Written by 14:31 Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik

Kalau terdapat banyak device yang perlu akses internet di rumah atau tempat bisnis Anda, Anda memerlukan wireless router. Dengan wireless router, semua device tersebut dapat memperoleh koneksi internet. Selain itu, perangkat ini juga mengoptimalkan performa jaringan internet untuk memfasilitasi segala jenis pemakaian.

Ada banyak merek wireless router di pasaran, seperti TP-Link, Tenda, dan Asus. Tetapi, sebelum membeli, kami akan jelaskan dulu cara memilih produk kepada Anda lewat artikel ini. Untuk tambahan referensi, kami juga memiliki sepuluh rekomendasi produk wireless router terbaik versi PickyBest. Baca dengan teliti, ya!

Cara Memilih Wireless Router

Di bagian ini, kami menjelaskan beberapa hal penting yang wajib Anda cari tahu dan pertimbangkan sebelum membeli wireless router. Mulai dari aspek praktis seperti jumlah device yang bakal tersambung, hingga yang berkaitan dengan spesifikasi router itu sendiri, seperti throughtput, protokol, band, wilayah jangkauan, hingga fitur-fitur tambahannya.

Perkirakan Dulu Berapa Banyak Client yang Terhubung

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli wireless router adalah memperkirakan berapa banyak client yang terhubung. Jika Anda menggunakannya di rumah, hitung semua device dari setiap anggota keluarga yang akan menggunakan jaringan internet. Cari tahu pula pemakaiannya untuk apa. Berapa yang sekadar browsing dan streaming? Berapa yang online gaming?

Poin ini berlaku juga untuk Anda yang mau pasang router di tempat usaha. Tentu device yang terhubung akan lebih banyak, jadi Anda perlu mencari router yang lebih sesuai. Semua hal tadi perlu Anda cari tahu agar bisa menentukan router macam apa yang mampu mengakomodasi seluruh pengguna dengan segala keperluannya masing-masing. Alhasil, perencanaan budget pun menjadi lebih tepat sasaran.

Pastikan Throughput-nya Sesuai dengan Kecepatan ISP Anda

Supaya mendapat kecepatan maksimal, throughput router mesti mampu mengakomodasi kecepatan yang disediakan oleh Internet Service Provider (ISP) Anda. Kalau kecepatan ISP Anda 300 Mbps, maka pilih router yang throughtput-nya paling tidak juga 300 Mbps.

Ini yang perlu Anda catat. Jika Anda membeli router yang throughput-nya di atas kecepatan ISP, maka kecepatan yang Anda dapat tetap mengikuti ISP. Namun, tidak sebaliknya. Jika router punya throughput di bawah kecepatan ISP, maka kecepatan internet yang Anda dapat dari pancaran router mengikuti throughput router-nya.

Router dan kecepatan ISP harus sinkron. Kami sarankan untuk pilih router yang throughput-nya lebih tinggi dari kecepatan ISP, sehingga jika Anda meng-upgrade koneksi di kemudian hari, Anda tidak perlu beli router lagi. Tetapi, jangan beli yang terlampau tinggi karena selisih harganya pun akan terlalu jauh.

Sesuaikan Generasi Protokol dengan Kecepatan yang Diinginkan

Setiap router memiliki standar protokol yang menentukan bidang pekerjaan dari perangkatnya. Kebanyakan router nirkabel menggunakan protokol 802.11 yang berarti tugas perangkat tersebut adalah mengimplementasikan Wireless Local Area Network (WLAN) di sebuah area.

Standar 802.11 sendiri memiliki banyak jenis, tetapi yang umum digunakan modern ini adalah 802.11n, 802.11ac, dan yang terbaru 802.11ax. Penamaan tiga jenis protokol ini belakangan disederhanakan dengan menyebutnya berturut-turut sebagai Wi-Fi 4, 5, dan 6.

Perbedaan mendasar pertama dari tiga protokol tersebut adalah kecepatan maksimalnya. 802.11n memiliki kecepatan maksimal hingga 600 Mbps, 802.11ac hingga 3.46 Gbps, dan 802.11ax hingga 14 Gbps. Perbedaan kedua terletak pada frekuensi band operasinya, yakni 2.4 GHz dan 5.0 GHz.

802.11n bisa beroperasi pada kedua frekuensi tersebut, tetapi default-nya ada di 2.4 GHz. Begitu pun dengan 802.11ac, tetapi default-nya di 5.0 GHz. Sedangkan 802.11ax beroperasi dalam kedua frekuensi dengan optimasi terbaru. Terkait band, kami akan bahas lebih lanjut di poin berikutnya, ya.

