Written by 01:07 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi

Secara alami, bayi memiliki kebutuhan dasar untuk mengisap, bahkan sejak dalam kandungan. Kegiatan mengisap dapat membuat bayi merasa nyaman. Oleh karenanya, banyak orang tua memberikan empeng kepada anaknya agar tidak rewel.

Di pasaran terdapat beragam merek empeng seperti Philips, Dr. Brown’s, Pigeon, dan yang lainnya. Apabila Anda berencana memberikan empeng untuk si buah hati, ada sederet aspek yang perlu menjadi bahan pertimbangan. Supaya lebih mudah, simak cara memilih produk beserta rekomendasi terbaiknya bersama kami, yuk!

Cara Memilih Empeng (Dot) untuk Bayi

Tak boleh sembarangan membeli produk, Anda perlu memastikan untuk memilih empeng yang tepat. Berikut kami berikan tips untuk membantu Anda.

Tentukan Bahan Empeng yang Cocok untuk Bayi Anda, Silikon atau Karet Alami?

Jika Anda menginginkan produk yang lebih ramah lingkungan, empeng berbahan karet alami bisa Anda pertimbangkan. Tidak hanya biodegradable atau dapat terurai sendiri, empeng berbahan karet alami juga tidak mengandung paraben, ftalat, serta pewarna berbahan kimia. Anda pun bebas dari rasa khawatir saat si kecil mengisapnya.

Namun, empeng ini tidak cocok jika bayi Anda alergi terhadap lateks. Selain itu, bahan karet juga cenderung mudah berubah bentuk saat diisap bayi. Jadi, untuk Anda yang menginginkan empeng yang lebih awet, pilihlah yang berbahan silikon. Bahan ini lebih kuat dibandingkan karet alami yang semakin lama semakin melar. Harganya pun relatif lebih terjangkau.

Baik empeng berbahan silikon atau karet alami, selalu pastikan Anda memilih empeng yang nyaman digunakan oleh bayi Anda serta sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang terpenting, jangan lupa untuk memilih produk  berlabel BPA free. Label ini menunjukkan bahwa suatu produk tidak mengandung zat kimia Bisphenol-A yang berbahaya bagi kesehatan.

Bila Memungkinkan, Pilihlah Empeng sesuai Usia Bayi

Selanjutnya yaitu sesuaikanlah ukuran empeng dengan usia bayi Anda. Empeng yang terlalu besar atau terlalu kecil akan terasa tidak nyaman bagi bayi, bahkan bisa membahayakan. Perhatikan juga ukuran perisai empeng. Untuk menghindari bayi tersedak sebaiknya perisai berdiameter sekitar 4 cm.

Umumnya, empeng dijual dalam tiga ukuran sesuai usia bayi, yakni ukuran S untuk bayi usia enam tahun ke bawah, M untuk usia enam hingga delapan belas bulan, sedangkan di atas delapan belas bulan menggunakan ukuran L.

Namun, tidak semua merek memiliki ukuran yang sama. Hal ini disebabkan oleh perbedaan bahan dan bentuk masing-masing merek empeng. Jadi, teliti betul produk yang hendak Anda beli agar tak keliru memilihnya.

Pilih Bentuk Bulb yang Paling Nyaman untuk Bayi Anda

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bayi Anda saat menggunakan empeng adalah bulb atau dotnya. Ada dua jenis bulb yang biasa kita jumpai, yakni pipih dan bulat. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa Anda pilih sesuai kenyamanan bayi.

Bulb berbentuk pipih akan melebar saat diisap yang bisa membuat bayi merasa nyaman. Selain itu, bayi juga dapat terhindar dari risiko crossbite, yakni kondisi gigi atas dan gigi bawah tidak simetris.

Sementara itu, bentuk bulb bulat dapat menjadi pilihan karena simetris, Anda tidak perlu khawatir empeng akan terbalik saat memakaikannya pada si kecil. Bulb berbentuk bulat memberikan kenyamanan seperti sedang menyusu.

