Written by 20:21 Olahraga

10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik

Ketika hendak melakukan yoga, Anda perlu menyiapkan matras yang nyaman digunakan. Ada banyak sekali pilihan matras yoga di pasaran. Selain berwarna polos, beberapa matras didesain bermotif unik-unik. Ketebalan, tekstur permukaan, hingga material pembuatan yang beragam mungkin membuat Anda bingung memilih matras yoga terbaik.

Apalagi, di Indonesia cukup mudah mendapati matras yoga. Sejumlah merek memproduksi yoga mat, misalnya Manduka, Jade Yoga, dan Lululemon. Penggunaan matras harus disesuaikan berdasarkan jenis yoga yang dilakukan. Agar tidak keliru, kami akan menjelaskan cara memilih matras yoga serta merekomendasikan produk terbaik. Selamat membaca!

Cara Memilih Matras Yoga untuk Pemula

Pertama-tama kita akan melihat bagaimana cara memilih matras yoga yang tepat. Untuk Anda yang pemula, sangat penting memperhatikan sederet aspek seperti prinsip yoga, ketebalan, berat, material, dan tipe permukaannya. Untuk lebih jelas, Anda dapat menyimak tips selengkapnya melalui poin-poin di bawah ini!

Kenali Dua Prinsip Latihan Yoga: Dinamis dan Statis

Secara garis besar, gerakan yoga dibedakan berdasarkan dua prinsip utama, yakni yoga dinamis dan yoga statis. Baik yoga dinamis maupun yoga statis masing-masing mempunyai jenis-jenis atau nama-nama yoga yang membedakan satu sama lain. Apa pun tipe yoga Anda, pastikan menyesuaikan matras yoga sesuai tipe yoga yang Anda lakukan.

Yoga Dinamis: Gerakan untuk Meregangkan Otot dan Sendi

Yoga dinamis adalah prinsip yoga yang tipe gerakannya bertujuan untuk meregangkan otot dan sendi. Sebelum melakukan yoga statis, banyak yogi (ahli/instruktur yoga) memulai sesi dengan yoga dinamis. Yoga dinamis berarti melakukan banyak pose yang terus berganti. Biasanya per gerakan atau pose membutuhkan satu tarikan napas. Jenis yoga ini juga cocok untuk menyegarkan diri.

Karena lebih sering berganti-ganti pose, yoga dinamis membantu tubuh mengeluarkan panas dan keringat. Untuk yoga dinamis, Anda memerlukan matras yoga dengan ketebalan sedang, atau sekitar 3 – 6 mm. Matras untuk yoga dinamis biasanya lebih enteng dan mudah disimpan karena mengutamakan mobility, sehingga Anda tak repot semisal ingin membawanya ke studio.

Yoga Statis: Lebih Fokus pada Pernapasan dan Meditasi

Beda halnya dengan yoga dinamis, yoga statis mengutamakan fokus otak dalam mengontrol pernapasan. Tidak banyak pose pada yoga statis per tarikan napas. Jenis yoga ini bagus untuk meditasi, sehingga banyak yogi mengaitkan yoga statis sebagai sarana mengenali diri, atau hal-hal yang sehubungan dengan emosi, jiwa, mental, dan spiritualitas.

Biasanya, yoga statis dilakukan dalam posisi duduk dan berbaring. Jenis matras yang cocok untuk yoga statis adalah yang berukuran cukup tebal agar cukup menopang tubuh dengan aman. Ketebalan matras untuk yoga statis beragam, Anda bisa memilih dari rentang 6 mm hingga >10 mm tergantung kebutuhan. Perlu diingat, semakin tebal yoga, maka mobility dan kemudahan menyimpannya semakin berkurang.

Sesuaikan Ketebalan Matras dengan Penggunaannya

Ketebalan matras memengaruhi kenyamanan sekaligus kemudahan menggulung, membawa, maupun menyimpannya. Pilihan ketebalan matras yoga pun bervariasi antara 1 mm – 15 mm bahkan lebih. Pakailah matras yang mudah Anda perlakukan, sekaligus memberikan kenyamanan saat Anda beryoga.

