Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Coklat Terbaik

Cokelat adalah makanan yang digemari banyak orang dari berbagai usia. Dengan rasa yang manis legit dan tekstur lembut yang mudah meleleh di mulut, cokelat mengandung zat-zat yang dapat membuat bahagia dan memperbaiki suasana hati. Bahkan, cokelat juga dapat memberikan manfaat kesehatan, terutama dari jenis cokelat hitam atau dark chocolate.

Banyak merek cokelat yang tersedia di pasaran yang bisa Anda pilih sesuai kegemaran atau kebutuhan Anda, seperti Lindt, Toblerone, Cadbury, dan masih banyak lagi. Sebelum membeli cokelat, ada baiknya Anda mengetahui informasi seputar cokelat dan cara memilih cokelat, serta membaca rekomendasi cokelat terbaik dari berbagai merek. Kesemuanya akan kami uraikan dalam artikel ini. Selamat membaca!

Cara Memilih Coklat

Tersedianya berbagai macam merek cokelat serta variasinya mungkin membuat Anda bingung memilih cokelat. Tidak perlu khawatir, Anda dapat mempelajari cara-cara memilih cokelat berdasarkan beberapa pertimbangan yang akan kami uraikan di bawah ini. Simak informasinya!

Penting untuk Melihat dari Mana Biji Cokelat Berasal

Berasal dari biji kakao, cokelat memiliki rasa berbeda tergantung dari mana biji kakao berasal. Termasuk juga spesies biji serta kondisi tempat biji tersebut ditanam. Contohnya, biji cokelat dari Madagaskar cenderung beraroma citrus dan berry karena mengandung asam yang tinggi, sedangkan biji cokelat dari Peru lebih beraroma bunga dan herba.

Selain itu, variasi rasa cokelat juga tergantung dari bagaimana cara petani melakukan proses fermentasi dan pengeringan biji cokelat, serta lamanya proses pemanggangan biji cokelat di pabrik. Setiap langkah dalam proses pembuatan cokelat berpengaruh besar pada kualitas produk cokelat secara keseluruhan.

Lihat dari Komposisi Bahannya, Kakao harus Berada di Urutan Pertama

blank

Saat Anda memilih cokelat, perhatikan komposisi bahan pembuatannya. Pastikan pada kemasannya tercantum cocoa liquor (kakao) di urutan pertama. Biasanya dituliskan sebagai cocoa liquor, chocolate liquor, cocoa mass, cocoa beans, chocolate beans, cocoa seeds, atau chocolate seeds.

Komponen kakao lain yang juga sering dimasukkan produk cokelat adalah cocoa powder untuk menambah aroma cokelat, dan cocoa butter untuk membuat cokelat mudah lumer di mulut.

Beberapa produk cokelat hanya menggunakan cocoa powder dan minyak nabati sebagai pengganti cocoa butter, hingga menghasilkan rasa cokelat yang tidak terlalu kuat, tekstur yang tidak terlalu lembut, dan juga tidak cepat meleleh di mulut. Cokelat jenis ini dinamakan compound chocolate dan dijual dengan harga yang lebih murah.

Jika Ada Bahan Pelengkap Lain, maka Pilih yang Alami

blank

Hal penting yang harus diingat adalah cokelat dengan kandungan bahan yang paling sedikit adalah cokelat yang paling baik. Namun, tidak dipungkiri bila ada beberapa bahan tambahan seperti gula pasir, lecithin, susu, atau vanila dimasukkan ke dalam cokelat, akan membuat rasa cokelat menjadi semakin lezat.

Kadang, bahan lain seperti perasa dan pengawet juga ditambahkan pada cokelat untuk meningkatkan kualitasnya. Jika memungkinkan, ada baiknya Anda memilih cokelat yang lebih alami, serta hindari bahan yang aditif dan terhidrogenasi.

