Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik

Tentunya, memakai racikan bumbu dan kaldu buatan sendiri menjadi kepuasan bagi Anda yang gemar memasak. Namun, hal itu memerlukan waktu cukup lama saat mengolah masakan. Ketika Anda butuh cara yang lebih praktis agar menghemat waktu, Anda dapat menggunakan penyedap rasa yang hadir dalam bentuk bubuk.

Berbagai penyedap rasa dapat Anda pilih, entah produk keluaran Royco, Knorr, atau merek lainnya. Akan tetapi, penyedap rasa ada yang mengandung MSG dan tidak. Maka itu, tentukan tujuan memasak Anda. PickyBest akan ulas poin-poin pemilihannya, lalu sepuluh penyedap rasa terbaik juga kami rekomendasikan untuk Anda simak.

blank

Berkenalan dengan Bumbu Penyedap Rasa

Untuk mendapatkan kaldu yang lezat, Anda perlu merebus daging dan tulang sapi atau ayam dalam waktu yang cukup lama. Dengan adanya bumbu penyedap rasa instan, Anda tidak perlu membuat kaldu sendiri.

Untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat pada makanan,  Anda tinggal menambahkan penyedap rasa instan ke dalam masakan yang Anda buat dengan cara praktis dan mudah. Nah, apa sebenarnya penyedap rasa itu?

Penyedap Rasa dan MSG, Apakah Sama?

blank

Perbedaan antara penyedap rasa dan MSG bisa dilihat dari fungsinya. Penyedap rasa adalah kaldu dalam bentuk bubuk yang berfungsi untuk menambah cita rasa makanan. Sedangkan MSG atau mecin berfungsi untuk memperkuat rasa. Biasanya, MSG menjadi salah satu kandungan dalam penyedap rasa.

MSG merupakan gabungan molekul garam dengan asam amino L-glutamat. Komponen glutamat yang terkandung dalam asam amino distabilkan oleh molekul garam sehingga memberikan rasa gurih bila ditambahkan ke dalam masakan.

Secara alami, asam amino glutamat terdapat pada bahan dasar makanan, terutama yang berprotein tinggi, seperti daging merah, ikan, sayuran, dan produk susu.

Tentang MSG, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

blank

Anda tentu pernah mendengar bahwa mengonsumsi MSG akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan. Selama ini MSG memang mengundang kontroversi seputar kesehatan. Namun, berbagai evaluasi ilmiah telah menyimpulkan bahwa sebenarnya secara umum MSG aman digunakan untuk masakan.

Hal demikian pun telah dinyatakan oleh badan keamanan pangan Amerika Serikat (FDA), disepakati oleh World Health Organization (WHO), Food and Agriculture Organization (FAO), juga Kementerian Kesehatan RI (Kemkes RI). Meski dinyatakan aman, penggunaan MSG tetap harus diperhatikan.

Gunakanlah MSG secukupnya, efek samping kesehatan yang mungkin dapat terjadi akibat penggunaan MSG yang berlebihan tetap harus dihindari. Karena alasan itulah, FDA meminta agar MSG harus tetap dicantumkan dalam daftar komposisi produk makanan atau restoran yang menggunakan MSG agar masyarakat tetap waspada.

Cara Memilih Penyedap Rasa

Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih penyedap rasa terbaik sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Hal yang bisa jadi pertimbangan dalam memilih penyedap rasa di antaranya adalah bahan baku dan jenisnya. Simak lebih lanjut, ya!

Periksa Bahan Baku dan Rasa agar Cocok dengan Selera Anda

blank

Penyedap rasa merupakan kaldu dengan bahan dasar daging atau tulang ayam atau sapi yang diekstrak melalui proses pengeringan hingga berbentuk bubuk. Agar kaldu tidak menggumpal, bubuk tadi diberi tambahan pati dan zat antikempal.

