Olahraga dan Luar Ruangan

10 Rekomendasi Shuttlecock Badminton Terbaik

Shuttlecock atau kok adalah bola yang digunakan pada permainan badminton atau bulu tangkis. Shuttlecock umumnya terbuat dari bulu bebek atau bulu angsa. Namun, bahan lain seperti nilon juga kerap digunakan untuk membuat shuttlecock, terutama untuk sekadar bermain santai dengan keluarga.

Beberapa contoh merek shuttlecock yang bisa Anda beli adalah Alpha, Pastra, dan Nine Badminton. Agar lebih mudah, PickyBest sudah rangkum sepuluh rekomendasi shuttlecock badminton terbaik untuk Anda. Ikuti pembahasannya, yuk!

  • Seluruh materi pada konten ini dikurasi secara independen oleh PickyBest. Kami mungkin mendapatkan sedikit komisi dari setiap pembelian produk yang terjadi. Namun tenang, tidak ada penambahan biaya apa pun bagi Anda.

Cara Memilih Shuttlecock Badminton

Memilih shuttlecock tidak bisa dianggap sepele karena akan memengaruhi performa Anda dalam bermain badminton. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih shuttlecock badminton terbaik agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak uraiannya, ya!

Pilih Jenis yang Tepat Sesuai Level Permainan

Dalam permainan badminton, dibutuhkan shuttlecock yang tepat sesuai tujuan atau level permainannya–pemula, pemain kasual, atau profesional. Berdasarkan hal tersebut, shuttlecock terdiri dari 3 jenis, yakni sintetis, bulu, dan hybrid.

Sintetis: Murah dan Awet, Cocok untuk Pemula dan Pemain Kasual

Shuttlecock sintetis terbuat dari bahan buatan. Bagian dasar shuttlecock biasanya terbuat dari gabus yang dilapisi kulit luar yang tipis, sedangkan bagian bawah atau roknya terbuat dari bahan plastik atau nilon. Bahan rok dari shuttlecock akan memengaruhi kecepatannya.

Biasanya, shuttlecock sintetis memiliki berat bervariasi, tergantung bahan pembuatannya. Soal kecepatan, shuttlecock sintetis terbang lebih lambat daripada shuttlecock bulu. Kelebihannya, shuttlecock sintetis dibanderol dengan harga murah dengan ketahanan yang sangat lama serta penyimpanan yang mudah.

Shuttlecock badminton terbaik jenis sintetis sering digunakan untuk pemain badminton pemula yang baru belajar atau sekadar permainan rekreasi.

Bulu: Untuk Pemain yang Lebih Serius

Jenis shuttlecock kedua adalah shuttlecock bulu yang terbuat dari bulu bebek atau angsa. Shuttlecock bulu terdiri dari 16 bulu yang seluruhnya berasal dari sayap kiri atau kanan, bukan campuran. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gerakan terbang yang konsisten.

Karena terbuat dari bulu asli, shuttlecock jenis bulu ini dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Namun, produk ini mudah rusak, terutama bila pondasi teknik bermain penggunanya masih sering keliru serta menyimpannya dengan cara yang salah.

Shuttlecock badminton terbaik dari jenis bulu biasanya digunakan oleh pemain badminton tingkat menengah hingga profesional. Pengguna lainnya adalah pemain yang lebih serius.

Pemain yang lebih serius ini artinya pemain amatir yang bukan seorang atlet atau punya keinginan menjadi atlet, tetapi ingin mengejar realisme bermain badminton, seperti menggunakan raket dan shuttlecock yang sesuai standar turnamen (tournament approved), tergabung dengan klub atau komunitas khusus, dan bermain di lapangan indoor khusus.

Hybrid: Titik Imbang Antara Plastik dan Bulu

Merupakan shuttlecock yang dibuat dari bahan kombinasi plastik dan bulu, shuttlecock hybrid terbuat dari bulu bebek atau angsa untuk bagian bulu ujungnya, sedangkan rangkanya terbuat dari sintetis.

Dibandingkan dengan shuttlecock bulu, harga shuttlecock hybrid lebih murah dan daya tahannya pun lebih lama. Namun, kontrol dan jalur penerbangannya lebih rendah daripada shuttlecock bulu.

Seiring dengan perkembangan baru, saat ini mungkin shuttlecock badminton terbaik berjenis hybrid masih sulit ditemukan di pasaran.

Sesuaikan Kecepatannya dengan Tempat Bermain

Hal yang paling penting dalam memilih shuttlecock adalah kecepatan yang harus sesuai dengan lapangan tempat bermain. Kecepatan ini ditentukan oleh berat shuttlecock dengan satuan grain (1 grain sama dengan 0,0647 gram).

