Makanan & Minuman

10 Teh Pelangsing Terbaik, Aman dan Terdaftar di BPOM

Kelebihan berat badan berisiko menyebabkan penyakit serius. Untuk memperoleh berat badan ideal, selain berolahraga, Anda juga dapat mengonsumsi teh pelangsing. Selain rasanya yang enak, teh juga bisa mengurangi lemak pada tubuh.

WRP, Everslim, dan sejumlah merek lain mengeluarkan produk teh pelangsing yang membuat Anda mungkin bingung untuk menentukan pilihan. Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan teh pelangsing beserta panduan memilihnya untuk Anda. Selamat membaca!

Cara Memilih Teh Pelangsing

Setiap teh pelangsing dijual dengan jenis, harga, kemasan, dan bahan yang berbeda. Sebelum Anda membeli teh pelangsing, simak cara pemilihan teh pelangsing berikut ini.

Pilih Berdasarkan Jenisnya

Ada beragam jenis teh pelangsing, seperti teh hijau, teh rooibos, dan teh putih. Oleh karena setiap jenis teh memiliki kegunaan yang berbeda, Anda perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk Penguat Metabolisme, Gunakan Teh Hijau

Teh hijau bisa mengurangi lemak tubuh karena mengandung katekin yang dapat meningkatkan metabolisme. Melansir penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi teh yang mengandung 690 mg katekin selama 12 minggu dapat mengurangi lemak tubuh pemicu obesitas.

Teh hijau cocok diminum saat makan atau sebelum olahraga karena mengandung kafein untuk menambah energi. Contoh yang termasuk teh hijau adalah matcha tea, sencha Fiji tea, Formosa gunpowder tea, jasmine tea, dan oolong tea.

Untuk Menekan Nafsu Makan, Gunakan Teh Rooibos

blank

Mengutip Medical News Today, teh rooibos yang rendah kalori cocok dikonsumsi untuk mencegah kenaikan berat badan. Kandungan aspalathin-nya bisa mengurangi rasa lapar. Karena tidak mengandung kafein, teh ini cocok diminum kapan saja, misalnya saat pagi atau malam hari.

Untuk menurunkan berat badan, Anda juga bisa mencoba teh peppermint. Aroma dari peppermint telah diteliti mampu memicu reaksi kimia pada otak untuk mengurangi rasa lapar. Anda bisa mengonsumsinya pada waktu makan atau setelah makan.

Untuk Memblokir Sel-Sel Lemak, Pilih Teh Putih

blank

Agar lemak terbakar secara optimal, Anda juga bisa mengonsumsi teh putih yang kaya akan katekin. Katekin adalah zat yang bisa meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Terdapat pula polifenol yang bisa mencegah terbentuknya sel lemak.

Jenis teh ini juga diyakini dapat merampingkan tubuh dengan cepat. Selain bisa menyerap lemak, teh ini juga bisa menyerap kolesterol. Tetapi, khasiat dari teh ini belum teruji secara klinis sehingga perlu untuk mencari tahu dahulu efek sampingnya.

Pilih Berdasarkan Bentuknya

Teh pelangsing tersedia dalam beberapa bentuk dan kemasan. Ada yang berbentuk kantong celup, ada pula yang berbentuk bubuk dan dauh teh kering. Anda bisa memilih bentuk dan kemasan teh yang nyaman untuk Anda konsumsi.

Teh Kantong Celup: Lebih Nyaman dan Mudah Digunakan

blank

Teh kantong celup tersedia banyak di pasaran sehingga mudah ditemukan. Selain mudah ditemukan, harganya terbilang cukup murah. Biasanya teh ini tidak digunakan berulang kali, hanya digunakan untuk sekali pakai.

Meski praktis dan murah, aroma dan rasa dari teh celup tidak sedemikian kuat. Selain itu, karena dikemas dengan kertas, beberapa kantong teh terkadang masih mengandung bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan.

Daun Teh Kering: Memberikan Rasa dan Aroma yang Lebih Kuat

blank

Daun teh kering memberi nutrisi dan aroma yang lebih baik daripada teh celup. Berbeda dengan teh celup, teh ini bisa mempertahankan kandungan minyak esensialnya. Saat menyeduhnya, Anda perlu memperhatikan jumlah daun teh yang digunakan, durasi saat menyeduhnya, dan suhu air.

