Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik

Supaya mata terhindar dari infeksi, softlens yang Anda pakai mesti rajin dibersihkan. Pembersihan ini berfungsi untuk mengangkat kotoran, mendisinfeksi bakteri, serta menyingkirkan deposit protein. Air keran bukanlah pembersih softlens yang aman. Anda memerlukan cairan pembersih yang memang khusus untuk softlens.

Ada banyak merek cairan pembersih softlens di pasaran, misalnya Bausch+Lomb, Alcon, dan Polylab. Supaya tidak salah beli, kami akan jelaskan cara memilihnya pada artikel ini. Lebih dari itu, kami pun telah merangkum sepuluh cairan pembersih softlens yang bisa ditemukan di pasaran saat ini. Simak pembahasannya sampai tuntas, ya!

Fungsi Cairan Pembersih Softlens

Fungsi cairan pembersih softlens yang pertama adalah pembersihan (cleaning). Dalam konteks ini, pembersihan berarti cairan mampu mengangkat partikel-partikel kecil seperti debu dan deposit protein dari permukaan softlens. Yang kedua adalah fungsi disinfeksi (disinfecting) yang artinya cairan dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel di softlens.

Selanjutnya adalah fungsi pembilasan (rinsing) yang berarti cairan dapat digunakan untuk membilas softlens sehabis melewati tahap pembersihan dan disinfeksi untuk memastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel. Terakhir adalah fungsi penyimpanan (storing), maksudnya cairan dapat digunakan untuk menyimpan softlens saat tidak dipakai untuk menjaga kelembapan dan kehigienisannya.

Tidak semua cairan pembersih memiliki seluruh fungsi di atas. Ada yang hanya berfungsi untuk membersihkan dan membilas saja. Artinya, untuk mendisinfeksi dan menyimpan softlens, Anda memerlukan cairan tambahan yang berbeda. Sebaliknya, ada juga cairan yang hanya berfungsi untuk disinfeksi dan penyimpanan saja. Sehingga sebelum dipakai, Anda perlu membilasnya dengan cairan yang lain.

Tidak semua cairan pembersih punya fungsi yang sama. Kebanyakan cairan pembersih multipurpose memang mencakup seluruh fungsi di atas. Tapi ada pula cairan jenis tertentu, seperti hidrogen peroksida, yang hanya memiliki sebagian fungsi saja, yakni disinfeksi dan penyimpanan. Kalau tidak dibilas dengan cairan pembilas, cairan ini dapat menyebabkan infeksi pada mata Anda. Jadi, sebelum membeli, cari tahu dulu fungsi apa saja yang dimiliki cairan pembersih tersebut.

Cara Memilih Cairan Pembersih Softlens

Setelah paham variasi fungsinya, mari kita bahas aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyeleksi cairan pembersih softlens di pasaran. Bahas lebih lanjut, yuk!

Pilih Jenis Cairan sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis cairan pembersih softlens. Secara umum, kita bisa membaginya ke dalam empat kategori, yakni multipurpose, hydrogen peroxide, saline solution, dan enzymatic protein cleaner. Di antara jenis-jenis ini, pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Multipurpose Solution: Satu Cairan dengan Fungsi Menyeluruh

blank

Seperti namanya, multipurpose solution merupakan cairan serbaguna yang fungsinya menyeluruh, mulai dari pembersihan, disinfeksi, pembilasan, dan penyimpanan. Membeli cairan ini berarti Anda tidak perlu lagi membeli cairan yang lain. Sudah begitu, harga cairan ini pun lebih terjangkau dibanding hidrogen peroksida. Tak heran, multipurpose solution menjadi cairan pembersih softlens yang paling banyak dipakai.

Hydrogen Peroxide Solution: Kemampuan Disinfeksi Lebih Kuat

blank

Cairan hidrogen peroksida memiliki fungsi pembersihan, disinfeksi, dan penyimpanan, namun belum termasuk pembilasan. Dengan kata lain, sehabis membersihkan softlens Anda dengan cairan ini, Anda perlu membilasnya dengan cairan lain. Kalau langsung Anda kenakan tanpa dibilas, cairan ini dapat menyebabkan iritasi pada mata Anda.

