Hobi

10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik

Salah satu barang yang sangat penting untuk dibawa saat mendaki gunung atau berkemah adalah tenda. Saat ini, tenda yang populer dan umum digunakan adalah tenda dome, yaitu tenda berbentuk kubah. Eiger, Naturehike, Consina, adalah contoh-contoh merek tenda dome terbaik yang ada di pasaran.

Merek-merek tersebut menawarkan berbagai jenis dan ukuran tenda dengan fitur-fitur yang berguna saat berada di alam terbuka. Anda akan kami ajak menentukan tenda dome berdasarkan beberapa aspek. Tak cuma itu, rekomendasi tenda dome terbaik versi PickyBest juga dapat Anda temukan di sini. Selamat menyimak!

blank

Tenda Dome, Pilihan Praktis untuk Kenyamanan Berkemah

blank

Tenda dome adalah tenda serbaguna yang lebih praktis dan ringan dibandingkan dengan tenda kanvas. Tenda ini dirancang agar mudah dipasang dan diturunkan, serta nyaman digunakan saat berkemah di berbagai lokasi dan kondisi.

Tenda dome terbaik menawarkan sejumlah keuntungan, seperti:

  • Bentuk yang kuat dan stabil serta mudah diatur.
  • Dapat berdiri tanpa tiang pancang.
  • Tinggi dan luas dengan lantai persegi panjang yang memudahkan penggunanya untuk tidur.
  • Mudah digabung dengan tenda dome lain agar lebih luas.
  • Dapat dipadukan dengan tambahan seperti seperti ruang depan atau garasi.

Meski demikian, ada beberapa kekurangan dari tenda dome, seperti:

  • Bentuknya yang seperti kubah dan dinding yang miring mengurangi ruang berdiri.
  • Semakin tinggi kubahnya, tenda juga semakin tidak stabil karena mudah tertiup angin.
Bagi seorang petualang garis keras atau jika berkemah di lokasi ekstrem dan cuaca buruk, mungkin tenda dome bukan pilihan yang terbaik.

Cara Memilih Tenda Dome Terbaik

Dalam memilih tenda dome terbaik, faktor keamanan dan kenyamanan sangat penting untuk diperhatikan. Berikut adalah cara-cara memilih tenda dome yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pilih Karakteristik Tenda sesuai Medan Tempat Anda Berkemah

blank

Tenda dome tidak dirancang untuk kondisi pegunungan dan hutan belantara dalam cuaca ganas, tetapi lebih cocok digunakan untuk berkemah di area perkemahan atau tanah lapang, serta dalam kondisi cuaca normal.

Beberapa jenis tenda dome dapat bertahan menghadapi angin kencang bila dipasang dengan tepat. Namun, agar lebih aman dalam menghindari tekanan angin, Anda bisa menggunakan tenda dome yang lebih rendah.

Berdasarkan medan dan cuaca tempat berkemah itulah, tenda terbagi menjadi dua jenis, yaitu tenda 3 musim dan tenda 4 musim.

Tenda 3 musim

Tenda yang paling umum dipakai adalah jenis tenda 3 musim yang dirancang untuk kondisi musim semi, panas, dan gugur, serta dapat memberikan privasi. Tenda ini berfungsi menjaga Anda tetap kering saat hujan dan salju ringan, dilengkapi panel jala untuk mencegah masuknya serangga, dan panel jaring untuk meningkatkan aliran udara.

Meski tenda 3 musim mampu menahan hujan kencang, tetapi tidak dianjurkan untuk digunakan pada saat badai, angin kencang, atau salju lebat. Bila Anda berkemah di lokasi dan cuaca yang lebih ekstrem, sebaiknya Anda menggunakan tenda jenis lainnya, yakni tenda 4 musim.

Tenda 4 musim

Tenda jenis tenda 4 musim menggunakan lebih banyak tiang dan kain yang lebih berat daripada tenda 3 musim, membuatnya mampu menahan angin kencang dan beban salju yang tebal, serta tetap berdiri kokoh dalam menghadapi cuaca buruk, terutama di musim dingin atau di pegunungan. Desain kubahnya yang bundar membuatnya terhindar dari salju yang berkumpul di ruang atap.

