Written by 07:39 Olahraga

10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik

Helm sepeda berperan penting sebagai pengaman kepala saat terjadi hal-hal tak diinginkan. Helm yang baik harus memberi Anda kenyamanan saat digunakan. Demi keamanan dan kenyamanan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak memilih helm sepeda.

Di artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih helm sepeda kepada Anda. Tentunya, kami turut merekomendasikan helm sepeda terbaik versi PickyBest. TaffSPORT, Polygon, dan Rockbros mengeluarkan helm sepeda dengan ragam spesifikasi. Manakah yang tepat untuk Anda? Yuk, temukan bersama!

Cara Memilih Helm Sepeda

Jika Anda masih pemula, Anda mungkin akan kebingungan bagaimana memilih helm sepeda yang tepat. Nah, berikut akan kami jelaskan poin-poin dalam memilih helm sepeda agar Anda tidak lagi keliru.

Pilih Helm dengan Padding Berteknologi MIPS, SPIN, atau WaveCel

Keberadaan padding atau bantalan pada helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan. Padding bekerja dengan cara menyerap benturan atau tekanan sehingga meminimalisir cedera pada kepala dan leher. Penting bagi Anda untuk memperhatikan padding ini saat memilih helm sepeda. Padding helm sepeda yang dianjurkan yakni yang berteknologikan MIPS, SPIN, dan WaveCel.

Teknologi MIPS (Multi-directional Impact Protection System) berupa lapisan tipis di dalam helm yang dapat sedikit bergerak untuk mengurangi efek benturan ke kepala. Helm dengan SPIN (Shearing Pads Inside) memiliki lapisan berbahan gel silikon yang menyerap benturan. Sedangkan, WaveCel adalah lapisan berpori yang dapat menyerap getaran dan menahan geseran pada kepala Anda.

Terkait Ventilasi, Pilih yang Jumlahnya Banyak atau Sedikit?

Ventilasi pada helm sepeda berfungsi untuk mengalirkan udara masuk dan keluar. Helm dengan ventilasi yang baik tidak hanya membuat kepala Anda tetap terasa sejuk saat digunakan, tetapi juga terasa ringan. Akan tetapi, terlalu banyak lubang ventilasi dapat mengurangi kekuatan helm dan berkurang juga aerodinamisnya.

Pilihlah helm dengan lubang ventilasi sesuai kebutuhan Anda. Helm dengan jumlah lubang ventilasi sepuluh hingga dua belas dapat dikatakan memiliki sirkulasi udara yang baik. Sedangkan untuk Anda yang hendak bersepeda tanpa mempertimbangkan aerodinamisnya, Anda bisa memilih helm lebih banyak lubang ventilasi.

Pastikan Chinstrap-nya Mampu Mengikat dalam Bentuk V

Saat hendak memilih helm sepeda, jangan lupa juga untuk memperhatikan tali pengikatnya. Tali pengikat atau chinstrap harus terbuat dari bahan kuat dan tidak mudah lepas agar helm tetap pada posisinya guna membuat kepala Anda tetap terlindungi.

Chinstrap yang baik dapat mengikat dalam bentuk V di bawah telinga Anda hingga dagu. Selain berbahan kuat, pilih juga bahan chinstrap yang nyaman di kulit Anda dan tidak terlalu kencang. Bila membeli langsung di toko, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan chinstrap pada helm terasa kuat dan nyaman.

Sesuaikan Ukuran Helm dengan Lingkar Kepala Anda

Ukuran helm akan memengaruhi kenyamanannya saat dipakai. Secara umum, ukuran helm diklasifikasikan menjadi lima, yakni extra-small (kurang dari 51 cm), small (51-55 cm), medium (55-59 cm), large (59-63 cm), dan extra-large (63 cm). Ada juga ukuran one size untuk pria (54-61 cm), wanita (50-57 cm), dan anak-anak (46-57 cm).

Anda sebaiknya mengetahui ketepatan ukuran helm dengan ukuran lingkar kepala Anda. Caranya, ukurlah dari jarak 2,5 cm dari atas alis mata menggunakan meteran hingga melingkari kepala. Atau, Anda bisa juga menggunakan pita atau benang melingkar di kepala kemudian ukur panjang pita atau benang tersebut.

