Written by 23:18 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering

Penampilan kusam, bersisik, dan disertai rasa gatal dapat hadir tak lama setelah kekeringan menimpa. Anda dapat menggunakan masker wajah untuk membantu kulit wajah peroleh kelembapannya kembali. Produk yang tinggi kandungan pelembap (moisturizer) dapat meningkatkan kelembapan wajah selama dan setelah perawatan.

Banyak produsen mengeluarkan masker berbentuk sheet, peel-off, dan wash-off yang cocok untuk kulit kering. Freeman, Etude House, The Body Shop, dan Kiehl’s menyediakan produk terbaik yang bisa Anda gunakan. Pastikan Anda tidak salah pilih, berikut kami berikan panduan memilih masker wajah beserta rekomendasi terbaiknya. Mari perbaiki kondisi wajah kering Anda!

Faktor Pendorong Kulit Wajah Kering

Di bawah kulit terdapat kelenjar minyak (sebaceous glands) yang bertugas mengeluarkan minyak, atau sering disebut sebum. Apabila terjadi suatu kondisi yang mendorong ketidakberfungsiannya kelenjar minyak, maka pelumas, lemak, dan zat lain tidak bisa dikeluarkan, sehingga elastistias dan kelembapan kulit pun menurun. Keadaan ini yang dinamakan kulit kering.

Faktor utama yang menyebabkan kulit kering adalah hilangnya kemampuan sebaceous glands mengeluarkan minyak. Akan tetapi, faktor tersebut dapat terjadi diakibatkan hal lain. Ketika berada di ruangan bersuhu rendah, seperti ruangan ber-AC misalnya, kondisi ruangan yang dingin lama-kelamaan menyebabkan lapisan pelumas kulit menguap dan berdampak pada kulit kering.

Penggunaan face wash dengan daya eksfoliasi kuat juga membuat wajah kering, apalagi dipakai berlebihan dalam sehari. Paparan unsur kimia semacam klorin ketika berenang ikut mendorong kekeringan kulit. Di samping itu, kebiasaan mandi terlalu lama dengan air hangat dapat mengurangi kadar air dan minyak di wajah.

Sejumlah kondisi medis, seperti hipertiroidisme, eksem/dermatitis atopik, psoriasis, dan dermatitis seboroik merupakan gangguan yang berpeluang memicu kulit wajah menjadi kering. Untuk mengatasi wajah kering, Anda perlu rutin menerapkan masker wajah yang difungsikan meningkatkan hidrasi, mengunci kadar air, serta mendorong kembali kemampuan kelenjar minyak melakukan peranannya secara maksimal.

Cara Memilih Masker Wajah untuk Kulit Kering

Bagiamana kriteria masker wajah yang bagus untuk mengatasi kulit kering? Jawabannya dapat Anda ketahui di bagian ini. Kami akan menjelaskan poin-poin perihal tips memilih masker wajah untuk kulit kering, dari mulai pengecekan bahan utama, label produk, bentuk masker, hingga formula pendukungnya. Simak dengan saksama, ya!

Pilih yang Bahan Utamanya Efektif Melembapkan Kulit

Masker wajah dengan fungsi utama melembapkan kulit umumnya mengandung lebih banyak bahan aktif. Beberapa komponen terkenal akan efek moisturizing, seperti hydrolyzed collagen, elastin, avocado extract, vitamin E, dan oatmeal misalnya. Setiap bahan tersebut juga dapat membantu meredakan inflamasi pada kulit sensitif yang mulanya disebabkan oleh kulit kering.

Adapun bahan lain golongan essential oil terkenal efektif melembapkan kulit. Calendula oil, jojoba oil, aloe vera oil, dan argan oil, semua unsur tersebut akan membantu menyeimbangkan minyak alami kulit. Bacalah komposisi pelembap pada produk masker yang hendak Anda pilih, kemudian pastikan tertera beberapa kombinasi bahan tersebut agar kelembapan kulit Anda meningkat.

