Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik

Pada umumnya, shampo digunakan untuk menghilangkan kotoran pada rambut. Namun, bagi Anda yang ingin menebalkan rambut, Anda perlu memakai shampo penumbuh rambut. Shampo penumbuh rambut biasanya mempunyai nutrisi yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Yves Rocher, Kelaya, Moist Diane, dan Lador merupakan beberapa brand yang mengeluarkan shampo penumbuh rambut. Karena banyaknya produk yang beredar di pasaran, Anda mungkin bingung untuk memilihnya. Maka dari itu, PickyBest akan mengulas beberapa rekomendasi shampo penumbuh rambut terbaik. Selamat membaca!

blank

Cara Memilih Shampo Penumbuh Rambut

Agar mendapatkan shampo penumbuh rambut terbaik, simak secara saksama poin-poin pertimbangan dalam memilihnya berikut ini.

Kenali Bedanya Shampo Penumbuh Rambut dengan Shampo Biasa

blank

Bahan-bahan yang terkandung pada shampo biasa berbeda dengan shampo yang dikhususkan untuk menumbuhkan rambut. Shampo biasa umumnya memfokuskan beragam efek kerja bagi rambut, seperti menghaluskan, melembapkan, memperkuat, dan sebagainya.

Shampo penumbuh rambut menggunakan lebih banyak bahan aktif yang bekerja meningkatkan aliran darah di kepala dengan cara memperbaiki kondisi kulit kepala. Sebaiknya Anda pilih produk dengan bahan-bahan organik atau alami untuk menghindarkan kulit kepala teriritasi, terutama bagi Anda yang berkulit kepala sensitif.

Pada produk shampo penumbuh rambut sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu medicated shampoo dan scalp shampoo.

  • Medicated shampoo diperkaya bahan aktif untuk mencegah kemunculan ketombe dan sebagai anti-inflamasi di kulit kepala.
  • Scalp shampoo menitikberatkan pada peningkatan kualitas kulit kepala.

Selain dua jenis shampo ini, sebagian produk disematkan label “medicated scalp shampoo” dan “medicated hair growth shampoo” yang bisa juga menjadi acuan Anda memilih.

Pilih Shampo dengan Kandungan Asam Amino Arginin

blank

Arginin atau L-arginine adalah asam amino yang dapat diperoleh dari makanan berprotein, seperti daging merah, daging ikan, kedelai, gandum utuh, produk olahan susu, dan kacang-kacangan. Arginine juga dapat diproduksi di laboratorium sebagai kandungan campuran di dalam obat.

Zat satu ini mempunyai peran penting bagi tubuh sebagai prekursor untuk produksi nitrat oksida, terutama untuk menyehatkan jantung dan fungsi pembuluh darah. Nitrat oksida akan bekerja merelaksasi pembeluh darah, atau dikenal dengan vasodilatasi.

Proses relaksasi pembuluh darah ini bukan hanya berguna untuk sistem kardiovaskular, tetapi berpengaruh pula dalam merangsang pertumbuhan rambut. Maka dari itu, kandungan asam amino arginin pada shampo dapat membuat suplai darah menuju rambut lebih lancar, sehingga menstimulasi pertumbuhan rambut sekaligus menjadikan rambut lebat.

Asam amino juga berguna sebagai zat pembersih pada shampo yang akan membersihkan rambut secukupnya dan hanya mengangkat kelebihan minyak di kulit kepala dan rambut. Shampo penumbuh rambut dengan asam amino akan meninggalkan kelembapan dan minyak esensial pada kulit kepala dan rambut.

Periksa Bahan Aktif Lain yang Efektif Menumbuhkan Rambut

Perawatan untuk Membuat Rambut Lurus

Untuk mengoptimalkan fungsinya, beberapa produsen tak jarang memasukkan bahan aktif lain ke dalam produk shampo penumbuh rambut buatannya. Beberapa bahan aktif yang telah dibuktikan efektif mendorong pertumbuhan rambut di antaranya, redensifying peptides, pea sprout extract, aloe vera, dan beta glucan.

