Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Susu Almond (Almond Milk) Terbaik

Susu almon adalah minuman yang dibuat dari kacang almon yang kaya akan nutrisi serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Karena tidak mengandung susu dari hewan, susu ini populer di kalangan penggiat gaya hidup sehat. Susu nabati ini juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui serta orang yang alergi terhadap laktosa.

Bila Anda ingin mencoba susu almon, Anda dapat memilih produk dari berbagai merek seperti Almona, Blue Diamond, Sanitarium, dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan Anda beberapa bahan pertimbangan dalam memilih susu almon sekaligus rekomendasi sepuluh produk susu almon yang dapat Anda pilih satu di antaranya. Simak uraiannya berikut ini!

blank

Cara Memilih Susu Almond (Almond Milk)

Telah diketahui bahwa susu almon memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun untuk menjaga penampilan. Namun, dalam memilih susu almon, Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal penting seperti rasa, nutrisi yang terkandung di dalamnya, hingga kandungan bahan aditifnya. Simak uraiannya satu per satu di bawah ini.

Pilih Berdasarkan Rasanya

Yang paling pertama Anda dapat lakukan dalam memilih susu almon adalah memilih rasanya. Tidak hanya soal selera, dalam memilih rasa juga perlu mempertimbangkan hal lain di balik rasa tersebut.

Original: Cocok untuk Campuran Minuman Lain

blank

Susu almon dengan rasa original adalah susu tanpa tambahan rasa, tidak mengandung pemanis, dan bebas bahan tambahan lainnya, termasuk dairy free. Kalori dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya pun lebih rendah daripada susu dengan varian rasa. Karena itulah susu almon original aman dikonsumsi oleh vegan dan intoleran laktosa.

Manis dan Beraroma: Mengandung Lebih Banyak Kalori dan Karbohidrat

blank

Banyak orang lebih menyukai susu dengan varian rasa, seperti rasa cokelat, stroberi, vanila, dan lainnya, karena memiliki cita rasa dan aroma yang lebih lezat. Namun, biasanya susu dengan varian rasa mengandung gula, lebih banyak kalori dan karbohidrat. Karena itulah susu jenis ini tidak cocok untuk penderita diabetes dan yang sedang melakukan program diet.

Perhatikan Kandungan Bahan Aditifnya

blank

Di dalam produk berbasis susu biasanya terdapat zat yang disebut dengan karagenan, yaitu zat pengental yang berasal dari rumput laut. Meski aman dikonsumsi, tetapi zat tersebut tidak disarankan bagi beberapa orang yang memiliki masalah pencernaan.

Sama halnya dengan laktosa, gluten, dan zat tambahan lain yang kemungkinan akan menimbulkan masalah bagi sebagian orang yang intoleran. Agar kesehatan Anda lebih optimal, sangat disarankan untuk memilih susu almon yang dairy free, tidak mengandung karagenan, laktosa, gluten, kolesterol, pemanis buatan, pewarna buatan, pengawet tambahan, dan sebagainya.

Perhatikan Nutrisi Ekstra yang Terkandung di Dalamnya

blank

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu memperhatikan tabel gizi yang tertera pada kemasan produk. Jika sebelumnya Anda mengonsumsi susu hewani yang menjadi sumber protein dan kalsium, saat Anda beralih ke susu almon, pastikan kedua nutrisi itu tetap terpenuhi.

Maka dari itu, pilihlah susu almon yang diperkaya dengan nutrisi seperti vitamin, kalsium, zinc, serta tambahan protein, kalsium, dan bahkan serat.

10 Rekomendasi Susu Almond (Almond Milk) Terbaik

Kini Anda telah sampai pada bagian rekomendasi susu almon. Di bagian ini, Anda dapat mempelajari beberapa keunggulan masing-masing produk berikut dengan kekurangannya, sehingga Anda dapat memutuskan susu almon yang paling cocok untuk Anda dan keluarga. Selamat berbelanja!

1. Sanitarium So Good Almond Milk Original

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandung 2,5% kacang almon dan sumber vitamin berkalsium tinggi

Berasal dari Australia, Sanitarium So Good dibuat dari 2,5% kacang almon dan dipadu dengan bahan-bahan alami lain yang non-hewani. Minuman nabati ini mengandung vitamin E, B12, dan B2, tinggi kalsium, rendah lemak jenuh, serta mengandung lebih sedikit kalori dibanding susu biasa.