Selain bersifat Moisturizing, Pastikan juga bersifat Hydrating dan Nourishing

Masker wajah yang mencantumkan keterangan “moisturizing” mungkin menarik perhatian Anda. Namun perlu Anda ketahui, produk bersifat “moisturizing” hanya fokus mempertahankan kelembapan kulit. Masker ini mengandung beragam minyak alami yang ditujukan menghambat penguapan air pada permukaan kulit. Dengan kata lain, masker wajah berlabel “moisturizing” hanya bertindak mengunci kelembapan.

Sementara itu, ketika jumlah minyak tidak cukup, kelenjar sebasea akan kesulitan menarik keluar zat-zat pelumas kulit. Untuk itu, sebaiknya Anda pilih masker wajah yang diperkaya bahan penghidrasi kulit. Produk dengan fungsi hydrating umumnya berbentuk water-based alias bertekstur cair sehingga formula penghidrasinya lebih cepat meresap ke dalam kulit.

Hal lain yang mesti Anda ketahui, sejalan bertambahnya usia, kemampuan kelenjar minyak akan menurun. Jika Anda mengalami kulit kering akibat kondisi ini, kami menganjurkan Anda memilih masker wajah yang dibekali manfaat nourishing. Nourishing mask sangat intens dalam meningkatkan minyak alami wajah agar senantiasa lembap. Selain itu, masker tersebut juga tinggi kandungan nutrisinya.

Pilih berdasarkan Tipe Masker yang Tidak Menimbulkan Iritasi

Orang dengan kulit kering perlu menghindari masker berbahan dasar abu vulkanik (clay). Ada tiga tipe masker yang ideal dikenakan oleh kulit kering, yakni sheet mask, peel-off mask, dan wash-off mask. Dari ketiga tipe masker ini, masing-masing memiliki kriteria tersendiri. Bacalah poin-poin berikut agar Anda memperoleh gambaran tipe mana yang paling cocok dengan Anda.

Sheet Mask, Masker berbentuk Lembaran yang Terasa Sejuk

Sheet mask adalah masker wajah yang sangat unggul dalam melembapkan, menyegarkan, dan mengenyalkan kulit wajah. Produk ini mengutamakan fungsi tersebut, sehingga Anda tidak bisa berharap adanya fungsi pengangkatan kotoran atau sel kulit mati.

Bila wajah kering Anda tidak disertai kusam akibat tumpukan sel kulit mati, sheet mask bisa dipilih untuk mewujudkan kulit wajah lembap dan elastis. Karena berbentuk lembaran, masker ini begitu populer akan kepraktisannya. Cukup dipasang mengikuti kontur muka, lalu dibiarkan 10 – 15 menit, setelahnya wajah akan terasa lembut, lembap, dan segar seketika.

Peel-off Mask, Angkat Kotoran dan Sel Mati pada Wajah Bertekstur

Masker peel-off bisa Anda gunakan apabila bermaksud melembapkan wajah sekaligus membersihkan kotoran yang melekat di permukaan maupun menyelinap di dalam pori. Peel-off mask, sesuai namanya, diaplikasikan dengan cara dioles dan dikelupas setelah mengering.

Tipe masker satu ini biasanya berwujud gel yang akan mengering ketika didiamkan beberapa saat. Hasil yang ditawarkan peel off-mask tak hanya kulit lembap dan bersih, tetapi kulit wajah terasa lebih kencang. Jika kondisi wajah Anda mengharuskan penggunaan peel-off mask, sebaiknya lakukan uji senstivitas dulu agar tidak muncul reaksi alergi.

