Olahraga dan Luar Ruangan

10 Sepeda Statis Terbaik, Cocok untuk Pemula hingga Lansia!

Bersepeda adalah olahraga yang sehat dan menyenangkan. Tapi, tidak semua orang punya waktu untuk melakukannya. Lantas lahirlah sepeda yang dapat digunakan kapan saja di dalam rumah, yakni sepeda statis (spinning bike). Seperti bersepeda biasa, bersepeda statis juga merupakan latihan kardio yang baik.

Dengan banyaknya merek sepeda statis di pasaran, Anda takkan kehabisan pilihan. Beberapa yang terkenal di antaranya iReborn, Yesoul, dan Ovicx. Biar tidak bingung, di artikel ini akan kami jelaskan cara memilih sekaligus sepuluh produk yang direkomendasikan. Simak pembahasannya, ya!

blank

Cara Memilih Sepeda Statis (Spinning Bike)

Terdapat beberapa aspek khusus yang patut diperhatikan saat memilih sepeda statis, mulai dari bobot flywheel, sistem drive, jenis resistance, fleksibilitas, kapasitas bobot maksimum, serta kelengkapan fitur tambahannya.

Periksa Bobot Flywheel, Lebih Berat Lebih Baik

blank

Flywheel adalah piringan berputar di sepeda statis. Saat menginjak pedal, roda inilah yang kita putar. Dari flywheel ini, hal yang perlu Anda periksa adalah bobotnya.

Prinsipnya, makin besar bobot flywheel, makin besar pula energi yang perlu dikeluarkan saat mulai mengayuh—mirip dengan sepeda biasa. Hasilnya, kalori yang dibakar jadi lebih banyak.

Flywheel yang berat (di atas 7 kg) memberikan sensasi mengayuh yang lebih mulus berkat momentumnya yang natural. Biar begitu, beberapa kondisi tertentu mungkin membuat flywheel ringan menjadi pilihan yang lebih baik. Misalnya untuk lansia atau orang yang mengalami radang sendi (arthritis).

Kenali Sistem Drive yang Diimplementasikan

blank

Drive adalah komponen penghubung antara pedal dan flywheel. Di sepeda statis, jenisnya ada dua, yaitu chain (rantai) dan belt (sabuk).

Chain drive

Chain drive adalah rantai besi yang serupa dengan rantai sepeda biasa. Perawatannya perlu dilubrikasi dan dibersihkan.

Minusnya, suara yang dihasilkan saat berputar cenderung bising. Di rumah yang sempit, suara ini mungkin bakal cukup mengganggu. Tetapi, chain drive sangatlah awet, sehingga tak perlu diganti untuk waktu yang lama.

Belt drive

Belt drive menawarkan sensasi mengayuh yang mulus dan minim suara. Perawatannya pun tidak sulit karena tidak perlu dilubrikasi ataupun semacamnya.

Namun, drive ini tidak seawet chain drive. Setelah beberapa lama, Anda mungkin perlu mengganti sabuk ini dengan yang baru.

Cek Jenis Resistance-nya

blank

Resistance atau rem merupakan perangkat yang memberi resistansi pada flywheel. Intensitas resistansi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan melalui kenop khusus atau pengaturan dari layar konsol.  Jenisnya ada dua: magnetik dan friction pad.

Rem magnetik

Rem magnetik memberi friksi pada flywheel dengan daya tarik magnet. Ketika mau diperkuat, magnet ini akan mendekat ke roda. Sebaliknya, menjauh dari roda untuk diperlemah.

Karena tak bersentuhan langsung dengan roda flywheel, rem magnet tidak menghasilkan bising. Tapi, harga sepedanya pun lebih mahal.

Friction pad

Friction pad merupakan jenis rem yang mirip dengan rim break sepeda. Berupa bantalan, rem ini melakukan kontak dan menggigit permukaan roda untuk memperlambat lajunya, menghasilkan suara desis yang mungkin cukup menggangu buat beberapa orang.

