Written by 00:55 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Popok Kain (Clodi) Terbaik

Belakangan ini, penggunaan popok kain atau clodi semakin populer di kalangan orang tua. Selain lebih ramah lingkungan dan tahan lama, clodi juga menghemat pengeluaran dibandingkan pospak atau popok sekali pakai. Karena itu, bagi Anda yang memiliki bayi, cukup disarankan untuk mengoleksi popok kain.

Nah, clodi dari berbagai merk seperti Kangacare, Gee Gallery, Babyclo, dan lainnya menawarkan berbagai varian dengan masing-masing keunggulan. Jika Anda bingung memilih, di sini kami akan membantu merekomendasikan sepuluh clodi terbaik versi PickyBest beserta cara memilihnya. Silakan disimak, ya!

Apa itu Popok Kain (Cloth Diaper/Clodi)?

Clodi adalah popok kain berbentuk celana yang biasa digunakan bayi baru lahir hingga usia tiga tahun. Popok kain modern ini aman dan nyaman dikenakan karena terbuat dari bahan-bahan pilihan yang lembut dan halus.

Clodi didesain agar mampu menahan dan menyerap cairan. Sehingga, apabila bayi Anda buang air besar atau kecil, kotorannya tidak akan tembus menodai pakaian dan lingkungan.

Cara Memilih Popok Kain (Clodi)

Sama halnya seperti memilih produk-produk yang lain, sebelum membeli clodi, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan beberapa aspek. Apa saja? Let’s check this out!

Pilih Jenis Popok dengan Membandingkan Plus Minus-nya

Penting untuk Anda membandingkan kelebihan dan kekurangan suatu produk sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut ini ada beberapa jenis clodi beserta plus minus-nya. Silakan bandingkan dan pilih sesuai kebutuhan, ya!

All-in-One Diaper yang Praktis saat Mengajak Anak Bepergian

Clodi jenis all-in-one atau yang biasa disebut AIO ini mirip seperti pospak. Lapisan insert dan inner-nya dijahit menyatu. Dengan begitu, Anda tak perlu repot lagi memasukkan insert ke dalamnya.

Clodi ini sangat cocok digunakan saat berpergian karena lebih praktis dan mudah dikenakan. Popok kain AIO bahkan bisa langsung dipakai seperti celana biasa saat anak berdiri.

Kekurangannya, karena lebih tebal, clodi ini tidak cepat kering setelah dicuci. Namun, hal ini masih bisa dibantu mesin pengering karena umumnya clodi AIO bisa dikeringkan dengan mesin cuci.

Cover Diaper dengan Inner Terpisah untuk Pencucian yang Fleksibel

Clodi cover diaper ini disebut juga all-in-two diaper atau AI2. Clodi ini hampir sama dengan AIO. Bedanya, lapisan insert Ai2 tidak dijahit menyatu, melainkan hanya ditempelkan saja di atas inner. Hal ini membuat AI2 juga bisa dipadupadankan dengan merek lain jika ukurannya sesuai.

Bila insert atau lapisan penyerapnya dicuci, outer AI2 masih bisa dipakai setelah dikeringkan. Hal ini tentu menghemat dan memudahkan dalam hal pencucian. Selain fleksibel, clodi ini juga mudah digunakan dan tahan lama.

Pocket Diaper yang Menyediakan Kantong untuk Menaruh Insert

Sumber: Blibli.com

Sesuai namanya, pocket diaper memiliki saku atau kantong sebagai wadah insert. Anda bisa dengan mudah mengeluarkan insert-nya apabila sudah basah/kotor. Jika outer-nya tidak ikut kotor, Anda bisa langsung mengganti insert-nya dan menggunakan clodi yang sama kembali tanpa perlu dicuci.

Karena inner dan insert-nya terpisah, clodi ini lebih hemat dan efisien dalam hal pencucian. Desainnya yang tidak terlalu tebal membuat clodi ini lebih cepat kering dan tampak tidak begitu menonjol di balik pakaian bayi. Clodi ini biasanya memiliki dua tipe pengait, yaitu tipe velcro (perekat) dan tipe snap (kancing). Anda bisa memilih mana yang lebih disukai.

Pull-up Pants Diaper untuk Pemakaian Semudah Memakai Celana

Sumber: Blibli.com

Sekilas, clodi ini mirip seperti G-string yang apabila dikenakan, tampak seperti celana dalam biasa. Cara memakainya yang juga semudah mengenakan celana, membuat clodi ini cocok untuk anak yang mulai aktif bergerak.

