Perawatan Hewan

10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik

Anjing adalah hewan yang senang bermain sampai tubuhnya kotor. Berguling-guling di atas tanah dan lumpur adalah hobinya. Alhasil, pemilik dituntut aktif menjaga kebersihan anabul kesayangan. Salah satunya, dengan memastikan bahwa sampo mandinya adalah sampo terbaik yang paling cocok untuknya.

Merek sampo anjing yang beredar terbilang banyak, misalnya Kin+Kind, TropiClean, dan Volk. Di artikel ini, kami menjabarkan cara memilih sampo anjing yang benar. Tidak hanya itu, kami juga telah merangkum sepuluh sampo anjing terbaik yang dapat Anda temukan di marketplace. Simak pembahasannya, ya!

Cara Memilih Shampo Anjing

Memilih sampo anjing tidak segampang kedengarannya. Terdapat sederet aspek yang perlu diperhatikan, mulai dari jenis sampo itu sendiri, karakteristik kulit dan bulu anjing Anda, bahan baku, bahan tambahan, dan bahan-bahan yang mungkin harus dihindari.

Tentukan Dulu Jenis Sampo Macam Apa yang Anjing Anda Perlukan

Semua sampo memang sama-sama memiliki fungsi pembersihan, namun bukan berarti semuanya setara. Terdapat berbagai macam jenis sampo yang peruntukkan dan efeknya berbeda-beda. Sebab itu, Anda mesti mencari tahu kebutuhan anjing Anda terlebih dulu.

Bila anjing Anda ada punya masalah kutu atau tungau, maka pilihlah sampo flea and tick yang memiliki kandungan insektisida. Sementara itu, bila kulitnya mengalami infeksi jamur ataupun infeksi kulit lain yang tidak kunjung membaik walau sudah dimandikan dengan berbagai sampo, maka opsi terbaik buat Anda adalah sampo obat (medicated shampoo). Sampo ini juga cocok digunakan pada anjing yang gatal-gatal.

Selanjutnya, jika anjing Anda punya kulit sensitif atau mudah alergi, maka berikan ia sampo hypoallergenic. Sampo seperti ini memakai bahan alami sehingga lebih jarang memicu alergi. Selain itu, ada pula sampo whitening/brightening yang fungsinya mencerahkan bulu anabul Anda. Tapi, sampo ini hanya cocok digunakan pada anjing berbulu putih atau warna terang lainnya.

Pilih Sampo yang Sesuai dengan Karakteristik Bulu Anjing Anda

blank

Sebagaimana rambut manusia, bulu tiap anjing punya karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan karakteristik bulu ini dapat dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah ras anjing itu sendiri. Akibatnya, kebutuhan sampo tiap anjing pun berbeda-beda.

Anjing berbulu pendek—contohnya ras doberman dan pug—memiliki permukaan kulit yang lebih sensitif. Sebab itu, sampo hypoallergenic berbahan baku alami yang kandungannya ringan adalah pilihan yang paling aman. Hal yang sama kurang lebih juga berlaku untuk anjing berbulu sedang, tetapi Anda dapat pilih yang kandungannya sedikit lebih kuat.

Sementara itu, anjing berbulu tebal dan lebat seperti golden retriever dan pomeranian, memerlukan sampo yang mampu menembus lapisan bulu sampai ke kulit, namun di saat yang sama juga mudah dibilas. Untuk membuatnya selalu lembut dan tak mudah kusut, Anda juga bisa memakai sampo yang mengandung conditioner.

Bila bulu anjing Anda sering rontok (shedding), utamakanlah sampo yang mengandung vitamin E dan asam lemak omega. Selain itu, perhatikan juga warna bulu anjing Anda. Anjing berbulu putih atau warna terang lain mudah terlihat kusam sekalipun rajin dimandikan. Sebab itu, pastikan memilih sampo yang bersifat whitening atau brightening untuk menjaga kecerahannya.

