Written by 17:43 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik

Saat tidak ada waktu mendatangi coffee shop, Anda tetap dapat menikmati kopi dengan menyeduh kopi instan. Ada sediaan kopi instan kemasan sachet dan jar yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Bila ingin lebih ekonomis, Anda dianjurkan memilih kopi kemasan jar, kaleng, atau pouch. Namun, kopi instan sachet-an dapat langsung diseduh tanpa harus menakarnya.

Selain memerhatikan jenis kemasan, Anda perlu memeriksa aspek lain yang lebih jauh akan kami bahas pada artikel ini. Tidak lupa, sepuluh kopi instan terbaik produksi Nescafe, King Coffee, Excelso, Kapal Api, dan lainnya tersedia sebagai referensi Anda. Namun, tahukah Anda apa itu kopi instan? Baca dulu penjelasannya pada section berikut ini!

Apa itu Kopi Instan?

Kopi instan merupakan kopi yang dikemas dalam plastik sachet atau jar, kaleng, dan pouch. Kopi instan berbentuk bubuk yang dapat segera Anda nikmati dengan menyeduhnya bersama air panas. Terdapat beberapa jenis kopi instan, di antaranya kopi bubuk murni dan kopi yang diberikan tambahan perasa seperti susu, creamer, dan gula.

Namun, kehadiran kopi instan justru menuai pro dan kontra. Bagi penggemar fanatik kopi original, kopi instan sama halnya air berperisa kopi yang kandungannya sudah ‘tercemar’ komposisi tambahan, sehingga menghilangkan rasa dan aroma autentik kopi. Meski begitu, kopi instan secara umum berkadar kafein dua kali lebih sedikit dibandingkan kopi orisinal.

Berkat kadar kafein dua kali lebih rendah, kopi instan relatif lebih aman dikonsumsi mereka yang intoleran terhadap kadar kafein tinggi. Anda dapat meminimalisir risiko ketidaknyamanan seperti perut begah dan jantung berdebar dengan kopi instan, khususnya kopi instan decaf.

Selain itu, bila dikonsumsi secara tepat, kopi instan dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko kolesterol dan diabetes tipe 2. Untuk tujuan kesehatan, Anda lebih disarankan meminum kopi instan murni tanpa kandungan perisa seperti creamer, gula, dan sejenisnya.

Cara Memilih Kopi Instan

Pada bagian ini, kami akan memberikan beberapa tips sebagai panduan Anda agar bisa lebih mudah menemukan kopi instan sesuai selera. Anda bisa memerhatikan hal-hal seperti metode produksi, jenis biji kopi yang digunakan, dan frekuensi Anda meminum kopi.

Bila Memungkinkan, Ketahui Metode Produksi yang Diterapkan

Mengetahui metode produksi dapat memudahkan Anda menentukan budget untuk membeli kopi. Namun, tidak semua produsen kopi mencantumkan informasi terkait metode produksi pada kemasan produk. Secara umum, proses produksi kopi dibedakan menjadi freeze dried dan spray dried.

Freeze Dried: Cenderung Mempertahankan Aroma Kopi yang Lebih Utuh

Metode ini sering digunakan untuk memproduksi kopi dengan harga relatif lebih tinggi. Terang saja, metode freeze dried memanfaatkan temperatur sangat rendah untuk membentuk bubuk kopi yang mampu mempertahankan aroma dan rasa kopi autentik. Produk kopi hasil freeze dried akan cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan cita rasa kopi asli dengan cara penyajian yang praktis.

Hal lain yang membuat kopi freeze dried lebih mahal adalah proses produksi yang tidak singkat serta melibatkan banyak tenaga. Proses pembuatannya diawali dengan mengekstrak biji kopi hingga menjadi slushie, kemudian didinginkan pada suhu tak kurang dari 40° di bawah titik beku. Lembaran kopi beku yang terbentuk lalu dilebur dan dikeringkan untuk mendapatkan butiran-butiran kopi siap seduh.

Spray Dried: Menghasilkan Bubuk Kopi yang Halus tanpa Mengurangi Rasa

Metode spray dried menghasilkan serbuk kopi lebih halus yang membuat butirannya lebih mudah larut ketika diseduh. Tak seperti freeze dried, proses pembuatan kopi dengan spray dried relatif lebih singkat dan tidak memakan banyak waktu. Konsentrat kopi cair disemprotkan ke udara kering bersuhu sangat tinggi (>250 °C) untuk menghasilkan kristal-kristal bubuk kopi.

