Written by 21:45 Kesehatan & Kecantikan

10 Shampo Penumbuh Rambut Terbaik di Indonesia

Green Angelica Hair Regrowth Shampoo

Shampo penumbuh rambut merupakan opsi utama yang dipilih banyak orang untuk menumbuhkan rambutnya. Berbeda dengan produk-produk hair restorer pada umumnya, shampo penumbuh rambut bekerja memperbaiki kondisi kulit kepala dan menjaga rambut agar tidak mudah rontok. Mendapatkan kulit kepala yang sehat tentu berdampak pada semakin cepatnya rambut baru bertumbuh.

Sayangnya, di Indonesia terlalu banyak produk yang diklaim ampuh menumbuhkan rambut dengan cepat. Manakah yang hendak Anda pilih? Dalam artikel ini, kami bukan hanya memperkenalkan sepuluh merek shampo penumbuh rambut, seperti Green Angelica, Grafen, dan Revita, tetapi juga membahas bagaimana cara pemilihan shampo penumbuh rambut yang bagus dan benar. Selamat membaca!

Cara Memilih Shampo Penumbuh Rambut

Shampo penumbuh rambut diformulasikan dengan bahan khusus yang tentu berbeda dengan shampo biasa. Serangkaian bahan aktif yang disertakan bekerja merangsang pertumbuhan rambut. Meski demikian, tidak semua produk baik digunakan karena beberapa bahan justru dapat menimbulkan masalah terhadap kulit kepala dan rambut. Untuk itu, simaklah secara saksama poin-poin pertimbangan dalam memilih shampo penumbuh rambut berikut ini.

Kenali Bedanya Shampo Penumbuh Rambut dengan Shampo Biasa

Kenali Bedanya Shampo Penumbuh Rambut dengan Shampo Biasa

Bahan-bahan yang terkandung pada shampo biasa berbeda dengan shampo yang dikhususkan untuk menumbuhkan rambut. Shampo biasa umumnya memfokuskan beragam efek kerja bagi rambut, seperti menghaluskan, melembapkan, memperkuat, dan sebagainya.

Di sisi lain, shampo penumbuh rambut menggunakan lebih banyak bahan aktif yang berkinerja meningkatkan aliran darah di kepala dengan cara memperbaiki kondisi kulit kepala. Sebaiknya Anda pilih produk dengan bahan-bahan organik atau alami untuk menghindarkan kulit kepala teriritasi, terutama bagi Anda yang berkulit kepala sensitif.

Pada produk shampo penumbuh rambut sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu medicinal shampoo dan scalp shampoo. Medicinal shampoo diperkaya bahan aktif untuk mencegah kemunculan ketombe dan sebagai anti-inflamasi di kulit kepala.

Sementara itu, scalp shampoo menitikberatkan pada peningkatan kualitas kulit kepala. Selain dua macam ini, sebagian produk disematkan label “medicated scalp shampoo” dan “medicated hair growth shampoo” yang bisa juga menjadi acuan Anda memilih.

Pilih Shampo dengan Kandungan Asam Amino Arginin

Pilih Shampo dengan Kandungan Asam Amino Arginin

Arginin atau L-arginine adalah zat asam amino yang dapat diperoleh dari makanan berprotein, seperti daging merah, daging ikan, kedelai, gandum utuh, produk olahan susu, dan kacang-kacangan. Arginine juga dapat diproduksi di laboratorium sebagai kandungan campuran di dalam obat.

Zat satu ini mempunyai peran penting bagi tubuh sebagai prekursor untuk produksi nitrat oksida, terutama untuk menyehatkan jantung dan fungsi pembuluh darah. Nitrat oksida akan bekerja merelaksasi pembeluh darah, atau dikenal dengan vasodilatasi.

Proses relaksasi pembuluh darah ini bukan hanya berguna untuk sistem kardiovaskular, tetapi berpengaruh pula dalam merangsang pertumbuhan rambut. Maka dari itu, selain ditemukan pada suplemen herbal, krim-krim kosmetik, kandungan asam amino arginin dapat membuat suplai darah menuju rambut lebih lancar, sehingga menstimulasi pertumbuhan rambut sekaligus menjadikan rambut lebat.

Kami menyarankan Anda memilih shampo dengan kandungan asam amino. Asam amino juga berguna sebagai zat pembersih pada shampo yang akan membersihkan rambut secukupnya dan hanya mengangkat kelebihan minyak di kulit kepala dan rambut. Shampo penumbuh rambut dengan asam amino akan meninggalkan kelembapan dan minyak esensial pada kulit kepala dan rambut.

