Written by 23:15 Elektronik

10 Merk Food Processor Terbaik dan Paling Bagus

Kenwood FDM307SS Food Processor

Food processor akan membuat kegiatan menyiapkan makanan menjadi lebih mudah. Dibandingkan blender, food processor mampu mengolah dengan berbagai cara dan hasil. Anda bisa memotong bawang, memarut wortel, menguleni adonan roti atau kue, menggiling daging, sampai membuat makanan bayi (MPASI).

Untuk mengolah makanan, food processor bisa melakukannya tanpa memerlukan air layaknya memakai blender. Namun, bahan makanan yang hendak diolah harus disiapkan terlebih dahulu. Misalnya Anda ingin menghaluskan bawang putih, maka kulit bawang putih harus sudah dikupas atau membuang batang cabai sebelum dimasukkan ke dalam food processor.

Bermacam fungsi yang dimiliki oleh food processor tak lain karena banyaknya pilihan cakram dan pisau, seperti cakram pemotong sayur, cakram pemotong kentang,  dan pisau pengaduk adonan. Jadi, Anda hanya perlu menyesuaikan jenis cakram atau bilau pisau yang digunakan dengan jenis makanan yang ingin diolah. Tenang saja, cakram dan pisau pada food processor dirancang agar mudah dibongkar pasang.

10 Rekomendasi Food Processor Terbaik untuk Menggiling Daging Bakso dan Makanan Bayi (MPASI)

Anda berencana membeli food processor? Sebaiknya Anda ketahui dulu cara memilihnya. Pertama-tama, pastikan Anda periksa fungsi yang disuguhkan, termasuk mengecek kelengkapan bilah pisau atau cakramnya. Selanjutnya, belilah food processor yang jenisnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada food processor manual yang dioperasikan dengan tangan atau food processor elektrik dengan daya listirk sebagai sumber tenaga mesinnya.

Di samping itu, kapasitas dari setiap food processor berbeda. Pilihlah yang mencukupi kebutuhan seluruh anggota keluarga dan jumlah makanan yang ingin dibuat. Sebagai contoh, apabila Anda tinggal berempat dalam satu rumah, kapasitas minimal 2 liter sudah cukup. Ingatlah, semakin besar kapasitas food processor, maka perlu lokasi penempatan (untuk tipe stasioner) yang juga cukup luas.

Anda tentu ingin menjaga alat tetap higienis, bukan? Untuk itu, pikirkan juga perihal kemudahannya membersihkan komponen yang dimiliki, terutama untuk mata pisau dan mangkuk wadahnya. Bila memungkinkan, belilah produk yang mudah dibongkar pasang sehingga Anda bisa bersihkan menggunakan dishwasher.

Sekarang, mari tengok sepuluh rekomendasi food processor terbaik yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan. Ingatlah, alat yang memiliki fungsi khusus biasanya memiliki peralatan tambahan lebih banyak dan membuat harganya pun melonjak tinggi. Jadi, jangan lupakan untuk memilih produk dengan melihat isi dompet Anda, ya!

1. Panasonic MKF800SSR Food Processor

Panasonic MKF800SSR Food Processor

Kisaran harga: Rp4.928.000

Buat beraneka hidangan, mulai dari appetizer hingga dessert!

Panasonic adalah pabrikan elektronik yang disenangi karena produk-produk berkualitas buatannya. Salah satu food processor paling bagus darinya, Panasonic MKF800SSR, hadir dengan fitur 5 auto menu untuk memainkan ke-33 fungsi  secara otomatis. Memotong  bawang, menggiling daging, melumat kacang, mengiris daging, ataupun menghancurkan makanan beku, semuanya bisa!