Meski cocok untuk digunakan di segala musim, tenda ini cenderung pengap untuk digunakan dalam cuaca ringan atau panas. Namun, saat angin kencang dan badai menerpa, tenda 4 musim ini adalah tempat yang aman untuk berlindung.

Pilih Ukuran dan Kapasitas Tenda yang Nyaman untuk Anda

blank

Ukuran dan kapasitas tenda dome terbaik tergantung pada kebutuhan Anda dalam berkemah.

  • Tenda yang besar memiliki ruang yang lebih lebih luas dan bisa ditempati lebih banyak orang, tetapi lebih berat saat dibawa dan mengambil banyak tempat di area perkemahan.
  • Tenda yang lebih kecil lebih ringan dibawa dan lebih simpel, tetapi hanya sedikit orang yang dapat menempatinya.

Pertimbangkan sirkulasi udara dan temperatur di dalam tenda saat semua penghuni berada di dalamnya. Karena suhu tubuh dapat mempengaruhi suhu di dalam tenda, maka tenda jangan diisi oleh terlalu banyak atau terlalu sedikit orang agar suhu tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Selain itu, perhatikan juga ukuran dan bobot tenda dalam keadaan tersimpan di pouch-nya. Dengan demikian, Anda dapat mengira-ngira beban bawaan ketika akan berkemah, terutama untuk keperluan pendakian.

Agar Lebih Multiguna, Pilih Tenda yang Menyediakan Area Teras

blank

Vestibula adalah ruang depan atau area teras dari sebuah tenda dome, berupa ruang kecil tertutup yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang atau perlengkapan ekstra agar lebih terlindungi.

Area teras juga digunakan untuk tempat melepas berbagai aksesori pakaian seperti sepatu, sepatu bot, jaket, atau benda lain yang kotor sebelum Anda masuk ke bagian dalam yang menjadi ruang tidur Anda.

Jika Anda berkemah bersama keluarga dan membutuhkan fungsi tambahan tersebut untuk menjaga kebersihan dan perlindungan ekstra, maka Anda dapat memilih tenda dome terbaik yang dilengkapi dengan vestibula atau membelinya secara terpisah.

Utamakan Tenda dengan Kemampuan Tahan Air yang Mumpuni

blank

Anda tentu tidak ingin acara berkemah Anda menjadi berantakan saat hujan turun dan menerpa tenda Anda hingga bocor. Maka dari itu, sangat penting untuk mempertimbangkan seberapa kuat kemampuan bahan tenda dome terbaik Anda dalam menahan air.

Ukuran kemampuan kedap air ini disebut dengan waterproof rating (peringkat kedap air). Waterproof rating untuk tenda diukur dalam milimeter, tetapi bukan beradasarkan ketebalan kain, melainkan berdasarkan tekanan air.

Kain yang mampu menahan tekanan air 10.000 mm akan memiliki peringkat 10.000 mm. Karena tingkat terendah yang dianggap kedap air adalah 1.000 mm, sebaiknya Anda memilih tenda yang kemampuan kedap airnya di atas 1.000 mm. Semakin tinggi nilainya, tenda akan semakin kedap air.

Penutupan jahitan kain tenda juga berpengaruh pada kemampuan tahan air sebuah tenda. Karena lubang bekas jahitan bisa mengakibatkan bocor, dibutuhkan seal untuk menutupi lubang-lubang itu, yang dapat menempel kuat pada bahan tenda. Metode tersebut dikenal dengan metode seam sealed. Anda dapat menggunakan seam tape untuk menambah kemampuan kedap air tenda Anda.

Pertimbangkan Fitur Tambahan Lain yang Berguna untuk Anda

blank

Perhatikan juga keberadaan sejumlah fitur tenda, misalnya ventilasi agar aliran udara di dalam tenda optimal dan tidak pengap, kantong di dinding tenda untuk tempat menaruh barang-barang, serta ruangan bersekat untuk privasi dan kerapian di dalam tenda.

Beberapa tenda dome terbaik juga memiliki fitur UV filter dengan tingkat proteksinya UPF30 atau UPF50. Anda dapat mempertimbangkan tenda dengan fitur tersebut agar tenda lebih terlindungi dari radiasi sinar ultraviolet saat matahari sedang bersinar terik.

