Written by 17:50 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Susu Diet Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Program penurunan berat badan telah diterapkan banyak orang sejak lama. Anda sedang melakukannya dan merasa hasilnya masih nihil? Cobalah mengonsumsi susu diet untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Susu untuk diet diperkaya oleh kalori cukup tinggi yang membuat tubuh kenyang lebih lama. Selain itu, susu diet mengandung sedikit lemak untuk mengoptimalkan efektivitas program diet seseorang.

Beredar pilihan susu diet di pasaran untuk Anda beli dan nikmati. WRP, Tropicana, Diasweet, dan L-Men memproduksi susu diet terbaik untuk membantu turunkan berat badan. Manakah yang cocok dengan Anda? Sebentar lagi Anda akan mengetahuinya! Namun sebelumnya, baca dulu penjelasan tentang susu diet beserta cara memilih produk yang tepat, ya!

Apa itu Susu Diet?

Susu diet adalah susu yang terbuat dari berbagai sumber, biasanya sapi, kambing, dan kedelai. Beberapa bahan lain digunakan untuk menyusun komposisi susu diet, misalnya whey protein tipe isolat dan konsentrat. Oleh karena dihadirkan bertujuan mengontrol berat badan seseorang, susu diet menyimpan kandungan nutrisi penting dalam jumlah tinggi dengan meminimalkan kandungan lemaknya.

Pada saat berdiet, susu bisa menjadi suplemen pengganti sebagian makanan yang diterima tubuh. Maka dari itu, kandungan seperti protein, kalsium, dan vitamin D perlu ada pada setiap produk. Di samping membawa kebaikan untuk tulang dan otot, berdasarkan penelitian, susu diet yang mengandung nutrisi semacam kalsium dan vitamin D berpotensi lebih besar menurunkan berat badan seseorang.

Produk susu untuk diet biasanya dibedakan menjadi dua macam, yaitu susu low fat dan susu skim. Kalori pada susu low fat dari sapi sekitar 150 – 160 kkal per serving, sementara susu skim hanya 90 – 110 kkal per serving. Hal ini mengharuskan Anda selektif memilih susu dengan menyesuaikan makanan lain yang Anda konsumsi dalam sehari.

Seperti yang telah disebutkan di atas, susu baik diminum oleh Anda yang lagi diet karena bisa membuat perut kenyang lebih lama. Di dalam susu tersimpan hormon peptide YY (PYY) yang dikenal sebagai hormon “penahan rasa lapar”. Anda bisa mengonsumsi susu diet di pagi hati untuk mencegah kalap makan pada jam makan berikutnya.

Cara Memilih Susu Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Jangan sampai Anda asal-asalam memilih produk, berikut kami cantumkan cara memilih susu diet yang tepat. Bacalah dengan cermat setiap poin-poin sehingga Anda berhasil temukan produk yang maksimal membantu penurunan berat badan Anda!

Pilih berdasarkan Bentuk Susu, Bubuk atau Cair?

Secara umum, peredaran produk susu yang biasa ditemui antara lain berbentuk bubuk dan cair. Susu bubuk cenderung dipilih untuk konsumsi jangka panjang, sedangkan susu cair lebih digemari oleh mereka yang menghendaki konsumsi susu secara praktis. Bagaimana dengan Anda, ingin memilih susu diet bubuk atau cair?

Pada dasarnya, setiap susu mengantongi kadar nutrisi yang baik. Hanya saja, kandungan yang tersimpan dari setiap bentuk berbeda-beda. Misalnya saja, susu bubuk menyimpan vitamin, protein, dan mineral yang jumlahnya hampir sama dengan susu cair segar. Namun, susu cair segar (fresh milk) memiliki kadar vitamin B5 dan B12 lebih banyak yang berperan memelihara sistem saraf.

Tak hanya itu, fresh milk juga menyuguhkan fosfor dan selenium lebih besar dibandingkan susu bubuk. Meski demikian, fungsi mineral yang tercantum dari masing-masing bentuk susu ini sangat baik mendukung metabolisme tubuh. Jadi, mana yang hendak Anda pilih?

