Written by 04:09 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Susu Rendah Lemak Terbaik

WRP Diet To Go

Saat menjalani program diet untuk menurunkan berat badan atau melangsingkan tubuh, maka susu rendah lemak terbaik bisa dikonsumsi sebagai asupan tambahan harian. Meskipun lemak diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi, akan tetapi jumlah lemak berlebih bisa memicu risiko berbahaya semacam obesitas hingga penyakit lain. Untuk itu, keberadaan susu yang rendah kandungan lemak bisa menjadi alternatif buat Anda yang terbiasa konsumsi susu setiap hari atau beberapa hari sekali.

Susu rendah lemak untuk diet sendiri bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Beberapa nama sudah mewarnai pasar yang ada, mulai dari Ultra Milk, Bear Brand, WRP, hingga Frisian Flag yang terkenal itu. Susu rendah lemak umumnya punya rasa yang tawar, meskipun sebagian produsen ada yang menambahkan cita rasa untuk memberi kenikmatan. Soal rasa, tentu susu yang sedikit kandungan lemak punya rasa yang tidak segurih susu full cream.

Cara memilih susu rendah lemak

Apabila saat ini Anda sedang mencari produk susu rendah lemak untuk menemani program diet, kami sarankan Anda membaca bagian ini dengan cermat. Kami akan mengulas sedikit poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih susu dengan label low fat. Dengan demikian, harapannya kegiatan untuk menurunkan berat timbangan badan yang sedang Anda jalani bisa berhasil. Silakan dibaca sampai tuntas, ya!

Pahami kadar lemak pada susu rendah lemak

Pahami kadar lemak pada susu rendah lemak

Susu dengan kandungan lemak yang rendah bisa dikonsumsi oleh pria dan wanita dari berbagai rentang usia, mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa. Di pasaran banyak dijual susu rendah lemak dengan kadar atau persentase yang berbeda-beda. Ada susu dengan kadar lemak 1 persen, 2 persen, atau di bawah 1 persen juga ada (biasanya 0,5 %). Sedangkan buat Anda yang sangat serius dalam menjalani program penurunan berat badan, ada juga jenis susu skim alias susu yang sama sekali tidak mengandung lemak.

Jenis susu skim dapat dikonsumsi oleh Anda yang tidak memerlukan lemak dari susu, melainkan dari makanan lain. Sedangkan susu dengan kadar lemak 1% umumnya mengandung nutrisi berupa 127 kalori, 2 gram lemak jenuh, serta 13 miligram kolesterol. Sementara susu dengan jumlah lemak 2 persen menyimpan 139 kalori, 4 gram lemak jenuh, dan 22 miligram kolesterol.

Carilah komposisi yang sesuai dengan kebutuhan lemak harian Anda. Organisasi kesehatan ternama di dunia, WHO, merekomendasikan setidaknya hindari pemberian lebih dari 30% lemak dari asupan total energi per hari. Atau dengan kata lain, ini sebanding dengan 67 gram lemak per hari apabila total kebutuhan energi Anda 2000 per harinya. Jadi, pastikan juga Anda sudah menghitung berapa jumlah kalori yang diperlukan tubuh, sesuaikan dengan aktivitas Anda, ya!

Sesuaikan kemasan susu dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan kemasan susu dengan kebutuhan Anda

Para produsen umumnya mengeluarkan susu rendah lemak dengan berbagai jenis kemasan. Buat Anda yang ingin mengonsumsi susu dengan nyaman di rumah, maka susu dengan kemasan kaleng bisa dipilih. Susu bubuk rendah lemak tipe kemasan kaleng punya nilai praktis dan ekonomis yang tinggi. Kekurangan dari tipe kaleng ini tentu punya mobilitas yang rendah, sehingga akan sulit atau merepotkan jika dibawa berpergian. Belum lagi dengan risiko tumpah yang bisa terjadi, maka Anda perlu kewaspadaan tinggi misal ingin membawanya dalam mobil atau tas.

Selain berkemasan kaleng, ada juga susu rendah lemak yang cocok untuk diet dikemas dalam plastik atau semacam polybag. Umumnya tipe ini mudah untuk diisi ulang. Nilai praktis juga dimiliki oleh kemasan ini, terutama ketika Anda ingin melakukan isi ulang dimana tidak perlu lagi membersihkan isi kemasannya. Meski demikian, terkadang plastik pada kemasan ini punya ketebalan yang rendah sehingga pada beberapa kali pemakaian perlu diganti dengan yang baru.