Selain terbuat dari ayam atau sapi, sumber kaldu juga ada yang berasal dari tumbuhan, seperti jamur, yang kerap dijadikan alternatif pilihan bagi vegetarian. Dari sini, Anda dapat memilih penyedap rasa berdasarkan bahan baku dan rasa kaldu yang paling Anda sukai.

Pilih Produk Non-MSG untuk MPASI atau Anda yang Tidak Bisa Mengonsumsi MSG

blank

Biasanya penyedap rasa diberi tambahan sedikit MSG dan garam agar rasanya semakin gurih. Meski aman, Anda tetap harus memperhatikan jumlah kandungan MSG dan garam dalam penyedap rasa yang Anda konsumsi. Jika kandungan MSG sedikit, Anda tidak perlu khawatir akan membahayakan kesehatan selama digunakan dalam porsi yang cukup.

Namun, bagi Anda yang sedang melakukan program MPASI pada bayi Anda, atau bila Anda alergi MSG, Anda dapat memilih produk penyedap rasa non-MSG yang disebut juga dengan kaldu instan organik.

Dikatakan organik karena telah melalui proses dan metode tertentu dengan kandungan bahan organik sebesar 95%, tanpa tambahan makanan seperti pewarna, pengawet, dan perasa buatan.

Sebagai kaldu berbahan dasar alami yang lebih bergizi, penyedap rasa non-MSG juga berbentuk bubuk dan dapat digunakan untuk menambah kelezatan MPASI atau makanan lain.

Jika Anda memilih produk ini, pastikan produk tersebut memiliki sertifikat organik untuk menjamin keamanannya. Selain itu, cermatilah kandungan gizinya, hindari produk yang mengandung gula, garam, bahan penyedap dan pengawet.

10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik

Setelah Anda mengenal seluk beluk dan cara memilih penyedap rasa, tiba waktunya Anda memilih produk. Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi sepuluh produk penyedap rasa terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Selamat menentukan pilihan!

1. Royco Bumbu Kaldu

blank

Sumber: Royco.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberi cita rasa alami yang sempurna pada masakan Anda

Sebagaimana 3 varian rasanya, yaitu sapi, ayam, dan jamur, Royco Bumbu Kaldu dibuat dari bahan alami seperti daging atau jamur pilihan. Kaldu lezat dan cita rasa gurihnya dihasilkan dari daging sapi atau ayam yang direbus lama, atau dari jamur asli dan jamur bubuk tambahan.

Tekstur bubuknya membuat penyedap rasa terbaik ini mudah larut dalam masakan. Anda dapat menggunakan penyedap rasa ini untuk menambah kelezatan pada semua jenis masakan. Namun, Anda perlu memperhatikan jumlah takaran pada masakan agar cita rasa hidangan Anda sempurna.

Jenis kaldu (rasa) Ayam, sapi, jamur
Bahan baku Garam, MSG, dekstrin, pati jagung, minyak nabati, ekstrak daging ayam/sapi/ekstrak jamur
MSG/non-MSG MSG
Isi 230 gram
Harga Rp8.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Bionic Farm Umamitake Kaldu Jamur

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menambah kelezatan pada hidangan favorit Anda

Kaldu jamur produksi Bionic Farm ini merupakan bubuk bumbu aromatik yang kaya akan cita rasa jamur shiitake. Anda dapat menggunakan penyedap rasa ini untuk menambah kelezatan pada berbagai hidangan apa pun yang menjadi favorit Anda dan keluarga.

Dengan Bionic Farm Umamitake Kaldu Jamur Anda, tidak perlu lagi waswas akan kesehatan, karena produk ini tidak mengandung MSG. Tentu saja, karena terbuat dari bahan dasar jamur, penyedap rasa terbaik ini bisa menjadi pilihan Anda yang vegetarian.

