Written by 15:48 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik

Menyambut kelahiran buah hati merupakan salah satu momen yang membahagiakan. Sejak jauh-jauh hari, Anda pasti telah menyiapkan berbagai perlengkapan, termasuk pakaiannya. Sebagai orang tua, Anda pasti ingin memilihkan yang terbaik.

Selain modelnya yang lucu, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan ketika memilih baju bayi. Kami akan mengulasnya secara tuntas dalam artikel ini. Setelah itu, kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh baju bayi terbaik versi PickyBest. Mulai dari Little Palmerhaus, Mooi, hingga Hey! Baby.

Cara Memilih Baju Bayi

Baju bayi yang tidak tepat bisa memengaruhi kenyamanan si Kecil. Bayi Anda bisa kedinginan, kepanasan, bahkan mengalami iritasi kulit karena bahan baju yang terlalu kasar. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih baju bayi, ya. Pahamilah jenis-jenis baju yang tepat untuk digunakan oleh bayi Anda. Dengan demikian si Kecil akan merasa nyaman dan tidak terus-terusan rewel.

Pilih Jenis Baju yang sesuai Kebutuhan Penggunaan

Terdapat berbagai macam model baju bayi, dari baju pendek, baju panjang, romper, sampai jumper. Tiap jenis baju bayi didesain dengan maksud dan kegunaan tertentu. Pilihlah sesuai keperluan dan kondisi pemakaiannya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Baju Lengan Pendek: Pakaian Harian Bayi yang Perlu Anda Sediakan Lebih Banyak

Baju berlengan pendek dapat Anda jadikan baju harian si Kecil. Baju ini sangat nyaman dipakai saat udara terasa panas. Pastikan Anda memilih bahan yang mudah menyerap keringat, ya. Anda bisa memasangkan baju lengan pendek ini dengan celana pendek atau celana panjang. Untuk newborn baby, pilih model dengan bukaan kancing depan yang akan memudahkan Anda ketika memasangkannya.

Mengapa Anda perlu menyediakan banyak baju lengan pendek? Sebab, bayi masih sering gumoh sehingga harus sering ganti baju. Tipe ini akan memudahkan karena Anda tidak perlu mengganti keseluruhan baju. Untuk bawahannya, Anda bisa memasangkan dengan celana pendek maupun celana panjang.

Baju Lengan Panjang: Membantu Tubuh Bayi Tetap Hangat di Malam Hari

Kulit bayi emang sangat sensitif, termasuk terhadap perubahan suhu. Namun, mekanisme pengaturan suhu tubuhnya belum berkembang sempurna. Baju memiliki peranan penting dalam membantunya menyesuaikan dengan suhu sekitar.

Baju berlengan panjang sangat bagus untuk melindunginya dari suhu dingin. Anda bisa memasangkannya ketika malam atau saat cuaca dingin. Namun, pastikan Anda memilih bahan yang breathable dan bisa menyerap keringat agar bayi tetap nyaman.

Sering-sering juga memeriksa apakah bayi berkeringat atau tidak. Segera lepas baju berlengan panjang saat terlihat bayi mulai kegerahan.

Baju Terusan (Romper): Praktis untuk Dipakai Bepergian

 

Romper adalah baju terusan yang memiliki lengan dan kaki panjang, dengan kancing jepret pada selangkangan serta bagian dalam kaki. Baju jenis ini sangat praktis digunakan untuk bepergian karena Anda tidak perlu memikirkan padu padannya. Modelnya yang terusan akan membuat perut bayi Anda tetap terlindungi sehingga tidak mudah masuk angin. Kancing jepret di selangkangan juga akan memudahkan Anda mengganti popok tanpa harus membuka baju secara keseluruhan.

Desain romper ini cocok digunakan oleh bayi berusia tiga bulan ke atas, yang kakinya sudah mulai aktif bergerak. Panjang bawahan romper juga beragam, mulai dari menutupi paha, mata kaki, hingga ada juga yang sekaligus berperan sebagai kaus kaki. Romper terusan kaus kaki ini sangat nyaman digunakan untuk bepergian di malam hari, atau dijadikan baju tidur ketika cuaca dingin.

Bodysuit/Jumper: Membuat Bayi Lebih Bebas Bergerak

Bodysuit atau jumper ini bentuknya mirip dengan romper. Perbedaannya adalah bagian lengan cenderung pendek dan panjangnya hanya sampai pangkal paha. Terdapat kancing jepret di daerah selangkangan yang akan memudahkan proses penggantian popok. Bagian lehernya didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pemasangan baju, meski tanpa bukaan kancing.

