Written by 22:44 Olahraga

10 Merk Tas Gunung (Carrier) Terbaik di Indonesia

Deuter Aircontact Lite 40 10 L

Menyiapkan perbekalan sangatlah penting bagi para pendaki gunung. Selain memperhatikan bawaan, tas gunung atau biasa disebut carrier juga memengaruhi kenyamanan selama pendakian. Berbagai kapasitas dan fitur tambahan merupakan aspek yang penting ditinjau sebelum membeli produk, termasuk mereknya yang beragam, seperti Consina, Jack Wolfskin, dan brand lokal Eiger.

Pada artikel ini, kami akan mengemukakan step by step dalam memilih tas gunung. Dengan mengecek elemen-elemen penting seperti kapasitas, back system, tali bahu, hingga fungsi tambahan membantu Anda melakukan pendakian tanpa didistraksi oleh tas yang tidak nyaman. Simak langung ulasan berikut ini dan mari temukan tas gunung terbaik untuk menemani hiking dan pendakian Anda!

Cara Memilih Tas Gunung (Carrier) untuk Hiking dan Pendakian

Saat datang ke toko atau mencari produk secara online, apa sajakah poin penting yang harus Anda lihat? Di bagian ini, kami jelaskan terlebih dahulu sederet poin-poin pertimbangan dalam memilih tas gunung. Mari simak section pertama ini dengan saksama!

Sesuaikan Kapasitas Tas dengan Lama Waktu Pendakian

Sesuaikan Kapasitas Tas dengan Lama Waktu Penggunaan

Tas gunung hadir dalam berbagai jenis berdasarkan ukuran atau kapasitas muatannya. Secara umum, kapasitas tas gunung dipilih dengan mengecek seberapa lama Anda melakukan pendakian. Sebagai contoh, tas gunung berkapasitas 30 – 50 liter sudah ideal untuk mendaki gunung selama kurang lebih 2 hari. Anda bisa memuat logistik semacam makanan, pakaian, dan air minum dalam jumlah cukup.

Tetapi, jika Anda adalah pendaki profesional dan ingin menaklukkan gunung-gunung lebih tinggi, tentunya Anda memerlukan tas gunung dengan kapasitas lebih besar, misalnya daya tampung antara 50 – 80 liter, yang bisa menyediakan bawaan antara 3 – 5 hari. Kapasitas sebesar ini memungkinkan Anda membawa lebih banyak barang, seperti alat masak, matras, sleeping bag, raincover, flysheet, dan obat-obatan hingga bobot mungkin mencapai 20 kg.

Apabila Anda ingin berekspedisi ke berbagai negara, melakukan pembukaan jalur hutan baru, atau mendaki dalam jangka waktu lama, lebih direkomendasikan untuk menggunakan tas gunung dengan kapasitas sekitar 100 liter. Sudah pasti Anda lebih memerlukan banyak barang, semisal sleeping bag cover, headlamp, baterai cadangan, tent cover, atau bahkan pengusir serangga dan penyaring air  karena Anda tidak bisa memprediksi bagaimana kondisi air di hutan atau jalur pendakian yang baru.

Utamakan Produk dengan Hip Belt dan Chest Belt yang Pas

Utamakan Produk dengan Hip Belt dan Chest Belt yang Pas

Sebagian besar tas gunung berkualitas dilengkapi hip belt dan chest belt untuk mengunci tas agar bisa dibawa dengan stabil. Semakin besar kapasitas tas, tentu membuat beban bawaan semakin berat. Supaya aktivitas pendakian Anda berlangsung aman dan nyaman, saat memilih tas gunung periksalah ukuran hip belt dan chest belt-nya terlebih dahulu.

Produk yang hip belt dan chest belt-nya dapat diatur kekencangannya tentu menjadi poin lebih untuk dipertimbangkan. Dengan memakai tas yang pas dan menempel ke tubuh, stabilitas tubuh ketika membawa tas tersebut pun lebih meningkat, terutama saat membawa banyak logistik.