Terakhir, ada susu rendah lemak dengan kemasan kotak siap minum. Beberapa merek seperti Ultra Milk atau Frisian Flag cukup banyak mengeluarkan varian ini. Jenis susu ini sangat cocok buat Anda jadikan bekal untuk diminum siang hari. Selain itu, produk ini juga aman dibawa kemana-mana selama kemasannya belum dibuka atau ditusuk oleh sedotan. Tapi yang menjadi kekurangannya, susu tipe kemasan kotak praktis harus langusng dihabiskan ketika sudah dibuka, karena bersifat satu kali minum.

Cek reaksi tubuh terhadap susu

Cek reaksi tubuh terhadap susu

Setiap orang punya kemungkinan alergi terhadap produk susu rendah lemak. Jika Anda termasuk orang yang punya alergi terhadap beberapa jenis susu, maka disarankan untuk memilih produk yang tidak akan memicu reaksi alergi atau efek samping yang membahayakan lainnya. Biasanya hal ini lazim terjadi pada orang yang belum terbiasa minum susu, tapi karena sedang menjalani diet maka mereka memulai untuk konsumsi susu dengan kadar lemak rendah.

Pada setiap orang akan terjadi penyesuaianterhadaph tubuh, dan ini tidak berlangsung lama. Ketika Anda belum yakin apakah badan Anda punya kemungkinan mengalami reaksi terhadap sebuah produk susu, ada baiknya untuk menemui dokter. Lakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk memastikan tidak adanya risiko yang ditimbulkan setelah konsumsi susu rendah lemak pada badan Anda.

Jenis susu yang berasal dari susu sapi juga bisa membawa masalah pada orang dengan intoleransi susu sapi. Kondisi ini biasanya lebih mudah ditemui atau dikenali saat usia bayi, dimana mereka punya risiko tinggi mengalami alergi terhadap konsumsi susu sapi. Alternatifnya, Anda bisa memilih susu dari sumber lain seperti susu kambing, susu kedelai, ataupun susu domba.

Perhatikan juga kebutuhan kalori harian

Perhatikan juga kebutuhan kalori harian

Setiap individu punya kecenderungan terhadap kebutuhan kalori yang berbeda-beda, hal ini tergantung pada jenis kelamin, usia, gaya hidup, dan bahkan tinggi serta berat badan seseorang. Kalori yang diperlukan oleh tubuh sesuai dengan banyaknya energi yang dikeluarkan. Selain diperoleh dari asupan makanan dan minuman berkalori tinggi, Anda juga bisa melengkapi kalori harian dari produk susu rendah lemak.

Pada saat menjalani program untuk mengurangi berat badan, maka total kalori harian per hari haruslah lebih sedikit. Begitupun sebaliknya, untuk menambah berat badan maka jumlah kalori dari makanan atau asupan tambahan semisal susu perlu diperbanyak lagi. Kembali membahas perihal kebutuhan kalori, pada pria dewasa umumnya memerlukan 2.500 kalori per harinya. Sedangkan wanita dewasa sekitar 2.000 kalori.

Namun, Anda tidak bisa berpatokan dengan jumlah tersebut, akan lebih baik Anda menghitung kebutuhan sendiri. Ini memang tak mudah dilakukan, tapi jika diabaikan akan mempengaruhi program diet Anda. Misal Anda punya mobilitas tinggi seperti aktivitas fisik yang lebih sering, maka asupan kalori harian yang Anda perlukan juga meningkat. Sedangkan untuk anak-anak umumnya 1.000 hingga 2.000 kalori per hari diperlukan tubuh. Untuk remaja, jumlah sekitar 1.400 hingga 3.200 per hari wajib dipenuhi, terutama bagi mereka yang aktif.

10 Rekomendasi susu rendah lemak terbaik buat Anda

Yang paling penting dari sebuah produk adalah keamanannya, seperti sudah berlabelkan SNI (Standar Nasional Indonesia) atau punya izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Dengan begitu, kekhawatiran Anda menjadi sedikit berkurang selama memakai produk yang memenuhi standar. Selanjutnya, Anda bisa langsung memilih merek susu rendah lemak terbaik di pasaran. Selamat memilih!

