Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Krim Pemutih Ketiak Terbaik

Kulit ketiak yang menghitam dapat menurunkan rasa percaya diri, terlebih bagi wanita. Memakai pakaian yang tidak menutupi lengan (tank top) jadi tidak memungkinkan karenanya. Krim pemutih ketiak dapat bantu mengatasi masalah ini berkat formula yang mampu mencerahkan warna kulit ketiak yang menghitam.

Ada banyak pilihan krim pemutih ketiak di pasaran, seperti ZAP, Everwhite, Dermature, dan lain sebagainya. Di artikel ini, PickyBest akan memperkenalkan sepuluh krim pemutih ketiak terbaik untuk Anda jadikan referensi. Pilihlah yang paling tepat untuk Anda!

Mengapa Ketiak Bisa Menghitam?

Beberapa orang mengalami kulit ketiak yang berwarna lebih gelap daripada bagian kulit lainnya. Hal ini disebabkan oleh pembentukan pigmen yang berlebihan serta faktor-faktor lain seperti ras, kesehatan, dan keturunan.

Selain faktor genetik, ketiak menghitam juga bisa terjadi akibat beberapa hal, yakni:

  • akumulasi keringat atau minyak,
  • iritasi akibat pencukuran atau pencabutan rambut ketiak,
  • penggunaan produk perawatan kulit yang sembarangan,
  • obesitas,
  • diabetes tipe 2,
  • hormon,
  • efek obat (insulin, pil KB, hormon pertumbuhan, dan lain-lain),
  • kanker.

Untuk menghilangkan warna kehitaman pada ketiak, Anda dapat melumasi kulit ketiak dengan sabun lembut atau krim pemutih ketiak terbaik, serta menjalani pola hidup sehat.

Cara Memilih Krim Pemutih Ketiak

Ingin segera menghilangkan kulit yang menghitam pada ketiak Anda? Gunakan krim pemutih ketiak terbaik yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini. Sebelumnya, simak dulu cara memilih krim pemutih ketiak sebagai pertimbangan agar Anda mendapatkan produk yang tepat.

Pilih Krim dengan Kandungan Berikut

Saat membeli krim pemutih ketiak terbaik, pastikan produk yang Anda beli mengandung bahan-bahan berikut:

Retinoid: Mencerahkan Kulit yang Terpigmentasi

blank

Salah satu bahan yang sering ditemukan pada produk perawatan kulit seperti serum, krim mata, dan pelembap malam adalah retinoid. Merupakan turunan dari vitamin A, retinoid bermanfaat untuk mengobati berbagai kondisi kulit, seperti jerawat, keriput, dan hiperpigmentasi.

Retinoid terdiri dari beberapa jenis, yakni retinol, retinoid esters, adapalene, isotretinoin, dan tretinoin. Setiap jenis memiliki manfaatnya masing-masing.

  • Retinoid Esters (retinyl palmitate, retinyl acetate, retinyl linoleate): membantu menyamarkan kerutan dan tanda-tanda penuaan, meningkatkan produksi kolagen, cocok untuk pemula atau kulit sensitif. Dari segi efektivitas, retinoid esters memerlukan waktu lebih lama untuk menunjukkan hasil dan efeknya lebih lemah dibandingkan retinoid lain.
  • Retinol: merontokkan dan mengganti sel kulit mati, meningkatkan produksi kolagen, mempercepat regenerasi kulit, dan mencegah penuaan dini. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, retinol membutuhkan waktu beberapa bulan hingga satu tahun.
  • Adapalene (differin): mencegah penyumbatan pori-pori di kulit akibat penumpukan minyak atau sel-sel kulit mati, mengurangi jerawat dan komedo, serta meredakan peradangan. Bila dikombinasikan dengan antibiotik topikal, dapat mengurangi jerawat 50-75% dalam waktu 12-16 minggu. Hanya boleh dipakai dengan resep dokter.
  • Isotretinoin (Accutane): merupakan jenis retinoid oral, berfungsi mengatasi masalah kulit yang berat, mengobati jerawat parah yang resisten terhadap terapi lain. Dapat mengurangi jumlah lesi jerawat hingga 80-90% dalam waktu 16-20 minggu, isotretinoin membutuhkan resep dan pengawasan ketat dari dokter.
  • Tretinoin (Retinoic Acid): menyamarkan kerutan dan tanda-tanda penuaan, mengatasi jerawat dan flek hitam, serta meningkatkan tekstur kulit. Tretinoin bekerja lebih cepat daripada retinol, tetapi memiliki efek samping seperti iritasi, keringat, dan reaksi alergi. Untuk menggunakannya, Anda membutuhkan resep dari dokter kulit.

