Written by 08:12 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik

Keju cheddar adalah keju yang berasal dari susu sapi yang populer di dunia. Rasa keju yang kuat dan gurih membuatnya cocok dijadikan taburan roti, pelengkap salad, serta berbagai olahan makanan. Apakah Anda berencana membeli keju cheddar?

Sebelum membeli, Anda perlu mengetahui berbagai jenis keju cheddar yang beredar di pasaran. Pilihannya pun cukup beragam, dari mulai Kraft, Diamond, Anchor, hingga merek lokal Prochiz tersedia. Mana keju cheddar sesuai kebutuhan Anda? Baca sampai akhir!

Cara Memilih Keju Cheddar

Sekilas, cheddar mungkin terlihat sama. Namun, ada cukup banyak poin yang memengaruhi pemilihan keju cheddar. Jenis, negara produsen, usia, bentuk, dan ukuran adalah faktor penentu yang mesti Anda perhatikan.

Pilih Red Cheddar dan White Cheddar?

Secara umum, keju cheddar dibedakan menjadi red cheddar dan white cheddar. Mari berkenalan dengan dua macam keju ini untuk memantapkan pilihan Anda!

Red Cheddar: Mengandung Pewarna Makanan tanpa Tambahan Rasa

Red cheddar adalah keju yang sudah ditambahkan pewarna makanan dari tanaman kesumba. Keju ini banyak dijumpai di wilayah Kanada dan Amerika Serikat. Zat pewarna yang terkandung di dalam keju ini tidak menambahkan rasa, alias hanya membuat keju terlihat menarik. Warnanya juga beragam, mulai dari merah, oranye, hingga kuning.

White Cheddar: Menampilkan Warna Asli Keju

Berbeda dengan red cheddar, sebutan white cheddar merujuk pada keju dengan warna alami. Karena tidak diberi tambahan pewarna, keju jenis ini menampilkan warna asli keju, yakni putih gading atau putih pucat. Antara red cheddar dan white cheddar hanya berbeda dari segi warna, namun perihal rasa tetaplah sama.

Jika Memungkinkan, Ketahui Asal Negara Produsen Keju

Keju cheddar bisa ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Jenisnya pun beragam, dari cheddar rendah lemak hingga yang kandungan lemaknya tinggi. Berdasarkan standar perdagangan Eropa, keju dengan cita rasa autentik hanyalah produk asli Inggris yang dilabeli “West Country Farmhouse Cheddar”.

Sayangnya, keju cheddar produksi Inggris cukup sulit didapatkan di pusat perbelanjaan dalam negeri. Sekalipun ada, mungkin harga jualnya tergolong mahal. Sebagai alternatif. Anda bisa menikmati cheddar produksi negara lain, seperti New Zealand, Amerika Serikat, dan Jepang. Bahkan, Anda bisa temukan produsen keju asli Indonesia, lho!

Pilih Bentuk Keju sesuai Penggunaannya

Di Indonesia, keju cheddar umum berbentuk balok (block) dan lembaran (slice). Keju cheddar balok memiliki varian ukuran beragam, mulai dari 150 gram – 1 kilogram. Keju ini cocok untuk kreasi berbagai masakan, seperti martabak manis, donat, taburan salad, hiasan brownies, dan sebagainya.

Sementara, keju slice lebih cocok untuk membuat sajian praktis, seperti sandwich atau roti bakar. Di samping menghemat waktu, keju slice membuat Anda tak harus capek memarut keju. Namun, pilihan keju slice tidak sebanyak keju balok. Isi keju per kemasan umumnya berkisar antara 8 – 10 lembar.

Pilih Rasa berdasarkan Tingkat Kematangan (Usia) Keju

Soal rasa, terdapat perbedaan di antara setiap produk. Salah satu faktor pembeda rasa keju cheddar adalah tingkat kematangannya. Keju yang disimpan lebih lama akan semakin matang, rasanya pun semakin kuat. Harga keju yang sudah tua biasanya lebih mahal dibanding yang baru disimpan.

Ada beberapa varian keju cheddar berdasarkan usia kematangannya, yaitu mild (keju yang disimpan selama kurang lebih 3 bulan), medium (usia simpan 6-9 bulan), extra mature (usia simpan 15 bulan), dan vintage (usia simpan 18 bulan atau lebih). Anda sebaiknya mengutamakan selera agar maksimal dalam menikmati keju.