Di samping itu, produk ini juga bebas laktosa dan gluten, serta tanpa zat pewarna dan perasa buatan, sehingga aman dikonsumsi siapa saja. Produk ini juga memiliki beberapa varian rasa lain selain original. Lengkapi sarapan sehat Anda dengan susu almon beraroma harum ini.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Merupakan sumber vitamin E, B12, dan B2.
  • Memiliki aroma yang lebih harum dan menggugah selera.
  • Tersedia dalam dua ukuran kemasan.
  • Telah mendapatkan izin edar dari BPOM.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya sedikit lebih mahal.
Kandungan utama Almonds (2,5%), cane sugar, mineral (calcium), sunflower lecithin, natural flavour, salt, mineral salt, vegetable gum (gellan), antioxidant (ascorbic acid), vitamins (B12, B2, B1)
Rasa Original
Bentuk Cair
Informasi bahan aditif Artificial colours or flavours free, lactosa free, gluten free, no cholesterol, dairy free
Isi 1 L
Kisaran harga Rp50.600

2. ALMONA Almond Milk Powder

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dengan ekstrak daun katuk mengatasi berbagai masalah ibu menyusui

Permasalahan yang sering dialami oleh ibu yang baru melahirkan adalah ASI yang tidak lancar atau berat badan bertambah. ALMONA Almond Milk Powder hadir untuk memberikan solusi khusus untuk ibu yang menyusui dengan kandungan 100% kacang almon dari California dan ekstrak daun katuknya.

Seperti yang umum diketahui, daun katuk dapat melancarkan dan menaikkan produksi ASI hingga 50%. Selain itu, kandungan minuman nabati ini juga dapat menurunkan kadar gula, menjaga berat badan, dan mencegah penuaan dini pada kulit. Tanpa memakai susu sapi, produk ini juga tidak menyebabkan alergi laktosa.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat membantu mengontrol berat badan pascamelahirkan karena kandungan seratnya yang tinggi.
  • Memiliki rasa yang enak dan tidak membuat eneg.
  • Mengandung ekstrak daun katuk yang dapat meningkatkan volume ASI.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Merupakan produk ASI booster sehingga kurang cocok dikonsumsi oleh anak kecil dan lansia.
Kandungan utama Almond, krimer kelapa, gula, ekstrak daun katuk, penstabil nabati, perisa identik alami, sukralosa
Rasa Original
Bentuk Powder
Informasi bahan aditif Dairy free, artificial colours free, preservatives free
Isi 125 gr
Kisaran harga Rp38.000

3. Australia’s Own, Organic Almond Milk

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Penuhi kebutuhan protein harian Anda dengan susu berbahan organik

Bila Anda menginginkan bahan-bahan organik terkandung dalam minuman nabati Anda, Organic Almond Milk dari Australia’s Own ini adalah pilihan yang bisa diandalkan. Produk ini mengandung kacang almon organik sebanyak 3%, minyak bunga matahari organik, dan sirup agave organik.

Keaslian organik bahan-bahannya telah terjamin dengan adanya logo Australian Certified Organic Bud pada kemasannya. Tanpa tambahan gula, gluten, dan laktosa, susu almon ini dapat dinikmati dalam smoothie atau campuran minuman lainnya. Kelezatan rasanya baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Telah mendapat sertifikat Organic Bud Logo untuk kepastian almond organiknya.
  • Dapat dipadukan dengan sereal, smoothies, dan aneka masakan.
  • Sudah mendapat sertifikat dari BPOM.
  • Aman dikonsumsi bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kedelai.
  • Tersedia dalam dua ukuran kemasan dan beberapa varian rasa lainnya.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung sirup agave organik yang memiliki rasa sedikit manis sehingga mungkin kurang cocok bagi Anda yang tidak menyukai rasa manis.
Kandungan utama Filtered australian water, organic almonds (3%), organic agave syrup, organic sunflower oil, salt
Rasa Original
Bentuk Cair
Informasi bahan aditif Lactose free, gluten free, no added cane sugar, no cholesterol
Isi 1 L
Kisaran harga Rp67.000

4. 137 Degrees Almond Milk Original Unsweetened

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Susu kacang tanpa pemanis cocok untuk semua umur

Nama susu kacang ini diambil dari proses pembuatannya sendiri, yaitu diproses dengan suhu 137°C hanya dalam waktu beberapa detik. Hal itu demi menjaga sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya agar susu selalu segar dan nikmat.