Selain aroma dan rasanya yang jauh lebih baik dibandingkan teh celup, teh jenis ini juga tidak menimbulkan reaksi kimia. Namun, durasi pembuatannya memakan waktu lebih lama dibandingkan teh celup dan harganya sedikit lebih mahal. Untuk membuatnya, Anda juga memerlukan saringan.

Teh Bubuk: Inovasi Baru yang Lebih Instan namun Kurang Sehat

blank

Hanya mencampurnya dengan air saja, Anda sudah bisa membuat teh menggunakan teh bubuk. Teh ini dibuat dari ekstrak daun teh segar yang direduksi menjadi bubuk. Namun, setelah direduksi menjadi bubuk, teh ini akan kehilangan sebagian besar antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa teh bubuk juga mengandung pemanis buatan atau gula dalam jumlah banyak. Ada pula teh bubuk yang mengandung pengawet seperti BHA. Kandungan fluoride-nya yang cukup tinggi bisa menyebabkan nyeri tulang dan sendi serta perubahan warna pada gigi.

Pahami Bahan yang Efektif untuk Melangsingkan Badan

blank

Katekin bisa mempercepat metabolisme sehingga lemak diproses menjadi energi dengan lebih cepat. Oleh karena itu, katekin bisa memperkecil lingkar pinggang sehingga menurunkan risiko penyakit obesitas. Teh yang paling banyak mengandung katekin adalah teh hijau.

Banyak yang berpendapat bahwa teh senna efektif menurunkan berat badan. Namun, belum ada bukti yang mendukung hal ini. Mengonsumsi teh senna dalam jangka panjang beresiko untuk kesehatan, seperti timbulnya ketergantungan dan penyakit usus.

Untuk yang Punya Masalah Kesehatan, Hindari Teh yang Mengandung Bahan Diuretik dan Pencahar

blank

Teh yang memiliki sifat pencahar berbahaya untuk kesehatan. Bahan pencahar bisa menyebabkan kram, mual, diare, sembelit, ketergantungan, melemahnya usus besar, dan penurunan kalium yang berisiko bagi pemilik penyakit jantung.

Selain pencahar, teh yang memiliki sifat diuretik juga perlu Anda hindari. Diuretik dapat mengakibatkan dehidrasi, kram otot, dan diare. Manfaat yang diperoleh dari teh pelangsing umumnya didapat dari khasiat teh itu sendiri, bukan dari pencahar atau diuretik yang ditambahkan.

Penting untuk Memilih Produk yang Teruji Keamanannya, seperti Berlabel Halal dan BPOM

blank

Produk yang aman digunakan biasanya sudah tersertifikasi BPOM. Apabila Anda menerapkan halal lifestyle, penting untuk menggunakan produk yang terdaftar di MUI.

Anda bisa mengecek status BPOM produk pada situs resminya, begitu pun untuk memastikan status halal sebuah produk. Bila produk berasal dari luar negeri, Anda juga bisa mengecek sertifikasi keamanannya dari badan resmi di negara asal.

10 Rekomendasi Teh Pelangsing Terbaik

Setelah membahas bagaimana cara memilih teh pelangsing, kami akan menampilkan pilihan produknya. Berikut kami rangkum sepuluh rekomendasi teh pelangsing terbaik yang dapat Anda pilih.

1. Everslim Premium Herbal Tea

Cocok untuk Anda yang tidak terbiasa meminum teh

Everslim mengeluarkan teh herbal dengan bahan alami berkualitas yang dibuat secara higienis. Teh ini bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, mengeluarkan racun tubuh, mengurangi lemak, dan menurunkan berat badan.

Setiap tea bag-nya dilapisi dengan plastik untuk . Aroma tehnya tidak menyengat dan rasanya tidak pekat, cocok untuk Anda yang kurang suka mengonsumsi teh.

Jenis Teh hijau (campuran)
Bentuk Teh kantong celup
Bahan utama Teh hijau, daun senna, kulit jeruk, kulit manggis, daun jati belanda
Bebas diuretik Tidak disebutkan
Bebas pencahar Tidak
Sertifikasi keamanan Dinkes RI dan halal MUI
Isi 30 kantong per box
Kisaran harga Rp85.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Mustika Ratu Slimming Tea

blank

Sumber: Shopee.co.id

Bantu berat badan turun, segar, dan berimun kuat!

