Written by 01:15 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik

Masker tidak hanya digunakan untuk menghindari penyebaran virus, tapi juga digunakan untuk mencegah polusi udara atau zat berbahaya masuk ke saluran pernapasan. Berdasarkan fungsi dan lingkungan kerja, dibutuhkan masker berjenis tertentu yang mempertimbangkan ketahanan dan keamanan bagi penggunanya, contohnya masker antidebu.

3M, Onemed, dan eGee-Pro adalah beberapa contoh produsen yang membuat masker antidebu dengan fitur-fitur andalan dan sudah beredar di pasaran. Untuk mendapatkan masker antidebu yang sesuai, pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal yang hendak kami ulas di sini. Tak lupa, kami rekomendasikan pula produk terbaik agar Anda semakin mudah menentukan pilihan.

Cara Memilih Masker Antidebu

Memilih masker antidebu tidak bisa sembarangan, karena akan berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan Anda saat memakainya. Anda harus mempertimbangkan rating yang sesuai dengan lingkungan penggunaannya, frekuensi penggunaan, tipe, ukuran, dan kekuatan strap-nya. Di bawah ini akan dijelaskan lebih detail mengenai cara memilih masker antidebu dengan tepat.

Pilih Masker dengan Rating sesuai Lingkungan Penggunaannya

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih masker adalah perhatikan rating sesuai dengan lingkungan penggunaannya. Masker harus memenuhi standar rating yang umum dipakai, yakni NIOSH, air filtration rating dari National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) Amerika.

Rating masker terdiri dari huruf dan angka. Huruf menunjukkan ketahanan masker terhadap aerosol dari bahan minyak, sedangkan angka menunjukkan persentase efektivitas filtrasi masker dalam menyaring partikel berdiameter 0,3 mikron atau lebih dari udara yang terhirup.

Tiga macam kelas atau rating masker yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Kelas N: masker yang tidak resistan terhadap aerosol minyak. Terdiri dari tiga jenis, yaitu N95, N99, dan N100. Sebagai gambaran, masker N95 berarti mampu menyaring 95% partikel.
  • Kelas R: masker yang resistan terhadap minyak hingga delapan jam. Jenis-jenisnya adalah R95, R99, dan R100.
  • Kelas P: masker yang sangat resistan terhadap minyak, dengan tiga jenis masker, yaitu P95, P99, dan P100.

Sebagai catatan, beberapa masker tidak memiliki rating bawaan, karena kelas atau rating ini disematkan pada bagian filter/cartridge dari masker yang dapat diganti dengan yang baru. Sebaiknya, jangan memakai masker yang terlalu kedap jika memang tidak diperlukan, karena akan menyebabkan Anda kesulitan bernapas.

Pilih Tipe Masker sesuai Frekuensi Penggunaan, Disposable atau Reusable?

Berikutnya, pertimbangkan tipe masker sesuai penggunaan, apakah disposable atau reusable? Disposable berarti sekali pakai atau pemakaian dengan durasi jangka pendek. Masker jenis ini paling banyak digunakan oleh orang awam untuk menghindari polusi, debu, atau saat sedang flu.

Sedangkan, masker reusable berarti bisa digunakan berkali-kali atau pemakaian jangka panjang. Masker jenis ini ideal untuk pekerja di lingkungan berisiko terekspos banyak elemen, dengan kemampuan melindungi penggunanya dari materi partikulat dan zat berbahaya lainnya.

Jika Memilih Masker Reusable, Tentukan juga Tipenya

Ada dua tipe masker reusable tergantung dari tingkat eksposur pengguna atau tingkat kenyamanan yang dibutuhkan, yaitu half-face dan full-face. Keduanya memiliki cartridge gas dan uap air, cartridge kombinasi, dan filter yang dapat diganti, dengan syarat berasal dari pabrik yang sama. Sekarang mari kita bahas soal half-face dan full-face satu per satu.

Half-face: Bobot Ringan dan Harganya Lebih Terjangkau

Masker half-face menutupi bagian bawah dari wajah Anda, yaitu hidung dan mulut. Terbuat dari karet silikon dan nyaman bagi orang berkacamata, masker ini dapat memberikan perlindungan dari gas, asap, debu, uap, cetakan, serta partikel udara yang berbahaya dan partikulat lainnya.

