Perawatan Hewan

10 Dry Food Kucing Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Hewan]

Makanan kering atau dry food adalah salah satu variasi makanan yang bisa dipilih pet owner sebagai diet utama. Anda tak perlu khawatir mengenai harga, karena dry food kucing relatif lebih murah dibandingkan makanan basah (wet food). Selain itu, makanan kering juga lebih praktis, mudah disimpan, dan tahan lama.

Merek seperti Royal Canin, Whiskas, dan lainnya memproduksi dry food kucing sebagai pilihan Anda. Jika Anda kesulitan memilih, di sini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih dry food. Terakhir, produk rekomendasi dry food kucing terbaik versi PickyBest juga disertakan. Jadi, simak sampai tuntas, ya!

Berkolaborasi dengan Dokter Hewan, drh. Carene Naomi

drh. Carene NaomiPakar/Spesialis

drh. Carene Naomi merupakan seorang dokter hewan lulusan Universitas Udayana. Saat ini, beliau berpraktek di Estimo Pet House Shop & Clinic, Bali. drh. Naomi sering menangani kasus infeksi virus, bakteri, dan parasit pada anjing dan kucing.

Selain berpraktek di klinik, dokter yang juga memiliki hobi menggambar dan bermain basket ini membuka layanan konsultasi online di berbagai aplikasi telemedicine populer di Indonesia.

Cara Memilih Makanan Kering (Dry Food) Kucing

Sebelum memberikan rekomendasi produk, terlebih dahulu kami ingin memaparkan cara memilih dry food kucing yang tepat untuk Anda. Apa saja yang mesti diperhatikan?

Pilih yang Berkomposisikan Seimbang dan Komplit

blank

Dalam memilih dry food kucing terbaik, prioritaskan produk dengan nutrisi seimbang dan komplit. Sebagai hewan karnivora, kucing membutuhkan daging sebagai makanan pokok. Yang termasuk sumber utama daging di antaranya adalah sapi, ayam, kalkun, unggas, domba, dan sebagainya.

Sementara itu, lemak dibutuhkan kucing sebagai nutrisi pelengkap. Sumber lemak seperti telur, minyak kedelai, dan minyak ikan membantu kucing dalam menyimpan energi yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitasnya.

Di sisi lain, Anda juga perlu mengecek apakah kucing Anda memiliki alergi terhadap beberapa bahan makanan, misalnya gandum atau kedelai. Untuk mengetahui hal ini, Anda perlu mendatangi dokter hewan agar dilakukan pemeriksaan.

Sebagai karnivora sejati, diet kucing utama memang protein, kemudian lemak, dan terakhir karbohidrat. Sumber protein untuk kucing berasal dari protein hewani.

Terkait alergi, alergi gandum sebenarnya hanya mengambil porsi 1% dari berbagai makanan penyebab alergi. Jadi, kecil kemungkinan gandum menjadi alergen.

Kecurigaan alergi makanan hanya bisa didiagnosa dokter hewan setelah memastikan tidak ada agen infeksius penyebab gatal di kulit dan diare di saluran cerna.

Kemudian, jika agen infeksius seperti bakteri, parasit, dan jamur dipastikan tidak ada, bisa dilakukan food elimination trial dan intradermal skin testing.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Pilih yang Melengkapi Kebutuhan Kucing sesuai Tahapan Usianya

blank

Kucing membutuhkan nutrisi yang berbeda pada setiap tahapan usianya. Karena itu, agar tumbuh sehat, sangat penting memberikan dry food kucing terbaik sesuai nutrisi yang dibutuhkan.

  • Kucing anakan (kitten). Pilih yang mengandung lebih banyak kalori, lemak, kalsium, fosfor, dan protein sebagai penunjang pertumbuhan tubuh dan tulangnya.
  • Kucing dewasa dan senior. Pilih yang diformulasikan dengan nutrisi untuk menunjang kesehatan jangka panjang. Perhatikan juga jumlah kalorinya agar tidak terjadi obesitas.

Di sisi lain, apabila kucing Anda rentan mengalami masalah pencernaan, berganti makanan terkadang bisa membuatnya kambuh. Karena itu, untuk meminimalisir efek samping, Anda bisa memberikan si anak bulu makanan yang menawarkan formula sesuai dengan tahapan dan kebutuhan nutrisinya.

Pilihlah dry food yang sesuai dengan fase hidupnya. Dry food untuk kitten pasti memiliki nutrisi lebih tinggi, karena kitten sedang dalam fase pertumbuhan dan membutuhkan nutrisi lebih.