Bantalan ini pun akan menipis setelah beberapa lama penggunaan sehingga perlu diganti. Biar begitu, harga sepedanya sendiri lebih murah dari magnetik.

Periksa Fleksibilitas Pengaturan Sadel dan Handel

blank

Sadel dan handel sepeda statis dapat disesuaikan mengikuti postur tubuh dan preferensi tiap pengguna. Biar begitu, fleksibilitasnya berbeda-beda pada tiap produk.

Ada produk yang hanya memungkinkan pengaturan vertikal saja. Ada pula yang juga menambahkan pengaturan horizontal. Pengaturan yang lebih fleksibel tentu menjadi nilai lebih, terutama jika Anda memiliki tinggi badan di atas atau di bawah rata-rata.

Untuk Anda yang Plus-size, Lebih Baik Periksa Dulu Kapasitas Bobot Maksimumnya

blank

Sepeda statis punya kapasitas bobot maksimum. Kapasitas bobot maksimum ini normalnya bukan hal yang perlu diperhatikan. Tetapi, jika Anda memiliki berat badan di atas rata-rata, ada baiknya Anda memeriksa hal ini.

Sebagian sepeda statis—terutama yang harganya terlampau murah—memiliki rangka yang ringkih. Sekalipun berat badan tidak melewati kapasitas maksimum, sepeda seperti ini terasa tidak stabil saat dikayuh. Seringkali juga terdengar suara berdecit. Produk seperti ini sebaiknya dihindari saja karena tidak aman.

Ini Fitur-fitur Tambahan yang Berguna

blank

Di atas telah kami jelaskan fitur-fitur esensial pada sebuah sepeda statis. Di samping fitur-fitur tadi, masih ada fitur-fitur tambahan lainnya yang, meski tak esensial, akan memberi Anda kemudahan lebih jauh. Ini beberapa di antaranya:

  • Bottle holder. Naik-turun sepeda hanya demi mengambil botol minum bukanlah hal yang terlalu asyik. Biar tak perlu beranjak dari sadel tiap mau minum, pastikan sepeda statis Anda dilengkapi bottle holder.
  • Transport wheel. Ada kalanya sepeda statis Anda perlu berpindah tempat karena ruangannya mau digunakan untuk keperluan lain. Biar bisa langsung digeser, pastikan sepeda statis Anda dilengkapi transport wheel.
  • Layar konsol. Agar dapat melihat status latihan Anda tanpa perlu berhenti mengayuh, pastikan sepeda statis Anda dilengkapi layar konsol. Layar ini menampilkan beragam informasi berguna mulai dari jarak kayuh, jumlah pembakaran kalori, dan seterusnya.

10 Rekomendasi Sepeda Statis (Spinning Bike) Terbaik

Ini dia bagian yang ditunggu-tunggu: belanja! Di bawah ini telah kami kumpulkan sepuluh sepeda statis terbaik dari beragam merek dan kelas harga. Pastikan untuk menyeleksinya berdasarkan aspek-aspek yang sudah kami jelaskan, ya!

1. iReborn iPedro Spin Bike

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Langkah pertama menuju gaya hidup lebih sehat

Memiliki iPedro di rumah adalah langkah pertama yang tepat menuju gaya hidup yang lebih sehat. Flywheel berbobot 8 kg-nya bakal memaksa Anda untuk mengayuh lebih kencang yang berarti pembakaran kalori lebih banyak.

Di dalam rumah, iPedro tidak makan banyak tempat dengan dimensi hanya 108x24x85 cm. Desainnya pun stylish sehingga tidak merusak keindahan interior hunian Anda.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality kokoh.
  • Bisa dipakai orang dewasa maupun anak kecil.
  • Harga kompetitif.
  • Pembelian termasuk bonus botol minum.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot flywheel 8 kg
Sistem drive Tidak dijelaskan
Jenis resistance Friction pad
Kapasitas bobot maksimum 110 kg
Kisaran harga Rp2.980.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. iReborn Paulo Magnetic Bike

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sepeda statis magnetic resistance dengan harga kompetitif