Utamakan Sampo dari Bahan Alami

blank

Di poin sebelumnya kami telah menyinggung bahwa sampo terbaik untuk anjing dengan kulit sensitif adalah sampo berbahan baku alami karena sifatnya yang lembut dan hypoallergenic. Kendati begitu, walaupun kulit anjing Anda tidak sensitif, penggunaan sampo berbahan baku alami pada dasarnya tetap lebih baik.

Aloe vera alias lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang sering dipakai sebagai bahan baku sampo anjing. Tanaman ini memiliki properti antibakteri sekaligus antiinflamasi, serta secara alami menjaga kelembapan kulit. Sampo dengan bahan baku lidah buaya sangat ideal buat anjing yang memiliki kulit kering atau sensitif.

Bahan alami lain yang juga banyak dijadikan bahan baku sampo anjing adalah oatmeal. Makanan yang memiliki nama lain havermut ini efektif meredakan gatal pada kulit. Selain itu, oatmeal juga bersifat melembapkan dan memperlembut bulu. Jadi, bila anjing Anda sering menggaruk-garuk tubuh, sampo oatmeal mungkin bisa menjadi solusinya.

Selain kedua bahan di atas, masih banyak lagi bahan alami lain yang manfaatnya baik untuk anjing Anda, misalnya kunyit, chamomile, minyak kelapa, dan seterusnya. Sebab itu, sebelum membeli sampo berbahan baku alami, pelajarilah terlebih dulu apa saja manfaat dari tiap bahan yang terkandung. Pastikan kandungan di dalamnya memang cocok dengan kebutuhan anjing Anda.

Waspadalah terhadap Bahan-bahan Berikut Ini

blank

Setelah tahu bahan-bahan alami apa yang bisa Anda cari, sekarang kita pelajari bahan-bahan apa yang perlu dihindari. Perlu diingat bahwa tiga kategori bahan berbahaya yang kami bahas di bawah ini hanya sebagian kecil saja. Sebab itu, agar tidak kecolongan, kami sarankan untuk mempelajari tiap kandungan yang ada pada sampo yang mau Anda beli.

Pewangi Tambahan

Meski membuat anjing Anda lebih wangi, sebaiknya sampo dengan pewangi tambahan dihindari saja. Pasalnya, sampo berpewangi tambahan biasanya mengandung beragam bahan kimia berbahaya, contohnya pthalates. Kandungan ini dapat mengganggu keseimbangan hormon anjing Anda.

Di samping itu, anjing bukanlah hewan yang menyukai wangi-wangian. Sampo berpewangi tambahan dapat mengacaukan indera penciumannya yang sensitif. Hal ini dapat memicu alergi dan sederet masalah kesehatan yang lain. Jadi, selama sampo ampuh menghilangkan bau tak sedap dari badan, sampo tersebut sudah bagus, sekalipun tidak seberapa wangi.

Pewarna Buatan

Selain bebas pewangi tambahan, pastikan pula sampo anjing Anda bebas dari pewarna buatan. Sama seperti pewangi tambahan, pewarna buatan juga mengandung berbagai bahan kimia yang berpotensi bahaya. Dampak terparahnya bahkan dapat memicu kanker buat si anabul.

Untuk mengetahui apakah sampo mengandung pewarna buatan atau tidak, Anda bisa perhatikan warna cairannya. Jika terlihat tidak natural atau terlalu mencolok, kemungkinan besar sampo tersebut mengandung pewarna tambahan.

Beberapa Jenis Pengawet

Agar bisa tahan lama, semua sampo anjing tentu mengandung bahan pengawet. Biar begitu, terdapat beberapa jenis bahan pengawet yang perlu Anda hindari karena bahayanya. Beberapa di antaranya adalah paraben, sodium benzoat, isothiazolinone, dan formaldehyde.

Masing-masing kandungan di atas memiliki dampak negatif yang berbeda-beda. Mulai dari alergi, iritasi kulit, masalah kesuburan, hingga kanker. Sebab itu, jika produk yang mau Anda beli mengandung salah satu pengawet tersebut maupun turunannya, maka tak perlu pikir dua kali untuk beralih ke kandidat sampo yang lain.

