Perawatan Hewan

10 Rekomendasi Snack Kucing Terbaik

Jika manusia membutuhkan camilan atau snack untuk variasi makanan selain makanan utama, begitu pula dengan hewan peliharaan. Kucing, misalnya, juga perlu mengonsumsi makanan ringan agar tidak bosan dan lebih ceria. Tapi ingat, camilannya harus mengandung nutrisi yang dapat menunjang kesehatannya.

Beragam merek camilan kucing dapat Anda temukan di pasaran, seperti Kit Cat, Friskies, Vitakraft, dan lain-lain. Jika Anda bingung menentukan mana snack yang tepat untuk kucing Anda, simaklah cara memilih serta rekomendasi snack kucing terbaik di artikel ini. Selamat membaca!

Perbedaan Snack dan Makanan Kucing

Seperti halnya makanan utama, snack kucing juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan kucing. Namun tentu saja ada perbedaan di antara keduanya. Nutrisi dari snack kucing tidak lengkap dan seimbang seperti makanan kucing yang utama. Contohnya, beberapa snack kucing mengandung protein yang lebih tinggi daripada jumlah protein yang ada dalam makanan utama.

Itulah sebabnya, perhatikan jumlah pemberian snack pada kucing Anda. Terlalu banyak camilan akan mengganggu nafsu makan kucing pada saat Anda memberikan makanan utamanya. Selain itu, kucing akan mengalami nutrisi yang tidak seimbang, menjadi rewel, hingga kelebihan berat badan. Banyaknya snack yang dianjurkan adalah 5% – 10% asupan energi atau kalori kucing.

Cara Memilih Snack Kucing

Ada banyak macam snack kucing yang ditawarkan dengan berbagai rasa dan manfaat yang berbeda-beda. Bagaimana mengetahui apa yang terbaik untuk kucing Anda? Beberapa poin berikut ini bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih snack untuk kucing kesayangan Anda.

Pilih Berdasarkan Tipe Snack

Snack kucing dikategorikan menjadi tiga tipe, yaitu snack kering, snack semi-lembap, dan snack basah. Ketiganya memiliki keunggulan dan manfaat tersendiri bagi kucing. Simak uraiannya masing-masing di bawah ini.

Pilih Snack Kering untuk Membantu Kesehatan Gigi Kucing

blank

Snack bertekstur padat dan kering ini hanya mengandung kadar air 10% – 12%. Snack kering dapat melatih aktivitas mengunyah dan mencegah pembentukan karang gigi pada kucing Anda. Karena mengandung sedikit air, snack ini dapat disimpan lebih lama daripada snack basah.

Sayangnya, kebanyakan snack kering mengandung bahan filler atau pengisi berupa karbohidrat, seperti jagung, beras, dan biji-bijian lainnya. Agar nutrisinya seimbang, campurkan snack kering dengan sumber protein hewani yang sebenarnya, seperti ikan, ayam, daging, atau udang. Jangan lupa untuk memberi minum yang cukup agar kucing Anda tidak mengalami dehidrasi.

Pilih Snack Semi-Lembap untuk Mendorong Nafsu Makan Kucing

blank

Dengan tekstur semi-lembap, snack jenis ini memiliki kadar air 60% – 65%, sehingga baik untuk kesehatan saluran kencing kucing bila dibandingkan snack kering. Bila kucing Anda tergolong kucing yang rewel, snack ini cocok diberikan untuknya.

Meskipun demikian, snack ini mengandung kadar gula dan garam yang tinggi, terkadang mengandung pengawet. Hal tersebut dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan pada kucing, seperti penyakit kemih, ginjal, dan jantung. Agar kesehatan kucing Anda tetap terjaga, selalu ikuti aturan pemberian snack sesuai petunjuk pada kemasan.

Pilih Snack Lickable (Basah) untuk yang Lebih Mudah Dicerna

blank

Memiliki kadar air 75% – 80%, snack jenis ini memiliki tekstur seperti bubur. Terbuat dari campuran bahan-bahan, seperti air, daging, dan pati yang dikemas dalam kaleng atau yang disegel vakum. Biasanya snack jenis ini mengandung lebih sedikit karbohidrat dan lebih banyak protein.

Dengan kadar air yang tinggi, snack ini mudah dicerna oleh kucing dan dapat membantu meningkatkan hidrasi bagi kucing yang tidak suka minum. Snack basah juga dapat dicampur dengan obat-obatan yang biasanya dihindari kucing. Namun, snack basah tidak bertahan lama setelah kemasan dibuka. Harganya pun cukup mahal.

