Written by 17:10 Olahraga

10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik untuk Pemula

Dari berbagai jenis sepeda, Anda yang pemula mungkin lebih cocok menggunakan sepeda hybrid. Rancangan khusus untuk keperluan bersepeda di berbagai medan menjadikan sepeda hybrid layak dipertimbangkan. Anda bisa memakai sepeda hybrid untuk melaju pada medan lurus seperti jalanan perkotaan hingga sedikit bebatuan dengan tetap nyaman.

Cukup banyak pabrikan yang memproduksi sepeda hybrid berkualitas, misalnya Polygon, Thrill, Giant, dan United. Bagi Anda yang bermaksud membeli sepeda hybrid namun bingung memilihnya, berikut kami ulas poin penting untuk ditinjau saat memilih sepeda hybrid, beserta rekomendasi produk terbaik dengan kisaran harga di bawah 10 jutaan. Simak pembahasannya hingga akhir, ya!

Apa itu Sepeda Hybrid?

Sesuai namanya, sepeda hybrid menggabungkan karakteristik sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). Kombinasi ini menghasilkan sebuah sepeda yang kuat dan tangguh namun tetap ringan serta mampu melaju lancar di bermacam medan ringan. Jika Anda pemula yang ingin memulai rutin bersepeda, cobalah membeli sepeda hybrid.

Sepeda hybrid hadir untuk mengakomodasi kebutuhan sepeda dengan durability bagus dan fleksibel pada berbagai macam medan. Kehadiran gigi percepatan membuat sepeda ini cukup tangguh pada jalanan bergelombang. Posisi duduk horizontal akan menambah kenyamanan dalam mengendarai sepeda hybrid. Bagi Anda yang mengutamakan kecepatan, sepeda hybrid memiliki kemampuan akselerasi lebih ngebut dari sepeda gunung karena ukuran ban lebih tipis.

Cara Memilih Sepeda Hybrid untuk Pemula

Sepeda hybrid memiliki berbagai variasi tipe dan komponen yang perlu Anda pahami terlebih dahulu. Bagi pesepeda pemula, ada baiknya untuk memerhatikan beberapa poin berikut ini sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli sepeda hybrid.

Periksa Tipe Rem, Apakah Rem Cakram atau Rem Velg?

Sistem pengereman merupakan bagian penting untuk memastikan keamanan Anda ketika mengendarai sepeda. Pada sepeda, terdapat 2 jenis rem yaitu rem cakram dan rem velg. Apa saja perbedaannya?

Rem Cakram (Disc Brake): Memberikan Daya Henti Konsisten dan Responsif

Rem cakram merupakan sistem pengereman pada piringan metal yang terpasang pada roda yang ikut berputar. Pada cuaca hujan, rem ini memberikan daya henti yang lebih konsisten dan responsif. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya pada jalan menurun yang panjang karena piringan metal bisa memanas dan berisiko menyebabkan rem blong.

Perawatan rem cakram agak sulit dilakukan karena perlu membongkar seluruh bagian roda sepeda. Meski demikian, daya henti yang mumpuni membuat Anda tidak perlu menekan handle brake keras-keras sehingga penggunaannya minim effort dan tidak menyebabkan tangan pegal. Bagi Anda yang berencana upgrade sepeda, rem cakram bisa dipilih karena menawarkan berbagai variasi komponen sesuai selera.

Rem Velg (Rim Brake): Perbaikan Lebih Mudah ketika Terjadi Trouble

Rem velg atau rim brake bekerja dengan cara menekan velg untuk mengurangi laju putaran roda hingga sepeda berhenti. Penggunaan rem velg lama kelamaan akan mengikis lapisan velg sepeda sehingga Anda perlu menggantinya agar rem dapat bekerja optimal.

Maintenance untuk rem jenis ini lebih mudah dan murah dibandingkan disc brake apabila suatu saat terjadi masalah pada sistem rem. Bagi Anda yang mengutamakan keringanan dan tidak berencana melakukan modifikasi sepeda, rem velg dapat menjadi pilihan tepat. Rem velg memiliki komponen lebih sedikit dan bobotnya lebih ringan sehingga tidak menambah beban Anda.

Pilih yang Garpu Depannya Menggunakan Rigid Fork

Sepeda jenis hybrid rata-rata menggunakan rigid fork untuk menjaga kelincahan sepeda ketika bermanuver. Fork tanpa suspensi juga akan membuat bobot sepeda lebih ringan. Bila Anda lebih sering bersepeda di jalanan lurus beraspal, garpu depan bersistem rigid lebih ideal digunakan.

