Written by 18:47 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik untuk Furniture

Avian High Gloss Enamel Cat Kayu dan Besi

Cat kayu tidak hanya membuat tampilan furniture kayu menjadi lebih menarik. Fungsi lain yang lebih penting dari penggunaan cat kayu adalah melindungi kayu. Kayu mudah lapuk akibat hama dan kelembapan udara yang masuk ke dalam pori-pori kayu. Oleh karena itu, penting pula memperhatikan jenis furniture dan peletakannya.

Di Indonesia, tidaklah sulit menemukan cat kayu terbaik, baik sebagai pernis ataupun primer. Anda dapat melihat beberapa produsen cat ternama, seperti Propan, Avian, Glo-Tex, dan Biovarnish yang mengeluarkan seri cat kayu. Supaya memperoleh produk yang tepat, sebaiknya Anda ketahui juga cara memilihnya. Kami akan mengulas tips memilih dan memberikan rekomendasi produk cat kayu pada artikel ini. Mari dibaca!

Cara Memilih Cat Kayu untuk Furniture

Selain untuk mewarnai furniture, cat kayu juga dapat digunakan pada hasil kerajinan tangan atau proyek DIY (Do It Yourself). Bahan-bahan penyusun cat kayu bukan hanya menentukan hasil akhir yang berbeda, tetapi juga waktu pengeringan yang diperlukan ikut berbeda. Untuk lebih jelasnya, ayo kita dalami terlebih dahulu cara memilih cat kayu agar Anda dapat temukan produk yang tepat.

Pilih Jenis Cat Berdasarkan Bahan Pelarutnya

Sama seperti cat untuk permukaan tembok atau non-kayu lain, cat kayu juga memiliki perbedaan berdasarkan komponen pelarutnya. Ada beberapa jenis cat kayu di pasaran, yaitu cat berbasis minyak (oil-based paint), cat lateks (latex paint), cat berbasis air (water-based paint), dan cat akrilik (acrylic paint). Yuk, kita simak karakteristik dari masing-masing jenis cat ini.

Cat Berbasis Minyak: Dapatkan Efek Kilap Tanpa Lapisan Tambahan

Cat Berbasis Minyak Dapatkan Efek Kilap Tanpa Lapisan Tambahan

Cat yang dapat dilarutkan dengan pelarut golongan organik seperti spiritus dan thinner ini mempunyai daya tahan yang cukup baik dalam melindungi kayu. Bukan hanya membuat kayu terhindar dari risiko lapuk dalam waktu cepat, cat kayu berbasis minyak juga mampu menciptakan permukaan yang halus dan mengilap ketika sudah mengering.

Diperlukan waktu lebih lama agar cat tipe ini kering dan memperlihatkan lapisan matte atau kilap yang bagus. Beberapa bahkan tidak memerlukan lapisan tambahan atau topcoat paint untuk mempertegas kilau yang dihasilkan. Jenis cat ini dapat digunakan pada kayu telanjang atau sebagai primer.

Saat menggunakan cat ini, pastikan Anda menggunakan kuas atau roller dengan hati-hati dan usahakan agar tidak banyak mengenai tangan. Walau dapat menciptakan lapisan kuat pada kayu, cat kayu berbasis minyak lebih sulit dihilangkan. Untuk membersihkan tangan dan brush yang digunakan, Anda dapat memakai paint thinner atau mineral spirits.

Car Berbasis Air: Dapat Mengering dengan Cepat Tanpa Bau Menyengat

Car Berbasis Air Dapat Mengering dengan Cepat Tanpa Bau Menyengat

Cat kayu berbahan dasar air banyak dipilih karena mampu memberikan lapisan film yang lebih baik. Di samping itu, jenis cat ini juga lebih aman dan ramah lingkungan karena pengencer atau pelarut yang digunakan hanyalah air netral dan bersih, sedangkan pada cat berbasis minyak memerlukan spiritus dan thinner yang dapat mencemari lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan.

Warna yang dimiliki oleh cat berbasis air juga tidak kalah bagus dari solvent atau oil-based paint. Bau dari cat berbasis air juga tidak menyengat, bahkan telah banyak cat kayu berbasis air yang tidak menimbulkan bau. Meski begitu, jenis cat ini tidak memberikan kilau yang sebaik cat berbasis minyak. Jadi, pertimbangkan juga hal ini.