Ketebalan 1 mm – 6 mm untuk Yoga Dinamis atau Yoga di Studio

Untuk Anda yang mengikuti pelatihan yoga di studio, pilihlah matras yang mudah dibawa. Matras yoga berukuran 1 mm tergolong praktis, malah beberapa didesain sebagai travel mat sehingga bisa dibawa ketika travelling. Kelebihan lain matras yang tipis adalah memaksimalkan kestabilan kaki saat pose berdiri.

Bila Anda lebih memilih matras yang sedikit tebal, namun tetap ideal dibawa-bawa, cobalah memilih matras dengan ketebalan 3 – 5 mm. Matras setebal 6 mm tergolong medium, Anda mungkin perlu berpikir dua kali memilih matras ini semisal ingin melakukan yoga studio. Meskipun lebih stabil melakukan gerakan, matras yoga yang sangat tipis membuat keras dan dinginnya lantai langsung terasa.

Ketebalan 6 mm hingga Belasan Milimeter untuk Yoga Statis

Beberapa pose yoga statis dilakukan dalam posisi tidur. Supaya lebih fokus, pastikan matras Anda cukup tebal dalam menahan postur tubuh Anda. Dengan karakteristik bantalan (cushioning) yang tinggi, matras yoga mampu mengurangi efek keras dan dinginnya lantai.

Sesuaikan kembali kebutuhan Anda karena matras untuk yoga statis ketebalannya berkisar antara 6 mm – 10 mm. Sejumlah produsen ada yang memproduksi matras yoga dengan ketebalan di atas 10 mm, biasanya matras yoga ini digunakan untuk tujuan terapeutik. Matras yoga yang tebal juga membantu mengurangi rasa sakit pada persendian, lutut, dan lengan.

Untuk Pemula Sebaiknya Memilih Matras yang Empuk

Bagi para pemula yang pertama kali melakukan yoga, butuh waktu untuk meningkatkan daya tahan sendi dan otot. Sebaiknya gunakan matras yang cukup tebal dan empuk untuk mengurangi risiko cedera. Matras yoga berbahan busa bisa Anda pilih karena sangat empuk.

Walau demikian, tetap perhatikan aspek lain seperti kelembutan, tekstur, dan daya cengkeramnya terhadap lantai. Permukaan matras yang tidak licin akan membuat Anda lebih nyaman selama beryoga. Perhatikan betul karakteristik matras yoga Anda, terutama untuk Anda yang tergolong pemula dalam aktivitas yoga.

Pilih yang Beratnya sesuai Lokasi dan Tujuan Penggunaan

Berat matras yoga menjadi spesifikasi penting lain yang mesti Anda pertimbangkan. Setiap merek mengeluarkan matras dengan berat berbeda-beda tergantung di mana matras tersebut digunakan, apakah di studio atau di rumah.

Untuk Yoga di Rumah, Lebih Nyaman dengan Matras yang Agak Berat

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan online yang mana tidak mewajibkan datang ke studio, matras yoga dengan berat 1 kg ke atas dapat menjadi pilihan ideal. Pastikan matras yang Anda pilih cukup tebal sehingga empuk dan tidak mudah bergeser (slip) akibat gerakan yang Anda lakukan.

Matras yoga untuk dipakai di rumah harus memberikan kestabilan dan kenyamanan. Maka itu, lebih baik memilih matras yoga dengan bantalan yang tebal. Tipe matras ini bisa diandalkan untuk yoga dinamis. Selain itu, Anda pun tidak akan terganggu oleh dingin atau kerasnya lantai. Namun, matras yoga ini jelas tidak portabel sehingga kurang ideal dipindah-pindahkan, apalagi dibawa ke studio.

Untuk Yoga di Studio, Pilihlah yang Ringan agar Mudah Dibawa

Apakah Anda tergabung menjadi peserta yoga training di studio? Hal utama yang perlu dipastikan adalah kemudahan menyimpan dan membawa matras. Kami rekomendasikan matras yoga yang ringan atau seberat tidak lebih dari 1 kg untuk Anda yang melakukan yoga studio.

