Written by 08:12 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Biji dan Bubuk Kopi Terbaik

Kopi telah menjadi minuman yang digemari banyak orang. Selain rasa yang nikmat, kopi juga menawarkan beragam manfaat untuk tubuh. Saat ini, Anda bisa menikmati kopi dengan mengolah langsung dari produk biji maupun bubuk kopi. Namun, mana produk yang sesuai selera Anda?

Anda tentu familier dengan merek kenamaan Kapal Api, Excelso, dan JJ Royal. Namun, agar tak salah pilih, beberapa faktor penting dalam memilih kopi perlu diperhatikan. Dari mulai cara memilih kopi, baik dalam bentuk biji atau bubuk, serta rekomendasi produk terbaik akan kami bahas di artikel ini. Selamat membaca!

Cara Memilih Biji dan Bubuk Kopi

Kualitas biji dan bubuk kopi ditentukan berdasarkan banyak hal. Dari bentuknya saja, Anda dapat mengetahui jenis kopi, dari mana kopi itu berasal, serta ciri khas aroma dan rasanya.

Selain itu, pelajari istilah-istilah kopi untuk mengetahui kualitas kopi yang ditawarkan, serta pertimbangkan asupan kafein yang Anda inginkan. Agar lebih jelas, kami akan menjabarkan uraiannya. Silakan disimak, ya!

Pilih Bentuk Kopi sesuai Kebutuhan dan Preferensi

Secara umum, bentuk kopi terbagi dua, yaitu berupa biji dan bubuk. Kopi yang masih berbentuk biji mempunyai keunggulan lebih segar dan beraroma kuat. Biji kopi harus digiling terlebih dahulu dengan alat penggiling kopi atau grinder untuk mendapatkan secangkir kopi nikmat yang siap diminum.

Sedangkan bubuk kopi lebih praktis, Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas dan langsung dapat menikmatinya dalam sekejap. Namun, ada kemungkinan kopi tersebut sudah mengalami proses masuknya oksigen ke dalam kopi bubuk yang disebut dengan oksidasi, sehingga kopi tidak segar lagi.

Bila Anda memilih biji kopi, Anda membutuhkan alat penggiling kopi yang baik. Bila Anda memilih kopi bubuk, simpan kopi di dalam wadah bertutup rapat, kering, dan tidak tembus cahaya untuk memperlambat proses oksidasi agar kopi tetap segar. Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda memilih biji atau bubuk kopi sesuai kebutuhan dan alat yang Anda miliki.

Pilih Jenis Kopi yang Anda Suka

Dua jenis kopi yang paling populer di pasaran adalah kopi Arabika dan Robusta. Berikut ini akan dibahas lebih jauh tentang jenis kopi beserta varietasnya, serta bahan baku dan proses pembuatan kopi yang akan memengaruhi kenikmatannya.

Pilih Kopi Arabika atau Robusta?

Untuk dapat memilih kopi, Anda harus mengetahui sifat dan ciri khas dari masing-masing jenis kopi tersebut. Ada dua jenis biji kopi yang terkenal, yaitu biji kopi Arabika dan Robusta.

Biji kopi Arabika berbentuk agak lonjong dengan celah yang cenderung meliuk di tengahnya, biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi. Ciri khas Arabika adalah warna seduhan yang tidak terlalu kental, tingkat keasaman yang tinggi, dan beraroma wangi.

Sedangkan biji kopi Robusta berbentuk agak bulat dengan celah lurus di tengahnya, biasanya tumbuh di daerah dataran rendah. Nama Robusta diambil dari kata robust yang berarti kuat. Seperti namanya, kopi Robusta memiliki rasa yang kuat dan pahit.

Beberapa macam varietas dari kopi Arabika adalah kopi Kolombia, Jamaican Blue Mountain Coffee, kopi Jawa, kopi Gayo, dan sejenisnya. Sedangkan varietas dari kopi Robusta adalah kopi luwak dari Indonesia dan Kape Alamid dari Filipina.

Pilih Single Origin atau House Blend?

Pada kemasan kopi sering terdapat tulisan single origin atau house blend. Apa maknanya?