Agar Tidak Ada yang Terbuang, Bijaklah Menentukan Ukuran

Keju cheddar termasuk makanan yang dapat membusuk dengan cepat sekalipun sudah disimpan di dalam kulkas. Oleh karena itu, bijaklah sebelum membeli. Jika ingin membuat kreasi masakan dengan tambahan keju cheddar, sesuaikanlah ukuran keju yang Anda beli dengan kebutuhan.

Bila lebih sering membuat sandwich atau sebagai topping salad, Anda bisa membeli ukuran 100 atau 250 gram. Sedangkan, jika berencana memasak kue dalam porsi besar, pilihlah varian 500 gram hingga 2 kilogram. Dengan begitu, tak akan ada keju yang terbuang sia-sia, apalagi sampai busuk.

10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik

Selanjutnya, kami akan menampilkan sepuluh pilihan keju cheddar yang mudah Anda temukan di pasaran. Pilihlah keju sesuai kebutuhan Anda!

1. Diamond Cheddar Cheese

Mengandung cheese yang tinggi untuk hadirkan sensasi creamy dan milky

Keju cheddar yang berasal dari Australia ini tepat untuk Anda yang berbujet minim. Walau ramah kantong, Diamond Cheddar Cheese tersusun dari keutamaan cheese curd yang berkualitas.

Produk ini menawarkan rasa keju yang cukup kuat. Selain itu, Anda yang menggemari susu mungkin bakal menikmati sensasi rasa creamy dan milky dari keju berkandungan cheese tinggi ini.

Negara produsen kejuAustralia
Bentuk kejuBlock
Ukuran/isi180 g
Kisaran hargaRp21.000

2. Anchor Slice-on-Slice Processed Cheddar Cheese Pale

Pilihan tepat untuk Anda yang hobi membuat hamburger dan sandwich

Slice cheese dari Anchor ini berbentuk lembaran – lembaran keju tumpuk tanpa bungkus untuk setiap lembarnya. Selain hemat plastik, kemasan seperti ini juga memudahkan proses penyajian.

Produk ini akan meleleh ketika dipanaskan. Buat Anda yang ingin menikmati keju leleh sebagai isian sandwich atau hamburger, tekstur creamy yang ditawarkan produk ini kemungkinan bakal Anda suka!

Negara produsen kejuNew Zealand
Bentuk kejuSlice
Ukuran/isi1,04 kg / 84 lembar
Kisaran hargaRp135.000

3. Bega Cheddar Cheese Extra Tasty

Tingkat kematangan lebih lama, rasanya pun semakin mantap!

Jika Anda penyuka rasa keju yang kuat, jangan lewatkan produk dari Bega ini. Telah melalui masa pematangan lebih lama, Bega Cheddar Cheese Extra Tasty memiliki rasa lebih kuat. Tak hanya itu, tekstur kejunya yang halus dan lembut akan semakin menggugah selera makan Anda.

Negara produsen kejuAustralia
Bentuk kejuSlice
Ukuran/isi250 g
Kisaran hargaRp63.900

4. Prochiz Processed Cheddar Cheese

Sumber: Prochiz.com

Produk lokal yang terbuat dari bahan berkualitas

Prochiz adalah merek lokal yang menghadirkan keju bertekstur lembut dan relatif padat. Selain itu, keju ini juga gampang diparut. Keju yang sudah diparut pun mampu mempertahankan bentuknya, sehingga cocok dijadikan topping. Produk ini dapat melengkapi berbagai resep kue ataupun masakan lain buatan Anda.

Prochiz memastikan produk ini terbuat dari bahan-bahan bermutu tinggi. Bicara keamanan, BPOM telah menjamin produk ini layak edar. Pilihan ukuran yang disediakan juga beragam. Anda bisa memilih ukuran 170 gram untuk penggunaan harian, atau ukuran 2 kg bila hendak mengadakan pesta.

Negara produsen kejuIndonesia
Bentuk kejuBlock
Ukuran/isi170 g
Kisaran hargaRp21.200

5. Emina Rich Cheese

Selain nikmat, juga dipenuhi bermacam nutrisi baik

Selain tinggi akan protein, keju cheddar dari Emina ini juga tinggi vitamin D serta kalsium. Bagi Anda yang peduli kesehatan tulang dan gigi, tak ada salahnya mencoba produk ini.

Sesuai namanya, cita rasa keju ini begitu rich, membuat makanan terasa lebih nikmat. Teksturnya lembut dan kemudahannya diparut menjadikan produk ini ideal sebagai topping, dressing, atau bahkan dimakan langsung!