Clodi ini terbilang istimewa karena memiliki banyak fungsi. Saat digunakan tanpa insert, ia dapat difungsikan sebagai training pants yang dapat membantu anak menjalani toilet training.

Karena memiliki kantung, clodi ini juga bisa digunakan dengan metode pocket. Selain itu, popok ini bisa juga menggunakan metode AI2 dengan menempelkan insert-nya langsung di atas inner.

Bila Memungkinkan, Periksa Bahan-bahan Komponen Clodi

Komponen clodi, seperti outer, inner, soaker/liner, dan insert dapat tersusun dari bahan-bahan berbeda. Mengetahui bahan yang digunakan clodi ini juga penting sebelum memutuskan membelinya. Untuk itu, mari kita bahas sedikit mengenai beberapa bahan yang sering digunakan.

Insert

Untuk insert, biasanya menggunakan bahan microfiber berdaya serap tinggi. Bahan yang juga digunakan sebagai pembuat handuk ini merupakan kombinasi dari polyester (kapas) dan polyamide.

Namun, Anda harus hati-hati dalam penggunaan jangka panjang. Bahan ini bisa menyebabkan kulit kering apabila digunakan terus-menerus. Nah, apabila dirasa sudah berumur cukup lama, Anda mungkin lebih baik tidak lagi menggunakannya.

Inner/liner/soaker/cover

Untuk inner, liner, soaker atau cover clodi, biasanya menggunakan bahan microfleece, bamboo, wool, dll. Microfleece lebih efektif menyerap air hingga ke lapisan bawah, membuat kulit bayi jadi tetap kering. Bahan ini juga cepat kering, mudah dicuci, tahan noda, dan stay-dry.

Sementara itu, bamboo memiliki kelebihan lebih sejuk, lembut, sifat antibakteri, daya serap ekstra, dan ramah lingkungan. Sedangkan bahan wool memiliki kelebihan tak perlu dicuci meski digunakan berulang kali. Harga clodi dengan bahan yang berasal dari bulu domba ini terbilang fantastis.

Outer

Untuk outer, biasanya clodi menggunakan bahan minky atau PUL (polyurethane laminate). Minky merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat pakaian bayi. Bahan yang terbuat dari microfiber ini memiliki tekstur halus, lembut, dan juga fleksibel.

Sedangkan polyurethane laminate merupakan jenis bahan yang terbuat dari campuran polyster dan katun. Meski terlihat seperti plastik, PUL memiliki sirkulasi udara dan bersifat breathable. PUL harus dirawat dengan baik jika tak ingin cepat bocor, rusak, dan berbau.

Pilih yang Menggunakan Perekat (Velcro) atau Kancing (Snap)?

Sumber: Blibli.com

Clodi biasanya memiliki dua jenis pengait, yaitu velcro dan snap. Jika Anda bingung memilih, berikut kami uraikan kelebihan dan kekurangan masing-masingnya.

  • Tipe velcro (perekat). Awet atau tidaknya tergantung bahan dan jahitan. Tipe ini biasanya digunakan bayi baru lahir hingga usia satu tahun. Selain lebih praktis saat pemakaian, tipe perekat juga lebih fleksibel dalam menyesuaikan ukuran pinggang bayi. Harganya lebih murah dibanding tipe snap.
  • Tipe snap (kancing). Daya rekat lebih kuat sehingga lebih aman. Namun, karena harus dikancingkan, ukuran pinggangnya tidak fleksibel dan membutuhkan waktu pemakaian lebih lama. Kancing yang tersedia biasanya memiliki jumlah beragam pada setiap merek. Semakin banyak jumlahnya, akan semakin banyak variasi ukuran yang bisa diterapkan. Karena lebih awet dan tahan lama, tipe ini bisa digunakan oleh bayi baru lahir hingga usia lima tahun.

10 Rekomendasi Popok Kain (Clodi) Terbaik

Nah, setelah Anda menguasai cara memilih clodi yang tepat, sekarang saatnya kami merekomendasikan produk-produk terbaik versi PickyBest. Silakan Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan, ya! Selamat menentukan!

1. Kangacare Lil Joey All in One Cloth Diaper

Didesain khusus untuk bayi baru lahir dan prematur

Kangacare Lil Joey All in One Cloth Diaper dirancang khusus untuk bayi prematur dan bayi baru lahir dengan berat badan antara 2 – 5,5 kg. Clodi ini didesain secara unik dengan teknologi pencegah kebocoran yang telah dipatenkan. Selain itu, terdapat pula penghalang ganda pada setiap saluran kaki (gusset kaki ganda).