10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik

Setelah membaca cara memilih tenda dome di atas, kini Anda sudah bisa menentukan pilihan tenda dome terbaik mana yang akan Anda beli. Kemudian, Anda siap menggunakannya saat berpetualang di alam bebas nanti. Selamat memilih!

1. Eiger Stover 4P Tent

Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Mudah dipasang dengan kapasitas 4 orang

Tenda dome terbaik produksi Eiger ini cocok untuk kegiatan berkemah atau mendaki gunung. Berkapasitas untuk 4 orang, Eiger Stover 4P Tent memiliki satu akses pintu masuk dengan area teras dan mesh untuk ventilasi.

Dengan tiang rangka berbahan duralumin, tenda mudah dipasang saat akan digunakan. Ketika tidak dipakai, tenda dapat disimpan di dalam carry bag-nya. Tenda dome keluaran brand asli Indonesia ini mempunyai kemampuan tahan air cukup besar, yaitu sebanyak 5.000 mm.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memakai ritsleting YKK berkualitas.
  • Frame kokoh berbahan aluminium.
  • Terdapat dua kantong untuk menyimpan barang pada bagian dalam tenda.
  • Pintu dua lapis polyester dan jaring.
  • Vestibula luas bisa untuk menaruh kompor, sepatu, dan barang-barang lainnya.
  • Ketahanan angin baik.
  • Mudah dipasang tanpa menghabiskan banyak waktu.
  • Harga kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Masih single layer.
Kapasitas 4 orang
Fitur Satu akses pintu masuk; Mudah dipasang; Mesh untuk ventilasi
Kemampuan tahan air PU 5.000 mm
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 68 x 48 x 30 cm | 3,6 kg
Ukuran (240+80) x 210 x 130 cm
Kisaran harga Rp1.849.000
Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

2. Naturehike NH18Z044-P

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Struktur berlapis ganda dengan perlindungan sinar ultraviolet

Naturehike NH18Z044-P berkapasitas 4 orang, memiliki multiruang yang terdiri dari aula utama dan depan pintu yang bisa disulap menjadi area teras, serta perlindungan UV UPF50+ untuk menghalangi radiasi sinar ultraviolet saat matahari bersinar terik.

Dengan struktur berlapis ganda dan tiang berbahan aluminium, tenda dome terbaik ini mudah dibangun, cocok untuk berkemah santai dalam semalam, dan aman dari kebocoran saat turun hujan ringan.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kapasitas lega untuk keluarga.
  • Frame aluminium kokoh.
  • Mudah dan cepat dipasang.
  • Bobot relatif enteng.
  • Kuat diterpa hujan badai.
  • Harga bersahabat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Kapasitas 4 orang
Fitur UPF50+ UV protection; Double-layer structure; Ventilasi
Kemampuan tahan air PU 2.000 mm
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 48 x 18 cm | 2,8 kg
Ukuran tenda 210 x 210 x 130 cm
Kisaran harga Rp1.080.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Quechua Arpenaz 6.3

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia

Superluas dengan ruang tamu dan 3 kamar terpisah

Bila Anda berkemah dengan keluarga besar atau sekelompok teman, Quechua Arpenaz 6.3 cocok dijadikan pilihan. Tenda besar ini dapat menampung 6 orang, memiliki 3 kamar yang terpisah, dan ruang tamu/ruang keluarga yang luas serta area teras. Saking luasnya, Anda bahkan bisa menempatkan kursi dan meja kecil di dalam tenda!

Selain struktur lengkungan tenda yang mudah dipasang dan dibongkar, tenda dome terbaik ini memiliki banyak sekali fitur. Beberapa di antara fitur yang tersedia adalah kain flysheet di atas ruang tamu untuk mengurangi panas dan kain UPF 30 untuk memfilter sinar UV.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kapasitas ekstra lega.
  • Ketahanan terhadap terpaan angin sangat baik.
  • Interior lebih adem berkat kain bermaterial khusus yang mengurangi panas.
  • Tiap kamar tidur dilapisi kain gelap yang 99 persen sinar matahari.
  • Bobot terlipat relatif ringan mempertimbangkan ukurannya.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal untuk beberapa orang.
Kapasitas 6 orang
Fitur Kain flysheet memiliki lapisan perlindungan matahari UPF 30; Alas berbentuk basin yang dapat dilepas di pintu tenda jika terjadi hujan; 2 jendela penutup transparan; Kelambu nyamuk; 2 layar penutup di bagian belakang ruang tamu; Kantong penyimpanan di kamar tidur dan di ruang tamu; Tali jemuran; Tahan angin hingga 50 km/jam
Kemampuan tahan air PU 2.000 mm
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 60 x 30 x 30 cm | 17 kg
Ukuran tenda 567 x 525 x 185 cm
Kisaran harga Rp3.650.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Consina Magnum 5