Bila Anda bermaksud konsumsi susu setiap hari untuk menyukseskan diet, susu bubuk adalah pilihan tepat karena masa kedaluwarsanya lebih lama dibandingkan susu cair. Akan tetapi, simpanlah susu bubuk di suhu ruangan agar tetap aman dikonsumsi. Sementara bagi Anda yang ingin minum susu tanpa harus mengolahnya, susu cair menjadi opsi terbaik.

Pilih berdasarkan Komposisi Bahan Susu

Untuk mendapatkan susu diet yang tepat, cukup penting memeriksa asal bahan susunya. Di berbagai pusat perbelanjaan, produk susu yang dijual umumnya berasal dari susu sapi dan susu kambing. Susu sapi lebih rendah kandungan kalori dan lemaknya dibandingkan susu kambing. Secangkir susu sapi menyimpan 149 kalori dan 8 gram. Kandungan lemak pada susu sapi juga lebih rendah dari susu kambing.

Susu kambing sendiri mengandung 168 kalori dan 10 gram lemak per gelasnya. Takaran ini mungkin berbeda-beda pada setiap produsen, tergantung bahan tambahan yang digunakan. Susu diet dari kambing merupakan alternatif tepat bagi Anda yang mengalami intoleransi laktosa dari susu sapi.

Jika Anda alergi susu sapi dan tidak suka susu kambing, Anda bisa membeli susu diet dari kacang kedelai atau protein whey. Dua sumber tersebut akan cocok dengan Anda yang menjalani pola hidup vegan. Jadi, pilihlah susu diet yang tidak berisiko alergi ataupun berdampak negatif lain pada tubuh Anda, ya!

Pilih yang Diperkaya dengan Bermacam Nutrisi Penting

Saat membeli susu diet, orang-orang cenderung memperhatikan kadar lemak dan kalori per sajinya saja. Sebenarnya, akan lebih baik bila Anda ikut memperhatikan nutrisi penting lain di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, kalsium, fosfor, serat pangan, dan lainnya.

Cermati betul apa saja kandungan pada susu yang hendak Anda beli. Pastikan terdapat karbohidrat, protein, lemak, dan kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Pemilihan susu juga harus diseimbangkan dengan pola olahraga. Jika Anda berolahraga rutin 3 minggu sekali, minumlah susu yang menyimpan protein sekitar 10 – 15 gram setiap harinya.

Asupan protein yang tinggi akan membantu membakar kalori di dalam tubuh. Agar lemak tidak menumpuk karena minum susu tiap hari, pilihlah susu skim yang kadar lemkanya telah dipangkas hingga <1%. Namun, susu skim yang dijual dengan cita rasa tertentu mengandung gula cukup tinggi, sehingga Anda lebih disarankan memilih susu rendah lemak karena persentase gulanya yang kecil.

Ingin Memilih Susu dengan Rasa Kesukaan? Perhatikan Kandungan Gulanya!

Susu untuk diet akan Anda konsumsi rutin setiap hari supaya keinginan menurunkan berat badan berhasil. Oleh sebab itu, tak sedikit merek susu diet hadir dalam berbagai rasa, seperti stroberi, cokelat, vanilla, kopi, teh hijau, mocca, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, produk tersebut menggunakan perisa dan gula yang cukup tinggi.

Jadi, perhatikan juga jumlah gula yang terkandung pada setiap produk. Tabel “Nutrition Facts” di bagian belakang kemasan mesti Anda periksa selalu saat membeli produk makanan/minuman, termasuk susu diet. Hindari susu yang kadar gulanya lebih dari 20 gram, ya! Jika tidak menemukan keterangan “Gula”, produsen biasa menggunakan istilah lain, seperti “sukrosa”, “laktosa”, “glukosa”, “maltosa”, “dekstrosa”, “fruktosa”, “sorbitol”, dan “manitol”.

10 Rekomendasi Susu Diet Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh susu diet terbaik kepada Anda. Bacalah deskripsi produk secara saksama agar Anda menemukan susu diet paling tepat untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Silakan dipilih!

