Written by 01:14 Olahraga

10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik

Nike Mercurial X Victory VI IC

Sepatu futsal umumnya terbuat dari bantalan karet yang tidak terlalu tebal. Tujuannya untuk mengakomodasi pergerakan pada permukaan yang keras dan cenderung licin. Sebagian lapangan futsal juga ada yang berupa rumput sintetis dimana jenis sepatu futsal yang digunakan berbeda dengan sepatu futsal pada lapangan vinyl atau parquette.

Untuk itu, Anda perlu membaca artikel tentang sepatu futsal ini, mulai dari cara memilih sepatu dan rekomendasi sepatu futsal terbaik. Ada beberapa macam sepatu futsal berdasarkan tujuan penggunaan pada permukaan lapangan yang berbeda. Beberapa pabrikan seperti Nike, Adidas, Specs, dan Umbro menawarkan sepatu futsal dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Cara Memilih Sepatu Futsal

Sebelum memilih produk manakah yang hendak Anda beli, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu elemen-elemen yang patut dipertimbangkan dalam memilih sepatu futsal bagus. Simak ulasan detail tentang cara memilih sepatu futsal berikut ini!

Pilih Berdasarkan Bahan Permukaan Lapangan

Lapangan futsal memiliki berbagai jenis permukaan, seperti rumput sintetis, plastik, vinil, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri paling banyak ditemui lapangan futsal berumput sintetis dan vinil. Anda perlu menyesuaikan sepatu yang digunakan dengan bahan dari setiap permukaan lapangan ini.

Lapangan Rumput Sintetis: Gunakan Sepatu yang Memiliki Gerigi Pendek (Turf) di Bawahnya

Lapangan Rumput Sintetis Gunakan Sepatu yang Memiliki Gerigi Pendek Turf di Bawahnya

Jika Anda bermain di lapangan futsal yang berumput sintetis, Anda perlu memakai sepatu futsal yang secara fisik mirip dengan sepatu bola. Pada bagian sol sepatu terdapat pull atau gerigi pendek. Dengan adanya gerigi tersebut, Anda tak akan mudah tergelincir akibat permukaan yang licin. Sepatu semacam ini akan meningkatkan performa permainan Anda di lapangan.

Meski demikian, perlu Anda ingat bahwasanya sepatu bergerigi tidak cocok dipakai pada lapangan non-sintetis. Sebagai contoh, Anda bermain futsal di lapangan berlantaikan vinil, kayu, atau besi, maka bagian pull-nya akan menipis sehingga membahayakan Anda.

Lapangan Vinyl atau Parquette: Gunakan Sepatu dengan Sol yang Bermaterialkan Karet

Lapangan Vinyl atau Parquette Gunakan Sepatu dengan Sol yang Bermaterialkan Karet

Sebagian orang lebih memilih bermain di lapangan vinyl atau kayu (parquette) dengan alasan sepatunya tidak akan dipenuhi oleh serpihan karet yang menyelinap di antara rumput sintetis. Apabila Anda termasuk yang sering bermain futsal di lapangan non-synthetic grass, gunakanlah sepatu yang memakai sol karet.

Berkat karet tersebut, sepatu bisa mencegah kaki Anda tergelincir. Daya cengkeram yang kuat juga memudahkan Anda dalam melakukan dribbling atau bahkan bermanuver secara mendadak untuk menipu lawan main. Sepatu futsal yang ringan jenis ini sekarang lebih banyak diproduksi dibandingkan sepatu dengan pull pendek.

Pilih Berdasarkan Bahan yang Digunakan

Terdapat tiga bahan yang umum digunakan oleh pabrikan dalam merancang sepatu futsal, yaitu kulit asli dari hewan, kulit sintetis, dan dari benang yang dirajut. Simaklah perbedaan kelebihan dan kekurangan diantara masing-masing bahan baku sepatu futsal tersebut.