Clodi ini bebas bahan kimia karena dibuat menggunakan kain polyester bebas solvent (TPU polyester tahan air) yang telah dilaminasi dengan thermoplastic polyurethane menggunakan proses heat bonding. Proses ini memiliki toksisitas rendah sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan polyurethane laminate tradisional.

JenisAll-in-one diaper
BahanMicrofiber (insert), polyester (inner)
Tipe pengaitKancing
Kisaran hargaRp120.000

2. Gee Gallery T-Dipe Size 2

Dilengkapi training pad yang bisa dilepas

Produk ini menawarkan fungsi 2 in 1. Selain sebagai pull up diaper, clodi ini juga berfungsi sebagai training pant karena dilengkapi training pad yang bisa dilepas. Popok kain ini cocok untuk anak yang mulai aktif bergerak dan sedang menjalani toilet training.

Gee Gallery T-Dipe Size 2 memiliki kancing 3 x 3 yang dapat disesuaikan serta digunakan oleh anak dengan berat 12 – 30 kg. Clodi ini memiliki karet pinggang yang fleksibel dari bahan khusus, sehingga tidak menimbulkan bekas di pinggang buah hati!

JenisPull-up pants diaper
BahanPolyester polyurethane laminated (outer), microfleece (inner), 3 ply microfiber FBZ T360 + 1 plye microfleece (absorber)
Tipe pengaitKancing
Kisaran hargaRp95.000

3. Babyclo Coffee Inner Gusset

Sumber: Shopee.co.id

Efektif menyerap bau sekaligus mencegah bocor samping

Clodi ini dilengkapi pocket untuk wadah insert untuk mencegah insert bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Memiliki inner dengan bahan coffee fiber breathable, produk ini efektif menyerap bau. Inner gusset yang dimilikinya juga dapat mencegah bocor samping.

Produk yang ideal untuk bayi dengan berat 3 – 15 kg ini dilengkapi tummy panel yang dapat mencegah perut bayi terkena basahan. Dengan waterproof dan breathable PUL outer yang lucu dan menarik, clodi ini dapat menahan pipis dengan baik. Jaminan high quality double row snap menjadikannya mudah untuk disesuaikan.

JenisPocket diaper
BahanPolyurethane laminated (outer), coffee fiber (inner)
Tipe pengaitKancing
Kisaran hargaRp77.500

4. Ningrat AIO Pant Jumbo

Sumber: Shopee.co.id

Harga ekonomis dengan kualitas terjamin

Popok kain satu ini sangat nyaman digunakan karena berbentuk celana full elastic yang fleksibel mengikuti ukuran pinggang buah hati Anda. Selain itu, clodi ini juga sangat praktis dalam pemakaian, bahkan dapat langsung dikenakan saat anak sedang berdiri!

Clodi ini bisa digunakan oleh anak dengan berat antara 15 – 25 kg. Dengan insert microfiber 4 layer yang sudah terjahit di dalamnya, clodi ini memiliki daya serap ± 340 mL. Clodi yang bisa dicuci dan dikeringkan dengan mesin cuci ini hadir dengan kualitas terjamin, harganya pun ekonomis!

JenisAll-in-one diaper
BahanPolyurethane laminated (outer), microfiber 4 layer (insert), microfleece (inner)
Tipe pengait
Kisaran hargaRp75.000

5. Cluebebe Pull Up Pant

Sumber: Shopee.co.id

Bisa mencegah ruam popok, kulit bayi tetap lembut dan kering!

Cluebebe Pull Up Pant tersedia dalam beragam warna yang menarik dan cantik, cocok untuk baby boy maupun baby girl. Dengan outer berbahan polyester PUL yang waterproof, Anda tak perlu khawatir soal kebocoran! Alhasil, produk ini sangat cocok digunakan oleh anak yang aktif bergerak karena bisa dikenakan saat anak sedang berdiri.

Clodi ini akan menghemat biaya popok anak Anda karena bisa digunakan oleh bayi hingga usia dua tahun. Dengan inner yang terbuat dari microfleece yang lembut dan bersifat stay dry, clodi ini dapat mencegah ruam popok untuk kulit bayi tetap lembut dan kering.

JenisPull-up pants diaper, pocket diaper
BahanMicrofiber (insert), microfleece (inner), PUL polyester (outer)
Tipe pengaitKancing
Kisaran hargaRp72.250

6. Gee Gallery Lil’G

Dilengkapi kancing tersembunyi yang aman bagi bayi

Clodi dari Gee Gallery ini memiliki velcro yang lebar dan double flap dengan little hidden snap yang aman untuk bayi. Clodi ini juga sangat lembut berkat leg gusset dengan fold over elastic yang dimilikinya.

