Komputer & Gadget

10 Bluetooth Audio Receiver Terbaik, Pilihan Berkualitas!

Bluetooth audio receiver adalah alat yang memungkinkan perangkat audio non-bluetooth menjadi perangkat audio bluetooth. Dengannya, speaker atau headphone jadul sekalipun bisa menangkap musik yang dipancarkan dari pemutar musik

Produsen bluetooth audio receiver ada banyak, seperti misalnya Audioengine, Fiio, dan Quadelix. Bila Anda bingung memilih yang mana, di artikel ini kami akan berikan panduan sekaligus sepuluh produk terbaik dari merek-merek ternama. Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Cara Memilih Bluetooth Audio Receiver

Sebelum memilih, Anda perlu tahu aspek-aspek yang penting diperhatikan agar dapat menemukan bluetooth audio receiver terbaik. Apa saja?

Periksa Dukungan Codec-nya

Bluetooth memiliki bandwidth terbatas, sebab itu data audio perlu dikompresi. Program yang melakukan proses ini adalah codec. Jenis codec yang didukung oleh bluetooth audio receiver akan menentukan kualitas audio dan latensi transmisinya.

Di bawah ini adalah jenis-jenis codec audio bluetooth yang ada saat ini.

SBC

SBC adalah audio codec yang didukung oleh profil A2DP yang merupakan standar streaming audio untuk seluruh perangkat bluetooth. Apa pun perangkat bluetooth Anda, pasti kompatibel dengan codec ini. Adapun codec ini mendukung bitrate 320kbps dengan sample rate 44kHz/24-bit.

Kompresi yang dilakukan SBC sangat lossy. Sebab itu, penurunan kualitas audio mungkin cukup terdengar di telinga yang jeli. Selain itu, codec ini punya latensi yang besar. Untuk nonton film atau gaming, latensi ini mungkin bakal cukup mengganggu.

Kendati begitu, jika Anda hanya mendengar musik dan tidak begitu mempermasalahkan sedikit penurunan kualitas (atau malah tak bisa mendengarnya), codec ini lebih dari cukup. Lagipula, bluetooth audio receiver yang hanya mendukung codec SBC umumnya dibanderol murah.

aptX

aptX merupakan codec audio bluetooth yang dimiliki oleh Qualcomm. Mayoritas smartphone/tablet Android keluaran terbaru sudah mendukungnya. Sistem operasi komputer seperti Windows 10, Ubuntu, dan mac-OS juga mendukungnya. Tapi, sampai hari ini sistem operasi iOS masih belum mendukung aptX.

aptX adalah alternatif lebih baik dari SBC. Meski sama-sama lossy, kualitas kompresinya jauh lebih baik. Dengan bit rates lebih besar, informasi yang terbuang lebih sedikit, sehingga penurunan kualitas lebih minim. aptX biasa mendukung 384kbps 48kHZ/16-bit, aptX HD 576kbps 48kHz/24-bit, aptX LL 352kbps 44.1kHz/16-bit.

aptX HD merupakan versi peningkatan dari aptX biasa. Inilah codec yang Anda cari jika Anda ingin kualitas audio yang lebih tinggi lagi. Sementara itu, aptX LL (low latency) menawarkan latensi terkecil di antara ketiganya, membuatnya cocok dipakai untuk gaming dan menonton film.

AAC

AAC adalah codec default perangkat bersistem iOS. Namun, karena bukan milik Apple, codec ini juga banyak didukung perangkat lain yang non-Apple. Codec AAC juga digadang sebagai penerus MP3—codec yang jarang ditemukan di perangkat bluetooth.

AAC menerapkan algoritma kompresi yang kompleks. Dibanding SBC, kualitas audio yang dihasilkan lebih baik, sekaligus berukuran lebih kecil. Sebab itulah, bit rates AAC lebih kecil dibanding kedua codec sebelumnya, yakni 256kbps.

Algoritma kompresi yang kompleks membuat codec ini membutuhkan daya komputasi yang tinggi (power hungry). Efeknya, baterai smartphone Anda bakal lebih cepat habis kalau menggunakannya. Di samping itu, performa codec ini lebih optimal di perangkat iOS dibanding Android. Jadi, kalau Anda pengguna Android, lebih baik pakai aptX saja.