Pilih Karakteristik Helm yang Menunjang Kebutuhan Anda

Jangan lupa juga untuk memilih helm sepeda yang sesuai dengan kegiatan bersepeda Anda. Bersepeda di jalan raya, bersepeda di gunung, atau bersepeda ekstrem, semua membutuhkan helm dengan desain yang berbeda. Memilih helm yang tepat sesuai kebutuhan akan membuat Anda lebih nyaman saat bersepeda.

Jika Anda hendak bersepeda di jalan raya atau balap, Anda bisa memilih helm jenis road bike yang berbobot ringan, memiliki banyak ventilasi, dan sistem proteksi yang kuat. Untuk bersepeda di gunung, helm dengan visor di bagian depan dan tambahan pelindung di belakang kepala adalah pilihan tepat. Sementara, helm sepeda full face lebih cocok digunakan untuk bersepeda ekstrem.

Periksa Fitur Tambahan maupun Kelebihan yang Dimiliki

Selain poin-poin yang sudah disebutkan, Anda mungkin ingin mencari helm sepeda dengan fitur tambahan tertentu seperti lampu tambahan, dapat terhubung ke smartphone, atau komponen yang removable. Fitur-fitur tambahan ini dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Lampu Penerang agar Bersepeda Tetap Aman di Malam Hari

Fitur lampu penerang biasanya berada di belakang helm. Lampu ini berfungsi sebagai penanda keberadaan kita saat bersepeda di malam hari. Bagi Anda yang senang bersepeda di malam hari, kami menyarankan Anda memilih helm sepeda dengan lampu penerang.

Dengan adanya lampu penerang akan membuat Anda terlihat oleh pengendara lain, khususnya sepeda motor dan mobil, di belakang sehingga lebih aman. Sebagian helm memiliki lampu yang warnanya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Smart Helmet yang Bisa Terhubung ke Smartphone

Sumber: Sena.com

Beberapa helm sepeda keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi smart helmet. Helm ini dapat terhubung dengan smartphone dan memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna smart helmet.

Jika Anda memiliki budget yang mumpuni, tidak ada salahnya memilih smart helmet. Dengan helm ini, kegiatan bersepeda semakin menyenangkan, karena Anda dapat mendengarkan musik, bahkan sampai berkomunikasi dengan pesepeda lain.

Komponen yang Removable akan Memudahkan Pembersihan

Untuk memudahkan proses pembersihan, Anda dapat mempertimbangkan helm sepeda dengan komponen-komponen yang mudah dilepas-pasang. Komponen yang removable ini memudahkan Anda saat mencuci helm, terutama bagian padding yang terkena banyak keringat.

Selain memudahkan proses pembersihan, komponen yang bisa dilepas juga akan menambah fleksibilitas penggunaan. Misalnya, bagian visor yang bisa dilepas dapat Anda lepas saat tidak memerlukan pelindung mata dari sinar matahari, serta dipasang kembali ketika Anda membutuhkannya.

Utamakan Helm yang Memenuhi Standar Kelayakan

Sumber: Bsn.go.id

Tujuan menggunakan helm sepeda adalah untuk memberi Anda perlindungan saat bersepeda. Oleh karenanya, pilihlah helm yang memenuhi standar kelayakan. Di Indonesia, helm yang sudah lulus uji kelayakan memiliki label SNI.

Sedangkan helm berskala internasional, akan tercantum label seperti ASTM F1447, Snell, CPSC, atau European CE EN1078. Selalu perhatikan kode-kode tersebut pada helm pilihan Anda. Memilih helm yang sudah teruji kelayakannya sangatlah penting demi keselamatan Anda saat bersepeda.

10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih helm sepeda, kini saatnya Anda menentukan helm sepeda berdasarkan sepuluh produk rekomendasi berikut. Pastikan Anda memilih produk yang benar-benar sesuai kebutuhan Anda!

1. Helmet Pacific SP-J107

Memiliki lampu di bagian belakang demi keamanan bersepeda di malam hari

Anda sering bersepeda di malam hari? Kalau begitu, Helmet Pacific SP-J107 adalah pilihan tepat bagi Anda. Dengan fitur tambahan lampu di bagian belakang, memastikan Anda tetap aman saat bersepeda di malam hari. Helm ini tersedia dalam tiga warna yakni putih, kuning, dan biru.

