Written by 01:54 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik

Permen pelega tenggorokan atau lozenge kerap menjadi solusi instan untuk melegakan tenggorokan gatal atau tidak nyaman. Penggunaannya yang praktis disertai rasa enak menjadikannya lebih disukai orang ketimbang minum obat. Kalau Anda sering mengalami gangguan tenggorokan, bawalah lozenge untuk teman bepergian.

Banyak merek permen pelega tenggorokan yang bisa Anda coba, misalnya Woods, Fisherman’s Friend, dan Ricola. Bila bingung memilihnya, pahami dulu penjelasan kami seputar cara memilih produk. Setelah itu, Anda juga bisa mencoba sepuluh produk terbaik versi PickyBest yang kami rekomendasikan. Baca sampai tuntas, ya!

Kegunaan dan Cara Kerja Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan memiliki zat aktif yang bekerja menenangkan tenggorokan dan mengendalikan refleks batuk. Saat diisap, bahan-bahan penyegar di dalam permen akan tersebar ke seluruh area mulut dan tenggorokan, lalu menstimulasi produksi air liur untuk membasahi tenggorokan yang kering karena peradangan.

Salah satu bahan yang paling sering terkandung dalam permen pelega tenggorokan adalah mentol. Senyawa inilah yang memberikan sensasi sejuk ketika mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Mentol bekerja mengebaskan jaringan di tenggorokan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan.

Cara Memilih Permen Pelega Tenggorokan

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih permen pelega tenggorokan, mulai dari fungsi, kandungan, kadar gula, bentuk, sampai rasanya.

Pilih Permen Berdasarkan Fungsi yang Ditawarkan

Sekilas, semua permen pelega tenggorokan memiliki fungsi yang sama. Tetapi, jika dicermati lagi, sebenarnya ada perbedaan fungsi dari tiap-tiap produk. Pertama, ada permen yang berfungsi sebagai anestesi. Fungsi ini biasanya ditemukan pada produk dengan kandungan mentol tinggi. Rasa dari permen ini cenderung pahit dan pedas, sehingga kurang cocok untuk semua orang.

Kedua, permen pelega tenggorokan ada yang difungsikan sebagai antibakteri. Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh virus, tetapi ada pula yang disebabkan oleh bakteri. Permen pelega tenggorokan antibakteri dapat membantu menyembuhkan radang seperti ini.

Terakhir, permen yang berfungsi sebagai pereda batuk atau antitusif juga tersedia. Produk ini akan meredakan batuk berdahak maupun batuk kering, tergantung jenis kandungan antitusifnya. Jika Anda mencari permen untuk meredakan batuk, cermati baik-baik tabel kandungannya agar cocok dengan jenis batuk Anda.

Periksa Kandungan Penting yang Bekerja Melegakan Tenggorokan

Kandungan penting pada permen pelega tenggorokan yang umum adalah mentol. Senyawa yang terdapat dalam daun mint ini memicu reseptor dingin di mulut yang menimbulkan sensasi dingin dan menyegarkan. Mentol memperlancar aliran udara sehingga pernapasan lebih baik.

Selanjutnya, kandungan yang juga sering dimiliki permen pelega tenggorokan adalah eukaliptus. Salah satu spesies tanaman eukaliptus paling populer adalah kayu putih yang minyaknya dipakai dalam produk permen. Bahan ini efektif melancarkan hidung tersumbat, meredakan gejala flu, serta menyegarkan napas.

Madu juga kerap terdapat dalam permen pelega tenggorokan. Cairan yang diambil dari sarang lebah ini bekerja menyelimuti tenggorokan, yang kemudian membantu mengobati batuk. Bahkan, madu terbukti lebih manjur mengobati batuk kering dibanding obat sintetis seperti dextromethorphan.

Bahan lainnya yang sering terkandung dalam permen pelega tenggorokan adalah lemon. Selain rasanya enak, lemon juga kaya vitamin C untuk memperkuat imun tubuh melawan infeksi virus penyebab radang. Lendir yang menempel di tenggorkan juga dapat dipecah oleh lemon sehingga mudah dikeluarkan.

Utamakan Produk Berkadar Gula Rendah atau Sugar-Free

Sama halnya seperti permen biasa, kebanyakan permen pelega tenggorokan juga memiliki kadar gula cukup tinggi. Maka itu, Anda tidak boleh melupakan hal ini, terutama untuk Anda yang menderita diabetes.

