Written by 01:45 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Snack Rendah Kalori Terbaik untuk Diet

Salah satu tantangan bagi Anda yang diet adalah membatasi konsumsi camilan. Sebenarnya, boleh saja sesekali memakan snack, terlebih snack rendah kalori. Walau berkalori rendah, beberapa snack diet mempunyai pilihan rasa yang enak. Hanya saja, terlalu banyaknya pilihan mungkin membuat Anda bingung memilih.

Jangan khawatir! Pada tulisan ini, kami merangkum sejumlah tips memilih snack rendah kalori dari berbagai merek. WRP, L-Men, Tropicana Slim, dan Soyjoy merupakan sederet brand yang memproduksi snack untuk diet dengan kadar kalori rendah. Mari simak langsung ulasannya!

Cara Memilih Snack Rendah Kalori untuk Diet

Pertama-tama, kami akan membantu Anda memilih snack rendah kalori sesuai selera dan kebutuhan Anda. Berikut sejumlah aspek esensial yang perlu Anda perhatikan saat membeli snack untuk menemani diet Anda. Apa saja, ya?

Periksa Label Kemasan untuk Mengetahui Nilai Nutrisinya

Hal pertama yang penting dilakukan adalah memeriksa nilai nutrisi produk tersebut. Umumnya setiap produk makanan tertera tabel Informasi Nilai Gizi pada bagian belakang kemasan. Memeriksa nilai nutrisi memudahkan Anda mengetahui jumlah kalori serta nutrisi lain yang bisa Anda dapatkan per takaran saji.

Adanya tabel nutrisi turut berguna bagi beberapa orang yang alergi terhadap substansi alergen. Selain mengetahui nilai nutrisi, periksa juga komposisi aditif seperti pengawet dan pemanis buatan di dalamnya. Untuk kebutuhan diet, sebaiknya carilah snack yang jumlah kalorinya tidak lebih dari 150 kkal per sekali makan.

Pilih Kemasan Snack sesuai Kenyamanan Anda Menyantapnya

Perhatikanlah bentuk kemasan snack yang hendak Anda konsumsi. Jika tak ingin tangan kotor terkena bumbu, hindari snack berkemasan polybag yang harus Anda ambil langsung dengan tangan. Sebagai alternatif, anda bisa memilih snack bar yang bisa dinikmati langsung dari bungkusnya.

Untuk snack berukuran sedang hingga besar, sebaiknya pilih snack dalam kemasan pouch. Kemasan ini biasa dilengkapi zip lock yang akan menjaga kualitas rasa saat ada yang tersisa. Bila Anda ingin menyantap snack selama perjalanan, snack dalam kemasan stoples atau tabung merupakan pilihan ideal.

Kenali Karakteristik Tekstur dari Snack Tersebut

Terdapat bermacam tekstur pada makanan ringan. Ada yang renyah, empuk, lembut, keras, hingga kenyal. Anda bisa memilih sesukanya sesuai preferensi pribadi. Bila ingin makan snack di waktu santai, Anda bisa pilih tekstur snack yang tidak terlalu crunchy agar satu kemasan tidak seketika habis.

Selain memerhatikan tekstur snack, pilih juga snack yang mengandung karbohidrat kompleks agar memberikan efek kenyang lebih lama. Biasanya, snack dengan karbohidrat kompleks juga menyimpan serat tinggi yang dibutuhkan oleh para pelaku diet.

Pilih berdasarkan Bahan Dasar Pembuatannya

Snack sehat untuk diet banyak terbuat dari bahan nabati seperti tepung serealia, oat, dan granula. Bahan baku produk menentukan kandungan gizi pada snack yang Anda makan. Selain bahan dasar, snack rendah kalori biasanya diperkaya potongan buah kering, atau diberi taburan sayuran kering, topping cokelat, keju, dan sebagainya.

Selain menentukan nilai gizi, pengaruh bahan baku terhadap tekstur snack menjadi poin yang mesti Anda pertimbangkan. Pastikan bahan yang digunakan aman untuk pencernaan Anda, serta tekstur yang dihasilkan masih bisa Anda toleransi.

Pilih Snack dengan Cita Rasa Favorit Anda

Tak hanya yang sehat dan rendah kalori, cita rasa merupakan faktor lain yang menentukan kecocokan lidah Anda terhadap suatu snack. Jika Anda menyukai cita rasa asin atau pedas, snack berbentuk keripik biasanya menawarkan berbagai rasa untuk kategori tersebut.

