Written by 20:52 Bayi & Anak

10 Merk Gendongan Bayi yang Bagus dan Paling Nyaman

Dialogue Baby 2 in 1 Sailor Series

Gendongan bayi dapat Anda pakai untuk ciptakan hubungan lebih intim dengan buah hati. Menggendong bayi juga bisa membantu Anda melakukan aktivitas harian sekaligus momong bayi agar tidak rewel akibat ditinggal sendirian. Gendongan bayi juga bisa dimanfaatkan untuk mengantarkan bayi tidur dengan pulas dan nyenyak.

Berbicara alat gendong bayi, di pasaran tersedia banyak pilihan dengan merek-merek terkenal, seperti Dialogue, Mooimom, Ergobaby, dan lain-lain. Walau hadir dengan bermacam varian, yang perlu ditekankan pertama ketika memilih gendongan bayi adalah memperhatikan aspek kenyamanan. Hal ini berhubungan dengan dua tipe utama dari gendongan bayi, yaitu tipe carry (pouch) yang menyerupai ransel dan tipe sling yang dipakai pada salah satu atau kedua pundak.

Gendongan bayi tipe carry atau pouch mirip dengan ransel, bisa dipasang di depan atau belakang dengan posisi tubuh bayi menghadap atau membelakangi penggendong. Alat gendong tipe ransel dapat mencegah terjadinya dislokasi sendi panggul bayi serta mencegah beban tidak seimbang pada pundak orang tua. Meski berukuran lebih besar daripada tipe sling, gendongan bertipe carry telah didesain agar tidak melelahkan bahu dan mengurangi nyeri bagian punggung.

10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik yang Aman dan Nyaman Dipakai

Bila Anda ingin gendongan untuk bayi yang bisa dipakai seiring bertambahnya usia bayi, Anda bisa membeli gendongan tipe sling. Gendongan ini berukuran compact, cara kerjanya dengan membungkus bayi untuk diposisikan di sebelah kanan atau kiri tubuh penggendong.

Jika Anda menginginkan gendongan bertipe sling, pastikan penggunaannya benar agar tidak menimbulkan masalah semacam dislokasi sendi panggul bayi, bayi terjatuh, atau kematian karena lemas. Sebaiknya Anda berlatih menggendong boneka sebelum memakai gendongan tipe sling ke bayi Anda.

Poin penting lain untuk diperhatikan sewaktu memilih gendongan bayi adalah memeriksa material yang digunakan. Utamakan produk dengan bahan kain yang lembut dan kukuh sehingga dapat dipakai untuk jangka waktu yang lama. Di samping itu, material yang breathable akan dapat menjaga kulit bayi tetap bernapas dan mengeluarkan uap panas akibat keringatnya.

Sebisa mungkin memilih bahan yang juga cepat menyerap keringat seperti katun, di mana bahan tersebut juga disarankan untuk kulit bayi yang sangat sensitif. Berikut kami cantumkan sepuluh produk gendongan bayi terbaik yang berbahan lembut, kuat, dan breathable. Jika boleh menyarankan, Anda bisa membeli dua alat gendong dengan fungsi berbeda untuk rentang usia tertentu. Mari memilih dengan bijak!

1. Moms Baby BuuBuu Hipseat Lullaby Series

MOMS BABY BuuBuu Hipseat Lullaby Series

Kisaran harga: Rp156.000

Mampu menahan bobot maksimal 20 kg dengan varian warna pink dan biru

Kenyamanan bayi adalah aspek utama yang harus dipertimbangkan tatkala membeli gendongan bayi. Pilihlah Moms Baby BuuBuu Hipseat Lullaby Series, produk berlingkar sabuk pinggang 60 – 109 cm ini dibekali bantalan untuk dudukan (hipseat) yang empuk. Bayi semakin nyaman karena kakinya tidak harus menggantung saat digendong.

Hipseat pada gendongan yang murah ini dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Tenang saja, Moms Baby menjamin keamanan bayi melalui tambahan tali gesper yang kuat mengikat tubuh. Tali bahunya juga empuk sehingga Anda dapat meminimalisir rasa sakit dan pegal ketika menggendong dalam waktu lama. Dengan kata lain, inilah gendongan bayi anti pegal yang Anda butuhkan!

2. Dialogue Baby 2 in 1 Sailor Series

Dialogue Baby 2 in 1 Sailor Series

Kisaran harga: Rp145.000

Dilengkapi penutup kepala yang lembut dan berbantalan empuk

Dialogue Baby 2 in 1 Sailor Series adalah gendongan bayi yang bagus tipe depan yang terbuat dari material kain twill PE embos. Produk ini didesain dengan karakter kartun yang lucu dan menggemaskan. Saat dipakai untuk menggendong si kecil, dirinya akan tampak imut berkat desain motif sailor yang terkesan fashionable ini.