Meski lebih lincah, rigid fork menjadikan sepeda kurang andal menahan benturan saat jalan yang dilalui bergelombang. Anda perlu berhati-hati dan mencengkeram handle sepeda lebih kuat karena getaran akan lebih terasa. Soal perawatan, fork tanpa suspensi tergolong mudah dibandingkan suspension fork.

Untuk Pemula, Sebaiknya Pilih Ban Sepeda yang Cukup Tebal

Sepeda hybrid memiliki beberapa bagian berbeda dari sepeda biasa sehingga pesepeda pemula mungkin memerlukan waktu untuk beradaptasi. Jika begini, akan lebih aman untuk memilih ban sepeda dengan ukuran lebih tebal. Ban yang tebal dapat membuat sepeda lebih stabil untuk dikendarai.

Ban yang tebal juga mampu memuat lebih banyak udara di dalamnya. Dengan demikian, ban lebih membal dan terasa mantap ketika dikayuh. Tak hanya itu, efek benturan dapat diminimalisir untuk meningkatkan kenyamanan. Pesepeda pemula akan terbantu dengan ban yang lebih tebal!

Sepeda dengan Banyak Level Gigi Fleksibel di Berbagai Tipe Jalan

Sepeda hybrid dengan kelengkapan suku cadang untuk sepeda gunung memiliki durability dan level gigi lebih banyak. Level gigi berfungsi untuk mengatur ringan atau beratnya kekuatan kayuhan pada sepeda ketika melewati medan tertentu. Semakin banyak level gigi, semakin bervariasi pula tipe jalan yang bisa dilaluinya. Beberapa contoh groupset sepeda gunung antara lain Shimano, Campagnolo, dan Sram.

Bagi Anda yang lebih sering melewati medan lurus minim tanjakan, sepeda hybrid dengan level kecepatan 7 – 9 speed sudah cukup. Akan tetapi, medan tanjakan memerlukan keringanan kayuhan lebih tinggi agar sepeda tetap melaju tanpa membuat kaki Anda begitu pegal. Untuk tujuan ini, Anda bisa memilih level kecepatan sepeda antara 27 – 30 speed.

Cek Bahan Baku Komponen Fork dan Frame-nya

Komponen penyangga ban depan pada sepeda disebut fork. Fork yang terbuat dari bahan karbon memiliki ketahanan lebih baik dalam menerima benturan. Bahan karbon mampu menyerap guncangan lebih stabil daripada bahan alumunium. Hasilnya, sepeda Anda dapat lebih nyaman dikendarai serta lebih aman dari guncangan.

Pada bagian frame sepeda, mayoritas produsen memilih bahan baku aluminium dan alloy sebagai material penyusunnya. Frame alumunium memiliki karakteristik tidak mudah berkarat dan tidak berat, sedangkan alloy lebih fleksibel dan bobotnya lebih ringan. Material alloy lebih unggul dalam menahan getaran daripada alumunium.

Pertimbangkan Sepeda dengan Setang yang Lurus Memanjang

Posisi tubuh akan sangat menentukan tingkat kenyamanan ketika mengendarai sepeda. Pada medan normal, posisi horizontal akan lebih nyaman, tetapi kurang nyaman untuk medan tidak rata. Oleh karena itu, sepeda hybrid hadir dengan setang lurus memanjang agar posisi tubuh tetap tegak guna mengurangi cedera. Selain itu, tinggi setang dibuat sejajar dengan sadel yang berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan dan kecepatan.

Tahukah Anda gagang sepeda dapat memiliki berbagai macam fungsi? Gagang sepeda ada yang difungsikan untuk mengurangi kekuatan tumbukan, menjaga tangan agar tidak cepat lelah, dan sebagainya. Untuk mengetahui handle sepeda yang paling nyaman di tangan, Anda perlu mencoba sendiri beberapa tipe gagang sepeda dan menyesuaikannya dengan grip di tangan.

10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik untuk Pemula

Pada bagian ini, kami telah menyiapkan 10 rekomendasi sepeda hybrid untuk Anda yang masih bingung menentukan produk. Semoga Anda menemukan satu produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih!