Dengan bobot ringan dan harga yang lebih terjangkau, masker ini memiliki filter yang mampu bertahan selama 40 jam. Lebih dari itu, Anda tidak boleh menggunakannya lagi dan harus menggantinya dengan yang baru. Meski demikian, Anda dapat mengganti berbagai tipe cartridge pada masker ini untuk menghadapi jenis-jenis pencemaran udara yang berbeda.

Full-face: Perlindungan Menyeluruh Sampai ke Mata

Masker full-face adalah masker yang melindungi seluruh wajah Anda, termasuk mata. Masker ini cocok digunakan di lingkungan yang mewajibkan Anda untuk melindungi mata dan seluruh wajah agar terhindar dari risiko iritasi akibat percikan atau semburan bahan kimia atau elemen berbahaya lainnya.

Mempunyai cara kerja sebagai pemurni udara serta memiliki fitur-fitur yang sama seperti masker half-face, masker full-face memberikan proteksi yang lebih baik untuk mata, hidung, dagu, dan mulut. Namun, hati-hati jika Anda menggunakan kacamata, karena tangkai kacamata akan mempengaruhi segel pengamannya.

Agar Isolasinya Sempurna, Pastikan Ukurannya Pas

Masker jenis ini atau disebut juga dengan respirator, biasanya menyediakan tiga macam ukuran, yaitu small, medium, dan large. Ukuran masker ditentukan dari ukuran karet pengaman.

Jika Anda memiliki wajah yang relatif besar, maka Anda membutuhkan karet pengaman yang lebih besar. Jika Anda memiliki janggut, pastikan respirator menutupi seluruh wajah termasuk janggut, untuk menghindari zat beracun masuk ke dalam masker melalui sela-sela antara wajah dan janggut Anda.

Pilih yang Strap-nya Kuat supaya Tidak Terdapat Celah di Sekitar Masker

Terakhir, pilih strap atau tali pengikat kepala yang kuat. Pastikan jumlah tali lebih dari satu, agar kuat menarik masker hingga cukup ketat menutupi hidung, pipi, dan dagu Anda. Dengan demikian, wajah dan pernapasan Anda akan lebih terlindungi.

Pilihlah masker dengan dua tali pengikat, karena masker tersebut memiliki lapisan filtrasi, termasuk pre-filter untuk menahan debu kasar, karbon kasar, debu halus, dan bau.

10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik

Anda telah mengetahui berbagai tipe masker beserta fungsi dan kesesuaian dengan lingkungan penggunaannya. Selain itu, Anda juga sudah mengetahui bagaimana memilih masker serta penggunaan masker yang tepat.

Kini, Anda dapat memilih mana masker antidebu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan rekomendasi dari kami di bawah ini. Selamat menentukan!

1. 3M Particulate Respirator 8210V

Sumber: 3m.com

Dengan katup Cool Flow ™ 3M™ yang membuat pemakainya tetap sejuk dan nyaman

Respirator debu partikulat buatan 3M ini mempunyai fitur katup Cool Flow™ 3M™ yang dapat mengurangi penumpukan panas di dalam respirator agar pernapasan pemakainya tidak terganggu, sekaligus tetap sejuk dan nyaman selama digunakan.

Selain itu, masker ini juga memiliki busa bantalan hidung dan dua tali pengikat yang dipasang di dua titik ganda. Keduanya dapat disesuaikan dengan kenyamanan sekaligus memberikan keamanan bagi pemakainya. Cocok untuk digunakan di lokasi yang berdebu, panas, atau dipakai dalam waktu lama.

RatingN95
TipeDisposable
Isi kemasan10 masker
UkuranStandar
Kisaran hargaRp295.000

2. 3M Full Facepiece Reusable Respirator 6800

Sumber: 3m.com

Masker full-face yang ringan, nyaman, dan aman

Dilengkapi dengan lensa besar di bagian mata, masker tipe full-face ini dapat memberikan bidang pandang yang luas dan visibilitas yang baik. Dengan pemurni udara, respirator udara, dan juga katup 3M Cool Flow™, masker ini memberikan kenyamanan yang sejuk dan kering bagi pemakainya.