Cat Lateks: Lebih Mudah Dibersihkan dan Digunakan

Cat Lateks Lebih Mudah Dibersihkan dan Digunakan

Jika dibandingkan cat yang tersusun dari minyak, cat lateks terbukti lebih mudah untuk diaplikasikan, lebih cepat kering, dan gampang dibersihkan, bahkan hanya dengan air dan sabun. Agar tidak terlalu berbekas sapuan kuas pada permukaan kayu, sebelum memakai cat lateks Anda dapat mencampur sedikit Floetrol dengan cat.

Gunakanlah wadah terpisah untuk mencampur cat dan Floetrol atau kondisioner cat ini. Karena sifat cat lateks yang mudah menguap dan kering, Floetrol akan membantu cat kering lebih lama sehingga memberikan finishing yang lebih rata dan halus. Secara umum, cat lateks memberikan hasil gloss atau semi-gloss. Bila Anda ingin menciptakan efek satin atau matte, berikanlah topcoat untuk mewujudkannya.

Cat Akrilik: Cocok untuk Anda yang Ingin Berkreasi Mencampur Warna

Cat Akrilik Cocok untuk Anda yang Ingin Berkreasi Mencampur Warna

Cat kayu akrilik juga menggunakan air sebagai pelarutnya. Meski begitu, cat ini memiliki water resistant atau daya tahan terhadap air yang cukup baik. Jadi, ketika mengering pada permukaan kayu, cat akrilik akan sangat tahan terhadapp air sehingga tak ada masalah meski terkena tumpahan minuman atau bahkan hujan.

Keunggulan lain dari cat kayu jenis akrilik adalah memiliki daya lekat atau adhesi yang kuat. Karena karakteristiknya yang aman dan baik, jenis cat ini dapat diandalkan untuk mengecat mainan kayu sehingga cocok untuk diberikan pada anak tanpa membahayakannya. Dengan cat akrilik, Anda juga dapat mengombinasikan beberapa warna untuk menghasilkan warna baru atau efek ombre.

Setelah Memahami Jenisnya, Pilihlah Cat Berdasarkan Furniture yang Ingin Dicat

Setelah Memahami Jenisnya Pilihlah Cat Berdasarkan Furnitur yang Ingin Dicat

Furniture kayu yang diberi cat, baik warna solid (menutupi warna asli kayu) atau transparan (memberi warna asli kayu), akan terkesan lebih bergaya dan minimalis. Desain vintage, shabby chic, Mediteranian, Scandinavian, klasik, hingga modern dapat diciptakan dengan memulas cat pada kayu. Namun, jenis cat yang digunakan juga perlu dipilih berdasarkan furniture yang ingin Anda cat.

Oleh karena setiap jenis kayu memiliki serat dan kandungan kimia yang berbeda, maka pemilihan cat yang tepat akan memberikan warna dan tekstur yang sangat baik. Misalnya saja, furniture yang terbuat dari pohon pinus umumnya mempunyai serat dan warna tidak merata. Untuk jenis kayu seperti ini, Anda dapat menggunakan cat kayu yang berperan sebagai primer coat.

Di samping itu, bagaimana furniture digunakan juga memengaruhi ketahanan cat yang diaplikasikan. Pada kursi yang sering terkena gesekan misalnya, maka diperlukan cat kayu yang tahan terhadap heavy duty agar cat tidak mudah terkelupas atau baret.

Sesuaikanlah Tingkat Transparansi dengan Kebutuhan

Sesuaikanlah Tingkat Transparansi dengan Kebutuhan

Setiap cat kayu memiliki tingkat transparansi yang berbeda. Apabila Anda ingiin menghasilkan warna kayu asli pada furniture yang ingin Anda cat, maka gunakanlah cat yang dapat memberikan lapisan film kuat dan transparansi yang jelas. Pada kayu jati misalnya, jenis kayu ini akan tampak asli ketika memakai kayu berwarna walnut brown.