  • Single origin adalah istilah untuk kopi yang berasal dari satu daerah tertentu untuk mengidentifikasi karakter dan cita rasa kopinya, seperti kopi Gayo dari Aceh atau kopi Wamena dari Papua.
  • House blend adalah racikan dari beberapa jenis kopi dengan rasa yang lebih kompleks. Biasanya merupakan produk unggulan dari sebuah kedai kopi atau merek kopi tertentu dan bersifat eksklusif. Contohnya adalah Mocha-Java dan Excelso House Blend.

Sebelum menentukan pilihan kopi yang akan Anda beli, sebaiknya Anda meneliti informasi yang tertera pada kemasannya terlebih dahulu, agar Anda mendapatkan kopi yang paling sesuai dengan selera Anda.

Pertimbangkan Aroma dan Rasa yang Anda Suka

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih kopi adalah aroma dan rasa yang ditawarkan kopi tersebut. Dalam dunia perkopian, yang dimaksud dengan aroma adalah aroma yang keluar dari secangkir kopi yang telah diseduh sekaligus mewakili dari rasa umum pada kopi. Dari situ tercipta istilah  seperti earthy, spicy, floral, nutty, woody, winery, dan lain sebagainya.

Sedangkan flavour atau rasa adalah definisi atau karakter rasa dari kopi. Saat kopi diminum, Anda akan merasakan seperti memakan buah atau jenis herbal tertentu. Variabel yang menciptakan rasa itu pun sangat banyak, di antaranya tingkat roasting, asal biji kopi, dan sebagainya. Rasa kopi sering diberi istilah seperti fruity, sour, bitter, rich atau balanced.

Perhatikan Acidity, Body, dan Aftertaste Kopi

Beberapa istilah seputar kopi yang tertera pada kemasan adalah acidity, body, dan aftertaste. Istilah-istilah tersebut merupakan faktor yang tak kalah penting dalam memilih kopi, terutama bagi pecinta kopi.

  • Acidity adalah istilah untuk menjelaskan seberapa jelas karakter asam dari kopi yang diminum, sehingga muncul persepsi rasa asam buah-buahan seperti asam jeruk, asam jawa, dan karakter asam lainnya. Karakter asam ini mempunyai beberapa sebutan seperti sharp (keasaman yang jelas), thin (keasaman yang tipis), flat, mild, atau netral, dan sebagainya.
  • Body mengacu pada kesan atau karakter kopi yang dirasa ketika kopi dikulum di mulut dan menutupi lidah. Body kadang juga disebut tekstur atau ketebalan kopi. Setiap kopi memiliki body berbeda seperti berminyak, berair ataupun sebutan lain seperti full (karakter yang penuh), thick (karakter yang tebal), seimbang, buttery, thin, dan lain-lain.
  • Aftertaste digunakan untuk menggambarkan rasa yang tertinggal di mulut setelah Anda meminum kopi. Kesan aftertaste disebabkan oleh keseluruhan karakter kopi mulai dari acidity, body, dan rasanya.

Jika Anda Memilih Biji Kopi, Periksa Roasted Date

Dalam memilih kopi, Anda juga perlu memeriksa kapan tanggal kopi tersebut disangrai (roasted date). Jangan sampai Anda mendapatkan kopi dengan tanggal roasting yang sudah terlalu lama, karena akan memengaruhi kesegaran kopi dan juga kualitasnya.

Tentukan Seberapa Banyak Kafein yang Anda Inginkan di Dalam Kopi Anda

Kadar kafein pada kopi dapat dilihat dari warna biji kopi yang sudah disangrai. Biji kopi yang dipanggang ringan memiliki warna terang dan tingkat kafein yang tinggi. Semakin gelap warna biji kopi, semakin rendah kadar kafein yang dimilikinya.

Jadi, jika Anda menyukai asupan kafein yang tinggi, Anda dapat memilih biji kopi yang dipanggang ringan atau medium, dengan biji kopi berwarna terang. Sebaliknya, jika Anda ingin asupan kafein rendah, Anda dapat memilih biji kopi yang dipanggang secara penuh dengan biji kopi berwarna gelap.