Pertimbangkan Memilih Produk yang Dilengkapi Fitur Tambahan

Selain pertimbangan di atas, Anda juga mungkin ingin memilih empeng dengan fitur-fitur tambahan sesuai kebutuhan Anda dan si buah hati. Anda bisa memilih produk dengan fitur ortodontik, glow in the dark, atau yang dilengkapi dengan penutup.

Kurangi Risiko Kelainan Pertumbuhan Gigi dengan Empeng Ortodontik

Khawatir akan pertumbuhan gigi bayi jika menggunakan empeng? Anda bisa memilih empeng ortodontik. Dengan memakai empeng jenis ini, kecil kemungkinanan bayi Anda akan mengalami risiko gigi yang tidak sejajar atau berjejal dibandingkan empeng nonortodontik.

Empeng Tak Mudah Hilang dengan Fitur Glow in The Dark

Sumber: Smilobaby.com

Untuk Anda yang mudah kehilangan barang-barang kecil, empeng glow in the dark bisa menjadi pilihan. Empeng akan menyala di tempat redup sehingga lebih mudah terlihat dan memudahkan Anda saat pencarian. Selain itu, empeng jenis ini juga terlihat menarik dan membuat bayi Anda semakin stylish.

Tambahan Penutup Membuat Empeng Lebih Higienis

Empeng adalah alat yang dipakai di dalam mulut bayi. Untuk memastikannya tetap higienis, Anda bisa memilih empeng yang memiliki penutup. Dengan begini, Anda bisa menutup bulb empeng saat sedang tidak digunakan.

Empeng dengan penutup juga lebih travel friendly karena dapat dimasukkan ke tas dalam keadaan tetap bersih hingga saatnya digunakan.

10 Rekomendasi Empeng (Dot) Terbaik untuk Bayi

Berikut, kami pilihkan sepuluh produk empeng yang beberapa di antaranya mengantongi spesifikasi dan keunggulan tertentu. Pilihlah empeng yang nyaman diisap bayi, serta mudah Anda rawat kebersihannya, ya!

1. Philips Avent Ultra Air Pacifier 0-6m

Kulit tetap sejuk dengan empat lubang besar

Produk ini memiliki shield yang ringan dengan empat lubang besar yang membuat kulit bayi Anda tetap bernapas dengan leluasa. Tak hanya ringan dan breathable, perisai empeng dari Philips Avent ini juga memiliki tepian yang bulat sehingga nyaman di kulit bayi.

Anda juga tidak perlu khawatir akan perkembangan gigi bayi Anda. Dot silikonnya didesain dengan bentuk yang tidak mengganggu perkembangan gigi dan gusi anak. Yang tak kalah menariknya, produk ini juga dilengkapi wadah yang memudahkan Anda untuk membawanya bepergian sekaligus berfungsi sebagai sterilizer.

Usia0 – 6 bulan
Material empengSilikon
Bentuk bulbPipih
BPA freeYa
Isi2 pcs
Fitur dan kelebihan
  • 4 extra air holes, breathable for sensitive skin
  • Round edges, lebih nyaman
  • Orthodontic soft & silky cherry, ramah untuk perkembangan gigi
  • 98% teat acceptance
  • Sterilisation & carrying case
Kisaran hargaRp200.000

2. Dr. Brown’s HappyPaci™ Silicone Pacifiers

Sumber: Drbrowns.id

Mudah digunakan bayi berkat bulb yang serupa dot botol susu

Berbahan silikon lembut dan lentur serta bentuknya yang seperti dot botol susu yang familier, Anda dapat dengan mudah memberikan empeng ini kepada si kecil. Bentuk shield-nya yang sesuai hidung dan pipi bayi, membuat bayi merasa nyaman saat mengisap.

