Written by 00:11 Olahraga

10 Sepatu Basket Terbaik yang Keren dan Nyaman Dipakai

Precise Storm Navy Blue

Sepatu basket biasanya didesain dengan model yang keren. Namun, menekankan aspek gaya saat memilih sepatu justru bisa membawa kekecewaan di kemudian hari. Tidak jarang orang menyesal lantaran sepatu yang dibelinya ternyata tidak nyaman dipakai bermain atau malahan membuat kakinya sakit dan cidera. Jadi, hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu basket adalah menyesuaikan ukurannya agar pas di kaki.

Di samping itu, ukuran panjang dan bentuk kaki juga perlu diidentifikasi agar mendapatkan sepatu yang tepat. Apakah kaki Anda termasuk panjang, lebar, atau normal? Dengan melakukan pengukuran, tentunya Anda akan memperoleh sepatu basket yang tepat. Namun, kami sarankan untuk memilih sepatu dengan lidah agar lebih mudah dipakai serta membuat sepatu lebih melekat ke kaki.

Lokasi Anda bermain basket juga menjadi acuan sepatu basket seperti apa yang cocok, apakah lapangan indoor, outdoor, atau keduanya? Sepatu yang didesain agar sesuai dengan karakteristik lapangan akan membuat umur sepatu lebih lama karena awet dan tidak cepat rusak. Selanjutnya, cutting sepatu basket juga menjadi pertimbangan lain. Umumnya, potongan sepatu terbagi menjadi potongan low, mid, dan high.

10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik dan Keren di Indonesia

Cutting sepatu basket yang high dapat meminimalisir kaki mengalami cidera ankle. Namun, sepatu model mid cut dapat memberikan support lebih baik serta tidak membuat kaki terasa kaku bergerak layaknya model high cut. Akan tetapi, bila Anda ingin lebih leluasa bergerak, pilihlah sepatu basket bertipe low cut yang lebih pendek potongannya.

Gaya permainan juga memengaruhi sepatu basket yang sesuai untuk digunakan. Apakah Anda mengandalkan kecepatan saat bermain? Pilihlah sepatu yang mengedepankan traction dan lockdown. Lalu, untuk pemain tipe explosive lebih cocok memakai sepatu yang mengedepankan support, lockdown, dan cushioning. Lebih dinamis di lapangan? Anda bisa memakai sepatu yang versatile di segala kondisi, yaitu yang mengutamakan lockdown, support, traction, dan cushioning.

Hal terakhir untuk diperhatikan dalam memilih sepatu basket adalah materialnya. Umumnya, sepatu basket dari bahan kulit sintetis atau plastik durabilitasnya lebih tangguh dibandingkan sepatu dari kulit asli atau suede. Berikut ini, kami hadirkan sepuluh merek sepatu basket terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Pilihlah berdasarkan gaya permainan dan tipikal lapangan tempat Anda berlaga, ya!

1. Reebok Mobius

Reebok Mobius

Kisaran harga: Rp799.000

Sepatu basket berjenis high cut dengan upper belapiskan kulit yang tahan lama

Walaupun beberapa orang menganggap sepatu basket ini terlalu berlebihan dari segi harga, Reebok Mobius tetap menjadi salah satu produk best seller di berbagai situs jual beli internasional. Meski desainnya tampak futuristik, justru sebagian orang memilih sepatu ini karena alasan desainnya yang memancarkan efek time machine ke tahun 90-an.

Reebok merancang cushion atau bantalan bersistem Hexatile pada sepatu ini sehingga menimbulkan perasaan nyaman saat berkontak dengan tumit dan telapak kaki, terutama bagian depan. Sockliner busa EVA pada sepatu ini juga dapat dilepas sehingga bisa diganti saat kualitasnya menurun. Lalu, sol karet yang tebal melapisi dasar sepatu ini untuk memberikan kestabilan dan daya cengkeram baik terhadap permukaan lapangan.

2. Fila Spaghetti

Fila Spaghetti

Kisaran harga: Rp970.000

Cocok untuk lapangan indoor dan outdoor

Fila Spaghetti seri ke-1 ini dapat menjadi opsi bagi Anda yang menginginkan sepatu basket dengan gaya retro. Komposisi material kulit premium pada bagian upper sepatu memberikan dukungan superior sehingga durabilitas sepatu ini semakin tahan banting saat dipakai “tempur” di lapangan. Midsole ultra ringannya juga membuat Anda lebih lincah dalam menggiring bola.

Sepatu yang diluncurkan pada tahun 1995 ini sempat difavoritkan oleh atlet basket Jerry Stackhouse. Menyoal spesifikasi, Fila Spaghetti menawarkan bantalan CMR Fila yang sangat empuk dan nyaman di kaki. Tapak kaki yang didukung outsole karet tahan lama dengan pola traksi herringbone turut memberikan cengkeraman superior di permukaan apa pun.