137 Degrees Almond Milk Original Unsweetened dibuat dari bahan-bahan berkualitas baik dan segar, menghasilkan susu kacang yang kaya manfaat. Dengan rasa yang lezat dan creamy, susu kacang ini cocok untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga lansia.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia pula dalam varian rasa lain yang lezat dan bergizi.
  • Memiliki ukuran kemasan yang beragam sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan.
  • Sudah memperoleh sertifikat BPOM.
  • Aman dikonsumsi oleh vegan dan juga intoleran laktosa.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang cocok bagi Anda yang menyukai produk susu almond beraroma.
Kandungan utama Susu almond segar 95% (dari kacang almond utuh yang tumbuh di California, AS), biji bunga matahari 5%, air
Rasa Original Unsweetened
Bentuk Cair
Informasi bahan aditif Emulsifiers free, flavours free, not from concentrates, preservatives free, no cane sugar added, carrageenan free, gluten free, dairy free
Isi 180 mL
Kisaran harga Rp17.400

5. Blue Diamond Almond Vanilla Milk

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Perpaduan almon dan vanila kaya gizi dan rendah kalori

Blue Diamond Almond Vanilla Milk adalah perpaduan almon California dan rasa vanila alami menjadi susu yang bertekstur creamy dan lezat. Berbasis tumbuhan, susu ini baik untuk kesehatan dan aman untuk diet Anda karena kaya akan gizi serta tinggi kalsium dan vitamin E.

Produk ini hanya mengandung 80 kalori per cangkir dan tidak mengandung lemak jenuh. Dengan kalori yang rendah serta bebas laktosa, Anda tak perlu khawatir mencampurkan produk ini pada aneka resep makanan dan minuman, seperti puding atau milkshake.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menghasilkan rasa yang lezat dan gurih dengan perpaduan kandungan vanilla dan almond California.
  • Memiliki kandungan vitamin E dan kalsium yang tinggi.
  • Cocok dipadukan bersama dengan aneka makanan dan minuman.
  • Tersedia dalam beberapa ukuran kemasan.
  • Dapat dikonsumsi oleh vegan dan Anda yang alergi terhadap kedelai.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang cocok bagi Anda yang menyukai rasa susu almond yang plain.
Kandungan utama Almondmilk, cane sugar, calcium carbonate, natural flavors, sea salt, sunflower lecithin, d-alpha tocopherol (natural vitamin E), vitamin A, vitamin D2
Rasa Vanilla
Bentuk Cair
Informasi bahan aditif Gluten free, lactosa free, carrageenan free, no artificial flavors, no cholesterol, dairy free
Isi 946 mL
Kisaran harga Rp30.500

6. Shoei Tsukuba Roasted Almond Milk 10

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Mengandung 10% kacang almon berkualitas untuk hidangan penutup

Susu Almon dari Jepang ini dibuat dengan menggunakan kacang almon pilihan yang dipanggang, dikupas, dan dihancurkan. Shoei Tsukuba Roasted Almond Milk 10 mengandung 10% kacang almon, tanpa tambahan rasa, gula, warna, ataupun pengawet.

Dengan rasanya yang enak dan gurih serta teksturnya yang kental, produk ini  dapat diminum langsung sebagai pengganti susu atau dapat digunakan untuk membuat hidangan penutup, es krim, kopi susu, dan sebagainya.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia juga dalam pilihan rasa lain.
  • Telah mendapat izin edar oleh BPOM.
  • Aman diminum oleh vegetarian karena merupakan produk dairy free.
  • Mengandung 100% natural vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit.
  • Dapat menjadi bahan campuran untuk puding dan dessert.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memiliki harga yang sedikit lebih mahal.
Kandungan utama Air, Almond (10%), pengatur keasaman trinatrium sitrat, pengental gom gelan
Rasa Original
Bentuk Cair
Informasi bahan aditif Artificial colours free, flavours free, preservatives free, no cane sugar added
Isi 1 L
Kisaran harga Rp81.400

7. Milklab Almond Milk

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menambahkan tekstur dan intensitas untuk kopi yang lebih nikmat

Khusus untuk Anda pencinta kopi yang dipadukan dengan susu, Anda perlu mencoba susu almon yang satu ini. Milklab Almond Milk merupakan susu almon yang dibuat khusus untuk campuran kopi jenis apapun termasuk espresso, dengan teksturnya yang akan memperkaya cita rasa kopi Anda.