Kucing dewasa rentan terhadap obesitas, terutama yang sudah disteril. Metabolisme kucing senior pun sudah melambat, dan organ-organ dalam sudah tidak seperti dulu, sehingga membutuhkan pakan khusus kucing senior.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Bila Kucing Anda Mengalami Kondisi Tertentu, Pilih Dry Food yang Dilengkapi Formula Khusus

blank

Jenis dry food tak hanya tersedia dalam berbagai varian usia, tetapi juga ada yang dibuat khusus untuk kebutuhan spesifik kucing. Anda bisa memilih produk dengan formula khusus jika kucing Anda mengalami kondisi tertentu, misalnya dry food dengan formula anti-hairball dan pemelihara saluran kemih.

Akan tetapi, pada kucing yang sudah didiagnosa penyakit tertentu, Anda tidak bisa sembarangan memilih dry food. Sebaiknya konsultasi kepada dokter hewan untuk memperoleh pakan prescription diet yang dibuat khusus untuk kondisi kucing Anda.

Pakan kucing perlu disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi tiap individu. Kebutuhan mereka tergantung kondisi kesehatan, fase usia, tingkat aktivitas, kondisi tubuh, ras, dan preferensi individu.

Sebagai contoh, dry food anti hairball memiliki serat khusus (misalnya psyllium husk) yang bisa melancarkan pencernaan sehingga rambut yang tertelan oleh kucing saat grooming bisa keluar lewat feses, bukannya naik lagi ke saluran pencernaan atas (muntah).

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Pilih yang Mengandung Pengawet atau Tanpa Pengawet?

blank

Meski banyak memperoleh anggapan negatif, pengawet sebenarnya memiliki peran penting pada makanan kering kucing. Malah, Anda harus hati-hati dengan dry food kucing tanpa pengawet. Alasannya, pengawet berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah lemak agar tidak rusak, sehingga nilai nutrisi makanan tetap terjaga.

Pengawet pada dry food kucing terbaik dapat berasal dari bahan alami maupun buatan. Silakan simak penjelasan lebih lanjut dari drh. Naomi berikut ini.

Pengawet dalam pakan memang berguna untuk menjaga pakan kucing agar tidak rusak, berjamur, dan lebih tahan lama.

Ada dua macam pengawet makanan, yakni antimikrobial dan antioksidan.

  • Antimikroba menjaga bakteri, jamur, dan ragi merusak pakan kucing.
  • Antioksidan melambatkan atau menghentikan oksidasi dari lemak, yang bisa menjaga kualitas makanan kucing supaya tidak tengik.

Biasanya produk pakan hewan lebih sering menggunakan antioksidan, contohnya:

  • BHT/BHA/TBHQ: Butylated hydroxytoluene (BHT), butylated hydroxyanisole (BHA), dan tertiary butylhydroquinone (TBHQ). Ini merupakan antioksidan buatan/artifisial. Aman digunakan maksimal pada angka 0.02% di pakan hewan
  • Ethoxyquin yang juga termasuk antioksidan artifisial
  • Vitamin C (asam askorbat)
drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Hindari Produk dengan Tambahan Bahan yang Bukan Menjadi Diet Utama Kucing

blank

Dry food kucing terbaik yang beredar di pasaran saat ini memiliki banyak sekali kandungan. Terkadang, produsen menambahkan bahan atau kandungan yang bukan diet utama kucing ke dalam produknya, misalnya saja berbagai macam sumber karbohidrat.

Meski kucing tetap memerlukan karbohidrat, namun jumlahnya hanya sedikit sebagai sumber energi. Maka dari itu, perhatikanlah jumlah kandungan dari setiap nutrisi untuk meminimalkan efek samping dan memaksimalkan manfaat yang diperoleh.

Kucing membutuhkan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Karena kucing adalah karnivora obligat, mereka membutuhkan 70% protein hewani dari dietnya. Karbohidrat tetap dibutuhkan kucing, meski jumlahnya sangat sedikit.