Pilih Snack Daging Terdehidrasi (Dehydrated Beef) jika Ingin yang Kaya Protein

blank

Tipe snack kucing berikutnya adalah makanan yang didehidrasi, terdiri dari dua jenis, yaitu dried snack dan freeze-dried snack. Camilan ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan profil nutrisinya paling mirip dengan apa yang dimakan kucing di alam liar.

Hal ini disebabkan oleh proses dehidrasi yang memungkinkan snack ini mempertahankan nutrisi penting dan rasa dari bahan dagingnya, terutama pada proses pengeringan beku. Dengan begitu, kucing Anda akan terpenuhi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhannya, memiliki bulu yang berkilau, dan energi yang lebih tinggi. Namun, snack jenis ini dijual dengan harga yang lebih mahal.

Pilih yang Bisa Menawarkan Manfaat Kesehatan Ekstra

blank

Beberapa snack dibuat untuk memberikan manfaat ekstra untuk kesehatan kucing. Beberapa di antaranya adalah mengurangi kemungkinan berkembangnya plak dan karang gigi, memastikan napas segar kucing dengan mint, untuk memerangi pembentukan bola rambut di usus, dan sebagainya.

Anda tentu ingin memberikan snack yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda demi kesehatannya. Untuk memastikan snack tersebut sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan kesehatan kucing Anda, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Pilih yang Kaya Protein, Taurin, serta Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Kucing

blank

Kucing adalah jenis hewan karnivora yang membutuhkan daging sebagai asupannya. Untuk itu, Anda perlu memilih produk dengan bahan utama daging utuh atau asli, bukan daging olahan seperti byproducts atau meal. Anda juga perlu memperhatikan tiga hal dalam memberi makan kucing, yaitu protein tinggi, kelembapan tinggi, dan karbohidrat rendah.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing, pilihlah snack kucing yang mengandung asam amino esensial seperti yang terdapat pada taurin, asam lemak omega-3 pada ikan, vitamin dalam sayuran, karbohidrat dan antioksidan pada buah, serta mineral lainnya.

Hindari Produk yang Mengandung Biji-Bijian, Gula, Pewarna, Perasa, dan Pengawet Buatan

blank

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilih snack kucing adalah menghindari produk yang mengandung biji-bijian, gula, pewarna, perasa, dan pengawet buatan. Semua itu mungkin bisa memicu reaksi alergi, menyebabkan diare, atau menyebabkan obesitas, dan lain-lain. Untuk itu, Anda harus hati-hati dan memperhatikan dengan teliti bahan yang ada pada snack kucing.

Pilih Snack dengan Rasa Daging atau Susu yang Disukai Kucing

blank

Sebagai hewan karnivora, kucing lebih menyukai rasa daging, seperti tuna, ayam, daging sapi, salmon, dan domba. Di samping itu, kucing juga menyukai susu. Mereka memiliki kemampuan tinggi untuk mendeteksi rasa asin dan gurih. Namun, kucing sangat sensitif terhadap rasa pahit dan tidak dapat mendeteksi gula.

Oleh sebab itu, penting untuk memilih rasa dan aroma snack yang sesuai preferensi kucing Anda agar mereka tidak mengalami kekurangan nutrisi. Selain daging dan susu, kucing juga menyukai makanan padat kalori dan makanan dengan tekstur renyah di luar tapi lembut di dalam.

Sesuaikan juga dengan Ukuran dan Usia Kucing

blank

Karena kebutuhan nutrisi untuk setiap kucing berbeda tergantung ukuran dan usianya, Anda perlu memberi snack dengan kadar yang tepat untuk kucing Anda. Contohnya, anak kucing yang masih dalam masa pertumbuhan (4 minggu — 1 tahun) akan butuh protein, lemak, dan konsentrasi kalsium yang lebih tinggi. Selain itu, tekstur camilannya juga harus lembut dan kenyal, bukan yang renyah karena bisa menyebabkan bahaya tersedak.

Saat kucing berusia dewasa (1 tahun — 7 tahun), tubuh dan tingkat aktivitas mereka berubah, metabolisme mereka pun mulai melambat. Anda dapat memberinya snack untuk segala usia atau khusus kucing dewasa, seperti daging sapi, kalkun, snack kalengan, dan snack kering.