Gee Gallery Lil’G didesain khusus untuk bayi baru lahir dan bayi prematur. Karena berjenis cloth diaper all-in-two, clodi ini lebih praktis dalam penggunaannya. Saat insert sudah penuh, Anda bisa langsung mengganti insert-nya saja tanpa perlu mengganti outer-nya. Cover clodi ini juga sangat cepat kering.

JenisCover diaper
BahanPolyester polyuretaned laminated (outer), microfleece (inner), microfiber FBZ T250 played with microfleece (absorber)
Tipe pengaitPerekat
Kisaran hargaRp62.900

7. Babyclo Bamboo Charcoal Diaper

Dengan inner berbahan lembut dan antibakteri

Clodi ini dilengkapi pocket untuk wadah insert sehingga tak bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Memiliki inner berbahan bamboo charcoal yang lembut dan antibakteri, produk ini membuat bayi Anda nyaman memakainya. Inner gusset yang dimilikinya juga dapat mencegah bocor samping.

Sama dengan varian Coffee Fiber-nya, varian ini juga dilengkapi tummy panel yang mampu mencegah perut bayi basah. Bayi dengan berat 3 – 15 kg dapat mengenakan popok kain ini untuk menemani aktivitas hariannya. Bila ingin membeli produk ini, pastikan Anda memesan insert-nya juga karena produk ini belum termasuk insert.

JenisPocket diaper
BahanBamboo charcoal (inner), polyurethane laminated (outer)
Tipe pengaitKancing
Kisaran hargaRp70.900

8. Klodiz Izzyeco

Kombinasi lapisan inner berkualitas untuk cegah cairan dan kotoran bocor

Klodiz Izzyeco mata kancing yang dapat menyesuaikan ukuran pinggang dan kaki buah hati Anda. Dengan insert berbahan microfiber dan dilengkapi leg gusset yang mudah menyerap, clodi ini akan memberikan kenyamanan maksimal pada buah hati Anda. Berkat gusset kaki gandanya, clodi ini takkan mudah bocor.

Clodi ini cocok untuk bayi baru lahir hingga usia tiga tahun, atau bayi dengan berat badan antara 5 – 17 kg. Fitur maksimal pada lapisan inner berbahan micro suede dan outer berbahan PUL yang berkualitas, menjadikan clodi ini mampu menahan cairan dan kotoran sehingga tidak menodai pakaian dan lingkungan.

JenisPocket all-in-one diaper
BahanPolyutherane laminated (outer), microsuede (inner), microfiber (insert)
Tipe pengaitKancing
Kisaran hargaRp70.000

9. Minikinizz Swim Diaper

Cocok untuk menemani latihan renang maupun aktivitas harian lainnya

Sesuai namanya, clodi ini didesain untuk digunakan saat berenang. Dirancang khusus untuk membantu Anda melindungi buah hati dari material berbahaya yang terkandung di dalam kolam renang. Meski didesain untuk berenang, clodi ini tentu dapat juga dipakai sehari-hari sebagai popok biasa.

Minikinizz Swim Diaper memiliki bermacam ukuran, menyesuaikan usia dan berat badan anak Anda, mulai dari bobot 1 – 26 kg. Clodi ini memiliki lapisan outer yang terbuat dari lycra PUL dengan inner stay dry, sehingga membuatnya nyaman dikenakan saat beraktivitas di dalam maupun di luar air.

JenisPull-up pants diaper, swim diaper
BahanLycra PUL (outer), staydry (inner), microfiber (insert)
Tipe pengait
Kisaran hargaRp65.000

10. Royale Bebe Cloth Diaper

Sumber: Shopee.co.id

Bantu anak mengenali nama hewan dengan karakter visual yang lucu sejak dini!

Clodi ini 100% berbahan katun sehingga sangat lembut dan aman digunakan saat beraktivitas. Selain itu, klaim bebas kandungan bahan kimia memastikan popok ini mengurangi risiko ruam dan iritasi pada kulit buah hati Anda.

Royale Bebe Cloth Diaper memiliki ukuran all size dan dapat digunakan oleh bayi baru lahir hingga usia dua tahun atau dengan berat maksimal 15 kg. Saat memakaikan popok ini, Anda bisa sekaligus mengenali buah hati dengan nama hewan pada visual hewan di permukaan luar popok.

JenisPocket diaper
BahanFleece (inner), waterproof PUL (outer)
Tipe pengaitKancing
Kisaran hargaRp80.000

Berapa Jumlah Clodi yang Sebaiknya Anda Siapkan?

