Written by 20:12 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Diet

Protein tidak hanya berguna menunjang pertumbuhan massa otot. Beberapa jenis protein diketahui melalui penelitian mampu mengontrol berat badan. Karena itu, tak heran bila banyak orang mengonsumsi minuman protein untuk membantu menyukseskan program diet. Anda bisa menjadikan minuman protein untuk mendapatkan bentuk tubuh langsing dan proporsional.

Minuman protein cukup mudah ditemukan di pasaran. Namun, saking banyaknya pilihan merek, seperti Evolene, NatLab, dan MyProtein, Anda mungkin sedikit bingung memilihnya. Oleh karena itu, kami tidak sekadar merekomendasikan minuman protein terbaik, tetapi akan dijelaskan pula cara memilih minuman protein yang tepat untuk diet. Yuk, temukan produk yang nikmat Anda konsumsi sebagai teman diet!

Cara Memilih Minuman Protein untuk Diet

Berikut kami ulas poin-poin penting untuk Anda perhatikan ketika hendak membeli minuman protein untuk diet. Selain memperhatikan rasanya, tentu kandungan penting berupa protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya menjadi hal yang juga wajib Anda periksa. Simak selengkapnya di bagian ini!

Prioritaskan Produk yang Menggunakan Soy Protein dan Whey Protein

Protein dibedakan menjadi beberapa macam, seperti whey protein, soy protein, casein protein, egg protein, brown rice protein, pea protein, dan hemp protein. Dari sekian banyak jenis protein, berbagai penelitian menyebutkan adanya korelasi antara penggunaan soy protein dan whey protein dengan pengurangan berat badan melalui penurunan angka lemak.

Soy protein yang tergolong sebagai protein nabati mengandung sembilan macam asam amino untuk memelihara kesehatan tubuh. Kami merekomendasikan Anda pelaku diet vegan, vegetarian, dan orang dengan intoleransi laktosa agar memilih minuman protein dari bahan dasar soy protein. Protein plant-based ini akan sangat membantu Anda menurunkan berat badan karena tubuh mencernanya lebih lama, sehingga membuat perut terasa kenyang setelah mengonsumsinya.

Fungsi serupa ditemukan pada protein jenis whey. Jika selama ini kita lebih mengenal whey protein sebagai nutrisi untuk pembentukan otot, sejumlah penelitian menunjukkan pengaruh whey protein terhadap penurunan berat badan dan pengurangan kadar lemak tubuh. Maka dari itu, meskipun whey protein lebih cepat serap dibandingkan soy protein, Anda yang ingin menurunkan berat badan sekaligus membangun otot dapat memilih minuman protein berjenis whey.

Perhatikan pula Persentase Proteinnya

Bacalah takaran protein per saji dari setiap minuman protein yang hendak Anda pilih. Baik untuk tujuan sekadar menurunkan berat badan atau sekaligus bermaksud membangun massa otot, pastikan kadar protein yang terkandung pada setiap sajiannya cukup tinggi.

Dalam sehari Anda akan minum minuman protein sekitar 1 – 2 kali. Pastikan setiap kali mengonsumsinya, tubuh Anda memperoleh asupan protein cukup agar tubuh merasakan dampaknya secara optimal. Recommended Dietary Allowance (RDA) menyarankan orang yang menjalani diet sehat mendapatkan 0,8 gram asupan protein per 1 kilogram berat badan saat diet.

Lebih mudah bagi Anda mengetahui total protein yang tubuh perlukan dengan mengalikan angka kebutuhan tersebut. Misalnya saat ini berat badan Anda di angka 60 kg, maka  Anda membutuhkan sekitar 48 gram protein per harinya. Rumusan ini lebih ditekankan untuk Anda yang bertujuan melangsingkan tubuh. Sementara bagi Anda yang secara bersamaan ingin meningkatkan massa otot, jagalah asupan protein harian sekitar 1 – 1,6 gram dari berat badan Anda sekarang.