LDAC

LDAC adalah codec audio bluetooth buatan Sony. Bandwidth codec ini sangat besar sehingga dapat mentransfer data tiga kali lebih besar dari codec yang lain, yakni mencapai 95kHz/24-bit di 990kbps. Dengan bit rates sebesar ini, LDAC sangat cocok untuk melakukan streaming audio lossless.

Bit rates LDAC dapat diatur sesuai kebutuhan. Dalam setting tertinggi, kualitas audionya kurang lebih setara kualitas CD. Walau performanya untuk Hi-Res audio masih diragukan, LDAC mungkin menjadi codec bluetooth paling menarik buat kalangan audiophile.

Sesuaikan Jangkauan Transmisi dengan Kebutuhan

blank

Bluetooth audio receiver memiliki jangkauan transmisi terbatas. Jangkauan transmisi ini adalah cakupan area di mana sinyal bluetooth antara perangkat dan speaker Anda dapat terkoneksi. Jika perangkat sumber audio Anda berada di luar itu, bakal terjadi gangguan koneksi yang menyebabkan audio putus-putus dan masalah lainnya.

Jangkauan transmisi harus seluas apa bergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna. Di rumah, jangkauan 10 meter atau lebih bakal memberi Anda lebih banyak ruang gerak. Namun bila Anda hanya ingin tersambung dengan speaker mobil, jangkauannya tak perlu luas.

Pertimbangkan Daya Tahan Baterai Berdasarkan Pengaplikasian

blank

Bluetooth audio receiver ada yang ditenagai langsung oleh sambungan stopkontak dan ada juga yang dari baterai. Apabila Anda memerlukan yang kedua, maka periksalah daya tahan baterainya. Daya tahan baterai ini akan menentukan seberapa lama receiver dapat dipakai sebelum kehabisan daya.

Seberapa lama daya tahan baterai sebuah bluetooth audio receiver bergantung pada kebutuhan. Yang jelas, paling tidak pastikan produk yang Anda pilih dapat bertahan sampai 5 jam. Kalau Anda ingin menggunakannya di luar ruangan, daya tahan 8 jam ke atas akan lebih memudahkan lagi.

Ingin Streaming Audio dari Perangkat Non-Bluetooth? Pilih yang Sekaligus Transmitter!

blank

Bluetooth audio receiver adalah alat yang memungkinkan speaker non-bluetooth untuk menangkap streaming audio dari perangkat sumber audio. Kalau yang Anda mau adalah alat untuk streaming audio dari perangkat pemutar audio non-bluetooth, maka yang Anda butuhkan adalah bluetooth audio transmitter.

Untungnya, saat ini ada banyak bluetooth audio receiver yang sekaligus transmitter. Harganya memang sedikit lebih mahal dari yang receiver saja, namun selisihnya tetap lebih hemat daripada harus beli dua alat bereda.

10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik

Setelah memahami aspek apa saja yang penting diperhatikan dalam memilih bluetooth audio receiver, sekarang Anda sudah siap untuk belanja. Di bawah ini telah kami pilihkan sepuluh produk terbaik yang beredar di pasaran hari ini.

1. Logitech Receiver Audio Bluetooth

blank

Sumber: Logitech.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat tersambung pada beberapa perangkat sumber audio sekaligus

Logitech Receiver Audio Bluetooth dapat digunakan pada sebagian besar speaker dan sistem stereo rumahan. Tinggal sambungkan input RCA atau 3,5 mm, perangkat bisa langsung di-pairing. Asyiknya lagi, produk ini mendukung bluetooth multipoint. Artinya, beberapa perangkat pemutar audio dapat tersambung ke speaker Anda.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality baik.
  • Konektivitas stabil.
  • Jangkauan transmisi cukup luas.
  • Harga cukup terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya mendukung codec SBC.
Dukungan codec SBC
Jangkauan transmisi 15 m
Daya tahan baterai Tidak pakai baterai
Kisaran harga Rp327.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. AUKEY BR-C16 CSR 8635 4.1 NFC Bluetooth Receiver

blank

Sumber: Aukey.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada

Compact dan portabel, dilengkapi pula mikrofon untuk menjawab telepon

AUKEY BR-C16 adalah bluetooth audio receiver yang compact dan portabel, cocok digunakan di headphone ataupun speaker mobil. Daya tahan baterainya yang panjang memastikan sesi mendengarkan musik Anda tidak putus di tengah jalan.