Sama halnya dengan romper, jumper juga cocok digunakan untuk bayi umur tiga bulan hingga dua tahun. Model ini akan membuat bayi Anda lebih leluasa untuk bergerak. Baju ini cocok digunakan sebagai baju harian atau baju dalam ketika jalan-jalan. Anda bisa memadu padankan jumper dengan celana, stocking, legging, atau bahkan rok tutu yang lucu. Jumper juga bisa menjadi kado yang pas karena banyak desainnya yang menarik dan unik.

Tentukan Ukuran Baju berdasarkan Berat Bayi

Memilih baju dengan ukuran yang tepat bagi bayi juga sesuatu yang tricky. Banyak orang yang membeli baju berdasarkan umur. Ukuran baju pun terkadang ditulis berdasarkan usianya, seperti newborn, tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, dan seterusnya. Sebenarnya, yang paling pas adalah membeli baju sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Tinggi badan bayi adalah salah satu yang lazim digunakan sebagai patokan pakaian bayi. Ukuran yang lazim beredar adalah 50-80 cm. Ukuran 50 cm biasanya cocok untuk newborn, 60 cm untuk usia tiga bulan, 70 cm untuk usia enam bulan, dan seterusnya. Selain itu, ada juga ukuran baju bayi 00000-1 yang bisa disesuaikan dengan usia dan berat badan bayi seperti pada tabel dibawah ini.

Hindari membeli baju bayi yang ukurannya pas bagi bayi Anda. Ingat, bayi akan selalu dalam masa pertumbuhan. Jadi, ada baiknya memilih baju yang sedikit longgar.

Ukuran baju Usia Berat badan
00000 Bayi premature 2 – 3 kg
0000 Bayi baru lahir (newborn) 3 – 6 kg
000 0 – 3 bulan 6 – 8 kg
00 3 – 6 bulan 8 – 10 kg
0 6 – 9 bulan 10 – 12 kg
1 9 – 12 bulan 12 kg

Pilih yang Desainnya Sederhana dan Minim Aksesori

Bayi memiliki keingintahuan yang tinggi dan cenderung ingin melahap apa saja yang ada di tangannya. Jadi, pastikan baju bayi Anda tidak memiliki aksesori yang berpotensi lepas dan termakan bayi khususnya jika tangan bayi sudah mulai aktif.

Sebenarnnya, kancing baju juga bisa membahayakan si Kecil jika tertelan. Oleh karena itu, jika baju bayi Anda berkancing, pastikan kancing tersebut terpasang kuat dan tidak mudah lepas. Selain itu, tali dan karet yang terlalu kencang juga tidak baik untuk peredaran darah bayi Anda. Untuk itu, pastikan karet pada pinggang bayi dan tali-tali tidak terlalu ketat.

Hiasan-hiasan baju seperti pita, boneka, atau manik-manik sangat berpotensi lepas dan termakan oleh si Kecil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menhhindari baju dengan hiasan berlebih. Pilih saja baju yang simpel dan mudah dipakaikan. Hindari juga baju berkerah karena akan membuat bayi tidak nyaman dan kepanasan.

Perhatikan Cara Pemasangan: Kancing Jepret, Tali, atau Velcro?

Terdapat tiga cara pemasangan baju bayi, yaitu tali, kancing jepret, dan velcro. Tali pada dasarnya mudah dilepas pasang dan bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi. Oleh karena itu, tali sangat cocok untuk bayi baru lahir. Kancing jepret cocok untuk dilapis dengan pakaian lain karena bentuknya tipis dan tidak menyentuh kulit bayi secara langsung.

Sedangkan velcro, cocok untuk bayi yang sudah mulai aktif bergerak karena waktu pemasangan bisa lebih cepat. Jadi, pada dasarnya, tali ditujukan untuk bayi baru lahir, sedangkan kancing jepret dan velcro untuk bayi yang sudah mulai aktif.

Kenali Karakteristik Bahan dan Pastikan yang Washable

Saat cuaca panas, pilihlah bahan yang breathable dan mampu menyerap keringat, seperti bahan gauze dan katun. Kedua bahan ini juga sangat nyaman dipakai sebagai dalaman agar bayi tidak kepanasan dan sirkulasi udara terjaga. Saat cuaca dingin, Anda bisa menjaga kehangatan bayi dengan melapisi baju panjang berbahan halus.