Pilih yang Kandungan Kalori dan Lemaknya Rendah

Defisit kalori merupakan kunci keberhasilan diet. Anda harus memahami hal ini betul-betul. Maka itu, pilihlah minuman protein dengan kalori sesedikit mungkin. Akan tetapi, diet akan lebih optimal jika dibantu dengan olahraga. BIla Anda bermaksud menjalani diet sekaligus olahraga, pilihlah minuman protein dengan nilai kalori cukup tinggi agar tubuh memperoleh pasokan energi cukup yang diperlukan saat olahraga.

Selain mengecek jumlah kalori dari minuman protein, perhatikan juga kadar lemak yang terkandung di dalamnya. Mengacu Dietary Reference Intake (DRI), orang dewasa memerlukan 20% – 35% lemak dari total kalori harian. Ini berarti sekitar 44 – 77 gram lemak apabila tubuh Anda menerima 2.000 kalori dalam satu hari. Bila jumlah kalori harian Anda berbeda, Anda hanya perlu menghitung “total kalori x persentase lemak yang tercatut pada tabel DRI” untuk mengetahui hasilnya.

Kemudian, Anda dianjurkan juga memperoleh lemak dari jenis berbeda-beda, misalnya 15% – 20% untuk lemak tak jenuh tunggal, 5% – 10% untuk lemak tak jenuh ganda, dan kurang dari 10% untuk lemak jenuh. Hal ini penting Anda ketahui mengingat beberapa jenis lemak membawa manfaat kesehatan. Namun demikian, sebisa mungkin Anda hindari lemak trans karena jenis lemak ini akan meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kadar kolesterol HDL.

Pilihlah yang Diperkaya Nutrisi Tambahan

Saat melaksanakan program diet, Anda dituntut untuk memangkas kalori harian sehingga dikhawatirkan terjadi lack of nutrition yang berimbas pada berkurangnya daya tahan tubuh. Untuk mencegah risiko tersebut, kami menyarankan Anda memilih minuman protein dengan kandungan nutrisi lebih lengkap.

Jadi, bukan hanya protein yang perlu Anda perhatikan, namun juga ketersediaan nutrisi lain seperti vitamin, zinc, kalsium, fiber, dan sebagainya penting untuk ada di dalam minuman protein pilihan Anda. Dengan begitu, Anda tetap bisa berdiet secara optimal tanpa mengorbankan tubuh kehilangan nutrisi yang justru membahayakan kesehatan di kemudian hari.

Hal Lain yang Mesti Diperhatikan untuk Keamanan Lebih

Di samping meninjau aspek kandungan nutrisi dari sebuah minuman protein, ada baiknya Anda perhatikan juga perihal keamanan produk. Keamanan yang kami maksudkan di sini cenderung merujuk pada kesesuaiannya dengan pengguna. Sebagai contoh, apabila Anda menjalani pola konsumsi vegetarian atau vegan, tentu Anda lebih cocok dengan 100% plant-based protein, misalnya soy protein, pea protein, dan hemp protein.

Penderita diabetes yang ingin mengonsumsi minuman protein disarankan memilih produk bebas gula serta rendah karbohidrat atau sekitar 5 – 15 gram karbohidrat per sajinya. Pembatasan protein perlu juga diterapkan oleh Anda yang mengidap penyakit ginjal. Orang dengan penyakit ginjal sebaiknya menerima kadar protein range lebih rendah, misalnya 10 – 15 gram per serving.

Gangguan pencernaan atau gastrointestinal bisa saja menimpa orang yang mengalami kondisi intoleransi laktosa atau pasien dengan sindrom iritasi usus. Jika Anda salah satu penderitanya, pastikan agar memilih minuman berprotein tanpa gula laktosa dan pemanis buatan. Sementara bagi Anda yang mempunyai riwayat alergi dengan gluten, Anda dapat memilih minuman protein yang mencantumkan label keterangan gluten-free.

Pilih Minuman Protein dengan Rasa yang Anda Suka

Produk dengan kadar gula rendah memang lebih dianjurkan untuk Anda konsumsi setiap hari. Apalagi bila kandungan lemaknya rendah, maka manfaat yang tubuh rasakan lebih maksimal. Hanya saja, minimnya jumlah gula dan lemak memengaruhi kenikmatan rasa minuman protein. Dampaknya, Anda mungkin kurang teratur meminumnya karena rasanya yang kurang enak.