Meski memerlukan ketelitian lebih, banyak orang lebih memilih cairan hidrogen peroksida karena kemampuan disinfeksinya lebih kuat dibanding cairan multipurpose. Di samping itu, cairan ini juga bebas pengawet, yang pada cairan multipurpose dapat memicu alergi pada sebagian orang. Meski harganya lebih mahal, tak ada salahnya mencoba produk ini untuk hasil disinfeksi yang lebih baik.

Saline Solution: Khusus untuk Membilas

blank

Saline solution atau larutan garam merupakan cairan yang fungsinya hanya untuk membilas. Tidak mampu mendisinfeksi softlens dari bakteri dan kuman. Cairan ini cocoknya digunakan sebagai pelengkap untuk membilas softlens yang telah dibersihkan dan didisinfeksi oleh cairan multipurpose atau hidrogen peroksida.

Enzymatic Protein Cleaner: Pembersih Tambahan untuk Menyingkirkan Deposit Protein

blank

Terlihat dari namanya, enzymatic protein cleaner berfungsi mengangkat deposit protein dari softlens. Normalnya, tugas ini sudah dipenuhi oleh cairan multipurpose biasa.

Kendati begitu, terdapat kondisi tertentu yang membuat pengaplikasian pembersih ini diperlukan. Untuk mengetahui apakah Anda termasuk yang perlu atau tidak, perlu konsultasi dulu dengan optometris atau dokter mata.

Jika Perlu, Konsultasi Dulu dengan Optometris Anda

blank

Beberapa softlens mungkin hanya cocok dibersihkan dengan jenis atau merek cairan pembersih tertentu. Untuk itu, sebaiknya konsultasi dulu dengan optometris atau dokter mata Anda. Jika Anda tidak ke optometris, paling tidak konsultasikan dengan optik/penjual tempat Anda membeli softlens. Tanyakan jenis atau merek pembersih apa yang mereka rekomendasikan.

Tips Tambahan untuk Anda yang Memakai Lensa Kontak RGP

blank

Meski pada artikel ini kami membahas cairan pembersih untuk softlens, kami juga memiliki sedikit tips untuk Anda yang memakai hardlens alias lensa rigid gas permeable (RGP). Pasalnya, tidak semua carian pembersih yang bisa dipakai untuk softlens juga cocok dipergunakan pada hardlens.

Saat memilih produk, pastikan apakah produk tersebut cocok juga dipakai untuk lensa kontak RGP. Biar lebih aman, Anda pun dapat memilih cairan pembersih yang khusus dibuat untuk lensa kontak RGP.

10 Rekomendasi Cairan Pembersih Softlens Terbaik

Setelah memahami cara memilihnya, sekarang Anda tinggal mencari produk yang pas. Untuk Anda yang menolak repot, di bawah ini telah kami kumpulkan sepuluh cairan pembersih softlens terbaik yang dapat kami temukan di pasaran hari ini.

1. Bausch+Lomb Biotrue

blank

Sumber: Bausch.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menjaga kelembapan softlens hingga 20 jam

Softlens dapat menjadi sumber ketidaknyamanan ketika mengering di tengah aktivitas. Supaya tidak cepat kering, cairan pembersihnya mesti memiliki daya pelembapan yang baik, seperti yang dimiliki produk Bausch+Lomb satu ini. Biotrue mampu menjaga kelembapan softlens hingga 20 jam. Hal ini dimungkinkan berkat kandungan asam hialuronat yang sangat baik dalam mengikat air.