Dari kelima jenis retinoid di atas, jenis yang paling ampuh untuk memutihkan ketiak yang terpigmentasi adalah tretinoin. Namun perlu diingat, untuk menggunakan tretinoin Anda memerlukan resep dari dokter.

Glycolic Acid: Eksfolian yang juga Berperan Sebagai Pencerah

blank

Sering kita jumpai kandungan AHA tercetak pada kemasan produk perawatan kulit. Itu artinya, produk tersebut mengandung alpha hydroxy acid (AHA) atau glycolic acid. Asam ini berfungsi untuk:

  • mengangkat sel-sel kulit mati dari lapisan atas kulit,
  • meratakan tekstur kulit,
  • menstimulasi pertumbuhan kulit baru sehingga penampilan kulit tampak lebih muda dan cerah,
  • melawan bakteri penyebab jerawat, dan
  • mengurangi peradangan.

Berbentuk molekul kecil, krim pemutih ketiak terbaik dengan kandungan glycolic acid dapat dipakai dengan cara dioleskan secara topikal. Namun, penggunaan glycolic acid harus dilakukan dengan hati-hati dan dosis yang tepat untuk menghindari iritasi kulit.

Kojic Acid: Menghambat Produksi Melanin

blank

Kojic acid adalah bahan yang digunakan dalam krim pemutih ketiak terbaik yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pigmen, seperti flek hitam dan tanda-tanda penuaan dini.

Bekerja menghambat produksi melanin (pigmen yang memberikan warna pada kulit), senyawa ini mampu membuat kulit menjadi lebih merata, menyamarkan flek hitam, kerutan, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Namun, penggunaan kojic acid mungkin akan menimbulkan reaksi alergi terhadap sebagian orang. Jadi sebaiknya Anda melakukan tes patch kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara luas.

Hydroquinone: Membuat Warna Kulit Lebih Terang

blank

Hydroquinone merupakan pencerah kulit yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah hiperpigmentasi. Cara kerjanya adalah memutihkan kulit dengan mengurangi produksi melanin penghasil warna kulit, sehingga warna kulit menjadi lebih terang atau lebih putih.

Selain itu, kulit juga menjadi lebih kencang seiring waktu. Dengan pemakaian yang konsisten, krim pemutih ketiak terbaik yang mengandung hydroquinone akan memperlihatkan hasil kerjanya sekitar empat minggu hingga beberapa bulan.

Trichloroacetic Acid: Menyingkirkan Sel-sel Kulit Mati

blank

Trichloroacetic Acid disingkat menjadi TCA, adalah asam yang digunakan dalam perawatan kulit sebagai peeling (pengelupasan) kimia. Perawatan ini adalah prosedur untuk menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak.

Dengan cara menyingkirkan sel-sel kulit mati yang berada di kulit wajah, sel kulit baru di bawahnya akan terungkap dan membuat kulit wajah Anda terasa lebih halus.

Pengelupasan kimia yang dilakukan TCA hanya boleh digunakan oleh perawatan kulit profesional bersertifikat. Jadi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu dan membutuhkan resep dokter untuk menggunakan TCA.

TCA tidak disarankan untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu, seperti ibu hamil dan menyusui, memiliki keloid, dan sebagainya.

Calcipotriene: Membantu Mengurangi Pigmentasi Kulit

blank

Bahan lain yang juga dipakai untuk membantu mengurangi pigmentasi kulit adalah calcipotriene. Merupakan analog vitamin D, calcipotriene termasuk ke dalam kategori obat resep generik yang mengobati psoriasis plak, dengan cara produksi sel kulit yang berlebihan penyebab timbulnya plak.