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Kapasitas 5 orang dengan area teras berjendela

Satu lagi tenda yang dapat menampung rombongan, Consina Magnum 5, tenda yang dapat memuat hingga 5 orang. Dilengkapi dengan frame fiberglass, tenda ini memiliki bagian teras yang cukup luas dan juga berjendela. Anda dapat meletakkan barang-barang di sana tanpa khawatir kehujanan atau tercecer.

Untuk tenda dengan ukuran kapasitas cukup besar, tenda dome terbaik ini relatif murah bila dibandingkan tenda dengan ukuran serupa. Dengan kualitas yang kuat dan kokoh, tenda ini cocok untuk berkemah di gunung atau area perkemahan.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Lebar dan tinggi.
  • Sudah double layer.
  • Vestibula luas.
  • Terdapat dua jendela pada vestibula untuk melihat keluar ketika di dalam tenda.
  • Sebagian dari sisi atas tenda memakai material jaring sehingga sirkulasi udara lebih baik.
  • Harga bersahabat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bobot cukup berat.
Kapasitas 5 orang
Fitur Cover bahan tahan air; Terdapat jendela pada area teras
Kemampuan tahan air Tidak disebutkan
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 50 x 15 x 15 cm | 3,9 kg
Ukuran tenda 210 (+95) x 240 x 134 cm
Kisaran harga Rp1.125.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

5. The North Face Stormbreak 2

Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Memiliki dua pintu yang lebar dan dua area teras

Dapat digunakan saat backpacking atau di area perkemahan, The North Face Stormbreak 2 adalah tenda klasik untuk 2 orang yang mudah dipasang. Tenda dome terbaik ini memiliki 2 pintu yang lebar dan 2 area teras, memudahkan akses keluar-masuk dan memberikan pemandangan ke luar dengan leluasa.

The North Face Stormbreak 2 menggunakan seam taped untuk kanopi dan lantai sepenuhnya, sehingga memiliki kemampuan tahan air yang lebih baik. Tenda berdesain eksklusif ini cocok digunakan untuk camping berdua dengan pasangan Anda selama berpetualang di alam terbuka.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menyediakan banyak headroom.
  • Banyak ventilasi.
  • Vestibula lapang.
  • Dua pintu ukuran besar yang bisa dibuka sepenuhnya.
  • Tersedia 4 saku ukuran besar di tiap pojok bagian dalam tenda.
  • Mudah dipasang.
  • Durabilitas tinggi. Awet untuk penggunaan bertahun-tahun.
  • Ketahanan yang baik terhadap terpaan hujan dan angin.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bobot yang berat.
Kapasitas 2 orang
Fitur Seam taped, kemampuan tahan air lebih baik; Kabin tenda transparan saat tidak ditutup sehingga mudah melihat area luar; High-low ventilation
Kemampuan tahan air Fly: 1.200 mm PU coating; Floor: 3.000 mm PU coating
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 55,9 x 17,8 cm | 2,67 kg
Ukuran tenda Floor area: 2,84 m2; Vestibule area: 0,91 m2
Kisaran harga Rp4.500.000
Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Arei Tenda Kerinci B

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Dengan double layer dan bahan waterproof, tetap nyaman saat hujan!

Saat berkemah dan menghadapi cuaca hujan, tidak perlu khawatir akan kedinginan atau air rembes ke dalam tenda jika Anda menggunakan tenda Arei Tenda Kerinci B. Memiliki fitur double layer dan bahan waterproof, tenda ini cocok digunakan untuk camping di segala cuaca.