  • Redensifying peptides akan mencegah penyusutan sel folikel rambut dengan meningkatkan produksi kolagen yang menahan rambut tetap pada akarnya agar tidak gampang rontok.
  • Pea sprout extract adalah bahan alami yang akan meregulasi protein penting untuk menstimulasi peningkatan sel rambut yang berujung pada kepadatan dan ketebalan rambut.
  • Chamomile, aloe vera, dan beta glucan masing-masing bekerja sebagai antiinflamasi alami yang memberi efek menenangkan, merangsang pertumbuhan pada area yang mengalami kebotakan, dan mengurangi tampilan kemerahan sekaligus membantu mengurangi kerusakan atau masalah pada kulit kepala gatal dan teriritasi.

Hindari Produk dengan Kandungan yang Berisiko Merusak Kesehatan Rambut

Untuk Rambut Rusak Carilah Masker dengan Kandungan yang Memperbaiki Kerusakan Rambut

Secara umum, dua komponen yang banyak digunakan pada shampo antara lain sodium lauryl sulfate dan mineral oil. Sebaiknya teliti komposisi kandungan pada setiap produk, dan hindarilah shampo yang mengandung SLS atau mineral oil di dalamnya karena bisa memicu rambut dan kulit kepala Anda menjadi kering, tipis, dan gatal.

Mineral oil sebenarnya memiliki sifat melembapkan kulit kepala, tetapi pada beberapa kasus justru ditemukan menimbulkan masalah, seperti menyumbat pori-pori kulit kepala yang berujung pada rambut berketombe, frizzy, dan yang paling parah bisa mengiritasi folikel rambut serta mengganggu siklus pertumbuhan rambut sehat.

10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik

Pada bagian ini, kami akan membahas sepuluh shampo penumbuh rambut terbaik yang bisa menjadi pilihan bagi Anda.

1. Yves Rocher Soin Stimulating Shampoo

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Rambut tumbuh lebih tebal dan indah

Shampo penumbuh rambut terbaik dari Yves Rocher ini dapat membersihkan dan menguatkan rambut. Kandungan agave fructans di dalam shampo ini bisa membuat kulit kepala Anda tetap sehat. Selain itu, kandungan white lupin-nya bisa memperlancar sirkulasi darah. Sehingga, penggunaan produk ini memungkinkan rambut tumbuh lebih tebal dan indah.

Kemasannya minimalis dan bisa digunakan sampai tetes yang terakhir. Formula yang terkandung di dalamnya telah teruji secara dermatologis dan bebas silicon, sehingga terjamin keamanannya. Aplikasikan ke rambut sambil memijat kulit kepala, kemudian bilas secara menyeluruh.

Bahan aktif Agave fructans, white lupin
Bahan pendukung Citrid acid, stearic acid, limonene, salicylic acid, linalool
Tipe rambut Semua jenis rambut terutama rambut rontok
Isi 300 mL
Kisaran harga Rp189.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Kelaya Hair Treatment Shampoo

blank

Sumber: Kelaya.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberikan rasa nyaman dengan aromanya yang wangi

Inginkan rambut sehat, lebat, dan kuat? Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan Kelaya Hair Treatment Shampoo. Shampo penumbuh rambut terbaik ini hadir dengan formula masa kini yang mampu merawat rambut rontok. Kualitasnya cukup credible karena sudah memenuhi standar BPOM dan terbuat dari bahan-bahan yang natural.

Pengguna akan merasa nyaman menggunakannya karena aromanya yang wangi. Kandungan minyak kemiri dan ekstrak lidah buaya yang terdapat pada produk ini bisa mengatasi kebotakan dan menyuburkan rambut secara alami. Dengan produk ini, Anda bisa melakukan perawatan rambut sendiri dari rumah.

Bahan aktif Tidak ada keterangan
Bahan pendukung Minyak kemiri, extract aloe vera
Tipe rambut Rambut botak, tipis, ketombe, bercabang
Isi 250 mL
Kisaran harga Rp125.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Moist Diane Extra Volume & Scalp Shampoo

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Shampo dengan bahan alami yang aman untuk kulit kepala sensitif

Moist Diane Extra Volume & Scalp Shampoo merupakan produk dengan bahan alami untuk merawat rambut agar tetap terjaga kelembapannya dan tidak menjadi lepek. Di samping itu, produk ini juga bermanfaat mengatasi ketombe, rasa gatal pada kulit kepala, dan melembutkan rambut.