Sesuaikan Tipe Cokelat dengan Kebutuhan Anda

Cokelat memang dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan mood atau mengatasi stres. Namun, saat Anda memilih cokelat, Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan Anda. Apakah Anda akan menggunakan cokelat tersebut untuk dekorasi kue, hadiah, atau camilan?

White Chocolate untuk Menghias Kue dan Manisan

blank

White chocolate adalah cokelat dengan warna yang krem atau gading, yang dibuat dari kombinasi cocoa butter, gula, susu, vanila, dan lecithin. Cokelat putih yang berkualitas memiliki tekstur lembut dan creamy dengan kandungan gula dan susu yang tinggi, serta rasa tegas dari susu kental manis dan vanila.

Cokelat putih tetap dikatakan cokelat karena mengandung bahan yang terbuat dari biji kakao. Warnanya yang tidak cokelat disebabkan oleh tidak adanya kandungan kakao padat yang memberikan warna cokelat tua dan rasa cokelat pada batang cokelat biasa. Meski bisa dimakan begitu saja, cokelat putih sering dijadikan bahan untuk menghias kue dan manisan tanpa mengubah warna makanan.

Milk Chocolate untuk Hadiah atau Diberikan ke Orang Spesial

blank

Milk chocolate adalah cokelat yang paling populer di antara jenis cokelat yang lain. Berwarna cokelat muda dengan tekstur lembut dan rasa manis, cokelat ini terbuat dari gabungan chocolate liquor (cocoa solid dan cocoa butter) dengan gula dan susu. Terkadang ditambah lesitin kedelai untuk meningkatkan kelembutannya.

Dianggap sebagai cokelat tengah yang baik, rasa manisnya tidak semanis cokelat putih dan teksturnya lebih lembut daripada cokelat hitam. Karena dapat dinikmati oleh semua orang, cokelat jenis ini cocok untuk dijadikan hadiah untuk orang yang spesial. Cokelat ini juga bisa digunakan untuk membuat kue atau es krim.

Dark Chocolate untuk Menambah Manfaat Kesehatan

blank

Dark chocolate atau disebut juga cokelat hitam, memiliki warna cokelat tua, tekstur yang lebih keras serta rasa yang pekat dan kurang manis. Hal itu karena cokelat hitam menggunakan sedikit gula dan bebas produk susu. Sehingga, dapat dikatakan cokelat hitam aman untuk kesehatan dan ramah vegan.

Karena mempunyai manfaat untuk kesehatan, cokelat ini digandrungi oleh orang penikmat cokelat yang juga memperhatikan kesehatannya. Biasanya cokelat hitam dibuat dengan komposisi yang sederhana, yaitu chocolate liquor dan gula. Kepekatan rasa cokelat hitam ini bervariasi, tergantung kandungan kakaonya.

Khusus Dark Chocolate, Perhatikan Persentase Kakaonya

blank

Persentase kakao dalam cokelat mempengaruhi rasa cokelat, terutama pada dark chocolate. Namun, angka persentase kakao yang tinggi bukan berarti kualitas cokelat juga tinggi, karena kualitas cokelat ditentukan berdasarkan bahan yang digunakan dan proses produksinya.

Pada umumnya, dark chocolate yang berkualitas memiliki persentase minimal 60% kakao. Semakin tinggi tingkat persentasenya, kepekatan rasa cokelat dan warnanya juga meningkat. Rasa manisnya pun berkurang karena kadar gulanya semakin rendah. Cokelat yang mengandung 80% kakao rasanya akan sangat pahit, biasanya dibuat untuk memanggang kue daripada dimakan begitu saja.

Perhatikan juga Faktor Tampilan, Aroma, dan Tekstur Coklat

blank

Anda dapat menilai kualitas sebuah cokelat dengan melihat penampilannya. Cokelat yang baik memiliki tampilan yang mengkilap tanpa noda atau gelembung. Cokelat akan berubah warna atau muncul bintik putih jika proses pembuatan cokelat kurang baik atau terpapar suhu ekstrem.