Lakukan Eksperimen dalam Jumlah Sedikit Terlebih Dahulu

Cara terbaik untuk benar-benar mendapatkan biji atau bubuk kopi terbaik versi Anda adalah dengan mencicipinya sendiri sampai Anda menemukan kopi yang paling cocok atau yang paling Anda sukai. Dengan bereksperimen, Anda akan menambah pengetahuan dan menjadi lebih peka dalam membedakan kualitas kopi.

Dalam bereksperimen, sebaiknya Anda membeli dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Untuk mengetahui seberapa baik kualitas kopi, seduh kopi tanpa menggunakan gula atau pemanis lainnya. Jika Anda sudah merasa cocok dengan kopi tersebut, maka Anda dapat membeli dalam jumlah banyak sesuai dengan yang Anda inginkan.

10 Rekomendasi Biji dan Bubuk Kopi Terbaik

Anda sudah mengetahui cara memilih biji dan bubuk kopi, kini waktunya untuk memilih produk kopi berkualitas. Berikut, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk biji dan bubuk kopi terbaik agar Anda lebih mudah menentukan pilihan. Selamat memilih!

1. JJ Royal Coffee Aceh Gayo Arabica

Kenikmatan beraroma floral dari Dataran Tinggi Gayo

Kopi produksi JJ Royal ini terbuat dari biji kopi khusus yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo, di wilayah pegunungan Aceh Tengah, Sumatera. Sebagian besar praktik penanaman kopi di Aceh bersifat organik, termasuk penggunaan pupuk organik untuk tanaman, sudah menjadi tradisi budaya di masyarakat Aceh Tengah sejak masa penjajahan Belanda di awal tahun 1800-an.

Dengan budi daya kopi berkualitas tinggi itu, kopi ini menghasilkan aroma floral dengan cita rasa bright dan kompleks. Tingkat keasamannya yang seimbang membuat kopi ini memiliki karakter kekentalan yang terasa pas di mulut. Pilihan ideal untuk Anda yang ingin menikmati kopi yang tidak terlalu kuat dan juga tidak terlalu ringan.

BentukBubuk atau biji
Bahan bakuBiji kopi Aceh Gayo (single origin)
Aroma/rasaMedium, Floral bouquet
Acidity (tingkat keasaman)Medium, Seimbang
Body (karakter kekentalan)Medium
Ukuran kemasan200 g (kantong)
Kisaran hargaRp95.500

2. JJ Royal Coffee Papua Arabica

Kopi langka yang bernilai tinggi

Biji kopi Papua ini berasal dari varietas kopi Blue Mountain Jamaika terkenal di dunia yang diimpor ke Hindia Belanda pada awal tahun 1900-an. Ditanam di daerah terpencil di dekat pegunungan Jayawijaya dan sesekali terjadi perang suku di daerah tersebut, pasokan kopi ini tersedia dalam jumlah terbatas, sehingga kopi ini terbilang langka dan bernilai tinggi.

Memiliki rasa cokelat yang lembut namun kuat seperti kopi Blue Mountain, kopi ini cocok untuk Anda yang suka dengan tingkat keasaman rendah. Tak cuma itu, body encer seperti sirup juga memberi nilai lebih terhadap kopi ini. Tertarik untuk mencicipi kenikmatannya?

BentukBubuk atau biji
Bahan bakuBiji kopi Papua (single origin, specialty grade)
Aroma/rasaMedium, Robust Choco Malt
Acidity (tingkat keasaman)Rendah
Body (karakter kekentalan)Full Syrupy
Ukuran kemasan100 g – 200 g
Kisaran hargaRp67.500 – Rp112.000

3. Excelso House Blend

Harmonisasi aroma rempah, bunga, dan rasa buah kering

Excelso House Blend adalah produk buatan Excelso yang menghadirkan cita rasa kopi campuran yang seimbang. Dengan perpaduan antara aroma rempah, bunga, dan rasa buah kering yang harmonis, membuat kopi ini menyenangkan untuk dinikmati.

Tersedia dalam bentuk bubuk dan biji, produk ini dikemas dalam wadah khusus kedap udara dengan aroma locked, kesegaran kopi pun tetap terjamin.