Tidak hanya tersedia kabin yang bisa menampung 4 orang, tenda ini juga memiliki area teras yang membuat tenda terasa lebih luas lagi. Tenda dome terbaik ini cocok digunakan saat Anda beraktivitas outdoor bersama teman-teman.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Frame aluminium yang kokoh.
  • Bagian dalam berbahan breathable polyester bikin interior lebih adem.
  • Pintu dua lapis polyester dan jaring.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Kapasitas 4 orang
Fitur Double layer dan bahan waterproof
Kemampuan tahan air PU 2.000 mm
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 50 x 20 x 20 cm | 5,6 kg
Ukuran tenda (100+220) x 220 x 145 cm
Kisaran harga Rp1.550.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Naturehike Cloud Up Series – Cloud Up 3

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Bukalapak

Ringan, minimalis, dan berkualitas favorit pada backpackers

Naturehike terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas, praktis, dan ringan untuk kegiatan outdoor. Salah satunya adalah Cloud Up Series – Cloud Up 3, sebuah tenda berdesain unik dan minimalis, dengan bobot ringan yang disukai para backpackers, yaitu tidak sampai 2 kg!

Memiliki kapasitas 3 orang, tenda dome terbaik ini sangat mudah dirakit hanya dalam 5 menit dengan struktur yang kokoh. Dibuat dari bahan yang berkualitas dan tahan air hingga 4.000 mm serta fitur-fitur lain yang lengkap, tenda ini cocok digunakan di semua musim dan semua kondisi cuaca.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Enteng.
  • Pemasangan gampang, tidak perlu waktu lama.
  • Vestibula lapang.
  • Airflow yang baik.
  • Waterproofing Siap diterpa hujan badai.
  • Frame aluminium.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sisi dalam flysheet masih mengalami kondensasi.
Kapasitas 3 orang
Fitur Seamed seal; Mudah dipasang, hanya perlu 1 orang; Kantong jala di dinding tenda
Kemampuan tahan air PU 4.000 mm
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 45 x 15 cm | ±1,85 kg
Ukuran tenda (85+215) x 180 x 110 cm
Kisaran harga Rp4.029.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Bukalapak

8. Eiger Guardian 8P Tent

Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Muat untuk 8 orang dengan 2 ruang tidur terpisah

Saat berkemah dengan rombongan tapi tidak ingin membawa banyak tenda, Eiger Guardian 8P Tent yang berdaya tampung 8 orang ini sangat cocok untuk digunakan. Dengan adanya dua ruangan untuk tidur yang dipisah dengan sekat, Anda tetap mendapatkan privasi.

Dengan desain yang menarik, tenda dome terbaik ini memiliki 2 pintu masuk dengan jala anti nyamuk, dilengkapi jendela besar sebagai ventilasi dan seam taped untuk mencegah rembesan air saat hujan. Terlebih lagi, tinggi tenda ini mencapai 200 cm, membuat seisi penghuni tenda tetap nyaman bergerak di dalam tenda.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ekstra lapang. Cocok untuk liburan sekeluarga.
  • Tidak bocor diterpa hujan.
  • Dibekali beberapa jendela besar untuk lihat pemandangan.
  • Pembatas antara 2 kamar tidur bisa dilepas untuk memperbesar ruang.
  • Banyak ventilasi. Tidak gerah di siang hari.
  • Mempertimbangkan ukurannya, harganya relatif bersahabat.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang cocok dibawa hiking.
  • Banyaknya ventilasi berdampak pada temperatur yang cukup dingin saat malam hari.
Kapasitas 8 orang
Fitur Panel atap jala; Jendela dengan bukaan resleting besar sebagai ventilasi; Terdapat 2 ruangan bersekat yang dilengkapi mosquito net; Seam taped untuk kemampuan tahan air lebih baik
Kemampuan tahan air Fly: Polyester 2.000 mm, Inner: Polyester 2.000 mm
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan Tidak disebutkan
Ukuran tenda 270 x 390 x 200 cm
Kisaran harga Rp4.023.850
Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Klymit Maxfield Tent

blank

Sumber: Klymit.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Satu tenda lega untuk 4 orang

Klymit Maxfield Tent merupakan tenda 3 musim dengan struktur ultra ringan dan interior yang nyaman dengan kapasitas 4 orang. Mudah dipasang dan dikemas ulang, tenda ini memiliki area teras tertutup yang lega hingga Anda dapat menyimpan peralatan luar ruangan dengan maksimal.