1. Ultra Milk Low Fat High Calcium

Ultra Milk Low Fat High Calcium 1

Kisaran harga: Rp15.500

Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah jenis susu yang diproses dengan suhu tinggi untuk memastikan bakteri patogen mati dan susu bisa kembali steril. Meskipun proses ini dapat mengubah komposisi atau kandungan dari susu, kelebihannya susu bisa bertahan lebih lama meski tidak didinginkan. Salah satu susu rendah lemak berjenis UHT yang bisa Anda pilih adalah Ultra Milk Low Fat High Calcium.

Produk ini diambil dari hewan sapi yang setelah diperah, susu kembali disterilisasi melalui proses UHT, sehingga menjadi lebih aman untuk dikonsumsi. Susu Ultra Milk ini kemudian diperkaya dengan kandungan seperti protein, vitamin, karbohidrat, dan mineral seperti fosfor serta magnesium. Dikemas dalam bentuk kotak siap minum, Anda tidak perlu repot-repot mengolahnya seperti ditemukan pada susu bubuk.

2. Greenfields Hi-Calcium Low Fat

Greenfields Hi Calcium Low Fat

Kisaran harga: Rp47.300

Greenfields menghadirkan susu rendah lemak berjenis UHT yang tidak bikin gemuk, cocok buat Anda yang lagi menjalani program diet ketat. Dengan konsumsi rutin Hi-Calcium Low Fat persembahan Greenfields, maka berat badan Anda bisa turun dalam waktu yang relatif lebih cepat. Tapi tentunya, dampak ini akan semakin maksimal apabila diimbangi dengan kegiatan olahraga rutin.

Dikarenakan berasal dari produsen lokal, maka produk susu pasteurisasi dan UHT ini mempunyai harga jual yang bersahabat, sangat ramah di kantong! Dengan harga tak sampai 50 ribu, Anda sudah bisa memperoleh susu dengan berat 1.000 ml. Untuk ukuran ini, susu rendah lemak Greenfields juga akan menyuplai tambahan kalori sebanyak 110 kkal dengan kadar lemak hanya 1,3%.

3. Diasweet Litesip

Diasweet Litesip

Kisaran harga: Rp29.000

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, susu skim merupakan jenis susu rendah lemak terbaik karena kadar lemak di dalamnya dikurangi bahkan hingga 0% (tanpa lemak). Salah satu produk yang mengantongi karakteristik ini adalah Diasweet Litesip. Tersedia dalam kemasan kotak dengan dua varian rasa, yakni cokelat dan vanilla, tentunya Anda bisa menyesuaikan produk yang ingin dibeli dengan selera Anda!

Walaupun susu skim untuk menurunkan berat badan ini punya 2 varian rasa manis, Diasweet Litesip dipastikan bebas gula dan rasanya pun tetap lezat. Produk yang diinduksemangi oleh Konimex ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa. Di dalam susu ini terkandung kolin dan kalsum tinggi yang akan membantu pemeliharaan tulang agar tetap padat, terutama jika dikonsumsi sejak dini.

4. Bear Brand Gold

Bear Brand Gold

Kisaran harga: Rp8.500

Saat badan sakit atau mengalami demam, tak sedikit orang yang merekomendasikan konsumsi susu rendah lemak dari Bear Brand. Salah satu seri keluarannya, yakni Bear Brand Gold, disebut-sebut sebagai varian terbaik karena kaya akan manfaat. Produk yang difavoritkan oleh banyak orang dewasa ini juga diklaim berbeda dengan susu lainnya. Beberapa keunggulan yang dapat ditemukan antara lain susu ini terbuat dari 100% susu beruang murni tanpa tambahan pengawet.

Tak hanya itu, kemurnian Bear Brand juga diperkokoh dengan kandungan nutrisi yang tidak disertai dengan gula. Beragam kebaikan dari susu ini bisa dirasakan oleh setiap orang, baik itu pria ataupun wanita. Untuk seri Gold, Bear Brand mengeluarkan 2 varian berupa White Malt dan White Tea. Untuk White Malt, varian ini akan menyuplai energi agar badan tetap fit saat beraktivitas. Sedangkan varian White Tea difokuskan untuk membantu proses regenerasi kulit serta mengurangi terjadinya kerusakan sel sejak dini.