Hal yang Mesti Diketahui soal Sampo dengan Conditioner

blank

Di pasaran Anda bakal menemukan banyak sampo dengan tambahan conditioner. Sampo seperti ini memiliki manfaat tambahan untuk melembapkan, melembutkan, serta menjaga elastisitas bulu. Sederet manfaat ini mungkin membuat Anda berpikir bahwa tidak ada alasan untuk tak menggunakan sampo conditioner. Tetapi, sebenarnya terdapat beberapa pertimbangan yang mesti Anda ketahui.

Fungsi conditioner yang melembutkan bakal membuat bulu anjing turun. Alhasil, anjing yang bulunya tipis bakal terlihat seolah lebih kurus. Karena itu, sampo yang mengandung conditioner lebih tepat digunakan untuk anjing yang bulunya tebal. Fungsi pelembutan conditioner jadi lebih tepat sasaran karena bulu yang tebal dan panjang sering mengalami kekusutan.

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan frekuensi mandi anjing Anda. Bila Anda memandikannya lebih dari satu kali dalam sebulan, maka sampo conditioner menjadi pilihan yang lebih baik. Pasalnya, memandikan anjing sering-sering dapat membuat kulit dan bulunya kering. Di sinilah fungsi pelembapan conditioner menemukan tempatnya. Hal yang sama juga berlaku buat anjing yang mengalami gatal-gatal karena salah satu sebab gatal yang paling umum adalah kulit yang kering.

Untuk Anak Anjing, Prioritaskan Sampo yang Memang Dibuat untuk Anak Anjing

blank

Sampo anjing dewasa boleh digunakan pada anak anjing. Pengecualian ada pada sampo obat karena kandungannya terlalu kuat buat kulit anak anjing yang memang masih sensitif. Biar begitu, tetaplah prioritaskan sampo yang secara khusus diformulasikan untuk anak anjing.

Pasalnya, sampo khusus anak anjing memiliki kandungan yang paling lembut dan minim bahan tambahan macam-macam. Banyak pula di antaranya yang aman terkena mata (tearless) sehingga memudahkan pula proses pembasuhan.

Perihal Sampo Tanpa Air, Apakah Memang Efektif?

blank

Anda mungkin sudah pernah mendengar yang namanya sampo tanpa air dengan klaimnya yang bisa membersihkan tubuh anjing tanpa dimandikan. Bentuk sampo ini bervariasi, ada yang bubuk, foam, dan spray.

Pengaplikasiannya yang mudah dan praktis karena tidak perlu air membuatnya sangat populer. Kendati demikian, apakah sampo ini memang efektif menjaga kebersihan anabul?

Di kulit anjing, terdapat kelenjar sebaceous yang fungsinya memproduksi sebum atau minyak yang berperan menjaga fleksibilitas dan kelembapan kulit. Supaya kulit selalu sehat, sisa minyak ini harus dibersihkan secara rutin. Hal ini pulalah yang dilakukan oleh sampo tanpa air. Ketika diaplikasikan, sampo ini menyerap sebum, sel kulit mati, dan kotoran di bulu dan permukaan kulit anjing.

Masalahnya, kotoran yang telah diserap ini lantas berakumulasi hingga akhirnya menjadi kotoran baru. Jika hanya menggunakan sampo tanpa air, sisa kotoran ini akan terus menempel di tubuh anjing dan menyebabkan masalah kebersihan yang baru. Alhasil, anjing tetap harus dimandikan agar seluruh sisa kotoran ini terbilas semua.

Kesimpulannya, sampo tanpa air boleh saja digunakan, namun tidak bisa menggantikan sesi mandi yang benar dengan sampo biasa. Kalau tertarik, Anda dapat menggunakan sampo ini pada interval mandi agar anjing Anda selalu wangi dan terkesan bersih. Namun, jangan lupa untuk tetap memandikannya secara rutin, ya!

Minta Rekomendasi dari Dokter Hewan Anda

blank

Selain diri Anda sendiri, orang yang paling tahu terhadap kondisi dan kebutuhan anjing Anda adalah dokter hewan langganan Anda. Sebab itu, jika Anda tidak yakin terhadap kebutuhan anjing Anda, jangan ragu untuk menanyakan jenis dan merek sampo yang direkomendasikan oleh dokter.

