Ibu & Anak

10 Balsem Terbaik untuk Bayi yang Batuk, Pilek/Flu, dan Perut Kembung

Saat bayi mengalami gejala flu, balsem bayi adalah pilihan ideal untuk melegakan pernapasan si kecil. Balsem merupakan obat gosok yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, meredakan pilek, dan sebagainya. Karena kulit bayi sangat sensitif, tentunya pemakaian balsem pada bayi tidak boleh sembarangan.

Banyak pilihan balsem khusus untuk bayi yang bisa Anda dapatkan, seperti Transpulmin, Buds Calming, Vicks, atau yang lainnya. Namun manakah yang paling cocok untuk buah hati Anda? Simak panduan cara memilih sekaligus rekomendasi balsem bayi terbaik berikut ini!

Cara Memilih Balsem untuk Bayi

Agar dapat menemukan produk yang paling cocok untuk si kecil, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelumnya. Berikut ini kami akan memberikan uraiannya.

Pilih Komposisi Produk yang Aman bagi Bayi

Memilih produk dengan bahan yang aman untuk bayi adalah keharusan. Pilihlah balsem bayi yang mengandung bahan-bahan alami, seperti eucalyptus, lavender, atau chamomile.

  • Eucalyptus dapat membantu mengatasi pernapasan yang tersumbat, meringankan batuk, meredakan pilek, dan melegakan tenggorokan. Eucalyptus aman untuk anak-anak dan dewasa, namun tidak boleh digunakan pada anak berusia di bawah 2 tahun.
  • Lavender memiliki efek yang menenangkan, sehingga dapat membantu bayi yang rewel agar bisa tidur lebih tenang. Lavender juga dapat meredakan nyeri dan rasa gatal pada bekas gigitan serangga, serta mengurangi gejala sakit perut.
  • Chamomile dapat mengobati insomnia pada bayi dan orang dewasa, membantu mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan semangat pada bayi yang rewel. Selain itu, chamomile juga dapat meredakan gejala kolik.

Sesuaikan Manfaatnya dengan Kebutuhan Bayi

blank

Dengan kandungan bahan-bahan alami yang terdapat di dalamnya, balsem bayi memiliki manfaat yang beragam untuk si kecil. Biasanya, balsem bayi biasa digunakan untuk mengatasi gejala flu pada anak-anak, seperti batuk, pilek, dan hidung tersumbat.

Selain dapat melegakan pernafasan dan mengobati perut kembung, balsem bayi memiliki manfaat yang lain. Beberapa produk dapat digunakan untuk menghangatkan pada saat cuaca dingin dan melembapkan kulit bayi yang kering.

Periksa Usia Minimal Penggunaan Produk

blank

Meski mengandung bahan-bahan yang aman untuk bayi, beberapa produk balsem bayi ada kemungkinan memiliki bahan kandungan yang tidak cocok untuk usia tertentu, terutama usia bayi yang baru lahir.

Untuk itu, perhatikan informasi tentang rentang usia yang ada pada kemasan saat Anda memilih balsem bayi. Pastikan usia bayi Anda sesuai dengan rentang usia yang diperbolehkan menggunakan produk tersebut.

10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi

Untuk mempermudah Anda dalam memilih, berikut ini kami berikan sepuluh rekomendasi balsem bayi dengan keunggulan masing-masing. Selamat menentukan pilihan!

1. Transpulmin Baby Balsam

blank

Sumber: Shopee.co.id

Melegakan pernapasan dengan aroma yang menenangkan

Hidung tersumbat membuat bayi merasa tidak nyaman karena pernapasannya terganggu. Atasi segera dengan mengoleskan Transpulmin Baby Balsam pada bayi Anda untuk melegakan pernapasannya sekaligus memberikan kenyamanan.

Kehangatan dan aroma eucalyptol dan ekstrak chamomile di dalamnya memberikan relaksasi bagi si kecil. Teksturnya yang lembut nyaman dan tidak lengket di kulit. Dapat digunakan untuk meringankan nyeri punggung dan sakit perut, produk ini khusus untuk bayi berusia di bawah 2 tahun.