Cokelat berkualitas tinggi memiliki aroma cokelat yang kuat, bukan aroma vanila, rempah-rempah, atau aroma lainnya. Periksa juga teksturnya, jika saat Anda sentuh terasa halus dan tidak lengket, itu adalah tanda cokelat yang baik. Saat dipatahkan, cokelat yang berkualitas akan mengeluarkan suara renyah, bersih, dan tajam.

Pilih Kelebihan Lainnya seperti Berlabel Fair-Trade atau Direct-Trade, Organik, Vegan, dan lain-lain

blank

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih cokelat adalah dengan melihat label fair-trade atau direct-trade yang tertera pada kemasan. Cokelat berlabel fair-trade artinya cokelat tersebut diproduksi dan dijual dengan memprioritaskan kesehatan manusia dan lingkungan tempat asalnya dalam menghasilkan cokelat berkualitas, juga dengan menggunakan sistem sertifikasi.

Sedangkan direct-trade artinya perdagangan cokelat yang langsung berhubungan dengan petani cokelat, bertujuan untuk meningkatkan ekonomi petani cokelat atau pembuat cokelat berskala kecil dalam menghasilkan cokelat yang berkualitas tinggi, tanpa sertifikasi namun bersifat transparan.

Selain itu, Anda juga disarankan memilih cokelat organik, untuk mengurangi kemungkinan Anda terekspos bahan kimia atau pestisida yang disemprotkan pada biji cokelat. Bagi Anda yang menjalankan pola hidup vegan, sebaiknya Anda memilih cokelat dengan bahan nabati yang ramah vegan.

10 Rekomendasi Coklat Terbaik

Dari segala informasi tentang cokelat yang telah Anda pelajari, sepatutnya Anda sudah dapat menimbang dan memilih cokelat mana yang paling cocok untuk Anda. Di bagian berikut ini, kami akan menampilkan rekomendasi sepuluh cokelat terbaik untuk Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Selamat belanja cokelat!

1. Krakakoa Single Origin 70% Sedayu, Sumatra

blank

Sumber: Krakakoa.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Cita rasa kakao kaya rempah khas Sumatra

Berasal dari kakao yang ditanam di desa Sedayu, Sumatra Selatan, cokelat ini menghadirkan sensasi rasa kopi, kayu, buah, dan rempah-rempah. Dibungkus dalam kemasan yang premium, cokelat ini tahan disimpan di suhu ruang saat cuaca panas. Saat dimakan, coklat ini tidak cepat meleleh dan cukup bertahan lama di mulut, tidak seperti kebanyakan cokelat yang berasal dari Eropa.

Rasa rempah yang terkandung di dalam cokelat ini menggambarkan ciri khas daerah Sumatra yang kaya rempah. Sebagai produk lokal, tentunya produk ini sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Jika Anda menyukai cokelat bertekstur tebal dan kaya rasa, Krakakoa Single Origin 70% Sedayu patut dicoba.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Produk lokal dari biji cokelat yang kaya aroma.
  • Kemasan premium dan filosofis, cocok untuk gift ke segala usia.
  • Cukup tebal, bertekstur, dan proses leleh yang lambat.
  • Rasa cokelat melekat di lidah untuk waktu yang cukup lama.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mungkin kurang cocok untuk penyuka cokelat asal Eropa yang lembut.
Asal Sedayu, Sumatra, Indonesia
Tipe cokelat Dark chocolate
Persentase kakao 70%
Komposisi Cocoa mass, cane sugar, cocoa butter
Catatan rasa dan aroma Cranberry, forest honey, ginger
Kegunaan Konsumsi sehari-hari
Kelebihan lainnya Direct trade, halal MUI
Berat 50 gr
Kisaran harga Rp50.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

2. Chocolate Monggo Dark 86%

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Cokelat hitam premium dari perkebunan nusantara

Terbuat dari cokelat berkualitas premium dengan mentega kakao murni, Chocolate Monggo Dark 86% diolah dari biji kakao pilihan yang ditanam di perkebunan di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Cokelat hitam ini memiliki rasa pekat dan sedikit asam yang unik sebagai ciri khas biji kakao dari Jawa dan Sulawesi.

