Kosmetik & Kesehatan

10 Pelembab untuk Kulit Kering [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Ada banyak gejala yang ditimbulkan dari kondisi kulit kering, seperti kulit bersisik, kusam, kasar, gatal, mudah mengelupas, dan timbul serpihan halus akibat pengelupasan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda dapat meredakannya dengan memakai pelembap wajah khusus untuk kulit kering.

Meski demikian, Anda perlu menggunakan produk yang cocok untuk kondisi Anda secara spesifik. Pada artikel ini, PickyBest akan memberikan tips memilih dan rekomendasi pelembap untuk kulit kering yang ada di pasaran, seperti La Roche, Cetaphil, Bioderma, dan sebagainya. Yuk, simak lebih lanjut!

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Saat ini, dr. Felicia bertugas sebagai dokter umum di RS Cahya Kawaluyan, Bandung Barat. Sebelumnya, dr. Felicia juga pernah menangani banyak kasus di UGD atau poliklinik di salah satu rumah sakit di kota Denpasar, Bali.

Cara Memilih Pelembap Wajah untuk Kulit Kering

Bagaimana memilih pelembab untuk kulit kering? Berikut ini adalah cara-caranya.

Kenali Kandungan Skincare yang Baik untuk Menutrisi Kulit Kering

blank

Ketika memilih pelembab untuk kulit kering, ada baiknya Anda mengenali dan mengetahui kandungan bahan dan nutrisi apa saja yang terdapat pada produk tersebut. Pilihlah pelembap yang memiliki beberapa kandungan seperti hyaluronic acid, ceramide, antioksidan, mineral oil, dan shea butter.

Hyaluronic acid (HA)

HA adalah zat yang secara alami ada dalam bagian tubuh manusia, seperti kulit, mata, dan cairan sendi. HA berfungsi untuk mempertahankan kelembapan, membantu proses penyembuhan luka, dan menyamarkan kerutan atau kulit yang kendur.

Hyaluronic acid memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan apabila digunakan secara tepat. Penggunaan hyaluronic acid dapat membantu meningkatkan kelenturan dan elastisitas pada kulit Anda. Artinya, kulit Anda dapat terasa lebih kenyal dan lembut.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Ceramide

Ceramide adalah golongan asam lemak yang secara alami ada pada kulit manusia. Ceramide memiliki beberapa peran penting, yaitu mengunci kelembapan dan memberi perlindungan pada kulit dari faktor lingkungan.

Ceramide adalah jenis lemak yang ditemukan pada sel kulit. Lemak ini membentuk 30% hingga 40% lapisan kulit terluar Anda (lapisan epidermis). Ceramide memiliki peran penting untuk mempertahankan kelembapan kulit dan mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh.

Jika kandungan ceramide pada kulit Anda berkurang, kulit dapat mengalami dehidrasi sehingga membuat kulit tampak kering dan teriritasi. Selain itu, ceramide juga berfungsi untuk menjadi pelindung kulit Anda dari polusi atau zat berbahaya lainnya dari lingkungan.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Antioksidan, seperti vitamin E

Vitamin E mampu memperlambat dan mencegah proses oksidasi lipid, mencegah peradangan kulit, dan membantu memulihkan retakan pada kulit yang kering.

Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang bertindak sebagai antioksidan untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Vitamin ini dianggap sebagai agen anti-inflamasi pada kulit karena memiliki fungsi untuk mencegah kerusakan atau peradangan yang terjadi akibat paparan sinar UV.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Mineral oil

Mineral oil adalah minyak bumi yang telah dimurnikan. Berbagai manfaat mineral oil adalah membantu melembapkan kulit yang kering dan pecah-pecah, mengurangi gejala eksem ringan, dan mengobati ruam.

Mineral oil memiliki fungsi sebagai humektan. Artinya, mineral oil dapat menarik kelembapan dari udara dan mengikatnya ke dalam kulit untuk meningkatkan hidrasi pada kulit.

Mineral oil memiliki banyak manfaat terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering. Mereka dapat membantu untuk menenangkan dan melembapkan kulit serta dapat membantu proses penyembuhan luka ringan pada kulit.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Shea butter

Kandungan ini berasal dari lemak alami yang diekstrak dari pohon shea yang mengandung banyak nutrisi. Dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut, shea butter mampu mencegah timbulnya jerawat, mengatasi infeksi kulit, dan menyembuhkan peradangan pada kulit.

