Written by 15:31 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Mayonnaise Terbaik

Mayones menjadi salah satu saus favorit banyak orang. Terbuat dari kombinasi telur, minyak nabati, dan cuka, mayones menawarkan cita rasa gurih dengan tekstur sesuai komposisi bahan. Apakah Anda berencana membeli mayones untuk persediaan di rumah?

Mayones produksi Telly, Ajinomoto, Hellman’s, dan MamaSuka dapat menjadi opsi. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan beberapa hal yang mesti Anda perhatikan saat memilih mayones. Setelah itu, Anda juga dapat memilih produk terbaik versi PickyBest. Ayo, simak ulasannya sampai akhir!

Cara Memilih Mayonnaise

Anda sebaiknya tidak sembarangan memilih produk. Untuk itu, perhatikanlah bahan pembuat mayones yang digunakan. Selain itu, pilihan rasa, zat aditif, dan ukuran juga perlu Anda periksa. Silakan pahami mengenai poin pemilihan mayones di bagian ini!

Perhatikan Komposisi Bahan Dasar yang Digunakan

Umumnya, bahan utama pembuat mayones terdiri dari telur, minyak nabati, dan cuka. Bila Anda memiliki alergi telur, menjadi pelaku vegetarian, atau mengutamakan tekstur maupun rasa mayones, cermatilah komposisi bahan pembuatnya.

Bagi yang Alergi Telur atau Vegetarian, Pilihlah yang Dibuat Tanpa Telur

Untuk Anda yang memiliki alergi telur, pilihlah mayones yang dibuat tanpa telur. Biasanya, bahan baku mayones ini terdiri dari minyak, susu bubuk, gula, kacang kedelai, hingga minyak bunga matahari. Selain aman untuk orang dengan alergi telur, mayones tanpa telur juga cocok bagi vegetarian.

Mayones bebas telur tetap nikmat dicampur dengan berbagai makanan. Pasalnya, produsen kerap menambahkan bahan penstabil yang menjadikan tekstur mayones tetap terjaga, walaupun tidak memakai telur dalam proses pembuatannya.

Periksa Bagian Telur yang Dipakai untuk Anda yang Peduli Rasa dan Teksturnya

Untuk mayones yang memakai telur, Anda dapat memeriksa bagian telur yang dipakai. Jenis telur pembuat mayones ada dua macam, yakni whole egg atau telur utuh, serta mayones dengan kuning telur saja. Mayones yang memakai kuning serta putih telur terlihat segar, warnanya pun tampak putih bersih.

Sementara itu, mayones yang hanya menggunakan kuning telur akan terlihat kekuningan, teksturnya berlemak, dan lebih kaya rasa. Mayones dengan telur utuh cocok untuk makanan dengan cita rasa pekat, sedangkan mayones dengan kuning telur bisa dijadikan pelengkap sayuran ataupun cocolan.

Cek Juga Sumber Nabati yang Dipakai untuk Hasilkan Minyak

Secara umum, asam lemak pada mayones berasal dari minyak kedelai yang tinggi kandungan omega-6. Agar pengonsumsian mayones jangka panjang tidak memberi dampak negatif terhadap kesehatan, sebaiknya Anda utamakan produk dengan asam lemak lebih rendah.

Selain minyak kedelai, mayones juga tak jarang terbuat dari campuran minyak alpukat dan kelapa. Kedua bahan ini menawarkan asam lemak omega-6 lebih rendah yang baik untuk jantung. Bila memungkinkan, ketahui dan pilihlah produk yang sumber minyaknya berasal dari bahan nabati yang diekstraksi secara manual.

Selain Orisinal, Anda Bisa Memilih Produk dengan Rasa Tertentu

Kebanyakan mayones memiliki cita rasa orisinal. Belakangan, beberapa produsen mengeluarkan mayones dengan varian rasa lain, seperti pedas, asin, gurih, dan manis. Tak ada salahnya mencoba mayones dengan cita rasa lain agar selera makan Anda bertambah!

Utamakan Produk dengan Usia Simpan Lebih Singkat

Mayones adalah produk makanan yang tidak tahan lama. Oleh karena itu, tak sedikit pabrikan menambahkan bahan pengawet bernama EDTA. Bila Anda mengutamakan kesehatan, tentu lebih direkomendasikan memilih mayones tanpa tambahan pengawet.

Mayones tanpa pengawet tidak akan tahan hingga berbulan-bulan. Untuk itu, sebaiknya pilih produk yang usia simpannya lebih singkat. Bila sulit menemukan mayones tanpa tambahan pengawet, tetap lebih baik memilih produk yang menggunakan pengawet sesedikit mungkin.