Periksa Bahan Aktif Lain yang Efektif Menumbuhkan Rambut

Periksa Bahan Aktif Lain yang Efektif Menumbuhkan Rambut

Untuk mengoptimalkan fungsinya, beberapa produsen tak jarang memasukkan bahan aktif lain ke dalam produk shampo penumbuh rambut buatannya. Beberapa bahan aktif yang telah dibuktikan melalui penelitian efektif mendorong pertumbuhan rambut di antaranya, redensifying peptides, pea sprout extract, aloe vera, dan beta glucan.

Redensifying peptides akan mencegah penyusutan sel folikel rambut dengan meningkatkan produksi kolagen yang menahan rambut tetap pada akarnya agar tidak gampang rontok. Sementara itu, pea sprout extract adalah bahan alami yang akan meregulasi protein penting untuk menstimulasi peningkatan sel rambut yang berujung pada kepadatan dan ketebalan rambut.

Tiga bahan aktif lain yakni chamomile, aloe vera, dan beta glucan masing-masing bekerja sebagai anti-inflamasi alami yang memberi efek menenangkan, merangsang pertumbuhan pada area yang mengalami kebotakan, dan mengurangi tampilan kemerahan sekaligus membantu mengurangi kerusakan atau masalah pada kulit kepala gatal dan teriritasi.

Hindari Produk dengan Kandungan yang Berisiko Merusak Kesehatan Rambut

Hindari Produk dengan Kandungan yang Berisiko Merusak Kesehatan Rambut

Penting menemukan shampo penumbuh rambut yang bahan-bahannya sesuai dan tidak menimbulkan kerusakan. Terdapat kasus yang menyebabkan sebagian orang mengalami masalah, terutama kulit teriritasi dikarenakan ingredients pada shampo tersebut tertera kandungan kimia yang iritatif. Selain itu, bahan pewangi atau fragrance dapat pula menjadi biang masalah di kemudian hari, sehingga perlu juga dihindari.

Secara umum, dua komponen yang banyak digunakan pada shampo antara lain sodium lauryl sulfate dan mineral oil. Sebaiknya teliti komposisi kandungan pada setiap produk, dan hindarilah shampo yang mengandung SLS atau mineral oil di dalamnya karena bisa memicu rambut dan kulit kepala Anda menjadi kering, tipis, dan gatal.

Kemudian, kandungan seperti liquid paraffin ataupun minyak mineral sebenarnya memiliki sifat melembapkan kulit kepala, tetapi pada beberapa kasus ditemukan justru bahan tersebut menimbulkan masalah lebih besar dibandingkan manfaat yang diberikan.Minyak tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit kepala yang diakhiri dengan rambut berketombe, frizzy, dan yang paling parah bisa mengiritasi folikel rambut serta mengganggu siklus pertumbuhan rambut sehat.

10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh merek shampo penumbuh rambut terbaik yang akan membantu mengembalikan tampilan indah rambut Anda. Bacalah deskripsi dari setiap produk sehingga Anda dapatkan produk yang tepat guna peroleh manfaat yang optimal!

1. Green Angelica Hair Regrowth Shampoo

Green Angelica Hair Regrowth Shampoo

Kisaran harga: Rp185.000

Shampo penumbuh rambut best seller yang tidak berbusa

Permasalahan rambut rontok dapat diatasi dengan shampo ini. Green Angelica diformulasikan bersama serangkaian bahan alami yang menjadikannya aman untuk setiap orang. Kandungan aloe vera di dalamnya berguna dalam menjaga kesehatan sekaligus menyuburkan rambut. Rambut rontok, berketombe, hingga berminyak juga akan teratasi dengan baik oleh shampo ini.

Di sisi lain, keberadaan ashitaba keiskei pada Green Angelica Hair Regrowth Shampoo menyimpan multivitamin yang efektif menormalkan fungsi akar rambut dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru. Apple steam cell yang diperoleh dari apel hijau Swiss akan membantu proses regenerasi sel akar rambut 10x lipat lebih cepat.

2. Grafen Root Booster Shampoo

Grafen Root Booster Shampoo

Kisaran harga: Rp325.000

Shampo dari Korea yang cocok untuk segala jenis rambut, mulai dari lurus, curly, dan kering

Grafen Root Booster Shampoo menerapkan bahan-bahan alami yang baik untuk mencegah kerontokan rambut. Menyimpan 22 jenis asam amino yang berguna untuk menciptakan rambut halus dan berkilau. Selain itu, efek rambut lembap dan mudah diatur juga diperoleh berkat kebereadaan minyak biji kamelia dan minyak zaitun di dalamnya.

Tekstur shampo penumbuh rambut Grafen ini cair dengan warna bening. Aroma dari produk asal Korea berikut sangat menenangkan, seperti aroma pagi hari yang super fresh namun lembut. Dirancang dengan kadar pH 5,5 sehingga tidak membahayakan kulit kepala. Shampo ini sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit kepala, dan sifat anti ketombenya sangat ampuh. Rambut rontok berkurang, ketombe pun hilang!

