Ibu & Anak

10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik

Kulit bayi sangat lembut, halus, dan sensitif. Kulitnya lebih tipis dan lebih cepat kering daripada kulit orang dewasa, serta masih rentan terhadap bahan kimia. Untuk itu, dalam hal pemakaian sampo, pilihlah yang diformulasi khusus untuk membersihkan dan merawat kulit kepala bayi tanpa membuatnya iritasi atau alergi.

Banyak brand yang menciptakan sampo dengan formulasi khusus untuk bayi. Anda dapat memilih sampo bayi seperti Johnson’s Baby, Pigeon, Aveeno, atau merek lain yang beredar di pasaran. Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih sampo bayi beserta merekomendasikan produknya. Simak sampai habis, ya!

Kapan Bayi Dianjurkan untuk Menggunakan Shampo?

Meskipun sampo bayi dibuat khusus untuk bayi, tetapi Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya. Penggunaan sampo bayi harus disesuaikan dengan perkembangan bayi. Untuk bayi yang baru lahir hingga usia beberapa minggu, sampo bayi belum dibutuhkan. Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan air hangat. Namun perawatan akan berbeda untuk bayi usia 4 minggu ke atas.

Saat mencapai usia 4 – 6 minggu, bayi Anda sudah dapat menggunakan sampo bayi. Gunakan beberapa tetes saja untuk membersihkan tubuh serta rambutnya. Sedangkan, untuk bayi di atas 6 minggu, Anda sudah bisa menggunakan lebih banyak sampo untuk membersihkannya. Namun, tetaplah hati-hati. Jangan digunakan secara berlebihan, ya.

Cara Memilih Shampo Bayi

Karena kulit bayi sangat sensitif, penting bagi Anda untuk memilih sampo bayi yang aman untuk kulitnya. Berikut ini kami jabarkan poin-poin yang bisa Anda terapkan dalam menentukan sampo mana yang paling tepat untuk bayi Anda.

Pilih yang Mengutamakan Bahan-bahan Alami

blank

Karena kulit bayi lebih halus, sampo untuk bayi sejatinya harus lebih ringan daripada sampo dewasa agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit atau mata bayi. Maka dari itu, pilihlah sampo bayi yang banyak mengandung bahan-bahan alami.

Sebaiknya Anda memilih sampo bayi yang memiliki kandungan nabati seperti ekstrak bunga chamomile, kemiri, seledri, minyak alpukat, minyak buah raspberry, atau minyak biji bunga matahari. Selain membersihkan rambut, sampo bayi tersebut juga dapat menyuburkan dan menjaga kelebatan rambut bayi Anda.

Sebaiknya Tidak Membeli Shampo dengan Tambahan Fragrance

blank

Bayi memiliki wangi yang khas dan alami. Untuk itu, Anda tidak perlu lagi menggunakan produk yang mempunyai wangi tambahan pada bayi Anda. Sebab, hal tersebut akan menyebabkan wangi yang berlebihan pada bayi, bahkan bisa membuat kulitnya alergi atau iritasi.

Sebaiknya, pilihlah sampo yang tidak mengandung pewangi buatan. Kalaupun Anda tetap ingin memberikannya sampo dengan tambahan pewangi, pilihlah pewangi yang berasal dari sumber alami, seperti bunga atau buah-buahan.

Pilih yang Minim Kandungan Berisiko Mengiritasi Kulit Kepala

blank

Pertimbangan lain dalam memilih sampo bayi adalah bahan yang terkandung seharusnya aman dari risiko iritasi atau alergi. Pilihlah sampo bayi yang tidak mengandung atau paling sedikit mengandung pewarna, pewangi, dan deterjen.

Zat kimia lain yang harus dihindari dalam memilih sampo bayi adalah kandungan antiseptik, deodoran, sodium laureth sulphate, sodium lauryl sulphate, phthalate, dan paraben. Penggunaan sampo bayi yang mengandung zat-zat tersebut dapat mengundang risiko masalah lebih besar pada kulit bayi.

Usahakan Mencari Shampo yang Berlabel Hypoallergenic

blank

Satu lagi ciri-ciri dari sampo yang aman untuk dipakai untuk bayi adalah produk yang terdapat label ”hypoallergenic” pada kemasannya. Artinya, produk tersebut mengandung zat yang aman bagi bayi dan juga dapat mengurangi risiko reaksi alergi pada kulit kepala atau rambut bayi.