Kedua perbedaan spesifikasi tadi berpengaruh pada peruntukkan router itu sendiri. Misalnya, untuk online gaming, Anda membutuhkan kecepatan tinggi dan optimasi dari frekuensi 5.0 GHz untuk menghasilkan latensi yang lebih rendah. Hal ini membuat 802.11ac dan 802.11ax jauh lebih unggul.

Tetapi, kalau Anda membutuhkan router yang jangkauan areanya lebih luas dan perlu menembus permukaan keras seperti dinding atau lantai gedung, maka 802.11n bekerja lebih baik. Selain itu, ketiga protokol ini juga memengaruhi harga router itu sendiri, dengan perbedaan selisih harga yang lumayan signifikan. Jadi, pada akhirnya, penentunya terletak pada kebutuhan dan budget Anda.

Mana yang Lebih Cocok: Single, Dual, atau Tri-band?

Band merujuk pada frekuensi yang digunakan oleh wireless router, yakni 2.4 GHz dan 5.0 GHz. Router single-band menggunakan satu jaringan saja, yaitu 2.4 GHz. Frekuensi ini cenderung padat karena juga digunakan oleh perangkat-perangkat nirkabel lain, misalnya mouse bluetooth, ponsel, dan radio. Inilah sebabnya mengapa single-band router punya throughput kecil dan rentan mendapat intervensi dari sinyal lain.

Dual-band router bekerja dalam dalam frekuensi 2.4 GHz dan 5.0 GHz secara simultan. Tidak banyak perangkat nirkabel lain yang beroperasi di frekuensi 5.0 GHz, sehingga intervensi pun minim. Selain itu, masing-masing frekuensi bisa diatur untuk mengerjakan tugas berbeda. Misalnya, frekuensi 5.0 GHz khusus dipakai untuk online gaming dan streaming, sedangkan 2.4 GHz hanya untuk tugas ringan seperti browsing.

Terakhir, tri-band beroperasi dalam tiga frekuensi, yakni satu frekuensi 2.4 GHz, dan dua 5.0 GHz. Seperti dual band, tri-band juga bisa diatur untuk membagi tugas berbeda pada tiap frekuensi, misalnya dengan konfigurasi 2.4 GHz untuk task ringan, 5.0 GHz pertama untuk streaming dan downloading, dan 5.0 GHz kedua untuk online gaming. Alhasil, kecepatan yang didapat masing-masing device jadi lebih seimbang.

Untuk memilih mana yang lebih baik dari tiga band ini, pertimbangkan dulu harganya. Single band tentu yang paling murah, tetapi tidak cocok dipakai Anda yang tinggal di area padat seperti apartemen atau rumah susun karena frekuensi 2.4 GHz-nya. Dual-band punya kecepatan lebih tinggi, range area lebih luas, dan akomodasi device lebih banyak. Tetapi, Anda harus mengeluarkan dana berkali-kali lipat.

Sedangkan, tri-band dengan harganya yang ekstra mahal, bisa jadi pertimbangan jika di rumah Anda terdapat banyak gaming device atau perlu ekstra bandwidth untuk task demanding seperti streaming video 4K. Jadi, lagi-lagi kami sarankan Anda temukan titik tengah yang sesuai antara kemampuan budget dan jenis pemakaian.

Kalau Jangkauan Sinyal Masih Kurang Luas, Tambahkan Range Extender

Jika Anda sudah membeli wireless router tetapi jangkauan sinyalnya kurang, jangan khawatir, Anda tidak perlu beli router lagi, cukup beli saja range extender atau repeater. Perangkat ini bekerja dengan menangkap sinyal dari router dan mengamplifikasinya sehingga total area yang ter-cover lebih luas. Tetapi, kecepatan koneksinya hanya setengah dari kecepatan pancaran yang asli.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa atur penempatan router agar dekat dengan device yang membutuhkan koneksi lebih cepat, misalnya gaming PC dan konsol. Sebelum membeli extender, jangan lupa untuk memeriksa spesifikasi router terlebih dulu agar kompatibel.

Beberapa Fitur Lain yang Juga Patut Dipertimbangkan

Wireless router menawarkan banyak fitur berguna yang membuatnya makin fungsional, misalnya fungsi beamforming yang memungkinkan router untuk mengarahkan pancaran sesuai posisi device di rumah. Lalu fungsi access control untuk mengatur akses pada aplikasi dan situs-situs tertentu.