Saat memilih pakan kucing, perhatikan pula ada tidaknya zat penting lain yang dibutuhkan kucing (selain protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral), misalnya:

  • Taurine: Harus ada di dalam makanan karena kucing tidak bisa mensintesis sendiri di dalam tubuhnya. Hanya ada di dalam daging. Berguna untuk fungsi mata, jantung, dan saraf.
  • Arginin: Asam amino yang tidak bisa disintesis kucing dalam tubuh. Berguna untuk siklus urea (arginin membuang ammonia bersama urin). Kalau tidak dibuang? Bisa terjadi gangguan saraf, muntah-muntah, turun berat badan, dan kematian.
  • Vitamin A: Harus ada di pakan karena jumlah vitamin A dalam tubuh kucing masih belum memenuhi kebutuhan harian.
  • Vitamin D: Harus ada dalam diet kucing karena tidak bisa mensintesis sendiri.
  • Asam arakidonat: Asam lemak esensial yang ditemukan di lemak hewan, harus ada dalam diet. Kekurangan asam arakidonat bisa menyebabkan gangguan kesuburan, penyakit hati berlemak, hiperkeratosis pada kulit, dan kelebihan lemak pada ginjal.
drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Pilih Bentuk dan Ukuran Kibble serta Rasa yang Disukai Kucing

blank

Sama seperti manusia, kucing juga memiliki selera yang berbeda dalam hal makanan. Dry food kucing terbaik yang menjadi favorit kucing A bisa jadi kurang disukai kucing B, begitu sebaliknya. Tak hanya dari segi rasa, dari segi bentuk dan ukuran kibble pun masing-masing kucing memiliki kesukaannya masing-masing.

Kucing yang menyukai daging sapi akan lebih lahap saat disuguhi makanan dengan rasa sapi daripada rasa ayam atau ikan. Kemudian, tingkat kelahapan makan pun dapat berbeda tergantung ukuran dan bentuk kibble yang disantapnya. Agar tidak sia-sia, belilah makanan kucing dengan rasa dan ukuran kibble sesuai seleranya, ya!

Ukuran dan bentuk kibble dry food dapat memengaruhi ketertarikan serta berdampak pada selera makan kucing. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang menguji kibble berbentuk O, X, segitiga dengan lubang, dan silinder.

Penelitian tersebut membandingkan preferensi kucing terhadap kibble yang dilihat dari tekstur (kekuatan yang digunakan untuk menggigit, mengambil, mengunyah, dll), dan palatabilitas kucing menurut bentuknya. Dari 25 kucing studi, mereka lebih memilih kibble berbentuk O.

Meski demikian, kembali lagi, tiap kucing merupakan individu yang unik yang memiliki preferensinya masing-masing. Maka dari itu, jika ingin mengganti pakan, jangan lupa lakukan transisi pakan terlebih dahulu untuk mencegah upset stomach, ya.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

10 Rekomendasi Makanan Kering (Dry Food) Kucing Terbaik

Setelah menguasai cara memilih produk yang tepat, sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi dry food kucing terbaik dari produsen-produsen ternama. Silakan pilih sesuai kebutuhan anak bulu Anda, ya!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan drh. Naomi.

1. Royal Canin Persian Adult

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memiliki kibble berbentuk almond crunchy untuk kucing ras persia

Sesuai namanya, produk ini didesain untuk kucing persia dewasa. Mengandung nutrisi kompleks dan eksklusif, dry food kucing terbaik ini menjanjikan bulu kucing persia Anda tumbuh lebih panjang dan lebat.

Di saat bersamaan, bulu yang panjang rentan menggumpal hingga tertelan. Karenanya, dry food kucing ini dilengkapi dengan formula pencegah hairball, serta diperkaya psyllium untuk membantu mengangkut dan menghilangkan bulu yang tertelan.

Selain dilengkapi nutrisi untuk pemelihara bulu, kulit, termasuk formula anti-hairball, produk ini juga diklaim mampu menjaga kesehatan saluran kemih. Lebih dari itu, produk yang diperkaya asam lemak omega 3 dan 6 ini juga memiliki kibble berbentuk almond yang mudah diambil dan dikunyah, lho.

Komposisi bahan Dehydrated poultry protein, animal fats, rice, vegetable protein isolate, maize flour, vegetable fibres, hydrolysed animal proteins, maize gluten, wheat flour, maize, yeasts and parts thereof, minerals, chicory pulp, fish oil, psyllium husks and seeds (1%), soya oil, fructo-oligo-saccharides, hydrolysed yeast (source of manno-oligo-saccharides), borage oil, marigold extract (source of lutein)
Tahapan usia Dewasa (1 tahun ke atas)
Formula khusus Urinary health, hairball reduction
Rasa Tidak disebutkan
Ukuran kemasan 2 kg
Kisaran harga Rp239.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Whiskas® Dry Adult 1+ Hairball Chicken & Tuna Flavour

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Dengan hairball control dan penunjang kesehatan mulut

Dry food kucing terbaik satu ini dilengkapi 41 nutrisi esensial sebagai penunjang kesehatan kucing dewasa. Bila kucing Anda sedang grooming, kandungan serat alami buah bit pada produk ini akan mengeluarkan hairball saat grooming. Produk ini juga dilengkapi penunjang kesehatan mulut dan gusi yang efektif membersihkan karang gigi.