Jenis kaldu (rasa) Jamur
Bahan baku Jamur shiitake organik, lada, garam, bawang putih, bumbu
MSG/non-MSG Non-MSG
Isi 75 gram
Harga Rp31.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Pura Seasoning With Himalayan Salt

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bumbu natural dengan garam Himalaya yang kaya mineral

Diproses dalam pembuatan yang modern dan higienis, Pura Seasoning menjadi penyedap rasa yang menggunakan daging sapi atau ayam kampung terbaik. Bumbu natural ini mengandung garam Himalaya yang kaya akan mineral, selain bumbu alami lain seperti bawang putih, bawang merah, lada hitam, dan pala.

Tanpa menggunakan MSG, penyedap rasa terbaik ini cocok bagi Anda yang sedang menerapkan gaya hidup sehat dan sangat memperhatikan asupan makanan. Setiap vairannya, baik itu chicken maupun beef, dikemas dalam jar bertutup ulir yang selain membuat tampilannya premium, juga menjaga bumbu terjaga kualitas rasanya.

Jenis kaldu (rasa) Ayam, sapi
Bahan baku Ekstrak daging ayam kampung/sapi, pura himalayan salt, bawang putih, bawang merah, lada hitam, pala
MSG/non-MSG Non-MSG
Isi 80 gram
Harga Rp69.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Knorr No Added MSG

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bumbu penyedap serbaguna tanpa tambahan MSG

Knorr menghadirkan bumbu penyedap untuk memberikan cita rasa daging ayam yang kuat pada aneka masakan tanpa MSG. Anda dapat menggunakan produk ini pada tumisan atau sayur untuk menambah kelezatan hidangan.

Penyedap rasa terbaik ini pun bisa digunakan untuk membuat kaldu. Caranya, cukup dengan melarutkan 20 gram Knorr No Added MSG ke dalam 1 liter air mendidih, Anda sudah bisa langsung menyantapnya.

Jenis kaldu (rasa) Ayam
Bahan baku Garam, gula, pati jagung, daging ayam, protein nabati, tepung kedelai, lemak ayam, bawang putih, lada putih, seledri, kunyit
MSG/non-MSG Non-MSG
Isi 1 kg
Harga Rp147.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Knorr ROSTIP

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Melezatkan tumisan dengan aroma bawang putih asli

Bumbu penyedap dari Knorr yang satu ini menggunakan MSG dalam produknya, tetapi kadarnya dikurangi dan digantikan dengan bawang putih dan lada. Saat makanan dimasak dalam jumlah banyak, aroma bawang putih yang kuat akan lebih terasa.

Penyedap rasa terbaik ini cocok untuk masakan yang ditumis dalam waktu singkat. Alasannya, tekstur penyedap rasa ini berbentuk bubuk sehingga mudah ditaburkan pada masakan. Cukup didiamkan dan diaduk sesekali, kelezatan ekstra pada tumisan bakal Anda rasakan!

Jenis kaldu (rasa) Ayam
Bahan baku Garam, MSG, gula, pati jagung, bawang putih, rempah-rempah, lemak nabati, daging ayam, ekstrak ragi
MSG/non-MSG MSG
Isi 1 kg
Harga Rp56.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Ajinomoto Masako

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menyempurnakan kelezatan masakan Anda secara praktis

Daging segar berkualitas, bumbu, dan rempah pilihan, adalah perpaduan sempurna yang menghasilkan Masako Bumbu Kaldu Penyedap. Dengan rasa dan aroma daging asli, kaldu bubuk ini secara praktis akan menyempurnakan kelezatan masakan Anda sehari-hari.

Dengan harga yang ekonomis, Anda bisa menambahkan sedapnya kaldu daging ayam atau sapi untuk semua jenis masakan, baik yang berkuah, digoreng, atau ditumis. Penyedap rasa terbaik Masako menawarkan dua pilihan rasa, yakni ayam dan sapi, yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Jenis kaldu (rasa) Ayam, sapi
Bahan baku Garam, gula, MSG, ekstrak daging ayam/sapi, bawang putih, bawang merah
MSG/non-MSG MSG
Isi 250 gram
Harga Rp8.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Sasa Gourmet Powder

blank

Sumber: Sasa.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Melezatkan setiap masakan dengan tambahan glutamat

Terbuat dari bahan tetes tebu alami, itulah yang menjadi keunggulan Sasa Gourmet Powder. Dirancang untuk memperkuat rasa masakan menjadi lebih sedap, penyedap rasa terbaik Sasa dihasilkan dari proses fermentasi yang menghasilkan protein glutamat secara alami dan higienis.

