Written by 01:23 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Biskuit Terbaik untuk Diet

Bila sedang diet dan ingin ngemil, Anda tetap dapat menjaga berat badan dengan mengonsumsi camilan sehat. Anda dapat memilih biskuit untuk diet sebagai camilan sehat. Selain berprotein tinggi, biskuit diet juga rendah lemak dan gula, serta menyimpan vitamin dan mikronutrien lain yang dibutuhkan tubuh.

Banyak pilihan merek biskuit untuk diet seperti Good Time, Roma, WRP, dan Slim & Fit. Semua biskuit mempunyai keunggulan masing-masing, dari komposisi bahan, sumber vitamin, hingga varian rasa. Dari sekian banyak pilihan, mana yang terbaik untuk dikonsumsi? PickyBest akan merekomendasikannya untuk Anda.

Cara Memilih Biskuit untuk Diet

Dalam memilih biskuit untuk diet yang tepat, Anda harus memperhatikan dan memahami apa saja yang menjadi bahan-bahan pembuat biskuit tersebut dan kandungan nutrisi di dalamnya. Informasi lain yang tercantum pada label kemasan juga penting Anda perhatikan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Sebaiknya, Pilih Biskuit yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Tubuh manusia memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi utama, sekitar 50 – 100 gram per hari secara umum. Saat Anda diet pun, tubuh Anda tetap memerlukan karbohidrat. Hanya saja, jumlahnya perlu dibatasi hingga tak lebih dari 50 gram per hari.

Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat yang sehat adalah karbohidrat kompleks. Karena susunan kimianya kompleks, jenis karbo ini lebih lama dicerna tubuh, menimbulkan rasa kenyang lebih lama, dan kandungan nutrisinya juga utuh. Jadi, sebaiknya Anda memilih biskuit yang mengandung karbohidrat kompleks.

Namun, kebanyakan produk tidak mencantumkan jenis karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat dari bahan biskuit tersebut. Pastikan bahan biskuit terbuat dari buah, sayur, dan kacang-kacangan yang mengandung serat, atau terbuat dari gandum, sereal, jagung, biji-bijian, dan beras yang kaya pati.

Pilih Biskuit yang Tinggi Protein agar Tetap Berenergi

Karena saat diet Anda mengurangi karbohidrat, maka Anda butuh meningkatkan makronutrien lain agar energi harian tetap tercukupi. Untuk itu, Anda perlu memilih biskuit yang mengandung protein tinggi, yaitu yang berbahan telur, susu, daging, ikan, unggas, atau kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai.

Protein dapat memberi rasa kenyang lebih lama, mengurangi rasa lapar, dan tetap berenergi. Asupan protein tinggi juga penting untuk mencegah penurunan metabolisme yang dapat terjadi akibat diet. Bila metabolisme meningkat, pembakaran kalori harian pun lebih banyak.

Selain itu, protein juga bermanfaat untuk membentuk dan mempertahankan otot. Seberapa banyak protein yang Anda butuhkan, tergantung pada berat badan Anda, karena tiap orang memiliki kebutuhan protein yang berbeda. Namun secara umum, angka yang disarankan berkisar 25 – 30 gram per sekali makan.

Pertimbangan Soal Kadar Lemak untuk Program Diet Sehat

Selain membutuhkan karbohidrat, tubuh juga membutuhkan lemak meskipun Anda sedang diet. Memangkas asupan lemak tidak berarti dapat menurunkan berat badan ataupun mengurangi risiko penyakit jantung. Alih-alih khawatir berlebih akan total lemak yang masuk ke tubuh, lebih baik fokus meningkatkan kualitas diet Anda dengan mengonsumsi makanan berlemak sehat.

Otoritas kesehatan merekomendasikan standar diet rendah-lemak tidak lebih dari 30% kalori dari lemak untuk kebutuhan kalori harian, atau kurang dari 10 – 15%  jika Anda melakukan diet sangat rendah lemak. Sedangkan untuk lemak tak jenuh, disarankan tidak lebih dari 7 – 10%.