Usia0 – 6 bulan
Material empengSilikon
Bentuk bulbBulat
BPA freeYa
Isi1 pc
Fitur dan kelebihan
  • Medical grade silicone
  • Bahan lembut, lentur, ringan, bentuk shield menyesuaikan hidung dan pipi bayi
  • Bulb menyerupai nipple botol susu, memperkenalkan empeng pada bayi menjadi lebih mudah
Kisaran hargaRp60.000

3. Pigeon Silicone Pacifier Minnie Size M

Sumber: Shopee.co.id

Gambar yang lucu cocok untuk anak perempuan

Tidak hanya dotnya yang elastis dan lembut, Pigeon Silicone Pacifier Minnie memiliki desain gambar dan warna yang lucu. Empeng ini bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki bayi perempuan berusia di atas tiga bulan. Produk ini juga dilengkapi penutup yang menjaganya tetap bersih saat tidak sedang digunakan.

Usia3 bulan ke atas
Material empengSilikon
Bentuk bulbPipih
BPA FreeYa
Isi1 pc
Fitur
  • Bentuk dan elastisitas dot dirancang sesuai untuk mulut bayi
  • Dilengkapi penutup agar empeng tetap higienis
Kisaran hargaRp79.000

4. Reliable Empeng Aurora Size L

Desain ortho mendukung perkembangan mulut yang optimal

Untuk Anda yang sedang mencari empeng untuk si buah hati yang sudah berusia delapan bulan, Anda bisa mempertimbangkan Reliable Empeng Aurora Size L. Produk ini juga memiliki desain ortho agar perkembangan mulut bayi menjadi optimal. Bahan tutupnya yang terbuat dari polypropylene merupakan bahan terbaik sehingga aman bagi bayi Anda.

Usia8 bulan ke atas
Material empengSilikon
Bentuk bulbPipih
BPA FreeYa
Isi1 pc
Fitur dan kelebihanDot ortho super elastis
Kisaran hargaRp24.500

5. Putti Atti Silicone Pacifier

Bebas bingung puting dengan nipple yang mirip puting ibu

Dengan empeng ini, Anda tidak perlu lagi khawatir bayi akan bingung puting. Pasalnya, produk ini memiliki dot yang lembut dan bentuknya mirip puting ibu sehingga mengurangi risiko bingung puting. Jadi, Anda bisa tetap lanjut menyusui dengan nyaman.

Produk ini juga dilengkapi lubang udara pada bagian perisai agar tidak menempel di pipi bayi. Untuk membersihkannya, Anda dapat menerapkan steam, rebus, atau bisa juga disterilisasi menggunakan UV.

Usia6 – 18 bulan
Material empeng100% Liquid Silicone Rubber (LSR)
Bentuk bulbBulat
BPA FreeYa
Isi2 pcs
Fitur dan kelebihan
  • Endocrine disrupter free
  • Carefully designed for baby’s dental impression
  • Air tunnel prevents pacifiers from absorbing baby’s chicks
  • Snap-on protective cap protects from germ exposure
Kisaran hargaRp142.500

6. Dentistar Double Pacifier Size 1

Sumber: Dentistar.eu

Empeng dengan shield rata rekomendasi para dokter gigi

Direkomendasikan oleh para dokter gigi dan ortodontis, empeng dari Dentistar ini mampu mencegah pertumbuhan gigi yang tidak rata. Hal ini karena bentuk lekukan dot empeng yang unik menyesuaikan dengan gigi anak.

Selain dotnya yang unik, perisai empeng ini juga memiliki desain yang rata sehingga tidak menempel di kulit bayi. Cocok sekali jika bayi Anda memiliki kulit yang sensitif. Meski harus merogoh kocek agak dalam, rasanya cukup sepadan dengan kualitas yang Anda dan si buah hati dapatkan dari produk ini.

