Kosmetik & Kesehatan

10 Susu Diet Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Gizi]

Anda sedang diet dengan tujuan menurunkan berat badan? Supaya hasilnya optimal, jangan lupa untuk mengimbangi pola olahraga, istirahat, dan makan. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk konsumsi susu diet yang rendah kalori namun tinggi protein.

Beredar banyak pilihan susu diet di pasaran untuk Anda, contohnya WRP, Tropicana, dan Diasweet. Pada artikel ini, PickyBest sudah rangkum sepuluh rekomendasi susu diet terbaik. Sebelum melihat daftarnya, cek dulu perihal susu diet dan cara memilihnya, yuk!

blank

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Kurnia Sitompul

blank
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GKPakar/Spesialis

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK adalah dokter spesialis gizi klinik lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dokter yang berpraktek di klinik Panacea Balikpapan ini kerap menangani pasien dengan masalah malnutrisi (obesitas serta underweight) dan penyakit metabolik.

Selain aktif sebagai dokter praktek, dr. Kurnia juga sering diundang sebagai narasumber pada acara atau seminar terkait kesehatan dan nutrisi. Melalui akun Instagram-nya, dr. Kurnia juga banyak berbagi informasi terkait kesehatan nutrisi.

Apa itu Susu Diet?

blank

Susu diet sama seperti susu pada umumnya. Susu ini juga terbuat dari berbagai sumber, misalnya sapi, kambing, dan kedelai. Susu yang diklaim bagus untuk diet mengandung nutrisi penting berupa protein, multivitamin, dan mineral.

Susu diet umumnya memiliki nilai kalori lebih rendah, contohnya susu low fat dan susu skim (susu tanpa lemak). Kedua jenis susu rendah kalori tersebut memiliki perbedaan:

  • Susu low fat mengandung kalori 50 – 150 kkal/100 mL dengan lemak 1,25 – 3% dan protein tidak kurang dari 2,7%.
  • Susu skim mengandung kalori 30 – 100 kkal/100 mL dengan lemak tidak lebih dari 1,25% dan kadar proteinnya tidak kurang dari 2,7%.

Susu memang bisa menjadi salah satu opsi meal replacement atau suplemen pengganti makanan saat menurunkan berat badan. Namun, rasa kenyang sangat ditentukan oleh komposisinya. Susu yang mampu memberi rasa kenyang lebih lama umumnya susu dengan kandungan seimbang, dengan protein cukup tinggi.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Cara Memilih Susu Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut cara memilih susu diet terbaik yang tepat. Bacalah dengan cermat setiap poin berikut ini sehingga Anda berhasil temukan produk yang maksimal membantu penurunan berat badan Anda.

Pilih Berdasarkan Bentuk Susu, Bubuk atau Cair?

blank

Secara umum, peredaran produk susu yang biasa ditemui antara lain berbentuk bubuk dan cair. Susu bubuk cenderung dipilih untuk konsumsi jangka panjang, sedangkan susu cair lebih digemari oleh mereka yang menghendaki konsumsi susu secara praktis.

Secara kandungan nutrisi, umumnya susu bubuk dan susu cair mempunyai kesamaan. Namun, kandungan nutrisi paling utuh memang ditemukan pada susu cair.

Untuk penyerapan kedua jenis susu tersebut terbilang sama, namun jumlah penyerapan kandungan susu bubuk akan berkurang apabila diolah dengan tidak tepat.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Pilih Berdasarkan Sumber dan Kecocokannya

blank

Di berbagai pusat perbelanjaan, produk susu yang dijual umumnya berasal dari susu sapi dan susu kambing. Susu sapi lebih rendah kandungan kalori dan lemaknya dibandingkan susu kambing.

Jika Anda alergi susu sapi dan tidak suka susu kambing, Anda bisa membeli susu diet dari kacang kedelai atau protein whey. Sementara bagi Anda yang vegan, pastikan produk yang dipilih memang tertera keterangan “vegan” di kemasannya.

Semua susu, baik hewani dan nabati, dapat digunakan untuk menunjang penurunan berat badan. Namun, kembali lagi setelah dilakukan perhitungan kebutuhan kalori sebelumnya.

Bila tujuan dietnya untuk menurunkan berat badan, susu nabati bisa jadi pilihan karena memiliki kandungan kalori lebih rendah dibandingkan susu hewani.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Pilih yang Diperkaya dengan Bermacam Nutrisi Penting

blank

Saat membeli susu diet, orang-orang cenderung memperhatikan kadar lemak dan kalori per sajinya saja. Sebenarnya, akan lebih baik bila Anda ikut memperhatikan nutrisi penting lain di dalamnya, seperti vitamin dan mineral.