Sebagai asupan lemak sehat, Anda dapat memilih biskuit yang mengandung minyak zaitun dan minyak alpukat. Namun, sebisa mungkin kurangi biskuit yang menggunakan mentega dan minyak kelapa karena mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi.

Utamakan Biskuit yang Rendah Gula atau Tanpa Gula

Jika karbohidrat kompleks terdapat pada serat dan pati, maka karbohidrat sederhana terdapat pada gula. Semua gula termasuk madu, gula tebu mentah, agave nectar, mengandung karbohidrat tinggi yang dapat merusak diet Anda.

Meski begitu, bukan berarti tubuh kita tidak memerlukan gula. Dengan takaran yang tepat dan sesuai kebutuhan, gula juga bermanfaat bagi kesehatan dan menyumbangkan karbohidrat yang tidak berlebihan bagi tubuh.

Dalam memilih biskuit untuk diet, sebaiknya Anda mengutamakan biskuit yang rendah gula atau tanpa gula sama sekali. Anda juga bisa memilih biskuit berbahan buah atau sayuran karena mengandung kadar gula yang aman.

Periksa Nilai Kalori Total untuk Mengoptimalkan Hasil Diet Anda

Perlu diingat, mengonsumsi makanan berkandungan semua nutrisi yang telah dibahas sebelumnya akan menghasilkan kombinasi makronutrien berupa nilai kalori atau energi total yang masuk ke tubuh. Belum lagi jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman lain, maka kalorinya juga perlu diikutsertakan ke dalam perhitungan kalori harian.

Jika diet Anda tidak membuahkan hasil yang signifikan, cobalah untuk mengurangi jumlah kalori yang Anda makan dalam sehari. Menurut pakar gizi, mengurangi sekitar 500 kalori per hari akan menurunkan 0,5 kg berat badan Anda selama seminggu. Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Jadi, Anda perlu memeriksa nilai kalori total dari biskuit yang Anda konsumsi agar hasil diet Anda optimal.

Supaya Makin Sehat, Perhatikan juga Kandungan Mikronutriennya

Selain memperhatikan unsur-unsur makronutrisi yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu memperhatikan kandungan mikronutrien pada biskuit supaya tubuh Anda makin sehat. Lalu, apa saja yang termasuk ke dalam mikronutrien?

Jika makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak, maka yang termasuk mikronutrien adalah vitamin, makromineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, kalium, natrium, klorida, dan sulfur.

Manusia membutuhkan mikronutrien karena tubuh tidak bisa memproduksi vitamin dan mineral sendiri. Asupan semua mikronutrien yang memadai diperlukan untuk kesehatan yang optimal. Karena itulah, pilih juga biskuit diet yang menawarkan sejumlah mikronutrien.

10 Rekomendasi Biskuit Terbaik untuk Diet

Setelah mengetahui informasi tentang nutrisi beserta fungsi dan jumlah yang direkomendasikan, Anda sudah siap memilih biskuit yang cocok menemani diet Anda. Berikut rekomendasi produk-produk biskuit untuk diet yang dapat Anda pilih sesuai selera.

1. Good Time Vita Go Coconut

Sumber: Shopee.co.id

Sumber vitamin B1 dan sumber serat pangan untuk ekstra energi

Bagi Anda yang setiap harinya menjalani aktivitas padat tapi tetap memperhatikan kesehatan, Anda bisa mempertimbangkan Good Time Vita Go Coconut sebagai camilan menyehatkan.

Mengandung sumber vitamin B1 dan sumber serat pangan, biskuit sereal dengan tekstur renyah ini akan membuat Anda fit setiap harinya. Masa tahan per kemasan berkisar 8 bulan, serta harga terjangkau membuat Anda bisa menstoknya.

Kalori120 kkal
Karbohidrat16 g (serat 1 g, gula 6 g)
Protein2 g
Lemak6 g
Kandungan mikronutrienSodium
Ukuran porsi24 g
Kisaran hargaRp1.900

2. Roma Malkist Crackers

Sumber: Shopee.co.id

Kandungan malt dan vitamin B-nya memberi energi yang nikmat

Bila Anda menyukai topping pada biskuit yang Anda makan, Roma Malkist Crackers bisa menjadi pilihan. Biskuit ini akan memberi Anda energi sekaligus kenikmatan empat pilihan topping karena diperkaya malt dan vitamin B.