Jumlah ventilasi15 lubang
UkuranM, L (57 – 61 cm)
Fitur dan kelebihanBack lamp, micro-adjustable head ring
StandarisasiCE EN 1078
Kisaran hargaRp240.000

2. Xiaomi Smart4U Smart Helmet

Sumber: Shopee.co.id

Lampu yang menyala dan mati otomatis berkat sensor cahaya

Dibekali dengan sensor cahaya di dalamnya, helm pintar dari Xiaomi ini mampu mendeteksi keberadaan cahaya dari luar. Jika ada cahaya, hanya satu LED yang menyala. Sementara di malam hari, ketujuh lampu LED-nya akan menyala otomatis.

Tidak hanya itu, Xiaomi Smart4U Smart Helmet juga dilengkapi dengan sistem ventilasi terbaru yang inovatif. Dengan lubang ventilasi vertikal dan sebuah lubang besar di bagian depan tepat di atas visor, Anda akan merasakan semilir angin di kepala.

Jumlah ventilasi12 lubang
UkuranL (57 – 61 cm)
Fitur dan kelebihanAlarming system + passive protection, long standby for 180 hours, consistent for 36 hours, one button control for three light modes, streamline brim of helmet, waterproof and sturdy
StandarisasiTidak diketahui
Kisaran hargaRp575.000

3. TaffSPORT Phmax x10

Sumber: Shopee.co.id

Visor dapat dilepas-pasang sesuai kebutuhan

Helm sepeda yang satu ini dilengkapi dengan visor yang detachable. Dengan begini, Anda dapat menggunakan visor saat sedang dibutuhkan saja dan melepasnya ketika Anda merasa tidak perlu.

Keunggulan lain yang dimiliki sepeda ini adalah busa bagian dalam yang bersentuhan dengan kepala. Busa ini akan menyerap benturan dan membuat Anda merasa lebih nyaman. Sementara itu, bagian luar helm ini menggunakan bahan PVC yang keras, membuat helm tahan lama serta tidak mudah hancur.

Jumlah ventilasiTidak diketahui
Ukuran54 – 61 cm
Fitur dan kelebihanDetachable visor
StandarisasiTidak diketahui
Kisaran hargaRp124.900

4. Btwin Roadr 100 Cycling Helmet – Black

Sumber: Shopee.co.id

Lubang ventilasi besar di atas kepala agar tetap sejuk

Bagi Anda yang sering merasa tidak nyaman karena mudah berkeringat di bagian kepala, Anda mungkin perlu mempertimbangkan Btwin Roadr 100 Cycling Helmet. Memiliki lubang ventilasi yang besar di atas kepala, Anda akan tetap merasa sejuk saat menggunakannya.

Selain itu, helm ini juga ringan dan dilengkapi sistem bernama HALF Turn-Ring untuk memudahkan Anda memasang helm dengan cepat. Warnanya yang hitam doff pekat menjadikannya terlihat elegan dan bergaya saat Anda pakai.

Jumlah ventilasi14 lubang
UkuranM (55 – 59 cm), L (59 – 62 cm)
Fitur dan kelebihanHALF Turn-Ring system, lightweight and compact helmet
StandarisasiTidak diketahui
Kisaran hargaRp252.000

5. Monsa Helm Sepeda

Sumber: Shopee.co.id

Mudah dipakai dan dilepas dengan tali pengikat microlock

Salah satu kesulitan dalam mengenakan helm yakni saat melepas tali pengikatnya. Nah, helm sepeda dari Monsa ini memiliki tali pengikat jenis microlock yang membantu Anda mempermudah kegiatan melepas dan memakai helm.

Helm ini memanglah praktis dari segi penggunaannya. Namun, helm ini lebih didesain untuk kebutuhan bersepeda santai, bukan untuk balapan. Bila Anda hobi bersepeda di hari Minggu untuk sekadar menyehatkan badan, helm ini dijadikan teman setia.

Jumlah ventilasi9 lubang
UkuranM (57 – 58 cm)
Fitur dan kelebihanPengait tali microlock
StandarisasiSNI
Kisaran hargaRp83.000

6. Oxelo Helmet Play 5

Sumber: Oxelo.co.uk

Cocok untuk remaja dengan beragam pilihan warna

Jika Anda sedang mencari helm sepeda untuk remaja atau anak, Oxelo Helmet Play 5 bisa menjadi pilihan yang tepat. Helm ini memiliki ukuran S dan M yang sesuai untuk remaja dan anak. Banyaknya pilihan warna menarik yang tersedia akan disukai remaja dan anak-anak.