Teh dari Mustika Ratu ini terbuat dari ekstrak daun jati Belanda yang berfungsi untuk mengurangi berat badan. Terdapat pula kandungan teh hijau yang berperan sebagai penyegar badan dan penambah imun tubuh.

Untuk hasil yang maksimal, minumlah 2 – 3 kali sehari setelah makan. Jika berat badan sudah ideal, Anda tetap bisa mengonsumsinya satu kali sehari untuk mempertahankannya. Teh ini bisa dikonsumsi oleh umur 15 tahun ke atas.

Jenis Teh hijau (campuran)
Bentuk Teh kantong celup
Bahan utama Daun teh hijau, daun jati belanda, kayu rapet, buah adas, kunyit
Bebas diuretik Tidak
Bebas pencahar Tidak disebutkan
Sertifikasi keamanan BPOM dan halal MUI, teruji klinis di Institute of Immunology Tokyo MD University Jepang
Isi 15 dan 30 kantong per box
Kisaran harga Rp24.500 – Rp45.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. WRP Diet Green Tea

blank

Sumber: Wrp.co.id

Bebas gula sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan

Kandungan L-Carnitine dan EGCG pada teh ini bisa meningkatkan metabolisme yang mengubah lemak menjadi energi. Tanpa pemanis gula, melainkan pemanis dan perisa alami, teh ini cocok untuk Anda yang sedang mengurangi gula.

Produk ini diklaim tidak menimbulkan efek samping sehingga aman dan nyaman untuk dikonsumsi. Anda bisa mengonsumsi satu saset WRP Diet Green Tea sebelum makan.

Jenis Teh hijau
Bentuk Teh bubuk
Bahan utama EGCG teh hijau, l-carnitine, phaseolus vulgaris extract, dan kromium
Bebas diuretik Iya
Bebas pencahar Iya
Sertifikasi keamanan BPOM dan halal MUI
Isi 10 dan 30 sachet per box
Kisaran harga Rp62.500 – Rp165.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. OSK Japanese Green Tea

Teh yang kaya akan protein dan asam amino

Teh yang terbuat dari bahan-bahan pilihan ini kaya akan protein dan asam amino yang membuat tubuh selalu fit. OSK Japanese Green Tea hadir untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi lemak, dan meningkatkan imun tubuh.

Selain itu, teh ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol yang baik untuk memperlancar peredaran darah. Dengan segudang manfaat tersebut, produk ini cocok untuk Anda yang sangat memperhatikan kesehatan tubuh.

Jenis Teh hijau
Bentuk Teh kantong celup
Bahan utama Daun teh hijau (matcha dan sencha), chlorella
Bebas diuretik Tidak disebutkan
Bebas pencahar Iya
Sertifikasi keamanan BPOM dan halal MUI
Isi 50 kantong per box
Kisaran harga Rp98.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Noera Slimming Tea

blank

Sumber: Shopee.co.id

 

Menyajikan rasa yang enak dan harga yang terjangkau

Produk ini unik karena selain membantu melangsingkan badan, juga bisa melakukan detox dan refresh tubuh. Untuk mencapai hasil yang baik, teh yang tidak menimbulkan ketergantungan ini bisa diminum setiap hari sebelum makan siang dan malam.

Kemasannya praktis karena bagian atasnya bisa ditutup lagi sehingga tidak perlu takut tumpah. Teh ini cocok untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita. Meski demikian, produk ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jenis Teh hijau (campuran)
Bentuk Teh kantong celup
Bahan utama Teh hijau, daun jati belanda, jasmine flower, curcumae rhizoma (kunyit), madu
Bebas diuretik Tidak
Bebas pencahar Tidak
Sertifikasi keamanan Dinkes RI dan halal certified
Isi 10 dan 60 kantong per sachet
Kisaran harga Rp100.000 – Rp175.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. TIENS Jiang Zhi Tea

Selain melangsingkan badan, bisa mengatasi panas dalam

Produk Tiens satu ini tidak sekadar membantu mengurangi berat badan, melainkan juga mengatasi panas dalam dan membersihkan racun dalam tubuh berkat Gymnostemma Pentaplyllum di dalamnya.