Canggihnya lagi, food processor ini bukan hanya mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan tersebut, namun bisa pula Anda andalkan untuk membuat jus segar. Keseluruhan jenis mata pisau berdasarkan fungsinya sangat tajam dan ideal untuk menghasilkan potongan yang merata. Wadah Tritan yang bebas BPA (bisphenol-A) membuatnya semakin aman. Satu lagi, jug yang durable pada produk ini bisa dicuci di mesin pencuci piring.

2. Kenwood FDM307SS Food Processor

Kenwood FDM307SS Food Processor

Kisaran harga: Rp2.999.900

Dilengkapi wadah blender kaca berkapasitas 1,2 liter, juicer, multi mill, dan press jeruk

Material mata pisau berupa stainless steel menjadikannya bukan cuma tajam, tetapi tahan karat dan lebih tahan lama. Kenwood merancang mangkuk wadah food processor berkapasitas 2,1 liter dari bahan plastik, sedangkan badan pelindung mesinnya dari brushed metal yang kukuh dan nampak sleek.

Kenwood FDM307SS dibekali teknologi penggerak in-bowl yang memungkinkan Anda hasilkan pencampuran dalam jumlah lebih besar dan merata. Setiap komponen pada food processor yang bagus berkebutuhan listrik 800 watt ini gampang dibongkar pasang. Bahkan, Anda bisa mencopot dan memasukkannya langsung ke mesin pencuci piring.

3. Vienta Flexie Food Processor

Vienta Flexie Food Processor

Kisaran harga: Rp2.180.000

Teknologi double safety switch yang cegah motor beroperasi bila tutup jug tidak terpasang sempurna

Tenaga motor dari Vienta Flexie Food Processor sangat kuat sehingga hasil pencacahan, penghalusan, atau pelumatan beberapa jenis bahan berlangsung cepat dan optimal. Tenang saja, teknologi overheat motor protector yang dicatutkan memungkinkan motor mati secara otomatis untuk mendinginkan dirinya sebelum bisa Anda pakai kembali. Aman!

Tentu belum selesai sampai situ, produk ini juga semakin aman dari kelalaian pengguna karena motor tidak akan berfungsi apabila jug atau grinder cup-nya tidak tertutup sempurna. Di bagian kakinya terdapat karet yang kukuh, membuat alat semakin ajek dan tidak mudah bergeser saat dioperasikan. Satu lagi, food processor yang juga ahli untuk menumbuk biji-bijian dan bumbu rempah ini menawarkan 11 fungsi dalam 1 alat.

4. Cosmos FP-300 Food Processor

Cosmos FP 300 Food Processor

Kisaran harga: Rp172.000

Daya listrik yang diperlukan antara 100 – 180 watt. Low watt!

Dikenal juga dengan Cosmos Chopper FP-300 Blender, alat elektronik ini mempunyai desain yang unik karena menyerupai kapsul. Apabila Anda mencari food processor yang murah, pilih saja produk ini. Anda bukan hanya terbantu untuk urusan menghaluskan bumbu dapur, melainkan membuat jus hingga makanan pendamping ASI untuk bayi juga dimampukannya.

Cosmos menyuguhkan wadah utama dengan kapasitas 300 ml. Komponen mata pisau dan grinder yang tersusun dari material stainless steel menjadikannya lebih awet dan tidak mudah berkarat. Satu lagi, produk ini juga tergolong hemat listrik karena hanya mengonsumsi daya sebanyak 100 – 180 watt.

5. OONEW Petite Baby Pure Food Processor 4 in 1 Steamer Blender

OONEW Petite Baby Pure Food Processor 4 in 1 Steamer Blender

Kisaran harga: Rp1.586.000

Fungsi 4 dalam 1 dengan kebutuhan listrik 120 – 400 watt

Apakah Anda sedang membutuhkan food processor yang dapat pula dimanfaatkan untuk membuat bubur bayi dengan tekstur lembut secara merata? Milikilah produk dari OONEW ini! Dirancang dengan teknologi steaming yang telah dipatenkan, hasil olahan bubur atau makanan bayi akan lembut dan merata.