Konsentrasi asam lemak dan vitamin yang tinggi menjadikan shea butter sebagai bahan kosmetik yang ideal untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Shea butter juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan) sehingga dapat membantu untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Aloe vera

Aloe vera dikenal sebagai pelembap alami karena memiliki sifat untuk menghidrasi dan dapat menyerap baik ke dalam kulit terutama pada kulit yang kering dan bersisik.

Selain itu, aloe vera juga ringan dan dapat diserap dengan mudah sehingga dapat digunakan pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak. Gunakan aloe vera setelah mandi untuk membantu menyegel kelembapan pada kulit Anda.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Pilih Tekstur Pelembap sesuai Kebutuhan Kulit Anda

blank

Untuk kulit kering, disarankan oleh para ahli kulit untuk menggunakan pelembap dengan tekstur krim atau salep yang memiliki kekentalan yang cukup padat. Fungsinya adalah untuk menenangkan kulit dan tidak rentan memicu iritasi.

Namun, karena teksturnya sangat berat, pelembap jenis salep lebih nyaman digunakan sebagai spot treatment yang dioleskan di bagian tertentu saja, tidak untuk seluruh wajah.

Sebagian dokter spesialis kulit menyarankan untuk memilih pelembap yang teksturnya lebih ringan, seperti gel dan losion. Karena digunakan untuk rutinitas skincare pagi, pelembap jenis ini lebih nyaman untuk beraktivitas, tidak berat oleh lapisan tabir surya, dan dapat memaksimalkan hasil riasan.

Pelembap memiliki beberapa jenis sediaan, di antaranya adalah ointment (salep), krim, lotion, dan gel. Rasio air dan minyak yang berbeda memberikan tekstur yang berbeda pada pelembap. Pemilihan sediaan pelembap akan bergantung kepada jenis dan kebutuhan kulit Anda.

Pelembap dengan tekstur krim memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan lotion atau gel. Tekstur krim lebih dianjurkan untuk digunakan pada kulit yang memerlukan kelembapan ekstra seperti pada kulit yang kering.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Utamakan Memilih Pelembap Tipe Oklusif untuk Kondisi Kulit yang Sangat Kering

blank

Perlu Anda ketahui, pelembap terbagi menjadi tiga tipe, yaitu:

  • Humektan : berfungsi mengumpulkan air di dalam kulit agar kulit terhidrasi; berbahan dasar air, tidak lengket dan tidak berminyak, contohnya alpha hydroxy acid (AHA), aloe vera, dan seaweed.
  • Emolien : berfungsi melembapkan, melembutkan, dan menghaluskan kulit; bertekstur padat dan berbahan dasar minyak, contohnya sunflower seed oil, jojoba oil, dan shea butter.
  • Oklusif : berfungsi untuk menenangkan kulit yang bermasalah, seperti alergi atau eksem; berbahan dasar minyak dan lilin, contohnya mineral oil, petroleum jelly, dan beeswax.

Kulit sangat kering dapat menyebabkan gangguan kulit seperti eksem dermatitis atopik (eksem) dan psoriasis. Untuk kondisi kulit sangat kering, pelembap yang paling cocok digunakan adalah jenis oklusif.

Pelembap oklusif bekerja dengan cara menciptakan lapisan di atas kulit untuk mengunci dan menjaga agar kelembapan kulit tidak menguap. Dengan demikian, pelembab untuk kulit kering tipe ini dapat mencegah berbagai macam permasalahan yang terjadi pada kulit yang sangat kering.

Hindari Memilih Produk Pelembap yang Mengandung Alkohol Murni

blank

Umumnya pada produk skincare terdapat kandungan alkohol, antara lain ethanol, methanol, isopropyl, alcohol denat, dan sebagainya. Alkohol berfungsi untuk melarutkan, mencampur dan menstabilkan dua zat agar dapat bekerja lebih baik (pengemulsi), membantu bahan-bahan aktif meresap ke dalam kulit dengan lebih efektif, sebagai antiseptik dan pengawet.