Shampo penumbuh rambut terbaik ini dapat menjaga supaya rambut tetap sehat berkat kandungan volumizing keratin yang terdapat di dalamnya. Shampo ini memiliki fungsi untuk membuat rambut lebih kuat dan memberikan volume pada rambut yang tipis supaya terlihat mengembang.

Menariknya, di dalam produk ini tidak ada kandungan paraben, sulfat, dan silicon. Bahkan, kulit kepala yang tergolong sensitif pun bisa menggunakannya.

Bahan aktif Tidak ada keterangan
Bahan pendukung Organic argan oil, volumizing keratin
Tipe rambut Rambut rontok, tipis, sensitif, lepek, dan ketombe
Isi 450 mL
Kisaran harga Rp130.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. ERHAIR HairGrow Shampoo

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengurangi dan mencegah kerontokan secara optimal

Bila Anda memiliki rambut rontok atau tipis, cobalah atasi dengan ERHAIR HairGrow Shampoo. Shampo penumbuh rambut terbaik ini bisa menangani kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut yang baru. Produk ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Formulanya dikembangkan secara dermatologi untuk memberikan nutrisi pada rambut.

Tidak hanya mengatasi kerontokan, produk ini juga bisa mencegah terjadinya kerontokan secara optimal. Kandungan yang terdapat pada sampo ini bekerja untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga kesehatan rambut bisa tetap terjaga. Pakailah pada rambut, beri pijatan dan tunggu sampai satu hingga dua menit, kemudian bilas sampai bersih.

Bahan aktif Cucurbita pepo seed, panax ginseng extract, pumpkin seed
Bahan pendukung Niacinamide, almond milk extract, panthenol
Tipe rambut Rambut rontok, tipis, dan kering
Isi 100 mL 250 mL
Kisaran harga Rp75.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Dancoly Rosemary Hair Activating Shampoo

blank

Sumber: Halodoc.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Rambut tampak sehat dari akar hingga ujungnya

Bila kulit kepala kekurangan nutrisi, hal ini bisa memberikan pengaruh buruk kesehatan rambut Anda. Maka dari itu, Anda bisa mengatasinya dengan Dancoly Rosemary Hair Activating Shampoo. Dirancang dengan bahan-bahan alami, shampo ini bisa menutrisi kulit kepala.

Tidak hanya itu, produk ini juga bisa memperkuat akar rambut sehingga kerontokan bisa dihindari. Hasilnya, rambut tampak sehat, segar, dan berkilau dari akar hingga ujung rambut.

Produk ini sudah terdaftar di BPOM sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya. Karena tidak mengandung SLS, mineral oil, paraben, dan propylene glycol, shampo penumbuh rambut terbaik ini aman untuk kulit kepala yang sensitif.

Bahan aktif Tidak ada keterangan
Bahan pendukung Rosemary leaf oil, ginger root extract, sage oil
Tipe rambut Rambut tipis, rontok, rapuh, dan kusam
Isi 250 mL, 400 mL, 800 mL
Kisaran harga Rp142.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Lador Dermatical Hair Loss Shampoo

blank

Sumber: Lador.co.kr

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Atasi rambut rontok, kulit kepala yang gatal, dan ketombe

Shampo penumbuh rambut terbaik ini efektif untuk mengatasi rambut rontok, membuat rambut berkilau, dan memberikan efek soothing pada kulit kepala. Jadi, pemilik rambut yang tipis atau rontok sangat cocok untuk menggunakannya. Begitu pula dengan pemilik kulit kepala yang gatal dan berketombe.

Shampo dari Lador ini bisa mempercepat pertumbuhan rambut, memperlancar aliran darah ke folikel rambut, dan membuat kulit kepala lebih rileks. Gunakan shampo ini secukupnya pada rambut sambil dipijat, kemudian bilas dengan air hangat.