Kulit Asli: Bobot Sepatu Lebih Ringan dan Berdaya Tahan Hebat

Kulit Asli Bobot Sepatu Lebih Ringan dan Berdaya Tahan Hebat

Sepatu futsal yang terbuat dari kulit asli ini diambil langsung dari kulit hewan. Beberapa hewan yang kerap dipilih sebagai bahan dasar upper sepatu ini antara lain sapi atau lembu muda (calfskin) dan kanguru (k-leather). Sepatu dari kulit hewan sapi muda cenderung lebih tipis dari segi tekstur serta terasa lembut saat menyentuh kulit kaki.

Sedangkan pada kulit kanguru mempunyai kriteria yang lebih menonjol, seperti bobot yang sangat ringan. Hal yang unik dari kulit kanguru yaitu ukurannya yang tipis, namun memiliki fleksibilitas tinggi dan daya tahan yang lebih kuat dibandingkan kulit hewan lain. Karena kelebihan inilah yang membuat sepatu futsal yang kuat dari kulit hewan kanguru dijual dengan harga lebih mahal.

Rata-rata sepatu futsal luar negeri berbahan kulit memberikan kenyamanan lebih baik dibandingkan sepatu kulit sintetis. Namun, perlu diingat kalau sepatu futsal dari kulit asli dapat menyerap air sehingga terasa berat apabila terkena basahan air. Ini menjadi poin yang perlu Anda pertimbangkan juga apabila ingin memilih sepatu futsal kulit asli.

Kulit Sintetis: Alternatif yang Lebih Terjangkau dan Bersifat Tidak Menyerap Air

Kulit Sintetis Alternatif yang Lebih Terjangkau dan Bersifat Tidak Menyerap Air

Untuk menambal kekurangan dari sepatu kulit hewan asli, sejumlah pabrikan menggunakan teknologi terbaru untuk menciptakan sepatu dari kulit sintetis. Produsen kulit sintetis juga terus berupaya menghasilkan bahan yang dapat memperingan bobot sewaktu diramu menjadi sepatu. Poin lebih lain dari sepatu futsal kulit sintetis yakni bersifat tidak menyerap air.

Variasi warna dan desain dari sepatu futsal yang awet ini juga lebih banyak. Keunggulan ini tidak dimiliki oleh sepatu kulit asli. Selain itu, proses membersihkan sepatu futsal dari kulit sintetis juga dinilai lebih mudah. Sementara, pada sepatu futsal kulit hewan asli tidak bisa sembarangan dicuci. Dari segi harga, sepatu berbahan sintetis ini juga lebih terjangkau dibandingkan bahan kulit asli.

Bahan Rajut: Memberikan Sensasi Bermain Futsal Seperti Tidak Sedang Memakai Alas Kaki

Bahan Rajut Memberikan Sensasi Bermain Futsal Seperti Tidak Sedang Memakai Alas Kaki

Selain berbahan kulit, baik asli ataupun buatan (sintetis), beberapa produsen turut menciptakan sepatu yang terbuat dari bahan rajut. Sepatu ini merupakan bentuk inovasi yang menawarkan perasaan berlaga di lapangan seperti tanpa alas kaki. Jadi, bicara mengenai bobot, sepatu futsal berbahan benang rajut sangatlah ringan sehingga Anda seperti tidak sedang memakai sepatu.

Proses pembuatan sepatu ini juga tidak sembarangan, melainkan telah melewati penelitian selama bertahun-tahun. Dalam perancangannya, produsen menggunakan teknologi yang dapat merajut benang-benang dengan teknik tertentu sehingga terciptalah sebuah sepatu. Di samping kualitasnya yang mumpuni, hingga sekarang belum banyak produsen yang berani merilis sepatu ini karena cost produksinya yang tergolong mahal.