Ada pula fitur guest network untuk menyekat jaringan yang dipakai oleh tamu yang berkunjung ke rumah agar tidak terhubung dengan jaringan utama. Selain itu, fitur quality of service juga penting untuk memprioritaskan device tertentu agar mendapat bandwidth lebih, dan segudang fitur lainnya yang khas pada setiap produsen.

10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik

Di bagian ini kami punya sepuluh wireless router terbaik yang telah kami kumpulkan dari berbagai macam merek. Siapa tahu, pilihan produk ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang masih bingung dalam memilih wireless router.

1. TP-Link TL-WR840N

Sumber: Tp-link.com

Router murah meriah dengan tiga mode

Router single-band buatan TP-Link ini cukup basic sehingga harganya pun sangat terjangkau. Tapi jangan salah, produk ini sangat fungsional karena selain bisa digunakan sebagai router, Anda juga bisa memakainya sebagai access point dan range extender.

Di samping itu, fitur yang ditawarkan router dua antena ini cukup komprehensif. Terdapat guest network untuk tamu, access control untuk mengatur konsumsi internet buah hati Anda, VPN untuk keamanan tambahan, dan quality of service untuk memberi prioritas pada PC utama di rumah Anda.

Kecepatan maksimal300 Mbps
Protokol802.11n
Jenis band dan frekuensiSingle, 2.4 GHz
Ports1 x 10/100 Mbps LAN Port, 1 x 10/100 Mbps LAN/WAN Port, 1 x micro SIM card slot
FiturGuest network, access control, VPN support, quality of service
Kisaran hargaRp168.000

2. Tenda AC6

Menyebarkan koneksi stabil ke seluruh ruangan rumah

Kalau Anda tinggal di pemukiman padat, maka Anda memerlukan router dual-band seperti Tenda AC6. Kekuatan amplifikasi produk ini diklaim sangat baik, mampu menembus lapisan tembok di rumah Anda untuk memberikan kecepatan yang stabil pada seluruh client di segala sudut.

Jika Anda seorang gamer, kecepatan maksimal router ini yang mencapai 1167 Mbps pun bakal menghasilkan pengalaman gaming minim lag. Selain itu, router produksi Tenda ini juga telah dipersenjatai beamforming sehingga pancaran mengarah langsung pada setiap device di rumah.

Kecepatan maksimal1167 Mbps
Protokol802.11ac
Jenis band dan frekuensiDual, 2.4 dan 5.0 GHz
Ports1 x 10/100 Mbps WAN port, 3 x 10/100 Mbps LAN ports
FiturGuest network, parental control, VPN support, beamforming
Kisaran hargaRp349.000

3. Netgear Orbi RBK50

Sumber: Netgear.com

Memancarkan sinyal hingga 464 meter persegi

Produk yang satu ini agak berbeda karena merupakan bundle mesh Wi-Fi yang terdiri dari router dan satelit. Jika ukuran rumah Anda cukup besar, pengoperasian tiga band dari produk ini mampu mencakup area hingga 464 meter persegi tanpa memerlukan range extender tambahan.

Apabila koneksi internet Anda juga digunakan untuk kepentingan bisnis, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan data dan transaksi. Pasalnya, Orbi RBK50 dilengkapi sistem perlindungan data dan antivirus dari NETGEAR Armor. Selain itu, pengoperasiannya juga lebih praktis karena bisa diintegrasikan dengan Amazon Alexa dan Google Assistant.

Kecepatan maksimal2999 Mbps
Protokol802.11ac
Jenis band dan frekuensiTri-band, 2.4, 5.0, 5.0 GHz
Ports4 x 10/100/1000 Mbps Gigabit Ethernet ports, 1 x WAN, 3 x LAN
FiturGuest network, antivirus, anti-theft, beamforming, parental control
Kisaran hargaRp5.699.000

4. TP-Link TL-MR100

Sumber: Tp-link.com

Bisa tersambung memakai kartu SIM dari semua operator

Untuk Anda yang tidak berlangganan internet, ini adalah router yang didesain khusus buat Anda. Pasalnya, router dari TP-Link ini bisa memakai kartu SIM mikro 4G. Konfigurasinya pun tidak repot, Anda tinggal mencolokkan kartu SIM yang telah aktif ke port dan internet dapat langsung digunakan.

