Written by 00:38 Olahraga

10 Shuttlecock Badminton Terbaik yang Bagus dan Awet

Samurai Shuttlecock Badminton Hijau

Dalam olahraga badminton, selain raket, shuttlecock menjadi satu obyek yang harus ada. Shuttlecock atau kok adalah bola yang digunakan pada permainan badminton atau bulu tangkis. Shuttlecock umumnya terbuat dari bulu bebek atau bulu angsa. Namun, opsi lain berupa bahan nilon juga kerap digunakan untuk membuat shuttlecock, terutama untuk sekadar bermain dengan keluarga.

Pada kompetisi atau pertandingan badminton resmi di mana dipimpin oleh wasit dan hakim garis, tentu saja shuttlecock yang digunakan harus telah tersertifikasi oleh Badminwon World Federation (BWF). Sedangkan di Indonesia, PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Indonesia) juga telah mengeluarkan aturan resmi mengenai penggunaan shuttlecock pada kompetisi badminton di Indonesia.

10 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik untuk Badminton

Selain bahan dasar yang digunakan, performa laju shuttlecock juga dipengaruhi oleh gabus yang digunakan pada bagian tumpuan bawah. Biasanya, gabus pada shuttlecock terbuat dari gabus alami, gabus sintetis, atau compressed cork yang merupakan perpaduan bahan alami dan sintetis. Yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah speed number atau kecepatan shuttlecock.

Kecepatan shuttlecock perlu disesuaikan dengan suhu di arena pertandingan, kondisi angin, dan ketinggian lokasi tanding di atas permukaan laut. Dengan mengenali faktor-faktor tersebut, Anda dapat memilih shuttlecock yang bagus dan tepat. Ada banyak merek shuttlecock terbaik yang dapat Anda beli. Berikut kami rekomendasikan pilihan shuttlecock yang ideal untuk kompetisi resmi atau sekadar bermain dengan keluarga.

1. Yonex League 5 Shuttlecock

YONEX League 5 Shuttlecock

Kisaran harga: Rp115.000

Mendukung segala akselerasi Anda di lapangan

Jika Anda ingin berlatih bulu tangkis dengan klub Anda dan setiap orang diminta membawa setidaknya satu buah slop shutlecock, kami sarankan Anda membawa Yonex League 5. Shuttlecock varian League seri 5 ini terbuat dari feather yang memiliki bagian tengah kukuh sehingga tidak mudah patah.

Susunan bulu yang saling tindih membuat shuttlecock ini dapat melambung atau menukik dengan stabil. Dengan demikian, Anda bisa mengatur ritme permainan untuk mengimbangi lawan yang  berat sekalipun. Dalam satu slop-nya, Yonex menyediakan 12 buah shuttlecock yang masing-masing terjamin kualitas dan kenyamanannya ketika dimainkan,

2. ADS Sport Badminton Shuttlecocks Advance

ADS Sport Badminton Shuttlecocks Advance

Kisaran harga: Rp75.000

Opsi lebih terjangkau tanpa mengenyampingkan mutu bahan dan performa

Alih-alih membeli varian yang Junior, sebaiknya untuk langsung memilih varian Advance dari ADS Sport Badminton Shuttlecocks. Permainan Anda, baik ketika mengikuti kompetisi atau sebatas bermain bersama kawan-kawan kerja akan terasa memuaskan karena kinerja shuttlecock yang stabil meskipun digunakan pada lingkungan berbeda.

Shuttlecock berdesain sporty ini juga dapat menjadi alternatif untuk Anda yang mencari shuttlecock dengan harga murah. Sama dengan rekomendasi sebelumnya, dalam satu unit kemasan terdapat 12 buah shuttlecock yang masing-masing memiliki berat 4,9 gram. Mengandalkan feather berbatang kuat membuatnya nyaman dipakai baik untuk pemain pemula atau profesional.

3. RSL Feather Shuttlecock DTL 85

RSL Feather Shuttlecock DTL 85

Kisaran harga: Rp140.000

1 shuttlecock memiliki garansi durability hingga 2 set game!

Meski namanya tidak seterkenal Yonex atau merek lokal Gadjah Mada, RSL tetap mempunyai lini konsumen setianya. Shuttlecock produksinya yang dimasukkan dalam seri DTL 85 ini terbuat dari bulu bebek premium. Berkat pemilihan material yang mengedepankan kualitas, terciptalah shuttlecock dengan daya tahan lama hingga 2 set permainan.

Apabila Anda biasa bermain badminton satu atau dua kali dalam seminggu, Anda bisa menghemat pembelian shuttlecock dengan memakai RSL Feather Shuttlecock DTL 85. Untuk turnamen atau latihan pun, shuttlecock dengan speed number 77 ini akan menunjukkan performa terbaiknya demi menunjang keluarnya seluruh skill atau kemampuan setiap pemain.