Produk dari Whiskas ini memastikan kucing Anda tetap aktif berkat protein ikan segar, lemak baik, serta vitamin dan mineral yang seimbang. Selain itu, kandungan vitamin A dan taurinnya akan membantu menyehatkan mata. Dilengkapi pula dengan zinc serta omega 3 dan 6, kesehatan kulit dan bulu kucing Anda semakin terjaga!

Komposisi bahan Biji-bijian sereal, tepung jagung gluten, produk sampingan unggas, serat makanan, kacang kedelai, minyak (palm stearin, kedelai), ikan laut, tepung terigu, mineral, garam beryodium, vitamin, pewarna makanan, taurin, pengawet (antioksidan, potasium sorbat), perasa ayam
Tahapan usia Dewasa (1 tahun ke atas)
Formula khusus Anti-hairball (hairball control)
Rasa Ayam & tuna
Ukuran kemasan 450 g
Kisaran harga Rp28.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

3. Me-o Dry Food (Kitten)

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat menurunkan risiko FLUTD, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan ginjal

Dry food kucing terbaik ini tak hanya memiliki nutrisi lengkap dan seimbang, tetapi juga lezat sehingga anak kucing Anda akan makan lebih lahap. Produk yang mengandung protein dari susu dan ikan laut ini diperkaya zinc serta omega 3 dan 6 berkualitas tinggi yang dapat menutrisi bulu dan kulit kucing. Kandungan vitamin C-nya ikut meningkatkan sistem imunitas.

Produk ini dirancang dengan formula rendah natrium yang membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, ginjal, dan saluran kemih pada anak kucing. Tak lupa, produk ini juga dilengkapi taurin sebagai asam amino yang mendukung kesehatan mata. Sementara kalsium, vitamin D, dan fosfornya bakal memperkuat tulang dan gigi si anak bulu!

Komposisi bahan Ground corn, chicken by product meal, soybean meal, corn glutten meal, fish meal, skimmed milk, chicken fat, brewers dried yeast, iodized salt, fish digest, taurine, vitamins and minerals, antioxidant and food coloring
Tahapan usia Kitten (0 – 12 bulan)
Formula khusus Formula pencegah FLUTD (Penyakit Saluran Kemih Bagian Bawah), anti-hairball
Rasa Ocean fish
Ukuran kemasan 1,1 kg
Kisaran harga Rp51.570
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Hill’s® Prescription Diet® c/d® Multicare Feline with Chicken

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Mendukung kesehatan saluran kemih

Apabila Anda mencari produk yang dirancang untuk mendukung kesehatan saluran kemih kucing, pilihlah produk ini. Hill’s Pet mendesain dry food kucing terbaik berikut sebagai urinary care dengan kandungan mineral seimbang, sehingga takkan meningkatkan risiko pembentukan kristal dalam urin.

Pada kucing dengan masalah saluran kemih, dry food ini bekerja melarutkan batu kandung kemih (struvite) hanya dalam tujuh hari. Berdasarkan uji klinis, produk ini mampu menurunkan gejala penyakit saluran kemih paling umum hingga 89%. Untuk penggunan jangka panjang, produk ini sangat direkomendasikan!

Komposisi bahan Chicken, whole grain corn, corn gluten meal, whole grain wheat, brewers rice, pork fat, chicken meal, egg product, pork flavor, soybean oil, fish oil, lactic acid, L-lysine, calcium sulfate, potassium chloride, choline chloride, DL-methionine, potassium citrate, vitamins (vitamin E supplement, niacin supplement, thiamine mononitrate, calcium pantothenate, pyridoxine hydrochloride, vitamin A supplement, riboflavin supplement, biotin, vitamin B12 supplement, folic acid, vitamin D3 supplement), taurine, minerals (ferrous sulfate, zinc oxide, copper sulfate, manganous oxide, calcium iodate, sodium selenite), iodized salt, mixed tocopherols for freshness, natural flavors, beta-carotene
Tahapan usia Dewasa
Formula khusus Urinary care
Rasa Ayam
Ukuran kemasan 1,5 kg
Kisaran harga Rp249.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

5. Purina Friskies Seafood Sensations Dry Cat Food

blank

Sumber: Purina.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandung 100% nutrisi lengkap dan seimbang

Purina Friskies Seafood Sensations Dry Cat Food diformulasikan untuk memenuhi tingkat nutrisi sesuai yang ditetapkan oleh AAFCO. Selain mengandung 100% nutrisi lengkap dan seimbang untuk kucing dewasa, produk ini dilengkapi pula dengan protein untuk membantu mendukung pertumbuhan otot yang kuat.