Wash-off Mask, Membuat Wajah Lembap dan Kenyal setelah Dibilas

Wash-off mask berarti masker yang harus dibilas sehabis penggunaan. Masker jenis ini dibedakan lagi menjadi beberapa kategori seperti cream mask, gel mask, dan sleeping mask. Walau terkategori sebagai wash-off mask, sleeping mask atau overnight mask tidak perlu dibilas karena jenis masker ini akan menyerap ke lapisan kulit dan bekerja sepanjang malam.

Cream mask adalah jenis masker tinggi kandungan minyak dan bahan pelembap lain yang bagus untuk kulit kering. Bagi Anda yang berkulit sensitif, lebih baik menggunakan gel mask. Saat terjadi iritasi, masker jenis gel juga dapat dipakai untuk meringankan iritasi.

Periksa Bahan Pendukung untuk Mengatasi Permasalahan Lainnya

Berkurangnya minyak pada wajah tidak sekadar membuat wajah kering. Saat terpapar sinar UVB, ketidaktersediaannya kelembapan akan membuat kulit tampak kusam akibat timbul noda hitam efek pigmentasi. Anda butuh masker yang mampu merevitalisasi agar kulit lembap dan cerah kembali. Pabrikan biasa menambahkan bahan bubuk mutiara, niacinamide, dan rice extract untuk fungsi mencerahkan wajah.

Kulit kering disertai iritasi dan jerawat berpotensi memunculkan peradangan. Carilah produk berkomposisi tea tree oil, honey extract, dan pastikan pula minim ingredients untuk membantu menenangkan kulit. Apabila Anda mulai didatangi tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur, garis halus, dan semacamnya, firming mask akan membuat wajah Anda kembali kencang. Produk berkandungan kolagen juga efektif meningkatkan elastisitas kulit.

10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering

Di bagian ini kami telah merangkum sepuluh produk masker terbaik untuk kulit kering. Kesepuluh masker wajah ini telah dibuktikan banyak orang perihal daya melembapkannya yang sangat baik. Anda bisa cek sendiri kualitasnya di Youtube maupun personal blog yang me-review produk-produk tersebut. Jadi, kami ucapkan selamat menentukan!

1. Kiehl’s Avocado Nourishing Hydration Mask

Kombinasi bahan alami untuk melembapkan, menutrisi, dan melembutkan kulit

Dua komposisi utama penghidrasi kulit pada masker keluaran Kiehl’s ini akan membuat Anda senang. Jelas saja, di samping mempertahankan kelembapan kulit, ketersediaan avocado oil dan evening primrose oil-nya ikut menutrisi kulit agar kembali segar dan terasa lembut.

Untuk Anda yang mengalami permasalahan kulit sensitif, masker satu ini takkan menyebabkan iritasi. Cukup didiamkan selama 15 menit sehabis perataan, kandungannya bekerja lembut mengatasi kekeringan yang terjadi di lapisan dasar kulit. Supaya maksimal, Kiehl’s merekomendasikan penggunaan 3 kali per minggu.

Tipe Wash-off mask
Bahan utama Avocado oil, evening primrose oil
Bahan pendukung Glycerin
Keamanan Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, bebas alergen
Ukuran 100 g
Kisaran harga Rp576.000

2. Freeman Hydrating Cactus + Cloudberry Water Gel Mask

Bukan hanya lembap, namun cerah juga!

Freeman adalah brand kenamaan asal Los Angeles yang menawarkan banyak varian masker. Pada seri Beauty Infusion, masker berkonsentrasi water gel satu ini berperan baik menghidrasi kulit wajah secara instan. Segala complexion bersifat negatif pada wajah Anda akan sirna dalam waktu singkat olehnya.

Kemasan tube-nya mempermudah Anda setiap kali mengeluarkan gel mask. Sesuai nama produk ini, Feeman menyertakan kebaikan cactus flower extract dan cloudberry seed oil yang berfungsi melembapkan kulit kering secara instan, serta menghasilkan tekstur kulit lembut dan tampak cerah.