Psoriasis plak adalah salah satu jenis penyakit autoimun, dengan kondisi kulit timbul lesi merah, bersisik, dan tebal, yang menyebabkan gatal-gatal, rasa sakit dan peradangan. Calcipotriene digunakan pada kulit yang terkena plak psoriasis dengan cara dioleskan pada area yang terkena.

Bisa digunakan oleh orang dewasa atau anak-anak, krim pemutih ketiak terbaik berkandungan calcipotriene memerlukan resep dokter kulit atau ahli kosmetologi sebelum digunakan.

Ketahui juga Bahan Alami yang Mungkin Bisa Membantu

blank

Bila Anda ingin menggunakan bahan alami untuk memutihkan ketiak hitam, Anda dapat mencoba beberapa bahan alami sebagai alternatif pengobatan. Bahan-bahan tersebut secara alami dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan pigmen yang tidak merata, sehingga memungkinkan untuk membantu memutihkan ketiak.

Bahan-bahan alami tersebut di antaranya adalah:

  • irisan lemon,
  • parutan kentang,
  • campuran kunyit dan lemon,
  • ekstrak teripang,
  • minyak kelapa,
  • yogurt.

Penting untuk diperhatikan bahwa meskipun bahan-bahan alami ini dapat membantu mencerahkan ketiak yang gelap, mungkin perlu waktu untuk melihat hasilnya, dan hasilnya pun dapat bervariasi tergantung pada individu.

Selain itu, efektivitas bahan-bahan tersebut tidak didukung dengan bukti ilmiah yang memadai, dan memiliki kemungkinan efek samping yang beragam. Jadi sebaiknya Anda tidak terlalu mengandalkan pengobatan alami tersebut. Sebaiknya, mintalah saran dari dokter kulit sebelum mencoba perawatan kulit baru.

Sesuaikan Teksturnya dengan Jenis Kulit

blank

Seperti produk perawatan kulit lainnya, krim pemutih ketiak terbaik hadir dalam tekstur yang bervariasi, yang dapat disesuaikan dengan kecocokan terhadap jenis kulit tertentu. Beberapa di antaranya adalah krim, losion, dan gel.

  • Krim: bertekstur kental, mudah terserap dan tersebar di area kulit yang luas, tidak greasy atau sedikit greasy; cocok untuk merawat kulit kering, ruam, atau lesi kulit yang membutuhkan kelembapan tetap terjaga.
  • Losion: memiliki tekstur yang lebih tipis daripada krim, tidak berminyak, menyerap lebih cepat tanpa residu; cocok untuk kulit normal atau kombinasi.
  • Gel: memiliki konsistensi yang tebal dan tidak greasy; cocok untuk kulit berminyak.

Berdasarkan uraian di atas, Anda dapat memilih krim pemutih ketiak dengan tekstur yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

10 Rekomendasi Krim Pemutih Ketiak Terbaik

Tanpa berlama-lama lagi, silakan Anda tengok daftar krim pemutih ketiak terbaik berikut ini dan belilah langsung baik secara online maupun di apotek!

1. Zap Underarm Brightening Cream

Zap Underarm Brightening Cream

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Efektif juga dalam mengecilkan pori dan menghaluskan kulit

ZAP adalah klinik kecantikan yang ada sejak 2009 dan telah dipercaya dalam melakukan perawatan lebih dari 100.000 treatment di Indonesia. Krim pemutih ketiak buatan mereka ini hadir dengan bahan aktif carica papain extract, aloe vera, arbutin, dan deoxyarbutin, yang dapat Anda beli untuk digunakan di rumah.

Krim ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kecerahan kulit ketiak, tetapi juga mampu mengecilkan pori-pori kulit serta menghaluskan tekstur kulit lebih merata. Tak hanya ketiak, Anda juga bisa pakai krim pemutih ketiak terbaik ini di lipatan tubuh lainnya. Pakailah 1 kali dalam 1 hari sebelum tidur secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Roro Mendut Lulur Ketiak Rempah Hitam

Roro Mendut Lulur Ketiak Rempah Hitam

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mengandung nutrisi berpartikel nano yang mampu menyerap dengan cepat ke dalam lapisan epidermis kulit

Terinspirasi dari kecantikan kulit halus ala wanita kerajaan, produk ini diramu dari tumbuhan herbal yang juga menjadi salah satu komoditi unggulan Indonesia. Selain memberikan perawatan intensif pada kulit ketiak hitam, tentu kandungannya akan bermanfaat baik bagi kesehatan kulit.