Bobot masker didesain ringan dan terjaga keseimbangannya, disertai penutup silikon untuk meningkatkan daya tahan dan mudah saat dibersihkan. Masker ini cocok untuk digunakan di lokasi pekerjaan yang rentan menghadapi berbagai macam gas, uap, serta partikulat berbahaya lainnya.

RatingTidak ada (belum termasuk filter/cartridge)
TipeFull-face
Isi kemasan1 masker
UkuranMedium
Kisaran hargaRp2.600.000

3. Onemed N95 Particulate Respirator

Menutup mulut dan hidung dengan sempurna, napas tetap lega

Masker N95 keluaran OneMed ini memiliki filtrasi yang tinggi dan efisien. Sehingga, masker dapat menutup mulut dan hidung dengan sempurna, namun pemakai tetap dapat bernapas dengan lega.

Untuk menambah kenyamanan pemakainya, bagian hidung pada masker terdapat busa di bagian dalam yang dapat disesuaikan untuk segel keamanan. Masker ini cocok digunakan sehari-hari untuk mencegah penularan virus dan melindungi pernapasan dari debu halus.

RatingN95
TipeDisposable
Isi kemasan20 masker
UkuranTidak disebutkan
Kisaran hargaRp340.000

4. 3M Half Facepiece Reusable Respirator 7502

Sumber: 3m.com

Dengan harness kepala ganda untuk mode standar atau drop-down

Sama seperti masker produksi 3M lainnya, respirator ini juga dilengkapi dengan fitur katup CoolFlow™ 3M™ yang akan membantu mempermudah pernapasan dan pengabutan. Respirator masker ini dapat dilepas tanpa harus melepas harness kepala saat sedang berada di area yang tidak terkontaminasi karena adanya fitur drop-down.

Masker ini dapat memberikan perlindungan pernapasan terhadap partikulat dan berbagai macam gas dan uap, hingga 10 kali batas Permissible Exposure Limit (PEL). Penggunaan yang direkomendasikan untuk penanganan bahan kimia, konstruksi, pertambangan, farmasi, dan area berisiko tinggi lainnya.

RatingTidak ada (belum termasuk filter/cartridge)
TipeHalf-face
Isi kemasan1 masker
UkuranMedium
Kisaran hargaRp350.000

5. Hamlin Jerry Masker Kn95

Sumber: Hamlin.id

Masker modis dengan dual filter antivirus

Masker produksi Hamlin ini selain berfungsi untuk melindungi dari partikel debu, kotoran, dan virus, juga cocok untuk Anda yang suka fashion. Dibuat dengan desain yang modis dan bahan yang lembut, disertai dual filter antivirus, masker ini aman dan nyaman untuk dipakai sehari-hari, serta mudah untuk bernapas.

Meski harganya cukup tinggi, masker ini dapat dicuci ulang sehingga lebih hemat. Cukup gunakan deterjen lembut dan cuci masker dengan tangan, masker ini dapat Anda gunakan kembali.

RatingKN95
TipeKain
Isi kemasan1 masker
UkuranTidak disebutkan
Kisaran hargaRp224.000

6. Sherlock Masker Respirator with Dual Valve with N99 Carbon Filter

Sumber: Shopee.co.id

Pengait telinga yang bisa disesuaikan dan katup udara ganda

Sherlock Masker Respirator with Dual Valve with N99 Carbon Filter adalah masker sekelas N95 atau respirator tetapi bisa dicuci ulang. Terbuat dari kain katun dengan 3 lapisan, serta filter respirator dalam celah masker, membuat masker ini mampu menghadang polusi, debu, asap, bakteri, dan virus.

Selain itu, masker ini memiliki katup udara ganda yang berfungsi untuk mengurangi udara panas dan lembab, juga pengait telinga yang dapat disesuaikan sehingga nyaman dipakai dan tidak menyebabkan sakit pada telinga.