Dengan kandungan konsentrat kakao yang tinggi dan kadar gula yang rendah, cokelat ini sehat dan aman untuk dikonsumsi tanpa khawatir dengan penyakit gula. Diproduksi di Yogyakarta, cokelat Monggo menawarkan keunikan cita rasa asli bahan-bahan Indonesia dan dikreasikan oleh ahli cokelat dari Belgia.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Terbuat dari biji kakao lokal dari perkebunan nusantara.
  • Memiliki keunikan rasa pahit dengan sedikit asam.
  • Hampir seluruh kemasan menggunakan kertas daur ulang tanpa plastik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Menggunakan perasa vanila buatan (vanillin) daripada ekstrak vanila yang alami.
Asal Yogyakarta, Indonesia
Tipe cokelat Dark chocolate
Persentase kakao 86%
Komposisi Cocoa mass, cocoa butter, sugar, soy lecithin, vanillin
Catatan rasa dan aroma Vanillin
Kegunaan Konsumsi diet gula
Kelebihan lainnya BPOM RI, halal MUI
Berat 80 gr
Kisaran harga Rp49.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Pod Chocolate 80% Extra Dark Bali Chocolate

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Terbuat dari 100% bahan alami dan nabati

Cokelat dari Bali ini menggunakan kakao dan bahan-bahan lokal yang 100% alami dan berbahan nabati sehingga cocok untuk Anda yang vegan. Cokelat ini juga aman untuk kesehatan karena dibuat dengan gula kelapa yang mengandung kadar gula rendah.

Selain itu, bahan-bahan lain yang terkandung dalam Pod Chocolate 80% Extra Dark Bali Chocolate juga diproses secara alami, bebas bahan pengawet maupun aditif, dan tanpa menggunakan bahan kimia.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cukup terkenal di kalangan turis dan ekspatriat yang berkunjung ke Bali untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.
  • Menggunakan gula kelapa yang lebih sehat, dengan indeks glikemik lebih rendah dari gula pasir.
  • Semua bahannya berbasis tumbuhan dan vegan-friendly.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Rasa cokelatnya tidak begitu intens (pahit) untuk label kakao 80%.
Asal Mengwi, Bali, Indonesia
Tipe cokelat Dark chocolate
Persentase kakao 80%
Komposisi Cocoa beans, coconut blossom sugar, cocoa butter, lecithin
Catatan rasa dan aroma Tidak disebutkan
Kegunaan Konsumsi diet gula
Kelebihan lainnya Vegan, halal MUI
Berat 100 gr
Kisaran harga Rp49.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Lindt Excellence Dark Chocolate 85%

blank

Sumber: Lindt.co.uk

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Perpaduan rasa mewah dan aroma kuat yang seimbang

Cokelat asal Swiss ini memadukan cokelat hitam halus dengan kandungan kakao 85% serta aroma kopi panggang, buah kering, dan akar manis. Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi. Cokelat produksi Lindt dikenal memiliki rasa yang mewah dan lezat. Terlebih lagi, dalam cokelat ini ditambahkan sedikit rasa jeruk, vanila, dan karamel.

Seperti cokelat Eropa lainnya, Lindt Excellence Dark Chocolate 85% memiliki tekstur halus yang renyah, serta mengeluarkan aroma yang kuat saat meleleh di lidah. Bila Anda penggemar cokelat hitam, cokelat ini dapat Anda konsumsi sehari-hari atau dijadikan sebagai hadiah.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak ada fruktosa atau lesitin, membuat rasa cokelatnya begitu intens.
  • Teksturnya sangat lembut, aromanya cukup kuat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Meninggalkan sisa rasa yang sangat pahit dan metalik di lidah.
Asal Swiss
Tipe cokelat Dark chocolate
Persentase kakao 85%
Komposisi Cocoa mass, fat-reduced cocoa, cocoa butter, demerara sugar, vanilla
Catatan rasa dan aroma Roasted coffee, fine vanilla, liquorice
Kegunaan Konsumsi sehari-hari
Kelebihan lainnya Mendukung farming program khusus
Berat 100 gr
Kisaran harga Rp99.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