Lebih baik lagi jika matras yoga tersebut dilengkapi tas dan tali untuk mempermudah pengguna membawanya ke mana pun. Periksalah deskripsi produk dengan saksama. Matras yoga yang ringan dan tipis memungkinkan Anda beryoga massal di studio atau lapangan terbuka tanpa repot.

Pilih berdasarkan Bahan Pembuatannya

Pada umumnya matras yoga terbuat dari bahan sintetis dan alami, seperti PVC, TPE, dan karet alami. Setiap material mempunyai kelebihan dan kekurangan. Perhatikan karakteristik dari masing-masing bahan-bahan matras yoga tersebut di bagian ini, lalu pilihlah matras yoga yang bahannya paling nyaman buat Anda.

PVC: Harga Murah, Cukup Ringan, namun Tidak Ramah Lingkungan

Matras yoga berbahan PVC (polyvinyl chloride) menawarkan durabilitas yang sangat baik. Jenis bahan ini juga membuat matras lebih mudah dibersihkan. Daya cengkeramnya tergolong baik sehingga tidak gampang selip di permukaan lantai keramik maupun beton.

Namun, bagian atas matras yang menjadi tumpuan Anda beryoga bisa licin oleh keringat akibat sifat bahannya yang non-absorbent. Matras PVC bebas bahan lateks, cocok untuk Anda yang alergi lateks. Meskipun harganya tergolong murah, matras PVC berasal dari komposisi plastik sehingga sulit didaur ulang.

TPE: Ramah Lingkungan, Tidak Berbau, namun Daya Tahannya Tidak Sebaik PVC

TPE (thermoplastic elastomer) dapat menjadi alternatif untuk Anda yang peduli terhadap lingkungan. Bahan satu ini terbuat dari kombinasi plastik dan polimer karet yang mudah didaur ulang. Sayangnya, matras dari material TPE tidak menawarkan daya tahan sebaik matras yoga bermaterial PVC.

Walau demikian, bisa dikatakan berat matras TPE adalah setengahnya dari matras yoga berbahan PVC dengan ketebalan yang sama. Jika Anda mencari matras tidak berbau dan tahan air, matras yang menggunakan bahan PVC merupakan opsi tepat. Hanya saja, matras ini dibanderol dengan harga relatif lebih mahal dibandingkan matras PVC.

Karet Alami: Tidak Mudah Selip, Kukuh, namun Cukup Berat

Apabila Anda mengutamakan matras yang bahannya ramah terhadap lingkungan, kami rekomendasikan matras yoga berbahan karet alami. Bahan matras yoga ini mungkin yang paling mahal dibandingkan bahan matras yoga lainnya. Akan tetapi, karet alami menjadikan matras kukuh, daya tahan dan kestabilannya tinggi, dan tidak mudah bergeser.

Karena bobotnya cukup berat, matras dari karet alami tidak ideal dibawa bepergian. Aroma khas karet juga menjadi aspek pertimbangan lain semisal Anda tertarik membeli matras ini. Anda mungkin bisa menghilangkan bau matras menggunakan cuka sari apel, akan tetapi matras ini kurang disarankan untuk Anda yang sensitif terhadap bau.

Periksa Tipe Permukaannya, Closed Cell atau Open Cell?

Bila Anda perhatikan, salah satu atau kedua sisi matras didesain dengan tipe permukaan yang berbeda. Secara umum permukaan matras dibagi menjadi closed cell dan open cell. Matras yoga yang bagus umumnya memiliki sifat permukaan closed cell yang berarti pori-pori matras sangat rapat. Dengan begitu, keringat tidak akan masuk ke dalam pori-pori, matras pun bebas bau dan lebih mudah dibersihkan. Sayangnya, matras dengan permukaan bertipe closed cell lebih mudah selip.

Jika Anda melakukan yoga dinamis atau secara alami tubuh Anda lebih gampang berkeringat, matras yoga bertipe permukaan open cell dapat menjadi alternatif. Open cell yoga mat memiliki pori-pori lebih besar dan terbuka, sehingga keringat bisa menyerap dan matras terasa antiselip. Akan tetapi, matras yoga open cell harus lebih sering dibersihkan dan dikeringkan guna menghentikan perkembangan bakteri yang muncul akibat keringat.