Di balik itu, kandungan alkohol juga dapat mengakibatkan efek buruk untuk kulit, seperti kulit kering, gatal-gatal, iritasi, dan reaksi lainnya. Hal itulah yang menyebabkan alkohol dalam produk skincare menjadi kontroversi dan sebagian harus dihindari.

Namun, tidak semua jenis alkohol buruk untuk kulit kering. Ada juga tipe alkohol yang bermanfaat dan ramah untuk kulit, seperti fatty alcohols (termasuk cetyl, stearyl, and cetearyl alcohol) yang berasal dari lemak dan alkohol lanolin yang berasal dari wol. Alkohol berlemak berfungsi sebagai emolien dan pengental yang tidak mengiritasi kulit.

Apabila Anda akan memakai pelembap, jangan lupa untuk selalu memperhatikan label komposisi yang ada pada kemasan produk. Pilihlah pelembap dengan kandungan yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

10 Rekomendasi Pelembap Wajah untuk Kulit Kering Terbaik

Setelah mengetahui informasi dan cara memilih pelembap wajah, kini Anda sudah bisa memilih pelembab untuk kulit kering yang cocok untuk Anda. Berikut ini kami sampaikan rekomendasi produk-produk yang bisa Anda pilih.

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. La Roche Posay Lipikar Baume AP+M

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Menenangkan kulit sensitif dan melawan iritasi ringan untuk segala usia

Bila Anda ingin pelembap yang dapat dipakai oleh seluruh anggota keluarga, pilihan yang tepat adalah La Roche Posay Lipikar Baume AP+M. Dengan tekstur balm yang mudah dibaurkan dan  melembapkan, pelembab ini akan membantu menenangkan kulit sensitif, melawan kemerahan dan iritasi ringan.

Pelembab untuk kulit kering ini aman digunakan oleh bayi, anak-anak, hingga dewasa yang berkulit sensitif, rentan iritasi, atau kering ekstrem. Sebab, produk ini telah diuji di bawah pengawasan dermatolog, hypoallergenic, dan tidak mengandung pewangi buatan.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membantu menyembuhkan beruntusan dan jerawat meradang.
  • Membantu menenangkan kulit kemerahan karena breakout dalam beberapa hari.
  • Efektif melembapkan, melembutkan, dan meredakan gatal-gatal pada kulit penderita eksim.
  • Dapat digunakan pada wajah dan tubuh untuk segala usia.
  • Teksturnya creamy thick tetapi tidak greasy.
  • Sangat efektif memberikan kelembapan lebih lama.
  • Memberikan efek soothing pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung shea butter sebagai agen pelembapnya, tidak disarankan untuk pemilik alergi kacang-kacangan.
Kandungan utama Shea butter, glycerin, niacinamide, vitamin E
Agen pengunci kelembapan Shea butter, dimethicone, cetearyl alcohol, glyceryl stearate, dimethiconol, caprylyl glycol
Tekstur Krim
Preferensi bahan aditif Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, allergen-free, minimal ingredients
Isi 400 mL
Kisaran harga Rp508.700

2. Rosken Dry Skin Cream

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Meningkatkan kelembapan kulit hingga 89%

Cuaca atau kondisi lingkungan yang keras dapat menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, dan gatal. Untuk memperbaiki dan mengisi kembali kelembapan kulit yang hilang serta mengatasi rasa gatal, gunakan Rosken Dry Skin Cream yang dapat meningkatkan kelembapan kulit Anda hingga 89% sejak awal digunakan.

Jika dipakai secara teratur, produk ini terbukti secara klinis mampu melipat gandakan kelembapan kulit Anda dalam 4 hari. Ringan dan tidak lengket, pelembab untuk kulit kering ini dapat digunakan di wajah dan tubuh. Sebagai tambahan, produk asal dari Australia ini telah mengantongi sertifikat halal.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membantu memperbaiki kulit bersisik dan mengelupas selama kurang lebih dua minggu.
  • Tekstur losionnya ringan, tidak lengket, dan cepat menyerap.
  • Dapat digunakan di wajah dan tubuh untuk segala usia.
  • Membantu menenangkan kulit inflamasi dan beruntusan.
  • Cocok digunakan sebagai dasar riasan.
  • Efektif menambah kelembapan kulit.
  • Membuat kulit terasa lebih lembut dan kenyal.
  • Harganya relatif terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Efek lembapnya kurang tahan lama.
Kandungan utama Glycerin, olive oil
Agen pengunci kelembapan Olive oil, cetearyl alcohol, dimethicone, mineral oil (paraffinum liquidum)
Tekstur Krim
Preferensi bahan aditif Alcohol-free
Isi 75 mL
Kisaran harga Rp57.000