5. Toblerone Milk Chocolate

blank

Sumber: Toblerone.ch

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kelezatan cokelat susu dengan tekstur yang chewy

Cokelat berbentuk segitiga yang ikonik ini sudah akrab di mata orang Indonesia sejak lama, begitu pula dengan rasanya. Salah satu varian Toblerone yang paling populer adalah Milk Chocolate, yang sering dijadikan isian kue atau camilan karena bentuk dan rasa susunya.

Diperkaya dengan kepingan madu dan almond nougat, membuat cokelat lebih bertekstur dan terasa chewy. Cokelat batangan ini didesain untuk mempermudah Anda membagi-bagikannya kepada keluarga atau teman Anda.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cokelat susunya lembut, gurih, dan tidak terlalu manis.
  • Bintik-bintik madu dan almond nougat-nya kenyal, membuat cokelat lebih tekstur.
  • Ukurannya cukup besar dengan bentuk segitiga unik yang bisa dipotong-potong dengan mudah untuk semua anggota keluarga.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian orang tidak menyukai bentuknya, karena membuat hampir separuh kemasan terisi udara.
Asal Swiss
Tipe cokelat Milk chocolate
Persentase kakao 28%
Komposisi Gula, susu bubuk, cocoa butter, cocoa mass, madu (3%), lemak susu, almond (1,6%), soy lecithin, putih telur, vanillin
Catatan rasa dan aroma Vanillin
Kegunaan Untuk hadiah, bekal camping, atau camilan sehari-hari
Kelebihan lainnya
Berat 100 gr
Kisaran harga Rp50.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Cadbury Dairy Milk

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cita rasa klasik cokelat susu bertekstur lembut

Cadbury Dairy Milk dengan kemasannya yang berwarna ungu sudah sangat dikenal di Indonesia. Cokelat ini dibuat dari 20% susu segar dan 20% biji cokelat serta minyak nabati dan cocoa butter. Teksturnya yang lembut dan creamy, membuat rasanya begitu nikmat dan mudah meleleh di mulut.

Cita rasa klasik cokelat ini disukai oleh beberapa generasi dan bertahan hingga sekarang. Tak heran, cokelat ini sering dijadikan bingkisan hadiah atau parsel, juga bahan tambahan untuk membuat kue atau es krim. Apalagi, cokelat asal Inggris Raya ini sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Produknya cukup terkenal di berbagai negara
  • Kemasan ungu tampak premium yang menarik perhatian.
  • Cokelatnya sangat lembut, kental, dan langsung meleleh di mulut.
  • Rasanya tidak terlalu manis atau berlebihan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa bahannya tidak alami.
  • Tidak ada detail perasa.
Asal Inggris Raya
Tipe cokelat Milk chocolate
Persentase kakao 20%
Komposisi Milk, sugar, cocoa butter, cocoa mass, vegetable fats (palm, shea), emulsifiers (E442, E476), flavourings
Catatan rasa dan aroma Tidak disebutkan
Kegunaan Konsumsi sehari-hari
Kelebihan lainnya Mendukung program cocoa life, halal certified
Berat 62 gr, 165 gr
Kisaran harga Rp14.000 – Rp39.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Whittaker’s Dark Ghana Chocolate

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Dibuat dari Cokelat Ghana berkualitas untuk kesehatan dan kebahagiaan Anda

Berasal dari Selandia Baru, Whittaker’s Dark Ghana Chocolate menggunakan biji cokelat Ghana terbaik yang diproses dengan cara dipanggang. Merupakan 72% cokelat hitam premium, cokelat ini mengandung kadar kandungan kakao yang tinggi dengan cita rasa pahit yang khas.