Metode produksi spray dried menghasilkan kopi instan dengan harga ekonomis karena biaya produksi yang lebih sedikit. Akan tetapi, proses penguapan yang terjadi acap kali membuat aroma pekat biji kopi menurun. Soal rasa, Anda tak perlu khawatir karena metode spray dried cukup stabil dalam menjaga rasa alami kopi.

Pertimbangkan Jenis Biji Kopi yang Digunakan

Hal paling menentukan cita rasa pada secangkir adalah jenis biji kopi yang digunakan. Secara umum, terdapat dua macam jenis biji kopi, yaitu kopi Arabika dan kopi Robusta. Apa saja perbedaan karakteristiknya?

Kopi Arabika: Jenis Paling Populer dengan Kadar Kafein Lebih Rendah

Biji kopi Arabika merupakan jenis kopi yang paling populer di kalangan penikmat kopi. Karena menghasilkan cita rasa ringan dan manis, kopi ini lebih ramah dengan lidah kebanyakan orang. Kandungan kafein di dalamnya dua kali lebih rendah daripada kopi Robusta, tetapi memiliki kadar gula dua kali lebih tinggi.

Bagi Anda yang memiliki riwayat gangguan lambung, disarankan untuk memerhatikan takaran sebelum mengonsumsi kopi Arabika karena kadar keasamannya lebih tinggi. Selain itu, tanaman kopi Arabika yang sulit dirawat membuat nilai jualnya lebih mahal. Dari segi visual, biji kopi Arabika memiliki bentuk melonjong serta lebih besar daripada biji kopi Robusta.

Kopi Robusta: Bercita Rasa Pahit dengan Nilai Kafein Lebih Tinggi

Jika kandungan kafein pada kopi Arabika dirasa kurang kuat, Anda bisa memilih jenis kopi dari biji kopi Robusta. Kadar kafein yang tinggi ini memberikan cita rasa kopi lebih pekat alias pahit dengan aroma yang khas. Umumnya, kopi Robusta memiliki kandungan gula dan acidity lebih rendah dibandingkan kopi Arabika.

Karena harganya lebih murah, kopi Robusta sering digunakan sebagai bahan baku produk kopi bubuk instan dengan harga terjangkau. Meski begitu, kopi Robusta kualitas grade A memiliki banderol harga tinggi karena mampu memberikan sensasi rasa yang lebih deep dan cocok untuk bahan pembuatan espresso.

Pilih Jenis Kemasan sesuai Frekuensi Anda Meminum Kopi

Memilih jenis kemasan yang sesuai akan menambah kenyamanan Anda saat mengonsumsi kopi instan. Kopi berbentuk sachet/pouch lebih praktis untuk segala kondisi, sedangkan kopi instan dalam jar/kaleng bernilai ekonomis bila Anda sering minum kopi di rumah.

Sachet/Pouch: Ideal untuk Ngopi di Rumah, Kantor, dan ketika Travelling

Kopi instan sachet memberikan kenyamanan bagi Anda yang ingin meminum kopi di manapun, entahkah di rumah, kantor, ataupun saat travelling. Kemasan plastik yang mini dan ringan membuat cara penyajiannya sangat mudah karena Anda hanya perlu menyobek plastiknya dan menuangkan bubuk kopi tanpa mengatur takaran. Tak hanya itu saja, kualitas bubuk kopi bisa tetap terjaga karena tidak terpapar udara atau sinar matahari langsung.

Namun, kopi instan berkemasan sachet lebih cocok untuk Anda yang hanya sesekali minum kopi. Hal ini juga menjadikannya kurang cocok untuk penghematan karena sifatnya yang sekali seduh langsung habis per sachet. Di samping itu, Anda juga perlu memikirkan perihal sampah plastik yang dihasilkan. Sebaiknya kumpulkan sampah plastik kopi agar bisa didaur ulang.

Jar/Kaleng: Membantu Penghematan Budget untuk Jatah Minum Kopi

Untuk stok di rumah, kopi berjenis kemasan jar atau kaleng adalah pilihan ideal. Kemasan ini mendukung penghematan budget karena Anda bisa menakar sendiri kadar kepekatan kopi sesuai selera. Kini, banyak tersedia kopi kemasan refill sehingga Anda bisa dengan mudah mengisi ulang jar kopi ketika sudah habis.