Meski begitu, karena kondisi kulit bayi berbeda-beda, reaksi satu produk bisa saja berlainan dengan bayi yang lain. Bayi yang kulitnya lebih sensitif mungkin sulit terhindar dari alergi meski sudah menggunakan produk bertanda hypoallergenic. Hanya saja, kemungkinannya lebih kecil dibandingkan bila menggunakan produk yang bukan hypoallergenic.

Selain Hypoallergenic, Cari juga yang Diklaim Tear-Free

blank

Sewaktu membersihkan rambut bayi dengan sampo, Anda pasti sangat berhati-hati agar sampo yang digunakan tidak mengenai mata bayi Anda. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda perlu menggunakan sampo bayi yang tidak membuat mata bayi pedih atau iritasi.

Produk yang bertanda “tear-free” adalah produk yang tepat untuk Anda pilih. Formulanya ringan tidak akan menyengat mata bayi saat dimandikan. Sehingga bayi Anda bisa terhindar dari kemungkinan iritasi atau paparan zat kimia berbahaya lainnya.

10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik

Setelah memahami cara memilih sampo bayi yang tepat, kini saatnya Anda menetapkan mana produk yang akan Anda pilih. Berikut ini kami rekomendasikan sepuluh sampo bayi terbaik untuk Anda jadikan acuan dalam memilih produk yang paling cocok untuk bayi Anda.

1. Mustela Gentle Shampoo

Lembut dan aman untuk rambut bayi

Mustela Gentle Shampoo adalah sampo bayi buatan Perancis dengan formula khusus untuk rambut bayi. Dengan 93% bahan alami dan sesuai dengan ingredient safety policy, sampo ini aman serta ideal untuk bayi sejak baru lahir, atau bahka bayi dari NICU.

Produk ini telah melalui uji klinis terhadap bayi di bawah pengawasan dokter kulit dan dokter anak. Terbukti, sampo ini mampu membersihkan rambut bayi dengan lembut dan mencegah rambut kusut. Formulanya pun tidak pedih di mata, nyaman digunakan, serta wangi khas Mustela.

Bahan utama Avocado perseose, ekstrak chamomile
Klaim hypoallergenic Ya
Ukuran 200 mL
Kisaran harga Rp120.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. MOMAMI Happy Hair Wash

Menutrisi dan melembutkan rambut bayi dari akar hingga ke ujungnya

Mengandung bahan alami seperti royal jelly, protein kedelai, dan rice bran oil, sampo ini telah teruji secara dermatologis sebagai produk yang hypoallergenic, sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi dan iritasi.

Selain menutrisi dan melembutkan, MOMAMI Happy Hair Wash juga melembabkan rambut bayi mulai dari akar hingga ke ujungnya. Berbentuk busa lembut, produk ini sangat aman untuk bayi, cocok pula untuk kulit sensitif. Lebih dari itu, produk ini juga telah mengantongi sertifikat halal.

Bahan utama Royal jelly, soybean protein, dan rice bran oil
Klaim hypoallergenic Ya
Ukuran 250 mL
Kisaran harga Rp89.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Cetaphil Baby Shampoo

Membersihkan dan menjaga kehalusan rambut bayi

Untuk membantu menjaga kebersihan dan kehalusan rambut bayi, Anda perlu sampo dengan formula lembut. Cetaphil Baby Shampoo adalah sampo bayi yang Anda butuhkan. Karena mengandung aloe vera dan chamomile, sampo ini juga akan menjaga kelembapan dan menenangkan kulit kepala bayi yang sensitif.

Tak hanya berlabelkan hypoallergenic dengan pH seimbang, sampo keluaran Cetaphil ini juga dipastikan teruji secara dermatologi, sehingga aman untuk bayi.

Bahan utama Aloe vera, chamomile dengan pH seimbang
Klaim hypoallergenic Ya
Ukuran 200 mL
Kisaran harga Rp84.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. SANOSAN Bath & Shampoo

blank

Sumber: Sanosan.de

Sabun sekaligus sampo bayi yang direkomendasikan oleh bidan

Kulit dan rambut bayi masih sangat halus dan lembut, maka dari itu bayi membutuhkan pembersihan yang lembut. Sanosan Bath & Shampoo adalah produk 2-in-1 yang ideal untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan ekstrak zaitun organik dan protein susu, sabun sekaligus sampo ini mampu membersihkan kulit tubuh serta kepalanya secara lembut, menjaga asam alami kulit halus bayi, serta membuat rambut berkilau seperti sutra. Banyak bidan juga merekomendasikan produk ini untuk digunakan pada bayi, lho!