Tanpa menggunakan minyak sawit dan zat tambahan makanan lainnya, cokelat ini ramah untuk para vegan dan telah memiliki sertifikat halal. Selain kerap dijadikan isian kue atau cake, cokelat ini juga bisa dimakan kapan saja untuk meningkatkan mood Anda.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ukurannya cukup besar dibandingkan cokelat batangan yang lain.
  • Warnanya berkilau dengan aroma menyenangkan dan mengenyangkan.
  • Rasanya sedikit asam, tidak terlalu pahit.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tekstur cokelatnya ringan tapi tidak begitu lembut, seperti agak berlemak.
Asal New Zealand
Tipe cokelat Dark chocolate
Persentase kakao 72%
Komposisi Cocoa mass, sugar, emulsifier (soy lecithin), vanilla flavour
Catatan rasa dan aroma Vanilla
Kegunaan Camilan dan campuran bahan kue
Kelebihan lainnya 100% rainforest alliance certified, halal certified, kosher certified, vegan
Berat 250 gr
Kisaran harga Rp98.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. Ritter Sport White Hazelnuts

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Cokelat putih bertabur hazelnut dan keripik nasi beraroma vanila

Jika Anda menyukai cokelat putih yang tidak terlalu manis, cokelat ini layak Anda coba. Ritter Sport White Hazelnuts memiliki aroma vanila yang langsung tercium saat kemasan dibuka, membuat Anda ingin segera mencicipinya. Cokelat dari Jerman ini memiliki rasa manis yang tidak berlebihan, lembut, dan creamy.

Sebagai tambahan, kepingan hazelnut dan keripik nasi memberikan tekstur pada batang cokelat ini. Meskipun tidak memiliki rasa yang signifikan, kedua bahan itu memberi sentuhan ringan dan menyegarkan bila dibandingkan dengan cokelat putih lain yang padat.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki spektrum rasa yang bernuansa, dari mentega kakao yang aromatik dengan sedikit susu dan vanila, hingga rasa hazelnut dan keripik nasi yang renyah.
  • Cokelat putihnya sangat lembut, memiliki lelehan yang baik.
  • Rasanya tidak terlalu manis seperti kebanyakan cokelat putih lainnya.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Cokelat putihnya tampak seperti lilin, bukan bersih dan berkilau.
  • Mungkin kurang cocok bagi pecinta cokelat padat, karena terlalu banyak isi hazelnut dan membuat cokelatnya menjadi terfragmentasi.
Asal Jerman
Tipe cokelat White chocolate
Persentase kakao
Komposisi Gula, hazelnut, cocoa butter, susu bubuk, laktosa, beras (2,5 %), lemak susu, pengemulsi (soya lecithin), garam, ekstrak barley malt
Catatan rasa dan aroma Vanilla
Kegunaan Camilan ringan
Kelebihan lainnya 100% rainforest alliance certified
Berat 100 gr
Kisaran harga Rp64.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Cau Chocolate, Organic Dark Chocolate 73%

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cokelat organik berkualitas tinggi diproses secara fermentasi

Cau Chocolate adalah produsen cokelat dari Bali, tepatnya berasal dari perkebunan kakao di desa Cau, Tabanan, Bali. Sebagai upaya pemberdayaan petani kakao di Bali, produsen ini mengembangkan cokelat berkualitas tinggi dari biji cokelat organik lokal melalui proses fermentasi.

Dengan komposisi 73% biji kakao dan lemak kakao, Cau Chocolate Organic Dark Chocolate ini bebas dari produk susu dan tetap mempertahankan nilai gizinya. Karena standar kualitasnya yang tinggi, Cau Chocolate telah meraih organik sertifikat dari badan terakreditasi milik pemerintah Indonesia, Amerika (USDA), dan Eropa (EU).