10 Rekomendasi Mayonnaise Terbaik

Berikut kami tampilkan sepuluh mayones terbaik yang dapat Anda pilih dengan bahan dasar, rasa, jenis, dan ukuran kemasan sesuai kebutuhan. Selamat memilih!

1. Hellmann’s Real Mayonnaise

Pas untuk Anda yang menginginkan produk tanpa MSG

Hellman’s Real Mayonnaise muncul sejak 1913, menjadikannya sebagai salah satu mayones terbaik di dunia. Produk ini terbuat dari telur berkualitas yang mengandung omega 3 dan 6. Selain itu, tekstur creamy mayones ini berasal dari 65% minyak kedelai.

Produk dari Hellman’s berikut bebas MSG dalam proses pembuatannya. Walau demikian, cita rasa leza tetap menghiasi setiap masakan Anda. Hadir dengan ukuran besar, mayones ini cocok untuk pesta barbeku atau bisnis restoran Anda.

Bahan dasarMinyak kedelai, telur
RasaOrisinal
KemasanBucket
Ukuran3 L
Kisaran hargaRp176.000

2. Euro Gourmet Mayonnaise Hot Spicy

Sumber: Shopee.co.id

Rasa gurih, asam, dan pedas yang menggugah selera

Euro Gourmet menghadirkan mayones yang mengombinasikan bawang putih dan sambal ekstra. Akibat komposisi bahan tersebut, terciptalah cita rasa mayones yang pedas, asam, dan gurih nikmat.

Mayones ini cocok untuk pelengkap berbagai hidangan, seperti rissoles, lumpia, sosis, hingga chicken karaage. Dengan harga bersahabat, daya simpan mayones ini kurang lebih 9 bulan setelah dibuka.

Bahan dasarMinyak kedelai, telur
RasaKombinasi asam, pedas, dan gurih
KemasanBotol
Ukuran290 g
Kisaran hargaRp23.500

3. Remia Mayonnaise

Sumber: Remia.com

Cocok untuk orang dengan intoleransi gluten

Remia adalah brand asal Perancis yang sudah dikenal lebih dari 100 negara. Hadir dalam kemasan jar kaca, mayones nikmat dengan tekstur creamy ini tahan hingga usia simpan 18 bulan. Apabila Anda cukup jarang menggunakan mayones, namun tetap ingin menyediakannya di rumah, pilihlah produk ini.

Di samping teksturnya yang creamy, Remia Mayonnaise memiliki aroma dan rasa yang khas. Produk ini memang tidak cocok untuk Anda yang alergi telur. Namun, Remia menyebutkan mayones buatannya ini bebas dari gluten, sehingga ideal bagi Anda yang mungkin memiliki intoleransi gluten.

Bahan dasarMinyak kedelai, kuning telur
RasaOrisinal
KemasanJar
Ukuran1 L
Kisaran hargaRp76.000

4. Telly Salad Dressing Vegetarian Mayo

Sumber: Telly.com.my

Diproduksi untuk vegetarian yang mengadopsi halal lifestyle

Bila Anda seorang vegetarian yang menghindari telur, namun tetap mengonsumsi susu, produk persembahan Telly ini patut dipertimbangkan. Sesuai namanya, produk asal malaysia ini begitu nikmat ketika digunakan sebagai dressing salad, entahkah salad buah maupun salad sayur.

Telly Salad Dressing Vegetarian Mayo diproduksi dengan dua varian ukuran, yakni 230 mL dan 470 mL. Perihal sertifikasi, produk ini mengantongi sertifikasi halal HACCP, lho!

Bahan dasarMinyak kedelai
RasaOrisinal
KemasanJar
Ukuran230 mL
Kisaran hargaRp46.000

5. Ajinomoto Mayumi Original

Saus creamy serbaguna favorit orang Indonesia

Tak ingin membuat kecewa pelanggan setia, Ajinomoto mengutamakan bahan berkualitas dalam produksi mayones andalannya. Mayumi, salah satu merek mayones produksi Ajinomoto, menawarkan cita rasa kaya, creamy, dan penuh di mulut.

Sesuai slogannya, saus creamy Mayumi begitu serbaguna. Selain untuk cocolan aneka gorengan, mayones berkemasan pouch biru ini juga dapat Anda padukan bersama salad buah. Karena termasuk salah satu produk kesukaan penduduk Indonesia, Mayumi Original mudah dicari di berbagai pusat belanja!