Pilih yang Tali Pundaknya Nyaman dan Pas Saat Digunakan

Pilih yang Tali Pundaknya Nyaman dan Pas Saat Digunakan

Apabila Anda berkunjung ke toko yang menjual tas gunung, sebaiknya Anda mencoba langsung tas yang hendak Anda beli. Ceklah bagaimana tali pundak dari tas yang Anda gunakan, pastikan agar pas di pundak, tidak terlalu lebar dan menciptakan jarak antara tas dengan punggung yang menyebabkan Anda tidak stabil ketika membawa banyak barang.

Tali pundak pada tas gunung harus bisa dikencangkan untuk menutup celah antara punggung dan tas. Pasalnya, apabila terdapat jarak, selain mengganggu stabilitas, tubuh Anda juga merasa beban tambahan akibat daya tarik gravitasi terhadap tas yang Anda gunakan. Untuk membantu Anda semakin yakin, saat memakai menguji coba tas, minta tolonglah kepada petugas atau penjual untuk memasukkan barang ke dalam tas tersebut sehingga Anda bisa merasakan “feel”-nya.

Pilih Back System yang Breathable Supaya Tidak Gerah

Pilih Back System yang Breathable Supaya Tidak Gerah

Setiap tas gunung diproduksi dengan back system yang berbeda-beda. Bagian belakang tas tentu akan bersentuhan lebih sering dengan punggung Anda. Saat melaksanakan pendakian, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Hal ini bisa berdampak pada timbulnya ketidaknyamanan jika back system pada tas gunung Anda tidak memiliki breathability yang baik.

Tas gunung dikatakan bagus dan nyaman apabila mempunyai back system yang breathable. Anda dapat menanyakan langsung pada pelayan toko untuk memastikan produk tersebut memiliki back system yang baik. Cirinya, terdapat pori-pori kecil serta bahannya tidak terlalu tebal dan empuk, sehingga menyebabkan punggung lembap dan gerah akibat keringat yang terakumulasi.

Sesuaikan Tas Gunung dengan Mengecek Panjang Punggung

Sesuaikan Tas Gunung dengan Mengecek Panjang Punggung

Walau identik dengan sisi maskulin, aktivitas outdoor  seperti hiking dan mendaki gunung juga banyak digemari kalangan perempuan. Jika Anda salah satunya, sebaiknya Anda memilih tas gunung yang dirancang khusus menyesuaikan postur tubuh wanita. Bagi Anda yang pria juga bisa menerapkan tips ini. Anda bisa menguji kecocokan tas dengan mengecek panjang punggung Anda dimulai dari tulang belakang bagian leher yang menonjol sampai bagian atas tulang panggul.

Lebih baik lagi jika memilih tas gunung yang dapat diatur sesuai tinggi badan Anda (back system). Untuk mempermudah Anda, kami akan berikan gambaran sedikit mengenai hal ini. Tas berukuran XS (Extra Small) biasanya cocok untuk orang dengan panjang punggung 41 cm, ukuran S ideal untuk tulang punggung sepanjang 41 – 46 cm, M untuk 46 – 51 cm, dan L yang mencakup panjang punggung di atas 51 cm. Mari coba terlebih dahulu dan pastikan ketinggiannya pas di tubuh Anda.

Periksa Fungsi Tambahan yang Mempermudah Penggunaan

Periksa Fungsi Tambahan yang Mempermudah Keluar Masuknya Barang

Kegunaan utama dari tas gunung adalah untuk menyimpan barang persediaan yang Anda butuhkan selama pendakian. Semakin besar kapasitas muatannya, tentu saja Anda bisa menyiapkan logistik dalam jumlah lebih banyak. Kaitannya dengan hal ini, Anda harus memastikan agar proses packing dan unpacking menjadi lebih mudah. Maka dari itu, fitur-fitur lain pada sebuah tas akan membantu Anda selama perjalanan. Apa saja contohnya?