1. Polygon Sepeda Hybrid Path I8

Rem cakram hidraulis seperti motor untuk keamanan maksimal

Polygon merilis sepeda hybrid dengan harga mendekati sepuluh jutaan. Memang butuh budget tinggi, namun spesifikasi yang ditawarkan begitu sesuai. Frame terbuat dari alloy yang ringan dan lebih tahan terhadap benturan. Sistem internal gear membuat Anda mudah melakukan pemindahan gigi.

Dilengkapi 8 pilihan operan gigi, Anda semakin fleksibel menyesuaikannya dengan bermacam medan. Sistem rem berteknologi hidraulis Shimano yang setara dengan rem pada motor memastikan rem sangat pakem bila memerlukan pengereman mendadak. Jari tangan Anda juga tidak perlu bekerja keras untuk menekan rem!

Tipe remRem cakram (disc brake)
Suspensi garpu depanRigid
Level gigi8
Bahan baku forkAlloy
Bahan baku frameAlloy
SetangEntity Expert 720 mm x 31,8 mm
Kisaran hargaRp9.050.000

2. Polygon Sepeda Hybrid Path 2

Cocok untuk bersepeda di daerah perkotaan

Datang dengan desain klasik nan sederhana, Polygon Path 2 cocok Anda gunakan untuk bersepeda di kawasan urban seperti jalanan kota atau medan beraspal lain. Selain itu, sepeda ini memiliki kecepatan operasi gigi 9 x 3 yang membuatnya dapat disesuaikan dengan tanjakan maupun turunan.

Komponen utama sepeda hybrid yang diawasi quality control pabrikan Polygon ini diproduksi Shimano, Anda pun tak perlu mempertanyakan durability maupun quality-nya. Rancangan internal cable route menjadikan kabel sepeda yang terhubung ke rem maupun komponen lain takkan merusak nilai modis dan tampilan rapi sepeda.

Tipe remRem cakram (disc brake)
Suspensi garpu depanRigid
Level gigi8
Bahan baku forkAlutech (alloy)
Bahan baku frameAlloy (kabel internal)
SetangEntity 700 mm x 31,8 mm
Kisaran hargaRp4.000.000

3. Polygon Sepeda Hybrid Path 3 Gent

Dilengkapi fitur pemindah gigi belakang

Tidak semua sepeda memiliki fitur RD atau Rear Deraileur. RD merupakan pemindah gigi belakang yang juga berfungsi untuk menjaga tegangan rantai agar tidak terlalu kendur ataupun terlalu kencang. RD pada Polygon Path 4 dibekali teknologi shadow yang ketika terkena guncangan, bagian RD tidak mengenai chain stay.

Handle grip pada setangnya begitu nyaman mengikuti kontur tangan sehingga tidak menyebabkan otot tangan cepat menegang saat berlama-lama mengendarai sepeda. Lengkap dengan pengatur kecepatan 9 x 3, sepeda hybrod Polygon satu ini mampu melintasi segala macam medan tanpa hambatan.

Tipe remRem cakram (disc brake)
Suspensi garpu depanRigid
Level gigi9
Bahan baku forkAlloy
Bahan baku frameAlloy (kabel internal)
SetangEntity 720 mm x 31,8 mm
Kisaran hargaRp5.000.000

4. Giant Sepeda Hybrid Seek 3

Tersedia berbagai pilihan ukuran untuk menyesuaikan ukuran tubuh pengguna

Ukuran sepeda yang tepat akan memengaruhi kenyamanan Anda dalam bersepeda. Giant menghadirkan variasi ukuran dari S hingga XL yang dapat dipilih sesuai ukuran tubuh Anda. Rangkanya terbuat dari aluminium yang menjadikan sepedanya cukup ringan ketika dikendarai.

Sistem rem cakram mekanis tergolong bagus untuk pengereman pada saat menerjang jalan yang melandai seperti turunan. Hadir dalam balutan warna gelap platinum bronze, Giant Seek 3 memiliki aura maskulin yang kental. Telah menerapkan disc brake, pengereman pun semakin solid untuk kebutuhan rem mendadak!