Teh ini cukup dikonsumsi dua hingga tiga bungkus dalam sehari. Setelah diseduh dengan air mendidih, minumlah setelah mendiamkannya selama 10 menit. Uniknya, ampas tehnya bisa digunakan sebagai scrub untuk wajah, lho!

Jenis Teh hijau (campuran)
Bentuk Teh kantong celup
Bahan utama Green tea, folium nolumbinis, heba gynostemma pentaphylum, radix polygoni multiflori, semen cassiae
Bebas diuretik Tidak
Bebas pencahar Tidak disebutkan
Sertifikasi keamanan BPOM dan halal MUI
Isi 40 kantong per box
Kisaran harga Rp145.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Herbilogy Slimming Tea

Teh pelangsing tanpa pengawet, perasa, pewarna, dan bahan kimia

Dalam satu tea bag produk ini terdapat bahan-bahan alami untuk mengurangi lemak dan mengendalikan nafsu makan. Diperkaya madu, teh ini juga mampu meningkatkan imun tubuh.

Bebas pengawet, perasa buatan, dan pewarna membuat teh ini aman dikonsumsi. Saat mengonsumsi teh ini, sebaiknya Anda juga mengurangi konsumsi gula, minum air dalam jumlah banyak, dan imbangi dengan rutin berolahraga.

Jenis Teh hijau (campuran)
Bentuk Teh kantong celup
Bahan utama Green tea leaves, garcinia cambogia extract, aloe vera extract, jati belanda extract, honey
Bebas diuretik Tidak
Bebas pencahar Tidak
Sertifikasi keamanan BPOM dan halal MUI
Isi 20 kantong per box
Kisaran harga Rp67.100
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. JACO Daduzi

blank

Sumber: Jaco.co.id

Teh yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas

Teh yang terbuat dari teh hijau berkualitas dan bahan-bahan herbal ini bagus untuk mengurangi lemak dan berat badan serta melancarkan sistem metabolisme. Sama seperti kebanyakan produk teh pelangsing, teh ini tidak disarankan untuk ibu hami, menyusui, dan balita.

Jenis Teh hijau, teh hitam
Bentuk Teh bubuk
Bahan utama Green tea, black tea, ekstrak lidah buaya, ekstrak asam jawa, dan ekstrak asam gelugur
Bebas diuretik Tidak disebutkan
Bebas pencahar Tidak disebutkan
Sertifikasi keamanan BPOM
Isi 60 sachet (isi 2 box, masing-masing 30 sachet)
Kisaran harga Rp498.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Orihiro Night Diet Tea

Bebas kafein sehingga bisa dikonsumsi pengidap insomnia

Orihiro Night Diet Tea bisa membantu Anda memiliki tubuh langsing yang sehat dan bugar. Bila Anda mencari produk bebas kafein, teh pelangsing satu ini termasuk salah satunya.

Selain bermanfaat melangsingkan tubuh, teh ini bermanfaat juga untuk mengatasi insomnia. Daun rooibos yang ada di dalamnya akan memberi relaksasi yang membantu Anda lebih mudah tidur.

Jenis Teh rooibos
Bentuk Teh kantong celup
Bahan utama Rooibos, candle bush, sweet tea, ginger, chamomile, lysine, arginine, ornithine
Bebas diuretik Tidak disebutkan
Bebas pencahar Tidak
Sertifikasi keamanan Tidak disebutkan
Isi 20 kantong per sachet
Kisaran harga Rp152.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Teh Hijau Kepala Djenggot Super 150 gr

blank

Sumber: Gss.co.id

Teh kaya vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan

Produk ini mengandung polifenol yang bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas. Selain itu, teh ini juga bisa melancarkan metabolisme tubuh dan membersihkan tubuh dari racun.

Selain itu, teh ini juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kolesterol dan mencegah kerusakan gigi. Teh ini bebas lemak, kaya akan mineral dan vitamin. Bila Anda mencari teh yang tinggi nutrisi, kenapa tidak coba produk ini?