Menariknya lagi, produk ini dilengkapi mikrofon untuk menjawab telepon. Fitur ini sangat berguna di mobil agar Anda tidak perlu ribet meraih ponsel saat ada panggilan masuk.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pairing mudah dan cepat.
  • Bodi tipis.
  • Kontrol simpel.
  • Bisa tersambung dengan dua perangkat sumber audio sekaligus.
  • Harga kompetitif.
  • Cocok buat perangkat iOS.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dukungan codec standar.
Dukungan codec SBC dan AAC
Jangkauan transmisi 9 m
Daya tahan baterai 8-10 jam
Kisaran harga Rp500.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada

3. Avantree Oasis Plus

blank

Sumber: Avantree.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Bluetooth audio receiver sekaligus transmitter untuk TV

Produk satu ini adalah receiver sekaligus transmitter. Hebatnya, kedua mode ini dapat Anda pakai bersamaan. Selain itu, karena didesain untuk disambung ke TV, latensi yang dihasilkan kecil sehingga takkan terjadi gangguan sinkronasi antara tayangan di TV dengan audio yang terdengar.

Untuk mendengar musik, dukungan codec aptX dan aptX HD memastikan terjaganya kualitas. Bahkan, Avantree mengklaim kualitasnya lebih baik dari kualitas CD. Dengan sederet keunggulan di atas, ditambah jaminan kompabilitas dengan seluruh jenis TV, headphone, dan speaker, Avantree Oasis Plus menjadi salah satu blueetoth audio receiver terbaik hari ini.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Konektivitas stabil dan konsisten.
  • Pairing mudah.
  • Kualitas audio baik.
  • Jangkauan transmisi luas.
  • Peringatan voice prompt menambah kepraktisan.
  • Harga kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Dukungan codec SBC, aptX, aptX HD, aptX Low Latency
Jangkauan transmisi 50 m
Daya tahan baterai Tidak pakai baterai
Kisaran harga Rp1.039.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Taotronics TT-BR05 Portable Wireless Car Aux Adapter, 3.5mm Stereo Car Kits

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Dirancang untuk tape mobil

Bila kebutuhan Anda spesifik untuk speaker mobil, maka inilah produk yang Anda cari. Taotronics TT-BR05 adalah receiver yang dirancang khusus untuk sistem audio mobil. Tak peduli setua apa pun tape mobil Anda, asal terdapat output AUX 3.5 mm, produk ini siap dipakai

Senada dengan fungsinya di atas, produk ini juga berukuran kecil dan berbobot ringan. Hal ini penting agar tidak menyebabkan stres pada lubang port, sekaligus meminimalisir kemungkinan tersenggol. Biar begitu, ukuran kecilnya kontras dengan kapasitas baterai besar yang menghasilkan daya tahan sampai 8 jam.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Konektor 3.5 mm bisa dicopot dan diganti kabel kalau tidak mau menggantung di dasbor.
  • Proses pairing cepat.
  • Kualitas audio cukup baik untuk kapabilitasnya.
  • Build quality apik.
  • Harga terjangkau.
  • Perangkat akan mati sendiri jika tidak dipakai beberapa lama.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dukungan codec standar.
Dukungan codec SBC
Jangkauan transmisi Tidak disebutkan
Daya tahan baterai 8 jam
Kisaran harga Rp425.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

5. Audioengine B1

Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Kualitas audio jadi prioritas

Anda yang audiophile mungkin lebih rewel soal kualitas audio. Karena itu, kami secara khusus merekomendasikan Audioengine B1. Produk ini mendukung aptX HD yang bit rates-nya lebih tinggi dibanding codec standar.

Kerennya lagi, jangkauan transmisi produk ini luar biasa luas, yakni sampai 30 meter. Dengan jangkauan sejauh ini, Anda dapat menghubungkan smartphone dan speaker dari ruangan berbeda tanpa masalah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality kokoh.
  • Kualitas audio cemerlang dengan distribusi seimbang di seluruh frekuensi.
  • Jangkauan transmisi super luas dan stabil.
  • Pairing mudah.
  • Kontrol simpel.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal buat sebagian orang.
Dukungan codec SBC, AAC, aptX, dan aptX HD
Jangkauan transmisi 30 m
Daya tahan baterai Tidak pakai baterai
Kisaran harga Rp2.999.000
Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Fiio BTR5

blank

Sumber: Fiio.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Perangkat DAC untuk pengoptimalan audio Hi-Res

Apakah audio Hi-Res adalah hal yang mutlak buat audiophile seperti Anda? Bila demikian, Fiio BTR5 menjadi produk yang bisa Anda andalkan. Produk ini adalah sebuah perangkat DAC (Digital to Analog Converter) sehingga secara otomatis bakal mengoptimalkan kualitas audio.