3. Nike Precision 3

Nike Precision 3

Kisaran harga: Rp899.000

Midsole berupa bantalan busa bertingkat yang dapat ciptakan efek pendaratan kaki lebih stabil

Desainnya yang sleek dan elegan adalah kelebihan utama dari segi visual pada sepatu basket ini. Nike memamerkan logo legendarisnya pada upper side dengan warna yang minimalis, tergantung warna dasar sepatunya. Tidak terhitung berapa orang yang menyukai sepatu ini. Berdaya cengekeram super kuat, perfomance Anda di lapangan semakin prima.

Sol luar pada dari Nike Precision 3 dirancang agar tahan lama dengan pola traksi multiarah. Jika Anda ingin melakukan quick cut ke ring basket, sepatu ini akan mendukung kebutuhan tersebut. Bukan itu saja, apabila Anda ingin melancarkan gerakan rotasi yang cepat dan lincah, outsole dari sepatu ini pun memungkinkannya.

4. Ardiles Men DBL Pride – Navy Yellow

Ardiles Men DBL Pride Navy Yellow

Kisaran harga: Rp315.000

Sepatu merek lokal Indonesia yang bernuansa sporty dan trendy

Tingkat support dan cushioning menjadi dua hal yang diutamakan oleh Ardiles pada sepatu basket ciptaannya ini. Material berupa busa yang digunakan pada bantalan midsole-nya mampu meredam benturan yang kencang sehingga kaki Anda tetap terasa nyaman meski bergerak dinamis di lapangan.

Bantalan suportif pada sepatu ini juga dapat beradaptasi dengan ukuran kaki pemakainya. Menyinggung kenyamanan, Ardiles Men DBL Pride dirancang dengan upper sepatu yang dilengkapi ventilasi udara. Berkat air hole technology-nya, sirkulasi udara tetap berjalan lancar, kaki pun tidak gerah dan gampang berkeringat.

5. Precise Storm Navy Blue

Precise Storm Navy Blue

Kisaran harga: Rp479.900

Ideal untuk playmaker yang bergerak dinamis

Apabila Anda memerlukan sepatu basket bertipe mid cut untuk mendorong performa Anda yang memegang part permainan cepat, Precise menyediakan produk sebagai opsi bagi Anda. Sepatu yang tampak cerah ini begitu sedap dipandang berkat sentuhan warna biru laut dan biru langit yang terkesan fresh.

Precise Storm Navy Blue diproduksi melalui teknologi terbarukan yang melibatkan para ahli agar memperoleh struktur sepatu yang nyaman di kaki. Material mesh dipilih untuk membalut upper-nya sehingga kenyamanan dan sirkulasi udara yang dimilikinya sangat baik. Selain itu, sol luar berbahan rubber dari sepatu ini juga antiselip, sangat cocok untuk playmaker yang kerap aktif menyusun strategi dan melancarkan serangan.

6. Under Armour Curry One Low

Under Armour Curry One Low

Kisaran harga: Rp1.700.000

Sepatu basket dengan lidah yang mudah digunakan

Baik di dalam ataupun luar ruangan, Under Armour Curry One Low tetap tangguh dan penuh gaya. Bantalannya yang dinilai kenyal dan responsif ini menjadi keunikan tersendiri yang jarang ditemukan pada sepatu basket lain. Meskipun mahal, sepatu ini secara tersirat dinobatkan sebagai salah satu sepatu basket terbaik dengan bantalan berlevel sempurna.

Masuk dalam kategori low cut, sepatu ini akan pas untuk Anda yang bertindak sebagai guard di dalam tim basket Anda. Under Armour memilihkan bahan Anafoam pada bagian atas yang membuat sepatu ini berbobot ringan. Selain itu, ketika dikenakan, akan timbul perasaan kaki seperti dipeluk.

7. League Fundamental

League Fundamental

Kisaran harga: Rp549.000

Sol yang efektif redam guncangan serta berdaya cengkeram baik

Dari tampilannya, sudah pasti Anda mengetahui bahwa sepatu basket ini tergolong dalam model high cut. Jadi, untuk tipe pemain yang memimpin serangan kurang cocok, tetapi ideal bagi seseorang yang berperan sebagai playmaker dalam mengatur penyerangan.

League Fundamental mendesain bagian atas sepatu berikut dengan material syntethic leather yang kuat dan tidak mudah jebol. Selanjutnya, di bagian sockliner dipilihlah material dynamic cushion EVA sehingga nyaman dan efektif meredam hentakan saat kaki menderat setelah melompat. Dukungan sol berpola melingkar juga menawarkan daya cengkeram yang tinggi sehingga kaki tidak mudah tergelincir.