Biasanya, sepeda statis dengan magnetic resistance dibanderol dengan harga mahal. Tak demikian halnya dengan iReborn Paulo. Meski magnetik, harganya tak jauh beda dengan sepeda statis dengan rem friksi. Alhasil, pengaturan intensitas tensi latihan pun jadi lebih mudah.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ada phone/tablet holder.
  • Bobot flywheel relatif ringan buat lansia dan anak-anak.
  • Bisa dirakit sendiri.
  • Ada transport wheel.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot flywheel 5 kg
Sistem drive Tidak disebutkan
Jenis resistance Magnetik
Kapasitas bobot maksimum 100 kg
Kisaran harga Rp2.580.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Yesoul Spinning Bike S3

blank

Sumber: Yesoul.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Ikuti arahan coach profesional dari aplikasi pendamping

Selain mengatur pola makan, diet perlu diiringi dengan latihan fisik. Anda bisa andalkan Yesoul Spinning Bike S3 untuk itu.

Tak hanya performa sepeda yang baik, Yesoul menyediakan aplikasi pendamping di mana Anda dapat mengikuti kelas latihan dari coach profesional. Dengan latihan yang lebih terarah, target latihan pun menjadi lebih mudah dicapai.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bodi kokoh.
  • Sunyi.
  • Mudah digeser.
  • Stabilitas terjaga saat sedang mengayuh.
  • Tersedia varian dengan LCD (beda harga).
  • Kompatibel dengan aplikasi penunjang latihan lain seperti Zwift, Kinomap, dan Peloton.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot flywheel Tidak disebutkan
Sistem drive Belt
Jenis resistance Magnetik
Kapasitas bobot maksimum 130 kg
Kisaran harga Rp4.950.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Yesoul Spinning Bike M1 Pro

blank

Sumber: Yesoul.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Desain ergonomis untuk minimalisir risiko cedera

Ada satu lagi sepeda statis Yesoul yang kami rekomendasikan. Dibanding yang sebelumnya, spin bike yang ini memberi penekanan lebih pada desan yang compact.

Bentuknya lebih ergonomis, mengurangi risiko cedera karena salah gerak. Selain itu, sama seperti produk sebelumnya, M1 Pro juga didampingi aplikasi penunjang untuk latihan sesuai arahan coach profesional.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality apik.
  • Bisa dirakit sendiri.
  • Sensasinya mirip seperti menaiki road bike.
  • Tidak berisik.
  • Ada roda transport.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot flywheel Tidak disebutkan
Sistem drive Belt
Jenis resistance Magnetik
Kapasitas bobot maksimum 110 kg
Kisaran harga Rp3.990.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Total TL-930 Spinning Bike

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Flywheel seberat 18 kg untuk latihan yang lebih intens

Total TL-930 merupakan sepeda statis yang tepat buat Anda yang menginginkan intensitas latihan yang lebih berat. Dengan flywheel seberat 18 kg, Anda perlu mengerahkan banyak energi untuk membuatnya berputar.

Kualitas frame produk buatan Total Health Gym ini pun sangat baik. Dengan rangka dari material pipa baja, frame jadi ekstra kokoh. Stabilitas sepeda akan selalu terjaga sekalipun yang menaikinya berberat badan di atas rata-rata.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bisa dipakai anak-anak.
  • Harga kompetitif.
  • Ada pengukur detak jantung.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bobot flywheel yang besar mungkin kurang cocok untuk lansia.
Bobot flywheel 18 kg
Sistem drive Tidak disebutkan
Jenis resistance Tidak disebutkan
Kapasitas bobot maksimum 150 kg
Kisaran harga Rp2.980.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Total TL-8215

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sepeda statis untuk yang ber-budget tipis!