Sedangkan untuk kucing senior  (7 tahun — 10 tahun ke atas), Anda perlu memberinya snack yang rendah kalori dengan vitamin dan nutrisi yang ideal, seperti ayam atau snack kering khusus untuk kucing senior.

10 Rekomendasi Snack Kucing Terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh produk snack kucing dengan berbagai kriteria. Saat memilih, jangan lupa untuk mempertimbangkan poin-poin yang telah dibahas sebelumnya, ya!

1. Kit Cat Breath Bites

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dengan rasa meaty, kerenyahannya bantu membersihkan gigi kucing Anda

Snack kucing dengan tekstur renyah ini hadir dengan 6 pilihan rasa meaty, yaitu daging sapi, ayam, domba, salmon, tuna, dan seafood. Kit Cat Breath Bites mengandung nutrisi sehat dan rasa tasty yang akan disukai kucing Anda.

Dengan kerenyahannya, produk ini juga diformulasikan untuk membantu menjaga kebersihan gigi kucing, mengurangi plak dan karang gigi, serta menyegarkan napas kucing.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya renyah sehingga banyak disukai kucing.
  • Tinggi protein (30%) dan harganya murah.
  • Sangat sehat dan baik untuk kucing. Ada banyak vitamin dan mineral, serta taurin.
  • Dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan menyegarkan napas kucing.
  • Dijamin aman, karena diproduksi di bawah standar ISO, BRCGS, GMP, dan HACCP.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung biji jagung, beras, dan corn gluten meal. Bahkan, di urutan pertama komposisi bahan.
  • Tidak menggunakan daging utuh, melainkan daging olahan (meal).
Tipe snack Kering
Rasa Lamb, beef, tuna, seafood, salmon, dan chicken
Bebas biji-bijian Tidak
Tiga bahan pertama Corn, rice, corn gluten meal
Manfaat Bisa membantu mengurangi bau mulut, plak dan karang gigi pada kucing
Rekomendasi umur Semua umur
Standar keamanan Standar ISO 9001, Standar Global BRC untuk keamanan pangan, GMP, HACCP dan ISO 14001.
Protein (min) 30%
Lemak (min) 15%
Serat (max) 4%
Kelembapan (max) 10%
Jumlah kalori 3410 kcal/kg
Berat bersih 60 gr
Kisaran harga Rp14.800

2. Temptations Snack 85 gr

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Renyah di luar lembut di dalam, bikin kucing ketagihan

Kucing Anda kurang nafsu makan dan sangat pemilih dalam mengonsumsi makanan atau camilan? Coba berikan Temptations Snack, dengan 7 pilihan rasa daging sapi, ayam, ikan, dan lainnya yang menggiurkan bagi kucing.

Snack ini lebih sehat karena mengandung 100% nutrisi lengkap tanpa ada rasa buatan. Terlebih lagi, camilan ini memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam yang akan membuat kucing Anda akan ketagihan memakannya.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ada 7 pilihan rasa yang sangat disukai kucing.
  • Tinggi protein, terutama untuk rasa creamy dairy (41.5%).
  • Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam, bisa membuat kucing ketagihan.
  • Menggunakan kemasan reclosable yang nyaman dan mudah disimpan.
  • Nutrisinya lengkap, mengandung beberapa vitamin, mineral, dan juga taurin.
  • Diproduksi di bawah standar AAFCO Amerika sehingga aman.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Menggunakan daging olahan (chicken by-product meal), jagung giling, dan lemak hewani yang mungkin tidak sehat bagi kucing.
Tipe snack Kering
Rasa Creamy dairy, hearty beef, seafood medley, savoury salmon, tantalizing turkey, tasty chicken, dan tempting tuna
Bebas biji-bijian Tidak
Tiga bahan pertama Chicken by-product meal, ground corn, animal fat
Manfaat Sebagai camilan saat bermain atau saat melatih kucing
Rekomendasi umur Semua umur
Standar keamanan Standar AAFCO
Protein (min) 30-41.5%
Lemak (min) 17%
Serat (max) 4.5%
Kelembapan (max) 12%
Jumlah kalori 3850 kcal/kg
Berat bersih 85 gr
Kisaran harga Rp27.450

3. Me-O Creamy Treats

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Camilan creamy bernutrisi tinggi agar kucing sehat dan bulu berkilau

Ingin memberi kucing Anda snack bernutrisi tinggi? Me-O Creamy Treats adalah snack kucing yang Anda cari! Dengan bahan utama daging ayam utuh dan bukan olahan, tentunya mengandung nutrisi yang tinggi. Dengan teksturnya yang seperti krim, anak kucing pun akan menyukainya.