BentukBubuk atau biji
Bahan baku50% Arabica dan 50% Robusta
Aroma/rasaRempah, bunga, dan buah kering
Acidity (tingkat keasaman)2,5/5
Body (karakter kekentalan)2/5
Ukuran kemasan200 g
Kisaran hargaRp53.000

4. Excelso Robusta Gold

Kenikmatan kopi dengan aroma kacang, sereal, dan cita rasa cokelat

Merupakan campuran 100% campuran kopi robusta terbaik, produk Excelso yang satu ini mempunyai cita rasa serta aroma sangrai antara kacang dan sereal yang istimewa.

Ditambah dengan rasa coklat yang menyenangkan untuk dinikmati, kopi ini direkomendasikan bagi Anda penggemar kopi dengan tingkat keasaman rendah dan tekstur body yang lembut.

BentukBubuk
Bahan baku100% kopi Robusta
Aroma/rasaKacang dan sereal
Acidity (tingkat keasaman)Rendah (0,5 / 5)
Body (karakter kekentalan)Lembut (2,5 / 5)
Ukuran kemasan200 g
Kisaran hargaRp31.000

5. Murrell Coffee Aceh Gayo

Biji kopi premium kelas 1 berkualitas ekspor

Aceh Gayo adalah salah satu best seller dari seri single origin produk-produk kopi buatan Murell Coffee. Dibuat dari biji kopi premium kelas 1, kopi ini memberikan sensasi rasa buah beri yang manis dan kuat, cokelat, bunga, karamel gula merah, sedikit aroma jeruk dan anggur.

Jika membeli kopi ini, Anda dapat memilih roasting profile sesuai kegemaran Anda, yaitu dark roast yang tebal dan pahit tanpa acidity, medium dark roast yang memiliki tingkat keasaman rendah, serta medium roast dengan tingkat keasaman yang tinggi.

BentukBiji atau bubuk
Bahan baku100% premium specialty grade Arabica Beans (single origin)
Aroma/rasaSweet berries, chocolate, floral, brown sugar caramel & grape notes
Acidity (tingkat keasaman)Medium-low
Body (karakter kekentalan)Medium
Ukuran kemasan200 g
Kisaran hargaRp55.000

6. Murrell Coffee Papua Wamena

Dibuat dari biji kopi Arabika Papua Wamena kualitas terbaik

Murrel Coffee membuat semua produknya secara higienis, fresh, dan natural tanpa tambahan perasa, pengawet, atau pewarna. Demikian juga dengan produk kopi Papua Wamena ini.

Dibuat dari kopi Arabika Papua Wamena kualitas terbaik, kopi ini memiliki tekstur rich body, cita rasa manis dari cokelat dan gula merah, serta aroma wine dan jeruk dengan tingkat keasaman sedang-rendah.

BentukBiji atau bubuk
Bahan baku100% premium specialty grade Arabica Beans
Aroma/rasaRich body, sweet, chocolate, brown sugar, winey, orange
Acidity (tingkat keasaman)Medium-low
Body (karakter kekentalan)Rich
Ukuran kemasan200 g
Kisaran hargaRp75.000

7. Kapal Api Kopi Bubuk Luwak Blend

100% kopi bubuk dari Tana Toraja

Sebagai merek kopi yang sudah lama terkenal, Kapal Api ikut menghadirkan kopi bubuk Luwak Blend yang merupakan paduan spesial kopi Kapal Api dengan kopi luwak dari Tana Toraja.

Terbuat dari biji kopi pilihan dan diproses dengan mesin paling modern, terciptalah kopi berkualitas tinggi dengan aroma karamel dan rasa yang enak. Dengan tingkat keasaman medium, kopi ini bisa dinikmati oleh penggemar kopi yang menyukai tekstur kekentalan seimbang.

BentukBubuk
Bahan baku100% Kopi Luwak Tana Toraja
Aroma/rasaCaramel
Acidity (tingkat keasaman)3,5/5
Body (karakter kekentalan)2,5/5
Ukuran kemasan200 g (kaleng)
Kisaran hargaRp110.000

8. Arutala Kopi Toraja Rantebua Robusta

Rasa pahit dan bold di mulut yang populer di kalangan pecinta kopi

Kopi yang berasal dari perkebunan kopi di desa Bokin, Rantebua, Toraja Utara ini merupakan satu dari sedikit produksi kopi Robusta Toraja yang ada. Dengan jumlah produksi yang tidak sebesar produksi Arabika Toraja, kopi ini memiliki rasa pahit yang pas di mulut.