Kenali Bentuk Telapak Kaki Anda Seperti Apa

Kenali Bentuk Telapak Kaki Anda Seperti Apa

Apakah Anda sudah mengetahui sepatu futsal dari bahan apa yang akan Anda beli? Selanjutnya, Anda juga perlu mengidentifikasi bentuk telapak kaki Anda. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan sepatu yang dapat menunjang pergerakan agar lebih stabil. Untuk mengeceknya, Anda bisa membasahi telapak kaki lalu pijakkan kaki Anda ke atas sebuah kertas.

Lihatlah bentuk yang tercetak pada kertas dan sesuaikan seperti apa bentuk telapak kaki (tipe pronasi) Anda dengan gambar di atas. Untuk telapak kaki normal, gunakan sepatu yang lentur. Tipe telapak kaki ini menopang beban tubuh pada bagian tengah kaki.

Sementara bagi Anda yang memiliki telapak kaki cenderung rata (flat arch), pakailah sepatu dengan bantalan di bagian tengah. Orang dengan telapak kaki seperti ini lebih sering merasa pegal sehingga memerlukan bantalan lebih tebal pada bagian tengah sepatu.

Namun, apabila cetakan kaki Anda berjenis supination, maka yang dijadikan tumpuan beban tubuh adalah bagian luar kaki. Orang dengan jenis kaki ini memerlukan sepatu yang memiliki sol atau bantaan yang cukup tebal di bagian belakang dan depan. Sepatu untuk orang dengan telapak kaki high arch dirancang agar tumpuan kaki menjadi seimbang.

Pilihlah Sepatu dengan Panjang dan Lebar yang Pas

Pilihlah Sepatu dengan Panjang dan Lebar yang Pas

Ukuran pada sepatu futsal sama dengan sepatu pada umumnya. Namun, bentuk sepatu futsal cenderung ramping dan mengerucut pada bagian depan. Bahkan, di pasaran, Anda takkan jarang mendapati sepatu yang memiliki bentuk V. Sepatu futsal yang ramping dan berujung lancip ini akan memudahkan pemain dalam mengontrol dan menendang bola.

Disarankan untuk memilih sepatu yang tidak terlalu lebar pada bagian sampingnya. Sementara di bagian ujung sepatu, carilah yang masih menyisakan sedikit ruang sehingga jari-jari Anda tidak menyentuh ujung sepatu. Sepatu yang pas dengan ukuran kaki dapat mencegah cidera pada jari kaki Anda.

Apabila kaki Anda tidak begitu lebar, sepatu futsal yang bisa Anda gunakan adalah sepatu berjenis Slim-Fit. Begitu pun sebaliknya, Anda yang memiliki ukuran kaki lebar, pilihlah sepatu futsal untuk kaki lebar dengan jenis Wide-FIt. Atau, kaki lebar Anda juga dapat dipakaikan sepatu futsal terbaik dari kulit kanguru yang bisa memelar sehingga tetap terasa nyaman.

Sesuaikan Sepatu dengan Gaya Bermain Anda

Sesuaikan Sepatu dengan Gaya Bermain Anda

Sebagai apa peran Anda di lapangan? Setiap pemain tentu menempati posisi dan tugas yang berbeda-beda. Namun umumnya, terdapat tiga jenis gaya bermain di lapangan futsal, yaitu menyerang, bertahan, dan menjaga gawang (goal keeper).

Jika Anda bertindak sebagai penyerang atau striker, Anda membutuhkan sepatu dengan bagian vamp atau ujung depan yang kuat dan luas. Anda juga bisa mencari sepatu yang dibekali toe protector (bagian pelindung ujung jari kaki). Jenis sepatu futsal ini akan memperbesar peluang Anda dalam menggiring dan menendang bola untuk mencetak gol.

Namun, jika tugas Anda di lapangan sebagai pemain bertahan, gunakanlah sepatu yang menyediakan proteksi dan kenyamanan saat dipakai dalam waktu lama. Terakhir, bagi penjaga gawang, sepatu futsal buat kiper yang cocok dikenakan adalah sepatu yang dapat membalut kaki dengan sempurna (fit). Sepatu ini akan menunjang pergerakan Anda ke kanan dan ke kiri dengan lincah.