Untuk mengatasi problem ini, silakan pilih minuman protein dengan rasa kesukaan Anda. Walau tidak begitu manis, Anda tetap mampu mengonsumsinya secara rutin karena rasanya yang cocok di lidah. Selain memperhatikan rasa, sebaiknya periksa juga kemudahan larut bubuk protein agar Anda tidak memakan waktu lama untuk melarutkannya.

10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Diet

Setelah menyimak poin-poin pemilihan minuman protein, ada baiknya Anda melakukan pengukuran kebutuhan kalori harian Anda agar kemudian mengetahui berapa jumlah protein yang sebaiknya Anda penuhi dalam sehari. Dengan begitu, Anda pun lebih mudah menentukan produk.

Tidak perlu mencari sendiri produk mana yang terbukti bagus, berkualitas, dan aman, berikut kami rangkum minuman protein terbaik untuk meningkatkan kans kesuksesan diet Anda. Pilih produk berdasarkan kemudahan larut dan rasa kesukaan  Anda, ya!

1. FITlife Diet Pro

Kejujuran nilai protein tanpa adanya protein spiking

FITlife Diet Pro adalah produk lokal kebanggaan yang dirancang untuk menunjang diet seseorang. Minuman protein golongan meal replacement ini akan memaksimalkan program penurunan berat badan Anda. Tidak aneh melihat harga pasaran produk ini cenderung mahal karena FITlife menjamin produknya bebas dari protein spiking alias penipuan label nutrisi yang membuat konsumen kesulitan menghitung nilai protein asli yang terkandung.

Selain bebas protein spiking, produk ini telah tersertifikasi BPOM dan hasil uji labnya tertera di kemasan. Sebagai produk yang berkembang dari tangan-tangan berpengalaman di fitness industry, FITlife Diet Pro mengadopsi Premium Europian Protein Quality. Bukan hanya mengandung WPI tinggi, melainkan juga kaya akan fiber yang baik untuk pencernaan. Produk ini 100% bebas GMO (genetically modified organism), gluten-free, dan dua pilihan rasanya enak untuk dikonsumsi!

Jenis protein Whey protein isolate
Kadar protein per saji 19 g
Kadar kalori per saji 130 kkal
Kadar lemak per saji 2 g
Nutrisi tambahan Vitamin B6, fiber, BCAAs
Rasa Tiramisu dan Japanese matcha
Berat 1,5 kg
Kisaran harga Rp650.000

2. Evolene Whey Protein

Minuman protein lokal bersertifikasi halal MUI, BPOM, HACCP Certified, dan Good Manufacturing Practice (GMP)

Setali tiga uang dengan produk sebelumnya, Evolene Whey Protein merupakan serbuk tinggi protein keluaran lokal. Produk dengan kadar lemak hanya 1 gram per sajinya ini tidak akan mengganggu diet Anda. Keberadaan protein yang tinggi menjadikan produk Evolene berikut salah satu asupan terbaik untuk Anda yang ingin memperoleh bentuk badan ideal tanpa tumpukan lemak.

Konsumsi rutin Evolene Whey Protein membantu Anda kurangi lemak di tubuh tanpa mengikis otot. Ketersediaan nutrisi pendukung berupa kombinasi vitamin (premix vitamin) memastikan tubuh Anda ternutrisi secara menyeluruh. Bagi para pria yang bermaksud membangun otot bebas lemak sekaligus peroleh berat badan ideal, produk ini sangat layak dijadikan pilihan.

Jenis protein Whey protein concentrate
Kadar protein per saji 25 g
Kadar kalori per saji 125 kkal
Kadar lemak per saji 1 g
Nutrisi tambahan Kalsium, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C
Rasa Cokelat
Berat 1,9 kg
Kisaran harga Rp680.000

3. Scitec Nutrition Soy Pro

Mengantongi 9 jenis asam amino yang baik untuk pemeliharaan massa oto, jaringan tubuh, dan tulang

Jika Anda memiliki alergi terhadap laktosa dari sumber hewani, atau para vegetarian yang membutuhkan protein nabati harian, produk besutan Scitec Nutrition ini perlu dicantumkan ke dalam wishlist. Penggunaan protein kedelai berkonsentrasi tinggi tanpa modifikasi genetik menjadikan produk ini optimal mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan massa otot, serta membantu mengontrol rasa lapar.