1. Herbalife Formula 1 Nutritional Shake Mix

Berasal dari bubuk protein kedelai yang aman untuk penderita intoleransi laktosa susu sapi

Herbalife Shake Mix memiliki kandungan protein dan kalori tidak berlebihan serta sesuai kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda. Ada banyak variasi pilihan rasa yang enak dari susu ini. Cara mengonsumsinya pun sangat mudah, Anda bisa campurkan produk ini dengan air, susu skim atau bahkan smoothies favorit Anda.

Susu produksi Herbalife ini terbuat dari bahan baku berkualitas dengan bahan dasar keledai. Maka itu, susu ini sangat aman dikonsumsi oleh Anda yang alergi susu sapi. Dari segi isi bersih dan harga, Herbalife Shake Mix lebih ekonomis. Bagaimana tidak, satu kemasannya ini bisa dikonsumsi hingga 1 bulan!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Kacang kedelai
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 90 kkal
· Lemak: 1 g
· Karbohidrat: 13 g
· Fiber: 9 g
· Protein: 9 g
· Gula: 9 g
Pilihan rasa French Vanilla Canister, Dutch Chocolate Canister, Wild Berry Canister, dan Mint-Choco Canister
Ukuran 550 g
Kisaran harga Rp269.000

2. Kalbe Slim & Fit Meal Replacement

Bantu jaga perut kenyang lebih lama

Kalbe Slim & Fit Meal Replacement adalah susu diet yang terbuat dari susu sapi segar. Proses diet akan semakin nyaman jika Anda mengonsumsi susu persembahan Kalbe berikut. Kandungan nutrisi protein dan serat pada susu ini cukup tinggi, namun rendah lemak sehingga ideal untuk turunkan berat badan.

Susu ini diperkaya 15 jenis vitamin dan 11 macam mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta kepadatan tulang dan gigi. Selain ampuh menurunkan berat badan, keberadaan asam lemak omega 3 di dalamnya baik untuk pemeliharaan jantung.

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu sapi segar
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 200 kkal
· Lemak: 3 g
· Karbohidrat: 30 g
· Fiber: 5 g
· Protein: 15 g
· Gula: 12 g
Pilihan rasa Choco Malt dan French Vanilla
Isi 6 sachet @52 g
Kisaran harga Rp87.500

3. WRP On The Go

Praktis dikonsumsi untuk Anda yang super aktif!

Kini diet tidak perlu repot lagi berkat diciptakannya WRP On The Go. Susu ini pas dikonsumsi oleh Anda yang sangat aktif berkegiatan harian. Mengandung 150 kkal per kotaknya, tubuh pun memperoleh asupan energi bila dikonsumsi sebelum memulai hari.

WRP On The Go mengandung fiber yang tinggi. Tidak berhenti di situ, susu diet ini diperkaya pula dengan kalsium dan protein untuk pembangunan tulang dan otot. Terbuat dari fresh milk, produk ini nyaman di mulut. Termasuk rendah lemak, produk ini pun kian ideal dikonsumsi oleh Anda yang bermaksud menurunkan berat badan tanpa mengeluarkan effort berlebih!

Jenis susu Cair
Komposisi Susu sapi segar
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 150 kkal
· Lemak: 3 g
· Karbohidrat: 24 g
· Fiber: 7 g
· Protein: 7 g
· Gula: 16 g
Pilihan rasa Original, Cokelat, Kopi, dan Stroberi
Isi 4 kotak @200 ml
Kisaran harga Rp42.500

4. Tropicana Slim Low Fat Milk Vanilla

Diklaim bebas sukrosa sehingga aman untuk penderita diabetes

Kabar baik untuk Anda penderita diabetes yang mengharapkan bentuk tubuh ideal, Tropicana Slim Low Fat hadir sebagai opsi tepat. Susu diet satu ini tak sebatas rendah lemak, melainkan juga bebas sukrosa. Kandungan serat tinggi di dalam susu ini ikut melancarkan sistem pencernaan.