Penggunaan shuttlecock dengan berat tertentu tergantung pada kondisi lingkungan, seperti suhu, ketinggian, dan kelembapan. Misalnya, di dataran tinggi yang bersuhu dingin, gerak shuttlecock mungkin akan menjadi lebih cepat, sehingga shuttlecock yang dibutuhkan adalah shuttlecock yang ringan dan lambat.

Sebaliknya, di dataran rendah yang bersuhu hangat, cocok menggunakan shuttlecock yang berat dan cepat karena shuttlecock cenderung bergerak lebih lambat.

Shuttlecock badminton terbaik memiliki kategori kecepatan standar yang berkisar antara 75-79 grain. Semakin besar angka grain, shuttlecock semakin berat dan kecepatannya semakin tinggi.

Agar lebih jelas, simak tabel di bawah ini.

Sementara itu, Yonex memiliki sistem sendiri untuk mengkategorikan kecepatan shuttlecock. Bila secara standar tingkat kecepatan shuttlecock dinyatakan dengan angka 75 – 79, Yonex memiliki tingkat kecepatan shuttlecock yang dinyatakan dengan angka 1 – 5.

Di Indonesia, rata-rata daerah berada di pegunungan atau pesisir pantai dengan suhu 24 – 30°C. Maka di Indonesia direkomendasikan menggunakan shuttlecock berukuran 76 – 77, atau 2 – 3 untuk shuttlecock Yonex.

Untuk Permainan Resmi, Pilih yang Sudah BWF Approved

Bila Anda seorang atlet atau pemain badminton profesional yang kerap bertanding di turnamen badminton resmi, penting bagi Anda untuk menggunakan shuttlecock yang telah disetujui oleh BWF (Badminton World Federation). Sebab, persetujuan dari BWF merupakan indikasi paling jelas terhadap kualitas sebuah shuttlecock.

 

10 Rekomendasi Shuttlecock Badminton Terbaik

Ada banyak merek shuttlecock badminton terbaik yang dapat Anda beli. Berikut kami rekomendasikan pilihan shuttlecock yang ideal untuk kompetisi resmi ataupun sekadar bermain santai dengan teman dan keluarga.

List rekomendasi berikut diperbarui pada 27 April 2024.

1. Nitro Gold 3 in 1 Shuttlecock

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Sudah memenuhi BWF standard dengan ketahanan mencapai 3 set per shuttlecock

Nitro memproduksi dua series shuttlecock, yaitu Gold dan Silver series. Di antara keduanya, kami menyarankan Anda untuk memilih Nitro Gold karena sudah memenuhi BWF standard. Dengan demikian, setiap shuttlecock akan lebih tahan lama dan nyaman digunakan bermain. Bahkan, per satu shuttlecock bisa bertahan hingga 3 set, lho.

2. Alpha Eco 3 in 1 Shuttlecock

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Tidak perlu ganti shuttlecock sering-sering berkat durabilitasnya yang tinggi

Shuttlecock dari Alpha ini memadukan desain, durabilitas, dan kualitas. Kombinasi natural feather, modified nylon pada batang, dan cork-nya menjadikan setiap shuttlecock sanggup bertahan hingga 2 set. Dengan begitu, Anda bisa bergonta-ganti gaya bermain tanpa takut shuttlecock cepat rusak dan harus ganti baru.

3. Lucan 3 in 1 Shuttlecock

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Leluasa dalam menentukan gaya bermain berkat tiga pilihan speed-nya

Bola lambat, cepat, atau campuran, mana gaya permainan yang Anda sukai? Dengan shuttlecock keluaran Lucan, Anda bisa mengadopsi semua permainan tersebut. Pasalnya, produk ini menawarkan 3 varian speed, yakni 75, 76, dan 77 yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya bermain.

4. Gadjah Mada International Shuttlecock

Gadjah Mada International Shuttlecock

Berkecepatan 78 yang cocok dipakai di lapangan indoor ataupun outdoor

Walau harganya cukup tinggi, shuttlecock Gadjah Mada selalu laris di pasaran. Pasalnya, bulu lancip yang kukuh menjadi syarat utama sebelum proses produksi. Lebar daun bulu yang simetris pada sisi kanan dan kiri juga membuat shuttlecock ini menjaga airflow agar tetap stabil saat melintas di udara.

Gabus bawah dari shuttlecock badminton terbaik ini diambil dari mata bola import dengan standar tertinggi sehingga menghasilkan penetrasi yang sangat baik. Mengingat kualitas yang sedemikian baiknya, shuttlecock ini sering dipilih untuk pertandingan resmi.

5. JP Gold Shuttlecock

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Terbuat dari bulu angsa yang tebal

Jika Anda mencari shuttlecock badminton terbaik, JP Gold Shuttlecock patut dipertimbangkan. Sebab, shuttlecock ini dilengkapi dengan ketahanan dan control yang baik. Shuttlecock ini tidak gampang rusak dan awet karena terbuat dari bulu angsa yang tebal.