3. Noroid Soothing Lotion

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Memelihara dan mempertahankan kelembapan kulit

Pelembap ini menggunakan teknologi Multi Lamellar Emulsion (MLE) yang dirancang untuk merawat dan melindungi kelembapan kulit. Strukturnya dibuat mirip dengan struktur stratum corneum lipids pada manusia yang dapat memperbaiki fungsi pelindung kulit.

Saat kulit mengalami ruam, gatal, kulit kering, atau sensitif, Noroid Soothing Lotion akan bekerja melembapkan kulit kering, mengobati gatal, dan mengurangi gejala radang (antiinflamasi). Pelembab untuk kulit kering ini dapat digunakan di wajah dan seluruh tubuh.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cepat menyerap dan tidak greasy saat diaplikasikan.
  • Banyak direkomendasikan oleh dokter spesialis kulit untuk merawat permasalahan kulit kering seperti eksim, kulit bersisik, dan gatal-gatal.
  • Melembutkan dan mencerahkan area kulit yang sering mengalami gesekan.
  • Dapat digunakan pada wajah dan tubuh untuk segala usia.
  • Membantu menyembuhkan jerawat dan menenangkan kulit breakout.
  • Kemampuan melembapkannya mumpuni.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Efek lembapnya kurang tahan lama.
Kandungan utama Glycerin, grape seed oil, squalene, common purslane extract, sunflower oil, licorice root extract, vitamin E, panthenol, allantoin, chamomile extract
Agen pengunci kelembapan Grape seed oil, glyceryl stearate, cetearyl alcohol, squalene, macadamia ternifolia seed oil, dimethicone, glycine soja sterols, stearic acid
Tekstur Losion
Preferensi bahan aditif Sulfate-free, alcohol-free, allergen-free
Isi 200 mL
Kisaran harga Rp168.168

4. Cetaphil Moisturizing Cream

blank

Sumber: Cetaphil.com

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Atasi masalah kulit kering kronis dengan kandungan minyak biji almond

Bagi Anda yang mengalami masalah kulit kering, bersisik, dan disertai gatal-gatal kemerahan, sudah waktunya mempercayakan Cetaphil Moisturizing Cream. Kandungan utamanya berupa minyak biji almond menjadi andalan untuk mengatasi kulit kering kronis dan sensitif.

Harganya mungkin terkesan mahal, tapi faktanya, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit pelembab untuk kulit kering ini untuk mendapatkan efek lembap yang sempurna. Produk ini juga diklaim sebagai all in one karena cocok diterapkan pada kulit wajah dan juga bagian tubuh lain seperti tangan, lutut, kaki, dan siku.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membantu meredakan kulit iritasi dan kemerahan setelah kurang lebih satu minggu pemakaian.
  • Memberikan kelembapan tahan lama untuk kulit super kering.
  • Dapat digunakan di wajah dan tubuh.
  • Kulit tampak lebih sehat dan terhidrasi dalam waktu kurang lebih dua hari.
  • Cukup awet karena penggunaannya hanya perlu diaplikasikan tipis-tipis.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Teksturnya terasa agak berat di kulit, lebih nyaman digunakan sebagai pelembap tubuh.
Kandungan utama Glycerin, sunflower seed oil, panthenol, niacinamide, sweet almond oil, vitamin E
Agen pengunci kelembapan Petrolatum, Dicaprylyl Ether, Dimethicone, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil, Dimethiconol
Tekstur Krim
Preferensi bahan aditif Paraben-Free, sulfate-free, alcohol-free
Isi 453 gr
Kisaran harga Rp525.000

5. Bioderma Atoderm Intensive Baume

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Diformulasi bersama pakar dermatologis untuk mencegah masalah kulit

Kulit Anda kering hingga membuat Anda ingin menggaruk kulit? Gunakan Bioderma Atoderm Intensive Baume, pelembap yang dirancang dengan menerapkan prinsip-prinsip ekobiologi. Bersama pakar dermatologis, produk ini diformulasi untuk membantu mengurangi rasa gatal akibat kondisi kulit kering.