Sementara itu, snack berbahan utama oat  cocok untuk Anda yang menyukai rasa manis. Snack ini biasa dilengkapi topping atau isian, seperti buah-buahan kering, selai, dan cream. Anda juga bisa memilih snack berbentuk biskuit bila ingin merasa lebih kenyang. Pilihlah biskuit berserat tinggi seperti biskuit yang terbuat dari gandum utuh.

Perhatikan Sertifikasi beserta Masa Kedaluwarsanya

Sumber: Pom.go.id

Jaminan keamanan makanan dan minuman kemasan yang beredar di Indonesia dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Maka dari itu, ceklah sertifikasi BPOM pada produk snack Anda. Bagi Anda yang beragama Islam, periksa pula label halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Bila menemukan snack beredar yang tidak memiliki izin BPOM, boleh jadi produk tersebut mendapatkan sertifikasi legal dari Perizinan Industri Rumah tangga (P-IRT). Untuk mengecek produk yang telah menganotngi sertifikasi P-IRT, biasanya terdapat nomor registrasi pada salah satu sisi kemasan produk.

Selain sertifikasi izin edar dan keamanan produk, periksa juga tanggal kedaluwarsa snack Anda. Dengan begini, Anda pun bisa meminimalkan risiko kesehatan yang muncul setelah mengonsumsi snack tersebut. Terkait dua poin ini, yakni sertifikasi dan tanggal kedaluwarsa, keduanya bisa Anda temukan di bagian kemasan.

10 Rekomendasi Snack Rendah Kalori Terbaik untuk Diet

Selanjutnya, kami telah menyiapkan list rekomendasi snack rendah kalori terbaik untuk Anda. Jadikanlah referensi untuk memudahkan Anda menemukan camilan diet yang sesuai selera dan budget. Selamat memilih!

1. Fitchips Seaweed

Sumber: Kalcare.com

Snack multigrain kaya serat yang baik untuk pencernaan

Ketika diet, Anda tetap perlu memprioritaskan kesehatan saluran pencernaan. Snack multigrain dari Fitchips ini dapat menjadi opsi tepat. Alasannya, snack ini tinggi serat yang baik untuk membantu melancarkan proses cerna. Multigrain sendiri merupakan jenis camilan bernutrisi yang terbuat dari kombinasi gandum dan biji-bijian.

Snack satu ini memiliki berbagai macam pilihan rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Untuk varian rasa seaweed ini, taburan nori asli di atasnya bercita rasa rumput laut orisinal yang gurih menggoda. Selain rasa seaweed, Fitchips juga mengeluarkan pilihan rasa lain seperti cheese & herbs dan honey BBQ yang patut Anda coba.

Total kalori 231 kkal
Kemasan Bungkus
Tekstur Renyah
Bahan dasar Oat, quinoa, gandum utuh, jagung
Rasa Rumput laut
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Berat bersih 50 g
Kisaran harga Rp12.800

2. WRP Everyday Delichips Salt & Pepper

Sumber: Shopee.co.id

Kenyang lebih lama dengan snack dari umbi-umbian

Umbi-umbian menjadi sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk diet. WRP Delichips terbuat dari komposisi 5 jenis umbi berbeda. Walaupun dapat membuat perut kenyang, snack ini juga digolongkan sebagai snack berkalori rendah.

Di samping memberi asupan karbohidrat bagi tubuh, snack bertekstur renyah ini tinggi serat yang bagus untuk melancarkan BAB. Untuk varian ini, WRP mengombinasikan garam dan lada. Perpaduan gurih asinnya dipastikan bebas dari tambahan MSG. Selain itu, produk ini juga menggunakan garam rendah sodium, lho!

Total kalori 210 kkal
Kemasan Bungkus
Tekstur Renyah
Bahan dasar Campuran umbi (ubi ungu, ubi kuning, singkong, ubi putih, talas),
Rasa Garam dan lada
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Berat bersih 40 g
Kisaran harga Rp10.800

3. Soyjoy Soylution Healthy Package – All Variant

Sumber: Soyjoy.id

Snack bar praktis kaya akan antioksidan isoflavon

Soyjoy dikenal sebagai produsen camilan yang diet-friendly. Snack bar berbahan baku kedelai pilihan ini kaya akan senyawa antioksidan isoflavon yang berkhasiat untuk merawat kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Kedelai merupakan salah satu biji-bijian yang tinggi kandungan isoflavon.

Kadar Glycemic Index (GI) rendah membuat Soyjoy efektif mengontrol keinginan makan. Diperkaya protein, vitamin A, dan magnesium, Anda tetap peroleh nutrisi pelengkap yang baik untuk tubuh. Supaya tidak bosan dan hemat, snack bar ini dijual dalam bentuk paket berisikan semua varian rasa.