Kemampuan akomodasi router ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Total terhitung hingga 32 device nirkabel dapat terhubung sekaligus. Produk ini sangat cocok menjadi andalan untuk Anda yang punya usaha toko atau kafe kecil!

Kecepatan maksimal300 Mbps
Protokol802.11n
Jenis band dan frekuensiSingle, 2.4 GHz
Ports1 x 10/100 Mbps LAN Port, 1 x 10/100 Mbps LAN/WAN Port, 1 x micro SIM card slot
FiturGuest network, parental control
Kisaran hargaRp799.000

5. Mikrotik hAP ac²

Sumber: Mikrotik.com

Router empat core untuk menunjang jaringan RT/RW-net

Meski ukurannya kecil tanpa antena, Mikrotik hAP ac² menghasilkan performa yang luar biasa. Dibekali dengan empat core, router ini bisa mengakomodasi hingga 20 user aktif bersamaan. Kalau Anda penyedia jaringan RT/RW-net skala kecil di lingkungan tempat tinggal, produk satu ini sangat pantas Anda pertimbangkan.

Sebaliknya, jika Anda ingin menembak jaringan Wi-Fi tetangga—tentunya setelah membuat kesepakatan—, produk ini juga sangat bisa menjadi pilihan. Dari sisi harga, hAP ac² boleh dibilang cukup terjangkau, apalagi mengingat spesifikasinya yang sudah dual band.

Kecepatan maksimal300 Mbps
Protokol802.11ac
Jenis band dan frekuensiDual, 2.4 dan 5.0 GHz
Ports5 x 10/100/1000 Ethernet ports
FiturTidak disebutkan
Kisaran hargaRp1.070.000

6. Xiaomi Mi Router 4C

Sumber: Mi.com

Router di bawah 200 ribu dengan empat antena

Router produksi negeri Tiongkok ini cukup unik karena dilengkapi empat antena. Cukup jarang router dengan antena sebanyak itu yang harganya semiring Mi Router 4C satu ini. Soal performa, Anda tidak bakal kecewa karena kecepatan pancaran tidak turun sama sekali dari aslinya.

Kalau Anda bukan orang yang terlalu tech-savvy, router ini tidak sulit dikonfigurasi karena bisa dilakukan melalui aplikasi khusus yang bisa diunduh di PlayStore. Di situ Anda dapat mengakses berbagai pengaturan, misalnya prioritas device dan pembatasan bandwidth.

Kecepatan maksimal300 Mbps
Protokol802.11n
Jenis band dan frekuensiSingle, 2.4 GHz
Ports2 x 10/100M self-adaptive LAN ports, 1 x 10/100M self-adaptive WAN port
FiturSmart unauthorized access prevention
Kisaran hargaRp169.000

7. Asus RT-AX82U

Sumber: Tokopedia.com

Dilengkapi pencahayaan RGB kesenangan para gamer

Jangan sampai sesi gaming Anda rusak oleh ping tinggi dan lag. Inilah router yang dirancang untuk memecahkan masalah tersebut. RT-AX82U sudah support Wi-Fi 6 sehingga kecepatan maksimalnya benar-benar tinggi, yakni 5400 Mbps. Untuk memastikan sesi gaming Anda berlangsung tanpa gangguan, Asus juga telah membekali produk ini dengan mode Game Seluler.

Dari segi penampilan, perangkat empat antena ini terlihat futuristik dengan nuansa sci-fi yang kental. Identitas Anda sebagai seorang gamer pun kian menguat berkat pencahayaan RGB di bodinya. Jika setup Anda sudah RGB semua, jangan ragu lagi untuk menambahkan router satu ini!

Kecepatan maksimal5400 Mbps
Protokol802.11ax
Jenis band dan frekuensiDual, 2.4 dan 5.0 GHz
Ports1 x RJ45 for 10/100/1000 BaseT for WAN, 4 x RJ45 for 10/100/1000 BaseT for LAN
FiturGuest network, access control, VPN support, quality of service, beamforming, NVIDIA Geforce Now Cloud Gaming Optimization
Kisaran hargaRp4.399.000

8. Tenda AC7

Sumber: Tendacn.com

Mengakomodasi lebih banyak client dengan lima antena

Kalau di rumah Anda memiliki banyak ruangan dan masing-masing ruangan diperlukan akses internet, maka Tenda AC7 bisa menjadi opsi. Dibekali lima antena, router ini diklaim dapat menyebar ke seluruh sudut rumah. Dibekali pula dengan teknologi MU-MIMO yang memungkinkan akomodasi lebih banyak client. Ideal untuk Anda yang punya banyak anggota keluarga.