Pastikan Dimensi dapat Mencakup Seluruh Postur Anda

Dimensi matras yoga sangatlah variatif. Ada matras yang panjangnya 160 cm – 190 cm. Lebar matras pun beragam, dari mulai 60 cm – 70 cm. Sebaiknya Anda pilih matras yang mampu mencakup sekujuh tubuh Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki. Untuk orang Indonesia sendiri sudah cukup dengan matras yoga dengan kisaran dimensi 170 cm x 60 cm.

Beberapa orang menganggap matras yang berdimensi besar menambah kenyamanan yoga. Memang benar, namun sebagai gantinya, matras yoga tersebut menjadi kurang ideal untuk dibawa ke studio atau travelling. Kami sarankan Anda memilih matras yoga yang ukurannya compact apabila Anda melakukan yoga statis, namun pilihlah yang berukuran lebih besar jika Anda melakukan yoga dinamis.

Perhatikan Kemudahan Menyimpan Matras

Kunci mendapatkan manfaat yoga secara optimal adalah terus berlatih secara rutin. Nah, kaitannya dengan hal ini, poin penting yang mungkin jarang disadari orang adalah memeriksa seberapa mudah matras disimpan. Sebagus apa pun matras yoga, lebih mungkin matras disimpan begitu saja tanpa pernah dipakai akibat kesulitan disimpan maupun dibawa.

Oleh sebab itu, pilihlah matras yoga yang tidak menyulitkan proses penyimpanan dan persiapannya. Selain itu, akan lebih baik lagi bila matras yang Anda pilih disertai tali sandang atau tali ikat yang memudahkannya dijinjing dan digantung. Kabar baiknya, kebanyakan matras yang beredar di pasaran sekarang sudah dilengkapi tali sandang.

Meski Agak Mahal, Lebih Baik Memilih Matras yang Terjamin Kualitasnya

Perbedaan harga matras yoga bisa disebabkan oleh perbedaan material dan spesifikasi pendukung lain. Apabila Anda berniat melakukan yoga lebih sering, disarankan memilih matras yoga durable. Kualitas matras merupakan poin terpenting untuk diperhatikan. Untuk menemukan matras yoga terbaik, tentu Anda perlu mengutamakan produk keluaran brand ternama.

Pada rekomendasi produk di bawah nanti, kami telah siapkan sepuluh matras yoga keluaran merek-merek besar. Meskipun kualitas berbanding lurus dengan harga, Anda tetap bisa menemukan matras yang kualitasnya bagus dengan harga murah. Pilihlah matras yang unggul dari segi harga dan performa dengan memeriksa spesiikasi produk secara detail!

Pilih Matras yang Desainnya Anda Sukai

Aspek opsional dalam memilih matras yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memeriksa desain matras. Carilah matras yoga berdesain kesukaan Anda. Belakangan, produsen tak cuma merilis matras yoga dengan satu pilihan warna, namun beberapa didesain dengan warna kombinasi seperti pelangi dan semacamnya. Ada juga matras polos yang tampak elegan.

Matras yoga dengan motif yang ramai hingga motif kuno mulai populer di kalangan penggiat yoga. Dengan menggunakan matras yoga yang warna dan motifnya Anda suka, tentu Anda semakin bersemangat menikmati olahraga yoga. Saat beryoga studio pun, Anda lebih percaya diri dengan matras yang tampak menarik.

Prioritaskan Memilih Produk dari Merek-merek Ternama

Khusus untuk para pemula, memilih matras berkualitas bagus akan memberikan pengalaman mengesankan, termasuk mengoptimalkan efektivitas beryoga. Meski pilihannya banyak, jangan sampai Anda salah membeli produk. Berikut kami cantumkan beberapa brand yang cukup hype dan berpengalaman memproduksi matras yoga. Ada apa saja?

Adidas, Terkenal akan Busa Matras yang Antiselip

Selama ini, orang-orang mengenali Adidas sebagai produsen penghasil sepatu olahraga berkualitas. Tapi semakin berkembang, Adidas turut mengeluarkan matras yoga. Ciri khas matras dari brand asal Jerman ini terletak pada material berbahan busa yang menjadikannya empuk dan tidak mudah selip.