Kemampuan pembersihan cairan multipurpose ini juga sama baiknya. Menurut klaim, Biotrue mampu membunuh 99,9 persen kuman. Pertumbuhan kuman pun ditekan karena cairan ini menjaga kondisi asli protein mata yang secara natural berperan sebagai pembunuh kuman.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ampuh menjaga kelembapan softlens seharian.
  • Cocok digunakan oleh orang dengan mata sensitif yang mudah kering dan iritasi.
  • Tidak ada rasa perih ketika softlens pertama dipakai sehabis direndam dengan produk ini.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya relatif agak mahal.
Jenis cairan Multipurpose solution
Fungsi Membersihkan, menyingkirkan deposit protein, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp90.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Bausch+Lomb Renu Fresh

blank

Sumber: Bausch.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tak hanya membersihkan, tapi juga mengembalikan kesegaran softlens

Cairan Renu Fresh dari Bausch+Lomb tak hanya membersihkan softlens, melainkan juga mengembalikan kesegarannya seperti baru. Selain membunuh kuman dan bakteri serta menyingkirkan endapan protein, cairan ini juga menjaga kelembapan softlens Anda sepanjang hari. Jika Anda membutuhkan disinfeksi yang lebih kuat, tersedia juga varian Renu Advanced Formula.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak membuat mata perih. Cocok buat mata sensitif.
  • Efektif membersihkan softlens tanpa perlu dibilas berkali-kali.
  • Isi cairan cukup banyak. Walau dipakai tiap hari, habisnya lama.
  • Harga kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis cairan Multipurpose solution
Fungsi Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp54.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Bausch+Lomb Renu Fresh for Colour

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dirancang khusus untuk softlens warna

Anda yang memakai softlens warna mesti lebih hati-hati memilih cairan pembersih. Pilihlah cairan yang memang dirancang untuk softlens warna, seperti produk satu ini.

Renu Fresh for Colour tidak merusak motif dan warna lensa, bahkan mengembalikan seperti baru lagi. Dari segi pembersihan, produk ini sama ampuh dengan Renu Fresh biasa yang dibekali dual disinfectant untuk membasmi semua kuman dan kotoran.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membuat softlens terasa lebih nyaman di mata.
  • Menjaga warna asli softlens dan membuatnya terlihat natural.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis cairan Multipurpose solution
Fungsi Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp70.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Alcon OPTI-FREE Replenish

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandung dua zat disinfektan yang ampuh sekaligus nyaman di mata

OPTI-FREE Replenish merupakan cairan multipurpose dengan dua disinfektan, polyquad dan aldox. Kedua zat preservatif ini ampuh membasmi kuman dan bakteri, namun juga nyaman di mata.

Di samping itu, produk ini juga dilengkapi teknologi TearGlyde reconditioning system yang bekerja bersama air mata untuk menjaga kelembapan sepanjang hari. Menariknya lagi, paket penjualan produk ini sudah termasuk dengan case untuk merendam lensa.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ampuh membersihkan dan mendisinfeksi softlens tanpa perlu diusap sehingga menghindari risiko robeknya lensa.
  • Efektif menjaga kelembapan sepanjang hari. Dapat dikombinasikan dengan OPTI-FREE Replenish Rewetting Drops untuk memaksimalkannya.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dapat membuat mata kering/merah pada beberapa orang.
Jenis cairan Multipurpose solution
Fungsi Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp90.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Alcon OPTI-FREE Puremoist

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kemampuan pelembapan lebih baik lewat teknologi Hydraglyde Moisture Matrix

Bila OPTI-FREE Replenish kurang cocok buat Anda, tersedia OPTI-FREE Puremoist. Terlihat dari namanya, produk ini memiliki kemampuan pelembapan yang lebih baik berkat teknologi Hydraglyde Moisture Matrix.