Beberapa tumbuhan herbal yang digunakan untuk menyusun krim pemutih ketiak terbaik ini antara lain daun jeruk dan kapur sirih yang kemudian dipadukan lagi dengan rumput laut dan beras organik.

Hasilnya adalah krim yang berkhasiat mengangkat sel kulit mati, meminimalisir peradangan pasca bercukur, mencerahkan area lipatan kulit seperti ketiak, dan mengurangi produksi keringat berlebih pemicu bau tak sedap.

3. Everwhite Smooth Axillary Whitening Cream

Everwhite Smooth Axillary Whitening Cream

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Dapat digunakan pada banyak sekali area lipatan kulit yang gelap dan kasar

Menggunakan scrub mutiara dan chamomile extract sebagai kombinasi komposisi utamanya, krim ini sekaligus menjadi whitening scrub yang ampuh dalam memutihkan lipatan kulit ketiak dan menyerap sempurna dengan cepat.

Anda dapat mengaplikasikan Smooth Axillary Whitening Cream secara rutin pada seluruh lapisan kulit yang gelap, terutama di bagian lipatan seperti ketiak, siku, lutut, leher, selangkangan, bokong, pergelangan kaki, dan sebagainya.

Krim pemutih ketiak terbaik yang diperkaya antioksidan dan kemampuan membersihkan pori-pori kulit yang kotor dan hitam ini juga telah bersertifikasi BPOM.

4. Cupcake Underarm Cream

Cupcake Underarm Cream

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Diperkaya bahan-bahan alami untuk mencerahkan, melembapkan, dan mencegah kulit teriritasi

Tidak cuma memutihkan, krim pemutih ketiak terbaik ini juga membantu meningkatkan kelembapan dan tekstur halus kulit. Selain ideal untuk mencerahkan ketiak, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pemutih lipatan kulit lain, termasuk siku, lutut, selangkangan, dan bahkan mata kaki.

Cupcake Underarm Cream tidak mengandung pewangi, pewarna, AHA, maupun zat yang dapat memicu efek iritasi sehingga aman untuk kulit sensitif. Kandungan minyak bunga mawarnya akan membantu meremajakan kulit sekaligus menciptakan aroma harum yang menenangkan.

5. Clear Dark Dream Skin Ultimate Dark Spot Corrector

Clear Dark Dream Skin Ultimate Dark Spot Corrector

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Sangat bagus untuk mencerahkan bokong dan kulit ketiak yang hitam

Hadirnya Clear Dark Dream Skin Ultimate Dark Spot Corrector akan membantu mengatasi area bokong yang hitam, kasar, maupun belang-belang. Dibuat dengan inovasi krim nano berpartikel kecil, kandungannya cepat meresap ke lapisan kulit epidermis untuk proses kerja yang efektif.

Dengan krim pemutih ketiak terbaik ini, Anda bukan hanya terbebas dari masalah kulit ketiak dan bokong yang menggelap, tetapi juga dapat membantu menghilangkan tampilan stretch mark. Terbukti anti-iritasi, produk ini akan ramah bagi Anda yang berkulit sensitif.

6. Yoshihiro Whitening C Pemutih Ketiak dan Selangkangan

Yoshihiro Whitening C Pemutih Ketiak dan Selangkangan

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Cerahkan ketiak yang gelap sekaligus usia kuman dan bakteri penyebab bau badan

Diperkaya oleh vitamin C sebagai antioksidan, krim pemutih ketiak ini bekerja mengaktifkan sel kulit yang telah mati sekaligus memperbaiki struktur kulit di area yang menggelap. Antioksidan ini juga menetralkan radikal bebas yang memicu kulit gelap dan penuaan dini.