Tidak perlu ragu untuk menambahkan produk ini pada kopi Anda, karena produk ini telah divalidasi oleh beberapa barista dan profesional di bidang kopi di dunia. Produk ini juga bebas susu dan kedelai, serta berbasis tanaman, sehingga cocok untuk Anda yang vegan.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki rasa yang cocok dicampurkan dengan aneka minuman lain.
  • Memiliki cita rasa khas korea yang unik dan spesial.
  • Dapat dikonsumsi oleh vegan dan Anda yang alergi terhadap kedelai.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak tersedia informasi mengenai jumlah kalsium dalam produk.
Kandungan utama Australian water, almonds (3.5%), sugar, sunflower oil, maltodextrin (from corn), acidity regulators (340, 332), vegetable gums (418, 415, 410), sunflower lecithin, sea salt
Rasa Original
Bentuk Cair
Informasi bahan aditif Artificial colours free, flavours free, preservatives free, dairy free
Isi 1 L
Kisaran harga Rp52.000

8. Mylk Almond Milk Powder

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia

ASI booster yang rendah kalori dan 100% dairy free

Anda membutuhkan susu nabati untuk ASI booster yang cocok untuk vegan dan pengidap alergi susu? Anda dapat mencoba Mylk Almond Milk Powder, susu almon yang 100% dairy free. Di samping itu, susu ini juga tidak mengandung laktosa, esens, pengawet, ataupun pewarna.

Produk ini pun dapat dikonsumsi bagi yang sedang menjalani diet penurunan berat badan karena rendah kalori dan bebas kolesterol. Namun, meski digunakan sebagai penambah ASI, produk ini tidak dapat digunakan sebagai susu formula bayi atau pengganti ASI.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bermanfaat sebagai ASI booster
  • 100% dairy free, sehingga cocok untuk vegan dan pengidap alergi susu.
  • Telah mendapat izin edar PIRT dan sertifikat HALAL MUI.
  • Diproduksi dengan menggunakan teknologi “spray-drying” sehingga tidak meninggalkan ampas.
  • Memiliki kemasan travel friendly yang lebih aman dengan tambahan perekat di bagian atas.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak dapat digunakan untuk pengganti
Kandungan utama Tidak disebutkan
Rasa Original
Bentuk Powder
Informasi bahan aditif Dairy free, cholesterol free, essence free, artificial colours free, preservatives free, lactosa free
Isi 150 gr
Kisaran harga Rp60.000

9. Pacific Natural Original Almond Milk

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Sehat lagi lezat untuk campuran pembuatan kue dan minuman dingin

Terbuat dari almon organik yang dipanggang, Pacific Natural Original Almond Milk memiliki rasa yang lezat dan lembut. Selain dapat diminum langsung dari gelas, produk ini dapat dijadikan campuran bahan membuat kue, sereal, atau smoothies.

Terlebih lagi, minuman ini diproduksi tanpa tambahan susu, gula, kedelai, gandum, ragi, dan karagenan. Tak hanya itu saja, minuman ini juga mengandung rendah lemak, sehingga cocok bagi Anda yang melakukan diet khusus, vegan, atau vegetarian.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam berbagai rasa yang dapat dipilih sesuai kesukaan.
  • Dapat digunakan sebagai bahan campuran sereal, baking, dan smoothies.
  • Dibuat dari almond organik yang dipanggang sehingga menghasilkan rasa yang lebih alami dan lembut.
  • Telah mendapat sertifikat BPOM.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memiliki tekstur yang kurang halus meskipun sudah dikocok.
Kandungan utama

 

Ground almonds, gellan gum, natural flavor, rice starch, sea salt, vanilla extract, vitamin D2, xanthan gum
Rasa Original unsweetened
Bentuk Cair
Informasi bahan aditif Gluten free, yeast free, carrageenan free, dairy free, gluten free, kosher free
Isi 946 mL
Kisaran harga Rp85.000

10. Natur-a Almond Beverage Original Milk

blank

Sumber: Natura.ca

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Rendah lemak, kaya kalsium dan vitamin

Minuman yang satu ini hanya mengandung 1% lemak namun kaya akan kalsium dan vitamin D, B2, dan B12. Produk dari USA ini dibuat tanpa kolesterol, laktosa, gluten, lemak jenuh, dan karagen, serta rendah kalori, sehingga aman untuk Anda yang sedang menjalani program diet sehat.