Kaya akan vitamin, mineral, dan taurin, snack kucing ini membantu menjaga kesehatan kucing serta meningkatkan selera makan. Dilengkapi dengan Omega 6, Zinc, dan DL-Methionine, kucing Anda akan memiliki bulu yang lebih sehat dan berkilau.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kemasannya seperti tongkat sehingga lebih mudah saat memberi makan kucing.
  • Cocok digunakan saat bermain dan melatih kucing, serta cocok untuk topping makanan kering.
  • Mengandung vitamin, mineral, taurin, dan bahan-bahan yang dapat melengkapi nutrisi makanan kucing.
  • Bahan utamanya daging ayam utuh bukan olahan, sehingga lebih banyak nutrisi.
  • Tidak mengandung biji-bijian atau bahan olahan yang dapat memicu alergi.
  • Teksturnya pasta lembut sehingga lebih mudah dicerna anak kucing.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung lebih banyak air dan sedikit protein.
Tipe snack Basah
Rasa Chicken liver, bonito, crab, dan salmon
Bebas biji-bijian Ya
Tiga bahan pertama Chicken liver, chicken meat, chicken carcass
Manfaat Membantu menyeimbangkan nutrisi, meningkatkan penglihatan, serta menyehatkan kulit dan bulu kucing
Rekomendasi umur Di atas 2 bulan
Standar keamanan Tidak disebutkan
Protein (min) 5%
Lemak (min) 2%
Serat (max) 1%
Kelembapan (max) 85%
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Berat bersih 4 x 15 gr
Kisaran harga Rp27.000

4. Friskies Party Mix Snack

blank

Sumber: Purina.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Makanan selingan bergizi seimbang untuk kucing dewasa

Hadir dengan berbagai bentuk dan kerenyahan yang unik, Friskies Party Mix Snack bagai memberi pesta makan untuk kucing Anda setiap hari. Apalagi pilihan rasanya cukup bervariasi, seperti beef & salmon, udang, kepiting & tuna, liver & turkey.

Berbahan utama gandum serta mengandung ayam dan ikan asli berkualitas, membuat snack ini sebagai makanan selingan bergizi seimbang untuk kucing Anda. Namun snack ini hanya cocok untuk kucing berusia satu tahun ke atas, karena mengandung perasa dan pewarna makanan.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pilihan rasanya cukup banyak dan bervariasi.
  • Sebagian produk dibuat dengan ayam asli sebagai bahan utama, sehingga lebih kaya protein.
  • Meskipun ada yang terbuat dari gandum, namun tidak bikin alergi.
  • Mengandung beberapa vitamin, mineral, serta asam amino yang bisa menyehatkan kucing.
  • Aman karena diproduksi di bawah standar AAFCO.
  • Menggunakan kemasan reclosable yang nyaman dan mudah disimpan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bukan produk dengan minimal ingredients. Terlebih banyak kandungannya merupakan bahan olahan, mengandung perasa dan juga pewarna makanan.
  • Hanya cocok untuk kucing dewasa.
Tipe snack Kering
Rasa Original, mixed grill, beachside, cheezy craze, picnic crunch, dll
Bebas biji-bijian Tidak
Tiga bahan pertama Chicken, chicken meal, brewers rice
Manfaat Sebagai hadiah atau camilan lezat
Rekomendasi umur Dewasa >1 tahun
Standar keamanan Standar AAFCO
Protein (min) 29-30%
Lemak (min) 15%
Serat (max) 4%
Kelembapan (max) 8-10%
Jumlah kalori 3910-4110 kcal/kg; 1.2-1.4 kcal/piece
Berat bersih 60 gr
Kisaran harga Rp22.995

5. Vitakraft Liquid-Snack

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Camilan krim dengan aroma dan rasa penambah selera

Snack berbentuk krim ini memiliki aroma dan rasa yang lezat bagi kucing. Dengan pilihan rasa yang bervariasi, kucing Anda akan menyukainya saat diberikan secara langsung atau sebagai topping untuk makanan utamanya.