Bubuk minuman protein yang ideal dikonsumsi pria dan wanita ini mengandung 9 jenis asam amino yang membuatnya sebagai salah satu minuman protein dengan asam amino terlengkap. Anda bisa mengonsumsi Soy Pro sebagai protein shake untuk diminum pasca olahraga atau digunakan bersama makanan lain untuk meningkatkan kadar proteinnya.

Jenis protein Soy protein
Kadar protein per saji 20 g
Kadar kalori per saji 120 kkal
Kadar lemak per saji 1 g
Nutrisi tambahan BCAAs
Rasa Cokelat dan vanilla
Berat 2 lbs
Kisaran harga Rp395.000

4. BXN 100% Whey Protein Isolate

Diperkaya BCAA untuk meningkatkan anabolik tubuh

Kombinasi enzim amilase, protease, laktase, selulase, dan lipase pada produk ini membantu pemecahan protein selama pencernaan agar digunakan optimal oleh utbuh, dan akhirnya berakhir pada pembentukan otot yang maksimal. Selain fitur DigeZyme® yang dipatenkan tersebut, BXN melengkapi minuman protein ini dengan BCAA untuk menunjang proses anabolik serta mempercepat pemulihan pasca latihan.

Anda yang menjalani diet dengan menerapkan olahraga rutin dapat memilih minuman protein ini sebagai nutrisi penunjang. BXN 100% Whey Protein Isolate aman Anda konsumsi setiap hari untuk jangka panjang oleh siapa pun tak terkecuali pengguna yang sedang diet. Pasalnya, kandungan produk ini terjamin tanpa gula, tanpa karbohidrat, dan tanpa lemak.

Jenis protein Whey protein isolate
Kadar protein per 3 sendok takar 28 g
Kadar kalori per saji 110 kkal
Kadar lemak per saji 0 g
Nutrisi tambahan BCAAs, vitamin C, kalsium
Rasa Pisang, cokelat, dan stroberi
Berat 5 lbs
Kisaran harga Rp700.000

5. NatLab Soy Protein Diet

Terbuat dari biji kedelai asli tanpa rekayasa genetik

Mendapatkan tubuh seksi semakin mudah berkat hadirnya minuman protein NatLab satu ini. Soy protein yang menjadi sumber protein utama pada produk ini diperoleh dari biji kedelai pilihan berkualitas terbaik. Tidak ada rekayasa genetik pada proses pembuatannya, Anda semakin nyaman mengonsumsi minuman protein ini sebelum (pre-workout) dan sesudah (post-workout) olahraga.

Tekstur NatLab Soy Protein Diet yang kental akan membuat perut Anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga rasa lapar pun dapat ditekan. Walau demikian, produk ini tidak akan menyebabkan Anda kehilangan konsentrasi dan daya tahan tubuh. Ada dua sediaan rasa yaitu vanilla dan matcha, Anda tentu tidan bosan ketika harus meminumnya secara rutin.

Jenis protein Soy protein isolate
Kadar protein per saji 70%
Kadar kalori per saji Tidak dicantumkan
Kadar lemak per saji 0 g
Nutrisi tambahan Tidak dicantumkan
Rasa French vanilla dan green tea matcha
Berat 500 g
Kisaran harga Rp90.000

6. Muscle First M1 Gold Pro Isolate

Tanpa kandungan lemak dan berkalori rendah, diet Anda pasti berhasil!

Apakah Anda mencari minuman protein dengan rasa yang lezat dan variatif? Produk berkandungan protein isolate murni besutan Muscle First berikut menyediakan 5 pilihan rasa unik. Selain chocolate soul-nya yang digemari banyak orang, tersedia juga varian rasa honey banana, indian mango, taro velvet, dan guava roscha yang memudahkan Anda gonta-ganti rasa ketika bosan dengan salah satunya.

Selain kaya rasa, Gold Pro Isolate menggunakan pemanis alami dari jagung yang dinilai lebih aman bagi kesehatan. Nilai kalori yang dimiliki tergolong rendah, kemudian produk ini sangat ideal untuk Anda konsumsi sewaktu diet karena tidak mengandung lemak sama sekali.