Kandungan utama Eucalyptol, chamomile extract
Manfaat Melegakan pernapasan, meringankan hidung tersumbat, nyeri di punggung, sakit kepala, dan sakit perut
Usia 0-2 tahun
Isi 10 g
Kisaran harga Rp48.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Ultra Sakti Balsem Telon Tresno Joyo

Balsem hangat untuk sehari-hari atau saat hidung tersumbat

Balsem bayi yang satu ini dapat digunakan sehari-hari. Dengan tekstur yang lembut, Ultra Sakti Balsem Telon Tresno Joyo dapat menghangatkan tubuh bayi setelah mandi, saat cuaca dingin, atau saat bepergian.

Memiliki kandungan telon, mentol, kapur barus, dan minyak kayu putih, balsem bayi ini juga dapat meredakan gejala pilek, flu, dan batuk yang menyebabkan hidung tersumbat.

Kandungan utama Oleum foeniculi, camphora, eucalyptus oil, menthol
Manfaat Menghangatkan bayi dan mengurangi flu
Usia 2 tahun ke atas
Isi 40 g
Kisaran harga Rp11.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli

3. Buds Calming Rub Cream

Mengatasi perut kembung dengan bahan-bahan alami bernutrisi

Bila bayi Anda rewel, kemungkinan ia sedang mengalami perut kembung atau pencernaannya terganggu. Oleskan perutnya dengan Buds Calming Rub Cream untuk meredakan rasa sakit sekaligus menenangkannya.

Balsem bayi berbentuk cream ini mengandung jahe, peppermint, minyak lavender dan bahan-bahan alami lainnya. Perpaduan bahan-bahannya mampu memberikan kehangatan serta relaksasi, sekaligus memberi nutrisi untuk kulit si kecil.

Kandungan utama Ginger, fennel, peppermint, lavender oils, jojoba oil, shea butter, sunflower oil
Manfaat Menghangatkan perut, meredakan kembung, melembabkan dan menutrisi kulit bayi
Usia Semua usia
Isi 30 mL
Kisaran harga Rp229.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Transpulmin Kids Balsam

blank

Sumber: Shopee.co.id

Hangat dan nyaman dengan aroma relaksasi bahan alami

Balsem produksi Transpulmin ini dibuat untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas. Diperkaya dengan eucalyptol, mentol, sage oil, dan ekstrak chamomile, Kids Balsam memiliki aroma relaksasi dan kehangatan untuk memberikan kenyamanan bagi buah hati Anda.

Sebagai obat gosok, balsem ini dapat membantu meringankan hidung tersumbat dan melegakan pernapasan. Di samping itu, Kids Balsam juga dapat meredakan nyeri punggung, sakit kepala, dan sakit perut. Dengan teksturnya yang tidak lengket di kulit, si kecil jadi merasa lebih nyaman.

Kandungan utama Eucalyptol, menthol, camphor, sage oil, chamomile extract
Manfaat Melegakan pernapasan, meringankan hidung tersumbat, nyeri di punggung, sakit kepala, dan sakit perut
Usia 2 tahun ke atas
Isi 20 g
Kisaran harga Rp65.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Kinderen Baby Balsam Tube

Beragam manfaat untuk bayi agar tetap hangat dan bisa tidur nyenyak

Kinderen Baby Balsam merupakan obat gosok khusus bayi yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya dapat menghangatkan tubuh dan melegakan hidung tersumbat, balsem ini juga bisa mengobati perut kembung.

Bila si kecil mengalami iritasi atau gatal karena digigit serangga, Kinderen Baby Balsam juga bisa diandalkan. Begitu juga saat si kecil susah tidur. Cukup gosokkan balsem ini ke tubuhnya, maka bayi Anda akan menjadi lebih tenang dan bisa tidur pulas.