Selain itu, krim pemutih ketiak terbaik ini bukan hanya mengurangi tampilan gelap pada area kulit yang halus, tetapi juga mampu menghilangkan bau tak sedap akibat bakteri dan kuman yang tumbuh subur dikarenakan produksi keringat berlebih.

7. Satto Whitening C-Scrub

Satto Whitening C Scrub

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Gunakan secara rutin dan katakan selamat datang pada kulit ketiak cerah!

Butiran scrub halus dari Satto Whitening C-Scrub takkan menimbulkan efek perih setelah pemakaian. Diperkaya oleh vitamin C dan E, krim pemutih ketiak ini efektif dalam membersihkan sel kulit mati. Lipatan ketiak, bokong, dan selangkangan pun jadi lebih cerah.

Untuk hasil yang benar-benar efektif, krim pemutih ketiak terbaik ini harus dipakai rutin. Meski dipakai sering-sering, Anda tidak akan bosan berkat aromanya yang manis dan lembut. Beberapa pengguna mengaku mendapatkan kulit yang lebih putih setelah pemakaian lebih dari 1 tube.

8. Dermature Underarm Lightening Series

Dermature Underarm Lightening Series

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Menjanjikan perubahan pada pemakaian dalam kurun 1 – 3 minggu

Deramture Underarm Lightening Series dapat menjadi jawaban untuk Anda yang mencari krim pemutih ketiak terbaik dengan harga terjangkau. Pada satu kali pembelian, Dermature menyertakan satu set produk berisikan Underarm Cream dan Underarm Toner.

Telah memperoleh izin edar dari BPOM, produk ini dipastikan tidak mengandung zat kimia berbahaya sehingga aman tanpa efek samping ataupun menyebabkan ketergantungan. Krim pemutih ketiak ini dapat dipakai oleh setiap orang, termasuk ibu menyusui, ibu hamil, atau ibu yang baru melahirkan (pasca persalinan).

9. Vienna Underarm Scrub

Vienna Underarm Scrub

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Sekaligus bekerja sebagai deodoran!

Krim pemutih ketiak terbaik ini diformulasikan dari witch hazel, kolagen, dan herbal whitening complex sehingga dapat membersihkan dan melembutkan area kulit ketiak yang gelap, meningkatkan regenerasi kulit, serta meratakan warna cerah pada kulit.

Selain bekerja sebagai pemutih ketiak, Vienna Underarm Scrub juga memberi perlindungan 24 jam sebagai deodoran dan antiperspirant agar ketiak kering dan bebas keringat pemicu bau badan.

10. Felice Secret Whitening Body Cream

Felice Secret Whitening Body Cream

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Tawaran aroma apple blossom yang segar dan tampilan cerah sejak penggunaan pertama!

Dibekali sertifikat BPOM dan tidak mengandung merkuri, toksin, paraben, dan bahan-bahan berbahaya lain menjadikannya salah satu produk krim pemutih ketiak terbaik pilihan banyak orang.

Untuk memaksimalkan efek kerjanya dalam memutihkan ketiak, Felice menerapkan 4 bahan pemutih alami utama, yakni apple stemcell, collagen, arbutin, dan glutathione. Dengan teknologi Instant White, produk ini memberikan efek cerah sejak pemakaian pertama. Aroma apple blossom yang terpancar juga akan menyegarkan hari-hari Anda!

Yuk, cek rekomendasi krim pemutih dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Pakailah krim pemutih ketiak secara rutin untuk mendapatkan perubahan yang signifikan. Setiap produk mengantongi formulasi yang berbeda. Utamakan produk yang cepat meresap. Akan tetapi, jika krim pilihan Anda dibekali fungsi lain seperti waterproof atau UV protection, biasanya perlu waktu beberapa saat sebelum bisa dibersihkan.

Bila Anda ingin memakai krim pemutih ketiak terbaik yang bekerja sekaligus sebagai deodoran, pastikan produk tersebut dapat membuat ketiak tetap kering lebih lama. Sementara yang dirancang layaknya body scrub atau lulur badan, pastikanlah scrub-nya tidak menimbulkan iritasi yang menyebabkan kulit perih. Semoga ketiak Anda jadi lebih cerah, ya!

You may also like

Comments are closed.