Kami juga punya rekomendasi sepeda statis untuk Anda yang budget-nya tipis. Perkenalkan Total TL-8215, sepeda statis yang hanya dibanderol satu jutaan. Biar murah, penggeraknya tidak menggunakan rantai sehingga tidak menghasilkan suara berisik. Selain itu terdapat juga fitur berguna lainnya seperti penghitung kalori, waktu dan jarak tempuh, serta kecepatan.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mudah dirakit sendiri.
  • Efektif buat membakar lemak.
  • Cocok buat melatih kaki lansia untuk mengurangi risiko osteoporosis.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot flywheel Tidak disebutkan
Sistem drive Belt
Jenis resistance Tidak disebutkan
Kapasitas bobot maksimum 100 kg
Kisaran harga Rp1.100.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Kettler Ecobike XS

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Desain modern untuk seluruh anggota keluarga di rumah

Kettler Ecobike XS merupakan sepeda statis bertensi magnetik. Pengimplementasian sistem pengereman ini sesuai dengan desainnya yang modern.

Bobot dan ukuran flywheel-nya pun kecil. Ketinggian sadel yang dapat diubah juga memastikan sepeda statis ini dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga di rumah.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bisa dirakit sendiri.
  • Build quality kokoh.
  • Desain elegan.
  • Tidak bising walaupun mengayuh cepat.
  • Ada roda transport dan bottle holder.
  • Pengaturan resistansi 8 level.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot flywheel 6 kg
Sistem drive Tidak disebutkan
Jenis resistance Magnetik
Kapasitas bobot maksimum 110 kg
Kisaran harga Rp4.495.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. OVICX Q200

blank

Sumber: Ovicx.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Teknologi InfinAdapt Magnetic Resistance untuk latihan intensitas tinggi

Tidak sembarang sepeda statis dapat mengimbangi intensitas latihan yang tinggi. Ovicx Q200 adalah salah satu yang bisa. Dengan teknologi InfinAdapt Magnetic Resistance yang memanfaatkan magnet neodynium, seluruh permukaan flywheel berada di dalam medan magnetiknya. Menghasilkan totalitas kontrol untuk intensitas latihan paling berat.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Stabil, bahkan untuk orang dengan berat badan di atas rata-rata.
  • Terdapat aplikasi penunjang dengan kelas dari coach profesional.
  • Seluruh komponen bergerak tertutup panel sehingga aman buat anak-anak.
  • Ada phone/tablet holder.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal buat sebagian orang.
Bobot flywheel 6,4 kg
Sistem drive Belt
Jenis resistance Magnetik
Kapasitas bobot maksimum 110 kg
Kisaran harga Rp5.799.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. VOSGO Spinning Bike NEVADA

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Dilengkapi pedal nonslip agar kaki tidak terpeleset

Sebagian dari Anda mungkin khawatir anak-anak atau lansia di keluarga Anda jatuh terpeleset saat menggunakan sepeda statis. VOSGO Nevada menyingkirkan kekhawatiran itu dengan pengimplementasian pedal nonslip.

Walaupun sedang mengayuh cepat, kaki takkan lagi terpeleset. Stabilitas keseluruhan sepeda pun sangat baik karena frame-nya terbuat dari baja.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dilengkapi monitor penghitung kalori, detak jantung, jarak, waktu, serta kecepatan.
  • Build quality kokoh.
  • Tidak berisik.
  • Cocok dipakai anak-anak.
  • Desain ergonomis.
  • Stabil dipakai orang berberat badan di atas rata-rata.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot flywheel 6 kg
Sistem drive Tidak disebutkan
Jenis resistance Tidak disebutkan
Kapasitas bobot maksimum 120 kg
Kisaran harga Rp2.850.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Lazada

10. Adidas C-21x Bike

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Performa terbaik untuk Anda yang tak keberatan membayar lebih

Inilah sepeda statis pamungkas buat Anda yang menginginkan performa terbaik dan tidak keberatan membayar lebih. Mengimplementasikan flywheel seberat 16 kg, sepeda ini mensimulasikan sensasi menaiki sepeda biasa dengan menjaga momentum putaran.