Untuk informasi tambahan, malt pada biskuit ini berasal dari biji sereal berkecambah yang telah dikeringkan. Setiap varian topping dibedakan dari segi warna dan desain kemasan, Anda pun semakin mudah mengenalinya.

Kalori120 kkal
Karbohidrat19 g (gula 3 g)
Protein2 g
Lemak4 g
Kandungan mikronutrienSodium
Ukuran porsi27 g
Kisaran hargaRp5.500

3. Roma Biskuit Kelapa

Sumber: Mayora.com

Biskuit yang terbuat dari kelapa asli kaya vitamin dan kalsium

Satu lagi pilihan biskuit keluaran Mayora yang bisa jadi pilihan camilan untuk diet, yaitu Roma Biskuit Kelapa. Terbuat dari kelapa asli, biskuit renyah ini juga mengandung vitamin dan kalsium.

Selain nutrisinya yang cocok untuk diet, biskuit ini juga tergolong murah dengan kemasan ekonomis dan isi lebih banyak. Rasa kelapa yang khas berpadu kerenyahan biskuit menjadikannya ideal disantap bersama teh, kopi, dan susu.

Kalori130 kkal
Karbohidrat19 g (gula 6 g)
Protein2 g
Lemak5 g
Kandungan mikronutrienSodium, kalium
Ukuran porsi27 g
Kisaran hargaRp7.000

4. Gery Krekers Beras Asin

Sumber: Tokopedia.com

Camilan rendah lemak dengan dua pilihan rasa

Gery Krekers Beras Asin adalah biskuit crackers yang terbuat dari tepung beras ditambah kombinasi aroma kecap, memiliki rasa asin gurih, tidak mengandung pewarna buatan, dan rendah lemak.

Biskuit ini hadir dalam dua varian rasa yang bisa Anda pilih, yaitu original dan keju. Jika Anda tidak sempat sarapan atau melewatkan makan siang, crackers ini bisa menjadi alternatif yang cukup membuat kenyang.

Kalori39 kkal
Karbohidrat8,11 g (gula 3 g)
Protein0,71 g
Lemak0,43 g
Kandungan mikronutrienSodium, kalium
Ukuran porsi10 g
Kisaran hargaRp10.000

5. WRP Everyday Cookies Chocolate Chip

Perpaduan rasa antara choco chip dan serat pangan oat rendah kalori

Untuk penggemar cokelat tapi tidak ingin tubuh melebar, Anda dapat mencoba WRP Cookies Chocolate yang merupakan perpaduan antara choco chip dan serat pangan oat. Cookies ini aman untuk diet karena satu kepingnya mengandung kalori yang relatif rendah.

Dengan menyantap camilan ini, Anda pun tidak perlu khawatir akan kelebihan kalori dan lemak. Malah, kandungan cokelat dari biskuit akan meningkatkan mood Anda menjadi happy. Selain enak, biskuit ini juga cukup mengenyangkan. Isi tiga keping per sasetnya takkan membuat Anda kalap makan.

Kalori150 kkal
Karbohidrat18 g (serat 2 g, gula 5 g)
Protein2 g
Lemak8 g
Kandungan mikronutrienTidak disebutkan
Ukuran porsi30 g
Kisaran hargaRp5.600

6. Slim & Fit Cookies Raisin Cinnamon

Sumber: Tokopedia.com

Camilan rendah kalori dan mengandung quinoa untuk tubuh ideal

Anda pernah mendengar tentang quinoa? Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa, digadang sebagai “Makanan Sehat Paling Populer di Dunia” karena terbukti efektif dalam penurunan berat badan. Hal itu karena quinoa mengandung protein dan serat tinggi yang memberikan rasa kenyang lebih lama.

