Written by 22:07 Olahraga

10 Sepatu Badminton Terbaik yang Bagus dan Nyaman Dipakai

Yonex Tru Cushion Hydro Force 2

Sepatu badminton didesain agar mampu menunjang pergerakan aktif pebulu tangkis di lapangan. Berbeda dengan sepatu biasa atau sepatu lari, umumnya bantalan dalam sepatu badminton dibuat dengan ketebalan medium. Jika terlalu tipis akan membuat telapak kaki cepat panas, lalu apabila begitu tebal justru membuat pergerakan sedikit lambat.

Pemain badminton dituntut untuk bergerak lincah ketika di lapangan. Pergerakannya yang dinamis untuk memukul dan mengembalikan bola membuat posisi badan hampir tidak bisa diam. Itulah mengapa, kenyamanan menjadi aspek utama yang harus diperhatikan saat memilih sepatu badminton. Namun, bila memungkinkan, pilih juga sepatu dengan harga yang menurut Anda murah sehingga terjangkau oleh Anda.

10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik yang Ringan dan Tidak Licin

Saat membeli sepatu badminton, bagian outsole akan menjadi bagian penting yang bakal mengakomodasi pergerakan Anda. Itulah mengapa, setiap orang disarankan memakai sepatu dengan karet outsole yang kesat. Hindari memilih produk yang outsole-nya licin karena dapat membuat tubuh kehilangan keseimbangan sehingga mudah tergelincir dan menyebabkan cidera.

Selanjutnya, ukuran sepatu badminton juga tidak boleh terlalu besar ataupun kekecilan. Pilihlah yang bagian depannya terdapat celah satu jari tangan Anda. Bahan yang breathable juga memberikan sirkulasi udara yang baik agar kaki tidak mudah berkeringat. Kami sarankan Anda untuk memilih sepatu badminton keluaran brand-brand besar, seperti Yonex, Li-Ning, atau Reinforce Speed (RS) yang telah dikenal baik akan produk peralatan bulu tangkis buatannya.

Jika membeli sepatu badminton yang branded, pastikan Anda membeli produk original. Di bawah ini, kami akan memberikan sepuluh pilihan sepatu badminton terbaik dari merek-merek populer yang beberapa di antaranya telah kami sebutkan. Silakan memilih dengan memperhatikan spesifikasi ukuran, material bahan, dan fitur unggulan yang disematkan. Semuanya bisa dibeli di Indonesia!

1. Yonex Power Cushion Eclipsion X

Yonex Power Cushion Eclipsion X

Kisaran harga: Rp1.375.000

Mendukung gerakan cepat dan lincah dengan kestabilan yang optimal

Kepercayaan diri Anda akan meningkat sewaktu beraksi di lapangan dengan dukungan sepatu badminton buatan Yonex ini. Bagaimana tidak, tampilannya yang keren tentu akan membuat banyak pasang mata tertuju pada Anda. Selain unggul dari aspek visual, Yonex tentu merancang sepatu ini agar stabil di kaki, selincah apa pun pergerakan Anda tetaplah nyaman.

Mengusung bantalan berupa resin elastis, membuat Power Cushion Eclipsion X berbobot ringan. Bantalan tersebut juga mampu meredam guncangan 28% lebih baik saat Anda melakukan traksi atau manuver cepat untuk membuat lawan tak berkutik. Desain toe-centric-nya dapat mengurangi tekanan pada jempol kaki serta dukungan optimal pada tumit dan bagian tengah kaki agar semakin stabil.

2. Ardiles Coubertin Badminton Shoes

Ardiles Coubertin Badminton Shoes

Kisaran harga: Rp267.000

Warna cerah nan kasual menghadirkan kesan segar dan sporty

Warna blue royal pada Ardiles Courbetin Badminton Shoes cocok untuk Anda yang menginginkan sepatu badminton bagus dengan warna sederhana dan tidak mencolok. Meski terbuat dari material polyutherane leather alias kulit sintetis di bagian upper-nya, sepatu ini dijamin tangguh untuk mendukung aktivitas Anda dalam bergerak bebas memainkan shuttlecock di tengah lapangan.

Outsole berbahan karet pada sepatu ini antiselip dan kesat, membuat Anda tidak mudah tergelincir meski harus mengembalikan bola dalam area yang sulit dijangkau sekalipun. Kontur depan sepatu yang membulat mengikuti kontur jari-jari kaki memberikan kenyamanan ekstra saat dikenakan.

3. Hi-Qua Grand Prix

Hi Qua Grand Prix

Kisaran harga: Rp1.225.000

Berdaya cengkeram baik, ideal juga dipakai berlari!