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menggunakan biji cokelat organik lokal, yang diproses dengan temperatur rendah untuk menjaga gizinya tetap tinggi.
  • Komponen bahannya sangat bersih. Lebih sedikit bahan lebih baik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ukuran kotak atau cokelatnya terlalu kecil dibandingkan produk lokal yang lain.
Asal Tabanan, Bali, Indonesia
Tipe cokelat Dark chocolate
Persentase kakao 73%
Komposisi Organic cacao mass, cacao butter, coconut sugar
Catatan rasa dan aroma Tidak disebutkan
Kegunaan Camilan ringan sehari-hari
Kelebihan lainnya Produk organik, halal MUI
Berat 50 gr
Kisaran harga Rp30.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Ferrero Rocher 24 pcs

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Cokelat mewah dengan hazelnut yang renyah

Cokelat Italia ini menawarkan bentuk dan kemasan yang tidak biasa. Berbentuk bulat dan dibungkus kertas emas, Ferrero Rocher terbuat dari hazelnut utuh di bagian paling dalam, isian yang lembut dan lezat, kulit wafer renyah dan potongan cokelat panggang, serta cokelat sebagai lapisan terakhir.

Hal itu membuat Ferrero Rocher memiliki rasa yang spesial dan juga unik. Dengan tampilan dan kemasannya yang mewah, cokelat ini sangat pantas untuk dijadikan hadiah untuk orang yang spesial atau bingkisan parsel yang istimewa.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kaya akan rasa hazelnut bercampur cokelat, yang renyah, lembut, dan gurih.
  • Memiliki bungkus berwarna emas yang berkelas dan aman dari infiltrasi (kedap udara).
  • Ukuran kotaknya pas untuk hadiah.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tekstur cokelatnya rata-rata.
  • Menggunakan perasa vanila buatan (vanillin) daripada ekstrak vanila yang alami.
Asal Italia
Tipe cokelat Milk chocolate
Persentase kakao 16%
Komposisi Milk chocolate (30%) [sugar, cocoa butter, cocoa mass, skim milk powder, anhydrous milkfat, soy lecithins, vanillin], hazelnuts (28.5%), sugar, vegetable oil (palm), wheat flour, whey powder, fat-reduced cocoa powder, soy lecithins, sodium bicarbonate, salt, vanillin
Catatan rasa dan aroma Vanillin
Kegunaan Camilan dan kado di hari spesial
Kelebihan lainnya Mendukung program minyak sawit berkelanjutan
Berat 300 gr
Kisaran harga Rp150.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