Keuntungan lebih akan didapatkan bila Anda memutar musik berformat lossless. Berkat dukungan codec LDAC dengan kompresinya yang minimal, kualitas asli musik Anda bakal terdengar seluruhnya, menghasilkan pengalaman wireless Hi-Fi yang setara dengan perangkat audio wired.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mendukung semua codec.
  • Pairing cepat dan mudah.
  • Ukuran kecil tapi build quality apik.
  • Daya tahan baterai panjang.
  • Ideal dipakai di rumah, mobil, maupun outdoor.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal buat sebagian orang.
Dukungan codec SBC, AAC, aptX, aptX HD, aptX Low Latency, dan LDAC
Jangkauan transmisi 10 m
Daya tahan baterai 9 jam
Kisaran harga Rp1.950.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Fiio μBTR

blank

Sumber: Fiio.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Keseimbangan antara kualitas dan portabilitas

Normalnya Anda harus memilih antara kualitas dan portabilitas. Untungnya, ada receiver seperti Fiio μBTR yang menyeimbangkan keduanya. Kualitas ditunjang oleh amplifier canggih Texas Instruments TPA6132A2. Sementara portabilitas dijamin oleh ukurannya yang saking kecilnya dapat dimasukkan ke saku baju atau celana.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bodi kecil nan enteng.
  • Build quality kokoh.
  • Daya tahan baterai panjang.
  • Konektivitas stabil.
  • Kualitas audio sangat baik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Dukungan codec SBC, aptX, dan AAC
Jangkauan transmisi 10 m
Daya tahan baterai 9 jam
Kisaran harga Rp499.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Qudelix 5K Reference DAC/AMP

blank

Sumber: Qudelix.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Memiliki Parametric EQ 10-band

Tidak hanya berfungsi sebagai receiver, Qudelix 5K ini akan meningkatkan pengalaman wireless Hi-Fi Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Dilengkapi Parametric EQ 10-band, Anda mendapatkan keleluasaan lebih dalam mengatur parameter audio. Fitur ini sangat berguna mengingat kualitas audio seringkali subjektif.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mendukung semua codec.
  • Kualitas audio jernih.
  • Portabilitas baik berkat bobot enteng dan ukuran yang kecil.
  • Build quality apik.
  • Daya tahan baterai panjang.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sistem penombolan agak rumit.
  • Harganya mungkin agak kemahalan buat beberapa orang.
Dukungan codec SBC, aptX, aptX HD, aptX Adaptive, AAC, LDAC
Jangkauan transmisi Tidak disebutkan
Daya tahan baterai 8 jam
Kisaran harga Rp2.800.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Ifi Zen Blue

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cocok buat pengguna layanan streaming musik Hi-Res

Ifi Zen Blue sangat cocok buat Anda pengguna Qobuz, Tidal Hi-Fi, Deezer Hifi atau layanan streaming musik Hi-Res lainnya. Pasalnya, perangkat DAC ini mendukung semua audio codec yang ada saat ini, termasuk LHDC. Jika Anda belum tahu, LHDC adalah codec yang setara dengan LDAC, bahkan mengunggulinya di beberapa sisi.

Hal lain yang juga spesial dari Zen Blue adalah kompresinya yang apik. Meski memproses musik berkarakter berisik/sibuk, dinamikanya tidak hilang. Separasi antar instrumen pun terdengar jelas. Tak peduli noise rock ataupun klasik, pokoknya semua genre musik bakal terdengar optimal!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kualitas audio memuaskan.
  • Dukungan codec ekstra lengkap.
  • Build quality apik.
  • Sudah mendukung Bluetooth 5.0.
  • Pairing mudah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak kemahalan buat sebagian orang.
Dukungan codec SBC, aptX, aptX HD, aptX Low Latency, aptX Adaptive, LDAC
Jangkauan transmisi Tidak disebutkan
Daya tahan baterai Tidak pakai baterai
Kisaran harga Rp2.349.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. TP-Link HA100

blank

Sumber: Tp-link.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bluetooth audio receiver yang kompeten di kelasnya

TP-Link terkenal sebagai merek internet router dan modem. Siapa sangka, perusahaan asal Cina ini juga memproduksi bluetooth audio receiver. Untuk kelas harganya, produk ini sama sekali tidak buruk.