Cat kayu warna solid juga dapat digunakan untuk menutupi serat dengan sempurna sehingga furniture tidak cepat lapuk oleh kelembapan atau hama. Tipe cat lain berdasarkan transparansinya adalah cat kayu pelitur transparan yang dapat menambah kilau pada permukaan kayu serta melindunginya dari goresan. Dengan cat kayu pelitur, serat kayu akan membuat serat kayu tampak seperti asli, membuat tampilan furniture bergaya klasik, etnik, dan tradisional.

Perhatikan Lokasi Penempatan Furniture Sekaligus Pengaplikasiannya

Perhatikan Lokasi Penempatan Furnitur Sekaligus Pengaplikasiannya

Furniture yang diletakkan di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor) memerlukan perlindungan dari cat yang berbeda. Jadi, sebelum membeli cat kayu, ketahui dulu untuk apa dan di mana furniture  tersebut di letakkan. Sebagai contoh, apabila Anda ingin mengecat pagar kayu, maka lebih tepat memakai cat kayu yang bersifat waterproof.

Dengan begitu, pagar kayu Anda akan tahan dari sinar matahari, hujan, atau interaksi cuaca lain sehingga tidak akan mudah lapuk, ditumbuhi lumut, atau bahkan berjamur. Sementara untuk pengaplikasian pada lantai kayu, Anda dapat menggunakan cat yang kuat terhadap heavy duty semacam gesekan dari sepatu atau benda-benda lain.

Furniture atau mebel rumah tangga biasa lain, seperti meja, kursi, dan lemari pakaian dapat Anda aplikasikan cat kayu pelitur atau cat kayu warna solid. Oleh karena cat kayu memiliki banyak jenis, baik dari segi bahan pengencer, sifat dan daya tahan, serta pengaplikasiannya, maka penting melihat untuk furniture apa cat tersebut digunakan.

10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik untuk Furniture

Sebelumnya telah kami jelaskan bagaimana cara memilih cat kayu yang benar berdasarkan penggunaannya. Selanjutnya, kami akan perlihatkan sepuluh produk cat kayu terbaik dari merek-merek ternama asal Indonesia hingga merek internasional. Yuk, temukan cat kayu yang pas untuk segala kebutuhan Anda!

1. Beger WoodStain

Beger WoodStain

Kisaran harga: (Perlu kontak produsen)

Mampu melindungi kayu dari sinar matahari dan kelembapan akibat air

Beger WoodStain yang dikeluarkan oleh CV. Asia Bangun Karya dapat menjadi pilihan untuk Anda yang mencari cat dengan daya tahan baik. Mengandung super resin dengan daya resap yang tinggi hingga ke pori-pori terdalam kayu, menjadikannya tidak mudah retak atau terkelupas.

Keindahan struktur dan kayu juga terjaga berkat teknologi Crystal Clear yang membuat kayu tampak asli dengan warna cat yang transparan. Dilengkapi bahan untuk memproteksi permukaan yang dicat dari sinar UV (ultraviolet), tidak masalah meski Anda menggunakan cat kayu ini untuk furniture yang ditempatkan di luar rumah.

2. Kansai Paint Ftalit Cat Kayu dan Besi

Kansai Paint Ftalit Cat Kayu dan Besi

Kisaran harga: Rp63.000

Hasilkan kilap merata pada furniture kayu dan besi

Apabila Anda memerlukan cat yang serbaguna, Kansai Paint Ftalit layak dipertimbangkan. Cat ini dapat digunakan pada material kayu maupun besi. Anda dapat memanfaatkannya untuk memberi warna sekaligus lapisan pelindung pada permukaan kayu, besi, dan logam, seperti kosen jendela, kosen pintu, atau pagar besi.

Memiliki hasil kilap sempurna, cat ini akan membuat furniture kayu dan besi Anda tampak semakin indah. Cat kayu ini memiliki waktu pengeringan singkat sehingga proyek Anda bisa lebih cepat rampung. Memiliki daya tutup dan daya adhesi yang baik, produk ini semakin tepat dijadikan pilihan.

3. Propan Multipox MX-99

Propan Multipox MX 99

Kisaran harga: Rp105.000

Topcoat paint yang akan mudah melekat dan beradhesi tinggi pada banyak substrat

Multipox MX-99 adalah cat kayu epoksi yang sangat mudah diaplikasikan, entahkah dengan kuas ataupun rol. Dirancang khusus untuk memberi lapisan akhir pada aneka ragam substrat, baik itu beton, gipsum, kayu, besi, GRC, maupun material lain.