Bahan utama Allantoin, protein susu, ekstrak zaitun organik
Klaim hypoallergenic Ya
Ukuran 200 mL
Kisaran harga Rp92.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Aveeno Baby Wash & Shampoo

blank

Sumber: Aveeno.co.id

Membersihkan tanpa membuat kulit kering

Membersihkan tanpa membuat kulit kering, itulah keunggulan Aveeno Baby Wash & Shampoo. Kandungan ekstrak oat alaminya akan menenangkan dan melembapkan kulit. Sementara itu, kelembutan busanya dapat membersihkan sekaligus membuat wangi segar yang terasa dalam jangka waktu lama.

Sabun sekaligus sampo hypoallergenic ini lembut dan ringan untuk digunakan setiap hari, serta tidak meninggalkan rasa pedih di mata. Tidak mengandung alkohol, produk ini sangat baik untuk kulit bayi yang sensitif.

Bahan utama Natural oat extract
Klaim hypoallergenic Ya
Ukuran 354 mL
Kisaran harga Rp147.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Buds Everyday Shampoo

Teman organik untuk bayi setiap hari

Buds mengeluarkan rangkaian perawatan kulit bayi untuk dipakai sehari-hari, guna menjaga kulit bayi tetap sehat, lembut, dan kenyal. Pada rangkaian ini, terdapat Everyday Shampoo yang cocok untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan.

Sampo ini diformulasi dari bahan alami berupa jojoba dan sunflower oil yang bakal melembapkan sekaligus mempertahankan kelembutan rambut bayi. Tambahan ekstra lidah buayanya akan menenangkan serta menghidrasi kulit kepala.

Bahan utama Aloe vera, jojoba oil, dan vitamin E
Klaim hypoallergenic Tidak disebutkan
Ukuran 225 mL
Kisaran harga Rp229.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Baby Sebamed Children’s Shampoo

Formula spesial yang tidak menyengat di mata

Anda pasti sangat berhati-hati saat memandikan bayi Anda, terlebih saat memakaikan sampo, jangan sampai mengenai mata mungilnya. Untuk itulah, Sebamed menciptakan sampo dengan formula spesial yang lembut dan tidak menyengat di mata. Produk ini juga dianjurkan untuk bayi yang memiliki kulit kepala sensitif, alergi, serta mengalami masalah eksem.

Bahan utama Botanical extracts, chamomile, coco glucosides
Klaim hypoallergenic Tidak disebutkan
Ukuran 150 mL
Kisaran harga Rp98.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Pigeon Baby Wash 2in1

blank

Sumber: Pigeon.co.id

Paduan sampo dan sabun cair yang praktis

Sebagai spesialis produk-produk bayi, Pigeon mengeluarkan Pigeon Baby Wash 2 in 1 yang merupakan paduan sampo dan sabun cair. Produk ini praktis digunakan untuk memandikan dan membersihkan kulit kepala bayi Anda.

Jojoba yang terkandung di dalamnya mampu melembabkan kulit dan rambut bayi dengan lembut. Ditambah chamomile yang berfungsi sebagai pelindung kulit, bayi Anda pun terbebas dari iritasi.

Bahan utama Jojoba dan chamomile
Klaim hypoallergenic Ya
Ukuran 400 mL
Kisaran harga Rp56.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Johnson’s Milk + Rice Hair and Body Baby Bath

Dengan susu dan ekstrak beras untuk kulit bayi tetap sehat

Satu lagi merek yang sudah dikenal sebagai produsen berbagai barang kebutuhan ibu dan bayi, adalah Johnson’s Baby. Dengan ekstrak beras dan susu, Johnson’s Milk + Rice Hair and Body Baby Bath diciptakan untuk membantu menghaluskan dan melembutkan kulit bayi.

Produk ini dirancang dengan pelembap, multivitamin, dan mineral untuk membuat kulit bayi Anda tetap sehat seiring dengan pertumbuhannya. Telah teruji oleh dermatologi, memiliki pH seimbang, dan hypoallergenic, tak ada alasan lain untuk melewatkan sampo ini, bukan?

Bahan utama Protein susu, ekstrak beras, multivitamin, dan mineral
Klaim hypoallergenic Ya
Ukuran 500 mL
Kisaran harga Rp61.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Mommy Time 2 in 1 Baby Soap & Shampoo

blank

Sumber: Mommytime.id

Produk multiguna dengan bahan organik

Produk yang satu ini adalah sabun sekaligus sampo yang mengandung organic bio extract, ekstrak chamomile, dan aloe vera untuk merawat kesehatan kulit tubuh dan rambut bayi. Sebagai sabun, produk ini mampu membersihkan tubuh secara lembut serta memberikan kesegaran setelah mandi.