Tabel Perbandingan Coklat

Produk Krakakoa Single Origin 70% Sedayu, Sumatra Chocolate Monggo Dark 86% Pod Chocolate 80% Extra Dark Bali Chocolate Lindt Excellence Dark Chocolate 85% Toblerone Milk Chocolate Cadbury Dairy Milk Whittaker’s Dark Ghana Chocolate Ritter Sport White Hazelnuts Cau Chocolate, Organic Dark Chocolate 73% Ferrero Rocher 24 pcs
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Asal Sedayu, Sumatra, Indonesia Yogyakarta, Indonesia Mengwi, Bali, Indonesia Swiss Swiss Inggris Raya New Zealand Jerman Tabanan, Bali, Indonesia Italia
Tipe cokelat Dark chocolate Dark chocolate Dark chocolate Dark chocolate Milk chocolate Milk chocolate Dark chocolate White chocolate Dark chocolate Milk chocolate
Persentase kakao 70% 86% 80% 85% 28% 20% 72% 73% 16%
Komposisi Cocoa mass, cane sugar, cocoa butter Cocoa mass, cocoa butter, sugar, soy lecithin, vanillin Cocoa beans, coconut blossom sugar, cocoa butter, lecithin Cocoa mass, fat-reduced cocoa, cocoa butter, demerara sugar, vanilla Gula, susu bubuk, cocoa butter, cocoa mass, madu (3%), lemak susu, almond (1,6%), soy lecithin, putih telur, vanillin Milk, sugar, cocoa butter, cocoa mass, vegetable fats (palm, shea), emulsifiers (E442, E476), flavourings Cocoa mass, sugar, emulsifier (soy lecithin), vanilla flavour Gula, hazelnut, cocoa butter, susu bubuk, laktosa, beras (2,5%), lemak susu, pengemulsi (soya lecithin), garam, ekstrak barley malt Organic cacao mass, cacao butter, coconut sugar Milk chocolate (30%) [sugar, cocoa butter, cocoa mass, skim milk powder, anhydrous milkfat, soy lecithins, vanillin], hazelnuts (28.5%), sugar, vegetable oil (palm), wheat flour, whey powder, fat-reduced cocoa powder, soy lecithins, sodium bicarbonate, salt, vanillin
Catatan rasa dan aroma Cranberry, forest honey, ginger Vanillin Tidak disebutkan Roasted coffee, fine vanilla, liquorice Vanillin Tidak disebutkan Vanilla Vanilla Tidak disebutkan Vanillin
Kegunaan Konsumsi sehari-hari Konsumsi diet gula Konsumsi diet gula Konsumsi sehari-hari Untuk hadiah, bekal camping, atau camilan sehari-hari Konsumsi sehari-hari Camilan dan campuran bahan kue Camilan ringan Camilan ringan sehari-hari Camilan dan kado di hari spesial
Kelebihan lainnya Direct trade, halal MUI BPOM RI, halal MUI Vegan, halal MUI Mendukung farming program khusus Mendukung program cocoa life, halal certified 100% rainforest alliance certified, halal certified, kosher certified, vegan 100% rainforest alliance certified Produk organik, halal MUI Mendukung program minyak sawit berkelanjutan
Berat 50 gr 80 gr 100 gr 100 gr 100 gr 62 gr, 165 gr 250 gr 100 gr 50 gr 300 gr
Kisaran harga Rp50.000 Rp49.000 Rp49.000 Rp99.000 Rp50.000 Rp14.000 – Rp39.000 Rp98.000 Rp64.900 Rp30.000 Rp150.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Cokelat memang makanan yang lezat dan membuat bahagia. Namun, ada baiknya Anda tidak sembarangan memakan cokelat tanpa memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Selain karena selera, Anda juga perlu membeli cokelat yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar manfaat cokelat lebih terasa.

Setelah menyimak semua informasi tentang cokelat yang telah kami sajikan di atas, kami harap Anda sudah dapat menentukan cokelat mana yang paling baik untuk Anda atau orang yang Anda sayangi. Selamat menikmati kebahagiaan dalam bentuk cokelat!

Referensi

4 things you need to look for before you choose a chocolate bar
https://www.10best.com/interests/food-culture/4-things-you-need-to-look-for-before-you-choose-a-chocolate-bar/amp/ diakses pada 24 April 2021

The Difference Between Good Chocolate And Bad Chocolate
https://www.warrellcorp.com/blog/difference-between-good-chocolate-and-bad-chocolate/ diakses pada 24 April 2021

Best Dark Chocolate: The Ultimate Buyer’s Guide
https://www.healthline.com/nutrition/dark-chocolate-buyers-guide diakses pada 24 April 2021

Chocolate 101: Select the Best Chocolate
https://facts-about-chocolate.com/select-the-best-chocolate/ diakses pada 24 April 2021

Types of Chocolate
https://www.lakechamplainchocolates.com/types-of-chocolate diakses pada 24 April 2021

Behind the Terms: Fair Trade vs. Direct Trade
https://thewholecarrot.com/2020/10/behind-the-terms-fair-trade-vs-direct-trade/ diakses pada 24 April 2021

Why Choosing Fairtrade Chocolate makes a difference
https://www.fairtrade.net/news/why-choosing-fairtrade-chocolate-makes-a-difference diakses pada 24 April 2021

You may also like

Comments are closed.