Di dalam satu slopnya terdapat 12 pcs shuttlecock dengan berat 4,9 gram per pcs. Menariknya, shuttlecock ini tak hanya cocok untuk dipakai saat permainan indoor, namun bisa juga untuk outdoor.

6. Pastra Silver Shuttlecock

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Harganya terjangkau, mudah ditemukan di berbagai GOR badminton

Pastra adalah salah satu merek shuttlecock yang mudah Anda temukan di GOR badminton. Selan harganya yang terjangkau, kualitasnya pun sudah diakui banyak orang. Anda bisa mengandalkan kok ini untuk berbagai model bermain, dari mulai rally maupun dengan tingkat intensitas rapat.

7. Rekket DuraFly Blue

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Pilihan affordable untuk Anda yang biasa bermain santai hingga semi-agresif

Meskipun tergolong baru, Rekket tidak ingin kalah saing dengan merek lain. Hal ini dibuktikan dengan teknologi 3 in 1 yang sudah diterapkan dalam proses pembuatannya. Kok ini juga memenuhi standar kualitas yang sangat ketat saat produksi. Anda bisa menggunakan Rekket DuraFly Blue untuk bermain santai dan semi-agresif.

Terbuat dari bulu angsa, shuttlecock ini diklaim memiliki ketahanan ekstra. Baik level beginner hingga intermediate bisa patut merasakan sensasi bermain dengan shuttlecock ini. Hanya saja, Rekket DuraFly Blue tidak menawarkan variasi speed, melainkan hanya satu seri dengan kisaran speed 77.

8. Deli Agnite Shuttlecock F2202S

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Bisa digunakan untuk jangka panjang

Deli Agnite Shuttlecock F2202S terbuat dari bulu angsa dan bebek yang tebal dan tahan lama. Untuk menjaga kualitasnya, pemilahan bulunya dilakukan dengan ketat. Bagian batang kepalanya terbuat dari serat. Bagian kepala maupun tangkainya tidak gampang berubah bentuk.

Pembuatannya juga menggunakan lem khusus sehingga tidak gampang lepas dan patah meskipun dipukul dengan keras. Kinerjanya juga stabil dan cocok digunakan oleh pemain badminton yang pemula. Gunakan shuttlecock ini untuk membuat permainan badminton Anda menjadi lebih seru.

9. Hi-Qua Super Shuttlecock Gold

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Cocok digunakan oleh pemain badminton profesional

Hi-Qua merupakan merek shuttlecock yang telah teruji baik dan berkualitas. Shuttlecock dari Hi-Qua ini bisa telah memenuhi standar BWF dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

Setiap tabungnya berisi 12 pcs shuttlecock. Salah satu keunggulan dari shuttlecock ini adalah materialnya terbuat dari bulu angsa yang awet sehingga cocok untuk dipakai oleh seorang pemain badminton profesional.

10. Nine Super Silver

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Unggul dari segi ketahanan dan kestabilan

Salah satu klub badminton kenamaan, yaitu PB Jaya Raya sering menggunakan shuttlecock ini. Selain terjangkau, kualitasnya pun sudah terbukti. Untuk permainan rally, Nine Super Silver menawarkan level ketahanan yang sangat baik. Bulu-bulunya tidak mudah patah, sehingga Anda bisa menghemat penggunaan.

Tak hanya awet, shuttlecock berbahan bulu angsa putih pilihan dari Nine ini juga stabil dari sisi berat dan kecepatan. Anda pun bebas melepaskan pukulan jauh tanpa khawatir bola sering keluar garis. Untuk speed-nya sendiri, shuttlecock dengan material gabus berupa spons import ini adalah 77 grains, mengikuti standar Yonex.

Yuk, cek rekomendasi perlengkapan badminton dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Di Indonesia, disarankan memakai shuttlecock dengan kecepatan 76 – 77 atau 2 – 3 untuk Yonex dan beberapa merek lainnya. Berat shuttlecock sendiri biasanya berkisar antara 4,75 – 5,5 gram. Jadi, informasi bobot dan kecepatan shuttlecock yang tercantum pada slop kemasan akan menjadi panduan Anda dalam memilih produk yang tepat.

Apabila Anda ingin bermain di lokasi yang bersuhu 27 – 33o C, gunakanlah shuttlecock dengan kecepatan 2 atau 76 agar pukulan terasa lebih ringan dan lajunya pun tidak begitu lambat. Sementara di daerah pesisir, sebaiknya gunakan shuttlecock badminton terbaik dengan speed number 77 yang tergolong sedang kecepatannya. Selamat main!

You may also like

Comments are closed.