Beraroma gula merah dan cokelat malt yang manis, kopi ini memiliki rasa earthiness yang menonjol serta manisnya gula merah dan cokelat hitam. Arutala Kopi Toraja Rantebua Robusta dibuat dengan tingkat keasaman yang rendah namun memiliki tekstur body yang bold serta aftertaste yang clean.

BentukBiji atau bubuk
Bahan baku100% Kopi Robusta
Aroma/rasaBrown sugar, chocolate malt, sweet
Acidity (tingkat keasaman)Low
Body (karakter kekentalan)Bold
Ukuran kemasan250 g
Kisaran hargaRp34.000

9. Sentra Kopi Aceh Gayo Arabica – Premium Coffee

100% terbuat dari Arabika Aceh Gayo tanpa campuran

Menggunakan biji kopi asli dari Bener Meriah, Takengon, Aceh Tengah, dengan ketinggian 1.200-1.300 mdpl, Sentra Kopi menghadirkan Kopi Bubuk Arabika Aceh Gayo dalam bentuk kopi bubuk siap seduh dengan tingkat keasaman rendah.

Dengan aroma dan cita rasa yang kaya akan buah-buahan dan kebumian, produk ini menawarkan tiga varietas, yaitu Gayo 1, Gayo 2, dan Gayo p88. Varietas tersebut merupakan klasifikasi tersendiri dari keunikan kopi Arabika Aceh Gayo.

BentukBiji atau bubuk
Bahan bakuArabika Aceh Gayo (single origin)
Aroma/rasaRich Flavor, Fruitiness, Earthy
Acidity (tingkat keasaman)Low
Body (karakter kekentalan)Medium
Ukuran kemasan200 g, 500 g, 1 kg
Kisaran hargaRp58.000 – Rp225.000

10. Awi Coffee Sidikalang Arabica Premium

Kopi berkualitas ekspor disangrai dengan Probatone12

Kopi Arabika premium produksi Awi Coffee ini disangrai dengan menggunakan Probatone12 agar pengontrolan terhadap aroma dan cita rasa kopinya bisa lebih maksimal.

Kopi dengan level roasting berkisar pada full city roast ini menghasilkan keseimbangan dan kemajemukan pada tingkat keasaman, body, dan aromanya. Kopi ini sudah digunakan oleh beberapa kafe di Medan, Jambi, Batam, Jakarta, Surabaya, dan Bali. Kini, Anda juga bisa menikmatinya di rumah!

BentukBiji
Bahan bakuArabika premium
Aroma/rasaKompleks
Acidity (tingkat keasaman)Balance
Body (karakter kekentalan)Exhibiting
Ukuran kemasan250 g
Kisaran hargaRp60.000

Tabel Perbandingan Biji dan Bubuk Kopi

ProdukJJ Royal Coffee Aceh Gayo ArabicaJJ Royal Coffee Papua ArabicaExcelso House BlendExcelso Robusta GoldMurrell Coffee Aceh GayoMurrell Coffee Papua WamenaKapal Api Kopi Bubuk Luwak BlendArutala Kopi Toraja Rantebua RobustaSentra Kopi Aceh Gayo Arabica – Premium CoffeeAwi Coffee Sidikalang Arabica Premium
BentukBubukBubukBiji atau bubukBubukBiji atau bubukBiji atau bubukBubukBiji atau bubukBiji atau bubukBiji
Bahan bakuBiji kopi Aceh Gayo (single origin)Biji kopi Papua ((single origin, specialty grade)50% Arabica dan 50% Robusta100% kopi Robusta100% premium specialty grade Arabica Beans (single origin)100% premium specialty grade Arabica Beans100% Kopi Luwak Tana Toraja100% Kopi RobustaArabika Aceh Gayo (single origin)Arabika premium
Aroma/rasaMedium, Floral bouquetMedium, Robust Choco MaltRempah, bunga, dan buah keringKacang dan serealSweet berries, chocolate, floral, brown sugar caramel & grape notesRich body, sweet, chocolate, brown sugar, winey, orangeCaramelBrown sugar, chocolate malt, sweetRich Flavor, Fruitiness, EarthyKompleks
AcidityMedium, SeimbangRendah2,5/5Rendah (0,5 / 5)Medium-lowMedium-low3,5/5LowLowBalance
BodyMediumFull Syrupy2/5Lembut (2,5 / 5)MediumRich2,5/5BoldMediumExhibiting
Ukuran kemasan200 g (kantong)100 g – 200 g200 g200 g200 g200 g200 g (kaleng)250 g200 g, 500 g, 1 kg250 g
Kisaran hargaRp95.500Rp67.500 – Rp112.000Rp53.000Rp31.000Rp55.000Rp75.000 Rp110.000Rp34.000Rp58.000 – Rp225.000Rp60.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi produk kopi dan teh dari PickyBest lainnya!

