Written by 23:40 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Cat Besi Terbaik yang Anti Karat dan Gores

Emco Lux Cat Minyak untuk Kayu dan Besi

Cat besi pada umumnya berbasiskan minyak sehingga memiliki tingkat kilap tinggi dan daya tahan lebih kuat dibandingkan cat berbahan dasar air. Walau beberapa cat besi juga berjenis cat lateks, bahan dasar lateks yang cepat kering dan tidak mudah terbakar ini memerlukan pengaplikasian lebih sering. Sementara, cat besi berbahan dasar minyak dengan kualitas terbaik tidak memerlukan primer.

Perhatikanlah bahan dasar cat besi sebelum Anda membelinya. Pastikan cat tersebut dibekali formula anti karat, anti korosi, dan anti jamur yang baik. Setelah memastikan cat besi terbaik pilihan Anda dapat memberi perlindungan pada besi terhadap karat dan jamur, pemilihan warna yang sesuai dengan desain hunian impian adalah langkah berikut yang perlu dilakukan.

10 Rekomendasi Cat Besi Terbaik

Sebagai pewarna dan pelindung banyak material di dalam hunian atau bangunan, tentu saja Anda harus mementingkan kualitas ketimbang harga murah. Pilihlah produk dengan mengutamakan kualitas agar Anda tidak kecewa di kemudian hari karena performa cat yang buruk. Oleh karena itu, sebagai acuan memilih, kami perkenalkan cat besi terbaik dari berbagai merek terkenal di bawah ini. Selamat memilih!

1. Kansai Zinc Chromate Primer

Kansai Zinc Chromate Primer

Kisaran harga: Rp38.000

Poles cat ini sebagai primer, sifat anti karatnya juara!

Jika Anda ingin mewarnai besi dengan cat berbahan dasar lateks, pastikan Anda menerapkan cat primer besi yang berkualitas. Kami sarankan Anda memilih Kansai Zinc Chromate Primer. Cat besi untuk primer atau meni ini diformulasikan oleh komposisi anti karat. Formula tersebut akan membuat besi pada terali jendela, pagar, atau pipa di dalam rumah tahan terhadap air dan kelembapan.

Selain itu, cat dasar anti karat dengan resin khusus dan pigmen zinc chromate ini juga dapat diaplikasikan pada material baja dan kayu. Dengan cat ini, Anda bisa memilih cat besi top coat dengan warna sesuai kesukaan. Mempunyai daya lekat baik serta cepat kering, Anda pun tidak perlu menunggu lama buat melakukan finishing.

2. Emco Lux Cat Minyak untuk Kayu dan Besi

Emco Lux Cat Minyak untuk Kayu dan Besi

Kisaran harga: Rp65.000

Perlindungan optimal untuk furnitur besi Anda!

Emco Lux telah dibuktikan selama puluhan tahun akan performanya dalam melindungi permukaan besi dari korosi. Tidak cuma itu, cat ini juga dapat diaplikasikan pada substrat lain seperti kayu. Tersedia tiga varian kualitas, Anda perlu memeriksanya terlebih dahulu. Untuk cat standar dipasarkan lebih murah, lalu tanda segitiga merupakan kelas mediumnya dan yang terbaik bertanda bintang dengan harga paling tinggi.

Cat besi ini akan menciptakan kualitas yang baik sebagai finishing tatkala diaplikasikan sebanyak dua lapis. Sebagai pelitur, tentu saja Emco Lux memberikan warna-warna kilap yang tahan dari cuaca ekstrem atau panas sekalipun. Berdaya tutup dan sebar yang luar biasa, Anda akan puas mengetahui furnitur berbahan besi di rumah Anda terlindung secara optimal!

3. Glo-Tex Super Synthetic Paint Kayu dan Besi

Glo Tex Super Synthetic Paint Kayu dan Besi

Kisaran harga: Rp55.000

Dapat diaplikasikan dengan kuas dan roll ataupun spray jika ingin lebih praktis

Banyaknya pilihan warna yang disediakan oleh Glo-Tex pada cat besi keluarannya ini memberi keleluasaan pada Anda dalam memilih warna yang sesuai. Menggunakan alkyd synthetic sebagai bahan dasarnya, cat dasar berbasis minyak ini akan memberikan pewarnaan indah pada substrat besi dan kayu.