Baju yang ideal adalah yang terbuat dari 100% katun karena nyaman, tahan lama, dan mudah dicuci. Ia juga breathable dan dapat digunakan pada segala cuaca. Pilihlah baju dengan tanda bisa dicuci di mesin. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot mencuci dengan tangan sehingga hemat waktu dan energi.

10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik

Masih bingung dengan pilihan baju unntuk bayi Anda? Tenang saja, berikut kami berikan sepuluh rekomendasi baju bayi terbaik untuk membantu Anda.

1. Miabelle Bodysuit KN01

Sumber: Shopee.co.id

Pilihan murah untuk baju sehari-hari bayi Anda

Baju ini dibuat dari bahan katun yang nyaman dan memiliki desain yang lucu-lucu. Warna dasarnya putih, dengan gambar karakter hewan di tengahnya yang lucu dan berwarna cerah. Baju ini terkesan simpel namun tetap menarik.

Karena harganya yang tergolong murah, Anda bisa mengoleksi baju-baju ini sebagai baju sehari-hari. Baju ini tersedia dalam dua ukuran, yiatu S dan M. Ukuran S memiliki lebar dada 25 cm dan panjang 39 cm. Sementara itu, Lebar dada ukuran M adalah 27 cm, dengan panjang 42 cm.

Jenis baju Bodysuit
Ukuran S (0 – 6 bulan), M (6 – 12 bulan)
Cara pemasangan Kancing jepret
Bahan Katun
Kisaran harga Rp24.000

2. Little Palmerhaus Baby Sleepsuit

Sumber: Palmerhaus.com

Dilengkapi lipatan manset untuk mencegah bayi kedinginan

Terbuat dari 100% katun, baju bayi ini sangat lembut, breathable, dan bersifat non-irritating. Kainnya lentur sehingga bayi bisa bergerak bebas dengan nyaman. Berkat bahannya yang nyaman dan bisa menyerap keringat, baju satu ini bisa dipakai kapan saja saat cuaca panas maupun dingin.

Seperti yang Anda ketahui, telapak kaki dan tangan merupakan bagian yang sensitif terhadap suhu. Produk ini dilengkapi lipatan manset yang terdapat pada bagian kaki dan tangan yang bisa difungsikan sebagai kaus kaki dan sarung tangan. Dengan demikian, bayi Anda akan mendapat kehangatan ekstra. Selain itu, baju ini juga memakai fitur two-way zipper yang akan memudahkan Anda saat mengganti popok si Kecil.

Jenis baju Baju terusan
Ukuran 3m (0 – 3 bulan / 6 kg), 6m (3 – 6 bulan / 8 kg), 9m (6 – 9 bulan / 9 kg), 12m (9 – 12 bulan / 10 kg), 18m (12 – 18 bulan / 12 kg), 24m (18 – 24 bulan / 14 kg)
Cara pemasangan Zipper
Bahan 100% modal cotton
Kisaran harga Rp90.000

3. Mooi Pocket T-Shirt

Sumber: Shopee.co.id

Model crew neckline yang nyaman di leher

Bahan dari baju ini sangat lembut, ringan, dan nyaman sehingga cocok digunakan sebagai baju sehari-hari. Bagian lehernya berbentuk crew neckline yang mudah dipakai dan nyaman serta pas di leher. Sulaman karakter lucu di sakunya menjadi aksen yang manis dan memberi kesan mewah.

Produk ini hadir dalam berbagai warna menarik mulai dari maroon zebra, charcoal penguin, navy rocket, peach rabbit, blue elephant, dan mustard rainbow. Ukurannya tersedia untuk bayi 12 bulan hingga umur tiga tahun.

Jenis baju Baju pendek
Ukuran Lingkar dada 56 – 68 cm / panjang baju 35 cm (1 tahun), lingkar dada 60 – 62 cm / panjang baju 38 cm (2 tahun), lingkar dada 64 – 66 cm / panjang baju 41 cm (3 tahun)
Cara pemasangan Standar
Bahan 100% combed cotton
Kisaran harga Rp30.000 – Rp35.000

4. Maison Elmesa Baby Sleepsuits

Sumber: Shopee.co.id

Terbuat dari ultrafine cotton khusus untuk bayi

Kulit bayi memang sangat lembut dan halus sekaligus sensitif dan mudah mengalami iritasi. Pakaian bayi satu ini dibuat dari ultrafine cotton yang dirancang khusus untuk menjaga kelembutan kulit bayi. Terbuat dari serat kapas berkualitas tinggi, tekstur baju ini sangat lembut dan nyaman dipakai.