Jenis protein Whey protein isolate
Kadar protein per saji 27 g
Kadar kalori per saji 110 kkal
Kadar lemak per saji 0 g
Nutrisi tambahan BCAAs
Rasa Honey banana, chocolate soul, guava roscha, indian mango, dan taro velvet
Berat 2 lbs
Kisaran harga Rp380.000

7. Vitayang Hi-Protein

Bisa untuk detoks juga, lho!

Kandungan isolate protein kedelai 82% dan protein kacang polong 7,5% menjadikan produk ini cocok dikonsumsi Anda yang vegetarian. Apabila Anda meminum Vitayang Hi-Protein dengan tujuan menurunkan berat badan, konsumsilah 2 sachet per hari di pagi dan malam hari.

Selain dapat dikonsumsi pelaku diet, produk tinggi komponen nabati ini bisa juga digunakan oleh Anda yang ingin mendetoks tubuh, para manula, olahragawan, dan anak-anak sulit makan. Karena dikemas sachet-an, minuman protein bebas lemak ini memungkinkan Anda bawa ke mana-mana.

Jenis protein Soy protein isolate, whey protien isolate
Kadar protein per saji 8 g
Kadar kalori per saji 35 kkal
Kadar lemak per saji 0 g
Nutrisi tambahan Tidak dicantumkan
Rasa Kedelai
Isi 10 sachet @10 g
Kisaran harga Rp145.000

8. MyProtein Impact Whey Isolate – Unflavoured

Bebas lemak, rendah gula, dan minim karbohidrat. Nyaman untuk diet!

Guna menunjang kebutuhan tubuh yang aktif dipakai berolahraga, MyProtein menghadirkan bubuk protein mudah larut dengan 90% nilai protein murni. Impact Whey Isolate terdiri dari bermacam varian rasa, namun kami menganjurkan Anda yang berdiet untuk memilih varian Unflavoured karena low sugar.

Di samping minim gula, minuman berprotein ini zero fat juga. Dengan begitu, Anda yang peduli kesehatan akan terbantu oleh produk ini. Termasuk pelaku diet yang tidak ingin mengalami penyusutan otot, serta enggan pula menyimpan lemak berlebih di dalam tubuh, produk berkandungan 23 gram protein per serving ini akan menjadi teman setia program latihan dan diet Anda.

Jenis protein Whey protein isolate
Kadar protein per saji 23 g
Kadar kalori per saji 93 kkal
Kadar lemak per saji 0,1 g
Nutrisi tambahan BCAAs
Rasa Unflavoured
Berat 2,5 kg
Kisaran harga Rp1.075.000

9. AST Sport Science VP2 Whey Isolate

Secara bersamaan melakukan pemangkasan lemak dan pertumbuhan otot

Saat lemak di tubuh menumpuk, Anda bukan hanya terganggu oleh penampilan yang kurang menarik, melainkan risiko terjangkit penyakit serius juga semakin tinggi. Untuk membantu pemangkasan lemak tubuh, olahraga rutin dapat Anda jalani. Namun, dampaknya akan lebih optimal apabila Anda barengi dengan rutin meminum VP2 Whey Isolate.

Produk berkandungan protein 24 gram di setiap sajinya ini telah dibuktikan melalui studi mampu memaksimalkan pertumbuhan otot sekaligus mengurangi lemak tubuh. Mekanisme demikian tidak semata akibat jumlah fat yang hanya 0,5 gram, namun kadar protein tinggi dalam produk ini juga akan membakar kalori serta lemak untuk bahan bakar tubuh beraktivitas.

Jenis protein Whey protein isolate
Kadar protein per saji 24 g
Kadar kalori per saji 100 kkal
Kadar lemak per saji < 0,5 g
Nutrisi tambahan Vitamin A, kalsium, vitamin C, zat besi
Rasa Chocolate, vanilla, cookies & cream, dan strawberry & cream
Berat 2,12 lbs
Kisaran harga Rp580.000

10. Garden of Life RAW Organic Fit™ High Protein for Weight Loss

Menggunakan komposisi organik untuk bantu tingkatkan energi, kontrol gula darah, dan pembakaran lemak

Produk bersertifikasi USDA Organic ini tersusun dari bahan-bahan organik yang menjadikannya digemari banyak vegetarian. Selain mengandung protein yang dihasilkan oleh 13 macam sayuran organik, RAW Organic Fit High Protein for Weight Loss diperkaya branched-chain amino acids (BCAAs) yang bermanfaat untuk pemeliharaan jaringan tubuh, tulang, dan massa otot.