4. Gadjah Mada International Shuttlecock

Gadjah Mada International Shuttlecock

Kisaran harga: Rp110.000

Berkecepatan 78 yang cocok dipakai di lapangan indoor ataupun outdoor

Produk shuttlecock dari Gadjah Mada sudah terkenal di tengah badminton lovers tanah air. Walau dipatok dengan harga yang cukup tinggi, shuttlecock Gadjah Mada selalu laris di pasaran. Pasalnya, bulu lancip yang kukuh menjadi syarat utama sebelum proses produksi. Lebar daun bulu yang simetris pada sisi kanan dan kiri juga membuat shuttlecock ini menjaga airflow agar tetap stabil saat melintas di udara.

Gabus bawah dari Gadjah Mada International Shuttlecock diambil dari mata bola import dengan standar tertinggi sehingga daya pukul setiap pemain akan menghasilkan penetrasi yang sangat baik. Mengingat kualitas yang sedemikian baiknya, shuttlecock untuk lebih sering dipilih untuk pertandingan resmi karena dapat mengakomodasi kebutuhan pemain terhadap kontrol, penempatan, ataupun kekuatan pukulan bola.

5. Yonex Feather AERO CLUB TOUR Shuttlecock

Yonex Feather AERO CLUB TOUR Shuttlecock

Kisaran harga: Rp284,000

Hasilkan pukulan dengan efek smooth flying yang merepotkan lawan

Bila Anda memerlukan shuttlecock berperforma baik, Yonex merilis produk kok badminton dalam seri Aero Club Tour sebagai pilihan Anda. Terpilihnya bahan baku bulu angsa dan bulu bebek membuat setiap kok dari Yonex Feather AERO CLUB TOUR Shuttlecock dapat melaju dengan kecepatan, jarak, dan kinerja yang stabil.

Menariknya lagi, shuttlecock ini dapat bekerja dengan baik pada berbagai lingkungan, termasuk lokasi lapangan outdoor.  Berkat perpaduan feather-nya, shuttlecock pun menjadi lebih awet serta memberikan performa smooth flying saat dipukul. Dengan memperhatikan setiap detail pada proses produksinya, tidak heran shuttlecock Yonex satu ini menjadi salah satu yang terbaik di seluruh dunia.

6. Samurai Shuttlecock Badminton Hijau

Samurai Shuttlecock Badminton Hijau

Kisaran harga: Rp90.000

Merek lokal yang menyuguhkan performa baik dengan harga miring

Apabila Anda mementingkan performa shuttlecock badminton sekaligus berpikiran untuk menghemat biaya, Samurai Shuttlecock Badminton menjadi salah satu yang wajib ada dalam daftar pilihan Anda. Selain seri Hijau, sebenarnya Samurai juga mengeluarkan seri slop warna Merah yang dapat menjadi opsi bagi Anda.

Meskipun dipasarkan dengan harga murah, shuttlecock ini tetap menyajikan performa yang lebih baik dibandingkan produk dengan harga sekelas lainnya. Sebagai tambahan informasi, Samurai ini merupakan merek yang juga diproduksi oleh produsen yang menciptakan merek Gadjah Mada. Jadi, kapan lagi Anda bisa rasakan keseruan bermain badminton dengan merek shuttlecock lokal bermutu tinggi? Inilah pilihannya!

7. Proteam Gold Shuttlecock Badminton

Proteam Gold Shuttlecock Badminton

Kisaran harga: Rp170.000

Bermata bola yang tidak mudah lepas meski kerap menerima pukulan keras

Dalam turnamen-turnamen besar bulu tangkis, sebut saja salah satu ajang yang digelar oleh Badminton World Federation (BWF), tentu shuttlecock yang dipergunakan peserta tidak bisa sembarangan. Umumnya, shuttlecock tersebut memiliki jumlah bulu 16 helai, tidak lebih dan tidak kurang. Apabila Anda ingin merasakan sensasi memakai shuttlecock berkarakteristik demikian, produk dari Proteam ini kami rekomendasikan.

Proteam Gold Shuttlecock Badminton adalah kok bulu tangkis yang terbuat dari material bulu angsa bermutu tinggi. Hanya tersusun dari 16 helai bulu yang saling menindih, shuttlecock pun menjadi lebih stabil dan kuat meski kerap mendapatkan pukulan smash bertubi-tubi. Dengan mata bola berbahan high hydrocarbon polymer rubber menjadikan gabus tumpuannya tidak mudah lepas.