5. Tropicana Slim Low Fat

Tropicana Slim Low Fat

Kisaran harga: Rp52.000

Banyak wanita yang mengidam-idamkan bentuk badan langsing dan ideal karena dianggap lebih menarik dibandingkan punya badan gemuk dan berisi. Buat Anda yang mendambakan hal tersebut dan sedang menjalani program diet sehat, kami sarankan Anda lengkapi dengan Tropicana Slim Low Fat. Susu rendah lemak dari Tropicana Slim sudah dikenal lama sebagai produk minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Pada varian ini, Tropicana Slim menyediakan satu rasa saja, yaitu vanilla yang pastinya lezat. Selain enak diminum, susu ini juga tinggi akan kandungan serat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta menjadikan organ jantung terhindar dari risiko jantung koroner. Tripopicana Slim Low Fat juga bukan hanya rendah akan lemak, tetapi bebas gula sehingga cocok dikonsumsi sebagai minuman untuk diet yang aman dan menyehatkan. Bahkan, susu ini juga ideal bagi penderita diabetes, lho!

6. WRP Diet To Go

WRP Diet To Go

Kisaran harga: Rp230.000

Buat Anda yang punya berat badan berlebih dan berencana untuk mengurangi ukuran badan, kami sarankan untuk konsumsi WRP Diet To Go. Susu rendah lemak yang satu ini diperuntukkan buat orang-orang dengan program diet seimbang, tentunya produk ini aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Sebab, WRP Diet To Go dibuat dengan dengan bahan-bahan baik yang tidak akan membahayakan tubuh.

Angka timbangan badan akan berkurang secara signifikan setelah rutin konsumsi susu ini. Selain rendah lemak, WRP Diet To Go juga diperkaya dengan kalsium yang baik untuk mendukung struktur kepadatan tulang. Dengan demikian, tulang akan terhindar dari risiko rapuh dan mudah patah. Bukan hanya kalsium, WRP Diet To Go juga lengkap akan CLA dan L-Carnitine untuk membantu proses pembakaran lemak jahat (LDL), sehingga tubuh akan menjadi lebih kencang.

7. Frisian Flag Purefarm Low Fat

Frisian Flag Purefarm Low Fat

Kisaran harga: Rp17.400

Beberapa susu rendah lemak untuk oatmeal diciptakan dalam bentuk bubuk, sehingga terkesan kurang praktis. Tapi tidak dengan Frisian Flag Purefarm Low Fat, susu yang diperoleh dari sapi di peternakan terbaik ini dirumuskan dalam bentuk siap minum, lebih praktis dari segi pemakaian! Sedangkan untuk harganya, susu ini tergolong murah pada ukuran kemasan 225 ml dan 900 ml yang disediakan.

Susu siap minum ini berjenis UHT, tentunya didukung juga dengan proses pengurangan kadar lemak sehingga baik untuk asupan harian orang yang sedang diet. Frisian Flag Purefarm Low Fat mengandung berbgai makronutrien seperti protein, karbohidrat, dan lemak cukup disertai 7 vitamin lain dan 3 macam mineral berupa kalsium, fosfor, dan yodium. Apabila Anda tertarik untuk membelinya, Frisian Flag mengeluarkan beberapa varian rasa seperti Belgian Chocolate, Californian Strawberry, dan French Vanilla.

8. Energen Oat Milk

Energen Oat Milk

Kisaran harga: Rp4.100

Diterpa rasa lapar di jam-jam tanggung begitu tidak menyenangkan, bukan? Selain bisa membuat kenyang lebih awal, hal ini jika dituruti juga akan mengubah jadwal makan. Ingin makan camilan tapi rata-rata tidak mengandung nutrisi yang baik buat kesehatan, lantas bagaimana? Tenang, dengan Energen Oat Milk, Anda bisa mengganjal perut dengan nutrisi cukup. Bahkan, susu oat ini juga rendah lemak, sehingga Anda tak perlu dihantui perasaan khawatir badan menjadi gendut.

Sereal bergizi persembahan Energen ini merupakan gabungan antara susu dan oat yang lezat dan sehat. Dengan tambahan buah-buahan, rasanya menjadi lebih nikmat dan tentunya punya daya suplai energi lebih untuk tubuh. Tak hanya itu, susu rendah lemak bagus untuk diet dengan paduan buah blueberry dan strawberry ini juga diperkaya dengan kalsium untuk membantu pembentukan tulang serta memperkuat gigi. Bagi Anda yang ingin mengatasi rasa lapar saat menjalani program diet, Energen Oat Milk sangat cocok dijadikan pilihan.