Sebagai solusi, cobalah membeli permen pelega tenggorokan yang rendah atau bebas gula. Biasanya, permen bebas gula dibekali kandungan pemanis buatan tanpa kalori, sehingga Anda tetap bisa menikmati manis tanpa khawatir gula darah naik!

Sesuaikan Bentuk Sediaan, Hard Candy atau Soft Candy?

Permen pelega tenggorokan umumnya memiliki dua bentuk sediaan, hard candy dan soft candy. Hard candy, seperti namanya, memiliki tekstur keras sehingga tidak mungkin dikunyah. Cara makannya adalah dengan diisap sampai meleleh.

Sebaliknya, soft candy memiliki tekstur lembut karena mengandung kadar air tinggi. Karena cara makannya dengan dikunyah, soft candy cenderung lebih cepat habis. Sebenarnya, ada lagi permen pelega tenggorokan berbentuk lembaran, namun pilihannya tidak begitu banyak di pasaran.

Supaya Tidak Bosan, Pilih Rasa Permen sesuai Kesukaan

Lantaran sering dikonsumsi, Anda mungkin akan bosan dengan rasa permen pelega tenggorokan yang itu-itu saja. Selain rasa pedas, Anda dapat mencoba permen dengan varian rasa lainnya, seperti blackcurrant, melon, mint, lemon, ceri dan teh hijau.

Pilihlah rasa yang cocok di lidah agar sensasi makan permen pelega tenggorokan lebih nikmat. Namun, tetap perhatikan label nutrisi untuk mengetahui jenis dan kadar gulanya, ya. Bahkan, apabila gatal di tenggorokan Anda tak kunjung hilang meski sudah makan banyak permen, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana memilih permen pelega tenggorokan. Di bagian ini, kami mengulas sepuluh produk terbaik untuk referensi Anda. Pilihlah produk yang cocok dengan lidah dan kebutuhan Anda!

1. Safe Care Anise Mint Gummy

Permen berbentuk jelly dari produsen minyak angin ternama

Anda tentu sudah tak asing dengan merek Safe Care sebagai produsen minyak angin. Ternyata, merek ini juga memproduksi permen pelega tenggorokan yang patut Anda coba. Perpaduan antara ekstrak bunga krisan, daun min, dan cincau dalam permen ini dapat memperlancar pernapasan Anda.

Tidak hanya itu, rasa mint yang segar juga memberikan sensasi dingin di tenggorokan. Permen ini termasuk bertekstur lunak seperti jelly, membuatnya gampang dikunyah. Permen ini cocok dipilih oleh Anda yang bosan dengan tekstur permen bertekstur keras.

FungsiMemberikan sensasi dingin di tenggorokan
Kandungan pentingPimpinella anisum, mint leaf, chrysanthemum extract, grass jelly extract
SediaanSoft candy
RasaMint
Isi25 g
HargaRp9.900

2. Strepsils Sugar Free Lemon

Membunuh virus dan bakteri penyebab radang dengan dua bahan aktif

Untuk Anda yang menderita diabetes atau sekadar ingin mengurangi asupan gula, cobalah produk Strepsils satu ini. Meskipun bebas gula, produk ini tetap terasa manis karena mengandung sakarin. Menariknya lagi, Strepsils adalah satu-satunya produk berkandungan dua bahan aktif yang bekerja membunuh virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Dengan mengonsumsi produk ini, tenggorokan Anda bakal terasa lebih lega hingga dua jam! Namun perlu diperhatikan, permen ini tidak boleh dikonsumsi anak-anak di bawah usia enam tahun. Selain itu, Anda juga tidak boleh mengonsumsinya lebih dari 12 tablet dalam sehari.

FungsiMelegakan tenggorokan, memberikan sensasi dingin pada tenggorokan
Kandungan pentingAmylmetacresol, dichlorobenzyl alcohol
SediaanHard candy
RasaLemon
Isi8 butir
HargaRp12.000

3. D-Cool Tablet Hisap

Sumber: Shopee.co.id

Meredakan radang tenggorokan dengan zat aktif pembasmi kuman

Jika radang tenggorokan Anda disebabkan oleh infeksi kuman, mungkin produk ini bisa menjadi solusi. D-Cool Tablet Hisap mengandung dequalinium chloride yang efektif membunuh kuman penyebab radang.