10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik

Di bagian ini kami sertakan merek sepatu futsal terbaik yang dapat digunakan untuk lapangan vinyl, kayu, semen, atau rumput sintetis. Silakan pilih salah satu di antara sepuluh rekomendasi produk di bawah ini.

Anda harus mengingat lagi poin apa yang telah kami bahas pada bagian cara memilih sepatu tadi. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh sepatu yang paling tepat dan ideal untuk mendorong performa Anda lebih optimal di atas lapangan.

1. Nike Legend 7 Academy 10R IC

Nike Legend 7 Academy 10R IC

Kisaran harga: Rp799.000

Pakai sepatu ini dan jadilah Ronaldinho versi Anda sendiri!

Pesepak bola legendaris kelahiran Brazil, Ronaldinho Gaucho, menjadi inspirasi diciptakannya sepatu ini. Nike merancang sepatu futsal ini dari bahan kulit sintetis pada bagian upper-nya. Sepatu ini dapat digunakan untuk bermain futsal di lapangan vinyl atau parquette.

Sol karet pada sepatu ini akan menghindarkan Anda dari risiko tergelincir saat membawa dan menendang bola. Bantalan midsole yang ringan akan membantu pergerakan Anda lebih leluasa di atas lapangan. Jika Anda ingin mencetak gol lebih banyak tanpa diganggu oleh sepatu yang berat, Nike Legend 7 Academy 10R IC ini wajib dibeli.

2. Specs Accelerator Lightspeed II IN

Specs Accelerator Lightspeed II IN

Kisaran harga: Rp719.000

Produk sepatu buatan lokal dengan outsole karet yang anti slip

Sepatu futsal terbaik dari Specs ini dirancang khusus untuk memaksimalkan performa setiap pemain yang memakainya. Material karet silikon yang digunakan pada tapak sepatu bersifat anti slip, Anda tak perlu takut tergelincir berkat adanya karet tersebut. Sepatu ini sangat cocok untuk Anda pakai di berbagai turnamen futsal pada lapangan semen, plesteran, atau vinil.

Seperti namanya, sepatu ini dapat menunjang akselerasi Anda saat mengontrol bola. Sebagai sepatu futsal buatan Indonesia, Specs menjamin produk buatannya ini nyaman digunakan. Sebagai pembuktian, Specs menerapkan material yang solid sehingga menjadikan sepatu ini dapat tahan lama.

3. Adidas Nemeziz 17.3 FG Junior

Adidas Nemeziz 173 FG Junior

Kisaran harga: Rp450.000

Pilihan ekonomis yang dapat mencegah kaki Anda sakit saat bermain futsal dalam waktu lama

Pabrikan barang-barang kebutuhan olahraga asal Jerman, Adidas, turut menghadirkan sepatu futsal. Adidas Nemeziz 17.3 FG Junior merupakan sepatu futsal untuk lapangan berumput sintetis. Agar pemain bisa bergerak bebas di lapangan, Adidas memasangkan gerigi pendek yang mampu mencengkeram permukaan lapangan dengan baik.

Selain menopang setiap permainan, baik tipe menyerang ataupun bertahan, sepatu ini juga akan mencegah kaki Anda terasa sakit saat berlari di lapangan. Jika Anda memerlukan sepatu futsal yang murah, produk keluaran Adidas ini dapat dipilih. Cukup dengan mengeluarkan bujet kurang dari 500 ribu rupiah, Anda sudah bisa memakai sepatu futsal terbaik ini.

4. Nike Phantom Venom Club IC

Nike Phantom Venom Club IC

Kisaran harga: Rp640.000

Buat orang-orang terpana dengan tampilan yang memukau dari sepatu ini!