Kandungan utama Eucalyptus oil, chamomile (matricaria chamomilla)
Manfaat Menghangatkan tubuh, melegakan hidung tersumbat akibat selesma, meredakan perut kembung, mengurangi gatal karena gigitan serangga, dan mengurangi iritasi/kemerahan kulit
Usia Bayi dan anak-anak
Isi 12 g
Kisaran harga Rp34.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Bambi Baby Telon Balm

blank

Sumber: Bambi.co.id

Merawat dan menjaga kelembapan kulit bayi yang kering dan sensitif

Saat berada di tempat bersuhu rendah, bayi tidak hanya membutuhkan kehangatan, tapi juga perawatan kulit agar kelembapan kulitnya tetap terjaga. Anda bisa menggunakan Bambi Baby Telon Balm untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit bayi.

Diformulasikan dengan menggunakan bahan aktif alami, balsem ini juga dapat menghangatkan tubuh dan melegakan pernapasan bayi. Balsem ini pun aman digunakan oleh kulit sensitif karena telah lolos uji hypoallergenic dan dermatologist.

Kandungan utama Licorice, chamomile oil, dan pro vitamin B5, eucalyptus globulus leaf oil, allantoin
Manfaat Menghangatkan dan melegakan pernafasan
Usia Mulai usia 0 bulan
Isi 50 mL
Kisaran harga Rp64.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Copal Balsem

blank

Sumber: Shopee.co.id

Balsem serbaguna untuk mengobati gatal hingga masuk angin

Kulit si kecil gatal karena digigit serangga? Tidak perlu khawatir bila ada Copal Balsem selalu tersedia di kotak obat Anda. Kandungan camphora, mentol, dan eucalyptus-nya dapat menghilangkan gatal akibat gigitan serangga.

Begitu pun saat berada dalam perjalanan, terkadang anak mengalami masuk angin atau mabuk perjalanan. Gunakan Copal Balsem untuk meredakan rasa pusing, masuk angin, dan mual. Si kecil akan kembali normal dan perjalanan Anda akan kembali lancar.

Kandungan utama Camphora, menthol, eucalyptus oil
Manfaat Mengatasi rasa pusing, mabuk perjalanan, gatal karena gigitan serangga, dan masuk angin pada anak
Usia 2 tahun ke atas
Isi 25 g
Kisaran harga Rp17.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Vicks Baby Balsam

blank

Sumber: Shopee.co.id

Meringankan gejala flu dan batuk dengan aroma hangat

Dari generasi ke generasi, Vicks sudah dikenal sebagai obat gosok andalan saat buah hati mengalami gejala flu. Untuk anak usia 3 bulan hingga 5 tahun, Anda dapat menggunakan Vicks Baby Balsam guna meringankan flu dan batuk si kecil.

Perpaduan bahan rosemary dan lavender menghasilkan aroma yang menenangkan dan menghangatkan bayi saat cuaca sedang dingin. Balsem ini juga diperkaya dengan aloe vera agar kulit si kecil tetap lembap dan lembut.

Kandungan utama Aloe vera, rosemary, lavender
Manfaat Meringankan flu dan batuk, menghangatkan saat cuaca dingin
Usia 3 bulan – 5 tahun
Isi 50 g
Kisaran harga Rp63.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Heritage Vapor Soove

blank

Sumber: Blibli.com

Melegakan saluran pernapasan si kecil, meredakan batpil

Buah hati Anda mengalami batuk dan hidung tersumbat karena pilek? Oleskan Heritage Vapor Soove pada dada si kecil untuk bantu meredakan batuk pilek dan melegakan saluran pernapasannya.

Hal itu dikarenakan uap yang keluar dari perpaduan eucalyptus, lavender, menthol, dan thyme yang hangat, lembut, dan menenangkan. Formulasinya bebas kamper, sehingga cocok untuk bayi dan anak di atas 6 bulan.

Kandungan utama Eucalyptus, lavender, menthol, thyme
Manfaat Meredakan gejala hidung tersumbat, pilek dan batuk
Usia 6 bulan ke atas
Isi 30 g
Kisaran harga Rp89.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Beauty Barn Aromatherapy – Bree-Rub

Efektif melegakan pernapasan dan mempercepat penyembuhan

Saat menderita gejala flu, anak Anda susah tidur karena pernapasannya terganggu. Bayi butuh istirahat yang maksimal agar cepat pulih. Untuk itu dibutuhkan aroma yang menenangkan agar si kecil bisa tidur dengan tenang.