Pastikan Anda selalu menutup jar rapat-rapat setelah menyeduh kopi agar cita rasa dan aroma bubuk kopi dapat bertahan lebih lama. Meski begitu, rasa dan aroma kopi tetap akan berkurang akibat paparan udara yang selalu mengenai bubuk kopi setiap kali Anad membuka tutup jar.

Sedang Membatasi Kafein? Cobalah Mengonsumsi Kopi Decaf

Konsumsi kafein terlalu banyak dapat mendatangkan gangguan kesehatan seperti insomnia dan jantung berdebar. Jika Anda penggemar kopi tetapi sedang ingin mengurangi asupan kafein, kopi decaf dapat menjadi alternatif. Kopi decaf alias decaffeinated coffee adalah sebutan lain untuk kopi yang lebih dari 95% kadar kafeinnya sudah dihilangkan.

Oleh karena kadar kafeinnya ditekan sebanyak mungkin, kopi decaf umumnya mempunyai cita rasa yang tidak terlalu pekat ataupun pahit. Selain itu, kandungan antioksidannya juga sedikit berkurang, namun hal tersebut dikompensasi oleh kandungan nutrisi lain yang umumnya diikutsertakan, seperti vitamin B3, kalium, dan magnesium.

10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik

Pada section ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik yang bisa Anda pilih sesuai selera. Pastikan untuk mempertimbangkan beberapa poin di atas agar Anda tidak salah pilih, ya!

1. Illy Ground Espresso Classico Decaffeinated Coffee

Cita rasa khas kopi Italia dengan kandungan kafein rendah

Illy merupakan merek kopi yang terkenal dengan cita rasa khas kopi Italia. Pada varian satu ini, Illy menghadirkan espresso rendah kafein untuk melengkapi jajaran produk ground coffee-nya. Kopi ini cocok untuk Anda yang sedang mengurangi konsumsi kafein karena kadar kafein di dalamnya sudah ditekan hingga tersisa 0,1% saja.

Kadar kafein yang dikurangi tidak membuatnya kehilangan karakteristik rasa yang smooth dan tidak pahit. Dalam sekali sesap, Anda akan merasakan perpaduan ringan karamel, bunga melati, dan orange blossom. Kopi ini dikemas menggunakan kaleng kedap udara untuk memastikan stabilitas aroma dan rasanya tetap terjaga.

Metode produksi Freeze dried
Jenis biji kopi Arabika
Bentuk kemasan Kaleng
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 125 g
Kisaran harga Rp88.000

2. Excelso Robusta Gold

Pilihan kopi Robusta dengan kadar acidity lebih rendah

Excelso Robusta Gold merupakan opsi kopi instan dengan kadar acidity lebih rendah dari varian kopi arabika keluarannya. Bagi Anda yang lebih menyukai cita rasa kopi Robusta namun khawatir dengan kadar keasaman tinggi, kopi ini patut dipertimbangkan.

Di samping mempunya karakteristik bubuk kopi berwarna kecokelatan yang tidak terlalu pekat, kopi ini juga mengeluarkan aroma karamel bercampur cokelat yang nikmat dihirup. Namun, aroma yang lebih kuat adalah aroma fruity sehingga membuat aktivitas ngopi Anda semakin terasa.

Metode produksi Spray dried
Jenis biji kopi Robusta
Bentuk kemasan Pouch
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 200 g
Kisaran harga Rp29.900

3. Nescafe Gold Rich & Smooth

Perpaduan unik kopi Arabika dan Robusta yang punya beragam cara penyajian

Bingung menentukan jenis biji kopi favorit? Dalam satu jar Nescafe Gold Rich & Smooth ini, Anda bisa mendapatkan cita rasa keduanya secara bersamaan! Kopi hitam yang dihasilkan dari proses freeze dried menciptakan kopi tanpa ampas yang harum dan nikmat. Perpaduan kopi Arabika dan Robusta mampu memanjakan Anda di setiap cangkirnya.

Kopi ini memiliki beragam cara penyajian yang bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Untuk mendapatkan rasa kopi alami, Anda dapat menikmatinya tanpa tambahan apa pun. Jika ingin rasa yang lebih kaya, berikan tambahan susu atau creamer ke dalamnya. Selain itu, kopi ini juga nikmat disajikan dingin ataupun panas, lho!