Bahan aktif Tidak ada keterangan
Bahan pendukung Hydrolyzed wheat protein, sophora flevescens root extract, capsicum annuum extract, lycium chinense fruit extract, camelia sinensis leaf extract, dll
Tipe rambut Rambut botak, tipis, kusam, dan kasar
Isi 530 mL
Kisaran harga Rp365.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. L’Oreal Professionnel Serioxyl Shampoo Coloured Hair

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Membersihkan kulit kepala sekaligus memberikan nutrisi pada rambut

Miliki masalah rambut rontok dan kulit kepala yang sensitif? Tidak ada salahnya untuk memakai L’oreal Professionnel Serioxyl Shampoo Coloured Hair. Sebab, shampo penumbuh rambut terbaik ini memiliki formula hypoallergenic yang nyaman digunakan pada kulit kepala yang sensitif. Selain menghilangkan kotoran dari kulit kepala, produk ini bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada rambut.

Bahan aktif Magnesium sulfte, polysorbate 21
Bahan pendukung Tidak ada keterangan
Tipe rambut Rambut diwarnai yang tipis dan rontok
Isi 250 mL
Kisaran harga Rp232.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Mane ‘n Tail Herbal Grow Shampoo

blank

Sumber: Halodoc.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Shampo yang kaya akan manfaat

Bila Anda membutuhkan shampo yang kaya akan manfaat, Mane ‘n Tail Herbal Grow Shampoo dapat menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, selain bisa memberikan nutrisi pada rambut, produk ini bisa menguatkan, menebalkan, memanjangkan rambut dengan lebih cepat. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan ekstrak minyak zaitun dan rempah-rempah alaminya.

Setelah pemakaian, rambut akan terlihat lebih halus, lembut, berkilau, dan sehat. Di samping itu, Anda dapat menghindari rambut bercabang dan kusut. Shampo penumbuh rambut terbaik ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut rontok atau mengalami gejala kebotakan.

Bahan aktif Micro-enriched protein formula
Bahan pendukung Zaitun oil extract,  olive fruit oil, keratin, amino acids, dll
Tipe rambut Rambut kasar, tipis, rontok, kusut, dan bercabang
Isi 355 mL
Kisaran harga Rp199.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Eucalie Organic Hair Treatment Shampoo

blank

Sumber: Eucalie.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Berbagai manfaat bagi rambut dan kulit kepala yang terdapat dalam satu produk

Shampo penumbuh rambut terbaik lainnya adalah Eucalie Organic Hair Treatment Shampoo. Shampo organik ini bebas dari sulfat dan memiliki pH yang seimbang. Kombinasi bahan-bahan yang terkandung di dalamnya berguna untuk mengatasi rambut rontok, membantu pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut, melembutkan rambut, mengurangi rasa gatal, serta menyehatkan kulit kepala dan rambut.

Shampo ini cocok untuk segala jenis rambut. Produk ini telah teregistrasi pada BPOM dan tergolong halal, jadi Anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya. Bahkan, produk ini tidak mengandung paraben, fragrance, SLS, dan bahan kimia yang tergolong keras lainnya. Selain itu, aromanya wangi sehingga nyaman digunakan.

Bahan aktif Tidak ada keterangan
Bahan pendukung Aobab peptides, sphingony, rosemary, essential oil
Tipe rambut Rambut tipis, botak, bercabang, rusak, rontok, ketombe, sensitif
Isi 190 mL
Kisaran harga Rp249.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. TS Shampoo

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bebas dari bahan kimia yang berbahaya, cocok untuk segala usia

TS Shampoo merupakan produk perawatan rambut yang dibuat dari bahan-bahan yang natural. Di dalamnya tidak ada zat kimia berbahaya termasuk paraben. Maka dari itu, produk ini bisa digunakan oleh wanita dan pria dari segala usia. Anda bisa menggunakannya untuk merawat rambut yang rontok dan kering.