3. Derma XP Hair Grow Shampoo

Derma XP Hair Grow Shampoo

Kisaran harga: Rp77.900

Opsi utama untuk cegah rambut rontok sekaligus mendorong pertumbuhan rambut

Mengandalkan 5 Alpha Reductase Inhibitor berupa zinc gluconate dan pumpkin seed, shampo penumbuh rambut Derma XP Hair Grow akan menghambat konversi hormon testosteron menjadi DHT. Sebagaimana diketahui, hormon DHT merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerontokan rambut (androgenic alopecia).

Bukan itu saja, Derma XP Hair Grow Shampoo juga mengandung ekstrak ginseng yang bertindak sebagai antioksidan untuk mendukung penguatan rambut agar tidak mudah rontok, termasuk melebarkan pembuluh darah agar asupan nutrisi ke akar rambut meningkat. Dengan demikian, shampo penumbuh rambut dan anti rontok ini sangat bagus dalam mendorong pertumbuhan dari folikel rambut.

4. Revita High-Performance Hair Stimulating Shampoo

Revita High Performance Hair Stimulating Shampoo

Kisaran harga: Rp375.000

Bekerja lebih lama dalam menebalkan volume rambut, menghentikan kerontokan, merangsang pertumbuhan, dan merevitalisasi folikel rambut

Revita High-Performance Hair Stimulating Shampoo bekerja membersihkan kotoran dari kulit kepala secara lembut sambil memberikan stimulasi untuk memperkuat dan mengirimkan bahan-bahan baik yang akan membentengi setiap helai rambut dari dalam. Hasilnya, rambut tampak lebih penuh, kuat, dan sehat menjadi poin plus dari shampo penumbuh rambut ini.

Revita memformulasikan shampo ini dengan teknologi revolusioner dengan menggabungkan bahan alami, asam amino, dan protein untuk mengoptimalkan pembersihan, penguatan, dan penyehatan akar rambut. Bahan utama Procyanidin B2, niacinamide, dan copper peptides untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Setiap bahannya telah dienkapsulasi dalam Nanosomes dan dirancang agar pelepasannya dilakukan terjadwal.

5. Kaminomoto Medicated Shampoo

Kaminomoto Medicated Shampoo

Kisaran harga: Rp270.000

Dapat menangani serangkaian masalah kulit kepala yang menyebabkan hilangnya rambut dini

Shampo yang satu ini diproduksi oleh Kaminomoto Company Limited asal Jepang. Komposisinya tersusun atas bahan-bahan tradisional yang diformulasikan khusus untuk penderita kebotakan rambut yang cukup parah. Produk ini membersihkan kulit kepala dengan lembut tanpa menambah kerusakan pada kulit kepala maupun rambut.

Sebagai medicated shampoo, tentu produk ini akan mengerjakan serangkaian kinerja yang fokus pada penanganan masalah. Selain mengembalikan kesehatan kulit kepala, Kaminomoto Medicated Shampoo akan mencegah pembentukan ketombe, membentengi kulit kepala dan rambut, mengatasi rambut berminyak, dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

6. Daeng Gi Meo Ri Vitalizing Shampo

Daeng Gi Meo Ri Vitalizing Shampo

Kisaran harga: Rp110.000

Menjadikan rambut lembut dan halus sehingga mudah diatur meski tidak pakai kondisioner!

Daeng Gi Meo Ri Vitalizing Shampoo mengandung 33% herbal extract yang bermanfaat dalam mengurangi angka kerontokan pada rambut, sekaligus mengembalikan kesuburannya. Untuk Anda yang mencari shampo penumbuh rambut dengan peranan mengatasi masalah kerontokan, produk asal Korea ini dapat dicoba

Salah satu bahan aktifnya yang dinamakan Air Changpo (Acorus calamus Linne) menjadi kandungan utama yang telah digunakan sejak lama untuk perawatan rambut di Korea. Cukup didiamkan hingga kering setelah keramas dan tanpa perlu memakai kondisioner, shampo ini akan membuat rambut lebih halus, bervolume, dan berkurang kerontokannya.

7. Olive Nutrient Herbal Shampoo

Olive Nutrient Herbal Shampoo

Kisaran harga: Rp38.600

Mengandalkan olive oil dan bahan herbal lain untuk menumbuhkan rambut dan mengatasi serangkaian masalah

Shampo penumbuh rambut panjang dengan isi 270 ml ini cukup mudah ditemukan di berbagai marketplace Indonesia. Jika Anda ingin merasakan rambut yang cepat tumbuh tanpa menimbulkan berbagai masalah, Olive Nutrient Herbal Shampoo pilihannya. Produk ini menggunakan ekstrak tumbuh-tumbuhan herbal dan virgin olive oil sebagai moisturizer alami untuk rambut serta kulit kepala.