Cermati betul apa saja kandungan pada susu yang hendak Anda beli. Pastikan terdapat karbohidrat, protein, lemak, dan kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Ingin Memilih Susu dengan Rasa Kesukaan? Perhatikan Kandungan Gulanya!

blank

Tak sedikit dari merek susu diet yang hadir dalam berbagai rasa, seperti stroberi, cokelat, vanilla, kopi, teh hijau, mocca, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, produk yang menawarkan varian rasa lezat seperti di atas menggunakan perisa dan gula yang cukup tinggi. Jadi, perhatikan juga jumlah gula yang terkandung pada setiap produk.

Menurut Permenkes, anjuran konsumsi gula per hari adalah 10% dari total energi atau setara dengan 50 gram atau 4 sendok makan per hari.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

10 Rekomendasi Susu Diet Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, kami akan menampilkan rekomendasi sepuluh susu diet terbaik kepada Anda. Selamat memilih!

Sepuluh produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Kurnia.

1. Herbalife Formula 1 Nutritional Shake Mix

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Berasal dari bubuk protein kedelai yang aman untuk penderita intoleransi laktosa susu sapi

Herbalife Shake Mix memiliki kandungan protein dan kalori yang tidak berlebihan serta sesuai kebutuhan nutrisi tubuh. Ada banyak variasi pilihan rasa yang enak dari susu ini. Cara mengonsumsinya pun sangat mudah, tinggal dicampur air, susu skim, atau bahkan smoothies favorit Anda.

Susu diet terbaik ini berbahan dasar keledai. Maka itu, susu ini sangat aman dikonsumsi oleh Anda yang alergi susu sapi. Selain itu, dari segi isi bersih dan harga, Herbalife Shake Mix lebih ekonomis. Bagaimana tidak, satu kemasannya ini bisa dikonsumsi hingga 1 bulan!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Kacang kedelai
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 90 kkal
· Lemak: 1 g
· Karbohidrat: 13 g
· Fiber: 9 g
· Protein: 9 g
· Gula: 9 g
Pilihan rasa French Vanilla Canister, Dutch Chocolate Canister, Wild Berry Canister, dan Mint-Choco Canister
Ukuran 550 g
Kisaran harga Rp269.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

2. Kalbe Slim & Fit Meal Replacement

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Bantu jaga perut kenyang lebih lama

Kalbe Slim & Fit Meal Replacement adalah susu diet terbaik yang terbuat dari susu sapi segar. Kandungan nutrisi protein dan serat pada susu ini cukup tinggi, namun rendah lemak sehingga ideal untuk turunkan berat badan.

Susu ini diperkaya 15 jenis vitamin dan 11 macam mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta kepadatan tulang dan gigi. Selain ampuh menurunkan berat badan, keberadaan asam lemak omega 3 di dalamnya baik untuk pemeliharaan jantung.

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu sapi segar
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 200 kkal
· Lemak: 3 g
· Karbohidrat: 30 g
· Fiber: 5 g
· Protein: 15 g
· Gula: 12 g
Pilihan rasa Choco Malt dan French Vanilla
Isi 6 sachet @52 g
Kisaran harga Rp87.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

3. WRP On The Go

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Praktis dikonsumsi untuk Anda yang super aktif!

Kini diet tidak perlu repot lagi berkat diciptakannya WRP On The Go. Susu ini pas dikonsumsi oleh Anda yang sangat aktif berkegiatan harian. Mengandung 150 kkal per kotaknya, tubuh pun memperoleh asupan energi bila dikonsumsi sebelum memulai hari.

WRP On The Go mengandung fiber yang tinggi. Tidak berhenti di situ, susu diet terbaik ini diperkaya pula dengan kalsium dan protein untuk pembangunan tulang dan otot.

Terbuat dari fresh milk, produk ini nyaman di mulut. Termasuk rendah lemak, produk ini pun kian ideal dikonsumsi oleh Anda yang bermaksud menurunkan berat badan tanpa mengeluarkan effort berlebih!

Jenis susu Cair
Komposisi Susu sapi segar
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 150 kkal
· Lemak: 3 g
· Karbohidrat: 24 g
· Fiber: 7 g
· Protein: 7 g
· Gula: 16 g
Pilihan rasa Original, Cokelat, Kopi, dan Stroberi
Isi 4 kotak @200 ml
Kisaran harga Rp42.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Tropicana Slim Low Fat Milk Vanilla

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Diklaim bebas sukrosa sehingga aman untuk penderita diabetes

Kabar baik untuk Anda penderita diabetes yang mengharapkan bentuk tubuh ideal, Tropicana Slim Low Fat hadir sebagai opsi tepat. Pasalnya, susu diet satu ini tak sebatas rendah lemak, melainkan juga bebas sukrosa. Kandungan serat tinggi di dalam susu ini pun ikut melancarkan sistem pencernaan.

