Olahraga

Rekomendasi: 10 Sepatu Bersepeda (Cycling Shoes) Terbaik

Sepatu bersepeda (cycling shoes) merupakan sepatu yang dirancang khusus untuk mendorong performa bersepeda. Dibanding sepatu olahraga biasa, cycling shoes menawarkan berbagai fitur dan mekanisme khusus untuk meningkatkan pengalaman bersepeda ke level selanjutnya.

Merek sepatu bersepeda sendiri ada banyak, misalnya Shimano, Santic, dan Giro. Supaya tidak bingung, simaklah pembahasan kami mengenai cara memilih sepatu bersepeda dengan benar. Kami juga telah menyiapkan sepuluh sepatu rekomendasi di akhir artikel. Ikuti sampai selesai, ya!

Perbedaan Cycling Shoes dari Sepatu Olahraga Biasa

Beberapa dari Anda mungkin masih skeptis untuk membeli cycling shoes karena tidak mengalami masalah apa pun saat bersepeda menggunakan sepatu olahraga biasa. Sebab itu, mari pahami perbedaan antara keduanya agar jelas keunggulan macam apa yang akan Anda rasakan dari penggunaan cycling shoes.

Setidaknya ada tiga aspek mendasar yang membedakan antara cycling shoes dengan sepatu olahraga biasa. Di antaranya:

  • Cleat. Merupakan komponen pengait antara cycling shoes dengan pedal sepeda. Menghasilkan pijakan lebih mantap yang lantas membuat kayuhan lebih stabil dan bertenaga. Bermanfaat juga untuk mencegah kaki tergelincir dari pedal saat sedang mengayuh cepat. Sepatu olahraga biasa tidak punya cleat.
  • Outsole. Tidak seperti outsole sepatu olahraga biasa yang lentur dan empuk, sol pada cycling shoes cenderung kaku. Ini bertujuan agar tekanan terdistribusi merata ke seluruh permukaan sol untuk memaksimalkan power transfer dalam mengayuh pedal.
  • Bobot. Meski lebih rigid, bobot sepatu bersepeda umumnya lebih ringan dari sepatu olahraga biasa. Fungsinya agar tidak terlalu membebani kaki sehingga cepat lelah.

Cara Memilih Sepatu Bersepeda

Setelah yakin bahwa Anda membutuhkan sepatu bersepeda, sekarang Anda dapat mempelajari aspek-aspek apa saja yang penting dipertimbangkan dalam memilih. Di antaranya adalah tipe cleat, kekakuan sol, ukuran, sistem pengencangan, dan sistem ventilasi udaranya.

Sesuaikan Tipe Cleat dengan Pedal Sepeda Anda

blank

Cleat atau pengait sepatu bisa dikategorikan menjadi empat tipe: SPD, Delta, SPD-SL, dan non-cleat. Pastikan sepatu yang Anda beli dilengkapi tipe cleat yang cocok dengan pedal sepeda Anda. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mencocokkannya  dengan spesifikasi sepeda atau memeriksa pedalnya secara langsung.

Adapun perbedaan tiap jenis cleat adalah sebagai berikut:

  • SPD (Shimano Pedalling System). Merupakan cleat dua lubang dengan permukaan yang kecil. Cleat ini dapat dikaitkan di kedua sisi pedal. Umumnya digunakan pada mountain bike (MTB).
  • Delta. Adalah cleat tiga lubang dengan permukaan yang lebih besar. Hanya dapat dikaitkan pada satu sisi pedal. Biasanya digunakan untuk road bike.
  • SPD-SL. Merupakan cleat yang mirip dengan Delta karena sama-sama tiga lubang dan hanya dapat dipakai di satu sisi pedal. Meski begitu, pengimplementasian keduanya belum tentu dapat dipertukarkan.
  • Non-cleat. Adalah cycling shoes yang tidak dilengkapi cleat. Diperuntukkan untuk pemula.

Pastikan Outsole-nya Kaku

blank

Kami sudah jelaskan di bagian awal bahwa sol luar (outsole) yang kaku dan keras dari cycling shoes berdampak pada power transfer yang lebih besar.