Pelembab untuk kulit kering ini mengantongi paten Skin Barrier Therapy yang membantu kulit membentuk intercorneocyte cement. Paten tersebut juga memastikan tercegahnya penyebaran bakteri yang menimbulkan iritasi, termasuk pada kulit Anda yang tak hanya gatal, tetapi juga kering.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membuat kulit terasa lebih halus dan kenyal.
  • Baik untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.
  • Kemampuan melembapkannya tahan lama.
  • Bagus digunakan sebagai dasar riasan.
  • Membantu meredakan kulit gatal akibat penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan pompholyx.
  • Menenangkan kulit iritasi, mengelupas, dan terasa perih.
  • Dapat digunakan di wajah dan tubuh untuk segala usia.
  • Membantu mencegah ruam popok pada bayi.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Agak thick dan kurang cepat meresap.
Kandungan utama Glycerin, sunflower seed oil, canola oil, ceramide, vitamin E
Agen pengunci kelembapan Paraffinum liquidum/​mineral oil/​huile minerale, sunflower seed oil, behenyl alcohol, sucrose stearate, canola/​canola oil/​huile de colza, caprylyl glycol, cholesterol, caprylic/​capric triglyceride
Tekstur Krim
Preferensi bahan aditif Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free, allergen-free
Isi 500 mL
Kisaran harga Rp549.400

6. QV Cream

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Menenangkan dan melembapkan kulit di saat Anda tidur

QV Cream merupakan krim pelembap dengan tekstur yang pekat dan halus, mudah diserap ke dalam kulit. Ideal untuk digunakan di malam hari setelah Anda beraktivitas seharian, pelembap ini membantu menenangkan kulit dan memastikan kulit Anda tetap terhidrasi saat Anda tidur.

Dengan pH seimbang, tanpa pewangi dan pewarna, serta telah teruji secara dermatologis, pelembab untuk kulit kering ini cocok untuk melembapkan kulit kering dan kulit sensitif baik pada bayi atau orang tua.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Melembapkan dan melembutkan bagian kulit yang sering kasar selama pemakaian kurang lebih satu minggu.
  • Krimnya tidak lengket dan cukup cepat meresap.
  • Kulit wajah terasa lebih sehat dan lembap dalam satu minggu pemakaian.
  • Membantu menenangkan kulit iritasi.
  • Kemampuan melembabkannya bagus dan tahan lama.
  • Membantu merawat kondisi kulit keratosis pilaris.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Terasa agak thick di kulit.
Kandungan utama Glycerin, squalane
Agen pengunci kelembapan Paraffinum liquidum, petrolatum, cetearyl alcohol, dimethicone, squalane, stearic acid, glyceryl stearate
Tekstur Krim
Preferensi bahan aditif Sulfate-free, alcohol-free, allergen-free, minimal ingredients
Isi 100 gr
Kisaran harga Rp231.000

7. L’Occitane Shea Ultra Rich Comforting Cream

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Ciptakan kulit lembap hingga 72 jam!

Sesuai dengan namanya, produk ini punya kandungan yang super kaya dengan efek melembabkan yang bikin nyaman. Formulasi shea butter dengan konsentrasi tinggi mencapai 25% dapat memenuhi keperluan mendasar kulit yang kering dan cenderung sangat kering, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Diklaim oleh L’occitane produk ini mampu memberi efek lembap jangka panjang hingga 72 jam! Kulit yang kenyal, halus, dan ringan menjadi hasil yang diciptakan setelah pengaplikasian produk ini. Anda bisa mengoleskan pelembab untuk kulit kering ini pada pagi dan malam hari, terutama ketika ingin beraktivitas atau istirahat di ruangan ber-AC.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya ringan, cepat meresap, dan tidak lengket di kulit.
  • Kulit terasa lembap dan lembut setelah diaplikasikan.
  • Membantu menenangkan kulit kemerahan akibat iritasi.
  • Efek melembapkannya mampu bertahan lama.
  • Aromanya lembut.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya cukup mahal.
Kandungan utama 25% organic shea butter, glycerin, sodium PCA, chestnut seed extract, sunflower seed oil, vitamin E
Agen pengunci kelembapan Shea butter, dicaprylyl carbonate, cetearyl alcohol, dimethicone, glyceryl stearate, sunflower seed oil
Tekstur Krim
Preferensi bahan aditif Sulfate-free, alcohol-free
Isi 50 mL
Kisaran harga Rp615.000