Tak hanya mengantarkan Anda pada tubuh langsing, Tropicana Slim akan membantu mengurangi kadar kolesterol darah untuk jantung sehat terjaga. Lengkap dengan berbagai macam vitamin dan mineral penting lain, mari capai tubuh slim dan sehat Anda bersama Tropicana Slim Low Fat Milk Vanilla dua kali sehari!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu sapi segar
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 160 kkal
· Lemak: 0,5 g
· Karbohidrat: 34 g
· Fiber: 3 g
· Protein: 7 g
· Gula (sukrosa): 0 g
Pilihan rasa Vanilla
Ukuran 500 g
Kisaran harga Rp84.900

5. Mirota Lactona Skim

Membekali tulang dengan kalsium untuk menghambat osteoporosis

Rasanya, tubuh langsing saja belum cukup bila kekuatan tulang Anda tidak terjaga dengan baik. Oleh sebeb itu, Mirota Lactona Slim kami rekomendasikan agar Anda bisa mengontrol berat badan sekaligus menunjang kekuatan struktur tulang agar tidak mudah rapuh.

Berkat kalsium tinggi di dalamnya, susu ini akan menjauhkan Anda dari osteoporisis di usia muda. Mirota mengambil sumber susu langsung dari sapi peternakan yang dijaga betul kualitasnya. Selain terjaga dari segi manufaktur, Anda pun dibuat senang karena susu ini menyimpan kadar lemak 0%. Luar biasa!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu sapi segar
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 110 kkal
· Lemak: 0 g
· Karbohidrat: 17 g
· Fiber: 2 g
· Protein: 9 g
· Gula (sukrosa): 0 g
Pilihan rasa Plain
Ukuran 300 g
Kisaran harga Rp43.000

6. L-Men Loseweight

Turunkan berat badan tanpa kehilangan otot

Apakah Anda pria yang menginginkan otot kuat dengan berat badan proporsional? Cobalah meminum susu dari brand kenamaan ini! L-Men Loseweight adalah susu diet khusus pria yang memungkinkan terjadinya penurunan angka timbangan tanpa kehilangan massa otot!

Berbahan dasar protein whey, L-Men mengklaim produknya ini mampu menurunkan berat badan sampai 1,5 kg per minggunya. Rasa coklat cereal yang enak dan lezat membantumu merasa kenyang lebih lama, bahkan saat beraktivitas sekalipun!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Protein whey
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 200 kkal
· Lemak: 2,5 g
· Karbohidrat: 27 g
· Fiber: 2 g
· Protein: 15 g
· Gula: 0 g
Pilihan rasa Chocolate Cereal
Isi 12 sachet @25 g
Kisaran harga Rp105.000

7. Diasweet Litesip

Susu diet tanpa gula yang aman untuk penderita diabetes

Diasweet Litesip adalah susu produksi Konimex yang terbuat dari susu skim berkualitas dengan perisa untuk memberi rasa nikmat. Susu satu ini aman dikonsumsi jangka panjang oleh Anda yang menjalankan program penurunan berat badan.

Diasweet Litesip tinggi akan serat namun rendah kandungan lemaknya. Hal lain yang membuat Anda tidak waswas mengonsumsi susu ini adalah kandungannya yang bebas gula. So, para penderita diabetes tetap diperbolehkan mengonsumsi susu ini selama tidak ada larangan khusus dari dokter.

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu skim, bubuk perisa
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 90 kkal
· Lemak: 1 g
· Karbohidrat: 12 g
· Fiber: 0 g
· Protein: 6 g
· Gula: 0 g
Pilihan rasa Chocolate dan Vanilla
Isi 6 sachet @25 g
Kisaran harga Rp41.000

8. Isagenix IsaShake

Menjaga keseimbangan nutrisi tanpa harus banyak makan!

Diet yang tepat sebaiknya dilakukan dengan tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi yang diterima tubuh. Kabar baiknya, Anda bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian tersebut tanpa perlu konsumsi makanan dalam porsi besar. Yap, Isagenix IsaShake solusinya!

IsaShake merupakan susu pengganti nasi yang menyediakan protein whey, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, serta 23 jenis vitamin dengan nilai cukup untuk melengkapi kebutuhan per hari. Susu berkemasan sachet ini tersedia dalam belasan pilihan rasa enak. Apa rasa favorit Anda?