Dry food terbaik ini juga menawarkan asam lemak esensial untuk mendukung pemeliharaan kulit dan bulu. Apabila kucing Anda suka makanan berbahan laut, misalnya tuna, salmon, udang, atau rumput laut, produk ini mengombinasikan bahan-bahan tersebut.

Komposisi bahan Ground yellow corn, corn gluten meal, poultry by-product meal, soybean meal, animal fat preserved with mixed-tocopherols, liver flavor, meat and bone meal, ocean fish meal, phosphoric acid, calcium carbonate, potassium chloride, salt, choline chloride, salmon meal, tuna meal, shrimp meal, dehydrated seaweed meal, taurine, minerals (zinc sulfate, ferrous sulfate, manganese sulfate, copper sulfate, calcium iodate, sodium selenite), vitamins [(vitamin E supplement, niacin (vitamin B-3), vitamin A supplement, calcium pantothenate (vitamin B-5), thiamine mononitrate (vitamin B-1), riboflavin supplement (vitamin B-2), Vitamin B-12 supplement, pyridoxine hydrochloride (vitamin B-6), folic acid (vitamin B-9), vitamin D-3 supplement, biotin (vitamin B-7), menadione sodium bisulfite complex (Vitamin K)], Yellow 5, DL-Methionine, L-Tryptophan, Red 40, Blue 2
Tahapan usia Dewasa
Formula khusus Tidak diketahui
Rasa Seafood
Ukuran kemasan 450 g
Kisaran harga Rp20.400
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Real Nature Fluffy and Shiny Skin Formula

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Membawa kebaikan sembilan miliar probiotik untuk kesehatan saluran cerna

Real Nature Fluffy and Shiny Skin Formula memadukan nutrisi kompleks yang sekaligus efektif mengontrol hairball, mengurangi noda air mata, dan mendukung pertumbuhan sel kulit baru. Untuk kucing dewasa dan senior, komponen mineralnya bermanfaat untuk melindungi dan menguatkan kembali sendi-sendi yang lemah.

Di samping menyimpan 89% protein hewani, terdapat pula sembilan miliar probiotik, termasuk lactobacillus dan bacillus subtilis, yang akan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik serta menghilangkan bakteri jahat pada usus. Uniknya lagi, dry food kucing terbaik ini tersusun dari minyak ikan laut Alaska yang dapat mengurangi reaksi alergi.

Komposisi bahan Nordic fresh salmon, hydrolyzed chicken peptide, tapioca starch, fresh carrot, alaska cod oil, chicken oil, freeze-dried cranberry and blueberry, alfalfa grass, vitamin (A, B1, B2, pantothenic acid, B6, folic acid, B12, coated ascorbic acid, D3, e), collagen peptides (hacp from fish skin), mineral complex (zinc, iron, manganese, chromium, copper, selenium, cobalt), lactoferrin, lysine, DL-methionine, multi-probiotic (lactobacillus, bifidobacterium longum, bacillus subtilis), digestive enzymes (protease, amylase, β-glucanase), taurine, glucosamine, chondroitin, β-glucan, marigold extract (source of lutein), yucca schidigera extract, tryptophan, L-carnitine
Tahapan usia Segala usia
Formula khusus Urinary tract health, hairball control
Rasa Salmon
Ukuran kemasan 2 kg
Kisaran harga Rp300.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Royal Canin Senior Consult Stage 1 Balance

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Membantu mempertahankan fungsi ginjal pada kucing senior

Royal Canin memproduksi dry food kucing terbaik dengan kandungan protein terpilih serta asam amino bercabang. Produk khusus kucing senior ini juga mengantongi antioksidan kompleks berupa vitamin C, vitamin E, lutein, dan taurin yang membantu menyeimbangkan efek oksidatif pada kucing.

Kadar fosfor yang sedang membuat produk ini baik untuk memelihra fungsi ginjal. Lebih dari itu, produk yang diperkaya phosphatidylserine ini juga tinggi serat dengan kombinasi serat larut (psyllium) dan serat tidak larut yang membatasi konsumsi secara spontan. Kucing pun bebas dari kegemukan!