Jenis Teh hijau
Bentuk Daun teh kering
Bahan utama Daun teh hijau
Bebas diuretik Tidak disebutkan
Bebas pencahar Iya
Sertifikasi keamanan BPOM, HACCP ISO 2001
Isi 150 gr (3 sachet per box)
Kisaran harga Rp60.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Teh Pelangsing

Produk Everslim Premium Herbal Tea Mustika Ratu Slimming Tea WRP Diet Green Tea OSK Japanese Green Tea Noera Slimming Tea TIENS Jiang Zhi Tea Herbilogy Slimming Tea JACO Daduzi Orihiro Night Diet Tea Teh Hijau Kepala Djenggot Super 150 gr
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis Teh hijau (campuran) Teh hijau (campuran) Teh hijau Teh hijau Teh hijau (campuran) Teh hijau (campuran) Teh hijau (campuran) Teh hijau, teh hitam Teh rooibos Teh hijau
Bentuk Teh kantong celup Teh kantong celup Teh bubuk Teh kantong celup Teh kantong celup Teh kantong celup Teh kantong celup Teh bubuk Teh kantong celup Daun teh kering
Bahan utama Teh hijau, daun senna, kulit jeruk, kulit manggis, daun jati belanda Daun teh hijau, daun jati belanda, kayu rapet, buah adas, kunyit EGCG teh hijau, l-carnitine, phaseolus vulgaris extract, dan kromium Daun teh hijau (matcha dan sencha), chlorella Teh hijau, daun jati belanda, jasmine flower, curcumae rhizoma (kunyit),   madu Green tea, folium nolumbinis, heba gynostemma pentaphylum, radix polygoni   multiflori, semen cassiae Green tea leaves, garcinia cambogia extract, aloe vera extract, jati   belanda extract, honey Green tea, black tea, ekstrak lidah buaya, ekstrak asam jawa, dan ekstrak   asam gelugur Rooibos, candle bush, sweet tea, ginger, chamomile, lysine, arginine,   ornithine Daun teh hijau
Bebas diuretik Tidak disebutkan Tidak Iya Tidak disebutkan Tidak Tidak Tidak Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Bebas pencahar Tidak Tidak disebutkan Iya Iya Tidak Tidak disebutkan Tidak Tidak disebutkan Tidak Iya
Sertifikasi keamanan Dinkes RI dan halal MUI BPOM dan halal MUI, teruji klinis di Institute of Immunology Tokyo MD   University Jepang BPOM dan halal MUI BPOM dan halal MUI Dinkes RI dan halal certified BPOM dan halal MUI BPOM dan halal MUI BPOM Tidak disebutkan BPOM, HACCP ISO 2001
Isi 30 kantong per box 15 dan 30 kantong per box 10 dan 30 sachet per box 50 kantong per box 10 dan 60 kantong per sachet 40 kantong per box 20 kantong per box 60 sachet (isi 2 box, masing-masing 30 sachet) 20 kantong per sachet 150 gr (3 sachet per box)
Kisaran harga Rp85.000 Rp24.500 – Rp45.800 Rp62.500 – Rp165.000 Rp98.900 Rp100.000 – Rp175.000 Rp145.000 Rp67.100 Rp498.000 Rp152.000 Rp60.800
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Saat memilih teh pelangsing, Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda pilih tidak memberi efek samping yang berbahaya. Pastikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, pastikan juga kredibilitas suatu produk. Pastikan teh pelangsing yang hendak Anda beli telah terdaftar di BPOM. Kami harap Anda dapat memilih teh pelangsing yang cocok untuk Anda!

Referensi

Slimming Tea: Types of Tea to Help You Lose Weight
https://www.okadoc.com/blog/healthy-lifestyle/slimming-tea-to-help-lose-weight/ diakses pada 21 Oktober 2021

Manfaat Daun Jati Belanda untuk Langsingkan Tubuh? Ini Faktanya
https://www.sehatq.com/artikel/daun-jati-belanda-bisa-langsingkan-tubuh-ingat-alami-belum-tentu-aman diakses pada 21 Oktober 2021

Catechins: The Science Behind Why Tea is Good For You
https://senchateabar.com/blogs/blog/catechins diakses pada 21 Oktober 2021

Is This Herb Worth the Hype? Here’s the (Senna) Tea
https://greatist.com/health/senna-tea diakses pada 21 Oktober 2021

Slimming tea: Does it work and is it bad for you?
https://www.medicalnewstoday.com/articles/319402 diakses pada 21 Oktober 2021

You may also like

Comments are closed.