Logo 3 garis pada permukaan matras membuat pengguna lebih percaya diri sewaktu membentangkan matras. Apabila Anda tertarik membeli matras yoga dari Adidas, belilah dari official store, atau jika melakukan pembelian melalui marketplace, pastikan lapaknya adalah lapak resmi Adidas yang terverifikasi.

Manduka, Merek Matras Yoga Kelas Dunia Favorit Para Yogi

Manduka adalah produsen matras yoga kelas dunia yang disukai para instruktur yoga. Sebab pamornya yang begitu hits di berbagai negara dan kalangan pecinta yoga, kualitas matras dari Manduka tak perlu diragukan lagi. Dari segi daya tahan hingga daya cengkeram yang kuat memungkinkan pelaku yoga memperoleh pengalaman traksi yang sangat baik.

Nike, Mengutamakan Material yang Aman bagi Lingkungan

Sama halnya dengan Adidas, Nike pun ikut “mencari peruntungan” dengan mengepakkan lini produknya ke matras yoga. Salah satu keunggulan matras yoga dari Nike adalah penggunaan material berkualitas dan dipastikan ramah lingkungan. Berkat karakteristik produk yang alami, Nike terus memproduksi matras terbaiknya karena tingginya minat pasar terhadap matras buatannya.

Lululemon, Memiliki Grip yang Sangat Baik Menahan Posisi Matras

Lululemon adalah produsen kebutuhan olahraga asal Canada yang berdiri sejak 1998. Brand ini dikenal akan produk-produk athletic apparel-nya yang berkualitas. Dari mulai pakaian hingga matras untuk yoga, berenang, dan jenis latihan lain tersedia. Untuk matras yoganya sendiri, Lululemon menawarkan matras yang reversible alias bisa dipakai kedua sisinya.

Setiap sisi matras dirancang dengan bahan khusus yang membuat matras tidak gampang bergeser. Bantalan ekstra ditambahkan Lululemon untuk tingkatkan kenyamanan Anda melakukan yoga di atas lantai keras. Kemudian, karakteristik bahannya bersifat absorbent namun tetap mudah dibersihkan, serta didukung senyawa antimikrob yang mampu mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri.

Reebok, Pilih Sendiri Warna yang Anda Suka!

Buat Anda yang menyukai produk berdesain polos, Reebok mengoleksi cukup banyak matras yoga berdesain sederhana dengan warna-warna netral. Meskipun nama Reebook cukup familier, matras yoga persembahannya ditawarkan dengan harga realtif terjangkau. Tenang saja, performance matras Reebok tetap bisa diandalkan. Tetap layak pilih, deh!

Jade Yoga, Cocok untuk Travelling dan Yoga Studio

Tipikal matras yoga dari Jade Yoga adalah berbantalan empuk, berdaya cengkeram sangat bagus, dan menawarkan stabilitas tinggi. Berkat spesifikasi yang terbilang sempurna, Jade Yoga menjadi merek pilihan banyak loyalis profesional dan instruktur olahraga di seluruh dunia.

Jade Yoga merancang matras yoga dari bahan karet alami. Di setiap satu pembelian matras keluarannya, Jade Yoga melakukan aktivitas penanaman satu pohon untuk membantu ekosistem alam tetap seimbang. Ingin menjaga kebugaran tubuh, menenangkan pikiran, sekaligus merawat lingkungan? Matras buatan Jade Yoga memungkinkan segala keinginan Anda tersebut terlaksana!

10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik untuk Pemula

Sejauh ini kita sudah membahas cara memilih matras yoga dengan mempertimbangkan poin-poin penting, seperti ketebalan, material, desain, dan fitur tambahan lain. Berikut kami rangkum sepuluh matras yoga terbaik dari merek-merek ternama di dunia. Pilihlah matras yoga sesuai jenis yoga dan kebutuhan Anda!

1. Adidas Yoga Mat EB4031

Mudah dibawa ke mana-mana berkat tambahan carry string-nya

Mantapkan pose yoga Anda tanpa mengalami selip bersama Adidas Yoga Mat EB4031. Grip matras dirancang untuk menunjang stabilitas pengguna saat beryoga, fokus melakukan berbagai gerakan, serta pelatihan pernapasan dan stamina semakin terdukung berkat grip semacam ini.