Komposisi bahan Protein unggas terdehidrasi, jagung, protein gandum, serat nabati, beras, protein jagung, protein hewani terhidrolisis, gandum, bubur sawi putih, lemak hewani, mineral-mineral, minyak ikan, minyak kedelai, Frukto-Oligo-Sakarida (FOS), sekam dan biji psyllium, ragi terhidrolisis (sumber Mannan-Oligo-Sakarida), crustaceans terhidrolisis, ekstrak tanaman marigold (sumber lutein), kartilago terhidrolisis (sumber kondroitin)
Tahapan usia Senior (7 tahun ke atas)
Formula khusus Tidak diketahui
Rasa Tidak disebutkan
Ukuran kemasan 1,5 kg
Kisaran harga Rp221.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Purina PRO PLAN Kitten with OPTISTART

blank

Sumber: Purina.co.nz

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandung kolostrum untuk meningkatkan imunitas

Dry food kucing terbaik ini dibuat dengan menggabungkan nutrisi utama yang dibutuhkan anak kucing dengan kolostrum. Hasilnya, sistem kekebalan tubuh kitten akan semakin kuat. Kandungan nutrisinya juga mampu mencegah anak kucing terpapar diare, infeksi, dan masalah pencernaan lainnya.

Purina Pro Plan Kitten with Optistart juga diformulasikan untuk mendukung perkembangan otak, otot, dan tulang yang sehat. Selain itu, produk yang mampu mencegah plak dan penumpukan karang gigi ini juga dapat menjaga kesehatan mata kitten Anda.

Komposisi bahan Daging ayam (daging ayam terdehidrasi, daging ayam), gandum utuh, protein jagung, lemak hewani dengan tokoferol (sumber vitamin E), ikan terdehidrasi, mineral, vitamin, asam amino, asam organik dan perasa alami (termasuk kalsium, fosfor, natrium, klorida, kalium, magnesium, mangan, tembaga, zink, zat besi, yodium, selenium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, asam folat, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kolin, pirofosfat, arginin, beta-karoten), chicory, protein kacang-kacangan, minyak ikan dan / atau minyak nabati, oat dan barli, antioksidan alami
Tahapan usia Kitten (6 minggu – 1 tahun)
Formula khusus Formula Optistart untuk imunitas dan pencernaan
Rasa Tidak disebutkan
Ukuran kemasan 2,5 kg
Kisaran harga Rp255.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. NutriSource Pure Vita Grain Free Chicken & Peas Entrée

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Untuk kucing segala usia yang rentan alergi

Produk ini menerapkan sistem Good 4 Life yang menyertakan nutrisi padat, termasuk cakupan empat bahan utama prebiotik dan probiotik sebagai pemelihara usus. Tidak lupa, NutriSource mengombinasikan zinc serta asam lemak omega 3 dan 6 pada dry food kucing terbaik ini untuk mengoptimalkan imunitas, kesehatan kulit, dan kondisi bulu.

Produk yang memenuhi pedoman AAFCO ini berbahan dasar ayam sebagai satu-satunya sumber protein. Dengan demikian, produk ini dapat menjadi solusi bagi kucing Anda yang intoleran terhadap daging sapi. Selain itu, produk ini juga bebas gandum dan biji-bijian sehingga semakin direkomendasikan untuk kucing yang rentan alergi.

Komposisi bahan Chicken, chicken meal, peas, pea flour, chicken fat (preserved with tocopherols and citric acid), natural flavors, dried egg product, pea fiber, flax seeds, yeast extract, pea starch, calcium carbonate, brewers dried yeast, phosphoric acid, dried tomato pomace, salt, DL methionine, potassium chloride, dried carrots, sunflower oil, minerals (iron proteinate, zinc proteinate, copper proteinate, manganese proteinate, cobalt proteinate), dried cranberries, dried apricots, dried cherries, taurine, turmeric, dried chicory root, vitamins (vitamin A acetate, vitamin D3 supplement, vitamin E supplement, niacin, d-calcium pantothenate, thiamine mononitrate, riboflavin supplement, pyridoxine hydrochloride, folic acid,  biotin, vitamin B12 supplement), choline chloride, lactic acid, L-ascorbyl-2-polyphosphate (source of  vitamin C), inositol, yucca schidigera extract, calcium iodate, sodium selenite, rosemary extract, yeast culture, dried Lactobacillus acidophilus fermentation product, dried Enterococcus faecium fermentation product, dried Aspergillus oryzae fermentation extract, dried Trichoderma longibrachiatum fermentation extract, dried Bacillus subtilis fermentation extract
Tahapan usia Segala usia
Formula khusus Tidak diketahui
Rasa Ayam
Ukuran kemasan 3 kg
Kisaran harga Rp280.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

10. Snappy Tom Salmon with Chicken

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Tinggi protein yang berasal dari daging dan ikan asli

Anda ingin memberikan makanan kering berkomposisikan daging dan ikan murni tinggi protein? Snappy Tom Salmon with Chicken menjadi salah satu yang perlu Anda pertimbangkan. Selain tinggi protein dari daging murni yang baik untuk pertumbuhannya, tersedia pula taurin untuk menjaga fungsi penglihatan kucing.