Vitakraft Liquid-Snack dibuat tanpa pewarna, aroma buatan, ataupun pengawet untuk mendukung kesehatan kucing kesayangan Anda. Mengandung kalori yang rendah dan bebas gula, snack ini cocok untuk kucing berusia 3 bulan ke atas.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Produk dengan minimal ingredients, tanpa pengawet, pewarna, dan aroma buatan.
  • Sangat disukai kucing baik untuk camilan, bahkan untuk topping makanan kering.
  • Mudah disajikan dengan kemasan seperti tongkat, kucing hanya perlu menjilat.
  • Aromanya cukup kuat, baik untuk menambah nafsu makan dan membantu kucing yang lebih tua dalam meminum obat.
  • Teksturnya lembut, sangat sempurna untuk kucing yang memiliki masalah gigi atau masalah menelan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya sedikit lebih mahal dibandingkan yang lain, namun sesuai dengan kualitasnya.
Tipe snack Basah
Rasa Salmon, chicken, duck, dan beef
Bebas biji-bijian Ya
Tiga bahan pertama Meat/fish and meat/fish by-products (beef, chicken, duck, salmon), vegetable by-products, milk and dairy products
Manfaat Mendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, kulit, bulu, dan kesehatan pencernaan kucing
Rekomendasi umur Di atas 3 bulan
Standar keamanan Tidak disebutkan
Protein (min) 3.5%
Lemak (min) 3.5%
Serat (max) 0.5%
Kelembapan (max) 88.5%
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Berat bersih 6 x 15 gr
Kisaran harga Rp39.000 – Rp45.000

6. Bio Creamy Treats

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Nutrisi lengkap untuk kesehatan kulit dan bulu

Bio Creamy Treats adalah snack kucing produksi lokal yang mengandung kombinasi collagen, glucosamine, omega 3 & omega 6. Dengan nilai nutrisi tinggi, snack ini diformulasikan untuk kesehatan kulit dan bulu, pencernaan, sendi, serta antiaging.

Teksturnya yang halus dan creamy akan menambah nafsu makan kucing dan mudah dicerna. Varian rasanya cukup beragam, sehingga kucing Anda tidak akan bosan mengonsumsinya.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Produk lokal dengan minimal ingredients.
  • Teksturnya halus dan mudah dicerna.
  • Dilengkapi dengan bahan-bahan sehat ekstra yang baik untuk kesehatan kucing.
  • Wanginya fresh, dapat menjadikan kucing ketagihan.
  • Dikemas dalam ukuran 15 gr sekali makan, jadi tidak perlu disimpan lama setelah dibuka.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kemasan produk tidak dilengkapi tanggal kadaluarsa, namun ada tulisan tanggal pembuatannya.
  • Ada kemungkinan menyebabkan diare.
Tipe snack Basah
Rasa Tuna, salmon, chicken tuna, dan chicken scallop
Bebas biji-bijian Tidak
Tiga bahan pertama Tuna/salmon/chicken tuna/chicken scallop, chicken liver, linseed oil
Manfaat Membantu melengkapi nutrisi dan menambah nafsu makan
Rekomendasi umur Kitten (1-12 bulan), adult (>12 bulan)
Standar keamanan Tidak disebutkan
Protein (min) 6%
Lemak (min) 0.5-0.6%
Serat (max) 3%
Kelembapan (max) 89%
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Berat bersih 4 x 15 gr
Kisaran harga Rp20.589

7. Supercat Liquid Snack

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandung 100% bahan alami dan bebas dari biji-bijian

Satu lagi produk lokal yang bisa menjadi snack favorit kucing kesayangan Anda, Supercat Liquid Snack. Dibuat oleh ahli gizi kucing, snack ini mengandung 100% bahan alami tanpa tambahan pewarna atau pengawet, dan bebas dari biji-bijian.