Dengan kandungan MNG, Sasa menambah asupan glutamat (protein) pada makanan yang bermanfaat untuk pencernaan dan mudah diserap tubuh. Sebagai produk kenamaan, Sasa juga memastikan produknya ini halal MUI, lolos Kosher Certification, berizin BPOM, dan terstandarisasi aman FDA.

Jenis kaldu (rasa) Gurih
Bahan baku Mononatrium glutamat murni
MSG/non-MSG MSG
Isi 250 gram
Harga Rp9.300
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Maseko Kaldu Jamur

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Masak enak tanpa risiko

Anda mencari kaldu jamur buatan petani lokal Indonesia? Maseko Kaldu Jamur jawabannya. Dengan komposisi bahan alami, di antaranya jamur, merica, bawang merah, dan bawang putih, kaldu ini bisa digunakan seperti bubuk kaldu ayam biasa, dapat dicampur ke dalam sup atau tumisan untuk menambah kelezatan.

Anda tak perlu khawatir menggunakan penyedap rasa terbaik ini pada masakan Anda dan keluarga, karena produk ini bebas MSG, pengawet, pewarna, GMO, dan bahan kimia. Jelas, soal bumbu penyedap rasa, Anda bisa pertimbangkan Maseko yang merupakan singkatan dari Masakan Enak Bebas Risiko!

Jenis kaldu (rasa) Jamur
Bahan baku Jamur, tepung maizena, merica, bawang putih, bawang merah, gula, garam
MSG/non-MSG (rasa) Non-MSG
Isi 80 gram
Harga Rp34.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Nayz Bumbu

blank

Sumber: Nayz.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bumbu penyedap berbahan organik yang aman untuk MPASI

Nayz Bumbu adalah bumbu kaldu khusus untuk bayi, terutama digunakan dalam menu MPASI (Makanan Pendamping ASI). Kaldu ini mengandung ekstrak daging ayam asli dan sayuran organik. Anda bisa menggunakan bumbu ini untuk menambah kelezatan pada bubur bayi.

Oleh karena menambah kekayaan rasa pada MPASI, bayi Anda pun akan meningkat nafsu makannya. Tidak menggunakan bahan pengawet maupun MSG, penyedap rasa terbaik ini tentu aman untuk dikonsumsi si kecil.

Jenis kaldu (rasa) Ayam
Bahan baku Ayam, labu, wortel, garam, bawang putih, daun bawang
MSG/non-MSG Non-MSG
Isi 100 gram
Harga Rp40.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Totole Kaldu Jamur

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pengganti MSG untuk vegetarian

Produk yang banyak digunakan oleh pelaku vegetarian sebagai pengganti MSG ini berasal dari Shanghai. Totole Kaldu Jamur berbentuk granula atau butiran dari ekstrak jamur dan bahan alami lainnya yang bisa digunakan secara instan.

Anda bisa menaburkannya pada berbagai menu masakan, terutama yang berkuah. Penyedap rasa terbaik ini akan menonjolkan aroma sedap jamurnya dan rasa yang tak kalah lezat dari MSG biasa.

Jenis kaldu (rasa) Jamur
Bahan baku Garam, MSG, jamur kering, beras, gula, protein sayur, kacang kedelai, tepung jagung
MSG/non-MSG MSG
Isi 400 gram
Harga Rp51.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Ketahui Batas Aman Pengonsumsian MSG

blank

Seperti yang telah disebutkan, MSG aman dikonsumsi dalam porsi wajar. MSG berbahaya atau tidak tergantung siapa yang mengonsumsinya dan seberapa banyak takarannya. Bila dikonsumsi berlebihan, MSG akan menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan, apalagi bila Anda menjalani pola hidup yang tidak sehat.