Oleh karena itu, pastikan outsole dari cycling shoes yang Anda pilih memenuhi kriteria ini. Hal ini juga penting agar telapak kaki Anda tidak mengalami pegal yang terkonsenterasi di satu titik (hotspot).

Kekakuan outsole cycling shoes itu sendiri berbeda-beda tergantung material. Prinsipnya, semakin mahal produk, semakin kaku material solnya. Di kelas entry-level sampai menengah, material yang umum dipakai adalah plastik dan nilon. Di kelas yang lebih tinggi, Anda dapat menemukan sol yang sepenuhnya terbuat dari karbon.

Pilih Ukuran yang Pas dengan Kaki

blank

Beberapa orang mungkin lebih merasa nyaman memilih sepatu yang ukurannya satu nomor di atas nomor sepatu yang pas dengan kaki. Prinsip yang sama sebaiknya jangan diikuti dalam memilih sepatu bersepeda.

Pasalnya, cycling shoes dirancang agar pas di kaki. Kalau kebesaran, kaki Anda di dalam sepatu dapat bergerak-gerak dan menimbulkan lecet atau ketidaknyamanan lain.

Namun, jangan pula memilih yang terlalu kecil. Intinya, samakan saja ukurannya dengan ukuran sepatu Anda biasanya, kecuali ada petunjuk khusus yang diberikan produsen atau penjual.

Tali, Strap, atau Dial? Pilih yang Lebih Nyaman!

blank

Di pasaran Anda akan menemukan tiga macam sistem pengencangan sepatu, yaitu tali, strap (Velcro), dan dial (BOA). Ketiganya sama-sama baik dalam menjaga kekencangan sepatu, sehingga Anda tinggal pilih yang menurut Anda lebih nyaman.

Biar demikian, jika Anda mementingkan kemudahan penyesuaian, mungkin Anda dapat memprioritaskan sepatu berpengencang strap dan dial. Tidak seperti tali yang ikatannya harus dibuka dan diikat lagi agar kembali kencang, kekencangan strap dan dial dapat disesuaikan dengan instan.

Biar Tidak Gerah, Pastikan Sistem Ventilasinya Memadai

blank

Salah satu keluhan umum dari orang yang baru pertama kali memakai cycling shoes adalah kaki yang terasa gerah. Agar tidak kepanasan, pilihlah sepatu dengan sistem ventilasi udara yang memadai. Dengan demikian, sepanjang Anda melaju udara segar bisa masuk dan membuat kaki tetap adem.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pertimbangan soal sistem ventilasi mesti juga memperhitungkan medan Anda biasa bersepeda. Kalau Anda bersepeda di jalanan berlumpur atau basah, ventilasi yang terlalu terbuka malah akan membuat bagian dalam sepatu gampang kotor. Alternatifnya, Anda juga bisa mengenakan kaos kaki antibasah.

Ketahui Perbedaan Karakteristik antara Sepatu Road Bike dan MTB

blank

Di pasaran, cycling shoes dapat dipisahkan menjadi dua kategori sesuai jenis sepeda apa yang dipakai, yakni road bike shoes dan MTB shoes.

Walaupun sama-sama untuk bersepeda, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Sebab itu, pastikan memilih jenis yang tepat.

  • Road bike shoes. Dilengkapi cleat Delta atau SPD-SL. Memiliki sol lebih keras dan kaku, serta bobot enteng untuk kestabilan dan power transfer tinggi. Konsekuensi hal tersebut adalah sepatu yang tidak nyaman dipakai berjalan kaki. Oleh sebab itu, Anda mungkin harus bawa sepasang sepatu lagi jika ingin lanjut melakukan aktivitas lain setelah bersepeda.
  • MTB shoes. Umumnya dilengkapi cleat SPD. Sol tidak sekaku road bike shoes sehingga kaki lebih nyaman. Terdapat pula bantalan di bawah sol agar nyaman dipakai jalan. Alhasil, Anda tidak perlu ganti sepatu ketika ingin melakukan aktivitas yang lain pasca bersepeda.