Kendati demikian, bila Anda tidak punya akses ke dokter hewan, seluruh pembahasan kami di artikel ini mestinya sudah cukup menyeluruh untuk membantu Anda menemukan merek sampo anjing terbaik.

10 Rekomendasi Shampo Anjing Terbaik

Setelah memahami cara memilih sampo anjing dengan benar, sekarang Anda tinggal belanja saja. Di bawah ini telah kami rangkum sepuluh sampo anjing terbaik yang sangat pantas Anda pertimbangkan. Jangan lupa untuk menyeleksinya sesuai penjabaran di bagian cara memilih, ya!

1. Earthbath Oatmeal & Aloe Shampoo

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Perpaduan oatmeal dan lidah buaya untuk

Sampo Earthbath ini mengandung perpaduan dua bahan baku alami yang manfaatnya buat anjing tak perlu diragukan lagi, yakni oatmeal dan aloe vera. Kombinasi ini menghasilkan formula yang ampuh meredakan gatal, iritasi kulit, serta menjaga kelembapan. Menariknya lagi, sampo ini cocok pula digunakan pada hewan berbulu lain, misalnya kucing dan kelinci.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efektif melegakan gatal.
  • Ampuh meredakan alergi yang disebabkan kutu.
  • Membuat bulu terasa lebih lembut dan antikusut.
  • Aromanya tidak terlampau kuat sehingga lebih nyaman untuk penciuman anjing.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya cukup mahal.
Kegunaan Meredakan kulit sensitif, kering, dan gatal
Ukuran kemasan 472 mL
Kisaran harga Rp280.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. TropiClean Spa Lavish Comfort Pet Shampoo

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Membuat bulu lebih sehat dan indah, sekaligus mengurangi stres anjing

Kiwi dan sederet vitamin esensial menjadi nilai lebih dari sampo buatan TropiClean ini. Buah berbulu halus ini memiliki manfaat pelembapan yang akan membuat kulit dan bulu anjing Anda lebih sehat dan indah. Sebagai pelengkap formula, terdapat juga campuran lavender, oatmeal, dan ketimun yang memberi efek aromaterapi berupa pengurangan stres.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Aromanya enak tapi tidak menyengat.
  • Mudah dibilas.
  • Membuat bulu kelihatan lebih cerah, terutama untuk bulu berwarna putih.
  • Aman terkena mata (tearless).

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya bukan yang paling murah.
Kegunaan Melembutkan kulit dan bulu, serta memberi efek pelegaan
Ukuran kemasan 473 mL
Kisaran harga Rp144.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. TropiClean Medicated Oatmeal & Tea Tree Pet Shampoo

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Sampo obat yang dibuat dari bahan-bahan alami

Sampo obat buatan TropiClean ini berfungsi untuk mengeksfoliasi, melembapkan, meng-conditioning kulit dan bulu anjing. Produk ini idealnya digunakan pada anjing yang mengalami masalah kulit kering, iritasi, atau gatal-gatal. Biarpun sampo obat, bahan baku formula produk ini memakai bahan alami sehingga lebih aman.

Adapun dua bahan baku alami tersebut ialah oatmeal dan tea tree. Di samping kedua bahan alami ini, formulanya juga dipercaya campuran sederet bahan alami lain yang terdiri dari ekstrak chamomile, lidah buaya, delima, kiwi, yucca, dan pepaya.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efektif membuat bulu jadi lebih halus dan bersinar.
  • Ampuh mengembalikan kelembapan kulit yang kering.
  • Mampu menghilangkan hot spot yang kerap muncul di kulit karena infeksi bakteri.
  • Baunya cukup enak tapi tidak overbearing.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mungkin dapat menyebabkan ruam pada anjing yang kulitnya sensitif.
Kegunaan Mengeksfoliasi dan melembapkan kulit dan bulu, serta melegakan kulit kering, gatal, dan iritasi
Ukuran kemasan 473 mL
Kisaran harga Rp99.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Virbac SEBAZOLE Antibacterial Shampoo for Dogs and Cats

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sampo khusus untuk mengatasi infeksi jamur

Produk satu ini kami rekomendasikan khusus untuk Anda yang anjingnya mengalami dermatitis, terutama yang disebabkan oleh infeksi jamur. SEBAZOLE dapat meredakan infeksi lokal di sebagian area kulit, maupun menjadi salah satu produk yang dipakai dalam treatment infeksi berat yang menyebar di seluruh tubuh.