Menyinggung fiturnya, food processor terbaik ini menyuguhkan 4 fungsi dalam 1 unit, yaitu chopping (mencincang), defrosting (mencairkan), steaming (mengukus), dan blending (mencampur). Dengan blending jar berdaya tampung 600 ml dan kapasitas tangki air sebanyak 280 ml, Anda bisa buat lebih banyak smoothies atau bubur bayi secara effortless.

6. Philips HR-7627 Food Processor

Philips HR 7627 Food Processor

Kisaran harga: Rp930.529

Food processor berdaya listrik 650 watt tanpa batang panjang di bagian tengah mangkuk

Buat pekerjaan dapur Anda lebih ringan dengan bantuan food processor besutan Philips ini. Tersedia mangkuk berkapasitas 2 liter dengan tangki air berdaya tampung 1,75 liter. Produk ini dilengkapi dengan 5 jenis pisau berbahan baja yang tajam, kuat, dan anti karat. Keseluruhan pisau ini mampu mencacah bawang, kacang, daging, dan bahkan membuat adonan kue pai dengan cepat dan mudah.

Teknologi PowerChop yang disematkan pada struktur pisaunya membuat setiap potongan lebih sempurna. Philips HR-7627 menawarkan 2 pilihan kecepatan yang dapat disesuaikan berdasarkan hidangan yang ingin dibuat. Satu lagi, dengan food processor ini, Anda tidak perlu takut cairan jus ataupun sari sauran merembes sehingga meja dapur tetap bersih.

7. MITOCHIBA CH-100 Food Chopper

MITOCHIBA CH 100 Food Chopper

Kisaran harga: Rp401.000

Cukup memangkas daya listrik 300 watt saja. Hemat, ya!

MITOCHIBA CH-100 Food Chopper masuk dalam kategori food processor terlaris di banyak marketplace besar di Indonesia. Tidak aneh mengingat fungsi alat ini yang berlimpah. Mulai dari fungsi memotong sayuran, menggiling daging, mencampur bahan makanan, mengocok telur, membuat jus dan minuman segar, hingga membuat MPASI anak dengan hasil bubur bertekstur lembut yang nyaman bagi bayi, segalanya mampu dilakukan olehnya!

Ingin membuat selai sendiri dari bahan-bahan di kulkas Anda? Masukkan saja kacang, stroberi, blueberry, atau buah-buahan lain dan dapatkan selai bertekstur padat hasil buatan sendiri! Dilengkapi 4 set mata pisau, 1 mangkuk chopper berukuran 1,5 liter dan 700 ml, Anda semakin leluasa menyesuaikan peralatan dengan jenis dan porsi hidangan yang ingin dibuat.

8. Philips Avent SCF870/20 Combined Steamer & Blender

Philips Avent SCF870 Combined Steamer Blender

Kisaran harga: Rp1.839.200

Hanya memerlukan daya listrik 400 watt, Anda bisa siapkan menu bubur bayi sehat penuh gizi

Philips Avent SCF870/20 adalah elektronik serbaguna yang memadukan fungsi food processor, steamer, dan blender ke dalam satu unit. Cukup merogoh budget besar di awal, kepuasan yang Anda rasakan akan sepadan dengan tawaran perfomanya. Bagaimana tidak, cukup dengan satu alat, Anda bisa mengukus, memblender, hingga mencacah aneka bahan makanan lebih cepat.

Selain membuat pekerjaan dapur Anda semakin ringan, alat ini juga disematkan teknologi unik yang membuat sirkulasi uap dari bawah ke atas ketika mengukus, membuat makanan di dalamnya matang dengan merata tanpa menurunkan kualitas nutrisinya. Setelah bahan makanan matang, Anda hanya perlu membalik wadahnya untuk melakukan proses blender karena telah didesain all in one jug. Canggih, unik, dan praktis!