10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik

Apakah penjelasan kami di atas mudah dipahami? Kalau sudah paham, Anda dapat segera menyeleksi produk di pasaran. Sebelum beranjak, Anda dapat memeriksa sepuluh cycling shoes yang kami rekomendasikan di bawah ini.

1. Shimano SH-RC300

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memprioritaskan kenyamanan untuk bersepeda lebih lama

Shimano SH-RC300 merupakan cycling shoes yang menyeimbangkan kenyamanan dan performa. Berkat sol yang masih sedikit fleksibel, kenyamanannya di atas rata-rata ride bike shoes sejenis.

Anatomi Shimano Dynalast yang diimplementasikan di sini juga meminimalisir terjadinya energy loss. Efeknya, Anda dapat bersepeda lebih lama tanpa cepat merasa lelah.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ringan.
  • Nyaman buat pemula.
  • Desain keren.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sol yang sedikit fleksibel mengurangi power transfer. Pesepeda yang lebih mahir mungkin merasa terbatasi.
Jenis cleat SPD-SL
Material outsole Nylon
Pengencang Dial
Ukuran 36-52
Kisaran harga Rp1.452.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Shimano SH-XC300

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

MTB shoes berperforma tinggi

Shimano SH-XC300 adalah MTB shoes yang dirancang untuk performa tinggi. Power transfer yang baik menjamin tidak adanya energi yang terbuang pada tiap kayuhan.

Outsole-nya yang terbuat dari karet juga memberikan pijakan yang aman dan stabil saat berjalan kaki. Alhasil, Anda dapat turun dari sepeda dan memerhatikan lebih dekat keindahan alam di sepanjang jalur Anda bersepeda.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pengencangan mudah.
  • Tidak mudah slip bahkan di permukaan basah.
  • Nyaman.
  • Cocok untuk cross-county.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis cleat SPD
Material outsole Rubber
Pengencang Dial
Ukuran 36-52
Kisaran harga Rp1.399.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Santic York Men Road Cycling Shoes

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sepatu road bike yang nyaman dipakai jalan

Seperti telah kami jelaskan di bagian cara memilih, road bike shoes bukanlah sepatu bersepeda yang enak dipakai jalan kaki. Hal yang sama tak berlaku buat produk Santic satu ini.

Meski dari jenis yang sama, produk ini cukup nyaman dipakai jalan kaki berkat adanya bantalan di bawah sol. Anda pun tak perlu lagi repot membawa dua sepatu.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pengencangan mudah.
  • Desain keren.
  • Enak dipakai jalan.
  • Nyaman.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis cleat Delta, SPD-SL
Material outsole Nylon
Pengencang Dial
Ukuran 39-46
Kisaran harga Rp1.150.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Santic Diana Women Road Cycling Shoes

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sepatu bersepeda non-cleat untuk perempuan

Pada umumnya, perempuan memiliki bentuk kaki yang lebih ramping ketimbang laki-laki. Maka itu, pesepeda perempuan lebih baik memilih cycling shoes yang memang dirancang untuk perempuan. Contohnya produk Santic satu ini.

Tak hanya sampai di situ, sepatu ini juga berjenis non-cleat. Dengan tidak adanya cleat, pesepeda perempuan yang masih pemula bakal lebih leluasa mengenakannya. Selain itu, sistem pengencangannya yang pakai strap Velcro juga menambah kepraktisannya.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Adem berkat lubang ventilasi yang banyak.
  • Sistem pengukuran lebih akurat untuk kaki perempuan.
  • Harga kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya cocok untuk pemula.
Jenis cleat Non-cleat
Material outsole Karet
Pengencang Strap
Ukuran 36-40
Kisaran harga Rp850.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Fizik Tempo Overcurve R5

blank

Sumber: Fizik.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Mengimplementasikan konstruksi Overcure untuk kenyamanan sejati