RatingN99
TipeKain
Isi kemasan2 masker
UkuranTidak disebutkan
Kisaran hargaRp224.000

7. eGee-Pro Reusable Respiratory Face Mask GP320

Memiliki partisi antara ruang hidung dan mulut

Agar mencapai kebersihan yang baik dan kenyamanan dalam bernapas, eGee-Pro menciptakan masker respirator yang memiliki partisi antara ruang hidung dan mulut. Jadi ketika setiap kali pengguna berbicara, partisi tersebut akan memisahkan tetesan yang dihasilkan dari mulut ke hidung hingga meminimalisir bau tak sedap.

Masker ini pun menggunakan plastik keras sehingga permukaan dalamnya tidak menyentuh kulit hidung, mencegah rasa gatal, dan mengurangi risiko tetesan udara yang tertinggal di lapisan filter bagian dalam. Masker ini sangat cocok untuk Anda yang memperhatikan kesehatan dan keamanan keluarga dari ancaman virus!

RatingN95
TipeHalf-face
Isi kemasan1 masker
UkuranTidak disebutkan
Kisaran hargaRp169.000

8. 3M Half Facepiece Reusable Respirator 6200

Sumber: 3m.com

Respirator yang dapat dibongkar, dibersihkan, dan digunakan kembali

Digunakan untuk pekerjaan berisiko, respirator setengah wajah ini memiliki penutup wajah yang lembut dan nyaman dengan tali kepala yang dapat disesuaikan, serta desain cartridge ke belakang untuk menjaga keseimbangan dan jarak pandang.

Seperti produksi 3M seri 6000 lainnya, masker ini digunakan bersama cartridge dan filter, yang akan melindungi pemakai terhadap partikulat serta berbagai macam gas dan uap yang berbahaya bagi kesehatan. Kartrid dan filter dapat diganti, sementara masker dapat dibongkar, dibersihkan, dan digunakan kembali untuk menghemat biaya.

RatingTidak ada (belum termasuk filter/cartridge)
TipeHalf-face
Isi kemasan1 masker
UkuranMedium
Kisaran hargaRp290.000

9. eGee-Pro Reusable Face Mask GP620

Masker isi ulang dengan standar setara dengan N95

Masker keluaran eGee-Pro ini berstandar higienis yang lebih tinggi karena memiliki partisi di antara hidung dan mulut, sekaligus memudahkan pernapasan dan menangkal bau dari lingkungan sekitar. Dengan tingkat filtrasi setara N95, masker ini efektif untuk menyaring virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya.

Karena berbahan plastik berkualitas tinggi food grade, eGee-Pro Reusable Face Mask GP620 dapat dicuci dan digunakan kembali, sementara kartrid dapat diisi ulang. Kenyamanan penggunanya pun diperhatikan dengan penutup silikon, katup pembuangan udara, dan gesper magnet agar tetap nyaman meski dipakai berjam-jam dengan penggunaan yang berat seperti di pabrik dan area luar.

RatingN95
TipeHalf-face
Isi kemasan1 masker
UkuranTidak disebutkan
Kisaran hargaRp269.000

10. 3M™ Full Facepiece Reusable Respirator 7800S-L

Sumber: 3m.com

Kompatibel dengan kartrid seri lain untuk perlindungan lebih aman

Respirator seri 7000 dari 3M ini mempunyai flange ganda dan 6 tali pengikat yang dapat disesuaikan. Tersedia dalam 2 mode respirator, yaitu pemurni udara dan pemurni udara bertenaga, masker ini dapat digunakan dengan lensa las untuk pekerjaan yang berisiko tinggi terkena paparan partikulat berbahaya.

Masker ini bisa digunakan dengan filter atau kartrid 3M seri lain, kartrid kombinasi, dan juga kompatibel dengan sistem udara bertenaga untuk membantu menyaring berbagai partikel, gas, dan uap. Namun tidak disarankan untuk digunakan dengan sistem alat bantu pernapasan mandiri meskipun sesama produk 3M™.