Tenda AC7 juga menawarkan performa yang baik untuk kebutuhan online gaming. Berkat mikrocip 28nm terbaru, perangkat ini bekerja lebih stabil dan tidak gampang panas. Anda yang sering main gim kompetitif tidak akan kecewa dengan performanya. Selain itu, harganya pun cukup miring, terjangkau untuk pelajar dan mahasiswa.

Kecepatan maksimal1167 Mbps
Protokol802.11ac
Jenis band dan frekuensiDual, 2.4 dan 5.0 GHz
Ports1 x 10/100 Mbps WAN port, 3 x 10/100 Mbps LAN ports
FiturGuest network, parental control, VPN support, quality of service, beamforming
Kisaran hargaRp359.000

9. Xiaomi Mi AloT Router AX3600

Sumber: Mi.com

Mampu mengakomodasi 248 device aktif dalam jaringan Wi-Fi 6

Xiaomi memang paling jago meracik produk berkualitas tanpa membuat harganya mahal. Router ini adalah salah satu pembuktiannya. Meski telah mendukung Wi-Fi 6 dan koneksi 5G, harga dari router ini tidak menyentuh angka dua juta. Performanya jangan Anda tanya, bisa mengakomodasi hingga 248 device aktif dalam waktu yang sama!

Jika Anda memakai jaringan untuk bisnis virtual seperti trading dan sejenisnya, AX3600 akan melindungi data dan transaksi Anda dengan enkripsi WPA3 yang termutakhir. Dengan sekian banyak fitur, konfigurasinya sendiri cukup mudah karena bisa dilakukan nyaris sepenuhnya lewat aplikasi di smartphone Anda.

Kecepatan maksimal2976 Mbps
Protokol802.11ax
Jenis band dan frekuensiDual, 2.4 dan 5.0 GHz
Ports1 x 10/100/1000M self-adaptive WAN port (Auto MDI/MDIX), 3 x 10/100/1000M self-adaptive LAN ports (Auto MDI/MDIX)
FiturGuest network, access control, parental control, beamforming
Kisaran hargaRp1.523.000

10. Asus ROG Rapture GT-AX11000

Sumber: Rog.asus.com

Router pamungkas untuk gamer sejati!

Ini dia produk pamungkas pada daftar rekomendasi kami kali ini. Terlihat dari namanya, router ini termasuk pada brand khusus gaming dari Asus yang bernama Republic of Gamers (ROG). Untuk Anda yang sudah pakai PC ROG, jika dikombinasikan router ini, pengalaman gaming Anda diklaim akan lebih mulus, ping lebih rendah, dan minim lag.

Teknologi yang diimplementasikan dalam router ini demikian dahsyat sehingga memenuhi standar kompetisi e-sport. Tentu saja, karena didesain untuk para gamer, GT-AX11000 sudah pakai pencahayaan RGB yang super keren. Performa dapat, estetika pun dapat. Asal siap merogoh kocek dalam, tidak ada alasan Anda tidak pilih router ini untuk kebutuhan gaming Anda!

Kecepatan maksimal11000 Mbps
Protokol802.11ax
Jenis band dan frekuensiTri-band, 2.4, 5.0, 5.0 GHz
Ports1 x RJ45 for Gigabits BaseT for WAN, 4 x RJ45 for Gigabits BaseT for LAN, 1 x Multi-Gig Ethernet port 2.5G/1G, 1 x USB 3.1 Gen 1
FiturGuest network, access control, parental control, VPN support, beamforming, traffic control, AiProtection, IFTTT, Alexa, penunjang gaming
Kisaran hargaRp8.299.000