Usia0 – 6 bulan
Material empengSilikon
Bentuk bulbPipih
BPA FreeYa
Isi2 pcs
Fitur dan kelebihan
  • Proven to prevent tooth misalignment
  • Extra flat shaft
  • 90% less pressure on jaws and teeth***
  • More space for the tongue
  • Awarded Toothfriendly Association e.V.
Kisaran hargaRp247.500

7. Hevea Classic Pacifier Ortho – Star & Moon

Berbahan karet yang ramah lingkungan

Menginginkan empeng dengan bahan yang ramah lingkungan? Anda bisa mempertimbangkan Hevea Classic Pacifier Ortho ke dalam wishlist Anda. Selain ramah lingkungan, produk ini juga aman bagi bayi karena bebas dari PVC, BPA, ftalat, dan pewarna buatan. Desainnya yang unik dengan lubang ventilasi menjadikan kulit bayi Anda dapat bernapas dengan leluasa.

Usia0 – 3 bulan
Material empengKaret alami
Bentuk bulbPipih
BPA FreeYa
Isi1 pcs
Fitur dan kelebihan
  • 100% natural rubber latex – people and planet friendly production
  • No PVC, BPA, phthalates and artificial colours
  • Soft and gentle on baby’s face
  • Uniquely designed ventilation holes
  • Hygienic solid design – eliminates bacteria
  • The ergonomically butterfly shape gives space for nose and chin
  • Prevents vacuum around the mouth
  • The stylish packaging made from FSC certified paper is ideal for gifting
Kisaran hargaRp139.000

8. MAM Night Pacifier 6+ Months

Sumber: Mambaby.com

Mudah dicari di malam hari dengan fitur glow in the dark

Untuk Anda yang sering kewalahan mencari empeng di malam hari, kami merekomendasikan MAM Night Pacifier. Fitur glow in the dark-nya memudahkan Anda dalam menemukan empeng saat gelap.

Empeng ini juga tidak mudah lepas dari mulut bayi berkat dot yang memiliki tekstur anti-slip dan bentuk perisai curved. Untuk membersihkannya, Anda bisa mensterilkan empeng ini di dalam microwave dengan wadah bawaannya.

Usia6 bulan ke atas
Material empengSilikon
Bentuk bulbPipih
BPA FreeYa
Isi1 pcs
Fitur dan kelebihan
  • Glow in the dark
  • Curved shield allows the pacifier to sit comfortably on baby’s face
  • Ultra soft silicone nipple stays comfortably in baby’s mouth due to the anti-slip texture
  • Symmetrical nipple ideal for baby’s jaw development
  • Textured surface and multiple small openings on the pacifier shield allow air to circulate and baby’s skin to breathe
  • Storage case is reusable and can be used in the microwave to sterilize pacifiers
Kisaran hargaRp63.200

9. Ninio 2 in 1 Full Silicone Pacifier & Teether

Empeng sekaligus teether dengan empat tekstur berbeda

Dengan produk ini, Anda sudah bisa mendapatkan empeng sekaligus teether sehingga Anda tidak perlu membeli dua jenis produk berbeda. Empengnya berfungsi untuk menenangkan dan memijat gusi bayi. Teether-nya dapat membantu menstimulasi pertumbuhan gigi dan meredakan gusi gatal ketika gigi hendak tumbuh.

Memiliki warna-warni yang menarik, produk ini juga menstimulasi visual serta kemampuan sensorik dan motorik bayi Anda. Harganya pun cukup terjangkau untuk fitur-fitur semenarik ini.

Usia4 bulan ke atas
Material empengSilikon
Bentuk bulbBulat
BPA FreeYa
Isi1 pc
Fitur dan kelebihan
  • 2 in 1 sebagai empeng & teether
  • Dilengkapi 4 tekstur berbeda untuk membantu pertumbuhan gigi
  • Lubang memudahkan untuk digenggam
  • Bentuk terang dan warna-warni menstimulasi pertumbuhan visual, motorik, dan sensorik
Kisaran hargaRp35.000

10. Dodo Soother SO50 with Holder

Sumber: Dodo.co.id

Dilengkapi rantai sehingga tidak mudah hilang

Selain dotnya yang terbuat dari silikon lembut dan bebas BPA, produk ini juga dilengkapi dengan tutup dan rantai. Rantai ini memastikan empeng tetap berada di dekat si kecil sehingga tidak mudah hilang. Namun, Anda perlu memberi perhatian ekstra saat bayi Anda sedang menggunakan empeng ini karena rantai dapat berisiko melilit.