8. CeraVe Moisturizing Cream

blank

Sumber: Cerave.com

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Memberi kelembapan pada kulit sepanjang hari dan malam

Munculnya masalah kulit, seperti kering dan gatal, disebabkan oleh faktor eksternal yang mengganggu skin barrier. Oleh karena itu kulit perlu diberi pelembab untuk kulit kering yang dapat untuk memulihkan dan memperbaiki skin barrier, seperti CeraVe Moisturizing Cream.

Diperkaya dengan hyaluronic acid dan tiga esensial ceramide, pelembap ini akan membantu menghidrasi kulit secara efektif dan memperbaiki skin barrier yang rusak. Dikembangkan oleh para ahli kulit khusus untuk kulit kering dan sangat kering, pelembap ini memberi kelembapan pada kulit sepanjang hari dan malam dengan stabil.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Meredakan kulit iritasi akibat breakout.
  • Menenangkan eksim yang meradang.
  • Cepat meresap dan terasa nyaman di kulit dengan matte finish.
  • Membuat kulit tampak lebih sehat dan kenyal.
  • Membantu menghaluskan tekstur kulit akibat eksim.
  • Membantu meredakan kemerahan dan memudarkan bekas jerawat.
  • Kemampuan melembapkannya mumpuni.
  • Baik untuk merawat skin barrier yang rusak.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Teksturnya agak thick, lebih cocok untuk rangkaian skincare
Kandungan utama Hyaluronic acid, 3 essential ceramides, glycerin
Agen pengunci kelembapan Cetearyl alcohol, caprylic/​capric triglyceride, cetyl alcohol, petrolatum, dimethicone, cholesterol
Tekstur Krim
Preferensi bahan aditif Sulfate-free, alcohol-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe
Isi 453 gr
Kisaran harga Rp374.000

9. Safi Dermasafe Soothe & Hydrate

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Menyejukkan dan melindungi kulit dari paparan radikal bebas

Ekstrak chamomile dan ekstrak licorice, adalah dua bahan alami yang dipercaya sejak lama mempunyai manfaat untuk merawat kulit, terutama kulit yang bermasalah, seperti iritasi, gatal, atau radang. Kedua bahan inilah yang ada pada Safi Dermasafe Soothe & Hydrate.

Sebagai pelembap harian untuk kulit sensitif, pelembab untuk kulit kering ini diklaim mampu menjaga kelembapan wajah hingga 24 jam. Bertekstur gel ringan yang menyejukkan, pelembap ini juga akan membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas, menenangkan kulit kemerahan, kulit bebas iritasi, serta membuat kulit tampak lebih cerah.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ringan dan cepat meresap di kulit.
  • Cocok digunakan sebagai dasar riasan.
  • Kulit terasa lebih halus dan bantu menyamarkan pori-pori.
  • Membantu menenangkan kulit kemerahan dan berjerawat.
  • Memberikan efek dingin saat diaplikasikan.
  • Membantu menghilangkan beruntusan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kemampuan melembapkannya biasa saja.
Kandungan utama Niacinamide, alpha-bisabolol, sodium hyaluronate, chamomile extract, liquorice extract
Agen pengunci kelembapan Dimethicone, cyclopentasiloxane, cyclohexasiloxane, sodium polyacrylate
Tekstur Gel
Preferensi bahan aditif Sulfate-free, alcohol-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe
Isi 50 gr
Kisaran harga Rp129.000

10. Neutrogena Hydro Boost Water Gel

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Kulit sehat terhidrasi hingga 72 jam

Bila kulit Anda kering, kusam, dan kurang sehat, mungkin disebabkan oleh faktor perubahan lingkungan. Kembalikan kelembapan dan kesehatan kulit Anda dengan menggunakan Neutrogena Hydro Boost Water Gel, yang telah terbukti secara klinis mampu menghidrasi kulit.