Glo-Tex Super Synthetic Paint menghasilkan warna kilap mengagumkan dan tahan lama pada berbagai konstruksi besi, termasuk kosen, jendela, pintu, logam, terali, maupun furnitur dan mebel di rumah Anda. Kemampuannya cepat kering juga memberi akses lebih cepat untuk pengaplikasian cat lebih dari 1 layer/lapis.

4. Kansai Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel

Kansai Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel

Kisaran harga: Rp57.000

Berdaya sebar teoritis selebar 7 – 9 m2 per lapisnya

Kansai adalah brand cat yang cukup terkenal di Indonesia. Salah satu cat besi terbaik dari Kansai untuk Anda adalah Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel. Sama seperti rata-rata cat besi berbasis minyak pada umumnya, produk ini ideal dipakai pada berbagai permukaan substrat, tak terkecuali kayu. Dengan satu produk, Anda bisa mengecat lebih banyak konstruksi dan furnitur.

Terbuat dari resin alkyld bermutu, cat sintetis yang awet ini akan memberikan pewarnaan dengan kilap yang impresif pada kosen jendela, pintu, maupun pagar besi. Meski menghadirkan warna yang memukau, pigmentasi warna yang dimilikinya terjamin berkualitas. Dengan demikian, cat besi ini tahan terhadap segala cuaca sehingga pas dipakai pada interior maupun eksterior tanpa takut cepat pudar atau berkarat.

5. Avian High Gloss Enamel

Avian High Gloss Enamel

Kisaran harga: Rp56.000

Cat besi berdaya tutup sempurna yang dapat diaplikasikan dengna kuas ataupun spray

Pendistribusian yang masif ke banyak toko bangunan didukung promosi melalui media iklan televisi menjadikan brand cat Avian begitu populer di telinga masyarakat Indonesia. Jika Anda ingin menggunakan cat besi yang diproduksi oleh brand ternama dan berpengalaman, Anda dapat memilih Avian High Gloss Enamel.

Cat untuk besi dan kayu ini memberikan efek glossy yang sempurna. Bukan cuma itu, Avian memformulasikan cat ini dengan daya tutup maksimal sehingga mencegah air tembus dan menyebabkan karat. Sementara pada kayu, cat ini akan melindungi permukaan dari gigitan rayap ataupun bertumbuhnya jamur. Dengan daya sebar 13 – 15 m2 per liternya, proses pengecatan pun semakin effortless.

6. Dulux V-Gloss Hasil Kilap Sempurna

Dulux V Gloss Hasil Kilap Sempurna

Kisaran harga: Rp60.000

Berdaya sebar 20% lebih luas dibandingkan cat besi lain

Hasil akhir kilap sempurna merupakan janji utama yang diberikan oleh cat besi ini. Berdaya sebar 12 m2/liter, aktivitas mengecat pada setiap layer bisa lebih cepat dan mudah. Anda dapat mengaplikasikan cat ini dengan banyak aplikator, tidak hanya kuas, tetapi juga rol ataupun spray. Tentunya, untuk masing-masing aplikator memerlukan thinner pengencer dengan kadar berbeda yang dapat dibaca pada kaleng kemasan.

Dulux V-Gloss memakai teknologi V-Active Formula untuk menghasilkan daya sebar yang sangat luas, bahkan 20% lebih lebar jika dibandingkan cat besi lainnya. Walau dapat memberikan efek kilap yang memukau, produk ini dirancang untuk konstruksi besi dan kayu interior. Pertimbangkanlah aspek ini agar Anda tidak keliru mengaplikasikan cat pada furnitur untuk di luar rumah atau pagar.

7. Penlux Synthetic High Gloss Enamel

Penlux Synthetic High Gloss Enamel

Kisaran harga: Rp47.000

Pilihan terjangkau untuk melindungi permukaan kayu, logam, dan berbagai konstruksi besi

Satu cat untuk segala kebutuhan Anda! Slogan tersebut nampaknya cocok jika dilekatkan pada Penlux Synthetic High Gloss Enamel. Ini adalah cat yang akan membuat tampilan permukaan besi bukan hanya berwarna indah, tetapi juga memiliki kilap yang bermutu tinggi. Formula cepat kering dan tahan lama menjadi nilai lebih pada cat besi ini.

Meski demikian, disarankan untuk mengaplikasikan Penlux Zinc Chromate Primer atau Penlux Red Oxide Primer sebagai cat dasar anti karat. Layaknya cat besi berbasis minyak lain, produk ini juga dapat disapukan dengan kuas atau disemprot dengan spray. Jika ingin memakai cat, gunakanlah pengencer thinner atau afduner 5 – 10%, sedangkan pemakaian dengan spray 15 – 30%.