Jangkauan transmisinya mencapai 20 meter dan di dalam jangkauan itu Anda dapat menyambungkan hingga 8 perangkat sumber sekaligus.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kualitas suara tergolong baik buat kelasnya.
  • Mudah di-pairing.
  • Build quality baik.
  • Jangkauan transmisi di atas rata-rata produk di kelasnya.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dukungan codec standar.
Dukungan codec SBC
Jangkauan transmisi 20 m
Daya tahan baterai Tidak pakai baterai
Kisaran harga Rp249.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Bluetooth Audio Receiver

Produk Logitech Receiver Audio Bluetooth AUKEY BR-C16 CSR 8635 4.1 NFC Bluetooth   Receiver Avantree Oasis Plus Taotronics TT-BR05 Portable Wireless Car Aux   Adapter, 3.5mm Stereo Car Kits Audioengine B1 Fiio BTR5 Fiio μBTR Qudelix 5K Reference DAC/AMP Ifi Zen Blue TP-Link HA100
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Dukungan codec SBC SBC dan AAC SBC, aptX, aptX HD, aptX Low Latency SBC SBC, AAC, aptX, dan aptX HD SBC, AAC, aptX, aptX HD, aptX Low Latency, dan LDAC SBC, aptX, dan AAC SBC, aptX, aptX HD, aptX Adaptive, AAC, LDAC SBC, aptX, aptX HD, aptX Low Latency, aptX Adaptive, LDAC SBC
Jangkauan transmisi 15 m 9 m 50 m Tidak disebutkan 30 m 10 m 10 m Tidak disebutkan Tidak disebutkan 20 m
Daya tahan baterai Tidak pakai baterai 8-10 jam Tidak pakai baterai 8 jam Tidak pakai baterai 9 jam 9 jam 8 jam Tidak pakai baterai Tidak pakai baterai
Kisaran harga Rp327.000 Rp500.000 Rp1.039.000 Rp425.000 Rp2.999.000 Rp1.950.000 Rp499.000 Rp2.800.000 Rp2.349.000 Rp249.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Adakah dari sepuluh bluetooth audio receiver di atas yang kira-kira cocok dengan speaker atau headphone Anda? Sebelum membeli, pastikan Anda sudah menyeleksinya berdasarkan uraian kami di bagian cara memilih.

Perlu kami ingatkan untuk memilih receiver yang dukungan codec-nya sama dengan dukungan codec speaker atau headphone Anda. Hal ini penting untuk memastikan potensi codec terpakai seluruhnya. Mudah-mudahan Anda puas dengan bluetooth audio receiver baru Anda, ya!

Referensi

Does Bluetooth Wireless Audio Reduce Sound Quality?
https://www.lifewire.com/what-to-know-about-bluetooth-3134591 diakses pada 27 November 2021

Understanding Bluetooth codecs
https://www.soundguys.com/understanding-bluetooth-codecs-15352/ diakses pada 27 November 2021

Audio over Bluetooth: most detailed information about profiles, codecs, and devices
https://habr.com/en/post/456182/ diakses pada 27 November 2021

Bluetooth Audio Codecs Explained
https://www.headphonesty.com/2020/03/bluetooth-audio-codecs-explained/ diakses pada 27 November 2021

SBC vs aptX: Which Bluetooth Codec is the best?
https://www.rtings.com/headphones/learn/sbc-aptx-which-bluetooth-codec-is-the-best diakses pada 27 November 2021

The Best Bluetooth Audio Receiver for Your Home Stereo or Speakers
https://www.nytimes.com/wirecutter/reviews/best-bluetooth-audio-receiver-for-your-home-stereo-or-speakers/ diakses pada 27 November 2021

What is Bluetooth multipoint, and why isn’t it more popular?
https://www.soundguys.com/bluetooth-multipoint-explained-28601/ diakses pada 27 November 2021

How do Bluetooth Transmitters Work? (Simple Guide and Usage)
https://earrockers.com/how-bluetooth-transmitters-work/ diakses pada 27 November 2021

You may also like

Comments are closed.