Formula tersebut akan melembapkan seluruh permukaan softlens, sekaligus menciptakan pertahanan terhadap debu dan kotoran. Tak heran, produk ini diklaim sebagai rekomendasi nomor satu dari para dokter.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat disarankan untuk orang yang memakai softlens dalam durasi lama tiap harinya.
  • Kelembapan senantiasa terjaga sepanjang hari tanpa perlu memakai tambahan eye drop.
  • Tidak membuat mata iritasi. Cocok untuk orang dengan mata sensitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya cukup mahal.
Jenis cairan Multipurpose solution
Fungsi Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp120.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. FreshKon CLEAR

blank

Sumber: Freshkon.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menyingkirkan deposit protein dengan efektif

FreshKon CLEAR adalah cairan yang terbuat dari molekul ion yang memperkuat kemampuan cairan dalam menyingkirkan deposit protein dari lensa. Lebih dari itu, produk ini juga dibekali formula HPMC yang menjadi lapisan pelindung sekaligus pelembap. Asyiknya lagi, cairan multipurpose ini dijual dengan harga yang lebih murah dibanding produk sejenis dari merek lain.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cairan begitu lembut sehingga lebih nyaman.
  • Cocok digunakan pada softlens warna.
  • Membuat lensa jadi lebih jernih yang lantas meningkatkan keindahan mata.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis cairan Multipurpose solution
Fungsi Membersihkan, menyingkirkan deposit protein, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp35.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Complete Multi-Purpose Solution

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Salah satu cairan pembersih softlens yang paling laris

Cairan multipurpose dari Complete ini merupakan salah satu cairan pembersih softlens yang cukup laris di pasaran. Selain memiliki kemapuan pembersihan dan disinfeksi yang baik, produk ini juga dilengkapi poloxamer yang berfungsi sebagai pelembap yang mengubah permukaan lensa jadi lebih lembut. Alhasil, lensa jadi lebih higienis sekaligus nyaman dipakai.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Lembut dan tidak perih di mata.
  • Efektif menjaga kelembapan di sepanjang aktivitas.
  • Harganya cukup terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa kandungannya mungkin dapat memicu alergi pada segelintir orang.
Jenis cairan Multipurpose solution
Fungsi Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp56.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Polylab Multi Purpose

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandung senyawa disodium EDTA untuk mencegah deposit protein

Polylab Multi Purpose Solution dilengkapi sederet bahan aktif yang sangat berguna untuk softlens Anda. Salah satu yang mencolok adalah senyawa disodium EDTA yang berguna untuk mencegah penumpukan protein di permukaan lensa.

Jadi, setelah softlens dibersihkan, cairan ini juga menjaga kebersihan softlens selama dipakai. Alhasil, softlens tetap bersih meski dipakai dalam durasi yang lama.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tekstur begitu lembut, nyaris seperti air mata.
  • Kelembapan bertahan seharian.
  • Tidak bikin mata perih.
  • Saat direndam tidak perlu diusap.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis cairan Multipurpose solution
Fungsi Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp55.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. P2 Revitalize

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bekerja menarik molekul protein dari permukaan softlens

P2 Revitalize terbuat dari ionic yang berfungsi menarik molekul protein dari permukaan softlens. Hal ini membuat produk ini jadi sangat bermanfaat karena deposit protein pada lensa dapat menyebabkan sederet masalah. Mulai dari penglihatan kabur, sampai katarak. Selain itu, produk ini mudah diaplikasikan karena tidak perlu diusap. Dampaknya, softlens Anda terhindar dari risiko robek karena diusap terlalu kuat.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efektif mempertahankan kelembapan sepanjang hari.
  • Efektif menyingkirkan debu dan kotoran tanpa perlu diusap.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis cairan Multipurpose solution
Fungsi Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp50.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Alcon AOSEPT PLUS

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberikan kelembapan paling optimal

Setelah merekomendasikan cairan multipurpose pada sembilan nomor sebelumnya, daftar rekomendasi kami kali ini ditutup oleh cairan hidrogen peroksida dari Alcon.

Tak hanya kemampuan disinfeksinya superior dari cairan multipurpose biasa, AOSEPT Plus juga memberi pelembapan yang lebih baik. Rendam softlens Anda pada malam hari, besok paginya, softlens Anda bakal terasa begitu segar di mata!