8. Hi-Qua Super Medium Speed BWF Series Shuttlecock

Hi Qua Super Medium Speed BWF Series Shuttlecock

Kisaran harga: Rp415.000

Sudah mendapat sertifikasi resmi dari BWF

Berkat bahannya yang berasal dari bulu angsa putih terbaik, shuttlecock besutan Hi-Qua pun lebih tahan lama dan awet ketika dipakai bermain. Shuttlecock dengan durability yang sangat baik ini begitu andal dalam mendukung pola permainan panjang pemain, seperti saat bermain rally dengan durasi yang panjang di mana pada shuttlecock lain perlu diganti karena beberapa bulunya yang patah atau rusak.

Bukan cuma itu, shuttlecock yang telah tersertifikasi oleh Badminton World Federation ini juga banyak dipakai dalam berbagai ajang bergengsi di luar negeri, terutama di Tiongkok. Perlu kami ingatkan, harga yang tertera di atas merupakan harga untuk 5 pack atau slop. Jadi, bila dihitung satuan, tentu bisa lebih hemat!

9. Flypower Red Shuttlecock Badminton

Flypower Red Shuttlecock Badminton

Kisaran harga: Rp95.000

Menjadi rekomendasi banyak atlet kenamaan!

Belum menemukan shuttlecock yang sreg karena satu dan lain alasan? Jangan risau, kami masih memiliki rekomendasi lain, yaitu Flypower Red Shuttlecock Badminton. Shuttlecock ini dipasarkan dengan harga terjangkau karena bahan mata bolanya yang merupakan gabungan antara 50% crashed cork dan 50% PU (polyurethane) serta premium duck feathers untuk bulu-bulunya.

Seluruh shuttlecock dari Flypower terdiri dari 16 helai bulu angsa dengan panjang rata-rata 60 – 70 mm dan ukuran diameter bola sekitar 6,5 cm. Meski tidak seterkenal merek-merek lain, shuttlecock ini telah memperoleh rekomendasi dari banyak pemain profeisonal dunia, lho! Bahkan, Djarum Badminton Club pun ikut merekomendasikan shuttlecock ini karena kualitas yang baik dan harga jualnya yang terjangkau.

10. Indocock Shuttlecock Badminton

Indocock Shuttlecock Badminton

Kisaran harga: Rp95.000

Dengan speed number 78 yang cocok untuk di daerah pesisir

Bulu shuttlecock ini terbuat dari bulu angsa sehingga dapat terbayang betapa stabilnya ketika terbang. Untuk bermanuver pun, Anda bisa bidik titik-titik yang kiranya bakal sulit dijangkau pemain lawan secara akurat. Untuk satu set permainan pun, Indocock Shuttlecock Badminton menjamin performanya sehingga Anda bisa lebih hemat shuttlecock karena tak harus selalu menggantinya.

Memiliki berat rata-rata 4,9 gram per shuttlecock-nya semakin menambah kenyamanan Anda ketika bermain menggunakan shuttlecock ini. Walau bobotnya tidak begitu berat, Anda bisa membawa shuttlecock ini untuk dimainkan di daerah pesisir karena memiliki speed number mencapai 78. Bandrolan harganya yang tergolong murah membuat Anda semakin sulit berpaling dari shuttlecock satu ini, bukan?

Baca juga rekomendasi raket badminton terbaik di sini!

Selain memperhatikan shuttlecock yang bermutu baik, performa bermain setiap pemain tentu dipengaruhi juga oleh raket yang digunakan. Setiap raket badminton dirancang untuk keperluan berbeda, mulai dari permainan tipe menyerang, bertahan, atau campuran. Seperti apakah gaya bermain Anda? Pastikan untuk memakai raket badminton yang tepat.

Dalam tautan berikut, Anda akan menemukan tulisan yang menjelaskan lebih detail tentang memilih raket badminton, diikuti pilihan produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi membeli. Yuk, temukan raket badminton terbaik untuk Anda serta kenali bagaimana cara memilih raket yang benar dalam artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kami ingatkan kembali, untuk di Indonesia disarankan memakai shuttlecock dengan kecepatan 76 – 77 untuk banyak merek atau 2 – 3 untuk merek Yonex dan beberapa lainnya. Namun, harap Anda garisbawahi juga bahwa berat shuttlecock umumnya berkisar antara 4,75 – 5,5 gram. Jadi, informasi bobot dan kecepatan shuttlecock yang tercantum pada slop kemasan akan menjadi panduan Anda dalam memilih produk yang tepat.

Apabila Anda ingin bermain di lokasi yang bersuhu 27 – 33o C, gunakanlah shuttlecock dengan kecepatan 2 atau 76 agar pukulan terasa lebih ringan dan laju shuttlecock pun tidak begitu lambat. Begitu juga misalnya Anda bermain di daerah pesisir, sebaiknya Anda gunakan shuttlecock dengan speed number 77 yang tergolong sedang kecepatannya.

(Visited 32 times, 1 visits today)