Para atlet bulu tangkis banyak memakai sepatu badminton ini dalam turnamen-turnamen bergengsi. Hi-Qua memproduksi upper sepatu dari bahan PU leather yang keawetannya terjamin jangka lama. Karet kesat pada outsole sepatu bercampurkan kristal membuat sepatu ini memiliki daya cengkeram optimal.

Canggihnya lagi, sepatu badminton dengan bantalan karet yang empuk dan nyaman ini dibekali ankle guard technology sehingga kaki lebih stabil saat bergerak maupun melompat. Kontak telapak dengan permukaan dasar sepatu juga nyaman. Jahitan sol dengan detail neat stitching membuat sepatu ini tidak mudah jebol atau sobek.

4. Reinforce Speed RS Sirkuit 572

Reinforce Speed RS Sirkuit 572

Kisaran harga: Rp975.000

Cocok dipakai pria ataupun wanita, unisex!

Jika Anda meminta referensi dari penggiat bulu tangkis, mereka mungkin merekomendasikan RS Sirkuit 572 sebagai sepatu badminton terbaik. Meski harganya cukup tinggi, sepatu ini mampu mengakomodir segala kebutuhan pemain di lapangan.

Reinforce Speed (RS) merancang sepatu ini dari material polyutherane leather yang tahan lama. Walau tampak bulky, sepatu berdesain trendy ini begitu nyaman dikenakan. Belum lagi komponen outsole berupa rubber yang kesat, risiko mengalami cidera semakin kecil berkat kemampuannya memberikan stabilitas dan keseimbangan saat kaki banyak melakukan pergerakan.

5. Spotec Mugen

Spotec Mugen

Kisaran harga: Rp299.900

Kombinasi warna merah dan kuning yang menggambarkan kegigihan

Apabila Anda mencari sepatu badminton branded dengan harga terjangkau, produk dari Spotec ini rekomendasinya. Sudah dibuktikan banyak orang, sepatu berikut sangat tangguh dalam menunjang permainan para pemain di lapangan. Spotec Mugen memiliki outsole yang tersusun atas ruber phylon sehingga lebih kesat ketika Anda bermanuver untuk ciptakan pukulan menukik atau permainan netting.

Insole tekstil pada sepatu ini juga kukuh dan nyaman dipakai ketika mengunci kaki. Bicara desain, sepatu badminton murah ini dihadirkan dengan kombinasi warna merah dan kuning. Perpaduan apik tersebut diperlengkap dengan material upper yang mampu menyirkulasi udara dengan baik, kaki menjadi bebas gerah!

6. Kodachi 8116

Kodachi 8116

Kisaran harga: Rp75.000

Hadir dalam sentuhan warna biru kuning, biru merah, biru silver, dan merah silver

Kodachi 8116 merupakan sepatu yang cukup nyaman dipakai untuk bermain badminton. Tampilannya yang kasual juga membuat sepatu ini ideal dipakai untuk hangout atau berolahraga lain, seperti volley, takraw. parkour, dan lainnya Harganya pun ekonomis, memberikan Anda kesempatan untuk membeli lebih dari satu pasang sepatu bermerek sama.

Mengusung tema dua garis pada upper-nya, sekilas sepatu ini mirip dengan produk besutan sport brand kenamaan Adidas. Tapak kaki sepatu badminton ini full karet sehingga antiselip saat digunakan. Durability-nya pun tergolong mumpuni, tangguh dalam lapangan vinyl atau beton sekalipun.

7. Yonex Tru Cushion Hydro Force 2

Yonex Tru Cushion Hydro Force 2

Kisaran harga: Rp870.000

Didominasi warna merah dan hitam gradasi yang mengagumkan

Yonex mengadopsi konsep TrueShapeTM yang menjadi trademark-nya ke dalam sepatu badminton ini. Bantalan berlapisa ganda pada permukaan dasar sepatu ini mampu mengurangi guncangan sehingga kaki Anda bisa bergerak lebih stabil saat menapak di berbagai sudut lapangan.

Yonex Tru Cushion Hydro Force 2 memiliki kombinasi midsole dan innersole yang menawarkan kenyamanan terbaik agar pemain dapat berperforma lebih baik. Selain itu, sol yang 100% rubber memungkinkan Anda peroleh gaya traksi yang optimal dengan cengkeraman kuat sehingga kemungkinan cidera pun semakin kecil.

8. Flypower Plaosan 5

Flypower Plaosan 5

Kisaran harga: Rp309.000

Opsi lain bagi Anda yang ingin mendapatkan kenyamanan ekstra ketika bermain

Flypower Plaosan seri ke-5 ini diusung dengan memprioritaskan kenyamanan. Sisi upper sepatu yang terbuat dari PU synthetic memiliki ketahanan yang sangat baik meskipun Anda bergerak lincah di lapangan. Dengan EVA die cut sockliner dan rubber outsole-nya, stabilitas dan keseimbangan saat bermain menjadi keniscayaan.