Pelembap ini juga berfungsi sebagai stimulus bagi kulit untuk menghasilkan hyaluronic acid dari dalam agar terhidrasi hingga 72 jam. Sebagai produk yang non-comedogenic dan oil-free, pelembab untuk kulit kering ini dapat digunakan sebelum Anda menggunakan makeup, dan menjadikan kulit Anda terasa lembut, kencang, kenyal, sehat, dan bercahaya.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membantu mengurangi dry patches dalam pemakaian kurang lebih satu minggu.
  • Tekstur gel water-nya cepat meresap dan memberikan sensasi dingin.
  • Penggunaan di malam hari membuat kulit terasa lebih lembap dan glowing keesokan harinya.
  • Membuat kulit terasa lebih halus dan kenyal.
  • Mencerahkan kulit kusam setelah pemakaian rutin.
  • Cocok digunakan sebagai dasar riasan.
  • Kemampuan melembapkannya cukup tahan lama.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Aromanya sedikit menyengat.
Kandungan utama Hyaluronic acid, glycerin, olive extract, sodium hyaluronate
Agen pengunci kelembapan Dimethicone, dimethiconol, c13-14 isoparaffin
Tekstur Water gel
Preferensi bahan aditif Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, allergen-free
Isi 50 gr
Kisaran harga Rp205.200

Tabel Perbandingan Pelembap Wajah untuk Kulit Kering

Produk La Roche Posay Lipikar Baume AP+M Rosken Dry Skin Cream Noroid Soothing Lotion Cetaphil Moisturizing Cream Bioderma Atoderm Intensive Baume QV Cream L’Occitane Shea Ultra Rich Comforting Cream CeraVe Moisturizing Cream Safi Dermasafe Soothe & Hydrate Neutrogena Hydro Boost Water Gel
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan utama Shea butter, glycerin, niacinamide, vitamin E Glycerin, olive oil Glycerin, grape seed oil, squalene, common purslane extract, sunflower oil, licorice root extract, vitamin E, panthenol, allantoin, chamomile extract Glycerin, sunflower seed oil, panthenol, niacinamide, sweet almond oil, vitamin E Glycerin, sunflower seed oil, canola oil, ceramide, vitamin E Glycerin, squalane 25% organic shea butter, glycerin, sodium PCA, chestnut seed extract, sunflower seed oil, vitamin E Hyaluronic acid, 3 essential ceramides, glycerin Niacinamide, alpha-bisabolol, sodium hyaluronate, chamomile extract, liquorice extract Hyaluronic acid, glycerin, olive extract, sodium hyaluronate
Agen pengunci kelembapan Shea butter, dimethicone, cetearyl alcohol, glyceryl stearate, dimethiconol, caprylyl glycol Olive oil, cetearyl alcohol, dimethicone, mineral oil (paraffinum liquidum) Grape seed oil, glyceryl stearate, cetearyl alcohol, squalene, macadamia ternifolia seed oil, dimethicone, glycine soja sterols, stearic acid Petrolatum, Dicaprylyl Ether, Dimethicone, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil, Dimethiconol Paraffinum liquidum/mineral oil/huile minerale, sunflower seed oil, behenyl alcohol, sucrose stearate, canola/canola oil/huile de colza, caprylyl glycol, cholesterol, caprylic/capric triglyceride Paraffinum liquidum, petrolatum, cetearyl alcohol, dimethicone, squalane, stearic acid, glyceryl stearate Shea butter, dicaprylyl carbonate, cetearyl alcohol, dimethicone, glyceryl stearate, sunflower seed oil Cetearyl alcohol, caprylic/capric triglyceride, cetyl alcohol, petrolatum, dimethicone, cholesterol Dimethicone, cyclopentasiloxane, cyclohexasiloxane, sodium polyacrylate Dimethicone, dimethiconol, c13-14 isoparaffin
Tekstur Krim Krim Losion Krim Krim Krim Krim Krim Gel Water gel
Preferensi bahan aditif Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, allergen-free, minimal ingredients Alcohol-free Sulfate-free, alcohol-free, allergen-free Paraben-Free, sulfate-free, alcohol-free Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, silicone-free, allergen-free Sulfate-free, alcohol-free, allergen-free, minimal ingredients Sulfate-free, alcohol-free Sulfate-free, alcohol-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe Sulfate-free, alcohol-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe Paraben-free, sulfate-free, alcohol-free, allergen-free
Isi 400 mL 75 mL 200 mL 453 gr 500 mL 100 gr 50 mL 453 gr 50 gr 50 gr
Kisaran harga Rp508,700 Rp57,000 Rp168,168 Rp525,000 Rp549,400 Rp231,000 Rp615,000 Rp374,000 Rp129,000 Rp205,200
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Lazada