Adidad C-21x juga dilengkapi teknologi canggih. Komputer di dalamnya mengolah dan menampilkan berbagai metrik yang relevan dengan performa latihan Anda. Mulai dari kecepatan, waktu, jarak, pembakaran kalori, detak jantung, dan rotasi per menit (RPM). Alhasil, pengevaluasian latihan menjadi lebih mudah.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Level resistansi dapat disesuaikan langsung saat mengayuh.
  • Build quality solid.
  • Konsol intuitif.
  • Ada phone/tablet holder.
  • Dilengkapi dual bottle holder.
  • Ada transport wheel dan grip bar untuk memindahkan sepeda.
  • Terdapat lampu LED keren yang menyala sendiri saat sepeda dikayuh.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin cukup mahal buat sebagian orang.
Bobot flywheel 16 kg
Sistem drive Tidak disebutkan
Jenis resistance Tidak disebutkan
Kapasitas bobot maksimum 150 kg
Kisaran harga Rp14.962.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Sepeda Statis (Spinning Bike)

Produk iReborn iPedro Spin Bike iReborn Paulo Magnetic Bike Yesoul Spinning Bike S3 Yesoul Spinning Bike M1 Pro Total TL-930 Spinning Bike Total TL-8215 Kettler Ecobike XS OVICX Q200 VOSGO Spinning Bike NEVADA Adidas C-21x Bike
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bobot flywheel 8 kg 5 kg Tidak disebutkan Tidak disebutkan 18 kg Tidak disebutkan 6 kg 6,4 kg 6 kg 16 kg
Sistem drive Tidak dijelaskan Tidak disebutkan Belt Belt Tidak disebutkan Belt Tidak disebutkan Belt Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Jenis resistance Friction pad Magnetik Magnetik Magnetik Tidak disebutkan Tidak disebutkan Magnetik Magnetik Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Kapasitas bobot maksimum 110 kg 100 kg 130 kg 110 kg 150 kg 100 kg 110 kg 110 kg 120 kg 150 kg
Kisaran harga Rp2.980.000 Rp2.580.000 Rp4.950.000 Rp3.990.000 Rp2.980.000 Rp1.100.000 Rp4.495.000 Rp5.799.000 Rp2.850.000 Rp14.962.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Lazada Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Dengan adanya sepeda statis di rumah, hujan sekalipun tidak lagi jadi alasan untuk meninggalkan latihan. Namun, pastikan untuk cermat dalam memilih sepeda statis. Seleksilah tiap kandidat produk berdasarkan poin-poin yang telah kami jelaskan di cara memilih.

blank

Perlu kami ingatkan lagi untuk menghindari sepeda statis yang harganya terlampau murah. Karena build quality yang buruk, produk seperti ini tidak stabil saat dikayuh di kecepatan tinggi. Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan, lebih baik investasikan lebih banyak uang pada sepeda statis berkualitas. Selamat gowes!

Referensi

SPIN BIKE BUYING GUIDE (Everything You Need to Know Before Buying)
https://www.youtube.com/watch?v=gb-kMUtQu0I diakses pada 20 November 2021

Exercise Bikes And Flywheel Weights: Does It Even Really Matter?
https://the-home-gym.com/exercise-bikes-and-flywheel-weights-does-it-even-really-matter diakses pada 20 November 2021

Chain vs Belt Drive
https://sunnyhealthfitness.com/blogs/products/chain-vs-belt-drive diakses pada 20 November 2021

Magnetic Vs Friction Resistance For Spin Bikes
https://indoorsfitness.com/magnetic-vs-friction-resistance-spin-bikes/ diakses pada 20 November 2021

Why Have Adjustable Handlebars And Seats?
https://indoorsfitness.com/why-have-adjustable-handlebars-and-seats/ diakses pada 20 November 2021

This Stationary Bike for Plus-Size People Is Actually Comfortable
https://www.shape.com/fitness/gear/equipment/cyclace-stationary-bike-amazon diakses pada 20 November 2021

Do I Need an Indoor Exercise Bike with a Screen?
https://energym.io/blogs/news/do-i-need-an-exercise-bike-with-a-screen diakses pada 20 November 2021

You may also like

Comments are closed.