Tipe Wash-off mask
Bahan utama Cactus flower extract, cloudberry seed oil
Bahan pendukung Evening primrose root extract, abronia vollisa leaf extract, agave americana stem extract, yucca brevifolia root extract, niacinamide
Keamanan Bebas paraben, bebas alkohol, bebas sulfat, bebas pengujian pada hewan
Ukuran 175 mL
Kisaran harga Rp95.000

3. Harlette Oatmilk Sleeping Mask

Waktu tidur menjadi momen berharga untuk perbaiki kondisi kulit

Apakah kulit kering Anda diiringi keberadaan jerawat? Masker persembahan Harlette berikut memadukan oat, susu, dan kolagen yang mampu mengurangi angka pembentukan jerawat. Cara kerja masker berbahan alami ini adalah dengan menutrisi wajah sehingga kesehatan, kecerahan, dan kekenyalan kulit meningkat.

Bukan hanya berperan sebagai acne-fighter, Harlette Oatmilk Sleeping Mask juga mengondisikan kulit wajah yang sensitif secara bertahap. Berbeda dengan kebanyakan masker untuk kulit kering, Harlette mendesain produk ini dalam bentuk sleeping mask. Jadi, Anda tidak perlu menyediakan waktu perawatan khusus karena kinerja produk ini berlangsung selama Anda terlelap.

Tipe Sleeping mask
Bahan utama Glycyrrhiza glabra (licorice) leaf extract, collagen, milk
Bahan pendukung Ascorbyl glucoside, sodium hyaluronate, butylene glycol, glycerin
Keamanan Bebas alkohol, bebas silikon, bebas paraben, bebas sulfat, bebas alergen
Ukuran 30 g
Kisaran harga Rp185.000

4. Etude House 0.2 Therapy Air Mask – Pearl

Mengandung 7-free essence berpenetrasi baik ke lapisan kulit

Sheet mask besutan Etude House ini populer di pasaran. 0.2 Therapy Air Mask varian pearl terbuat dari susunan ekstrak mutiara sebagai bahan pencerah wajah. Selain itu, kehadiran niacinamide akan memaksimalkan efek kilau yang diberikan oleh ekstrak mutiara.

Masker lembaran ini direkomendasikan untuk Anda yang bermaksud membebaskan tampilan wajah kusam dan lelah. Sehabis perawatan, kulit wajah Anda akan terhidrasi sehingga kulit kering bukan lagi persoalan. Klaim hypoallergenic dari produk asal Korea Selatan ini menjadikannya aman untuk kulit sensitif.

Tipe Sheet mask
Bahan utama Ekstrak mutiara
Bahan pendukung Niacinamide, ceramide, licorice extract, sodium hyaluronate, allantoin, lemon fruit extract, camellia sinensis leaf extract
Keamanan Bebas silikon, bebas alergen, bebas paraben, bebas sulfat, bebas pengujian pada hewan
Ukuran 20 mL
Kisaran harga Rp22.800

5. Laneige Water Sleeping Mask

Istirahat malam semakin terasa nyaman!

Tidak hanya wanita, melainkan para pria pun sudah banyak yang tertarik dengan sleeping mask ini. Bagaimana tidak, Laneige Water Sleeping Mask begitu praktis digunakan. Sangat cocok untuk digunakan oleh Anda yang kekurangan waktu untuk merawat wajah. Cukup dioles merata ke permukaan wajah, seluruh kandungannya akan bekerja selama Anda tertidur nyenyak!

Paparan matahari yang merusak kulit serta menjadikannya kusam dan kering akan direvitalisasi oleh masker ini. Teknologi Sleep-Tox™ memberiakn efek peremajaan kulit dalam semalam. Dukungan Moisture Wrap™ berkomposisi beta-glucan, ekstrak akar mawar malam, dan ekstrak aprikot Hunza membantu kulit peroleh kelembapan sepanjang malam.