  • Kompartemen Terpisah. Dengan memakai tas gunung berkompartemen terpisah, Anda bisa membedakan barang simpanan berdasarkan tingkat urgensinya. Misalnya, di kompartemen utama Anda bisa menyimpan logistik yang hanya di-unpack saat sampai titik kumpul atau puncak. Namun, kompartemen lainnya bisa Anda gunakan untuk menaruh barang yang sering diambil, seperti botol minum, obat-obatan, elektronik, dan sebagainya.
  • Ritsleting dan Kantong Depan. Akan merepotkan jika harus berkali-kali membongkar tas untuk mengeluarkan barang yang Anda butuhkan. Maka dari itu, pilihlah tas gunung yang menyediakan kantong di bagian depan. Tas yang bisa dibuka dari bagian depan juga lebih nyaman karena barang di dalamnya tetap bisa diambil tanpa harus Anda lepas tasnya dari punggung.
  • Raincover yang Dapat Dilepas. Umumnya tas gunung dijual satu set dengan raincover-nya. Raincover akan melindungi tas carrier Anda dari air hujan. Sebaiknya Anda pilih tas dengan raincover terpisah (dapat dilepas), sehingga lebih mudah ketika ingin dipasang. Anda bahkan dapat mengubah raincover tas menjadi ikat pinggang, meski produk tersebut masih sulit ditemukan di Indonesia.

Poin penting lain untuk Anda perhatikan adalah bahan tas apakah bersifat waterproof, semisal bahan nilon yang dapat resistance terhadap air. Jika tas gunung yang Anda gunakan telah teruji waterproof, Anda dapat mengamankan logistik, terutama makanan, pakaian, handuk, dan sebagainya, apalagi jika di-double penggunaan raincover, tentu semakin terlindungi!

10 Rekomendasi Tas Gunung (Carrier) yang Bagus, Kuat, dan Awet Jangka Panjang

Gimana pendapat Anda mengenai tips memilih yang telah kami berikan? Mudah diterapkan, bukan? Sekarang, sepuluh produk tas gunung atau carrier terbaik telah menanti dalam daftar. Selamat memilih dan pastikan produk pilihan Anda dapat digunakan untuk lebih banyak pendakian, ya!

1. Consina Extraterrestrial 60 L

Consina Extraterrestrial 60 L

Kisaran harga: Rp595.000

Busa tebal di bagian pundak dan pinggang, menjamin pudak tidak lecet!

Tas gunung berkapasitas 60 liter dari Consina mempunyai bentuk ramping dan sepintas fisiknya menyerupai tabung. Desain semacam itu menjadikan tas tidak mudah goyang dan terjaga kestabilannya saat dibawa bergerak. Consina Extraterrestrial hanya menyiapkan satu pintu akses untuk memasukkan barang, yaitu di bagian atas tas.

Jadi, perlu perhitungan apabila Anda ingin menumpuk barang, pastikan semakin teratas adalah barang yang sekiranya bakal Anda butuhkan di perjalanan. Namun, Anda bisa memisahkan beberapa barang di ruang tambahan sebesar 10 liter, caranya dengan melonggarkan strap di kepala tas, lalu tas ini pun memiliki kapasitas total 70 liter.

2. The North Face Terra 50

The North Face Terra 50

Kisaran harga: Rp2.858.000

Bisa diakses dari atas (top load) dan tersedia kompartemen sleep bag juga

“Si Muka Utara” ini mempunyai reputasi baik sebagai salah satu brand outdoor terkenal di dunia. The North Face Terra 50 merupakan tas gunung dengan tinggi 68 cm, cukup kecil sehingga ideal bagi Anda yang berpostur badan tidak terlalu besar dan tinggi. Meski tidak melengkapi produknya dengan raincover, lapisan fabric terluar tas sudah teruji waterproof di lapangan.

Tas ini mampu bertahan dari guyuran hujan intensitas sedang selama 3 jam tanpa raincover. Pada kondisi kosong, berat tas ini sekitar 1,8 kg, sehingga dinilai pas alias tidak berat dan tidak ringan juga. The North Face Terra 50 menyediakan 2 kantong depan. Sementara kantong kanannya dibuat sangat lega, cukup untuk memuat ta kecil. Lalu kantong kirinya tidak begitu besar, namun bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan dompet atau barang kecil lain.