Adidas memastikan matras yoga keluarannya ini bebas PVC. Terdapat carry string atau tali sandang yang mempermudah matras dijinjing maupun digantung. Logo 3 garis Adidas berukuran mini yang terletak pada bagian sudut matras meningkatkan daya tarik produk. Memiliki pori-pori terbuka, matras yoga ini membuat Anda yang sering berkeringat tetap nyaman selama beryoga di atasnya.

Ketebalan5 mm
Material60% TPE (thermoplastic elastomerics),, 20% EVA (ethylene-vinyl acetate), 20% POE (polyolefin elastomer) foam
Tipe permukaanOpen cell
Dimensi (p x l)178 cm x 62 cm
KeunggulanAntiselip, bebas PVC, dilengkapi tali ikat
Kisaran hargaRp670.000

2. Nike Fundamental Yoga Mat – Pink

Permukaan dual-texture membuat matras ini semakin disuka

Untuk para wanita yang ingin berlatih yoga, kami merekomendasikan matras yoga buatan Nike satu ini. Warna pink cerah menjadikan matras yoga berikut memanjakan mata. Soal performance, pada kedua sisi matras didesain bertekstur yang menunjang traksi optimal bagi peyoga, serta membantu penjejakkan kaki semakin kukuh dan terasa stabil.

Dengan ketebalan hanya 3 mm, matras yoga ini tergolong mobile, cocok dibeli oleh Anda yang ingin melakukan yoga studio. Tidak lupa, Nike melengkapi carry string untuk mempemudah matras dibawa bepergian. Material matras dipastikan bebas PVC dan lateks, aman untuk pengguna yang mengalami alergi terhadap lateks atau ingin menjaga kesehatan diri tanpa merusak lingkungan.

Ketebalan3 mm
Material95% SBR (styrene-butadiene rubber), 5% polyester
Tipe permukaanClosed cell
Dimensi (p x l)168 cm x 61 cm
KeunggulanBantalan busa lembut, permukaan bertekstur, dilengkapi tali ikat, bebas PVC dan lateks
Kisaran hargaRp615.000

3. Lululemon The Reversible Mat

Mudah dibersihkan serta cocok untuk penggunaan rumahan

Saat melakukan yoga dengan pergantian dan tipe pose yang intens, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Kucuran keringat yang terjebak di dalam pori matras berpotensi menumbuhkan jamur dan bakteri yang berdampak negatif pada kesehatan Anda. Cegah terjadinya hal tersebut dengan memilih matras yoga dari Lululemon satu ini.

Lululemon merumuskan matras yoga dari bahan kombinasi karet sintetis dan alami serta poliester yang membuat matras mampu menyerap kelembapan. Selain mudah dibersihkan, matras yang reversible ini dilengkapi senyawa antimikrob yang berguna memusnahkan bakteri maupun jamur akibat akumulasi keringat.

Ketebalan5 mm
Material61% natural rubber, 17% synthetic rubber, 15% polyurethane, 5% polyester, 2% nylon
Tipe permukaanOpen cell
Dimensi180 cm x 66 cm
KeunggulanMemiliki lapisan penyerap keringat yang dilengkapi zat aditif antimikroba
Kisaran hargaRp1.650.000

4. Manduka eKO® SuperLite Travel Yoga Mat

Selain superior dalam hal portabilitas, materialnya juga ramah lingkungan!

Tersedia cukup banyak varian matras yoga dari Manduka, salah satunya eKO SuperLite series. Pada seri ini terdapat Travel Yoga Mat yang direkomendasikan kepada Anda yang terbiasa melakukan yoga di tempat kebugaran. Ketebalannya hanya 1,5 mm dengan berat 1 kg ketika digulung, memastikan matras ini superior untuk urusan portabilitas.