8. Seiv Paint Flintkote Undercover Spesialis Anti Karat 007

Seiv Paint Flintkote Undercover Spesialis Anti Karat 007

Kisaran harga: Rp39.000

Tidak hanya anti karat, tetapi anti bocor juga!

Seiv Paint Flintkote Undercover 007 adalah cat besi anti karat yang dapat diandalkan untuk berbagai konstruksi besi Anda. Produk ini dapat pula diaplikasikan pada baja, metal, mesin, atau bahkan atap dan beton. Terbuat dari bahan dasar bituminous, karakteristik cat ini pun berdaya lekat baik serta cepat kering.

Bukan itu saja, cat besi yang juga anti bocor ini dapat tahan paans hingga suhu 120o C. Jika Anda mencari cat besi yang tangguh pada cuaca ekstrem, produk satu ini patut dipertimbangkan. Berwarna hitam layaknya aspal, produk ini dapat juga mencegah beton retak, lho!

9. Cat Kuda Terbang Trico Paint Factory

Cat Kuda Terbang Trico Paint Factory

Kisaran harga: Rp11.000

Pilihan terjangkau untuk melindungi permukaan kayu dan besi interior maupun eksterior

Cat besi sintetis ini cukup ampuh dalam melindungi permukaan besi maupun kayu pada konstruksi benda di dalam hunian Anda. Walau tidak sepopuler brand lain dalam daftar ini, Cat Kuda Terbang Trico Paint Factory memiliki barisan penggunanya sendiri.

Salah satu alasan memilih produk ini antara lain harga jual yang sangat terjangkau, yakni hanya belasan ribu! Dengan ukuran 500 ml, Anda dapat menggunakannya untuk mengecat sejumlah detail pada substrat besi. Meskipun murah, cat minyak ini memiliki daya kilap sangat tinggi serta ideal dipakai untuk interior maupun eksterior.

10. Avian Yoko High Gloss Enamel

Avian Yoko High Gloss Enamel

Kisaran harga: Rp187.000

Bisa juga mengecat tembok atau bahkan dek kapal!

Rekomendasi cat besi terakhir dari kami jatuh pada produk dari Avian Brands. Yoko High Gloss Enamel adalah cat besi dengan formula yang diimprovisasi untuk menghadirkan keindahan pada permukaan besi dan kayu agar hunian semakin nyaman ditinggali.

Bahkan, cat ini bukan hanya mampu melindugi furnitur Anda, tetapi juga permukaan dinding eksterior maupun interior! Ketika disapukan, terbentuklah lapisan film cat yang mengilap dan halus. Jadi, cat besi ini sekaligus memberikan nilai estetika. Belum lagi dengan daya tutupnya yang bagus, maka sebanyak apapun terpaan panas atau kelembapan takkan menyebabkannya terkelupas.

Baca juga rekomendasi cat kayu dan tembok lainnya!

Walau sebagian besar cat besi yang kami tampilkan dalam artikel ini bisa pula diterapkan pada substrat kayu dan bahkan tembok, sebaiknya Anda memiliki karakteristik yang membedakan berdasarkan material yang ingin dicat.

Oleh sebab itu, akan lebih tepat memakai produk yang sesuai material substrat yang ingin diwarnai. Kami telah merekomendasikan cat kayu dan cat tembok dalam dua artikel berbeda. Silakan merujuk ke artikel-artikel tersebut agar Anda temukan produk cat yang sesuai untuk kayu maupun tembok!

Kesimpulan

Melihat kesepuluh produk rekomendasi di atas, adakah satu cat besi terbaik yang paling Anda minati? Sebagai bahan baku finishing, cat besi yang dipastikan berdaya tahan ekstra tentu saja baik. Tetapi, memilih produk dengan warna yang sesuai atau selaras dengan keseluruhan warna pada furnitur dan tembok rumah Anda akan menciptakan keserasian yang membuat hunian semakin nyaman.

Saat memilih warna cat besi, periksalah komposisi antara zat pigmen pewarna dan zat antikorosi yang tercantum. Kerap kali penggunaan pigmen warna tertentu menyebabkan fungsi antikorosi pada cat berkurang, alhasil cat mudah terkelupas, ditumbuhi jamur, dan berujung pada rusaknya besi akibat karat. Karena itulah, penting memilih cat besi berdasarkan kualitasnya, bukan sebatas harga murah atau warna yang menarik saja.

(Visited 56 times, 1 visits today)