Sebagai makanan selingan atau tambahan, snack ini cocok untuk kucing dengan segala usia. Namun, Anda tetap harus menyesuaikan jumlah asupan sesuai usia, ukuran, berat, dan tingkat aktivitas kucing Anda.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Produk lokal, harganya sangat terjangkau.
  • Ada banyak pilihan rasanya yang pasti disukai kucing.
  • Cocok digunakan saat bermain dan melatih kucing, serta cocok untuk topping makanan kering.
  • Terbuat dari bahan alami, bebas biji-bijian, serta bebas pewarna atau pengawet tambahan.
  • Bisa untuk semua jenis kucing di segala umur.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung lebih banyak air dan sedikit protein.
  • Komposisi bahannya tidak disebutkan dalam kemasan.
Tipe snack Basah
Rasa Tuna, chicken, tuna scallop, tuna shrimp, chicken salmon, seafood, seafood crabstick, tuna hairball, chicken shrimp, dan chicken crabstick
Bebas biji-bijian Ya
Tiga bahan pertama Tidak disebutkan
Manfaat Membantu melengkapi nutrisi dan menambah nafsu makan
Rekomendasi umur Semua umur
Standar keamanan Tidak disebutkan
Protein (min) 5%
Lemak (min) 0.01%
Serat (max) 1%
Kelembapan (max) 92%
Jumlah kalori 370 kcal/kg
Berat bersih 4 x 15 gr
Kisaran harga Rp17.500

8. FD Treats Korea Freeze Dried Snack

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Berbahan daging dan buah asli dari Korea

Dengan desain kemasan botol yang menarik, snack kucing asal Korea ini terbuat dari daging dan buah asli. Tersedia dalam banyak varian rasa, snack ini berbentuk kubus kecil sehingga mudah dinikmati oleh kucing atau anjing Anda.

Proses pembuatan menggunakan teknologi freeze dried membuat FD Treats Korea Freeze Dried Snack aman untuk dikonsumsi hewan kesayangan Anda. Snack ini juga kaya akan vitamin dan protein serta rendah lemak.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat disukai kucing karena rasa dan aromanya seperti bahan baku aslinya.
  • Umur simpannya lama, kurang lebih 24 bulan dari tanggal pembuatan.
  • Ukurannya pas dan mudah dimakan.
  • Proteinnya tinggi, terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa pengawet, aditif, atau bahan kimia buatan.
  • Mengandung vitamin-B, linolenic acid (omega-3), tirosin, dan kolagen yang baik untuk kesehatan.
  • Lebih aman karena dibuat berdasarkan standar HACCP dan pernah mengantongi Korea Brand Awards 2017.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Produk impor dengan harga yang cukup mahal.
  • Informasi pada kemasan berbahasa Korea, sehingga sulit diterjemahkan.
Tipe snack Freeze-dried
Rasa Chicken, chicken pumpkin, chicken liver, chicken heart, duck, salmon, tuna, dll
Bebas biji-bijian Ya
Tiga bahan pertama Bahan alami sesuai rasa
Manfaat Sebagai camilan sederhana atau saat melatih kucing
Rekomendasi umur Semua umur
Standar keamanan Standar HACCP
Protein (min) 60%
Lemak (min) 7%
Serat (max) Tidak disebutkan
Kelembapan (max) 10%
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Berat bersih 40gr – 120gr
Kisaran harga Rp80.000 – Rp265.000

9. Inaba Ciao Churu

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Mudah dijilat dan dicerna oleh kucing senior yang sedang sakit

Anda memiliki kucing dewasa atau senior yang sedang sakit? Snack kucing premium dari Jepang ini bisa dijadikan solusi. Berbahan alami seperti tuna atau ayam sungguhan dan berbentuk likuid, akan membuat kucing Anda senang menjilati dan memakannya tanpa membuat pencernaannya terganggu.

Teksturnya yang basah dan lembap akan membantu agar kucing Anda terhindar dari dehidrasi dengan cara mengisi kembali cairan yang hilang. Selain untuk kucing yang sakit, snack ini juga ideal untuk diberikan pada kucing yang kurang nafsu makan atau tidak banyak minum.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Produk rendah kalori dan tidak bikin gemuk kucing.
  • Cocok untuk kucing yang kesulitan makan, kehilangan nafsu makan, atau sedang sakit.
  • Baik untuk kucing rewel yang mengkonsumsi terlalu sedikit air.
  • Kemasan kecil individual yang nyaman dan tidak mudah tumpah (berantakan).
  • Mengandung bahan-bahan alami, tanpa pengawet atau pewarna buatan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Produk rendah protein.
  • Informasi pada kemasan berbahasa Jepang, sehingga sulit diterjemahkan.
Tipe snack Basah
Rasa Tuna, chicken fillet sasami, tuna colagen, white meat tuna & scallop, tuna katsuobushi, chicken fillet & squid, dll
Bebas biji-bijian Ya
Tiga bahan pertama Bervariasi sesuai rasa
Manfaat Dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan mengatasi infeksi saluran kemih
Rekomendasi umur Dewasa dan senior
Standar keamanan Tidak disebutkan
Protein (min) 7%
Lemak (min) 0.2%
Serat (max) 0.1%
Kelembapan (max) 91%
Jumlah kalori 7 kcal/piece
Berat bersih 4 x 14 gr
Kisaran harga Rp22.000