Dengan daya lekat yang tinggi pada berbagai macam substrat, cat kayu ini akan meningkatkan ketahanan furniture pada suhu lembap. Propan juga membuat produk ini tahan terhadap produk-produk rumah tangga, seperti minyak goreng, alkohol, minyak tanah, kecap, saos, garam, dan bahkan kimiaringan seperti oli, solar, dan alkali.

4. Biovarnish Wood Stain

Biovarnish Wood Stain

Kisaran harga: Rp81.000

Komponen penyusun yang mengikuti standar keamanan Eropa

Cat kayu dari Biovarnish satu ini menyediakan 20 pilihan warna, Anda dapat sesuaikan dengan selera atau tema yang ingin diberikan pada furniture maupun rumah Anda. Terbuat dari bahan pewarna berbasis water-based acrylic stained emulsion, produk ini aman digunakan. Wood Stain juga dirancang dengan memperhatikan bahan kimia sesuai standar dari ECHA-REACH Regulation dan US-EPA Regulation Certified.

Anda dapat menggunakan cat ini sebagai pengganti bahan pelitur kayu konvensional atau pernis kayu yang dilarutkan dengan minyak atau thinner. Cat ini dapat dipakai dengan kuas ataupun semprotan. Lebih cepat kering, tahan air, dan tidak lengket juga kelebihan-kelebihan yang menjadikan produk ini semakin istimewa.

5. Biocolours BioThane (PU-1K)

Biocolours BioThane PU 1K

Kisaran harga: Rp207.000

Mampu memberi lapisan film dengan fleksibilitas tinggi (lentur)

Biocolours BioThane (PU-1K) dihadirkan sebagai topcoat atau clear coat berbahan dasar air polyurethane dispersion. Didesain khusus untuk finishing, produk ini memberikan lapisan coating yang berdaya tahan tinggi, baik dari cuaca, air, bahan kimia, ataupun goresan, benturan, dan gesekan. Produk ini mudah diratakan dengan waktu pengeringan yang tergolong cepat.

Mampu menyatu sempurna pada substrat kayu dari cuaca ekstrem, cat kayu ini bisa diandalkan untuk interior maupun eksterior, seperti pagar kayu, flooring, decking, pagar kayu, dinding kayu, dan dekorasi arsitektural kayu lain. Anda juga tidak akan terganggu saat mengecat dengan cat kayu ini karena tidak menimbulkan bau.

6. Propan Go Fast A-1000

Propan Go Fast A 1000

Kisaran harga: Rp360.000

Cat kayu sintetis yang tidak berbau menyengat dan memiliki warna tahan lama

Sebagai brand yang sangat ternama akan produk catnya, Propan membuat terobosan inovatif pada cat kayu satu ini. Jika biasanya cat sintetis menggunakan tiner sebagai bahan pengencernya, cat kayu Go Fast A-1000 ini juga tergolong sintetis, tetapi bisa dilarutkan dengan air. Tentu saja, produk ini ramah lingkungan dan tidak beracun.

Anda juga bisa mengeceat berbagai furniture dengan substrat kayu lebih nyaman karena sifat cat yang tidak mengeluarkan bau menyengat. Dengan cat ini, Anda juga tidak harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli tiner sebagai pengencer layaknya cat kayu sintetis lain. Selain itu, cat kayu ini juga memiliki warna yang tahan lama dan tidak mudah pudar, lho!

7. Belazo Woodstain

Belazo Woodstain

Kisaran harga: Rp73.000

Ciptakan ruangan bernuansa rustic yang menenangkan

Belazo Woodstain dirancang untuk memberikan hasil akhir yang bukan hanya mengilap, tetapi juga menawarkan lapisan film pelindung yang tebal serta tidak berkabut. Setiap furniture kayu yang dicat menggunakan cat kayu ini akan tahan terhadap sinar UV. Jadi, Anda dapat menerapkan cat ini untuk mewarnai bangku dan meja taman!