Garden of Life merancang minuman protein berikut dengan formula yang dikhususkan untuk menyeimbangkan program diet dan latihan Anda. Produk ini memuaskan rasa lapar sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, kombinasi svetol green coffee bean extract berfungsi membakar lemak alami dan mengontrol gula darah agar tubuh senantiasa sehat. Satu lagi, kandungan ashwagandha organic-nya menjadikan produk ini ampuh mengurangi stres.

Jenis protein Organic protein
Kadar protein per saji 28 g
Kadar kalori per saji 170 kkal
Kadar lemak per saji 3 g
Nutrisi tambahan Vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, kalsium, magnesium
Rasa Chocolate cacao, vanilla, coffee, dan original
Berat 913 g
Kisaran harga Rp895.000

Bagaimana Minuman Protein dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Pada dasarnya diet adalah program dengan rangkaian aktivitas untuk mengontrol berat badan agar ideal. Bagi orang dengan kelebihan berat badan, diet bersama minuman protein akan memberikan dampak lebih maksimal. Namun, mengapa minuman protein memungkinkan hal demikian. Bagaimana mekanismenya? Kami merangkum keterangan Healthline mengenai hal ini.

Pertama dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menjaga kebutuhan protein yang optimal ketika diet akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, di mana ini mengantarkan Anda pada berkurangnya frekuensi makan. Dengan begitu, lose weight bukan sesuatu yang mustahil untuk Anda raih.

Kemudian, dibandingkan karbohidrat dan lemak, asupan protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Melalui sebuah studi ditemukan adanya peningkatan massa otot dan penurunan lebih banyak lemak pada partisipan yang mengombinasikan konsumsi makanan berprotein dan protein shake selama 6 minggu.

Saat melaksanakan diet untuk menurunkan berat badan, Anda cenderung kehilangan lemak dan otot. Maka dari itu, protein menjadi nutrisi bermanfaat untuk Anda agar bisa mempertahankan massa otot sekaligus membakar lemak. Namun dari segala kelebihan yang ditawarkan, perlu diketahui bahwa minuman protein sebenarnya tidak bertindak dengan fungsi utama menurunkan berat badan, melainkan hanya membuat diet lebih mudah dengan membantu pengontrolan rasa lapar.

Lihat juga rekomendasi susu whey protein terbaik di sini!

Protein adalah nutrisi penting untuk membangun dan memelihara jaringan, mempercepat reaksi kimia, dan menjaga keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh. Itulah mengapa para bodybuilder atau orang yang ingin membentuk otot kering memilih whey protein untuk menunjang program bodybuilding-nya.

Apabila Anda bermaksud meningkatkan massa otot pasca diet, utamakan mengonsumsi bubuk whey protein. Pilihannya pun ada banyak, dan mungkin Anda kebingungan memilihnya. Tapi Anda tidak perlu cemas karena kami telah merangkum produk susu whey protein terbaik. Simak artikel selengkapnya di bawah ini!

10 Rekomendasi Susu Whey Protein Terbaik

Kesimpulan

Apakah Anda tertarik dengan salah satu produk rekomendasi kami? Konsumsilah minuman protein secara teratur agar berat badan Anda menurun. Kandungan protein akan membuat tubuh merasa lebih kenyang, terutama untuk jenis soy protein. Meski demikian, minuman protein yang berbahan dasar whey protein tetap direkomendasikan karena teruji efektif membantu pengurangan lemak tubuh.

Anda harus konsisten mengonsumsi minuman protein agar diet Anda menunjukkan hasil maksimal. Agar bisa konsisten, pastikan minuman protein yang Anda pilih menawarkan rasa favorit Anda. Selain itu, menyiapkan budget cukup adalah poin lain yang harus Anda ingat agar tetap mampu membeli minuman protein ketika habis. Mari laksanakan diet sehat bersama minuman protein yang enak!

(Visited 3.117 times, 29 visits today)