10. Sheba Melty Snack

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Camilan berkualitas dengan tekstur halus untuk kucing pemilih makanan

Melalui proses memasak yang lembut, Sheba Melty Snack hadir dengan komposisi potongan daging dan ikan asli serta saus halus. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas, snack ini juga hadir dengan berbagai rasa dan tekstur unik yang akan disukai oleh kucing.

Jadi, jangan khawatir bila kucing Anda pemilih dalam hal makanan. Berikan Sheba sebagai topping pada makanan yang tidak disukainya, atau bisa juga dicampur bersama obat-obatan atau vitamin, kucing Anda akan memakannya dengan lahap.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok untuk jenis kucing pemilih. Bisa diletakkan sebagai topping pada makanan yang tidak disukai supaya mereka lahap memakannya.
  • Baik untuk dicampur bersama vitamin atau obat-obatan yang tidak disukai kucing.
  • Terbuat dari daging utuh yang memiliki rasa dan aroma yang tinggi.
  • Teksturnya lembut dan dikemas dalam format yang ramping, menjadikannya lebih mudah saat memberi makan kucing.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Berat kemasan terlalu sedikit menurut sebagian konsumen, sehingga kucing tidak terlalu puas.
  • Mengandung bahan pewarna dan pengental, yang mungkin buruk bagi sebagian kucing.
Tipe snack Basah
Rasa Tuna, katsuo & salmon, tuna & seafood, dan chicken whitefish
Bebas biji-bijian Tidak
Tiga bahan pertama Chicken meat, tuna, thickening agents
Manfaat Dapat membantu meningkatkan nafsu makan kucing
Rekomendasi umur Dewasa > 1 tahun
Standar keamanan Tidak disebutkan
Protein (min) 5%
Lemak (min) 0.2%
Serat (max) 0.5%
Kelembapan (max) 90%
Jumlah kalori 8 kcal/piece
Berat bersih 4 x 12 gr
Kisaran harga Rp26.000