UsiaTidak disebutkan
Material empengSilikon
Bentuk bulbPipih
BPA FreeYa
Isi1 pc
FiturDilengkapi tutup empeng dan rantai holder
Kisaran hargaRp27.675

Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Sebelum Memberikan Empeng pada Bayi

Empeng bermanfaat untuk menenangkan bayi ketika sedang rewel dan dapat memenuhi kebutuhan bayi untuk mengisap. Selain itu, penggunaan empeng juga dapat mengurangi risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) karena mulut bayi terus aktif mengisap. Oleh karenanya, banyak orang tua memberikan empeng kepada anaknya atas alasan-alasan ini.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa memberikan empeng saat Anda sedang menyusui dapat menyebabkan bayi bingung puting. Akibatnya, bayi tidak lagi mau menyusu langsung ke payudara ibu karena sudah terbiasa dengan dot empeng. Penggunaan empeng juga berpotensi mengganggu pertumbuhan gigi. Jadi, setelah si kecil berusia dua tahun, sebaiknya Anda menyapihnya dari empeng.

Tips Membersihkan Empeng Bayi agar Tak Menjadi Sarang Kuman dan Bakteri

Tentu Anda tidak ingin bayi Anda mengalami infeksi atau penyakit karena empengnya kotor, bukan? Untuk memastikan empeng yang diisap bayi Anda tidak menjadi sarang kuman, Anda perlu membersihkannya secara berkala.

Pertama, cuci empeng terlebih dahulu dengan air sabun hangat yang ditaruh di dalam mangkuk. Jika ingin menggunakan spons, pastikan Anda menggunakan spons yang bersih. Setelah itu, periksalah apakah ada bagian empeng yang retak atau rusak. Jika dot empeng terasa lengket setelah dicuci, Anda bisa membuangnya karena itu artinya empeng sudah tidak layak digunakan.

Setelah dibersihkan, sterilkan empeng dengan merendamnya di air panas atau gunakan sterilizer elektrik. Jangan lupa untuk mengikuti instruksi penggunaan agar empeng tidak rusak. Lalu keringkan dengan lap bersih dan simpan di wadah yang bersih dan tertutup rapat.

