bisa menggunakannya kembali untuk riasan selanjutnya.

Perlu Anda ketahui bahwa membersihkan brush secara berlebihan dapat membuat material brush lebih rapuh. Jadi, bersihkanlah brush makeup paling tidak 1 – 2 minggu sekali.

Kesimpulan

Mendapatkan riasan makeup yang flawless paripurna tentu merupakan dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan hasil riasan terbaik, diperlukan kombinasi makeup berkualitas dan penggunaan brush yang tepat. Dengan terbitnya artikel yang merekomendasikan brush makeup set terbaik ini, diharapkan Anda berhasil memiliki makeup look sempurna!

Jagalah kebersihan brush makeup Anda, begitu pun wadahnya agar senantiasa bebas residu. Saat membersihkan pun, tidak perlu samai mengenai bagian pangkal kuas karena penuh dengan zat adhesif. Agar daya rekat bulu kuas tetap kuat, cukup hentikan pembersihan hingga area bagian tengah gagang. Semoga artikel ini berfaedah untuk membantu Anda temukan brush makeup set terbaik!

Diperbaharui pada 30 Mei 2023
  • Seluruh materi pada konten ini dikurasi secara independen oleh PickyBest. Kami mungkin mendapatkan sedikit komisi dari setiap pembelian produk yang terjadi. Namun tenang, tidak ada penambahan biaya apa pun bagi Anda.

You may also like

Comments are closed.