Penumpukan lendir di tenggorakan dapat pula diredakan permen dengan mengobati infeksi di selaput lendir. Berupa tablet isap, Anda tak perlu khawatir gigi rusak akibat mengunyah permen. Rasa lemonnya pun terasa enak dan segar di mulut!

FungsiMengatasi infeksi bakteri, meredakan infeksi mulut dan tenggorokan
Kandungan pentingDequalinium chloride
SediaanHard candy
RasaMint
Isi12 butir
HargaRp20.000

4. Fisherman’s Friend Blackcurrant

Bebas gula, tolerable untuk Anda yang mengurangi asupan gula!

Fisherman’s Friend, merek lozenge berusia lebih dari ratusan tahun ini menawarkan varian bebas gula. Sebagai pengganti gula, permen ini memadukan pemanis buatan seperti sorbitol, aspartam, dan acesulfame potassium. Anda yang membatasi asupan gula tetap dapat menikmati rasa buah blackcurrant-nya yang manis.

Fisherman’s Friend Blackcurrant juga mengandung mentol yang terbukti bermanfaat meredakan batuk. Selain itu, produk ini juga bisa dikonsumsi oleh Anda yang vegetarian, lho!

FungsiMelegakan tenggorokan, meredakan batuk
Kandungan pentingMentol, phenylalanine
SediaanHard candy
RasaBlackcurrant
Isi25 g
HargaRp13.000

5. Alba Pastilles

Sumber: Blibli.com

Menghilangkan bau mulut dengan manfaat mentol

Kalau rutinitas membuat Anda bertemu banyak orang, sebaiknya selalu siapkan permen pelega tenggorokan ini di saku. Pasalnya, permen ini diklaim mampu menghilangkan bau tak sedap di mulut.

Kepercayaan diri Anda pun meningkat karena Alba Pastilles akan menjernihkan suara serak. Di samping itu, jika Anda banyak bepergian ke luar kota, permen ini dapat mengusir rasa mual yang kerap muncul selama di dalam kendaraan.

FungsiMelegakan tenggorokan, meredakan suara serak, menghilangkan mual dan bau mulut
Kandungan pentingMentol mint oil
SediaanHard candy
RasaMint
Isi100 g
HargaRp13.000

6. Imboost Lozenges Jahe Mint

Sumber: Shopee.co.id

Mengandung ekstrak bunga echinacea untuk menjaga daya tahan tubuh

Produk satu ini tidak hanya dapat melegakan tenggorokan, tetapi juga meningkatkan sistem imun. Bagaimana tidak, ekstrak bunga echinacea di dalamnya terkenal baik untuk memelihara daya tahan tubuh sekaligus menjadi obat flu dan radang.

Imboost Lozenges Jahe Mint sangat cocok untuk Anda yang sibuk dan sering kurang istirahat. Tidak hanya itu, kandungan jahenya juga membuat permen ini pas untuk menghangatkan badan di musim hujan.

FungsiMelegakan tenggorokan, meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan pentingEchinacea, red ginger
SediaanHard candy
RasaJahe Mint
Isi6 butir
HargaRp8.000

7. Woods Peppermint Lozenges

Sensasi extra strong untuk kesegaran maksimal

Untuk Anda yang menginginkan sensasi dingin lebih kuat, inilah produk yang cocok buat Anda. Woods Peppermint Lozenges memiliki kandungan mentol yang kuat, sehingga rasanya lebih pedas, memberi efek kesegaran yang maksimal.

Kalau Anda perokok, permen ini akan mengurangi aroma rokok di mulut. Karena memiliki bentuk sediaan hard candy yang diisap, permen ini juga akan menstimulasi produksi air liur untuk membasahi mulut yang kering sehabis merokok.

FungsiMelegakan tenggorokan, mengobati gangguan pernapasan, membunuh kuman, menyegarkan mulut, mencegah bau mulut
Kandungan pentingPeppermint essential oil, mentol kristal
SediaanHard candy
RasaPeppermint
Isi6 butir
HargaRp4.675

8. Golden Throat Lozenges

Sumber: Ssa.id

Mengatasi suara serak dan tenggorokan kering

Suara serak dan habis adalah mimpi buruk untuk Anda yang berprofesi sebagai penyanyi, guru, resepsionis, maupun profesi lain yang mengandalkan suara. Golden Throat Lozenges efektif meredakan gangguan suara yang diakibatkan tenggorokan kering. Suara Anda pun kembali jernih dan lantang seperti semula.