3. Jack Wolfskin Denali 65 L Men Trekking Backpack

Jack Wolfskin Denali 65 L Men Trekking Backpack

Kisaran harga: Rp1.200.000

Tersedia kompartemen depan, kompartemen sleeping bag, saku samping, dan bottle holster

Jack Wolfskin Denali 65 L Men Trekking Backpack dapat menjadi opsi terbaik bagi Anda yang ingin mendaki lebih dari 3 hari. Tas gunung ini nyaman ketika dipanggul karena memiliki back system yang didesain untuk menahan beban logistik hingga puluhan kilogram. Backlength tas inidapat diatur antara 46 – 58 cm.

Meski tertulis besar kapasitasnya 65 liter, tas gunung Jack Wolfskin ini menyuguhkan ruang lebih untuk menampung sekitar 9 liter barang. Berdimensi 89 x 38 x 36 cm, trekking backpack ini mempunyai back system X-TRANSITION yang digabungkan dengan aluminium fleksibel dan bantalan tebal sehingga nyaman saat bersentuhan langsung dengan punggung.

4. Eiger Eliptic Solaris 55 L

Eiger Eliptic Solaris 55 L

Kisaran harga: Rp1.875.000

Cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia

Teknologi back system Aerovooid V pada tas gunung ini dapat disesuaikan berdasarkan level kenyamanan masing-masing orang. Sudah tersedia paket raincover sebagai perlindungan dari hujan. Kantong mesh 2 sisi dari Eiger Eliptic Solaris 55 L dapat Anda gunakan untuk menaruh botol minum, sandal jepit, dan beberapa barang kecil lain.

Keuntungan lain dari produk ini adalah terdapatnya kompartemen water bladder yang berguna untuk menyimpan cadangan air selain di dalam botol. Material polyester pada tas gunung ini menjadikannya cepat kering, sehingga cocok dipakai di daerah beriklim tropis. Selain kapasitas 55 L, seri Eliptic Solaris ini juga hadir dalam kapasitas lain, yaitu 45 L dan 65 L.

5. Avtech Levuca 60 L

Avtech Levuca 60 L

Kisaran harga: Rp595.000

Include waistbag, kompartemen sleeping bag, dan raincover

Jika Anda mencari tas gunung yang murah namun mempunyai kapasitas besar, kami harap rekomendasi produk berikut ini membawa kabar bahagia buat Anda. Avtech Levuca 60 L dipasarkan dengan harga di bawah 1 jutaan. Selain mendapatkan carrier, Anda juga mendapatkan waistbag yang sudah include di dalamnya.

Waistbag tersebut berguna untuk menaruh permen, smartphone, tisu, dan semacamnya. Anda bisa gantungan waistbag-nya di bagian dada keril ini agar mudah dijangkau. Tidak usah khawatir, meski harganya bersahabat, Avtech sudah membekali tas gunung ini dengan kompartemen kantong tidur dan raincover.

6. Eiger Streamline Rucksack 45 L

Eiger Streamline Rucksack 45 L

Kisaran harga: Rp1.132.500

Lengkap dengan chest belt dan hip belt yang dapat di-setting

Alternatif tas gunung lain dari Eiger satu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melaksanakan hiking singkat. Berkapasitas 45 liter, rucksack berikut bisa menopang kebutuhan selama 1 – 2 hari. Selain menyediakan kompartemen utama, Streamline Rucksack 45 L juga memiliki kompartemen eksternal.

Saku samping berbahan mesh sebagai bottle holder dan saku tutup atas merupakan kompartemen eksternal yang fungsional. Memakai tas ini tidak akan membuat punggung Anda terasa gerah. Alasannya, Eiger melengkapi produk dengan FitLight Backsystem Technology untuk ciptakan sirkulasi udara di sisi belakang tas.

7. Sunature Futura Pro 65 L

Sunature Futura Pro 65 L

Kisaran harga: Rp495.000

Kapasitas medium dengan harga minimum

Back system dari Sunature Futura Pro 65 L dilengkapi 2 tulang besi berbentuk cekung yang membuat punggung tidak terasa panas saat memakai tas. Mengandalkan bahan nilon parasut yang ringan dan kuat, tas gunung berikut ini memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap hujan (waterprofness).