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, yaitu:

  • Usia. Semakin bertambah usia, kulit cenderung menjadi semakin kering karena produksi minyak pada kulit semakin berkurang.
  • Tinggal di lingkungan dengan kelembapan udara yang rendah.
  • Kebiasaan mandi terlalu sering atau mandi menggunakan air dengan suhu yang terlalu panas.
  • Sering berenang pada air kolam yang mengandung kaporit/klorin.
  • Menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit.
    Konsumsi cairan yang kurang.

Bila mengalami kulit kering, ada beberapa hal yang dapat diterapkan untuk menjaga kelembapan kulit:

  • Rutin menggunakan pelembap kulit.
  • Batasi kontak kulit dengan air. Batasi mandi agar tidak lebih dari 10 menit.
  • Hindari mandi atau mencuci wajah menggunakan air dengan suhu yang terlalu panas.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang ringan serta mengandung pelembap.
  • Segera bilas tubuh dan wajah setelah berenang pada kolam yang mengandung kaporit/klorin.
  • Perbanyak konsumsi cairan agar tubuh terutama kulit tidak mengalami dehidrasi.

Yuk, cek rekomendasi perawatan kulit kering, kusam, dan sensitif dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Kondisi kulit yang kering dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman saat beraktivitas atau berhadapan dengan orang lain. Oleh karena itu Anda perlu menggunakan pelembap wajah khusus kulit kering guna memberi hidrasi pada kulit Anda.

Pastikan Anda memilih produk pelembap sesuai dengan tips yang telah kami berikan di atas, di antaranya adalah menghindari kandungan alkohol dan bahan pewangi. Gunakan pelembap yang cocok dengan kondisi kulit Anda agar kulit Anda menjadi lebih sehat dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Referensi

The Best 10 Moisturizers for Dry Skin
https://www.healthline.com/health/moisturizer-for-dry-skin#ingredients-to-look-for

Why Science Says Hyaluronic Acid Is the Holy Grail to Wrinkle-Free, Youthful Hydration
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hyaluronic-acid#benefits

Ceramide dalam Produk Skincare, Apa Manfaatnya untuk Kulit?
https://www.sehatq.com/artikel/ceramide-adalah-asam-lemak-bermanfaat-untuk-kelembapan-kulit

Which Vitamins Are Best for Dry Skin
https://www.northstardermatology.com/blog/which-vitamins-are-best-for-dry-skin

Sering Dinilai Buruk, Justru Inilah 5 Manfaat Mineral Oil dalam Kosmetik
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/mineral-oil-dalam-kosmetik/

8 Manfaat Shea Butter untuk Kesehatan Kulit dan Rambut
https://www.alodokter.com/manfaat-shea-butter-untuk-kesehatan-kulit-dan-rambut

7 Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Kering yang Tepat
https://www.sehatq.com/artikel/cara-tepat-memilih-pelembab-untuk-kulit-kering

Choosing the Right Moisturizer for Your Skin
https://www.webmd.com/beauty/features/moisturizers#1

3 Tipe Pelembap yang Kamu Wajib Tahu
https://editorial.femaledaily.com/blog/2017/02/14/3-tipe-pelembap-yang-kamu-wajib-tahu

The Role of Moisturizers in Addressing Various Kinds of Dermatitis: A Review
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5849435/

Should You Be Using An Occlusive Moisturizer?
https://www.lorealparisusa.com/beauty-magazine/skin-care/skin-care-essentials/occlusive-moisturizer-guide

Alkohol pada Skincare: Baik atau Buruk?
https://editorial.femaledaily.com/blog/2016/05/18/alkohol-pada-skincare-baik-atau-buruk

ALCOHOL IN SKINCARE: THE FACTS
https://www.paulaschoice-eu.com/alcohol-in-skincare-the-facts

Alcohol in Skin Care: Is It Ever Okay?
https://www.everydayhealth.com/smart-skin/alcohol-in-skin-care-is-it-ever-okay/

You may also like

Comments are closed.