Dirumuskan sebagai pelitur kayu, cat kayu berpelapis 100% akrilik ini menciptakan permukaan kayu dengan lapisan bening, sangat cocok untuk Anda yang ingin menciptakan nuansa rustic di dalam rumah. Keamanan dari produk ini juga tidak perlu diragukan lagi karena terbukti tanpa timbal, bebas merkuri, rendah VOC, tidak berbau, dan tidak mengandung racun (non-toxic).

8. Mowilex Acrylic Gloss Enamel

Mowilex Acrylic Gloss Enamel

Kisaran harga: Rp104.000

Tidak mudah pudar dan menguning

Mowilex Acrylic Gloss Enamel dapat diterapkan pada substrat kayu dan besi dengan baik. Berbahan dasar air, cat kayu akrilik ini tidak akan merusak lingkungan ketika sisa campurannya terbuang. Selain itu, proses pengecatan dengan produk ini juga tidak merusak kenyamanan berkat aroma cat yang tidak berbau.

Sebelum memakai produk ini, pastikan Anda telah melapisi permukaan kayu dan logam dengan cat primer anti karat, beton, gipsum, atau plester semen. Segala furniture yang dilapisi cat ini akan mudah dibersihkan ketika terdapat kotoran menempel. Warnanya juga tidak mudah memudar maupun menguning. Karakter yang super kental bisa menghemat penggunaan cat.

9. Glo-Tex Super Synthetic Paint Cat Kayu & Besi

Glo Tex Super Synthetic Paint Cat Kayu Besi

Kisaran harga: Rp45.000

Cat kayu berbasis minyak yang tidak mengandung logam berat

Berdaya tutup dan berdaya sebar baik merupakan keunggulan yang dimiliki oleh cat kayu ini. Glo-Tex merancang produk ini untuk keperluan interior dan eksterior dengan karakter yang cepat kering. Anda yang memiliki alergi dengan logam juga tidak perlu khawatir ketika memakai produk ini.

Selain bebas logam berat yang menjadikannya aman bagi makhluk ataupun lingkungan hidup, cat kayu ini juga menawarkan hasil pengecatan yang mengilap. Untuk hasil terbaik, Glo-Tex menyarankan pemakaian hingga 2 lapisan agar tampilan kayu terlihat lebih memukai.

10. Avian High Gloss Enamel (Cat Kayu dan Besi)

Avian High Gloss Enamel Cat Kayu dan Besi

Kisaran harga: Rp56.000

Menciptakan lapisan film yang mengilap, halus, dan berdaya tutup baik

High Gloss Enamel adalah varian cat kayu yang dikoleksi oleh Avian dengan tawaran hasil akhir yang mengilap. Selain untuk kayu, cat ini juga dapat diaplikasikan pada substrat besi. Terbuat dari bahan alkyd dengan daya tutup maksimal dan karakter yang cepat kering membuat cat kayu dan besi ini mampu melindungi furniture dari cuaca ekstrem.

Produk dari Avian ini dapat Anda gunakan pada pagar, kosen, pintu, jendela, atau bahkan rolling door pada toko Anda. Terdapat banyak pilihan warna, Anda dapat ciptakan suasana yang selaras antara konsep ruangan dengan furniture perabotan rumah tangga yang diletakkan di dalamnya.

Baca juga rekomendasi cat tembok terbaik lainnya!

Apabila Anda berencana untuk mengganti cat tembok rumah yang telah pudar, Anda dapat memakai cat yang telah dibuktikan bagus oleh banyak orang. Kami telah membuat artikel rekomendasi mengenai cat tembok terbaik yang dapat Anda lihat pada halaman berikut. Selamat membaca!

Kesimpulan

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang baik tanpa mencemari lingkungan, utamakanlah cat kayu yang aman, yakni cat kayu berbasis air. Perhatikanlah standar yang diterapkan sehingga bisa diketahui lebih pasti produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta rendah VOC (Volatile Organic Compound).

Bila ingin menggunakan cat untuk furniture di luar ruangan, pilihlah cat dengan transparansi yang Anda inginkan dengan mengutamakan ketahanannya terhadap perubahan cuaca. Di samping itu, cat kayu akrilik juga dapat menjadi opsi apabila Anda ingin memakainya untuk mewarnai kerajinan tangan atau proyek DIY (Do It Yourself).

(Visited 38 times, 1 visits today)