Bagi Anda yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap MSG, Anda perlu lebih disiplin lagi dalam membatasi asupan MSG. Waspada dengan gejala yang ditimbulkan akibat penggunaan MSG berlebih, seperti sakit kepala, otot tegang, dan mati rasa. Gejala tersebut biasa dikenal dengan istilah ‘Sindrom Restoran Cina’.

Agar tetap aman, pengonsumsian MSG jangan sampai melebihi batas yang direkomendasikan oleh WHO, yaitu maksimal sebanyak 6 gram per hari atau 3 gram per makan.

Tabel Perbandingan Penyedap Rasa

Produk Royco Bumbu Kaldu Bionic Farm Umamitake Kaldu Jamur Pura Seasoning With Himalayan Salt Knorr Bumbu Rasa Ayam (No Added MSG) Knorr ROSTIP Ajinomoto Masako Sasa Gourmet Powder Maseko Kaldu Jamur Nayz Bumbu Totole Kaldu Jamur
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis kaldu (rasa) Ayam, sapi, jamur Jamur Ayam, sapi Ayam Ayam Ayam, sapi Gurih Jamur Ayam Jamur
Bahan baku Garam, MSG, dekstrin, pati jagung, minyak nabati, ekstrak daging ayam/sapi/ekstrak jamur Jamur shiitake organik, lada, garam, bawang putih, bumbu Ekstrak daging ayam kampung/sapi, pura himalayan salt, bawang putih, bawang merah, lada hitam, pala Garam, gula, pati jagung, daging ayam, protein nabati, tepung kedelai, lemak ayam, bawang putih, lada putih, seledri, kunyit Garam, MSG, gula, pati jagung, bawang putih, rempah-rempah, lemak nabati, daging ayam, ekstrak ragi Garam, gula, MSG, ekstrak daging ayam/sapi, bawang putih, bawang merah Mononatrium glutamat murni Jamur, tepung maizena, merica, bawang putih, bawang merah, gula, garam Ayam, labu, wortel, garam, bawang putih, daun bawang Garam, MSG, jamur kering, beras, gula, protein sayur, kacang kedelai, tepung jagung
MSG/non-MSG MSG Non-MSG Non-MSG Non-MSG MSG MSG MSG Non-MSG Non-MSG MSG
Isi 230 gram 75 gram 80 gram 1 kg 1 kg 250 gram 250 gram 80 gram 100 gram 400 gram
Harga Rp8.800 Rp31.000 Rp69.000 Rp147.600 Rp56.800 Rp8.800 Rp9.300 Rp34.000 Rp40.000 Rp51.500
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Penyedap rasa dibutuhkan untuk menambah kelezatan masakan secara praktis. Dalam memilih penyedap rasa, Anda perlu memperhatikan varian rasa dan bahan-bahan yang digunakan, serta zat tambahan yang terkandung di dalamnya.

blank

Gunakanlah penyedap rasa secara bijak sesuai kebutuhan dan batas takar yang dianjurkan. Sampai sini, kami harap Anda telah menemukan penyedap rasa terbaik yang paling cocok dengan kebutuhan dan selera Anda beserta keluarga. Selamat menikmati kelezatan!

Referensi

Pro Kontra MSG: Benarkah Buruk untuk Kesehatan?
https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/bahaya-msg-adalah-penyedap-masakan/#gref diakses pada 11 Maret 2021

Mengenal Perbedaan Penyedap Rasa dan MSG
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150304065455-262-36509/mengenal-perbedaan-penyedap-rasa-dan-msg diakses pada 11 Maret 2021

Apakah Kaldu Instan Organik Aman untuk MPASI Bayi?
https://hellosehat.com/parenting/bayi/kaldu-instan-organik-mpasi-bayi/ diakses pada 11 Maret 2021

Alergi MSG: Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya
https://tirto.id/alergi-msg-kenali-gejala-dan-cara-mengobatinya-fZPR diakses pada 11 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.