9. Sunlac Skim Milk

Sunlac Skim Milk

Kisaran harga: Rp122.000

Sunlac Skim Milk adalah susu rendah lemak halal MUI asal Selandia Baru yang dibuat tanpa bahan pengawet atau zat sintetis berbahaya lain. Produk ini mengandung lemak kurang dari 1%, sangat baik untuk mendukung program pengurangan berat badan Anda. Dibuat dari komponen-komponen bergizi tinggi yang juga biasa dipakai untuk membuat roti atau panganan menyehatkan lain. Susu skim ini bisa dikonsumsi bersama sereal atau oat sebagai menu sarapan atau makan malam saat lapar menerjang.

Dijual dengan harga mencapai ratusan ribu, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai keunggulan dan keunikannya. Dikatakan unik karena produk ini juga bisa dimasak untuk tambahan bahan makanan berkuah seperti kari, cocok sebagai pengganti santan! Di dalamnya terdapat sejumlah kandungan baik seperti kalsium, protein, serta mineral untuk memelihara tulang, gigi, dan otot yang kuat. Sunlac Skim Milk cocok untuk berbagai kelompok umur, terutama orang-orang yang sedang melakukan diet rendah lemak.

10. Marigold HL Low Fat Milk

Marigold HL Low Fat Milk

Kisaran harga: Belum diketahui

Marigold adalah produsen susu rendah lemak terbaik yang sangat terkenal di Malaysia. Untuk di Indonesia sendiri, Anda bisa mendapatkan produk ini dengan membelinya secara online atau menitip dengan teman yang kebetulan pergi ke Malaysia. Marigold HL Low Fat Milk mengandung kalsium 36% dan protein 52% lebih banyak. Di samping itu, produk ini juga 74% lebih sediit lemak dan 64% lebih sedikit laktosa.

Berbagai penghargaan telah didapuk oleh susu rendah lemak tinggi kalsium untuk remaja ini, sehingga membuatnya semakin dipercaya oleh masyarakat. Dalam setiap kemasan susu low fat Marigold, setidaknya tubuh akan memperoleh makronutrien penting dan tambahan seperti 9 vitamin esensial. Untuk cita rasanya sendiri, meskipun rendah laktosa dan lemak, Marigold menjamin produk ini nikmat dikonsumsi. Varian rasa yang disediakan olehnya antara lain cokelat, stoberi, dan kurma.

Susu rendah lemak belum tentu lebih sehat

Susu rendah lemak belum tentu lebih sehat

Dalam studi yang bisa ditemukan dalam Medical Journal of the American Academy of Neurology, diketahui bahwa orang-orang dengan konsumsi setidaknya tiga porsi susu berlemak rendah setiap hari punya risiko 34 persen lebih besar terkena penyakit Parkinson. Angka ini lebih besar dibandingkan pada mereka yang konsumsi susu rendah lemak hanya satu porsi per hari. Penelitian ini melibatkan 129.346 partipisan selama 25 tahun yang mana pada 1.036 orang ditemukan gejala khas Parkinson akibat produk susu olahan yang dikonsumsi olehnya.

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan kalau asupan susu rendah lemak memungkinkan terjadinya peningkatan risiko penyakit Parkinson. Meski demikian, penelitian ini murni untuk observasional sehingga tidak dicari sebab dan akibat dari hasil ini. Berdasarkan data tersebut, maka bisa dianggap kalau susu rendah lemak belum tentu lebih sehat sebagai susu alternatif untuk program diet. Alasan lainnya, pada susu low fat umumnya produsen mengganti kandungan lemak hewani asli dengan lemak dari tumbuhan (berjenis lemak tidak jenuh).

Namun, selama susu rendah lemak dikonsumsi dalam batas wajar, maka risiko terhadap Parkison hanyalah sekitar 30 persen, lebih kecil dibandingkan keseluruhan. Dokter kepala bagian ilmiah yayasan penyakit Parkinson di Amerika, James Beck, PhD, turut menjelaskan kalau peningkatan risiko itu tidak mengharuskan seseorang untuk menghentikan kebiasaan minum dengan lemak rendah. Intinya, konsumsi dalam batas wajar sesuai anjuran itu lebih baik dibandingkan berlebihan.

Kesimpulan

Untuk menyukseskan program diet atau penurunan badan yang sedang Anda lakukan, maka susu rendah lemak terbaik bisa dikonsumsi sebagai asupan nutrisi tambahan. Jika Anda mengharapkan hasil yang maksimal, seperti waktu lebih cepat, maka imbangi program ini dengan melaksanakan olahraga fisik secara rutin, ya. Dalam pemilihan susu yang baik, cermatilah pula label kemasan pada susu dan pastikan produk tersebut tidak mengandung gula tambahan.

(Visited 2.390 times, 24 visits today)