Sedangkan sebagai sampo, Mommy Time 2 in 1 Baby Soap & Shampoo mampu memelihara kebersihan dan menjaga kesuburan rambut bayi hingga terlihat indah dan terawat. Produk multiguna ini aman digunakan oleh bayi yang memiliki kulit sensitif.

Bahan utama Organic bio extract, ekstrak chamomile, dan aloe vera
Klaim hypoallergenic Tidak disebutkan
Ukuran 250 mL
Kisaran harga Rp50.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Shampo Bayi

Produk Mustela Gentle Shampoo MOMAMI Happy Hair Wash Cetaphil Baby Shampoo SANOSAN Bath & Shampoo Aveeno Baby Wash & Shampoo Buds Everyday Shampoo Baby Sebamed Children’s Shampoo Pigeon Baby Wash 2in1 Johnson’s Milk Rice Hair and Body Baby Bath Mommy Time 2in1 Baby Soap & Shampoo
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bahan utama Avocado perseose, ekstrak chamomile Royal jelly, soybean protein, dan rice bran oil Aloe vera, camomile dengan pH seimbang Allantoin, protein susu, ekstrak zaitun organik Natural oat extract Aloe vera, jojoba oil, dan vitamin E Botanical extracts, chamomile, coco glucosides Jojoba dan chamomile Protein susu, ekstrak beras, multivitamin, dan mineral Organic bio extract, ekstrak chamomile, dan aloe vera
Klaim hypoallergenic Ya Ya Ya Ya Ya Tidak disebutkan Tidak disebutkan Ya Ya Tidak disebutkan
Ukuran 200 mL 250 mL 200 mL 200 mL 354 mL 225 mL 150 mL 400 mL 500 mL 250 mL
Kisaran harga Rp120.000 Rp89.000 Rp84.000 Rp92.000 Rp147.000 Rp229.900 Rp98.500 Rp56.000 Rp61.000 Rp50.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Yuk, cek rekomendasi produk perawatan bayi dari PickyBest lainnya!

Anda, sebagai oarng tua, tentu ingin si kecil senantiasa bersih, wangi, dan terjaga kelembutan kulitnya. Selain mengaplikasikan sampo khusus bayi, pastikan Anda gunakan pula sabun mandi hingga produk perawatan pasca mandi lainnya.

Pada artikel-artikel berikut, kami pilihkan produk perawatan bayi yang mungkin Anda tertarik untuk memilikinya. Dari mulai sabun mandi, body lotion, baby cream, hingga bedak, semua dapat Anda pilih sesuai kebutuhan bayi Anda.

Kesimpulan

Memandikan bayi adalah momen ikatan antara orang tua dan bayi menjadi semakin erat. Momen tersebut jangan sampai rusak karena sampo bayi yang digunakan menimbulkan iritasi pada kulit kepala atau mata bayi Anda. Gunakan sampo bayi yang lembut dan aman bagi bayi dengan kandungan bahan alami untuk menghindari masalah pada kulitnya.

Uraian tentang cara memilih sampo bayi serta rekomendasi sepuluh produk sampo bayi telah kami hadirkan dalam artikel ini. Sekarang, Anda tinggal menentukan sampo bayi mana yang paling cocok untuk digunakan, sehingga Anda tak perlu khawatir lagi pada saat membersihkan bayi Anda. Selamat menikmati momen kebersamaan!

Referensi

The 10 Best Baby Shampoos and Body Washes for 2021
https://www.healthline.com/health/parenting/best-baby-shampoos diakses pada 7 Maret 2021

Kapan Rambut Bayi Boleh Dicuci dengan Shampo?
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3614696/kapan-rambut-bayi-boleh-dicuci-dengan-shampo diakses pada 7 Maret 2021

Best Baby Shampoos and Washes
https://www.whattoexpect.com/baby-products/baby-care/best-baby-shampoos/ diakses pada 7 Maret 2021

Best Baby Shampoo & Body Wash of 2021
https://momlovesbest.com/baby-bath-products diakses pada 7 Maret 2021

Ask EWG: What is “fragrance”?
https://www.ewg.org/enviroblog/2007/12/ask-ewg-what-fragrance diakses pada 7 Maret 2021

Orang Tua Perlu Tahu Sabun dan Sampo yang Aman untuk Kulit Bayi
https://www.alodokter.com/orang-tua-perlu-tahu-sabun-dan-sampo-yang-aman-untuk-kulit-bayi diakses pada 7 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.