Snappy Tom menyebutkan dry food kucing terbaik buatannya ini tidak memiliki pewarna, perasa, dan pengawet buatan. Apabila Anda mempertanyakan soal kecukupan gizi, produk ini didesain mengikuti guideline dari AAFCO, sehingga nutrisinya pun dipastikan komplet dan seimbang.

Komposisi bahan Tapioca, soy beanmeal, corn, wheat bran, poultry meal, fish meal ( including salmon, tuna & sardines), corn gluten meal, poultry fat, digested animal protein, palm stearine, vitamins & minerals, salt, vegetable oil, choline chloridee, dried green pea, tuna oil, salmon oil, methioine, taurine
Tahapan usia Dewasa
Formula khusus Tidak disebutkan
Rasa Kombinasi salmon dan ayam
Ukuran kemasan 500 g
Kisaran harga Rp69.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

Tabel Perbandingan Makanan Kering (Dry Food) Kucing

Produk Royal Canin Persian Adult Whiskas® Dry Adult 1+ Hairball Chicken & Tuna Flavour Me-o Dry Food (Kitten) Hill’s® Prescription Diet® c/d® Multicare Feline with Chicken Purina Friskies Seafood Sensations Dry Cat Food Real Nature Fluffy and Shiny Skin Formula Royal Canin Senior Consult Stage 1 Balance Purina PRO PLAN Kitten with OPTISTART NutriSource Pure Vita Grain Free Chicken & Peas Entrée Snappy Tom Salmon with Chicken
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Komposisi bahan Dehydrated poultry protein, animal fats, rice, vegetable protein isolate, maize flour, vegetable fibres, hydrolysed animal proteins, maize gluten, dll Biji-bijian sereal, tepung jagung gluten, produk sampingan unggas, serat makanan, kacang kedelai, minyak (palm stearin, kedelai), ikan laut, dll Ground corn, chicken by product meal, soybean meal, corn glutten meal, fish meal, skimmed milk, chicken fat, dll Chicken, whole grain corn, corn gluten meal, whole grain wheat, brewers rice, pork fat, chicken meal, egg product, pork flavor, soybean oil, dll Ground yellow corn, corn gluten meal, poultry by-product meal, soybean meal, animal fat preserved with mixed-tocopherols, liver flavor, dll Nordic fresh salmon, hydrolyzed chicken peptide, tapioca starch, fresh carrot, alaska cod oil, chicken oil, freeze-dried cranberry and blueberry, dll Protein unggas terdehidrasi, jagung, protein gandum, serat nabati, beras, protein jagung, protein hewani terhidrolisis, gandum, bubur sawi putih, lemak hewani, dll Daging ayam (daging ayam terdehidrasi, daging ayam), gandum utuh, protein jagung, lemak hewani dengan tokoferol (sumber vitamin E), dll Chicken, chicken meal, peas, pea flour, chicken fat (preserved with tocopherols and citric acid), natural flavors, dried egg product, pea fiber, flax seeds, yeast extract, dll Tapioca, soy beanmeal, corn, wheat bran, poultry meal, fish meal ( including salmon, tuna & sardines), corn gluten meal, poultry fat, digested animal protein, dll
Tahapan usia Dewasa (1 tahun ke atas) Dewasa (1 tahun ke atas) Kitten (0 – 12 bulan) Dewasa Dewasa Segala usia Senior (7 tahun ke atas) Kitten (6 minggu – 1 tahun) Segala usia Dewasa
Formula khusus Urinary health, hairball reduction Anti-hairball (hairball control) Formula pencegah FLUTD (Penyakit Saluran Kemih Bagian Bawah), anti-hairball Urinary care Tidak diketahui Urinary tract health, hairball control Tidak diketahui Formula Optistart untuk imunitas dan pencernaan Tidak diketahui Tidak disebutkan
Rasa Tidak disebutkan Ayam & tuna Ocean fish Ayam Seafood Salmon Tidak disebutkan Tidak disebutkan Ayam Kombinasi salmon dan ayam
Ukuran kemasan 2 kg 450 g 1,1 kg 1,5 kg 450 g 2 kg 1,5 kg 2,5 kg 3 kg 500 g
Kisaran harga Rp239.600 Rp28.000 Rp51.570 Rp249.000 Rp20.400 Rp300.000 Rp221.000 Rp255.000 Rp280.000 Rp69.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak

Aturan Menyimpan Dry Food untuk Mencegah Kibble Tengik

blank

Dry food memang bisa bertahan lebih lama dibandingkan wet food. Meski begitu, setiap pakan mempunyai masa ekspirasi, sehingga Anda tetap perlu mengecek bentuk, tekstur, dan aroma kibble saat pertama kali dibuka untuk mengetahui kelayakan pakan tersebut.