Tak hanya mengantarkan Anda pada tubuh langsing, susu diet terbaik dari Tropicana Slim ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol darah untuk jantung sehat terjaga.

Lengkap dengan berbagai macam vitamin dan mineral penting lain, mari capai tubuh slim dan sehat Anda bersama Tropicana Slim Low Fat Milk Vanilla dua kali sehari!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu sapi segar
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 160 kkal
· Lemak: 0,5 g
· Karbohidrat: 34 g
· Fiber: 3 g
· Protein: 7 g
· Gula (sukrosa): 0 g
Pilihan rasa Vanilla
Ukuran 500 g
Kisaran harga Rp84.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

5. Mirota Lactona Skim

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Membekali tulang dengan kalsium untuk menghambat osteoporosis

Rasanya, tubuh langsing saja belum cukup bila kekuatan tulang Anda tidak terjaga dengan baik. Oleh sebab itu, Mirota Lactona Slim kami rekomendasikan agar Anda bisa mengontrol berat badan sekaligus menunjang kekuatan struktur tulang agar tidak mudah rapuh.

Berkat kalsium tinggi di dalamnya, susu diet terbaik ini akan menjauhkan Anda dari osteoporisis di usia muda. Mirota mengambil sumber susu langsung dari sapi peternakan yang dijaga betul kualitasnya. Artinya, selain terjaga dari segi manufaktur, Anda pun dibuat senang karena susu ini menyimpan kadar lemak 0%. Luar biasa!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu sapi segar
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 110 kkal
· Lemak: 0 g
· Karbohidrat: 17 g
· Fiber: 2 g
· Protein: 9 g
· Gula (sukrosa): 0 g
Pilihan rasa Plain
Ukuran 300 g
Kisaran harga Rp43.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. L-Men Loseweight

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Turunkan berat badan tanpa kehilangan otot

L-Men Loseweight adalah susu diet terbaik khusus pria yang memungkinkan terjadinya penurunan angka timbangan tanpa kehilangan massa otot. Berbahan dasar protein whey, L-Men mengklaim produknya ini mampu menurunkan berat badan sampai 1,5 kg per minggunya.

Rasa coklat cereal yang enak dan lezat turut membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, bahkan saat beraktivitas sekalipun. Jadi, apakah Anda pria yang menginginkan otot kuat dengan berat badan proporsional? Jangan ragu untuk coba minum susu dari brand kenamaan ini!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Protein whey
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 200 kkal
· Lemak: 2,5 g
· Karbohidrat: 27 g
· Fiber: 2 g
· Protein: 15 g
· Gula: 0 g
Pilihan rasa Chocolate Cereal
Isi 12 sachet @25 g
Kisaran harga Rp105.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Diasweet Litesip

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Susu diet tanpa gula yang aman untuk penderita diabetes

Diasweet Litesip adalah susu produksi Konimex yang terbuat dari susu skim berkualitas dengan perisa untuk memberi rasa nikmat. Susu diet terbaik ini aman dikonsumsi jangka panjang oleh Anda yang menjalankan program penurunan berat badan.

Diasweet Litesip tinggi akan serat namun rendah kandungan lemak. Hal lain yang membuat Anda tidak waswas mengonsumsi susu ini adalah kandungannya yang bebas gula. So, para penderita diabetes tetap diperbolehkan mengonsumsinya selama tidak ada larangan khusus dari dokter.

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu skim, bubuk perisa
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 90 kkal
· Lemak: 1 g
· Karbohidrat: 12 g
· Fiber: 0 g
· Protein: 6 g
· Gula: 0 g
Pilihan rasa Chocolate dan Vanilla
Isi 6 sachet @25 g
Kisaran harga Rp41.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. Isagenix IsaShake

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Menjaga keseimbangan nutrisi tanpa harus banyak makan!

Diet yang tepat sebaiknya dilakukan dengan tetap memerhatikan keseimbangan nutrisi yang diterima tubuh. Kabar baiknya, Anda bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian tersebut tanpa perlu konsumsi makanan dalam porsi besar. Yap, Isagenix IsaShake solusinya!

IsaShake merupakan susu pengganti nasi yang menyediakan protein whey, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, serta 23 jenis vitamin dengan nilai cukup untuk melengkapi kebutuhan per hari. Asyiknya lagi, susu diet terbaik ini tersedia dalam belasan pilihan rasa yang enak.