Tipe Sleeping mask
Bahan utama Beta-glucan, evening primrose root extract, apricot fruit extract, qunoa seed extract
Bahan pendukung Ascorbyl glucoside, sodium hyaluronate, butylene glycol, glycerin
Keamanan Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alergen, bebas pengujian pada hewan
Ukuran 70 mL
Kisaran harga Rp520.000

6. Fresh Rose Face Mask

Terbukti klinis menghidrasi, menenangkan, dan mengencangkan kulit

Bukan sebatas menahan tingkat kelembapan kulit, Fresh Rose Face Mask juga diperkaya ekstrak porphyridium cruentum atau microalgae extract untuk menghidrasi kulit secara intensif. Sensasi sejuk ekstrak mentimun, gel lidah buaya, dan air mawar  di dalamnya ikut hadir menambah kelebihan produk ini.

Fresh telah menguji masker ini selama 4 minggu. Hasilnya, lebih dari 90% merasakan efek hidrasi, menenangkan, dan kekenyalan kulit meningkat. Bagi Anda yang kesehariannya lebih aktif di luar ruangan, waspadalah terhadap radikal bebas yang merusak sel kulit. Segera gunakan produk ini, ekstrak teh hijaunya menyimpan senyawa antioksidan yang akan melindungi dampak negatif radikal bebas.

Tipe Wash-off mask
Bahan utama Rose water, cucumber extract, aloe vera gel
Bahan pendukung Sodium hyaluronate, glycerin, propylene glycol, butylene glycol, porphyridium cruentum extract, green tea, camellia sinensis leaf extract
Keamanan Bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp415.000

7. The Body Shop British Rose Fresh Plumping Mask

Masker beraroma harum untuk tingkatkan kelembapan dan skin tone wajah

Produk rancangan The Body Shop ini terinspirasi oleh ritual bathing orang-orang Eropa. Bertekstur gel dingin menyegarkan, masker berkomposisi utama bebungaan dan aloe vera ini membuat kulit wajah Anda lebih lembap sekaligus terasa lembut ketika disentuh.

Penampilan muda berefek dewy juga bakal Anda nikmati setiap kali memakai produk ini. The Body Shop memastikan formulanya aman dari paraben, paraffin, silikon, dan mineral oil. Aplikasikan produk ini dengan tangan, atau Anda bisa juga menggunakan facial mask brush resmi The Body Shop untuk memudahkan perataan masker.

Tipe Wash-off mask
Bahan utama Rose petals, rose essence, roseship oil, ale vera
Bahan pendukung Citric acid, glycerin
Keamanan Bebas sulfat, bebas silikon, bebas paraben, bebas paraffin, bebas mineral oil, bebas pengujian pada hewan
Ukuran 75 mL
Kisaran harga Rp369.000

8. Garnier Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae

1 minggu kebutuhan serum terpenuhi hanya dalam 15 menit penggunaan

Sheet mask rumusan Garnier mengandung konsentrasi serum yang pekat. Hanya memakan waktu 15 menit, kebutuhan wajah terhadap serum selama 1 minggu langsung terpenuhi hanya dalam 1 hari perawatan. Karena mengandung charcoal, produk ini lebih cocok dipilih oleh Anda yang memiliki kulit kombinasi kering dan berminyak.

Kandungan charcoal akan menyerap kotoran dari pori hingga menyeluruh. Didukung black algae extract, pori-pori telah bersih akan dibuatnya tampak lebih halus. Walau sheet mask ini dibekali fungsi pengangkat kotoran, pasca perawatan wajah tetap lembap berkat hyaluronic acid dan lipohydroxy acid di dalamnya.

Tipe Sheet mask
Bahan utama Charcoal, black algae extract
Bahan pendukung Lipohydroxy acid, hyaluronic acid, glycerin, oryza sativa extract, pineapple fruit extract
Keamanan Bebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon, bebas alergen
Ukuran 28 g
Kisaran harga Rp19.500

9. Velrose Secret Face Mask – Banana Soy Milk

Bekas jerawat, bintik hitam, dan komedo mampu ditangani olehnya!