Selain motif dan warna yang tertera pada gambar, masih banyak lagi pilihan lain yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Sepatu ini menawarkan rentang ukuran yang luas, mulai dari 34 hingga 44. Jadi, Anda pasti temukan sepatu badminton dengan desain yang disenangi serta ukuran yang pas.

9. Eagle Ranger

Eagle Ranger

Kisaran harga: Rp255.900

Berdesain sporty, berwarna menarik, dan bahan yang breathable, paket komplet!

Tidak heran jika sepatu badminton besutan brand Eagle ini selalu laris dan tak jarang berstatus sold out di beberapa toko online. Selain harganya yang bersahabat, produk ini telah didukung cupsole TPR dan breathable air mesh. Dengan kata lain, performance Anda bukan hanya maksimal ketika bertanding, tetapi juga nyaman meski memakan durasi lama untuk setiap setnya.

Sirkulasi udara yang baik dilengkapi pula oleh material sintetis berkualitas tinggi, menjadikan sepatu ini semakin sempurna dari banyak aspek. Kabar baiknya lagi, Eagle Ranger ini cocok digunakan oleh pria ataupun wanita. Baik varian warna Red & Dark Grey, Royal Blue & Black, ataupun White & Dark Red-nya, masing-masing memiliki teknologi DYNAMICMotion agar pergerakan Anda semakin leluasa saat berlaga di lapangan.

10. Li-Ning Cloud Ace III AYTP081

Li Ning Cloud Ace III AYTP081

Kisaran harga: Rp460.000

Cegah risiko ankle cidera berkat material TPU untuk keseluruhan solnya

Logo Li-Ning yang tertera di sisi samping sepatu badminton ini bakal meningkatkan prestige penggunanya. Meskipun terkenal akan perlengkapan badmintonnya, sepatu yang enteng ini tetap dibandrol dengan harga rendah. Pada koleksi yang satu ini, Li-Ning mendesain upper sepatu dengan memadukan polyutherane leather dan TPU (thermoplastic polyurethane) sehingga terjamin tangguh dan mumpuni.

Sisi luar sepatu yaitu outsole merupakan karet tebal yang tidak licin dan tidak cepat aus serta material phylon untuk midsole-nya. Li-Ning Cloud Ace III AYTP081 mempunyai ketahanan yang baik, bantalannya yang lembut dan berketebalan medium mampu menyerap guncangan akibat traksi kaki. Risiko pergelangan kaki atau ankle mengalami cidera juga kecil karena stabilitasnya yang baik.

Baca juga rekomendasi shuttlecock dan raket badminton terbaik di sini!

Setelah menemukan sepatu badminton yang cocok, hal lain yang memengaruhi kenyamanan bermain adalah raket yang digunakan. Bukan itu saja, shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa juga mempunyai daya tahan baik serta lebih stabil ketika dipukul. Jika Anda ingin mendapatkan performa lebih, jangan hanya terpaku pada sepatu yang nyaman, tetapi juga raket yang tepat dan sesuai dengan gaya permainan Anda.

Selain itu, Anda juga harus memilih shuttlecock badminton yang berkualitas. Kami telah membuat artikel yang menjelaskan cara memilih raket dan shuttlecock badminton diikuti produk rekomendasinya. Silakan Anda pilih salah satu produk yang paling sesuai dengan bujet namun tetap utamakan kualitasnya juga, ya!

Kesimpulan

Sejauh ini, Anda sudah melihat sepuluh sepatu badminton terbaik pada daftar di atas. Apakah Anda telah jatuh hati dengan salah satu produk? Agar sepatu yang telah dibeli awet, tahan lama, dan tidak cepat rusak, pastikan untuk selalu menggunakan sepatu hanya ketika bermain di lapangan badminton resmi dan jangan pakai untuk olahraga lain, terutama futsal atau mini soccer. Permukaan lapangan telah didesain sedemikian rupa agar cocok dengan lapisan karet sepatu bagian bawah.

Hindari memakai sepatu badminton Anda di permukaan jalan aspal atau lapangan beton agar tidak membuat outsole-nya tipis. Selain membuat outsole tipis, kebiasaan tersebut juga bisa membuat sepatu licin saat dipakai di lapangan badminton karena akumulasi debu dari jalan yang mengotori sepatu. Jika ingin lebih nyaman lagi, sebaiknya Anda jaga selalu bagian dalam sepatu agar tetap kering, caranya bisa dengan menaruh silica gel pada kotak penyimpanan sepatu.

(Visited 21 times, 1 visits today)