Bahan dasarMinyak kedelai, bubuk kuning telur
RasaOrisinal
KemasanPouch
Ukuran100 g
Kisaran hargaRp7.000

6. Maestro Mayonnaise

Menambah kenikmatan setiap hidangan

Belum menemukan produk yang Anda mau? Cobalah menengok mayones dari Maestro ini. Didesain untuk melengkapi salad buah, sayur, atau berbagai hidangan lain, mayones berkemasan jar ini akan memberi kekayaan rasa!

Selain cita rasa luar biasa, tekstur creamy di mulut menjadikan sensasi makan semakin menggugah selera. Bukan hanya kemasan jar, Maestro turut mengemas produk dalam botol, sachet, hingga standing pouch dengan auto lock.

Bahan dasarMinyak kedelai, kuning telur
RasaOrisinal
KemasanJar
Ukuran225 mL
Kisaran hargaRp16.800

7. MamaSuka Mayonais

Sumber: Mamasuka.com

Susunan bahan berkualitas yang hadirkan cita rasa khas Indonesia

MamaSuka Mayonais adalah mayones produksi lokal yang memperhatikan kualitas. Produk ini hadir dalam 3 varian kemasan, yaitu sachet besar, sachet kecil, dan botol.

Rasa asam mayones MamaSuka berasal dari cuka fermentasi, bukan kimiawi. Dengan begitu, kelezatannya begitu khas, serta menyatu saat dipadukan sebagai perasa selada, sandwich, atau makanan lain.

Bahan dasarMinyak kedelai, kuning telur
RasaOrisinal
KemasanStand pouch
Ukuran1 kg
Kisaran hargaRp35.200

8. Ajinomoto Mayumi Pedas

Kepedasan yang  bakal membuat Anda ketagihan

Apakah Anda menggemari makanan pedas? Jika benar demikian, mayones varian Pedas dari Ajinomoto satu ini tak boleh dilewatkan. Sebagai olesan, cocolan, maupun campuran, nikmatnya dijamin membuat Anda ketagihan!

Mayum Pedas hadir dalam berbagai varian ukuran dan jenis kemasan. Selain kemasan tube berukuran 180 gram, tersedia pula kemasan sachet ukuran 17 gram dan 100 gram.

Bahan dasarMinyak kedelai, saus sambal, kuning telur
RasaPedas
KemasanTube
Ukuran180 g
Kisaran hargaRp19.800

9. Kewpie Mayonais Original

Sumber: Kewpie.co.id

Berasal dari bahan-bahan berstandar kesehatan tanpa pengawet kimia

Kewpie memproduksi mayones bercita rasa spesial berkat bahan bumbu yang diproses sesuai standar kesehatan. Bila Anda penggemar sushi, atau terbiasa menyantap salad dan sandwich sebagai pelengkap nutrisi harian, temanilah makan Anda dengan mayones ini.

Rasa gurih dari mayones ini berasal dari egg yolk yang tinggi asam amino. Produk ini tidak menggunakan bahan pengawet kimia, melainkan pengawet alami dari cuka dan garam. Uniknya lagi, botol kemasannya dirancang khusus untuk menahan oksigen, memastikan cita rasanya tetap terjaga!

Bahan dasarMinyak kedelai, kuning telur
RasaOrisinal
KemasanTube
Ukuran150 g
Kisaran hargaRp31.200

10. MamaSuka Cheesy Mayonnaise

Sumber: Mamasuka.com

Dipadukan dengan keju cheddar, rasanya pun begitu cheesy

Bosan dengan cita rasa mayones yang begitu-begitu saja? Cobalah membeli mayones keluaran MamaSuka varian ini. Dengan tambahan keju cheddar asli, lidah Anda bakal dimanjakan dengan gurih cheesy-nya mayones.

Gambar produk yang kami tampilkan memiliki ukuran 300 gram. Apabila Anda ingin mengetes kecocokan rasa terlebih dulu, MamaSuka juga menyediakan ukuran sachet 20 gram dan 100 gram.

Bahan dasarMinyak kedelai, kuning telur, keju cheddar bubuk
RasaKeju
KemasanBotol
Ukuran300 g
Kisaran hargaRp24.450

Kesimpulan

Mayones adalah saus pelengkap yang nikmat dipadukan dengan berbagai hidangan. Anda bebas memilih mayones berdasarkan komposisi bahan dan cita rasa yang ditawarkan. Namun, utamakanlah produk yang masa kedaluwarsanya lebih singkat.

Di Indonesia, tidak sulit mendapati mayones. Berbagai merek lokal dan internasional berlomba di pasar. Manakah merek mayones favorit Anda berdasarkan produk rekomendasi di atas? Semoga artikel ini membantu Anda temukan mayones kesukaan!

(Visited 50 times, 1 visits today)