TS mengklaim shampo penumbuh rambut terbaik ini bisa mengurangi rambut rontok dalam waktu satu minggu saja. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan biotin, green tea, ginseng, dan zinc pyrithione.

blank

Selain itu, produk ini mampu meredakan rasa gatal pada kulit kepala dan membuatnya lebih sehat. Kombinasi bahan di dalamnya dapat membantu pertumbuhan rambut agar lebih tebal dan memperlancar aliran darah supaya rambut lebih mudah menerima nutrisi.

Bahan aktif Nicotinamide, dexpanthenol, biotin, zinc pyrithione liquid, copper peptide, hydrogenated lecithin, yeast, l-menthol
Bahan pendukung Perilla frutescens leaf extract, extract green tea, ginseng, camellia sinensis leaf extract , aloe vera, secale cereale (rye) seed extract, artemisia scoparia extract, hydrastis canadensis (goldenseal) extract, dll
Tipe rambut Rambut rontok, ketombe, tipis
Isi 500 mL
Kisaran harga Rp290.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Shampo Penumbuh Rambut Terbaik

Produk Yves Rocher Soin Stimulating Shampoo Kelaya Hair Treatment Shampoo Moist Diane Extra Volume & Scalp Shampoo ERHAIR HairGrow Shampoo Dancoly Rosemary Hair Activating Shampoo Lador Dermatical Hair Loss Shampoo L’Oreal Professionnel Serioxyl Shampoo   Coloured Hair Mane ‘n Tail Herbal Grow Shampoo Eucalie Organic Hair Treatment Shampoo TS Shampoo
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bahan aktif Agave fructans, white lupin Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Cucurbita pepo seed, panax ginseng extract, pumpkin seed Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Magnesium sulfte, polysorbate 21 Micro-enriched protein formula Tidak ada keterangan Nicotinamide, dexpanthenol, biotin, zinc pyrithione liquid, copper   peptide, hydrogenated lecithin, yeast, l-menthol
Bahan pendukung Citrid acid, stearic acid, limonene, salicylic acid, linalool Minyak kemiri, extract aloe vera Organic argan oil, volumizing keratin Niacinamide, almod milk extract, panthenol Rosemary leaf oil, ginger root extract, sage oil Hydrolyzed wheat protein, sophora flevescens root extract, capsicum   annuum extract, lycium chinense fruit extract, camelia sinensis leaf extract,   dll Tidak ada keterangan Zaitun oil extract, olive fruit oil, keratin, amino acids, dll Aobab peptides, sphingony, rosemary, essential oil Perilla frutescens leaf extract, extract green tea, ginseng, camellia   sinensis leaf extract , aloe vera, secale cereale (rye) seed extract,   artemisia scoparia extract, hydrastis canadensis (goldenseal) extract, dll
Tipe rambut Semua jenis rambut terutama rambut rontok Rambut botak, tipis, ketombe, bercabang Rambut rontok, tipis, sensitif, lepek, dan ketombe Rambut rontok, tipis, dan kering Rambut tipis, rontok, rapuh, dan kusam Rambut botak, tipis, kusam, dan kasar Rambut diwarnai yang tipis dan rontok Rambut kasar, tipis, rontok, kusut, dan bercabang Rambut tipis, botak, bercabang, rusak, rontok, ketombe, sensitif Rambut rontok, ketombe, tipis
Isi 300 mL 250 mL 450 mL 100 mL 250 mL 250 mL, 400 mL, 800 mL 530 mL 250 mL 355 mL 190 mL 500 mL
Kisaran harga Rp189.000 Rp125.000 Rp130.000 Rp75.900 Rp142.000 Rp365.000 Rp232.000 Rp199.000 Rp249.000 Rp290.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Baca juga rekomendasi produk penumbuh rambut dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi shampo penumbuh rambut terbaik. Walaupun pemakaian shampo penumbuh rambut dianjurkan, namun tetap gunakan secukupnya sesuai petunjuk. Cucilah rambut menggunakan shampo penumbuh rambut setiap beberapa hari sekali saja, jangan melakukannya setiap hari.

Mencuci rambut setiap hari justru bisa mengakibatkan kulit kepala menjadi kering dan mengalami iritasi. Semoga rekomendasi shampo penumbuh rambut terbaik bisa bermanfaat untuk Anda, ya.

You may also like

Comments are closed.