Metode produksi Freeze dried
Jenis biji kopi Kombinasi Arabika dan Robusta
Bentuk kemasan Jar
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 100 g
Kisaran harga Rp126.000

4. King Coffee Espresso Instant Coffee

Menghasilkan rasa kopi yang kuat untuk pecinta kopi Arabika

Jika Anda suka kopi bercita rasa pahit yang kuat, produk kopi satu ini sayang untuk dilewatkan. King Coffee Espresso Instan Coffee terbuat dari hasil ekstraksi biji kopi Arabika yang ditanam di dataran tinggi Vietnam. Biji kopi ini kemudian diproses menggunakan teknologi canggih berstandar Eropa, menghasilkan rasa kopi dengan kekentalan sempurna dan rasa yang strong.

King Coffee Espresso Instant Coffee ini hadir dalam kemasan sachet berbentuk stick yang praktis saji serta mudah Anda bawa bepergian. Anda bisa menikmati kopi favorit banyak orang ini di manapun dan kapan pun Anda inginkan, tanpa kerepotan menyiapkan scoop penakar!

Metode produksi Spray dried
Jenis biji kopi Arabika
Bentuk kemasan Sachet (stick)
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 37,5 g (isi 15 sachet @2,5 g)
Kisaran harga Rp59.000

5. WoCa Bali Arabika Coffee

Produk kopi dalam negeri berkualitas dengan harga ekonomis

WoCa Bali Arabika Coffee merupakan salah satu produk kopi berkualitas asli Indonesia yang patut Anda masukkan daftar must-try. Karakteristik rasanya sedikit manis dan asam dengan sentuhan aroma jeruk. Kekentalan yang tercipta berada pada tingkatan medium membuat rasanya tidak terlalu pekat.

Anda tidak perlu waswas soal jaminan kualitas dan keamanan produk karena merek WoCa telah mendapatkan sertifikasi GI (Geographica Indication). Sertifikasi ini menjamin kopi racikan WoCa telah lolos pengujian standar kualitas. Tak hanya itu, kopi ini memiliki banderol harga sangat ekonomis.

Metode produksi Spray dried
Jenis biji kopi Arabika
Bentuk kemasan Pouch
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 150 g
Kisaran harga Rp19.999

6. Nescafe Gold Decaffein

Kopi decaf dengan aroma menggoda khas Nescafe!

Nescafe mengeluarkan produk kopi decaf untuk memberikan opsi bagi penyuka kopi yang tengah mengurangi konsumsi kafein sehari-hari. Bahan bakunya terbuat dari biji kopi kualitas premium sehingga menghasilkan aroma wangi kopi dengan rasa yang nikmat. Selain kualitas bahan baku, biji kopi dipanggang secara perlahan untuk meningkatkan kekuatan rasanya.

Wadah jar kopi ini terbuat dari material kaca yang cukup tebal dan firm. Bahan kaca relatif lebih baik dalam menjaga kualitas rasa bubuk kopi di dalamnya karena kerapatannya lebih baik. Meski kacanya tebal, Anda tetap perlu berhati-hati karena bahan kaca memiliki risiko pecah ketika terjatuh.

Metode produksi Freeze dried
Jenis biji kopi Kombinasi Arabika dan Robusta
Bentuk kemasan Jar
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 100 g
Kisaran harga Rp156.000

7. Kapal Api Luwak Blend – Authentic

Nikmati rasa khas kopi luwak asli tanah Toraja dalam secangkir kopi praktis

Kapal Api merupakan salah satu merek kopi yang terkenal di tanah air. Terkenal dengan varian kopi yang banyak, varian satu ini mengombinasikan kopi Arabika dengan kopi luwak yang dipanen langsung dari perkebunan kopi di tanah Toraja. Campuran ini memberikan cita rasa khas kopi luwak yang nikmat dan tiada dua.

Kapal Api Luwak Blend – Authentic memiliki dua jenis kemasan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kemasan kaleng lebih ideal untuk aktivitas ngopi di rumah. Untuk Anda yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah, Anda bisa memilih kemasan sachet praktis yang ringkas serta travel friendly.