Tekstur permukaan matras menawarkan daya cengekeram yang baik terhadap lantai. Manduka menjamin matras yoga ciptaannya ini 99% bebas dari bahan latex, PVC, toxic plasticizers, dan bahan tidak ramah lingkungan lainnya. Bagi Anda yang banyak menghasilkan keringat tubuh, matras yoga ini didesain open-cell untuk mencegah matras licin akibat tetesan keringat.

Ketebalan1,5 mm
MaterialKaret alami
Tipe permukaanOpen cell
Dimensi (p x l)180 cm x 61 cm
Keunggulan99% bebas lateks, bebas PVC, bebas pewarna, permukaan antiselip
Kisaran hargaRp940.000

5. Jade Yoga Harmony Mat

Seluruh bahan penyusunnya dipastikan aman bagi lingkungan

Memperoleh traksi dengan kestabilan penuh dapat Anda raih apabila beryoga menggunakan Harmony Mat produksi Jade Yoga. Natural rubber dipilih untuk merancang matras ini. Berbeda dengan karet alami pada matras yoga brand lain, Jade Yoga menggunakan karet alami berkualitas unggul yang mendukung kekuatan cengkeram lebih baik serta menjadikan matras tahan lama.

Matras yoga asal Amerika Serikat ini menawarkan banyak pilihan warna. Selain warna Black-nya yang best seller, Anda bisa memilih warna lain seperti Electric Blue, Fire Engine Red, Kiwi Green, Midnight Blue, Olive Green, Purple, Raspberry, Sedona Red, Slate/Midnight, atau Tibetan Orange. Ketebalan mendekati 5 mm terbilang pas untuk mempertahankan stabilitas tubuh saat berpose yoga.

Ketebalan4,7 mm
MaterialKaret alami
Tipe permukaanOpen cell
Dimensi (p x l)172 – 187 cm x 60 cm
KeunggulanMaterial karet lebih kuat, antiselip, jaminan tahan lama
Kisaran hargaRp1.850.000

6. Reebok Yoga Mat EW3060

Ketebalan bantalannya mendukung keseimbangan pose

Cukup dengan budget tidak sampai 500 ribu, Anda sudah bisa membawa pulang matras yoga unggulan Reebok satu ini. Bahannya yang berasal dari PVC memungkinkan matras tahan hingga lebih dari 5 tahun. Dirancang setebal 4 mm dengan tambahan tali sandang, Reebok Yoga Mat EW3060 sangat mudah untuk digulung dan dibawa-bawa.

Reebok mengklaim lightweight yoga mat buatannya ini berdaya cengkeram bagus, serta teksturnya dipastikan antiselip. Selain untuk yoga, matras yoga ini juga bisa diandalkan oleh Anda yang hendak melakukan pilates. Bertipekan closed cell, Anda semakin mudah merawat matras dari bau tidak sedap serta pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kulit terasa gatal.

Ketebalan4 mm
Material70,6% PVC, 14,9% plasticizer, 9,7 polyester, 4,8% colorant
Tipe permukaanClosed cell
Dimensi (p x l)173 cm x 61 cm
KeunggulanDilengkapi tali ikat, tekstur permukaan antiselip
Kisaran hargaRp350.000

7. Kettler Yoga Mat

Desain lembut, bantalan 8 mm, antiselip. Ramah bagi pemula!

Banyak orang memilih Kettler Yoga Mat sebagai alas untuk berolahraga di rumah. Anda dapat memakai matras yoga ini untuk melatih stamina dan daya tahan dengan berbagai gerakan. Selain harga pasaran yang bersahabat, matras yoga dari Kettler berketebalan mencapai 8 mm, sehingga tidak menyebabkan sakit di area siku, lutut, dan telapak kaki.

Walau cushioning-nya nya masuk dalam kategori thick, produk tetap dipastikan mudah digulung (rollable). Apabila Anda khawatir tergelincir saat melakukan yoga, bahan PVC memastikan matras antiselip. Bila Anda menyukai preferensi warna tertentu, Kettler Yoga Mat cukup variatif soal warna, dari warna yang girly hingga netral.