Terdapat dua pilihan warna, yaitu merah, tosca, dan biru, cocok untuk Anda yang ingin mengoleksi dengan warna berbeda. Sebenarnya, gendongan ini juga untuk posisi piggyback ride (di punggung belakang) apabila anak Anda sudah berusia 1 tahun ke atas. Berdimensi 56 x 73 x 92 cm, gendongan yang modis dan fun ini diperuntukkan bagi bayi usia maksimal 24 bulan dan bobot maksimum 20 kg.

3. Baby Joy Hipseat Millie Series – BJG 3025

Baby Joy Hipseat Millie Series BJG 3025

Kisaran harga: Rp137.000

Leluasa dan aman saat beraktivitas berkat sifatnya yang hand free

Satu lagi gendongan bayi yang bagus tipe pouch nyaman untuk bayi hadir dari brand Baby Joy. Produk yang dapat menampung kapasitas maksimal 15 kg ini tersusun atas bahan dasar twill PE 30s yang berpermukaan lembut dan nyaman. Anda bisa pakai Hipseat Millie Series – BJG 3025 untuk menggendong meski matahari terang menyinari.

Adanya kupluk atau topi penutup menjadi pelindung kepala bayi agar tidak kepanasan. Di samping itu, gendongan ini bisa digunakan untuk posisi menggendong seperti kantong kanguru atau backpack. Satu lagi, Baby Joy juga melengkapi saku tempel pada bagian depan yang dapat digunakan untuk menaruh tisu atau barang keperluan lain.

4. Mooimom Casual Hipseat Carrier

Mooimom Casual Hipseat Carrier

Kisaran harga: Rp399.000

Bisa dipakai bergantian dengan sang ayah

Beban pada bahu dan pinggang dapat berkurang apabila Anda menggendong buah hati dengan produk ini. Mooimom menjamin produk keluarannya bakal kurangi efek pegal pada kedua area tersebut sebab tali pundak yang empuk. Gendongan bayi berbahan 100% polyester ini mempunyai sabuk yang dapat diatur kelonggarannya sesuai keperluan sehingga lebih stabil ketika digunakan.

Waistband gendongan yang lebar lengkap dengan velcro dan strap pengunci dan pengencang yang lebar, menjadikan posisi menggendong lebih pas di badan. Cushion seat-nya didesain ergonomis sehingga nyaman diduduki oleh bayi Anda. Produk yang dapat menahan berat bayi mencapai 20 kg ini ideal untuk dipakai anak usia 3 – 36 bulan.

5. Miatrono Baby Sling Carrier

Miatrono Baby Sling Carrier

Kisaran harga: Rp109.000

Sangat instan menggendong anak dengan 5 posisi

Gendongan tipe sling ini diciptakan dengan beberapa warna, seperti merah, navy, maroon, biru, dusty blue, dan hitam. Bahan berupa katun drill berpori menjadikannya breathable sehingga meminimalisir produksi keringat pada tubuh bayi. Berkat material tersebut, gendongan bayi berikut 20% lebih ringan dari sling carry lain.

Bagian dudukan sebagai alas badan atas hingga pantat bayi dapat dilebarkan sesuai ukuran tubuh bayi Anda. Miatrono merancang gendongan ini dari bahan lembut yang nyaman untuk kulit bayi sensitif. Kelebihan lainnya, di bagian pundak gendongan dirancang bantalan setebal 2 cm untuk mengurangi beban pada bahu Anda.

6. Baby Safe BC006 Hipseat

Baby Safe BC006 Hipseat

Kisaran harga: Rp345.000

Cocok untuk bayi hingga usia 3 tahun (batita)

Baby Safe BC006 Hipseat dirancang dengan mengutamakan aspek keamanan dan ketahanan. Bahan katun dan expanded polypropylene berkualitas dipilih untuk menyusun gendongan ini, membuat bayi dapat rasakan efek tenang, nyaman, dan sejuk meski digendong dalam waktu lama. Baby Safe juga memastikan produk besutannya ini memenuhi standar keamanan internasional sehingga sangat aman untuk buah hati.

Menawarkan 3 gaya menggendong berbeda, untuk di depan, belakang, atau digendong dengan sling position bagi bayi baru lahir (newborn). Seiring meningkatnya usia, gendongan bayi dari Baby Safe ini dapat diatur posisinya, mulai dari face to face, back carrying, front facing, hingga back carrying. Tempat duduk yang tebal bukan cuma empuk buat bayi, tetapi juga mencegah risiko dislokasi tulang pinggul balita.

7. Aiebao 6604 Multifunction 11 in 1 Hipseat

Aiebao 6604 Multifunction 11 in 1 Hipseat

Kisaran harga: Rp810.000

Nyaman dipakai untuk anak 0 – 36 bulan

Aiebao memilihkan bahan berupa expanded polypropylene (EPP) untuk merumuskan gendongan bayi ini, menjadikannya efektif dalam menyerap getaran. Selain itu, tempat duduk dan bantalan alas yang empuk dan nyaman pada produk ini dapat dibongkar pasang dengan mudah.