Anda yang tidak mempunyai waktu luang untuk mengolah biji kopi, kopi instan adalah pilihan tepat untuk tetap bisa menikmati kopi. Saat bosan dengan kopi, Anda bisa memperoleh asupan kafein dari teh.

Teh chamomile dan teh hijau adalah dua jenis teh yang disukai orang. Pada tiga artikel berikut, kami telah merangkum produk kopi instan, teh chamomile, dan teh hijau pilihan. Silakan tentukan sendiri sesuai selera Anda!

Kesimpulan

Saat memilih biji atau bubuk kopi, Anda perlu memperbanyak wawasan tentang kopi dan memperhatikan banyak faktor guna mendapatkan kopi yang berkualitas, mulai dari jenis kopi, di mana kopi tersebut ditanam, hingga segala informasi yang tertera pada kemasannya.

Biji dan bubuk kopi memiliki keunggulan masing-masing. Begitu pun dengan produk-produk yang telah kami sampaikan, semua memiliki keistimewaan tersendiri. Pada akhirnya pilihan kembali kepada Anda untuk menentukan mana kopi yang paling cocok dan sesuai dengan selera Anda. Selamat ngopi!

Referensi

Beli Kopi Biji atau Bubuk?
https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/beli-kopi-biji-atau-bubuk/ diakses pada 15 Februari 2021

Beli Kopi Biji atau Bubuk? Mana yang Lebih Baik?
https://kopitem.com/tentang-kopi/beli-kopi-biji-atau-bubuk-mana-yang-lebih-baik/ diakses pada 15 Februari 2021

6 Tips for choosing the Best Coffee beans
https://www.coffeemakerslist.com/6-tips-for-choosing-the-best-coffee-beans/ diakses pada 15 Februari 2021

Jenis-jenis kopi
https://id.wikipedia.org/wiki/Jenis-jenis_kopi diakses pada 15 Februari 2021

Beraneka Ragam Jenis Kopi dari Berbagai Sudut Pandang
https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/jenis-jenis-kopi/ diakses pada 15 Februari 2021

Apa Itu Kopi Single Origin?
https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/kopi-single-origin-adalah/ diakses pada 15 Februari 2021

Apa yang Dimaksud dengan Kopi House Blend?
https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/kopi-house-blend-adalah/ diakses pada 15 Februari 2021

Coffee Blends VS Single Origins, Mana yang Lebih Baik?
https://kopikeliling.com/lifestyle/coffee-blends-vs-single-origins-mana-yang-lebih-baik.html diakses pada 15 Februari 2021

Citarasa Kopi dan Karakterisiknya
http://www.jpwcoffee.com/citarasa-kopi-dan-karakterisiknya diakses pada 15 Februari 2021

APA YANG SERING DIBINCANGKAN PARA PENIKMAT KOPI
https://majalah.ottencoffee.co.id/apa-yang-sering-dibincangkan-para-penikmat-kopi/ diakses pada 15 Februari 2021

Tips Memilih Biji Kopi yang Baik
https://infokopi.com/tips-memilih-biji-kopi-yang-baik/ diakses pada 15 Februari 2021

(Visited 74 times, 4 visits today)