9. Baby Safe Smart Baby Food Processor

Baby Safe Smart Baby Food Processor

Kisaran harga: Rp340.000

Material wadah bebas bisphenol-A dan telah memperoleh sertifikasi dari European Safety Standard

Mesin penghalus makanan dari food processor ini tidak akan bekerja apabila tutup wadahnya tidak terpasang dengan sempurna. Tentunya, fitur double safety lock ini memastikan keamanan dan memperkecil risiko kecelakaan akibat malafungsi. Standar keamanan tersebut telah diakui oleh European Safety Standard.

Selain aman, alat ini juga berukuran ringkas sehingga memiliki nilai praktis ketika dibawa bepergian. Sesuai namanya, alat ini dapat memudahkan proses pembuatan makanan bayi. Namun, tidak menjadi persoalan juga apabila Anda menggunakan Baby Safe Smart Baby Food Processor untuk membuat smothies dan olahan lembut lain.

10. Oxone OX-103 Revolving Food Processor & Mini Chopper

Oxone OX 103 Revolving Food Processor Mini Chopper

Kisaran harga: Rp155.000

Food processor dan mini chopper manual berharga ekonomis

Dari sembilan produk yang kami rekomendasikan, ternyata Anda mencari food processor yang dapat dipakai tanpa listrik atau manual? Jangan khawatir, di urutan paling ujung ini, kami sertakan food processor manual dari Oxone. Karena tidak mengandalkan tenaga mesin, alat ini tidak dirancang untuk banyak keperluan, seperti menggiling daging, tetapi sebatas menghaluskan berbagai macam bumbu.

Ukurannya pun ringkas sehingga cocok ketika Anda ingin membawa alat ini untuk berkontribusi saat ada tetangga yang ingin mengadakan pesta pernikahan dan perlu tenaga tambahan di dapur. Satu lagi, dengan harga yang tertera di atas, Anda akan dapatkan wadah food processor dan mini chopper yang masing-masing didesain ringkas dan elegan serta memiliki pisau anti karat.

Baca juga rekomendasi blender, juicer, dan mixer terbaik di sini!

Food processor memang mampu mencakup banyak kebutuhan mengolah beraneka bahan di dapur. Namun, jika Anda merasa keberatan dengan harga jual yang dipatok untuk beberapa produk, kami sarankan agar Anda beralih ke produk yang lebih terjangkau atau malahan memilih elektronik yang dibuat khusus untuk keperluannya masing-masing.

Misalnya, blender untuk membuat bumbu dan jus yang berserat, juicer yang dapat menyuguhkan olahan penuh gizi, atau mixer yang cocok untuk keperluan mengadoni kue. Masing-masing produk ini juga bisa Anda beli semisal kenyataannya Anda belum terlalu membutuhkan food processor. Nah, agar Anda tidak salah pilih, kami sudah menyiapkan artikel yang menjelaskan secara lengkap tips memilih produk sekaligus rekomendasi terbaiknya. Silakan dibaca, ya!

Kesimpulan

Pada daftar di atas, kami hanya merekomendasikan food processor terbaik dengan tipe stasioner. Sebenarnya, food processor juga memiliki bentuk lain yaitu stik. Tipe stik ini biasanya lebih andal dipakai untuk mengolah kentang yang ingin dijadikan perkedel, atau melumati buah untuk membuat smoothies. Kelebihan lainnya, food processor tipe stik tidak memerlukan wadah khusus karena Anda bisa gunakan mangkuk yang nantinya dijadikan mangkuk saji.

Meski banyak menyimpan kelebihan, sejatinya food processor bertipe stationary lebih unggul dari banyak sisi. Jadi, kami sarankan Anda yang ingin mengolah bahan makanan lebih sering untuk memilih food processor tipe stasoiner saja. Alasannya, tipe ini sangat membantu proses penyiapan lebih efisien karena Anda tidak harus memeganginya.

 

(Visited 31 times, 1 visits today)