Ketebalan8 mm
MaterialPVC
Tipe permukaanClosed cell
Dimensi (p x l)173 cm x 61 cm
KeunggulanDilengkapi tas jaring
Kisaran hargaRp280.000

8. Speeds Yoga Mat

Harga terjangkau untuk kualitas memukau

Speeds Yoga Mat adalah matras yoga dengan tawaran harga yang ramah di kantong. Produk berukuran 183 cm x 61 cm ini dipastikan mencakup rata-rata orang Indonesia. Bahan karet NBR dipilih Speeds karena terkenal akan sifat tahan terhadap keringat dan zat asam.

Permukaannya tidak bertekstur serta sangat fleksibel, menjadikannya sangat nyaman untuk menopang sejumlah titik tubuh. Dengan ketebalan 10 mm, matras yoga dari Speeds ini dapat mengurangi beban sakit pada area tulang ekor. Meskipun bergaya sederhana dan terjangkau soal harga, matras ini tidak berbau dan antiselip sehingga nyaman, serta bebas phthalates, AZO, PAHS, PVC, dan heavy metal.

Ketebalan10 mm
MaterialNBR (nitrile butadiene rubber)
Tipe permukaanClosed cell
Dimensi (p x l)183 cm x 61 cm
KeunggulanBebas bau, bebas PVC, bebas phthalates, antiselip, tali jinjing
Kisaran hargaRp175.000

9. Miniso Yoga Mat Anti Slip

Matras multifungsi yang mengutamakan kenyamanan

Bagi Anda yang memerlukan matras yang tak hanya ideal dipakai untuk yoga, cobalah membeli produk ini. Miniso merancang sebuah matras yoga untuk berbagai keperluan olahraga, dari mulai yoga, senam, pilates, hingga gerakan khusus yang bertujuan untuk mengempeskan perut.

Miniso Yoga Mat Anti Slip dihadirkan dalam 2 varian ukuran, yaitu 3 mm dan 6 mm. Ada 5 pilihan warna yang semuanya eye-catchy, seperti Dark Blue, Carol Red, Light Blue, Rose Blue, dan Grey. Harganya pun terjangkau karena terbuat dari bahan PVC yang elastis, lembut, dan tahan lama.

Ketebalan3 mm dan 6 mm
MaterialPVC
Tipe permukaanClosed cell
Dimensi (p x l)173 cm x 61 cm
KeunggulanAntiselip, elastis, permukaan lembut
Kisaran hargaRp156.000

10. CoreNation Active Travel Yogamat

Didesain berketebalan 1,5 mm, sangat praktis dibawa travelling!

CoreNation merupakan salah satu brand yang memproduksi matras yoga dari bahan polyurethane. Bila Anda menginginkan kestabilan dan level grip antiselip, sifat bahan pada matras yoga ini memampukan hal tersebut. Sesuai namanya, Active Travel Yogamat mendukung mobilitas tinggi berkat ketebalannya yang hanya 1,5 mm.

Di samping tipis dan praktis untuk diajak bepergian, matras yoga ini juga cocok digunakan oleh pria maupun wanita. Untuk pria, CoreNation menyediakan warna ash (abu-abu), dan varian warna lilac purple bisa dipilih oleh para wanita. Namun, matras dengan berat < 1 kg ini tidak dilengkapi tali ikat sehingga Anda perlu membelinya secara terpisah.

Ketebalan1,5 mm
MaterialPolyurethane
Tipe permukaanClosed cell
Dimensi (p x l)180 cm x 66 cm
KeunggulanBebas PVC, antiselip
Kisaran hargaRp549.950

Kesimpulan

Dari pilihan pertama hingga terakhir, apakah ada salah satu produk yang menarik perhatian Anda? Matras yoga merupakan produk vital yang harus Anda miliki. Kenyamanan adalah aspek utama yang perlu diperhatikan saat memilih matras yoga. Perhatikan juga seberapa mudah matras disimpan dan dibawa keluar rumah.

Bila Anda seorang pemula, lebih baik membeli matras yoga yang bantalannya cukup tinggi untuk menghindari cedera. Olahraga yoga dapat menjadi sarana baik untuk mencapai tubuh sehat dan pikiran rileks. Lakukanlah yoga secara rutin agar mood harian Anda terus terjaga. Semoga Anda berhasil temukan matras yoga terbaik!

(Visited 4.243 times, 22 visits today)