8. Adidas Basketball Pro Bounce 2019

Adidas Basketball Pro Bounce 2019

Kisaran harga: Rp1.600.000

Terasa ringan dan mempunyai bantalan empuk. Sangat nyaman!

Adidas tentu saja tidak ingin ketinggalan dalam memenuhi kebutuhan anak basket di seluruh dunia. Adidas Basketball Pro Bounce 2019 ini adalah sepatu basket yang dirancang khusus untuk tipe pemain yang mengandalkan speed dan power. Kelincahan guard point akan terdukung optimal oleh sepatu ini.

Bantalan di bagian midsole-nya begitu fleksibel sehingga mampu mengurangi efek kejut saat kaki menapak lapangan sehabis lakukan lompatan. Bukan itu saja, flex groove pada bagian outsole sepatu ini mampu menyesuaikan gerakan kaki secara alami saat Anda ingin melewati lawan.

9. Under Armour Anatomix Spawn

Under Armour Anatomix Spawn

Kisaran harga: Rp1.079.000

Disertakan shank midfoot internal untuk mencegah kaki terpelintir

Under Armour Anatomix Spawn mungkin akan kurang cocok bagi mereka yang tidak menggemari sepatu bulky. Namun, coba dipertimbangkan kembali, kemampuannya mengunci tumit serta cengkeramannya yang superior meskipun lantai agak berdebu menjadi kelebihan yang bakal jarang ditemui dari sepatu basket sekelas dari brand lainnya.

Material upper berupa TPU (thermoplastic polyurethane) dan PU (polyurethane) lengkap dengan lapisan mesh memberikan dukungan optimal terhadap durability dan kenyamanan. Material mesh yang berpori akan menyediakan ruang khusus untuk udara keluar masuk ke dalam sepatu, kulit kaki bisa bernapas lega! Hanya berbobot 12,86 ons, kaki tidak pegal meski dipakai untuk durasi panjang.

10. Adidas Crazy Explosive Primeknit

Adidas Crazy Explosive Primeknit

Kisaran harga: Rp986.000

Memberikan efek melenting sehingga melangkahkan kaki menjadi effortless

Upper Primeknit yang dibenamkan ke sepatu ini akan memudahkan pemain tipe explosive yang mengandalkan power. Adidas menjamin sepatu basket besutannya ini memiliki breathability dan stabilitas yang baik berkat dukungan teknologi GeoFit berkelas dunia.

Full-length boost cushioning yang diperkenalkan Adidas pada salah satu koleksi sepatu basket terbaik ini menyuguhkan efek pantul dan responsif, pergerakan pun semakin dinamis dan lincah. Andrew Wiggins, Harrison Barnes, Marcus Smart, Iman Shumpert, dan Justice Winslow adalah nama-nama yang pernah mengenakan sepatu ini. Ingin merasakan serunya dribbling dan shooting seperti pemain basket profesional? Sepatu ini wajib dimasukkan ke wishlist Anda!

Baca juga rekomendasi sepatu olahraga lainnya di sini!

Bermain basket tentu memberikan kesenangan tersendiri bagi penyukanya sekaligus berdampak baik bagi kesehatan. Selain basket, Anda juga bisa menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga lain, semisal badminton, berlari, atau futsal yang dimainkan bersama tim layaknya permainan basket.

Tentu saja, sepatu untuk bermain badminton, futsal, atau dipakai berlari berbeda struktur dan karakteristik. Oleh sebab itu, Anda perlu menyesuaikannya berdasarkan olahraga yang ingin dijalani. Di bawah ini telah kami buatkan artikel yang mengulas tips memilih beserta rekomendasi produk sepatu olahraga terbaik. Silakan dibaca berdasarkan olahraga kesukaan Anda!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda telah menemukan sepatu basket idaman Anda dalam daftar tersebut? Memakai sepatu dengan ukuran yang tepat dan sesuai dengan tipe permainan tentu akan memberikan kenyamanan. Perfomance Anda untuk lakukan berbagai manuver pun semakin optimal berkat dukungan sepatu basket yang Anda kenakan.

Satu tip tambahan lagi, agar pergerakan Anda semakin responsif, pastikan Anda memilih sepatu basket yang terasa lentur di kaki. Jadi, saat memposisikan tubuh ketika mengerem dan mengelabui lawan, Anda bisa meminimalisir terjadinya miss. Selain itu, sepatu dengan bantalan yang bagus dan empuk dapat membantu melindungi sendi pada pergelangan kaki secara menyeluruh sekaligus menciptakan efek peredaman hentakan yang lebih baik.

(Visited 32 times, 1 visits today)