Tabel Perbandingan Empeng (Dot) untuk Bayi

ProdukPhilips Avent Ultra Air Pacifier 0-6mDr. Brown’s HappyPaci™ Silicone PacifiersPigeon Silicone Pacifier Minnie Size MReliable Empeng Aurora Size LPutti Atti Silicone PacifierDentistar Double Pacifier Size 1Hevea Classic Pacifier Ortho – Star &   MoonMAM Night Pacifier 6+ MonthsNinio 2 in 1 Full Silicone Pacifier &   TeetherDodo Soother SO50 with Holder
Usia0 – 6 bulan0 – 6 bulan3 bulan ke atas8 bulan ke atas6 – 18 bulan0 – 6 bulan0 – 3 bulan6 bulan ke atas4 bulan ke atasTidak disebutkan
Material empengSilikonSilikonSilikonSilikon100% Liquid Silicone Rubber (LSR)SilikonNatural rubberSilikonSilikonSilikon
Bentuk bulbPipihBulatPipihPipihBulatPipihPipihPipihBulatPipih
BPA freeYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Isi2 pcs1 pcs1 pcs1 pcs2 pcs2 pcs1 pcs1 pcs1 pcs1 pcs
Fitur4 extra air holes, breathable for sensitive skin, round edges,   lebih nyaman, orthodontic soft & silky cherry, ramah untuk perkembangan   gigi, 98% teat acceptance, sterilisation & carrying caseMedical grade silicone; bahan lembut, lentur, ringan; bentuk   shield menyesuaikan hidung dan pipi bayi; bulb menyerupai nipple botol susu,   memperkenalkan empeng pada bayi menjadi lebih mudahBentuk dan elastisitas dot dirancang sesuai untuk mulut bayi,   dilengkapi penutup agar empeng tetap higienisDot ortho super elastisEndocrine disrupter free, carefully designed for baby’s dental   impression, air tunnel prevents pacifiers from absorbing baby’s chicks,   snap-on protective cap protects from germ exposureProven to prevent tooth misalignment, extra flat shaft, 90%   less pressure on jaws and teeth***, more space for the tongue, awarded   toothfriendly association e.v.100% natural rubber latex; no pvc, bpa, phthalates and   artificial colours; soft and gentle on baby’s face; uniquely designed   ventilation holes; hygienic solid design – eliminates bacteria; the   ergonomically butterfly shape gives space for nose and chin; prevents vacuum   around the mouth; the stylish packaging made from fsc certified paper is   ideal for giftingGlow in the dark, curved shield allows the pacifier to sit   comfortably on baby’s face, ultra soft silicone nipple stays comfortably in   baby’s mouth due to the anti-slip texture , symmetrical nipple ideal for   baby’s jaw development, textured surface and multiple small openings on the   pacifier shield allow air to circulate and baby’s skin to breathe, storage   case is reusable and can be used in the microwave to sterilize pacifiers2 in 1 sebagai empeng & teether; dilengkapi 4 tekstur   berbeda untuk membantu pertumbuhan gigi; lubang memudahkan untuk digenggam;   bentuk terang dan warna-warni menstimulasi pertumbuhan visual, motorik, dan   sensorikDilengkapi tutup empeng dan rantai holder
Kisaran hargaRp200.000Rp60.000Rp79.000Rp24.500Rp142.500Rp247.500Rp139.000Rp63.200Rp35.000Rp27.675
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi produk perlengkapan bayi dari PickyBest lainnya!

Perlengkapan bayi harus terbuat dari bahan-bahan berkualitas, agar selain aman, juga lebih tahan lama. Tak hanya empeng, bayi juga memerlukan perlengkapan lain seperti botol susu hingga gendongan bayi, di samping produk body care-nya.

Bila Anda berencana membeli perlengkapan bayi lain seperti botol susu dan gendongan, kami telah rangkum produk rekomendasinya. Tak lupa, cara memilih produk juga kami sertakan. Baca pada dua artikel berikut, ya!

Kesimpulan

Mengisap empeng dapat membuat bayi merasa nyaman karena kebutuhannya akan mengisap terpenuhi sehingga bayi tidak rewel. Banyak orang tua yang merasa terbantu dengan adanya empeng. Apakah Anda salah satunya?

Meski demikian, tetap saja ada hal-hal yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda saat memilih empeng. Kami telah menjelaskan cara memilih empeng terbaik beserta sepuluh produk rekomendasi kami yang bisa masuk wishlist Anda. Semoga artikel ini membantu Anda mendapatkan empeng yang tepat!

Referensi

Pentingnya Label BPA Free pada Berbagai Alat yang Anda Gunakan
https://www.sehatq.com/artikel/pentingnya-label-bpa-free-pada-berbagai-alat-yang-anda-gunakan diakses pada 26 Januari 2021

Buying Guide to Pacifiers and Soothers for Baby
https://www.whattoexpect.com/pregnancy/preparing-for-baby/pacifier-buying-guide/ diakses pada 26 Januari 2021

Types Of Pacifiers: How To Choose The One That’s Right For Your Baby
https://www.colgate.com/en-us/oral-health/kids-oral-care/types-of-pacifiers-how-to-choose-the-one-thats-right-for-your-baby diakses pada 26 Januari 2021

Kenali Bentuk Pacifier yang Disukai si Kecil
https://drbrowns.id/kenali-bentuk-pacifier-yang-disukai-sikecil/ diakses pada 26 Januari 2021

(Visited 216 times, 2 visits today)