Jenis susu Bubuk
Komposisi Konsentrat whey protein, susu bubuk tanpa lemak, konsentrat protein susu
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 170 kkal
· Lemak: 4 g
· Karbohidrat: 18 g
· Fiber: 3 g
· Protein: 16 g
· Gula: 8 g
Pilihan rasa Creamy Dutch Chocolate, Creamy French Vanilla, Strawberry Cream, Chocolate Mint, Peach Mango, Rich Chocolate – Plant Based, Vanilla Chai – Plant Based, Natural Creamy Vanilla – Kosher, Birthday Cake Flavor, Strawberry – Plant Based
Ukuran 360 g
Kisaran harga Rp235.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

9. WRP Lose Weight Meal Replacement

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Rasanya enak, nutrisinya lengkap!

Ingin memiliki berat badan ideal tanpa harus melakukan diet yang menyiksa? WRP kembali menghadirkan varian susu diet terbaik bernama WRP Lose Weight Meal Replacement. Susu ini diproduksi secara khusus sebagai substitusi makan agar kans keberhasilan program diet Anda semakin besar!

WRP Lose Weight Meal Replacement mempunyai 5 varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Mulai dari cokelat, kopi, cokelat cereal, stroberi, hingga mocca dan green tea tersedia. Ditambah dengan olahraga, berat lebih cepat turun, tubuh pun kencang!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu skim, susu bubuk full cream, isolat protein whey
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 220 kkal
· Lemak: 6 g
· Karbohidrat: 26 g
· Fiber: 2 g
· Protein: 14 g
· Gula: 12 g
Pilihan rasa Cokelat, Kopi, Stroberi, Cokelat Sereal, dan Moka & Teh Hijau
Isi 6 sachet @54 gr
Kisaran harga Rp110.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Garden of Life Raw Organic Fit

blank

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Komponen organiknya telah tersertifikasi USDA Organic

Berbeda dengan susu diet terbaik lain, Garden of Life Raw Organic Fit terbuat dari bahan-bahan organik bebas GMO yang keamanannya telah teruji klinis. Bagi Anda yang sering mengalami konstipasi, susu ini mengandung probiotik dan enzim untuk melancarkan pencernaan Anda.

Salah satu komponen andalan dari susu ini adalah chia seed. Berkat chia seed, perut akan merasa kenyang lebih lama sehingga makan pun takkan kalap. Selain itu, susu ini juga mengantongi svetol dan kayu manis untuk memaksimalkan pembakaran lemak tubuh.

Jenis susu Bubuk
Komposisi Organic pea protein, organic sprouted brown rice protein, organic pea fiber, organic chia seed & sprout
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 170 kkal
· Lemak: 2 g
· Karbohidrat: 10 g
· Fiber: 8 g
· Protein: 28 g
· Gula: <1 g
Pilihan rasa Chocolate Cacao, Vanilla, Coffee, dan Original
Ukuran 913 g
Kisaran harga Rp895.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

Informasi Tambahan dari dr. Kurnia Sitompul

blank

Apakah susu diet sebaiknya tetap dikonsumsi walaupun sudah tidak diet lagi?

Hal ini disesuaikan kembali dengan kebutuhan individu masing-masing. Apabila seseorang membutuhkan penambahan nutrisi yang ternyata dapat diperoleh dari susu maka konsumsi susu tetap dapat dilanjutkan.

Namun, konsumsi susu bukanlah suatu keharusan apabila berdasarkan hasil perhitungan ternyata asupan makan dan minum sudah mencukupi.

Bagaimana cara mengoptimalkan proses diet?

Proses penurunan berat badan memerlukan pengaturan makanan dengan tepat yang sebaiknya diperhitungkan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan status metabolisme individu.

Penurunan berat badan juga perlu ditunjang oleh konsumsi cairan yang cukup, olahraga teratur, serta perilaku hidup yang bersih dan sehat (terkait pola tidur dan psikologis).

Semuanya ini dapat dilakukan kalau individu yang menjalaninya tetap disiplin dan konsisten.

Yuk, cek rekomendasi produk penunjang diet dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Dari sekian banyak produk, susu diet mana yang menarik perhatian Anda? Ingat kembali, menurunkan berat badan bukanlah sesuatu yang instan. Selain dibutuhkan niat besar, usaha yang dikeluarakn juga perlu diseimbangkan.

blank

Perlu diketahui pula bahwa susu diet hanya berperan sebagai penunjang. Di samping minum susu diet terbaik, rutinlah berolahraga. Jangan lupa pula untuk menjaga pola tidur dan mencukupi konsumsi air harian. Semoga Anda segera berhasil mencapai berat badan ideal, ya!

You may also like

Comments are closed.