Olive Nutrient Herbal Shampoo menawrkan banyak sekali manfaat baik bagi rambut. Kandungannya akan menutrisi lapisan kutikula dan melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Dengan demikian, produk ini sangat baik untuk menyehatkan rambut, membebaskannya dari ketombe, dan mempercepat pertumbuhan rambut.

8. HG Hair Growth Shampoo

HG Hair Growth Shampoo

Kisaran harga: Rp85.000

Shampo yang bekerja secara alami dalam menumbuhkan rambut kepala pria

Rambut yang tipis akibat kebotakan membuat penampilan seseorang kurang menarik. Jika Anda mengalami hal serupa, gunakanlah shampo penumbuh rambut dari HG ini. Bahan-bahan natural yang digunakan akan bekerja optimal dalam menumbuhkan rambut secara alami.

Formula yang dimiliki HG Hair Growth Shampoo bekerja menembus ke dalam kulit kepala untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut. Shampo ini sudah teruji secara klinis dapat mendukung proses pertumbuhan rambut, termasuk cegah kepala botak dengan memperkuat akar rambut dan melancarkan sirkulasi udara di dalam kulit kepala.

9. OGX Thick & Full Biotin & Collagen Shampoo

OGX Thick Full Biotin Collagen Shampoo

Kisaran harga: Rp105.000

Scent yang harum dan bertahan hingga 2 hari!

Shampo OGX yang satu ini disenangi banyak orang –terutama wanita, karena memiliki wangi yang enak dan tidak berlebihan. Sehabis keramas dengan shampo penumbuh rambut ini, bukan cuma meninggalkan kesan aroma wangi, tetapi membuat rambut yang yang kering dan tipis kembali lembut, bervolume, dan terhidrasi dengan baik.

Kandungan biotin dan kolagen dalam shampo ini dikirimkan untuk membantu mengurangi kerontokan rambut. Bukan itu saja, OGX Thick & Full Biotin & Collagen Shampoo juga diklaim mampu menumbuhkan rambut. Namun, pada beberapa orang menyebutkan kalau shampo ini bisa memberi efek rambut singa, sehingga perlu dilengkapi penggunaannya dengan conditioner.

10. Eucalie Hair Treatment Shampoo

Eucalie Hair Treatment Shampoo

Kisaran harga: Rp129.000

Bebas SLS, paraben, pthalates, silicone, fragrance, dan harsh chemicals lainnya. Dijamin aman!

Eucalie banyak memproduksi rangkaian produk perawatan rambut berbahan organik, salah satunya Hair Treatment Shampoo. Dibuat dengan keharuman mint yang menyegarkan, shampo penumbuh rambut satu ini juga akan mengurangi gatal-gatal di area kulit kepala. Formulasi bahannya dipastikan aman sehingga bisa digunakan untuk semua jenis rambut.

Eucalie Hair Treatment Shampoo tidak mengandung sodium laury sulfate (SLS), paraben, fragrance, PEG, silikon, pthalates, dan bahan kimia lainnya. Kemudian, pH-balanced dari produk ini juga dipastikan bekerja secara lembut dalam membersihkan kulit kepala. Anda bisa berkeramas dengan tenang memakai shampo ini secara rutin.

Baca juga rekomendasi shampo yang memiliki fungsi lain untuk rambut di sini!

Jika Anda memerlukan shampo untuk keperluan, semisal memanjangkan rambut, meluruskan rambut, atau mengatasi beragam permasalahan seperti rambut berminyak, kering, dan rontok, gunakanlah shampo dengan formulasi khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut bisa Anda lihat sendiri rekomendasi produk shampo dengan ragam fungsi yang formulasi bahannya pun telah disesuaikan dengan tujuan penggunaan. Pilihlah yang paling cocok untuk kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda, cukup mudah bukan menemukan shampo penumbuh rambut terbaik? Hampir seluruh produk yang tertera dalam list dapat dibeli secara online, namun sebagian lain bisa ditemukan di beberapa pusat perbelanjaan atau drugstore. Kami harap produk pilihan Anda benar-benar membantu mempercepat pertumbuhan rambut!

Untuk menumbuhkan rambut, Anda juga perlu mendukung prosesnya. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi makanan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut, seperti alpukat, wortel, kacang walnut, dan cokelat hitam. Saat berkeramas dengan shampo penumbuh rambut, bilaslah hingga bersih agar tidak ada yang tersisa di kulit kepala karnea dapat menyumbat pori-pori serta menjadikan kulit kepala kering dan meradang.

(Visited 66 times, 6 visits today)