Tabel Perbandingan Wireless Router

ProdukTP-Link TL-WR840NTenda AC6Netgear Orbi RBK50TP-Link TL-MR100Mikrotik hAP ac²Xiaomi Mi Router 4CAsus RT-AX82UTenda AC7Xiaomi Mi AloT Router AX3600Asus ROG Rapture GT-AX11000
Kecepatan maksimal300 Mbps1167 Mbps2999 Mbps300 Mbps300 Mbps300 Mbps5400 Mbps1167 Mbps2976 Mbps11000 Mbps
Protokol802.11n802.3ac802.11ac802.11n802.11ac802.11n802.11ax802.11ac802.11ax802.11ax
Jenis band dan frekuensiSingle, 2.4 GHzDual, 2.4 dan 5.0 GHzTri-band, 2.4, 5.0, 5.0 GHzSingle, 2.4 GHzDual, 2.4 dan 5.0 GHzSingle, 2.4 GHzDual, 2.4 dan 5.0 GHzDual, 2.4 dan 5.0 GHzDual, 2.4 dan 5.0 GHzTri-band, 2.4, 5.0, 5.0 GHz
Ports1 x 10/100 Mbps LAN Port,  1 x 10/100 Mbps LAN/WAN Port, 1 x micro SIM card slot1 x 10/100 Mbps WAN port,   3 x 10/100 Mbps LAN ports4 x 10/100/1000 Mbps Gigabit Ethernet ports, 1 x WAN, 3 x LAN1 x 10/100 Mbps LAN Port,   1 x 10/100 Mbps LAN/WAN Port, 1 x micro SIM card slot5 x 10/100/1000 Ethernet ports2 x 10/100M self-adaptive   LAN ports, 1 x 10/100M self-adaptive WAN port1 x RJ45 for 10/100/1000 BaseT for WAN, 4 x RJ45 for 10/100/1000 BaseT for LAN1 x 10/100 Mbps WAN port,   3 x 10/100 Mbps LAN ports1 x 10/100/1000M self-adaptive WAN port   (Auto MDI/MDIX), 3 x 10/100/1000M self-adaptive LAN ports   (Auto MDI/MDIX)1 x RJ45 for Gigabits   BaseT for WAN, 4 x RJ45   for Gigabits BaseT for LAN, 1 x Multi-Gig Ethernet port 2.5G/1G, 1 x USB 3.1 Gen 1
FiturGuest network, access control, VPN support, quality of serviceGuest network, parental control, VPN support, beamformingGuest network, antivirus, anti-theft, beamforming, parental   controlGuest network, parental controlTidak disebutkanSmart unauthorized access preventionGuest network, access control, VPN support, quality of   service, beamforming, NVIDIA Geforce Now Cloud Gaming OptimizationGuest network, parental control, VPN support, quality of   service, beamformingGuest network, access control, parental control, beamformingGuest network, access control, parental control, VPN support, beamforming, traffic   control, AiProtection, IFTTT, Alexa, penunjang gaming
Kisaran hargaRp168.000Rp349.000Rp5.699.000Rp799.000Rp1.070.000Rp169.000Rp4.399.000Rp359.000Rp1.523.000Rp8.299.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Memilih router memang bukan pekerjaan mudah. Tetapi, asal Anda memahami cara memilihnya, yaitu dengan mempertimbangkan banyak client, throughput, generasi protokol, jumlah band, jangkauan, dan implementasi fitur, maka Anda dapat menemukan wireless router yang tepat.

Jika Anda masih pemula, lebih baik pilih router dual-band yang harganya terjangkau. Untuk konfigurasi alat, kalau Anda tidak mengerti, jangan sungkan untuk minta bantuan teknisi dari ISP Anda. Kami harap Anda menemukan wireless router terbaik untuk kebutuhan internet Anda!

Referensi

The Best Wireless Routers for 2020
https://sea.pcmag.com/wireless-networking/5349/the-best-wireless-routers-for-2020/ diakses pada 11 Desember 2020

What Wi-Fi router features to look for
http://www.techadvisory.org/2019/12/what-wi-fi-router-features-to-look-for/ diakses pada 11 Desember 2020

Perbedaan Wifi 802.11 a/b/g/n/ac, Mana yang Tercepat?
https://www.septian.web.id/perbedaan-wifi-802-11-a-b-g-n-ac-mana-yang-tercepat/ diakses pada 11 Desember 2020

Wi-Fi 6: What’s Different, and Why it Matters
https://www.howtogeek.com/368332/wi-fi-6-what%E2%80%99s-different-and-why-it-matters/ diakses pada 11 Desember 2020

Dual-band router vs. single-band router: which one to choose?
https://www.gearbest.com/blog/how-to/dual-band-router-vs-single-band-router-which-one-to-choose-2783/ diakses pada 11 Desember 2020

How to buy a router
https://www.cnet.com/topics/networking/buying-guide/ diakses pada 11 Desember 2020

Functions and Features of Routers for Home Computer Networks
https://www.lifewire.com/functions-and-features-of-routers-3986215 diakses pada 11 Desember 2020

(Visited 59 times, 1 visits today)