Selaras dengan namanya, Aiebao 6604 disebut gendongan bayi multifungsi karena mencakup hingga 11 posisi menggendong. Tidak terlewat, tudung penutup kepala yang melengkapi produk memungkinkan bayi Anda terhindar dari sengatan matahari langsung. Satu lagi yang menarik, gendongan ini telah dibekali sistem double safety, pengaman gesekan pada paha, dan mampu mencegah kaki berbentuk O.

8. Ergobaby Four Position 360 Carrier – Grey

Ergobaby Four Position 360 Carrier – Grey

Kisaran harga: Rp2.694.000

Beri kenyamanan ekstra untuk ibu dan buah hati

Perpaduan 100% katun kanvas dan katun poplin lining dalam gendongan bayi Ergobaby memberikan kenyamanan ekstra bagi tubuh dan kulit bayi. Sesuai nama produk, Anda bisa menggendong anak dengan posisi front inward (menghadap penggendong), front outward (membelakangi penggendong), hip (menyamping), dan back (di belakang menghadap punggung penggendong).

Bahan katun lembut yang digunakan tidak akan menimbulkan alergi. Strap yang fully adjustable dapat Anda sesuaikan berdasarkan ukuran dan berat tubuh bayi. Tenang saja, gendongan warna abu-abu untuk anak usia 0 – 2 tahun ini telah terjamin keamanannya karena memenuhi sertifikasi berstandar Eropa.

9. Baby Scots TQ010 Hipseat Carrier

Baby Scots TQ010 Hipseat Carrier

Kisaran harga: Rp414.000

Biarkan si kecil tidur nyenyak sembari digendong dengan 6 pilihan posisi kesukaannya

Baby Scots berani memberi garansi penuh berupa kenyamanan, bukan cuma buat bayi, tetapi juga Anda yang akan menemani tumbuh kembang buah hati dari hari ke hari. Untuk gendongan bayi seri ini, Baby Scots mengandalkan katun dan polyester grade tinggi dengan karakteristik halus dan menyejukkan saat mengenai kulit sensitif bayi.

Sementara bagian dudukannya, TQ10 Hipseat Carrier terbuat dari styrofoam yang dimampatkan sehingga membentuk alas duduk yang lux, nyaman, dan aman. Bahkan, Anda bisa membersihkan gendongan ini dengan tangan untuk menjaga tumpukan debu dan bakteri pada kain. Satu lagi, produk ini memiliki tali bahu dan waistband yang lebar yang dapat mendistribusikan bobot bayi secara merata.

10. Baby K’Tan Baby Carrier Breeze – Black

Baby KTan Baby Carrier Breeze Black

Kisaran harga: Rp640.000

Bisa untuk 5 posisi: kangaroo, explore, hug, adventure, dan hip position

Apabila Anda menginginkan gendongan bayi yang tidak merepotkan ketika dibawa bepergian, produk satu ini kami rekomendasikan. Baby K’Tan Baby Carrier dirancang dari bahan kapas mesh yang breathable untuk menjamin bayi tidak merasa gerah saat badannya terhimpit kain gendongan berkat adanya ruang udara pada material tersebut.

Di samping itu, desain double loop ringan dan kompak seperti selempang yang telah dipatenkan, memberi dukungan posisi menggendong yang terstruktur untuk meratakan beban ke kedua pundak. Produk yang juga aman untuk naik motor ini memberikan Anda privasi ketika ingin menyusui buah hati. Sifat bahan yang dimilikinya kuat dari gesekan kencang sehingga memungkinkan Anda mencuci gendongan ini dengan mesin cuci dan mengeringkannya dengan mesin pengering.

Kesimpulan

Apabila Anda sudah menentukan gendongan bayi terbaik dalam deretan daftar rekomendasi di atas, hal berikutnya untuk diketahui adalah cara menggendong bayi yang benar. Agar bayi tidak mengalami cidera, Anda dapat menggendong bayi baru lahir (newborn) dengan posisi side hold. Jika ingin menggendong dengan posisi vertical lattice atau tatap muka, pastikan mencegah bagian depan bayi agar tidak terlalu mendesak badan Anda.

Menggendong dengan gaya menghadap depan (hold forward) juga bisa menjadi opsi untuk membuat anak lebih berani. Untuk beberapa saat, anak Anda mungkin kurang nyaman karena tegang dan merasa takut, tetapi lama kelamaan bayi Anda akan terbiasa dan senang sebab bisa menengok berbagai pemandangan di sekitarnya. Ada pula gaya menggendong di pinggul (hold your hips) dan di belakang punggung (piggyback ride) sebagai opsi lain agar bayi tidak bosan dengan posisi digendong yang sama terus-menerus.

(Visited 44 times, 4 visits today)