Tak hanya varian warnanya yang menarik, helm ini juga berbentuk seperti mangkuk, membuatnya mampu menutupi seluruh kepala hingga belakang. Selain itu, terdapat pula roda penyetel di bagian belakang untuk menyesuaikan helm. Produk ini cocok untuk digunakan saat bersepeda di aspal.

Jumlah ventilasi8 lubang
UkuranS (50 – 54 cm), M (55 – 58 cm)
Fitur dan kelebihanTali mudah diatur, self-blocking dividers
StandarisasiCE EN 1078
Kisaran hargaRp252.000

7. Giro Syntax MIPS Helmet

Sumber: Giro.com

Didesain untuk Anda yang gemar bersepeda jarak jauh

Salah satu helm dengan teknologi MIPS dari Giro ini patut Anda pertimbangkan. Sistem padding yang mampu berotasi tersebut dilengkapi bahan antimikrob untuk mengurangi gatal akibat produksi keringat di kepala.

Giro Syntax MIPS Helm dirancang untuk keperluan bersepeda jarak jauh. Roc Loc 5 Air Fit System-nya memungkinkan aliran udara bersirkulasi dengan baik, serta terasa dingin, membuat level kenyamanan jangka panjang pun semakin terjamin.

Jumlah ventilasi25 lubang
UkuranS (51 – 55 cm), M (55 – 59 cm), L (59 – 63 cm), XL (61 – 65 cm)
Fitur dan kelebihanHardsell with in-mold hardbody lower wrap, integrated MIPS, Roc Loc 5 Air Fit system, wind tunnel ventilation
StandarisasiCPSC BICYCLE FOR AGES 5+, CE EN1078
Kisaran hargaRp1.990.000

8. Polygon Speed

Lebih mudah dibersihkan dengan padding yang dapat dilepas

Apabila Anda tergolong sering menggunakan helm sepeda, kami merekomendasikan helm sepeda Polygon Speed. Pasalnya, produk ini memiliki padding yang dapat dilepas sehingga memudahkan proses pencucian helm. Keringat yang menempel pada padding pun bisa dengan mudah dibersihkan.

Jumlah ventilasi25 lubang
UkuranM (52 cm), L (58 cm)
Fitur dan kelebihanPadding dapat dilepas dan dicuci
StandarisasiCE EN1078
Kisaran hargaRp441.400

9. Rockbros Urban City WT-09 Helmet

Sumber: Shopee.co.id

Nyaman bersepeda dengan desain aerodinamis

Produk ini memiliki desain yang aerodinamis sehingga kegiatan bersepeda Anda akan terasa lebih ringan. Kelebihan lain yang dimiliki helm sepeda keluaran Rockbros ini adalah komponen-komponennya seperti visor serta pad dapat dilepas dengan mudah. Anda juga dapat menambahkan taillight (dijual terpisah) untuk kenyamanan berkendara di malam hari.

Jumlah ventilasi8 lubang
UkuranAll size (52 – 60 cm)
Fitur dan kelebihanAdjustable fitting, detachable visor, reflector, visor integrally-moded, aerodynamic, breathable, ultralight
StandarisasiTidak diketahui
Kisaran hargaRp393.700

10. Sena R1 Evo Smart Cycling Helmnet

Sumber: Sena.com

Helm pintar dengan bluetooth yang dapat disambungkan ke smartphone

Sena R1 Evo Smart Cycling Helmet dilengkapi fitur bluetooth yang dapat terhubung dengan smartphone Anda melalui Sena Cycling App. Dengan begini, Anda bisa tetap berkomunikasi dengan pengendara lain, mendengarkan musik, mengontrol pengaturan taillight, dan yang lainnya.

Canggihnya lagi, helm ini telah menerapkan sistem voice command control. Artinya, Anda hanya perlu mengatakan yang Anda ingin lakukan dengan helm ini, dan helm pun mengabulkan kebutuhan Anda. Meski harus merogoh kocek cukup dalam, smart helmet ini sangat layak dimiliki!