Bayi baru lahir umumnya membutuhkan lebih banyak popok dibandingkan setelah usia sebulan. Setidaknya, newborn menggunakan sepuluh sampai delapan belas popok per hari. Setelah sebulan ke atas, mereka membutuhkan delapan sampai dua belas popok per hari.

Jadi, jika memungkinkan, Anda bisa menyediakan dua puluh hingga lebih clodi. Sebab, Anda tentu membutuhkan clodi cadangan jika clodi belum kering karena cuaca hujan atau jika Anda tak sempat mencuci. Namun, jika budget Anda terbatas, Anda bisa membeli sepuluh clodi saja atau bahkan kurang.

Sebagai alternatif, Anda bisa membeli lebih banyak insert saja. Atau jika masih kurang, Anda bisa menyediakan pospak sebagai cadangan. Meski harus mengeluarkan modal yang lumayan di awal, namun jika dibandingkan harga pospak, secara keseluruhan akan jauh lebih hemat.

Tabel Perbandingan Popok Kain (Clodi)

ProdukKangacare Lil Joey All in One Cloth DiaperGee Gallery T-Dipe Size 2Babyclo Coffee Inner GussetNingrat AIO Pant JumboCluebebe Pull Up PantGee Gallery Lil’GBabyclo Bamboo Charcoal DiaperKlodiz IzzyecoMinikinizz Swim DiaperRoyale Bebe Cloth Diaper
JenisAll-in-one diaperPull-up pants diaperPocket diaperAll-in-one diaperPull-up pants diaper, pocket diaperCover diaperPocket diaperPocket all-in-one diaperPull-up pants diaper, swim diaperPocket diaper
BahanMicrofiber (insert), polyester (inner)Polyester polyurethane laminated (outer), microfleece (inner), 3 ply microfiber FBZ T360 + 1 plye microfleece (absorber)Polyurethane laminated (outer), coffee fiber (inner)Polyurethane laminated (outer), microfiber 4 layer (insert), microfleece (inner)Microfiber (insert), microfleece (inner), PUL polyester (outer)Polyester polyuretaned laminated (outer), microfleece (inner), microfiber FBZ T250 played with microfleece (absorber)Bamboo charcoal (inner), polyurethane laminated (outer)Polyutherane laminated (outer), microsuede (inner), microfiber (insert)Lycra PUL (outer), staydry (inner), microfiber (insert)Fleece (inner), waterproof PUL (outer)
Tipe pengaitKancingKancingKancingKancingPerekatKancingKancingKancing
Kisaran hargaRp120.000Rp95.000Rp77.500Rp75.000Rp72.250Rp62.900Rp70.900Rp70.000Rp65.000Rp80.000
Cek produk

Yuk, cek juga rekomendasi produk-produk popok sekali pakai dari PickyBest lainnya!

Pada suatu waktu, Anda mungkin terburu-buru sehingga tidak sempat memakaikan popok kain pada bayi Anda. Di saat itulah, popok sekali pakai dapat buah hati Anda kenakan. Harga yang murah mungkin menjadi alasan lain Anda perlu menyediakan beberapa buah popok sekali pakai.

Di pasaran, popok sekali pakai dikeluarkan oleh banyak brand. Anda yang baru memiliki bayi mungkin bingung memilih produk yang tepat di antara banyaknya pilihan. Untuk mempermudah, Anda bisa menengok pospak rekomendasi kami di halaman berikut. Selamat membaca!

Kesimpulan

Saat ini, clodi yang beredar di pasaran tersedia dalam berbagai merek dengan bermacam varian, bahan, ukuran, dan harga. Anda bisa bebas menentukan mana yang sesuai prioritas. Namun, meski anak Anda lebih banyak mengenakan clodi, tetap kenakan juga pospak sesekali, ya!

Nah, sepuluh pilihan clodi sudah kami rekomendasikan untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang cocok untuk buah hati Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan clodi yang sesuai kebutuhan dan pilihan hati, ya!

Sumber

Cloth diaper
https://en.wikipedia.org/wiki/Cloth_diaper diakses pada 6 Desember 2020

How to Use Cloth Diapers: A Beginner’s Guide
https://www.healthline.com/health/baby/how-to-use-cloth-diapers diakses pada 6 Desember 2020

Mengenal Jenis-Jenis Clodi. Mana Yang Cocok Untuk Si Buah Hati?
https://www.minikinizz.com/artikel/detail/mengenal-jenis-jenis-clodi-mana-yang-cocok-untuk-si-buah-hati diakses pada 6 Desember 2020

 

(Visited 189 times, 4 visits today)