Quinoa menjadi salah satu bahan yang terkandung dalam Slim & Fit Cookies. Camilan ini terbuat dari mixed grains, yaitu campuran oat, gandum, dan quinoa. Bila Anda ingin menurunkan berat badan atau hanya ingin menjaganya, Anda dapat memilih Slim & Fit Cookies yang tersedia dalam 2 varian rasa, yaitu cokelat dan raisin cinnamon.

Kalori90 kkal
Karbohidrat15 g (serat 1 g, gula 5 g)
Protein1 g
Lemak4 g
Kandungan mikronutrienSodium, kalium
Ukuran porsi22 g
Kisaran hargaRp42.000

7. Diasweet Litebite Apple Cookies with Instant Oat

Makanan ringan yang bebas gula dan bebas kolesterol

Biskuit untuk diet berikutnya adalah Diasweet Litebite Apple Cookies with Instant Oat. Mengandung serat pangan dan sayuran, camilan ini dapat membantu mempertahankan fungsi saluran pencernaan. Anda tidak perlu ragu mengonsumsinya karena biskuit ini bebas gula dan bebas kolesterol.

Kalori100 kkal
Karbohidrat13 g (serat 2 g, gula 1 g)
Protein1 g
Lemak4,5 g
Kandungan mikronutrienSodium
Ukuran porsi20 g
Kisaran hargaRp40.575

8. Munchy’s Oat Krunch Breakfast Chia Seeds & Milk

Sumber: Munchys.com

Sarapan dengan biji chia yang ampuh turunkan berat badan

Jika Anda melewatkan sarapan dengan niat menjaga berat badan, justru berdampak pada melemasnya tubuh. Sebagai solusinya. sarapanlah dengan makanan sehat dan bergizi tinggi seperti Munchy’s Oat Krunch Breakfast Chia Seeds & Milk.

Biskuit ini terbuat dari biji chia yang banyak manfaatnya, dilengkapi dengan rasa susu yang lembut, dan kaya akan gandum. Mengandung serat dan bebas lemak trans serta tanpa pengawet, menjadikan camilan ini ampuh untuk turunkan berat badan.

Kalori80 kkal
Karbohidrat18 g (serat 2 g, gula 4 g)
Protein2 g
Lemak4,5 g
Kandungan mikronutrienSodium, kalium
Ukuran porsi26 g
Kisaran hargaRp25.000

9. Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies

Bebas gula dengan kalori terkontrol

Bagi penderita diabetes atau memiliki keturunan diabetes, Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies dapat dipilih sebagai makanan ringan. Alasannya, camilan ini bebas gula, namun tetap memiliki rasa manis alami yang berpadu dengan gurihnya Hokkaido Cheese.

Selain itu, Anda pun lebih mudah mengontrol kalori berkat nilai kalori yang tergolong rendah. Dengan demikian, di samping pas dikonsumsi oleh penderita diabetes, Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies juga cocok untuk Anda yang ingin menjaga berat badan.

Kalori100 kkal
Karbohidrat13 g (bebas gula)
Protein1 g
Lemak5 g
Kandungan mikronutrienSodium, kalium
Ukuran porsi20 g
Kisaran hargaRp21.700

10. Ladang Lima Pumpberry

Cookies sehat bebas gluten dengan rasa manis alami

Ladang Lima Pumpberry menggunakan tepung singkong dan biji-bijian super seperti biji rami, biji labu, biji bunga matahari, dan cranberry kering untuk komposisi bahannya.

Cookies ini bisa menjadi alternatif pilihan makanan ringan bagi Anda saat diet karena kaya manfaat, seperti gluten free, tidak mengandung telur, susu, kasein, pengawet, dan memiliki rasa manis alami.