Kompartemen utama tas disertai sekat pemisah, termasuk salah satu ruang khusus yang dapat memuat laptop. Tidak lupa, Sunature menambahkan water bladder dan raincover untuk memaksimalkan kepuasan Anda terhadap produknya ini. Bagian kepala tas ini juga dirancang adjustable sehingga bisa disesuaikan, lho!

8. Consina Tarebbi 60 L

Consina Tarebbi 60 L

Kisaran harga: Rp495.000

Unik karena chest belt yang dapat dinaik-turunkan sesuai tinggi shoulder strap-nya

Consina Tarebbi sangat terkenal di kalangan pendaki. Selain disenangi karena nilai jualnya yang rendah, tas gunung seri ini memiliki extra-room pada bagian kepalanya. Cukup dengan mengulur strap di area kepala yang didesain adjustable, tersedialah ruang tambahan hingga 10 – 20 liter. Kompartemen kepalanya dibuat dengan tepi elastis sehingga keberadaan barang di dalamnya bakal terjepit ke arah kompartemen utama.

Namun, Anda perlu pintar-pintar memanajemen peletakkan barang. Oleh karena pintu masuknya yang hanya satu dan tanpa ritsleting di pinggir atau bawahnya, Anda bisa kerepotan jika salah menyusun barang. Beralih ke komponen back system, Consina Tarebbi menyertakan busa empuk yang berfungsi untuk mencegah punggung sakit oleh beban bawaan, sekaligus sebagai ventilasi pengalir udara panas.

9. Deuter Aircontact Lite 40 + 10 L

Deuter Aircontact Lite 40 10 L

Kisaran harga: Rp1.500.000

Comfortable dan durable untuk berbagai aktivitas outdoor

Series Deuter Aircontact dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan kapasitasnya. Kami rekomendasikan Deuter Aircontact Lite 40 + 10 L yang menerapkan Aircontact System untuk kurangi 15% produksi keringat di area punggung. Teknologi ini telah teruji di lapangan oleh Gabriel L.&T. yang berkolaborasi dengan University of Erlangen.

Kemudian, X-Frame Construction pada tas gunung ini memberikan kenyamanan lebih saat dipakai untuk mountain climbing, trekking, hiking, atau camping dan backpacking. dipanggul untuk jangka lama. Bahan 600D Ripstop polyester yang digunakan unggul dari segi durability, apalagi dilapisi PU dengan 2.000 mm WC, membuat tas gunung ini semakin awet.

10. Forester 90055 Solanum 70 L

Forester 90055 Solanum 70 L

Kisaran harga: Rp760.000

Tersedia warna tosca tua, red maroon, dan biru

Terdapat 3 pintu utama untuk memasukkan dan mengeluarkan barang dari produk ini. Alih-alih hanya mengadopsi top load system, Forester memastikan kemudahan untuk proses packing dan unpacking melalui 2 pintu masuk tambahan di bawah dan depannya.

Forester 90055 Solanum berkapasitas 70 liter ini mengandalkan double plat aluminium pada back system-nya. Airback circulation system yang dicantumkan berfungsi sebagai celah udara untuk mengalir bebas di antara sela-sela tas dan punggung Anda. Walaupun belum dilengkapi raincover, tas ini sudah didukung oleh water bladder dan hose accessed.

Kesimpulan

Sejauh ini, kami telah sampaikan panduan memilih carrier untuk Anda pakai selama pendakian atau sekadar hiking. Apakah Anda berhasil menemukan tas gunung terbaik yang paling Anda butuhkan? Besar kecil kapasitas carrier pilihan Anda akan berpengaruh pada total logistik yang dapat dimuat, sekaligus berdampak pada beban tubuh ketika membawanya.

Oleh karena itu, jangan lupakan komponen tali bahu tas gunung Anda agar nyaman dipakai selama perjalanan. Selain mengurangi badan pegal, tas dengan back system yang breathable menjadikan kegiatan Anda semakin seru tanpa dirusak oleh ketidaknyamanan karena punggung yang gerah, gatal, dan lembap akibat keringat berlebih.

(Visited 33 times, 2 visits today)