Penyimpanan dry food juga tidak boleh sembarangan. Agar kibble tidak tengik dan nutrisinya tetap terjaga, simpanlah produk dengan wadah kedap udara (ter-selaed) di tempat kering dan teduh. Waspadalah terhadap makanan yang rusak karena dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal pada kucing.

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari drh. Carene Naomi

blank

Cara menentukan dry food yang berkualitas baik

Perhatikan nutrisi, bukan komposisi. Kualitas, bukan kuantitas. Perhatikan juga merk pakan kucing. Bagaimana mengetahui pakan tersebut baik atau tidak?

  • Diproduksi oleh perusahaan yang jelas
  • Adanya tim veterinary nutritionist (ahli gizi dokter hewan) yang terlibat
  • Produk dibuat berdasarkan literatur dan riset
  • Punya izin edar/sertifikasi yang jelas

Selain itu, dry food yang baik adalah yang balanced pH-nya. Jika pakan terlalu asam bisa menyebabkan timbulnya batu oksalat. Sebaliknya, jika terlalu basa, dapat menyebabkan kristal struvite.

Tip memilih dry food untuk Anda yang memiliki banyak kucing

Jika di rumah ada banyak kucing dengan berbagai fase usia, utamakan kitten terlebih dahulu. Artinya, jika Anda hanya mau membeli satu jenis pakan saja, belilah yang khusus kitten. Hal ini supaya nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya terpenuhi dan tidak terjadi stunting.

Amankah membeli dry food kemasan repack?

Pakan repack tidak disarankan karena saat proses repackaging, kibble sudah terpapar udara. Hal ini bisa menyebabkan proses oksidasi yang bisa merubah kualitas pakan hewan.

Selain itu, tidak diketahui seberapa higienis proses repackaging berlangsung. Artinya, bisa saja pakan hewan terpapar kontaminan selama proses ini terjadi.

Pentingnya melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kebutuhan pakan kucing

Tahukah Anda? Menurut Jess BAnVetBioSci, RVN, AVN, seorang veterinary nutritionist, 75% hewan yang seharusnya memakan diet khusus tidak mendapat pakan yang seharusnya.

Artinya, banyak hewan yang membutuhkan prescription diet (pakan khusus yang diresepkan dokter hewan) hanya makan pakan hewan sehat karena mereka tidak terdiagnosa.

Maka dari itu, penting bagi pet owner untuk melakukan check up berkala ke dokter hewan.

Yuk, cek juga makanan, susu, dan vitamin untuk kucing dari PickyBest lainnya!

[/su_panel]

Kesimpulan

Saat ini, dry food yang beredar di pasaran tersedia dalam berbagai varian. Utamakanlah memilih produk yang mengutamakan protein hewani (daging), lemak, karbohidrat (dalam jumlah sedikit), kalsium, protein, vitamin, dan beberapa zat gizi lain seperti yang telah drh. Naomi sebutkan.

Pada artikel ini, Anda telah menengok sepuluh rekomendasi dry food pilihan kami. Kiranya, manakah produk yang hendak Anda berikan untuk kucing Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilihkan dry food kucing terbaik untuk si anak bulu, ya!

Referensi

Find the Best Cat Food Brands
https://www.consumeraffairs.com/pets/cat-food/ diakses pada 5 Oktober 2022

The Most Important Nutrients in Your Cat’s Food
https://www.hillspet.com/cat-care/nutrition-feeding/cat-food-with-right-vitamins-and-minerals diakses pada 5 Oktober 2022

How to Choose Dry Cat Food
https://www.wikihow.pet/Choose-Dry-Cat-Food diakses pada 5 Oktober 2022

How to Read Cat Food Labels
https://pets.webmd.com/cats/guide/how-to-read-cat-food-labels diakses pada 5 Oktober 2022

Feeding Your Cat
https://www.vet.cornell.edu/departments-centers-and-institutes/cornell-feline-health-center/health-information/feline-health-topics/feeding-your-cat diakses pada 5 Oktober 2022

You may also like

Comments are closed.