Metode produksi Spray dried
Jenis biji kopi Kombinasi Luwak dan Arabika
Bentuk kemasan Kaleng
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 200 g
Kisaran harga Rp99.800

8. Cafe21 2 in 1 Instant Coffeemix – Original

Dengan non-dairy creamer untuk rasa kopi yang lembut

Cafe21 2 in 1 memadukan biji kopi asli dengan campuran non-dairy creamer untuk menghasilkan kopi lembut tanpa menghilangkan rasa autentiknya. Kopi ini dapat Anda siapkan secara effortless karena serbuk kopi dirancang agar mudah larut saat Anda seduh.

Kandungan non-diary creamer pada kopi ini memberikan rasa pahit yang lebih mild sehingga cocok untuk Anda yang hendak beralih menikmati kopi tanpa perisa tambahan. Meski begitu, kopi ini tetap nikmat untuk dikonsumsi dengan tambahan gula. It’s your choice!

Metode produksi Spray dried
Jenis biji kopi Arabika
Bentuk kemasan Sachet (sticks)
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 300 g (isi 25 sachet @12 g)
Kisaran harga Rp61.500

9. UCC The Blend 114 Instant Coffee

Dipilih melalui seleksi yang teliti untuk mendapatkan rasa kopi unik dan khas

UCC The Blend 114 Instant Coffee memiliki proses yang terbilang unik sampai akhirnya diproduksi untuk umum. Pencipta resepnya melakukan percobaan dengan membuat 500 sampel kopi dan menyeleksinya menjadi beberapa kopi yang dinilai memiliki cita rasa terbaik. Dari proses seleksi ketat, sampel kopi nomor 114 yang akhirnya menjadi pilihan.

Sejak dibuat pada tahun 1988, kopi asal Jepang ini telah memiliki penggemar dari berbagai belahan dunia. Rasa kopi yang lembut dan kaya menjadi alasan banyak orang menyukainya. Bahan baku UCC The Blend 114 Instant Coffee berasal dari biji kopi terbaik yang ditanam di Brazil dan Ekuador.

Metode produksi Freeze dried
Jenis biji kopi Tidak diketahui
Bentuk kemasan Jar
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 100 g
Kisaran harga Rp220.000

10. JJ Royal Coffee Kopi Tubruk – Cafe Latte

Kopi tubruk hasil racikan coffee roastmaster profesional

Kopi tubruk adalah kopi dengan cara penyajian khas Indonesia. Kopi ini bisa dinikmati langsung tanpa membutuhkan alat khusus seperti mesin espresso. Saat diseduh, bubuk kopinya menghasilkan busa mewah yang memberikan rasa intens dan khas. Tak sembarangan, produk lokal ini dibuat menggunakan biji kopi grade 1 untuk memaksimalkan kualitasnya.

Terlahir dari tangan coffee roastmaster profesional untuk mendapatkan takaran kopi yang nikmatnya pas, penggemar kopi manis pasti akan menyukai cita rasa yang tersemat pada setiap cangkir seduhan. Dikemas dalam bentuk sachet praktis dan ekonomis, Anda akan mendapatkan pengalaman menikmati kopi nikmat tanpa merogoh kantong dalam-dalam!

Metode produksi Spray dried
Jenis biji kopi Tidak diketahui
Bentuk kemasan Sachet
Rendah kafein (decaf)
Berat bersih 420 g (isi 14 sachet @30 g)
Kisaran harga Rp66.500

Kesimpulan

Bagi penikmat kopi, menyediakan kopi instan terkadang lebih baik daripada tidak meminum kopi sama sekali. Apabila Anda bermaksud menyetok kopi instan untuk konsumsi harian, pertimbangkan membeli kopi berkemasan jar, kaleng, atau pouch supaya lebih ekonomis. Namun, tak ada salahnya membeli kemasan sachet juga bila Anda tidak punya waktu banyak untuk menakar bubuk kopi.

Selain diminum bersama air panas, kopi instan juga nikmat dikonsumsi dalam keadaan dingin. Anda bisa membuat es kopi atau kopi susu sesuai selera. Tetapi ingat, mengonsumsi kopi haruslah dibatasi untuk mengurangi efek samping kafein berlebih. Bila ingin mengurangi jumlah kafein, sebaiknya Anda pilih kopi instan decaf. Selamat menikmati kopi seduhan Anda!

(Visited 586 times, 10 visits today)