Permen yang diimpor Saras Subur Abadi ini diformulasi dari bahan-bahan alami seperti buah lo han, semangka, minyak eukaliptus, dan mentol. Dari segi tekstur, permen ini tergolong spesial karena tidak cepat meleleh ketika diisap. Manfaatnya pun lebih optimal karena bertahan di mulut lebih lama.

FungsiMelegakan tenggorokan, meredakan peradangan dan suara serak, menghilangkan bau mulut
Kandungan pentingMinyak eucalyptus, mentol kristal, herba menthae
SediaanHard candy
RasaTidak disebutkan
Isi12 butir
HargaRp17.500

9. Sanjin Watermelon Frost Lozenges

Sumber: Ssa.id

Komposisi herbal dengan ekstrak semangka untuk atasi panas dalam, sariawan, dan tenggorokan kering

Radang tenggorokan sering diiringi dengan sariawan. Kalau hal ini terjadi pada Anda, produk ini menawarkan ekstrak semangka untuk mendinginkan panas dalam. Produk buatan Tiongkok ini juga bisa meredakan pendarahan pada luka penyebab sariawan.

Permen dengan rasa manis pedas ini cocok untuk merawat tenggorokan kering dengan menstimulasi produksi air liur. Bagusnya lagi, Sanjin Watermelon Frost tergolong obat tradisional Cina yang hanya diproduksi dari bahan-bahan alami.

FungsiMeredakan panas dalam disertai tenggorokan kering
Kandungan pentingMirabilitum citrulli preparatum, oleum menthae dementholatum, mentholum
SediaanHard candy
RasaManis pedas
Isi12 butir
HargaRp15.000

10. Ricola Swiss Herb Candy

Sumber: Ricola.com

Melegakan tenggorokan dengan campuran dua belas bahan alami

Salah satu permen paling ikonik dari perusahaan asal Swiss ini terbuat dari dua belas campuran bahan alami. Permen ini melegakan tenggorokan dengan rasa dan aromanya yang khas. Kalau Anda batuk, permen berbentuk kubus ini juga diklaim dapat meredakan batuk.

Ricola Swiss Herb Candy sangat praktis dibawa bepergian berkat kemasan kaleng kedap udaranya. Anda bisa menyimpan permen ini di dalam tas tanpa khawatir meleleh akibat hawa panas. Produk ini juga bisa dikonsumsi oleh Anda yang vegetarian.

FungsiMelegakan tenggorokan, menyegarkan mulut, menenangkan batuk
Kandungan pentingHorehound, burnet, speedwell, tanaman marshmallow, lady’s mantel, bunga elder, mallow, pepermint, sage, cowslip, plantain, thyme
SediaanHard candy
RasaMint
Isi100 g
HargaRp26.000

Meski Tergolong Minim, Anda Patut Waspada terhadap Efek Samping Permen Pelega Tenggorokan

Konsumsi permen pelega tenggorokan dalam batas aman umumnya tidak menimbulkan efek samping. Meski begitu, jika Anda mengalami efek samping tertentu, hentikanlah konsumsi permen untuk sementara waktu.

Beberapa efek samping yang muncul antara lain alergi kulit, dada sesak, kesulitan bernapas, suara serak, pembengkakan mulut atau tenggorokan, detak jantung tak normal, pusing, dan kejang. Kandungan mentol dalam permen pelega tenggorokan juga dapat memperparah batuk apabila dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang membuat Anda diharuskan berkonsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum mengonsumsi permen pelega tenggorokan, contohnya perempuan hamil atau menyusui, penderita asma, dan orang yang sedang mengonsumsi obat penyakit jantung.

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi kami, adakah permen pelega tenggorokan yang cocok buat Anda? Bila Anda baru pertama mencoba, kami sarankan Anda memilih permen yang kandungan mentolnya ringan, serta memiliki rasa kesukaan Anda.

Setelah terbiasa dengan sensasi dingin dan pedas, barulah coba permen dengan kandungan mentol lebih kuat. Perlu diingat, apabila radang tenggorokan tidak kunjung sembuh, segera temui dokter. Mudah-mudahan artikel ini membantu Anda temukan lozenge sesuai gangguan tenggorokan Anda!

(Visited 74 times, 1 visits today)