Tak hanya itu, baju dari Maison Elmesa ini juga didesain dengan ukuran yang lebih besar daripada brand lainnya. Jadi, si Kecil akan merasa nyaman karena lebih bebas bergerak. Hal itu juga akan membuat baju ini lebih awet dan bisa dipakai lebih lama.

Jenis baju Baju terusan
Ukuran Lebar dada 25 cm / panjang baju 55 cm / berat maks. 7,5 kg (0 – 3 bulan), lebar dada 26 cm / panjang baju 60 cm / berat maks. 9 kg (3 – 6 bulan), lebar dada 27 cm / panjang baju 64,5 cm / berat 10,5 kg (6 – 9 bulan), lebar dada 28 cm / panjang baju 69 cm / berat 12 kg (9 – 12 bulan), lebar dada 29 cm / panjang baju 74,5 cm / berat 13,5 kg (12 – 18 bulan)
Cara pemasangan Two-way zipper
Bahan Ultrafine cotton
Kisaran harga Rp152.100

5. Hey! Baby Semangkok

Sumber: Shopee.co.id

Desainnya unik, mirip gambar pada mangkuk mi ayam

Jika Anda adalah penggemar jajanan pinggir jalan seperti mi ayam atau bakso, pasti akan langsung mengenali gambar ini. Gambar ayam jago yang jadi iconic khas mangkuk jajanan pinggir jalan. Modelnya simpel, tetapi unik dan menarik perhatian.

Produk ini terbuat dari bahan katun 100% sehingga tidak perlu diragukan lagi kenyamanannya. Selain untuk pemakaian sendiri, baju ini juga cocok dijadikan hadiah untuk teman yang baru melahirkan. Dijamin, teman Anda akan langsung tersenyum ketika membukanya.

Jenis baju Bodysuit
Ukuran Lebar dada 23 cm / tinggi 38 cm (3 – 6 bulan), lebar dada 24 cm / tinggi 40 cm (6 – 9 bulan), lebar dada 25 cm / tinggi 42 cm (9 – 12 bulan), lebar dada 26 cm / tinggi 44 cm (12 – 18 bulan)
Cara pemasangan Kancing jepret
Bahan 100% cotton
Kisaran harga Rp89.000

6. Dreamwear Velvet Sleepsuit

Sumber: Shopee.co.id

Motif binatang lucu untuk menemani si Kecil tidur

Sesuai namanya, Dreamwear Velvet Sleepsuit ini sangat pas untuk menemani si Kecil terlelap. Produk ini terbuat dari bahan yang halus dan lembut, demi menjaga kenyamanan si Kecil. Bukaan kancing di bagian depan hingga bagian dalam kakinya akan memudahkan Anda saat mengganti popok.

Romper ini memiliki desain hingga menutup ujung kaki sehingga Anda tidak perlu memasangkan kaus kaki secara terpisah. Bagian tangannya juga dilengkapi lipatan yang bisa difungsikan sebagai kaus tangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir si Kecil akan merasa kedinginan meski menolak dipakaikan selimut ketika tidur.

Jenis baju Baju terusan
Ukuran NB (0 – 3 bulan / berat maks. 6 kg), S (3 – 6 bulan / berat 6 – 8 kg), M (6 – 9 bulan / 8 – 9,5 kg), L (9 – 12 bulan / 9,5 – 11 kg)
Cara pemasangan Kancing
Bahan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp108.900 – Rp119.900

7. Libby Baju Panjang Newborn Warna Set 3 Pcs

Sumber: Shopee.co.id

Lindungi kulit si Kecil dengan baju panjang satu ini

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan baju yang cocok dipakai sebagai dalaman. Produk ini terbuat dari katun khusus yang lembut dan sangat nyaman dipakai. Ia juga dirancang antialergen dan antibakteri untuk mencegah alergi kulit seperti gatal-gatal dan iritasi.

Proses pembuatannya tidak menggunakan bahan kimia berbahaya sehingga sangat aman bagi bayi. Produk ini juga tidak mudah melar, luntur, atau berbulu sehingga awet dan tidak gampang rusak.