Di samping khasiatnya yang tinggi dalam mengontrol infeksi jamur, sampo antibakteri ini juga efektif dalam meredakan gatal serta mengatasi minyak berlebih. Formulanya pun cukup ramah untuk digunakan pada kulit sensitif anak anjing.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat efektif merawat infeksi jamur.
  • Ampuh merawat anjing yang kulitnya mengelupas.
  • Bisa juga digunakan pada kucing.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin kemahalan buat sebagian orang.
Kegunaan Melawan bakteri dan membantu perawatan anjing yang terkena jamur kulit (ringworm)
Ukuran kemasan 250 mL
Kisaran harga Rp237.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Volk Pets Dog Shampoo Whitening Formula

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Membuat bulu putih jadi lebih cerah

Meski indah, anjing dengan bulu putih harus dirawat dengan baik agar tidak kusam. Sampo buatan Volk Pets satu ini bisa diandalkan untuk itu. Tetapi, biar namanya whitening shampoo, produk ini juga bisa digunakan pada anjing berwarna cerah lainnya. Menyenangkannya lagi, produk ini dijamin aman untuk anjing Anda sebab sudah bebas pengawet paraben!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harganya sangat kompetitif.
  • Aromanya wangi.
  • Cukup efektif memutihkan bulu yang menguning.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Kegunaan Membuat bulu anjing berwarna putih jadi terlihat lebih cerah
Ukuran kemasan 1.000 mL
Kisaran harga Rp120.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Volk Pets Dog Shampoo Flea & Tick Formula

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Sampo antikutu yang tidak bikin kantong jebol

Varian sampo dari Volk Pets satu ini memiliki khasiat untuk menyingkirkan kutu dan tungau yang bersembunyi di balik bulu anjing Anda. Setelah melakukan perawatan dengan sampo ini, anjing Anda akan lebih jarang menggaruk tubuhnya. Menariknya lagi, meski manfaatnya begitu baik, harga yang dibanderol untuk 1 liter sampo ini hanya seratus ribuan saja.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga kompetitif.
  • Aromanya wangi tapi tidak menyengat.
  • Cocok digunakan sebagai perawatan maupun pencegahan.
  • Bebas paraben.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada

Kegunaan Mencegah tumbuhnya kutu, tungau, dan parasit lain
Ukuran kemasan 1.000 mL
Kisaran harga Rp120.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

7. M-Pets Anti-Allergie Dog Shampoo

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dirancang untuk anjing dengan kulit sensitif

Memelihara anjing dengan kulit sensitif memang tidak mudah. Salah pakai produk, anjing bisa mengalami gatal-gatal dan melukai diri mereka sendiri. Jika anjing Anda mengalami alergi, pastikan untuk memilih sampo hypoallergenic berkualitas seperti sampo merek M-Pets ini.

Tanpa memicu alergi pada anjing, produk ini akan memperbaiki kulit sel-sel kulit mati yang diakibatkan alergi. Tidak hanya sampai situ, sampo ini juga membangun lagi lapisan pelindung kulit untuk membuatnya lebih tahan dari infeksi bakteri dan jamur.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bebas pengawet paraben.
  • Ampuh menyembuhkan bekas alergi.
  • Keseluruhan bulu juga terlihat lebih bersih dan berkilau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebaiknya hanya dipakai sebagai pengobatan saja.
Kegunaan Menghilangkan dam memperbaiki sel kulit mati akibat alergi
Ukuran kemasan 250 mL
Kisaran harga Rp70.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Hartz GROOMER’S BEST Puppy Shampoo

blank

Sumber: Hartz.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sampo anak anjing yang lembut di kulit dan tak bikin mata perih

Meski tidak dilarang, memandikan anak anjing dengan sampo anjing dewasa bukanlah langkah paling ideal karena kulitnya yang lebih sensitif. Karena itu, bila Anda punya anak anjing, lebih baik belikan sampo khusus seperti produk Hartz satu ini.