Jika Anda ingin terlihat mencolok di lapangan, Nike Phantom Venom Club IC sangat tepat untuk Anda gunakan. Sepatu futsal yang bagus ini sangat cocok untuk pemain muda yang ingin menguasai bola dengan kontrol penuh. Anda bisa memanfaatkan performance support dari sepatu ini untuk melancarkan aksi-aksi Anda bersama teman satu tim.

Warna merah stabilo pada sepatu ini menjadi nilai lebih dari segi visual, Anda akan menjadi pusat perhatian saat memakainya. Phantom Venom Club IC seri Crimson dari Nike ini memiliki sol yang cukup tebal namun tetap ringan. Alas berbahan karet pada sepatu ini akan menghindarkan Anda dari cidera akibat tergelincir pada lapangan non-sintetis yang licin.

5. Adidas Copa 18.4 Fxg

Adidas Copa 18 4 Fxg

Kisaran harga: Rp425.000

Ciri khas desain Adidas yang melekat kuat pada side-upper-nya!

Lidah yang menutupi tali sepatu dapat memaksimalkan aksi Anda saat menggiring bola. Sepatu futsal terbaik dari Adidas ini memiliki tampilan yang begitu ikonik. Warna hitam dominan dengan garis pun minimalis menjadi representasi atas brand Adidas yang berdiri di belakangnya.

Sepatu futsal enak buat nendang ini diciptakan untuk bermain di lapangan rumput sintetis. Pada sol sepatu tercantumkan 11 pull yang kuat dan tidak mudah tipis. Tertarik untuk bermain futsal memakai sepatu ini? Adidas Copa 18.4 Fxg yang original dapat Anda beli dengan harga tak sampai jutaan rupiah.

6. Specs Metasala Warrior

Specs Metasala Warrior

Kisaran harga: Rp390.000

Sepatu futsal buatan lokal yang terbukti awet dan tahan lama!

Specs adalah brand asal Indonesia yang sudah banyak meluncurkan sepatu olahraga, termasuk sepatu futsal. Metasala Warrior adalah salah satu sepatu terbaik dari Specs yang dapat Anda gunakan. Pada edisi ini, Specs menerapkan bahan kulit sintetis yang tahan lama.

Sepatu futsal brand lokal ini berdesain bingkai bentuk V tanpa jahitan sehingga Anda dapat menendang bola dengan akurasi yang tepat. Midsole yang berteknologi ZeroG menjadikan berat dari sepatu ini tergolong ringan. Apabila Anda terkendala dalam hal bujet namun menginginkan sepatu futsal berkualitas terbaik, Specs Metasala Warrior dapat menjadi pilihan ideal buat Anda.

7. Umbro Sala Pro

Umbro Sala Pro

Kisaran harga: Rp866.000

Rasakan nikmatnya bermain lama tanpa dihantui permasalahan kaki berkeringat

Sepatu futsal berkualitas persembahan Umbro ini dikenal akan sensasi kenyamanannya yang sangat baik. Bahan dasar yang dipilih dalam pembuatan sepatu ini adalah kulit kanguru yang lembut. Kulit hewan kanguru juga memiliki berat yang sangat ringan karena ukurannya yang tipis. Meskipun tipis, kulit kanguru telah teruji paling kuat dibandingkan kulit hewan lainnya.

Dikombinasikan dengan mesh, sepatu ini pun menawarkan sirkulasi udara yang baik. Jadi, sewaktu Anda bermain futsal dengan sepatu ini, kaki Anda tak akan mudah berkeringat walaupun waktu telah bergulir hingga satu jam lamanya. Dengan demikian, Anda juga dapat terbebas dari masalah bau kaki yang lazim terjadi pada sepatu dengan breathability kurang baik.

8. Nike HypervenomX Phelon III IC

Nike HypervenomX Phelon III IC

Kisaran harga: Rp935.000

Tiap hentakan tak terasa sakit berkat midsole berbahan phylon!