Di bagian dalamnya, terdapat 2 kantong jaring besar untuk tempat menyimpan barang-barang pribadi. Kokoh dan berdaya tahan tinggi, tenda dome terbaik ini adalah pilihan yang tepat saat melakukan perjalanan dengan keluarga atau teman dekat ke daerah yang cukup berat.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Struktur dan pemilihan material dirancang khusus untuk menghasilkan bobot seringan mungkin.
  • Lapang dan menyediakan banyak headroom.
  • Tahan guyuran hujan dan terpaan angin.
  • Vestibula depan luas dan ada vestibula belakang yang bisa diakses dari dalam tenda untuk tambahan ruang penyimpanan.
  • Sistem ventilasi yang baik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ada sebagian pengguna menganggap pemasangannya sedikit rumit.
Kapasitas 4 orang
Fitur Desain tenda meruncing, menciptakan ruangan yang luas; Penyimpanan berbentuk gulungan, sehingga mudah dibuka dan dirapikan kembali; 2 kantong jala di dinding tenda; 3 ventilasi; Fast fly capable
Kemampuan tahan air Fly: Sil/Pu Nylon Ripstop 1.200 mm; Floor: PU Nylon Ripstop 3.000 mm
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 51 x 17 cm | 2,5 kg
Ukuran tenda Floor dimensions : 218 x 244 cm; Vestibule area : 2.4 (1.5 front x 0.9 rear) m2; Peak height: 114 cm
Kisaran harga Rp5.280.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Quechua MH100

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Tenda yang kuat dan kokoh untuk pemula

Bagi Anda yang baru pertama kali berkemah, pilihlah tenda yang sederhana dan mudah didirikan, namun tetap kuat dan kokoh dalam melindungi Anda dari angin, hujan, panas, serangga, dan lainnya yang ada di luar sana. Quechua MH100 adalah tenda yang bisa Anda pilih dengan harga terjangkau.

Sanggup menampung 3 orang, tenda ini cocok untuk pemula karena pemasangan tiang yang ringkas. Meski begitu, tenda dome terbaik ini tahan terhadap angin kencang hingga 40 km/jam dan juga tahan terhadap curah hujan tropis.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ventilasi besar.
  • Tidak banyak memakai jaring sehingga temperatur jadi lebih hangat.
  • Ada tali jemuran di dalam tenda.
  • Kantong besar di dalam tenda.
  • Relatif ringan, meski bukan yang paling ringan.
  • Harga terjangkau.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Vestibula agak sempit.
  • Frame masih terbuat dari fiber.
Kapasitas 3 orang
Fitur Mengurangi panas: Flysheet dan ventilasi di belakang; Tahan air: Diuji di bawah guyuran 200 mm air/jam/m2 (hujan tropis); Tahan angin 50 km/jam; Terdapat kantong di dinding tenda
Kemampuan tahan air PU 2.000 mm
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 59 x 19 x 19 cm | 3,4 kg
Ukuran tenda 195  x 210 x 120 cm
Kisaran harga Rp735.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Tenda Dome