Jenis susu Bubuk
Komposisi Konsentrat whey protein, susu bubuk tanpa lemak, konsentrat protein susu
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 170 kkal
· Lemak: 4 g
· Karbohidrat: 18 g
· Fiber: 3 g
· Protein: 16 g
· Gula: 8 g
Pilihan rasa Creamy Dutch Chocolate, Creamy French Vanilla, Strawberry Cream, Chocolate Mint, Peach Mango, Rich Chocolate – Plant Based, Vanilla Chai – Plant Based, Natural Creamy Vanilla – Kosher, Birthday Cake Flavor, Strawberry – Plant Based
Ukuran 360 g
Kisaran harga Rp235.000

9. WRP Lose Weight Meal Replacement

Rasanya enak, nutrisinya lengkap!

Ingin memiliki berat badan ideal tanpa harus melakukan diet yang menyiksa? WRP kembali menghadirkan varian susu diet lain bernama WRP Lose Weight Meal Replacement. Susu ini diproduksi secara khusus sebagai substitusi makan agar kans keberhasilan program diet Anda semakin besar!

WRP Lose Weight Meal Replacement mempunyai 5 varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Mulai dari coklat, kopi, coklat cereal, stroberi, hingga mocca dan green tea tersedia. Bantulah dengan olahraga, berat lebih cepat turun, tubuh pun kencang!

Jenis susu Bubuk
Komposisi Susu skim, susu bubuk full cream, isolat protein whey
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 220 kkal
· Lemak: 6 g
· Karbohidrat: 26 g
· Fiber: 2 g
· Protein: 14 g
· Gula: 12 g
Pilihan rasa Cokelat, Kopi, Stroberi, Cokelat Sereal, dan Moka & Teh Hijau
Isi 6 sachet @54 gr
Kisaran harga Rp110.500

10. Garden of Life Raw Organic Fit

Komponen organiknya telah tersertifikasi USDA Organic

Berbeda dengan susu diet lain, Garden of Life Raw Organic Fit terbuat dari bahan-bahan organik bebas GMO yang keamanannya telah teruji klinis. Bagi Anda yang sering mengalami konstipasi, susu ini mengandung probiotik dan enzim untuk melancarkan pencernaan Anda.

Salah satu komponen andalan dari susu ini adalah chia seed. Berkat chia seed, perut akan merasa kenyang lebih lama sehingga makan pun takkan kalap. Selain itu, susu berkandungkan 28 gram protein per sajinya ini juga mengantongi svetol dan kayu manis untuk memaksimalkan pembakaran lemak tubuh.

Jenis susu Bubuk
Komposisi Organic pea protein, organic sprouted brown rice protein, organic pea fiber, organic chia seed & sprout
Kandungan nutrisi per saji · Kalori: 170 kkal
· Lemak: 2 g
· Karbohidrat: 10 g
· Fiber: 8 g
· Protein: 28 g
· Gula: <1 g
Pilihan rasa Chocolate Cacao, Vanilla, Coffee, dan Original
Ukuran 913 g
Kisaran harga Rp895.000

Lihat juga rekomendasi susu rendah lemak terbaik di sini!

Bila Anda lebih memilih konsumsi susu rendah lemak ketimbang susu skim, pada tautan berikut Anda akan diarahkan pada halaman rekomendasi susu rendah lemak terbaik. Berbagai merek terpercaya akan Anda temukan, selamat memilih!

10 Rekomendasi Susu Rendah Lemak Terbaik

Kesimpulan

Pada artikel ini kami telah memperinci poin-poin penting dalam memilih susu diet. Lalu, sepuluh produk susu diet terbaik juga telah kami cantumkan pada daftar di atas. Boleh kami tahu, merek susu mana yang sanggup menarik perhatian Anda? Ingat kembali, menurunkan berat badan bukanlah sesuatu yang instan. Selain dibutuhkan niat besar, effort dalam melakukan usaha harus menyeimbanginya.

Susu diet hanya berperan sebagai program penunjang diet. Penentu keberhasilannya ada di tangan Anda! So, di samping meminum susu, lakukanlah olahraga kardio dan angkat beban secara rutin. Jangan lupa tidur teratur 6 – 8 jam perhari agar nafsu makan terkontrol. Asupan air penting pula diperhatikan agar berat badan turun lebih cepat. Kami harap Anda berhasil, good luck!

(Visited 35.972 times, 366 visits today)