Tabel Perbandingan Snack Kucing

Produk Kit Cat Breath Bites Temptations Snack 85 gr Me-O Creamy Treats Friskies Party Mix Snack Vitakraft Liquid-Snack Bio Creamy Treats Supercat Liquid Snack FD Treats Korea Freeze Dried Snack Inaba Ciao Churu Sheba Melty Snack
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe snack Kering Kering Basah Kering Basah Basah Basah Freeze-dried Basah Basah
Rasa Lamb, beef, tuna, seafood, salmon, dan chicken Creamy dairy, hearty beef, seafood medley, savoury salmon, tantalizing turkey, tasty chicken, dan tempting tuna Chicken liver, bonito, crab, dan salmon Original, mixed grill, beachside, cheezy craze, picnic crunch, dll Salmon, chicken, duck, dan beef Tuna, salmon, chicken tuna, dan chicken scallop Tuna, chicken, tuna scallop, tuna shrimp, chicken salmon, seafood, seafood crabstick, tuna hairball, chicken shrimp, dan chicken crabstick Chicken, chicken pumpkin, chicken liver, chicken heart, duck, salmon, tuna, dll Tuna, chicken fillet sasami, tuna colagen, white meat tuna & scallop, tuna katsuobushi, chicken fillet & squid, dll Tuna, katsuo & salmon, tuna & seafood, dan chicken whitefish
Bebas biji-bijian Tidak Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Ya Ya Tidak
Tiga bahan pertama Corn, rice, corn gluten meal Chicken by-product meal, ground corn, animal fat Chicken liver, chicken meat, chicken carcass Chicken, chicken meal, brewers rice Meat/fish and meat/fish by-products (beef, chicken, duck, salmon), vegetable by-products, milk and dairy products Tuna/salmon/chicken tuna/chicken scallop, chicken liver, linseed oil Tidak disebutkan Bahan alami sesuai rasa Bervariasi sesuai rasa Chicken meat, tuna, thickening agents
Manfaat Bisa membantu mengurangi bau mulut, plak dan karang gigi pada kucing Sebagai camilan saat bermain atau saat melatih kucing Membantu menyeimbangkan nutrisi, meningkatkan penglihatan, serta menyehatkan kulit dan bulu kucing Sebagai hadiah atau camilan lezat Mendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, kulit, bulu, dan kesehatan pencernaan kucing Membantu melengkapi nutrisi dan menambah nafsu makan Membantu melengkapi nutrisi dan menambah nafsu makan Sebagai camilan sederhana atau saat melatih kucing Dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan mengatasi infeksi saluran kemih Dapat membantu meningkatkan nafsu makan kucing
Rekomendasi umur Semua umur Semua umur Di atas 2 bulan Dewasa >1 tahun Di atas 3 bulan Kitten (1-12 bulan), adult (>12 bulan) Semua umur Semua umur Dewasa dan senior Dewasa >1 tahun
Standar keamanan Standar ISO 9001, Standar Global BRC untuk keamanan pangan, GMP, HACCP dan ISO 14001. Standar AAFCO Tidak disebutkan Standar AAFCO Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Standar HACCP Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Protein (min) 30% 30-41.5% 5% 29-30% 3,50% 6% 5% 60% 7% 5%
Lemak (min) 15% 17% 2% 15% 3,50% 0.5-0.6% 0,01% 7% 0,20% 0,20%
Serat (max) 4% 4,50% 1% 4% 0,50% 3% 1% Tidak disebutkan 0,10% 0,50%
Kelembapan (max) 10% 12% 85% 8-10% 88,50% 89% 92% 10% 91% 90%
Jumlah kalori 3410 kcal/kg 3850 kcal/kg Tidak disebutkan 3910-4110 kcal/kg; 1.2-1.4 kcal/piece Tidak disebutkan Tidak disebutkan 370 kcal/kg Tidak disebutkan 7 kcal/piece 8 kcal/piece
Berat bersih 60 gr 85 gr 4 x 15 gr 60 gr 6 x 15 gr 4 x 15 gr 4 x 15 gr 40gr – 120gr 4 x 14 gr 4 x 12 gr
Kisaran harga Rp14.800 Rp27.450 Rp27.000 Rp22.995 Rp39.000 – Rp45.000 Rp20.589 Rp17.500 Rp80.000 – Rp265.000 Rp22.000 Rp26.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Snack kucing bermanfaat untuk variasi makanan dan menambah asupan nutrisi harian kucing. Snack diberikan untuk kucing Anda sebagai selingan, latihan, atau hadiah agar kucing Anda lebih bugar dan ceria. Namun jangan sampai pemberian snack membuat kucing Anda tidak berminat dengan makanan utamanya.

Berikan kucing Anda snack dengan bahan dan porsi yang disarankan sesuai usia dan ukuran agar kesehatannya tetap terjaga. Maka dari itu, pilihlah snack kucing berdasarkan beberapa poin penting seperti yang telah kami uraikan di atas. Ucapkan “selamat ngemil” untuk anak bulu Anda!

Referensi

Cat Treats
https://vcahospitals.com/know-your-pet/cat-treats diakses pada 24 Juli 2021

The Pros and Cons of Different Types of Cat Food
https://discover.hubpages.com/animals/Why-good-quality-nutrition-is-important-for-your-cat diakses pada 24 Juli 2021

YOUR HEALTHY PET TREAT BUYING GUIDE
https://www.onlynaturalpet.com/blogs/holistic-healthcare-library/your-healthy-pet-treat-buying-guide diakses pada 24 Juli 2021

Find the Best Cat Treat Brands
https://www.consumeraffairs.com/pets/cat-treats/ diakses pada 24 Juli 2021

The Best Cat Food Buying Guide – 2021
https://animalcorner.org/best-cat-food/ diakses pada 24 Juli 2021

10 Best Cat Treats in 2021 – Reviews & Top Picks
https://excitedcats.com/best-cat-treats/ diakses pada 24 Juli 2021

What Food Tastes Like to a Cat
https://www.seeker.com/what-food-tastes-like-to-a-cat-1770368272.html diakses pada 24 Juli 2021

Cat food: My cat loves eating!
https://www.affinity-petcare.com/en/cat-food-my-cat-loves-eating diakses pada 24 Juli 2021

Cat Food for All Ages: How (and What) to Feed Your Cat During Every Stage of Life
https://be.chewy.com/ages-stages-cat-food/ diakses pada 24 Juli 2021

You may also like

Comments are closed.