Sewaktu mengontrol bola, Anda membutuhkan sepatu yang menunjang aktivitas tersebut. Nike mendatangkan sepatu dengan spesifikasi demikian. Dengan sepatu ini, Anda bersama rekan satu tim dapat mendominasi permainan di lapangan. Bagian midsole dari bahan phylon yang tipis menjadikan sepatu futsal dewasa ini memiliki bantalan yang tidak keras dan nyaman di kaki.

Sepatu futsal empuk ini sangat cocok untuk Anda yang berperan sebagai striker. Nike HypervenomX Phelon III IC menjadi pilihan tepat bagi pemain yang haus akan gol. Selain dirancang untuk membantu kontrol bola lebih baik, produk dari Nike ini juga dapat meredam hentakan yang dihasilkan saat melakukan shooting. Alhasil, tendangan Anda akan lebih akurat sehingga peluang memperoleh kemenangan semakin besar.

9. Adidas Mundial Team Shoes

Adidas Mundial Team Shoes

Kisaran harga: Rp2.100.000

Midsole-nya terbuat dari bahan EVA premium, kenyamanan pun akan terasa lebih maksimal!

Adidas meluncurkan sepatu futsal Eropa seri terbaru yang memiliki nilai jual tinggi. Jika Anda termasuk orang yang mengutamakan kenyamanan bermain dan performa maksimal, sepatu ini layak Anda pertimbangkan. Melalui seri ini, Adidas mengenalkan produk yang diklaim lebih unggul dibandingkan sepatu futsal enteng keluaran produsen lain.

Sepatu ini menerapkan bahan EVA pada bagian midsole-nya. Midsole menjadi elemen penting yang perlu dipertimbangkan karena akan mempengaruhi kenyamanan kaki Anda saat bermain dalam waktu lama. Dengan material EVA yang fleksibel dan mampu menyesuaikan bentuk kaki, Anda akan merasa sangat nyaman saat harus mengontrol bola atau bermanuver untuk mengubah strategi serangan.

10. Nike Mercurial X Victory VI IC

Nike Mercurial X Victory VI IC

Kisaran harga: Rp785.000

Dukungan penuh terhadap setiap strategi yang Anda gencarkan kepada lawan

Mercurial X Victory VI IC diposisikan sebagai produk kelas menengah oleh Nike. Meski berada di bawah versi premium, sepatu futsal terbaik ini tetap mengutamakan karakteristik utama dari Mercurial Series. Nike merancang sepatu ini agar mendukung setiap pemain melakukan serangan cepat ataupun terstruktur.

Kulit sintetis microfiber menjadi pilihan Nike dalam merancang upper sepatu ini. Kemudian, di bagian midsole-nya, Nike menggunakan bahan phylon yang tipis sehingga akan cocok bagi Anda yang mengidamkan sepatu berkarakter ceper. Namun, di sisi lain, sepatu futsal jenis ini tidak dibekali peredam benturan. Jadinya, bagi pemain yang memiliki cidera kambuhan kurang direkomendasikan untuk memakai sepatu ini.

Baca juga rekomendasi sepatu olahrga lainnya!

Jika Anda termasuk pemain futsal yang hobi melakukan olahraga fisik lain seperti lari, Anda perlu memakai sepatu yang tepat. Anda perlu menyesuaikan sepatu yang dikenakan apakah untuk road-running, trail-running, atau cross-training. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai jenis sepatu tersebut dan rekomendasi sepatu lari terbaik, Anda bisa menyimak artikel berikut ini!

Kesimpulan

Keinginan menggiring bola, menggocek lawan, atau bahkan mencetak gol bisa Anda lakukan dengan lebih baik apabila memakai sepatu futsal terbaik. Utamakan memilih sepatu yang menawarkan kenyamanan, seperti ukurannya yang pas, bantalan sol yang cocok dengan tipe pronasi kaki Anda., dan bobot sepatu yang ringan. Dengan itu semua, dijamin Anda bisa menjadi bintang lapangan!

(Visited 76 times, 1 visits today)