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Fungsi pelembapannya sangat baik. Terasa begitu segar di mata.
  • Disinfeksi lebih ampuh dalam membasmi kuman, bakteri, dan jamur.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Konsekuensi dari penggunaan tanpa mengikuti cara pemakaian yang benar dapat membuat mata sakit. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dengan teliti.
Jenis cairan Hydrogen peroxide
Fungsi Membersihkan, menyingkirkan protein, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan
Kisaran harga Rp100.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Cairan Pembersih Softlens

Produk Bausch+Lomb Biotrue Bausch+Lomb Renu Fresh Bausch+Lomb Renu Fresh for Colour Alcon OPTI-FREE Replenish Alcon OPTI-FREE Puremoist FreshKon CLEAR Complete Multi-Purpose Solution Polylab Multi Purpose P2 Revitalize Alcon AOSEPT PLUS
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis cairan Multipurpose solution Multipurpose solution Multipurpose solution Multipurpose solution Multipurpose solution Multipurpose solution Multipurpose solution Multipurpose solution Multipurpose solution Hydrogen peroxide
Fungsi Membersihkan, menyingkirkan deposit protein, disinfeksi,   membilas, dan penyimpanan Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan Membersihkan, menyingkirkan deposit protein, disinfeksi,   membilas, dan penyimpanan Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan Membersihkan, disinfeksi, membilas, dan penyimpanan Membersihkan, menyingkirkan protein, disinfeksi, membilas, dan   penyimpanan
Kisaran harga Rp90.000 Rp54.000 Rp70.000 Rp90.000 Rp120.000 Rp35.000 Rp56.000 Rp55.000 Rp50.000 Rp100.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Jangan Gunakan Cairan Pembersih Softlens sebagai Tetes Mata

blank

Karena sebagian orang masih ada yang belum tahu, perlu kami tekankan bahwa cairan pembersih softlens tidak boleh digunakan sebagai tetes mata. Penggunaan cairan pembersih sebagai tetes mata dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan air mata. Kerusakan ini akan membuat mata Anda menjadi kering dan iritasi.

Bila mata Anda memang sering terasa kering saat memakai softlens, solusi yang benar adalah dengan menggunakan cairan tetes mata, bukan pembersih. Cairan tetes mata ini akan membantu melembapkan lapisan air mata hingga segar kembali. Hal yang sama juga berlaku bila Anda mengalami iritasi. Poinnya, jangan sekali-kali meneteskan cairan pembersih ke mata Anda.

Kesimpulan

Dari sepuluh produk di atas, adakah cairan pembersih yang mau Anda gunakan untuk membersihkan softlens Anda? Pastikan produk yang mau Anda beli telah memenuhi seluruh aspek yang telah kami jelaskan pada bagian cara memilih.

Perlu kami beri tahu bahwa dalam mencari cairan pembersih yang cocok, mungkin Anda perlu melewati proses trial & error. Apalagi bila mata Anda sensitif. Jadi, jangan khawatir kalau produk yang Anda beli tidak langsung cocok. Yang jelas, begitu tahu produknya tak cocok, hentikan pemakaian dan segera beralih ke kandidat produk berikutnya.

Referensi

The Best Lens Care Solutions in 2021
https://www.optix-now.com/lens-and-eye-care/1570-best-lens-care-solutions.html diakses pada 11 Agustus 2021

Contact Lens Cleaning Solution Basics
https://www.aao.org/eye-health/glasses-contacts/contact-lens-cleaning-solution-basics diakses pada 11 Agustus 2021

Contact lens solutions: 6 to consider
https://www.medicalnewstoday.com/articles/x-of-the-best-contact-lens-solutions diakses pada 11 Agustus 2021

Contact Lens Care Systems & Solutions
https://www.cdc.gov/contactlenses/care-systems.html diakses pada 11 Agustus 2021

How to Care for Soft Contact Lenses
https://www.allaboutvision.com/contacts/caresoftlens.htm diakses pada 11 Agustus 2021

The 10 Best Contact Lens Solutions of 2021
https://www.verywellhealth.com/best-contact-lens-solutions-4580534 diakses pada 11 Agustus 2021

You may also like

Comments are closed.