Total kalori Chocolate Almond (160 kkal), Banana (140 kkal), Raisin Almond (140 kkal), Strawberry (130 kkal), dan Crispy Vanilla (120 kkal)
Kemasan Bungkus
Tekstur Crunchy
Bahan dasar Kedelai
Rasa Chocolate Almond, Banana, Raisin Almond, Strawberry, dan Crispy Vanilla
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Berat bersih 30 g (satuan)
Kisaran harga Rp138.000 (bonus tumbler)

4. Fitbar Tiramisu Delight (5 Pcs)

Sumber: Kalcare.com

Energy bar bergizi, bebas lemak jenuh, dan 0% kolesterol

Fitbar dikemas dalam bentuk bar yang praktis untuk dikonsumsi. Fitbar tersusun dari kombinasi rice crispy, oat, dan serealia jagung dengan banyak manfaat kesehatan. Selain bernutrisi, snack bar juga nikmat berkat ekstrak tiramisu sebagai cita rasa utamanya.

Dengan persentase 0% kolesterol dan tanpa lemak jenuh, snack ini semakin ideal Anda konsumsi saat diet. Anda bisa menikmati snack diet Fitbar sebagai camilan di sela-sela makan berat. Saat travelling pun, snack ini dapat menjadi pengganjal perut yang menyehatkan!

Total kalori 90 kkal (satuan)
Kemasan Bungkus
Tekstur Crunchy
Bahan dasar Gandum utuh, quinoa, Australian oat
Rasa Tiramisu
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Berat bersih 22 g (satuan)
Kisaran harga Rp21.500

5. Mia Chia Coconut Bites

Camilan sehat dari perpaduan kelapa dan kurma alami

Produk ini dapat menjadi jawaban bagi Anda yang tengah mencari snack 100% bahan alami. Mengutamakan 2 komponen, yaitu kelapa dan kurma, Mia Chia Coconut Bites patut Anda pertimbangkan. Apalagi, absennya pengawet, gula, dan pemanis artifisial menambah nilai lebih snack ini.

Karena bersifat gluten-free dan dairy-free, produk ini baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet. Soal keamanan, BPOM telah menjaminnya, begitu pun perihal kehalalan yang telah diuji oleh LPPOM MUI.

Total kalori 329 kkal
Kemasan Pouch
Tekstur Crunchy
Bahan dasar Kurma, kelapa
Rasa Kombinasi kelapa dan kurma
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Berat bersih 110 g
Kisaran harga Rp45.000

6. Barefood Kona Coconut Chips Original

Sumber: Lemonilo.com

Keripik kelapa yang aman untuk semua usia

Berkat proses pemanggangan, setiap kepingan kelapa dari produk ini lebih terjaga. Bahan utama berupa kelapa yang digunakan menjadikannya dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Selain untuk menunjang diet, daging kelapa juga diketahui bagus untuk pemeliharaan fungsi jantung.

Ibu hamil dan menyusui pun bisa mengonsumsi snack ini berkat komposisi bahan organik tanpa pengawet dan pemanis buatan. Mengandalkan 100% bahan baku nabati, Barefood Kona Coconut Chips Original layak menjadi snack untuk vegetarian yang sedang berdiet!

Total kalori 55 kkal
Kemasan Pouch
Tekstur Renyah
Bahan dasar Kelapa
Rasa Original
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Berat bersih 45 g
Kisaran harga Rp16.200

7. Ladang Lima Healthy Cookies Blackmond

Menaikkan mood dengan cookies cokelat almon yang nikmat

Kue kering satu ini terbuat dari dark chocolate yang dikombinasi dengan kacang almon berkualitas. Dark chocolate diketahui dapat menstimulasi produksi hormon dopamin dan oksitosin yang dikorelasikan dengan kebahagiaan. Sementara kacang almond, bahan ini kaya akan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak.

Selain membawa peran baik untuk mood dan otak, cookies ini juga cocok sebagai snack diet. Alasannya, Ladang Lima Healthy Cookies Blackmond bebas gluten dan rendah kalori. Selain untuk diet, snack biskuit yang crunchy ini juga bisa menjadi camilan alternatif penderita diabetes berkat kandungannya yang rendah gula.