Tipe remRem cakram (disc brake)
Suspensi garpu depanRigid
Level gigi8
Bahan baku forkALUXX aluminium
Bahan baku frameALUXX-grade aluminum, stainless steel toptube protector
SetangTidak ada keterangan
Kisaran hargaRp6.688.200

5. Polygon Sepeda Hybrid Heist 2

Memiliki suspensi untuk medan jalan raya dan sedikit off-road

Jika aktivitas bersepeda Anda seimbang antara jalanan mulus dan sedikit menantang, sepeda ini akan memenuhi kebutuhan Anda. Dilengkapi suspensi pada garpu depan membuat sepeda ini dapat meredam guncangan dengan lebih baik. Selain itu, warna merah sepeda cocok dipakai setiap orang tanpa peduli usia maupun jenis kelamin.

Frame terbuat dari material alloy yang tahan karat dan enteng. Tak tanggung-tanggung, Polygon Heist 2 menyediakan 24 pilihan kecepatan untuk menunjang Anda menghadapi berbagai karakteristik jalan. Rem cakramnya pun sangat pakem untuk memberikan jaminan keamanan.

Tipe remRem cakram (disc brake)
Suspensi garpu depanSR Suntour NEX Travel 63 mm
Level gigi8
Bahan baku forkAlloy (standard steerer)
Bahan baku frameAlloy AL6
SetangEntity OE 700 mm
Kisaran hargaRp4.250.000

6. Polygon Sepeda Hybrid Heist 5

Dengan suspensi front fork yang keempukannya dapat disesuaikan

Kerangka sepeda ini terasa lebih premium berkat material alloy yang lebih kukuh namun tetap ringan. Kemampuan peredam getar dari suspensinya cukup istimewa karena Anda dapat mengatur tingkat keempukannya. Dengan begitu, Anda dapat bebas menyesuaikan suspensi sesuai kondisi medan yang hendak dilalui.

Masih dalam seri urban bikes, desain elegan yang menawan cocok Anda pakai melintasi jalanan perkotaan yang ramai orang. Pemindahan gigi terasa lebih smooth berkat FD dan RD dibuat pabrikan kenamaan Shimano. Hal menarik lainnya terletak pada banderolan harga yang tergolong murah untuk kelasnya.

Tipe remRem cakram (disc brake)
Suspensi garpu depanSR Suntour NCX-D-LO Travel 63 mm
Level gigi10
Bahan baku forkAlloy (standard steerer)
Bahan baku frameAlloy
SetangEntity 700 mm
Kisaran hargaRp7.300.000

7. Thrill Sepeda Hybrid Volare 4.0

Chain stay protector melindungi bodi sepeda dari lecet

Thrill Volare 4.0 dapat mengakhiri pencarian Anda terhadap sepeda hybrid yang gesit dan ringan. Garpu depan tanpa suspensi alias rigid membuatnya lebih fleksibel ketika digunakan bermanuver, menghasilkan kayuhan sepeda yang lebih lancar. Bila Anda cukup sering mencuci sepeda, Thrill memastikan sepeda ini tahan karat berkat rangka alloy-nya.

Desainnya berwarna biru menyala menjadikan sepeda tampak stand out ketika dikendarai. Dilengkapi dengan 7 operan gigi belakang dan 3 operan gigi depan, sepeda ini sudah sangat ideal Anda gunakan sehari-hari. Selain itu, sepeda ini memiliki fitur chain stay protector yang dapat mencegah bodi sepeda lecet karena tergesek rantai. Bagian pegangan sepeda dibuat ergonomis mengikuti kontur genggaman tangan. Pasti nyaman!

Tipe remRem cakram (disc brake)
Suspensi garpu depanRigid
Level gigi7
Bahan baku forkTidak ada keterangan
Bahan baku frameAlloy
SetangThrill Components
Kisaran hargaRp4.030.000

8. United Sepeda Hybrid Slick 71

Pilihan sepeda yang simple dan mudah digunakan untuk pemula

Bagi pemula yang baru mencoba sepeda hybrid, Anda bisa memilih sepeda keluaran United satu ini. Rangkanya terbuat dari material tahan karat yang cukup enteng ketika digunakan. Sistem rem sederhana membuat Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatannya.

Kelebihan lain terdapat pada bagian roda sepeda yang mudah dibongkar-pasang. United Slick 71 membuat pesepeda pemula mudah melakukan maintenance. Meski tampak sederhana, sepeda ini memiliki banyak pilihan gigi untuk mempertahankan fungsi fleksibilitasnya.