Fizik Overcure R5 merupakan road bike yang anatominya dirancang untuk menjaga kenyamanan bersepeda sepanjang hari. “Overcure” pada namanya merujuk pada desain konstruksi khusus yang memiliki kemampuan untuk mengikuti bentuk pergelangan kaki. Desainnya yang pintar ini akan membuat pengalaman bersepeda Anda jadi lebih nyaman.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat nyaman.
  • Desain keren berkelas.
  • Ringan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada ventilasi pada sol. Mungkin akan terasa agak gerah di cuaca panas.
Jenis cleat Delta
Material outsole Carbon reinforced nylon
Pengencang Dial
Ukuran 36-48
Kisaran harga Rp2.106.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Giro Rumble VR

blank

Sumber: Giro.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Mengadopsi desain kasual sneakers

Sekeren apa pun cycling shoes, pada akhirnya tetap terlihat seperti cycling shoes. Saat dipakai beraktivitas sehari-hari, desainnya yang khas akan terlihat out of place. Giro menjawab permasalahan ini dengan merilis Rumble VR, varian MTB shoes yang mengadopsi desain kasual khas sneakers.

Kalau tidak memeriksa bagian bawah sol dan melihat dua lubang untuk cleat, takkan ada orang yang menyangka bahwa ini adalah MTB shoes. Hebatnya, performanya sebagai cyling shoes tidak ditawar. Sepatu ini tetap menghasilkan power transfer yang efisien dan kenyamanan mengayuh yang tinggi.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sol relatif empuk meningkatkan kenyamanan.
  • Ringan.
  • Sistem ventilasi baik, kaki jadi adem.
  • Desain keren, cocok digunakan untuk segala macam situasi kasual.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bukan sepatu terbaik untuk pesepeda yang mengharapkan performa paling tinggi.
  • Kurang cocok dipakai di medan basah/berlumpur.
Jenis cleat SPD
Material outsole Karet
Pengencang Tali
Ukuran 39-50
Kisaran harga Rp1.515.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Giro Imperial

blank

Sumber: Giro.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cycling shoes berperforma tinggi

Giro Imperial ialah road bike shoes level profesional yang dirancang untuk menghadirkan performa paling tinggi. Dengan bobot hanya 215 gram, Anda dapat mengayuh lebih cepat dengan energy loss lebih sedikit. Hal ini dimungkinkan oleh pengimplementasian material sol carbon. Alhasil, meski ringan, produk ini memiliki durabilitas tinggi.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sistem airflow yang baik membuat kaki tetap adem.
  • Sistem pengencang BOA double dial memudahkan penyesuaian.
  • Sol atas mampu menyesuaikan bentuk dengan kontur kaki. Menambah kenyamanan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal buat sebagian orang.
Jenis cleat Delta
Material outsole Carbon
Pengencang Dial
Ukuran 39-48
Kisaran harga Rp6.693.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. DMT KR1

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Dirancang oleh pesepeda profesional kelas dunia

Ada satu lagi high performance cycling shoes yang kami rekomendasikan, yakni DMT KR1. Produk ini bahkan jadi lebih spesial karena dirancang oleh pesepeda profesional kelas dunia seperti Elia Viviani, Tadej Pogačar, dan banyak lagi.

Semua atlet tersebut tentu paling tahu apa yang diinginkan pesepeda dari cycling shoes. Dengan demikian, meski harus merogoh kocek agak dalam, DMT KR1 pasti worth it!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sol karbon ekstra kaku memaksimalkan power transfer.
  • Sistem ventilasi sangat baik.
  • Durabilitas tinggi.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal untuk beberapa orang.
Jenis cleat Delta
Material outsole Carbon
Pengencang Dial
Ukuran 37-47
Kisaran harga Rp4.900.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Avelio Road Bike

blank

Sumber: Avelio.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sepatu road bike berkualitas buatan lokal dengan harga kompetitif