Jumlah ventilasiTidak diketahui
UkuranM (55 – 59 cm), L (59 – 63 cm)
Fitur dan kelebihanMesh 2.0, bluetooth 4.1, intercom 900 m / 0.5 mi, taillight, fitness app compatible, built-in speakers & mic, advanced noise control™, FM radio, quick charging, high grade polymer plastic
StandarisasiCE, FCC, IC, CE EN 1078, CPSC 1203
Kisaran hargaRp3.995.000

Tabel Perbandingan Helm Sepeda

ProdukHelmet Pacific SP-J107Xiaomi Smart4U Smart HelmetTaffSPORT Phmax x10Btwin Roadr 100 Cycling Helmet – BlackMonsa Helm SepedaOxelo Helmet Play 5Giro Syntax MIPS HelmetPolygon SpeedRockbros Urban City WT-09 HelmetSena R1 Evo Smart Cycling Helmnet
Jumlah ventilasi15 lubang12 lubangTidak diketahui14 lubang9 lubang8 lubang25 lubang25 lubang8 lubangTidak diketahui
UkuranM, L (57 – 61 cm)L (57 – 61 cm)54 – 61 cmM (55 – 59 cm), L (59 – 62 cm)M (57 – 58 cm)S (50 – 54 cm), M (55 – 58 cm)S (51 – 55 cm), M (55 – 59 cm), L (59 – 63 cm), XL (61 – 65 cm)M (52 cm), L (58 cm)All size (52 – 60 cm)M (55 – 59 cm), L (59 – 63 cm)
Fitur dan kelebihanBack lamp, micro-adjustable head ringAlarming system + passive protection, long standby for 180 hours,   consistent for 36 hours, one button control for three light modes, streamline   brim of helmet, waterproof and sturdyDetachable visorHALF Turn-Ring system, lightweight and compact helmetPengait tali microlockTali mudah diatur, self-blocking dividersHardsell with in-mold hardbody lower wrap, integrated MIPS, Roc Loc 5 Air Fit system, wind tunnel ventilationPadding dapat dilepas dan dicuciAdjustable fitting, detachable visor, reflector, visor integrally-moded,   aerodynamic, breathable, ultralightMesh 2.0, bluetooth 4.1, intercom 900 m / 0.5 mi, taillight, fitness app   compatible, built-in speakers & mic, advanced noise control™, FM radio,   quick charging, high grade polymer plastic
StandarisasiCE EN 1078Tidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiSNICE EN 1078CPSC BICYCLE FOR AGES 5+, CE EN1078CE EN1078Tidak diketahuiCE, FCC, IC, CE EN 1078, CPSC 1203
Kisaran hargaRp240.000Rp575.000Rp124.900Rp252.000Rp83.000Rp252.000Rp1.990.000Rp441.400Rp393.700Rp3.995.000
Periksa ketersediaan

Kapan Sebaiknya Anda Mengganti Helm Sepeda?

Idealnya, helm sepeda diganti setiap lima tahun sekali. Paparan polusi, sinar matahari, serta perubahan cuaca dapat menurunkan kualitas helm. Namun, apabila helm Anda sudah pernah mengalami kecelakaan atau benturan keras, segera ganti dengan yang baru. Helm yang sudah mengalami benturan keras akan kehilangan kekuatannya.

Oleh karena itu, Anda juga tidak disarankan membeli helm sepeda bekas, karena Anda tidak pernah tahu apa saja yang sudah terjadi pada helm itu. Jangan sampai Anda mengorbankan keselamatan Anda sendiri.

Kesimpulan

Helm sepeda yang tepat akan membuat Anda merasa aman dan nyaman saat bersepeda. Maka itu, sangat penting untuk meneliti sederet aspek saat memilih helm sepeda, seperti yang telah kita bahas bersama.

Setelah memahami cara memilih helm sepeda serta menyimak sepuluh produk rekomendasi kami, adakah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan helm sepeda terbaik!

Referensi

How to Choose a Bike Helmet
https://www.rei.com/learn/expert-advice/bicycle-helmet.html diakses pada 16 Desember 2020

How to choose your perfect cycling helmet
https://guides.wiggle.co.uk/how-choose-perfect-cycling-helmet diakses pada 16 Desember 2020

What is MIPS helmet technology?
https://www.torpedo7.co.nz/community/help-and-advice/bike/gear-advice-technical-info/3604 diakses pada 16 Desember 2020

POC Introduces SPIN Technology in Select MTB Helmets for 2018
https://www.bicycling.com/bikes-gear/a20018229/poc-spin-2018/ diakses pada 16 Desember 2020

WaveCel Helmets
https://www.trekbikes.com/us/en_US/wavecel/RL diakses pada 16 Desember 2020

(Visited 83 times, 1 visits today)