Kalori170 kkal
Karbohidrat17 g (serat 2 g, gula 6 g)
Protein2 g
Lemak10 g
Kandungan mikronutrienSodium
Ukuran porsi30 g
Kisaran hargaRp30.000

Tabel Perbandingan Biskuit untuk Diet

ProdukGood Time Vita Go CoconutRoma Malkist CrackersRoma Biskuit KelapaGery Krekers Beras AsinWRP Cookies ChocolateSlim & Fit Cookies Raisin CinnamonDiasweet Litebite Apple Cookies with Instant OatMunchy’s Oat Krunch Breakfast Chia Seeds & MilkTropicana Slim Hokkaido Cheese CookiesLadang Lima Pumpberry
Kalori120 kkal120 kkal130 kkal39 kkal150 kkal90 kkal100 kkal80 kkal100 kkal170 kkal
Karbohidrat16 g (serat 1 g, gula 6 g)19 g (gula 3 g)19 g (gula 6 g)8,11 g (gula 3 g)18 g (serat 2 g, gula 5 g)15 g (serat 1 g, gula 5 g)13 g (serat 2 g, gula 1 g)18 g (serat 2 g, gula 4 g)13 g (bebas gula)17 g (serat 2 g, gula 6 g)
Protein2 g2 g2 g0,71 g2 g1 g1 g2 g1 g2 g
Lemak6 g4 g5 g0,43 g8 g4 g4,5 g4,5 g5 g10 g
Kandungan mikronutrienSodiumSodiumSodium, kaliumSodium, kaliumTidak disebutkanSodium, kaliumSodiumSodium, kaliumSodium, kaliumSodium
Ukuran porsi24 g27 g27 g10 g30 g22 g20 g26 g20 g30 g
Kisaran hargaRp1.900Rp5.500Rp7.000Rp10.000Rp5.600Rp42.000Rp40.575Rp25.000Rp21.700Rp30.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi produk untuk diet dari PickyBest lainnya!

Saat bosan konsumsi biskuit, Anda bisa menyantap snack yang rendah kalori, misalnya snack bar hingga multigrain yang renyah dan gurih.

Selain snack, tersedia pula minuman untuk diet, dari mulai susu, minuman berprotein, sampai yoghurt. Ingin membeli produk-produk khusus diet tersebut? Temukan di artikel-artikel berikut, ya!

Kesimpulan

Saat menjalani diet, bukan berarti Anda harus menghilangkan karbohidrat dan lemak, melainkan membatasi jumlah yang masuk ke tubuh. Anda juga tetap bisa konsumsi camilan, asalkan mengandung karbohidrat kompleks, protein, rendah lemak, rendah gula, dan porsi yang lebih sedikit.

Dalam memilih biskuit untuk diet, perhatikan juga kandungan mikronutrien dan nilai kalori total. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda memilih biskuit diet yang cocok untuk Anda, sekaligus membuat Anda menjadi lebih sehat. Jadi, manakah biskuit untuk diet yang hendak Anda stok di rumah?

Referensi

Simple Carbohydrates vs. Complex Carbohydrates
https://www.healthline.com/health/food-nutrition/simple-carbohydrates-complex-carbohydrates diakses pada 14 Januari 2021

Manfaat Karbohidrat Kompleks Bagi Kesehatan
https://www.alodokter.com/manfaat-karbohidrat-kompleks-bagi-kesehatan diakses pada 14 Januari 2021

A High-Protein Diet Plan to Lose Weight and Improve Health
https://www.healthline.com/nutrition/high-protein-diet-plan diakses pada 14 Januari 2021

Do Low-Fat Diets Really Work?
https://www.healthline.com/nutrition/do-low-fat-diets-work diakses pada 14 Januari 2021

Fat Grams – How Much Fat Should You Eat Per Day?
https://www.healthline.com/nutrition/how-much-fat-to-eat diakses pada 14 Januari 2021

List of the Best Low-Carb Fruits and Vegetables
https://www.healthline.com/health/food-nutrition/low-carb-fruits-and-vegetables diakses pada 14 Januari 2021

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, Sampai Jenis-Jenisnya
https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/apa-itu-kalori-adalah/ diakses pada 14 Januari 2021

What Is Reverse Dieting?
https://www.healthline.com/nutrition/reverse-dieting diakses pada 14 Januari 2021

Micronutrients: Types, Functions, Benefits and More
https://www.healthline.com/nutrition/micronutrients diakses pada 14 Januari 2021

(Visited 228 times, 3 visits today)