RatingTidak ada (belum termasuk filter/cartridge)
TipeFull-face
Isi kemasan1 masker
UkuranLarge
Kisaran hargaRp10.000.000

Tabel Perbandingan Masker Antidebu

Produk3M Particulate Respirator 8210V3M Full Facepiece Reusable Respirator 6800Onemed N95 Particulate Respirator3M Half Facepiece Reusable Respirator 7502Hamlin Jerry Masker Kn95Sherlock Masker Respirator with Dual Valve with N99 Carbon FiltereGee-Pro Reusable Respiratory Face Mask GP3203M Half Facepiece Reusable Respirator 6200eGee-Pro Reusable Face Mask GP6203M Full Facepiece Reusable Respirator 7800S-L
RatingN95Tidak ada (belum termasuk filter/cartridge)N95Tidak ada (belum termasuk filter/cartridge)KN95N99N95Tidak ada (belum termasuk filter/cartridge)N95Tidak ada (belum termasuk filter/cartridge)
TipeDisposableFull-faceDisposableHalf-faceKainKainHalf-faceHalf-faceHalf-faceFull-face
Isi kemasan10 masker1 masker20 masker1 masker1 masker2 masker1 masker1 masker1 masker1 masker
UkuranStandarMediumTidak disebutkanMediumTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanMediumTidak disebutkanLarge
Kisaran hargaRp295.000Rp2.600.000Rp340.000Rp350.000Rp224.000Rp224.000Rp169.000Rp290.000Rp269.000Rp10.000.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi masker medis dari PickyBest lainnya!

Setiap masker didesain dengan fungsinya masing-masing. Pada artikel ini, Anda telah melihat banyaknya pilihan masker dengan fungsi menghalau debu.

Apabila Anda membutuhkan masker sekali pakai yang mampu menghalau virus, debu, hingga partikel kecil lain, kami telah rangkum informasinya pada artikel berikut. Silakan baca dan temukan produk terbaik Anda!

Kesimpulan

Menggunakan masker memang perlu untuk keamanan, keselamatan, dan kenyamanan Anda. Namun, penggunaannya harus sesuai dengan kepentingan dan lingkungan tempat Anda berada. Jika Anda berada di lingkungan berdebu, gunakanlah masker antidebu yang didesain untuk menghalau debu.

Dari sepuluh masker antidebu terbaik yang kami rekomendasikan, kami harap Anda dapat menentukan mana masker antidebu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih, semoga Anda puas dengan masker pilihan Anda!

Referensi

NIOSH air filtration rating
https://en.wikipedia.org/wiki/NIOSH_air_filtration_rating diakses pada 21 Januari 2021

Choosing a surgical mask or respirator
http://guide.medicalexpo.com/choosing-a-surgical-mask-or-respirator/ diakses pada 21 Januari 2021

Picking the Right Dust Mask
https://thecraftsmanblog.com/picking-the-right-dust-mask/ diakses pada 21 Januari 2021

Different Types of Dust Masks and Which one Should you Choose
https://www.protectivemasksdirect.co.uk/blog/different-types-of-dust-masks-and-which-one-should-you-choose/ diakses pada 21 Januari 2021

Dust Masks: When to Reuse, When to Toss Out
https://ehsdailyadvisor.blr.com/2018/04/dust-masks-reuse-toss/ diakses pada 21 Januari 2021

Half face vs full face respirator – what’s best?
https://www.euromarc.co.nz/blog-detail/half-face-vs-full-face-respirator-whats-best/97.aspx diakses pada 21 Januari 2021

How to Choose between Half Face VS Full Face Respirators?
https://www.respiratorshop.co.uk/blog/how-to-choose-between-half-face-vs-full-face-respirators diakses pada 21 Januari 2021

UNDERSTANDING RESPIRATOR SELECTION: FULL FACE, HALF MASK OR HOOD RESPIRATOR
https://mybreathbuddy.com/blogs/blog/understanding-respirator-selection-full-face-half-mask-or-hood-respirator diakses pada 21 Januari 2021

What Is the Proper Way to Size a Respirator?
https://pksafety.com/blog/what-is-the-proper-way-to-size-a-respirator/ diakses pada 21 Januari 2021

How to Decide What Type of Dust Mask I Should Be Wearing
https://www.rockler.com/how-to/how-to-decide-what-type-of-dust-mask-i-should-wearing diakses pada 21 Januari 2021

(Visited 94 times, 1 visits today)