Total kalori 160 kkal (per 30 g/2 cookies)
Kemasan Pouch
Tekstur Crunchy
Bahan dasar Kacang almond, dark chocolate
Rasa Cokelat almond
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Berat bersih 180 g
Kisaran harga Rp25.000

8. L-Men Protein Bar (12 Pcs)

Sumber: L-men.com

Snack tinggi protein untuk menunjang pembentukan otot

Proses penurunan berat badan dan pembentukan otot bisa dilakukan bersamaan. Bagi Anda yang menjalani program tersebut, jadikanlah L-Men Protein Bar sebagai snack penunjang program. Snack yang cukup populer di kalangan olahragawan ini mengandung whey protein yang bagus untuk pembentukan otot.

Selain whey protein, L-Men memastikan produk ini lebih sedikit kandungan lemak per bar-nya. Baik pagi, siang, malam hari, atau sebelum dan sesudah olahraga, protein bar yang juga tinggi asam amino dan serat ini layak konsumsi. Dengan cita rasa cokelat serta dukungan tekstur crunchy-nya, rasakan kenikmatan di setiap gigitan!

Total kalori 110 kkal
Kemasan Bungkus
Tekstur Crunchy
Bahan dasar Beras krispi, cokelat compund batangan, emping jagung, nugget kedelai
Rasa Cokelat
Sertifikasi BPOM
Berat bersih 25 g (satuan)
Kisaran harga Rp59.000

9. Oh Ma Grain! Popped Rice Crackers Garlic

Keripik beras organik rasa garlic yang gurih dan menyehatkan

Jika snack rendah kalori terbuat dari tepung gandum, crackers satu ini cukup berbeda. Kombinasi beras cokelat dan putih organik menghasilkan snack tinggi serat sekaligus rendah lemak. Dibuat dengan proses popping technology tanpa menggoreng atau memanggang menjadikan produk ini bebas minyak.

Disertakannya bumbu perisa alami dari bawang, snack ini cocok untuk Anda yang ingin menyantap camilan gurih. Seluruh kenikmatan yang Oh Ma Grain! Popped Rice Crackers Garlic dipastikan bebas 3P (Pengawet, Perasa, dan Pewarna buatan), gluten, lemak trans, MSG, dan kolesterol!

Total kalori 100 kkal
Kemasan Pouch
Tekstur Renyah
Bahan dasar Beras organik
Rasa Bawang putih
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Berat bersih 25 g
Kisaran harga Rp19.800

10. Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies (5 Sachet)

Cookies sugar-free yang cocok untuk penderita diabetes

Tropicana Slim memadukan rasa manis dan gurih keju Hokkaido pada snack keluarannya ini. Berbentuk cookies tanpa tambahan gula, snack satu ini baik tak hanya menjadi pilihan camilan harian pelaku diet, namun cocok juga untuk penderita diabetes.

Pada satu kotaknya berisikan 5 sachet kue kering yang praktis Anda bawa bepergian. Tidak hanya orang dewasa, usia anak bahkan ibu hamil, menyusui, dan lansia tetap bisa menikmati renyahnya Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies. Tunggu apalagi? Yuk, coba sekarang!

Total kalori 100 kkal
Kemasan Bungkus
Tekstur Renyah
Bahan dasar Biskuit
Rasa Perpaduan manis dan gurih keju
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Berat bersih 20 g (satuan)
Kisaran harga Rp15.800

Lihat juga rekomendasi produk terbaik untuk diet lainnya di sini!

Selain snack rendah kalori, Anda juga bisa menjalani diet dengan tetap meminum susu, yoghurt, dan minuman protein. Seluruh produk ini telah disesuaikan komposisinya agar tidak merusak program diet seseorang.

Anda belum tahu manakah susu, yoghurt, ataupun minuman protein yang recommended untuk diet? Tenang saja, rekomendasi produk-produk tersebut bisa Anda baca pada artikel-artikel berikut. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan!

10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Diet
10 Rekomendasi Susu Rendah Lemak Terbaik
10 Rekomendasi Susu Kedelai Terbaik untuk Diet
10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik untuk Diet
10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Diet

Kesimpulan

Kunci keberhasilan diet adalah memerhatikan asupan kalori yang masuk dan keluar setiap harinya. Dengan tetap memerhatikan dua poin tersebut, Anda pun bisa menjalani diet tanpa harus menghentikan makan camilan. Apalagi, sekarang sudah banyak diproduksi snack rendah kalori yang cocok untuk diet.

Rentang pilihan rasanya pun banyak, dari mulai manis, asin, gurih, sampai orisinal. Jadi, manakah snack diet favorit Anda? Sepuluh snack rendah kalori di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang berdiet. Tetap semangat mengontrol asupan kalori harian guna mencapai keberhasilan program diet, ya!

(Visited 557 times, 4 visits today)