Jenis baju Baju panjang
Ukuran Lebar dada 24 cm / panjang baju 25 cm (0 – 3 bulan), lebar dada 25 cm / panjang baju 27 cm (3 – 6 bulan)
Cara pemasangan Kancing
Bahan Special cotton
Kisaran harga Rp58.000

8. Hey! Baby Jason Set Jumper

Sumber: Shopee.co.id

Alternatif untuk mengenalkan peci sejak dini

Romper set ini dilengkapi dengan satu peci yang mungil dan sangat menggemaskan. Bentuknya pun menyerupai baju koko untuk pria dewasa. Baju ini cocok dipakai untuk di hari raya atau sekedar beribadah di masjid. Peci mungilnya bisa digunakan sebagai penangkal sinar matahari sekaligus melindungi kepala si Kecil dari angin.

Tambahan dua kantong pada bagian pahanya menjadi aksen yang membuat baju ini terlihat lebih keren. Pilihan warna army dan khaki-nya juga akan membuat bayi Anda terlihat seperti little gentleman. Bahan yang digunakan adalah katun toyobo, yang dikenal adem, halus, dan nyaman digunakan.

Jenis baju Baju terusan
Ukuran Lebar dada 24 cm / tinggi 46 cm (3 – 6 bulan), lebar dada 26 cm / tinggi 47 cm (6 – 9 bulan), lebar dada 27 cm – tinggi 50 cm (9 – 12 bulan), lebar dada 28 cm / tinggi 53 cm (12 – 18 bulan)
Cara pemasangan Kancing
Bahan Katun Toyobo
Kisaran harga Rp121.000 – Rp135.000

9. Bearhug Atasan Bayi ATCO Printing

Sumber: Shopee.co.id

Kaus bersertifikat SNI dengan motif unik

Bagian leher yang sempit dan ketat sering menyusahkan saat memakaikan baju melewati kepala bayi. Akibatnya, bayi akan menangis karena tersangkut baju dan kulitnya yang masih sangat halus tergesek. Namun, Anda tidak perlu khawatir hal itu akan terjadi dengan kaus ini. Bagian leher baju ini berbentuk rib stretch yang mudah melar.

Kaus lengan pendek ini terbuat dari 100% katun yang sangat nyaman dan mudah menyerap keringat. Desainnya simpel, dengan pilihan warna menarik dan printing yang lucu-lucu. Keseluruhan proses pembuatan kaus ini sudah menggunakan Standar Nasional Indonesia. Jadi, bisa dipastikan kaus ini aman digunakan oleh bayi Anda.

Jenis baju Baju pendek
Ukuran Untuk usia 6 – 18 bulan
Cara pemasangan Standar
Bahan 100% cotton
Kisaran harga Rp99.900

10. Fluffy Baby Wear Baju Panjang Newborn Set 3 Pcs

Sumber: Shopee.co.id

Terbuat dari campuran bahan TC yang lebih baik daripada katun biasa

Baju panjang satu ini terbuat dari bahan kaus TC, campuran katun dengan bahan sintetis yang menghasilkan kualitas lebih baik dari katun pada umumnya. Keunggulan bahan ini yaitu handfeel-nya lembut sehingga nyaman dipakai. Selain itu, kaus ini memiliki daya serap yang baik sehingga nyaman digunakan pada cuaca panas sekalipun.

Proses pembuatan baju ini juga telah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang pastinya aman untuk bayi. Kelebihan lainnya, baju ini tidak mudah berubah bentuk ketika dicuci sehingga lebih awet dipakai.

Jenis baju Baju panjang
Ukuran Untuk usia newborn dengan berat 3 – 5 kg
Cara pemasangan Kancing
Bahan Teteron contton / gabungan serat kapas (serat alami) dan sintetis
Kisaran harga Rp54.000

Kesimpulan

Demikian sepuluh rekomendasi baju bayi terbaik pilihan PickyBest. Semoga dapat menginspirasi Anda yang sedang mempersiapkan kelahiran buah hati atau mencari kado untuk teman. Dalam memilih pakaian bayi, pastikan Anda memeriksa kualitas bahannya agar tidak mengiritasi kulit si Kecil. Ada baiknya Anda memilih model yang simpel tanpa banyak aksesori yang ditempel, demi kenyamanan bayi. Bila menginginkan aksen, Anda bisa bermain warna atau memilih baju dengan hiasan berupa printing.

Apabila Anda mencari baju bayi untuk kado, sebaiknya pilih ukuran yang lebih besar. Biasanya, ukuran 80 dapat dipakai lebih lama karena cocok untuk bayi berumur sembilan bulan hingga satu setengah tahun. Baju dengan desain menarik atau bermerek mungkin bisa dijadikan pertimbangan ketika memilih kado. Selamat berburu pakaian mungil!

(Visited 60 times, 1 visits today)