Keunggulan pertama dari puppy shampoo ini adalah formulanya yang tearless sehingga tak bikin mata anak anjing perih. Formulanya sendiri benar-benar lembut dan aman karena bebas paraben, alkohol, dan sulfat. Setelah dimandikan, tubuh anak anjing Anda bakal tercium wangi dan segar dengan aroma bunga melati yang tak menyengat.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membuat bulu jadi lebih halus tanpa membuatnya jadi kering.
  • Aroma bunga melatinya sangat enak di hidung namun tidak berlebihan.
  • Mudah dibilas sehingga tidak menyisakan residu sampo yang bisa menyebabkan iritasi.
  • Ampuh merontokkan segala kotoran yang membekas di bulu.
  • Formula sangat lembut sehingga takkan merusak bulu dan kulit sekalipun frekuensi mandi lebih sering.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Kegunaan Melembapkan bulu anak anjing
Ukuran kemasan 532 mL
Kisaran harga Rp158.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Kin+Kind Itchy Pet Shampoo (Rosemary+Peppermint)

blank

Sumber: Kin-kind.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Membebaskan anjing Anda dari rasa gatal

Suruh anjing Anda mengucapkan selamat tinggal pada sensasi gatal di sekujur tubuh. Kandungan minyak esensial rosemary dan peppermint di sampo ini bakal membersihkan sekaligus memberi sensasi segar.

Sementara itu, ekstrak alpukatnya memberi efek pelembapan yang manjur. Kombinasi ini lantas menyingkirkan alergen yang menempel di kulit, dan membasahi kembali kulit yang kering penyebab gatal.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mampu menyembuhkan infeksi jamur tanpa perlu dibarengi konsumsi obat.
  • Membuat bulu makin lembut dan berkilau.
  • Mudah dibilas.
  • Aromanya enak dan tahan lama.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal buat beberapa orang.
Kegunaan Meredakan gatal yang disebabkan alergi, infeksi kulit, dan sebagainya
Ukuran kemasan 354 mL
Kisaran harga Rp294.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Kin+Kind Charcoal Deep Clean Shampoo For Dogs (Patchouli)

blank

Sumber: Kin-kind.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pembersihan total dari kotoran dan bau badan

Pembersihan total, itulah yang ditawarkan oleh sampo Kin+Kind satu ini. Mengandalakan activated charcoal, produk ini menyingkirkan segala macam kotoran dan bau badan, bahkan andal juga untuk mencerahkan bulu. Kendati pembersihannya ampuh, Kin+Kind Charcoal tetap terasa lembut di kulit berkat campuran minyak kelapa organik dan minyak zaitun.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efektif mencerahkan warna bulu.
  • Menghilangkan bau badan tak sedap.
  • Aromanya enak.
  • Ampuh meredakan radang kulit.
  • Cocok digunakan pada anjing berkulit sensitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal buat beberapa orang.
Kegunaan Membersihkan, mencerahkan bulu, dan menyingkirkan bau tak sedap
Ukuran kemasan 354 mL
Kisaran harga Rp294.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Shampo Anjing