Tersedia dalam beberapa pilihan dan rasanya yang lezat, Natur-a Almond Beverage Original Milk ini dapat dinikmati dan dipadukan dengan makanan, sereal, kopi, atau minuman favorit Anda lainnya, baik panas atau dingin.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia juga dalam beberapa pilihan rasa yang lain..
  • Rendah kalori dan lemak sehingga aman bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.
  • Aman dikonsumsi oleh vegan, intoleran laktosa, dan Anda yang alergi terhadap protein susu sapi.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harga yang sedikit lebih mahal.
Kandungan utama Tidak disebutkan
Rasa Original
Bentuk Cair
Informasi bahan aditif No cholesterol, lactose free, gluten free, no saturated or trans fats, no carrageenan, no canola oil
Isi 946 mL
Kisaran harga Rp69.000

Tabel Perbandingan Susu Almond

Produk Sanitarium So Good Almond Milk Original ALMONA Almond Milk Powder Australia’s Own, Organic Almond Milk 137 Degrees Almond Milk Original Unsweetened Blue Diamond Almond Vanilla Milk Shoei Tsukuba Roasted Almond Milk 10 Milklab Almond Milk Mylk Almond Milk Powder Pacific Natural Original Almond Milk Natur-a Almond Beverage Original Milk
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan utama Almonds (2,5%), cane sugar, mineral (calcium), sunflower lecithin, natural flavour, salt, mineral salt, vegetable gum (gellan), antioxidant (ascorbic acid), vitamins (B12, B2, B1) Almond, krimer kelapa, gula, ekstrak daun katuk, penstabil nabati, perisa identik alami, sukralosa Filtered australian water, organic almonds (3%), organic agave syrup, organic sunflower oil, salt Susu almond segar 95% (dari kacang almond utuh yang tumbuh di California, AS), biji bunga matahari 5%, air Almondmilk, cane sugar, calcium carbonate, natural flavors, sea salt, sunflower lecithin, d-alpha tocopherol (natural vitamin E), vitamin A, vitamin D2 Air, Almond (10%), pengatur keasaman trinatrium sitrat, pengental gom gelan Australian water, almonds (3.5%), sugar, sunflower oil, maltodextrin (from corn), acidity regulators (340, 332), vegetable gums (418, 415, 410), sunflower lecithin, sea salt Tidak disebutkan Ground almonds, gellam gum, natural flavor, rice starch, sea salt, vanilla extract, vitamin D2, xantham gum Tidak disebutkan
Rasa Original Original Original Original Unsweetened Vanilla Original Original Original Original unsweetened Original
Bentuk Cair Powder Cair Cair Cair Cair Cair Powder Cair Cair
Informasi bahan aditif Artificial colours or flavours free, lactosa free, gluten free, no cholesterol, dairy free Dairy free, artificial colours free, preservatives free Lactose free, gluten free, no added cane sugar, no cholesterol Emulsifiers free, flavours free, not from concentrates, preservatives free, no cane sugar added, carrageenaan free, gluten free, dairy free Gluten free, lactosa free, carrageenam free, no artificial flavors, no cholestrol, dairy free Artificial colours free, flavours free, preservatives free, no cane sugar added Artificial colours free, flavours free, preservatives free, dairy free Dairy free, colesterol free, essence free, artificial colours free, preservatives free, lactosa free Gluten free, yeast free, carrageenan free, dairy free, gluten free, kosher free No cholesterol, lactose free, gluten free, no saturated or trans fats, no carrageenan, no canola oil
Isi 1 L 125 gr 1 L 180 mL 946 mL 1 L 1 L 150 gr 946 mL 946 mL
Kisaran harga Rp50.600 Rp38.000 Rp67.000 Rp17.400 Rp30.500 Rp81.400 Rp52.000 Rp60.000 Rp85.000 Rp69.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Susu almon merupakan minuman alternatif yang bergizi tinggi dan aman bagi beberapa orang yang memiliki masalah pada pencernaan, alergi laktosa, ibu hamil dan menyusui, serta pelaku diet sehat. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, susu almon juga populer karena khasiatnya untuk kecantikan dan menjaga penampilan.

blank

Selain sebagai minuman kesehatan, susu almon juga serbaguna karena dapat digunakan untuk campuran kue, es krim, milkshake, atau hidangan penutup lainnya. Agar kesehatan Anda paripurna, pilihlah susu almon yang kandungan kacang almonnya tinggi serta tanpa zat tambahan apapun. Selamat menjalani hidup sehat!

Referensi

The Truth About Almond Milk: They’re Not All Created Equal
https://www.glamour.com/story/almond-milk-tips-healthy diakses pada 11 Juni 2021

You may also like

Comments are closed.