Anda yang budget-nya agak tipis dapat memilih Avelio Road Bike. Sepatu buatan produsen lokal ini terbuat dari kombinasi microfiber dan synthetic leather yang punya karakter ringan dan lentur. Outsole-nya pun terbuat dari fiber reinforced nylon yang menghasilkan pijakan mantap di pedal.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sudah mengimplementasikan sistem pengencangan dua dial.
  • Value-nya setara dengan sepatu yang lebih mahal.
  • Nyaman.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis cleat SPD & SPD-SL
Material outsole Nylon
Pengencang Dial
Ukuran 38-46
Kisaran harga Rp990.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Adidas Velosamba

blank

Sumber: Adidas.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Mengusung desain ikonik Adidas Samba

Adidas Samba seri sepatu olahraga Adidas dengan desain three stripes-nya yang ikonik. Ternyata, Adidas juga mengeluarkan sepatu khusus bersepeda yang mengadopsi desain serupa dan diberi nama Velosamba.

Selain mengadopsi desain khas Adidas yang dikenal semua orang, sebagai cycling shoes, Velosamba juga sangat kompeten. Pasalnya, insole yang diimplementasikan di sepatu ini terbuat dari nylon yang cukup kaku. Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan dan power transfer saat mengayuh pedal.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok untuk komuter harian dengan sepeda.
  • Nyaman dipakai jalan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya cocok untuk konteks penggunaan kasual.
Jenis cleat SPD
Material outsole Karet
Pengencang Tali
Ukuran 36-55
Kisaran harga Rp1.700.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Sepatu Bersepeda

Produk Shimano SH-RC300 Shimano SH-XC300 Santic York Men Road Cycling Shoes Santic Diana Women Road Cycling Shoes Fizik Tempo Overcurve R5 Giro Rumble VR Giro Imperial DMT KR1 Avelio Road Bike Adidas The Velosamba
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis cleat SPD-SL SPD Delta, SPD-SL Non-cleat Delta SPD Delta Delta SPD & SPD-SL SPD
Material sol Nylon Rubber Nylon Karet Carbon reinforced nylon Karet Carbon Carbon Nylon Karet
Pengencang Dial Dial Dial Strap Dial Tali Dial Dial Dial Tali
Ukuran 36-52 36-52 39-46 36-40 36-48 39-50 39-48 37-47 38-46 36-55
Kisaran harga Rp1.452.000 Rp1.399.000 Rp1.150.000 Rp850.000 Rp2.106.000 Rp1.515.000 Rp6.693.000 Rp4.900.000 Rp990.000 Rp1.700.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia

Kesimpulan

Sudah siap bersepeda dengan sepatu bersepeda baru Anda? Yang jelas, sebelum deal dengan penjual pastikan Anda sudah mempertimbangkan aspek-aspek yang kami jelaskan di bagian cara memilih.

Buat Anda yang masih pemula dan masih bingung, kami sarankan untuk memilih MTB shoes saja. Sebab, kenyamanannya untuk dipakai berjalan kaki akan sangat memudahkah perjalanan Anda. Mudah-mudahan Anda segera menemukan sepatu bersepeda yang cocok, ya!

Referensi

What Are the Benefits of Cycling Shoes and Do I Really Need a Pair?
https://www.livestrong.com/article/95644-benefits-cycling-shoes/ diakses pada XXX

The 5 Best Indoor Cycling Shoes of 2022, According to a Trainer
https://www.livestrong.com/article/13767992-best-spin-shoes/ diakses pada XXX

Does cycling shoe stiffness actually matter?
https://www.bikeradar.com/features/does-cycling-shoe-stiffness-actually-matter/ diakses pada XXX

How Should Cycling Shoes Fit – 7 Important Factors to Consider
https://gearbikesreview.com/cycling-shoes-fitting-guide/ diakses pada XXX

Laces, Boa or Velcro? We explore the world of cycling shoe retention
https://www.cyclingnews.com/features/laces-boa-or-velcro-we-explore-the-world-of-cycling-shoe-retention/ diakses pada XXX

The best indoor cycling shoes and do you really need them?
https://cyclingtips.com/2021/01/what-are-indoor-cycling-shoes-and-do-you-really-need-them/ diakses pada XXX

Road VS MTB Shoes – Which Are Best?
https://www.youtube.com/watch?v=fYmgAas7Sp4 diakses pada XXX

You may also like

Comments are closed.