Tipe remRem velg (rim brake)
Suspensi garpu depanRigid
Level gigi7
Bahan baku forkSteel
Bahan baku frameAlloy
SetangTidak ada keterangan
Kisaran hargaRp2.165.000

9. Rubick Sepeda Hybrid Spirit 700C

Alternatif sepeda hybrid dengan harga yang ekonomis

Jika budget Anda limit, Rubick Spirit 700C merupakan alternatif yang layak dipertimbangkan. Menerapkan rem jenis disc brake di bagian depan dan belakang, tenaga pengereman yang dihasilkan pun lebih stabil dan responsif. Sistem gear 3 x 8 keluaran Shimano menjadikan sepeda ini tangguh melewati medan rata hingga tanah berkerikil.

Sepeda ini juga tergolong lincah meskipun menggunakan tipe fork nonsuspensi. Hanya saja, frame penyusunnya terbuat dari Hi-Ten steel dengan bobot yang cukup berat. Selain itu, material besi juga lebih rentan terhadap risiko berkarat. Bila tertarik membeli sepeda ini, Anda perlu melakukan perawatan dengan tepat.

Tipe remRem cakram (disc brake)
Suspensi garpu depanRigid
Level gigi8
Bahan baku forkRubick component
Bahan baku frameHigh-tensile steel
SetangTidak ada keterangan
Kisaran hargaRp2.480.000

10. Thrill Sepeda Hybrid Volare 1.0

Sepeda hybrid dengan jaminan kualitas langsung dari atlet Thrill

Satu hal unik dari perancangan produk ini adalah dilibatkannya atlet Thrill untuk menguji  coba prototype sepeda, apakah sudah sesuai standar kelayakan para atlet tersebut. Tak hanya itu, para atlet juga diminta untuk menilai kesesuaian spesifikasi yang ditawarkan dengan memerhatikan teknologi yang dicatutkan.

Komponen utama pembuatan rangka produk ini terbuat dari material alloy yang ringan serta unggul meredam getaran. Selain itu, sistem pengereman Thrill Volare 1.0  menggunakan rem hidraulis besutan Shimano menjamin sepeda nyaman digunakan, meski tergolong pemula sekalipun.

Tipe remRem cakram (disc brake)
Suspensi garpu depanRigid
Level gigi9
Bahan baku forkTidak ada keterangan
Bahan baku frameAlloy
SetangTidak ada keterangan
Kisaran hargaRp5.340.000

Lihat juga rekomendasi sepeda terbaik jenis lainnya di sini!

Sepeda hybrid memungkinkan Anda melaju lancar pada lintasan yang minim bebatuan. Bila Anda ingin menjajal trek sedikit ekstrem seperti pegunungan atau medan tidak rata, sepeda gunung dengan suspension fork menjadi pilihan utama.

Di samping sepeda gunung, beberapa orang lebih tertarik menggunakan sepeda lipat untuk mengikuti car free day atau sekadar berolahraga saat weekend. Apa pun kebutuhan Anda, pastikan memilih sepeda yang menunjang kebutuhan tersebut agar Anda nyaman selama bersepeda.

Bila Anda bermaksud membeli sepeda gunung atau sepeda lipat, sebaiknya perhatikan hal-hal penting seperti jenis pengereman, ukuran kerangka, dan sistem suspensi. Artikel lebih lengkap dapat Anda simak pada tautan berikut. Tak lupa, rekomendasi produk terbaik juga kami rekomendasikan. Selamat membaca!

10 Rekomendasi Sepeda Gunung (MTB) Terbaik
10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik

Kesimpulan

Sepeda hybrid dapat menunjang mobilitas sehari-hari Anda. Selain untuk bersepeda dengan tujuan olahraga, beberapa orang memakai sepeda hybrid ke lokasi kerja atau institusi pendidikan bagi mereka yang berstatus pelajar. Saat menentukan sepeda hybrid, perhatikanlah hal-hal penting seperti ketebalan sepeda, tipe rem, fork, komponen kerangka, dan sebagainya.

Sepeda hybrid yang mempunyai level kecepatan 7 – 9 speed sudah cukup untuk pemula. Namun, Anda bisa mempertimbangkan sepeda dengan kecepatan 27 – 30 speed bilamana lebih sering melewati medan tanjakan. Pilihlah sepeda yang nyaman digunakan untuk waktu lama. Bila memungkinkan, lakukan test drive untuk memastikan kenyamanan sepeda. Jadi, selamat bersepeda!

(Visited 8.302 times, 41 visits today)