Seri Banana Soy Milk dirancang khusus oleh Velrose untuk kebutuhan kulit normal cenderung kering dan kulit kombinasi. Ada sedikit butiran halus pada krimnya ketika dicampurkan air yang berasal dari ekstrak beras dan gandum. Scrub halusnya ini berfungsi untuk membantu peluruhan kotoran dan komedo secara gentle.

Wangi lembut hadir dari buah pisang, membuat aktivitas facial mask semakin menyenangkan. Produk ini dibekali kemampuan lain untuk memudarkan flek hitam dan bekas jerawat. Alhasil, Velrose Banana Soy Milk tidak hanya membuat wajah bersih, namun bekas jerawat dan flek hitam pun ikut hilang. Rasakan kelembutan wajah berpadu efek cerah mengesankan sekarang juga!

Tipe Wash-off mask
Bahan utama Ekstrak buah pisang, ekstrak kacang kedelai
Bahan pendukung Gandum, susu, madu, beras, jeruk nipis
Keamanan Bebas zat aditif, bebas pewarna, bebas pewangi, bebas pengawet
Ukuran 150 g
Kisaran harga Rp100.000

10. Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque

Optimal meredakan beragam bentuk iritasi pada kulit sensitif

Face mask dalam bentuk gel dihadirkan Kiehl’s untuk Anda yang menghadapi permasalahan kulit sensitif dan kering. Ekstrak calendula dan aloe vera yang tersimpan akan masuk ke lapisan kulit untuk mendukung kinerja kelenjar minyak dalam melembapkan wajah, serta menenangkan kulit akibat beragam faktor yang memicu iritasi.

Saat kulit mengalami fotosensitivitas alias ruam kemerahan yang muncul dikarenakan paparan cahaya matahari, masker wajah ini bisa Anda andalkan sebab menawarkan sensasi dingin sekaligus hydrating effect. Berkat fungsi skin revitalizing-nya, bentuk kerusakan internal akibat sensitivitas kulit akan membaik seiring waktu

Tipe Wash-off mask
Bahan utama Calendula extract, calendula petals, aloe vera
Bahan pendukung Tocopherol (vitamin E), citric acid, anthemis nobilis flower oil, butylene glycol, glycerin
Keamanan Bebas alkohol, bebas silikon, bebas sulfat, bebas paraben
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp485.000

Lihat juga rekomendasi masker wajah lainnya di sini!

Kulit kering perlu ditangani oleh produk yang mampu melembapkan kulit. Di samping kesepuluh masker di atas, Anda juga bisa mengutamakan sheet mask yang tidak butuh effort lebih saat melakukan perawatan wajah.

Selain itu, sleeping mask menjadi salah satu produk yang termasuk unggul perihal melembapkan wajah. Anda bisa pilih salah satu di antara kedua tipe masker ini untuk melembapkan kulit kering. Berikut rekomendasinya!

10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik
10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik

Kesimpulan

Pilihlah masker wajah yang bertindak baik melembapkan kulit wajah. Anda yang dengan atau tanpa mengalami sensitivitas kulit juga perlu memperhatikan zat-zat aditif seperti alkohol, paraben, pengharum, alpha hydroxy acid (AHA) dan retinoid agar tidak terjadi iritasi (breakout).

Sederet masker wajah untuk kulit kering di atas bisa Anda jadikan referensi memilih. Mana produk terbaik menurut Anda? Selain mengaplikasikan masker, jangan lupa untuk rutin mengoleskan pelembap bertekstur kental. Hindari memakai sabun wajah berdaya pembersih tinggi karena hanya akan mengikis minyak alami yang Anda butuhkan untuk merawat wajah kering Anda. Selamat mencoba!

(Visited 2.022 times, 18 visits today)