Produk Eiger Stover 4P Tent Naturehike NH18Z044-P Quechua Arpenaz 6.3 Consina Magnum 5 The North Face Stormbreak 2 Arei Tenda Kerinci B Naturehike Cloud Up Series – Cloud Up 3 Eiger Guardian 8P Tent Klymit Maxfield Tent Quechua MH100
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kapasitas 4 orang 4 orang 6 orang 5 orang 2 orang 4 orang 3 orang 8 orang 4 orang 3 orang
Fitur Satu akses pintu masuk; Mudah dipasang; Mesh untuk ventilasi UPF50+ UV protection; Double-layer structure; Ventilasi Kain flysheet memiliki lapisan perlindungan matahari UPF 30; Alas berbentuk basin yang dapat dilepas di pintu tenda jika terjadi hujan; 2 jendela penutup transparan; Kelambu nyamuk; 2 layar penutup di bagian belakang ruang tamu; Kantong penyimpanan di kamar tidur dan di ruang tamu; Tali jemuran; Tahan angin hingga 50 km/jam Cover bahan tahan air; Terdapat jendela pada area teras Seam taped, kemampuan tahan air lebih baik; Kabin tenda transparan saat tidak ditutup sehingga mudah melihat area luar; High-low ventilation Double layer dan bahan waterproof Seamed seal; Mudah dipasang, hanya perlu 1 orang; Kantong jala di dinding tenda Panel atap jala; Jendela dengan bukaan resleting besar sebagai ventilasi; Terdapat 2 ruangan bersekat yang dilengkapi mosquito net; Seam taped untuk kemampuan tahan air lebih baik Desain tenda meruncing, menciptakan ruangan yang luas; Penyimpanan berbentuk gulungan, sehingga mudah dibuka dan dirapikan kembali; 2 kantong jala di dinding tenda; 3 ventilasi; Fast fly capable Mengurangi panas: Flysheet dan ventilasi di belakang; Tahan air: Diuji di bawah guyuran 200 mm air/jam/m2 (hujan tropis); Tahan angin 50 km/jam; Terdapat kantong di dinding tenda
Kemampuan tahan air PU 5.000 mm PU 2.000 mm PU 2.000 mm Tidak disebutkan Fly: 1.200 mm PU coating; Floor: 3.000 mm PU coating PU 2.000 mm PU 4.000 mm Fly: Polyester 2.000 mm, Inner: Polyester 2.000 mm Fly: Sil/Pu Nylon Ripstop 1.200 mm; Floor: PU Nylon Ripstop 3.000 mm PU 2.000 mm
Area teras
Ukuran & berat saat disimpan 68 x 48 x 30 cm | 3,6 kg 48 x 18 cm | 2,8 kg 60 x 30 x 30 cm | 17 kg 50 x 15 x 15 cm | 3,9 kg 55,9 x 17,8 cm | 2,67 kg 50 x 20 x 20 cm | 5,6 kg 45 x 15 cm | ±1,85 kg Tidak disebutkan 51 x 17 cm | 2,5 kg 59 x 19 x 19 cm | 3,4 kg
Ukuran (240+80) x 210 x 130 cm 210 x 210 x 130 cm 567 x 525 x 185 cm 210 (+95) x 240 x 134 cm Floor area: 2,84 m2; Vestibule area: 0,91 m2 (100+220) x 220 x 145 cm (85+215) x 180 x 110 cm 270 x 390 x 200 cm Floor dimensions : 218 x 244 cm; Vestibule area : 2.4 (1.5 front x 0.9 rear) m2; Peak height: 114 cm 195  x 210 x 120 cm
Kisaran harga Rp1.849.000 Rp1.080.000 Rp3.650.000 Rp1.125.000 Rp4.500.000 Rp1.550.000 Rp4.029.500 Rp4.023.850 Rp5.280.000 Rp735.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Tokopedia

Kesimpulan

Tenda dome dirancang untuk mudah dipasang dan dibongkar, sekaligus mengedepankan faktor keamanan dan fitur-fitur yang dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Dengan desain tenda yang menarik dan kapasitas yang beragam, tenda dome mampu menahan terpaan angin, guyuran hujan, serangan serangga, serta hal-hal tak terduga yang dapat terjadi di alam terbuka.

blank

Agar acara camping Anda lancar, gunakan jenis tenda dome terbaik yang tepat sesuai dengan lokasi dan kondisi Anda berkemah, juga sesuai dengan kapasitasnya. Kini Anda siap berpetualang bersama teman atau keluarga. Selamat camping!

Referensi

How To Choose A Dome Tent
https://www.torpedo7.co.nz/community/help-and-advice/camping/choosing-gear/how-to-choose-a-dome-tent diakses pada 24 Maret 2021

What Is A Dome Tent?
https://upgradecamping.com/what-is-a-dome-tent/ diakses pada 24 Maret 2021

How to Choose Tents for Camping
https://www.rei.com/learn/expert-advice/family-base-camping-tent.html diakses pada 24 Maret 2021

What Is A Dome Tent And How To Pick The Right One?
https://campingvalley.com/what-is-a-dome-tent/ diakses pada 24 Maret 2021

Mengenal nilai waterproofness
http://www.store.merapimountain.com/blog/mengenal-nilai-waterproofness/ diakses pada 24 Maret 2021

Mengenal Bahan Tenda
https://www.merapimountain.com/2017/08/19/mengenal-bahan-tenda/ diakses pada 24 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.