Produk Earthbath Oatmeal& Aloe Shampoo TropiClean Spa Lavish Comfort Pet Shampoo TropiClean Medicated Oatmeal & Tea Tree   Pet Shampoo Virbac SEBAZOLE Antibacterial Shampoo for   Dogs and Cats Volk Pets Dog Shampoo Whitening Formula Volk Pets Dog Shampoo Flea & Tick Formula M-Pets Anti-Allergie Dog Shampoo Hartz GROOMER’S BEST Puppy Shampoo Kin+Kind Itchy Pet Shampoo   (Rosemary+Peppermint) Kin+Kind Charcoal Deep Clean Shampoo For Dogs   (Patchouli)
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kegunaan Meredakan kulit sensitif, kering, dan gatal Melembutkan kulit dan bulu, serta memberi efek pelegaan Mengeksfoliasi dan melembapkan kulit dan bulu, serta melegakan kulit   kering, gatal, dan iritasi Melawan bakteri dan membantu perawatan anjing yang terkena jamur kulit   (ringworm) Membuat bulu anjing berwarna putih jadi terlihat lebih cerah Mencegah tumbuhnya kutu, tungau, dan parasit lain Menghilangkan dam memperbaiki sel kulit mati akibat alergi Melembapkan bulu anak anjing Meredakan gatal yang disebabkan alergi, infeksi kulit, dan   sebagainya Membersihkan, mencerahkan bulu, dan menyingkirkan bau tak   sedap
Ukuran kemasan 472 mL 473 mL 473 mL 250 mL 1.000 mL 1.000 mL 250 mL 532 mL 354 mL 354 mL
Kisaran harga Rp280.000 Rp144.000 Rp99.000 Rp237.000 Rp120.000 Rp120.000 Rp70.000 Rp158.000 Rp294.000 Rp294.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Adakah dari sepuluh sampo di atas yang mau Anda percayakan untuk memelihara kulit dan bulu anjing Anda? Sebelum menjatuhkan pilihan, kami ingatkan lagi untuk selalu menyeleksi tiap kandidat berdasarkan aspek-aspek yang telah kami jelaskan di bagian cara memilih.

Sederhananya, jika kondisi anjing Anda normal tanpa alergi dan gangguan apa pun, maka Anda bebas memilih sampo biasa dari merek apa saja. Sampo obat dan jenis lain lain yang telah kami jabarkan hanya dibutuhkan oleh anjing dengan kondisi tertentu. Tapi, kalau Anda kesulitan menganalisis kondisi anabul Anda, lebih baik konsultasi dulu ke dokter hewan. Semoga Anda segera menemukan sampo anjing terbaik, ya!

Referensi

11 Best Dog Shampoos for Different Purposes
https://dogs.lovetoknow.com/wiki/Dog_Shampoos diakses pada 6 September 2021

The Right Shampoo For Your Dog
https://www.cesarsway.com/the-right-shampoo-for-your-dog/ diakses pada 6 September 2021

​How to Pick the Right Shampoo for Your Dog’s Coat
https://www.akc.org/expert-advice/health/how-to-pick-the-right-shampoo-for-your-dogs-coat/ diakses pada 6 September 2021

Tips for Choosing the Right Dog Shampoo
https://www.mypetsies.com/blog/guest-blog/tips-dog-shampoo/ diakses pada 6 September 2021

Learn About Ingredients to Find a Safe and Non-Toxic Organic Dog Shampoo
https://www.4-legger.com/blogs/fetch-the-dog-blog/learn-about-ingredients-to-find-a-safe-and-non-toxic-organic-dog-shampoo diakses pada 6 September 2021

Lesson 5: The Hidden Dangers of Colors & Fragrances in Dog Shampoo
https://www.4-legger.com/blogs/fetch-the-dog-blog/lesson-5-beware-of-the-dangers-from-colors-fragrances-in-your-dogs-shampoo diakses pada 6 September 2021

7 Dog Shampoo Ingredients to Avoid
https://puccicafe.com/shampoo-ingredients-to-avoid/ diakses pada 6 September 2021

Can You Use Adult Dog Shampoo on Puppies?
https://www.cuteness.com/blog/content/can-you-use-regular-dog-shampoo-on-puppies diakses pada 6 September 2021

20 Dog Shampoo Ingredients To Avoid
https://www.dogsnaturallymagazine.com/20-ingredients-dont-want-dogs-shampoo/ diakses pada 6 September 2021

How to Pick the Right Shampoo for Your Dog: 5 Ingredients to Avoid
https://doggysquad.store/blogs/news/how-to-choose-dog-shampoo-conditioner diakses pada 6 September 2021

What’s the Best Waterless Shampoo for Cats?
https://nationalcatgroomers.com/waterless-shampoo/ diakses pada 6 September 2021

You may also like

Comments are closed.