Beauty Barn Aromatherapy merupakan essential oil yang bermanfaat untuk meredakan gatal di tenggorokan si kecil. Aromanya yang menenangkan dapat membantu melegakan pernapasan, meredakan batuk, serta mempercepat penyembuhan.

Kandungan utama Eucalyptus, lavender oil, cinnamon bark oil, lemon oil, tea tree oil, dst
Manfaat Meredakan batuk, melegakan pernapasan, menghangatkan tubuh
Usia 12 bulan ke atas
Isi 30 mL
Kisaran harga Rp240.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Balsem untuk Bayi

Produk Transpulmin Baby Balsam Ultra Sakti Balsem Telon Tresno Joyo Buds Calming Rub Cream Transpulmin Kids Balsam Kinderen Baby Balsam Tube Bambi Baby Telon Balm Copal Balsem Vicks Baby Balsam Vapor Soove Heritage Beauty Barn Aromatherapy – Bree-Rub
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan utama Eucalyptol, chamomile extract Oleu feniculi, camphora, eucalyptus oil, menthol Ginger, fennel, peppermint, lavender oils, jojoba oil, shea butter, sunflower oil Eucalyptol, menthol, camphor, sage oil, chamomile extract Eucalyptus oil, chamomile (matricaria chamomilla) Licorice, chamomile oil, dan pro vitamin B5, eucalyptus globulus leaf oil, allantoin Camphora, menthol, eucalyptus oil Aloe vera, rosemary, lavender Eucalyptus, lavender, menthol, thyme Eucalyptus, lavender oil, cinnamon bark oil, lemon oil, tea tree oil, dst
Manfaat Melegakan pernapasan, meringankan hidung tersumbat, nyeri di punggung, sakit kepala, dan sakit perut Menghangatkan bayi dan mengurangi flu Menghangatkan perut, meredakan kembung, melembabkan dan menutrisi kulit bayi Melegakan pernapasan, meringankan hidung tersumbat, nyeri di punggung, sakit kepala, dan sakit perut Menghangatkan tubuh, melegakan hidung tersumbat akibat selesma, meredakan perut kembung, mengurangi gatal karena gigitan serangga, dan mengurangi iritasi/kemerahan kulit Menghangatkan dan melegakan pernafasan Mengatasi rasa pusing, mabuk perjalanan, gatal karena gigitan serangga, dan masuk angin pada anak Meringankan flu dan batuk, menghangatkan saat cuaca dingin Meredakan gejala hidung tersumbat, pilek dan batuk Meredakan batuk, melegakan pernapasan, menghangatkan tubuh
Usia 0-2 tahun 2 tahun ke atas Semua usia 2 tahun ke atas Bayi dan anak-anak Mulai usia 0 bulan 2 tahun ke atas 3 bulan – 5 tahun 6 bulan ke atas 12 bulan ke atas
Isi 10 g 40 g 30 mL 20 g 12 g 50 mL 25 g 50 g 30 g 30 mL
Kisaran harga Rp48.000 Rp11.500 Rp229.000 Rp65.000 Rp34.500 Rp64.800 Rp17.000 Rp63.000 Rp89.000 Rp240.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Gejala flu atau perut kembung biasa dialami bayi dan anak-anak terutama pada saat cuaca dingin. Agar gejala sakit si kecil reda, gunakan balsem bayi yang dapat menghangatkan tubuh sekaligus aman untuknya. Masih banyak lagi manfaat dari balsem bayi yang bisa Anda berikan pada si kecil.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan balsem bayi yang tepat untuk buah hati Anda. Jangan lupa untuk selalu sediakan balsem bayi di rumah untuk berjaga-jaga. Semoga si kecil sehat selalu, ya!

 

Referensi

Safe Essential Oils for Babies and How to Use Them
https://www.healthline.com/health/parenting/essential-oils-for-babies diakses pada 2 November 2021

9 Unexpected Benefits of Eucalyptus Oil
https://www.healthline.com/health/9-ways-eucalyptus-oil-can-help diakses pada 2 November 2021

 

You may also like

Comments are closed.