Negara produsen kejuIndonesia
Bentuk kejuBlock
Ukuran/isi165 g
Kisaran hargaRp23.000

6. Kraft Cheddar

Saat dipanggang menghasilkan warna keemasan yang menggoda!

Bila Anda menginginkan keju bertekstur lembut, cobalah Kraft Cheddar. Selain menawarkan tekstur lembut, hasil parutan keju ini lebih kering. Bila terlibat dalam proses pemanggangan, Anda bisa menikmati keju panggang dengan warna keemasan.

Kraft tak sekadar menyediakan keju balok berukuran 175 gram, melainkan pilihan kemasan ukuran 75 gram dan 35 gram. Walau dapat menentukan jumlah isi sesuai kebutuhan, Anda mungkin perlu melakukan pertimbangan lain mengingat produk ini tidak terbuat dari susu, melainkan processed cheddar.

Negara produsen kejuAmerika Serikat
Bentuk kejuBlock
Ukuran/isi175 g
Kisaran hargaRp24.800

7. MEGcheddar Slice

Sumber: Megcheese.id

Setiap lembarnya tidak mudah patah dan retak!

Sering melewatkan sarapan akibat tidak punya waktu? Dengan MEGcheddar Slice, Anda tetap bisa menyiapkan sarapan tanpa menyita banyak waktu. Lembaran kejunya dapat dijadikan isian hamburger atau sandwich, membuat sarapan siap santap!

Oleh karena memiliki tekstur lembut dan elastis, slice cheese ini tidak mudah patah saat dikeluarkan dari kemasan. Produk dalam golongan processed cheddar ini memiliki masa kedaluwarsa 10 bulan.

Negara produsen kejuJepang
Bentuk kejuSlice
Ukuran/isi136 g / 8 lembar
Kisaran hargaRp18.500

8. Top Chiz Keju Cheddar Olahan

Sumber: Blibli.com

Hasilkan parutan panjang, hidangan tampak semakin menggoda!

Sedang mencari keju cheddar dengan harga ekonomis? Jika demikian, kami rekomendasikan produk dari Top Chiz satu ini. Gunakanlah keju berikut sebagai topping atau isian berbagai makanan, mulai dari kue, roti, banana nugget, atau martabak.

Berbentuk balok, Top Chiz Keju Cheddar Olahan memiliki keunggulan gampang diserut. Hasil serutan kejunya panjang, makanan Anda pun tampak memikat. Selain itu, keju produksi lokal ini juga tidak mudah gosong dan patah, lho!

Negara produsen kejuIndonesia
Bentuk kejuBlock
Ukuran/isi250 g
Kisaran hargaRp14.500

9. Diamond Dairy Land Cheddar Easy Grate

Sumber: Shopee.co.id

Sebagai topping, filling, atau mixing, semua bisa!

Keju bertekstur padat diproduksi Diamond untuk Anda pecinta hidangan berkombinasikan keju. Terbuat dari dadih keju berkualitas, Dairy Land Cheddar Easy Grate menawarkan cita rasa lezat, serta kebaikan terhadap fungsi kesehatan.

Rasa gurih asin berpadu kelembutan membuat keju ini begitu nikmat ketika diolah sebagai topping maupun filling. Bila ingin Anda campurkan ke adonan pun, keju cheddar balok ini menjadi pilihan tepat.

Negara produsen kejuTidak disebutkan
Bentuk kejuBlock
Ukuran/isi2 kg
Kisaran hargaRp135.000

10. Anchor Processed Cheddar Cheese Easy to Grate

Hasil parutan tetap lembut meski telah melewati proses pemanggangan!

Bila Anda cukup sering menggunakan keju, lebih direkomendasikan memilih keju berukuran besar. Anchor memproduksi keju cheddar seberat 2 kg yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Berbeda dengan kebanyakan keju, cita rasa keju Anchor satu ini cenderung gurih dan tidak asin.

Kelebihan lain keju ini adalah warnanya yang tidak gosong saat dipanggang. Anda pun tetap merasakan kelembutan keju setelah dipanggang. Oleh karena memahami demografi penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam, Anchor memastikan produknya ini berstatus halal.

Negara produsen kejuNew Zealand
Bentuk kejuBlock
Ukuran/isi2 kg
Kisaran hargaRp180.600

Kesimpulan

Mungkin, keju cheddar tampak serupa satu sama lain. Akan tetapi, kandungan, bahan dasar, serta negara asal produsennya boleh jadi berbeda. Ada banyak pertimbangan sebelum membeli keju cheddar, mulai dari harga, usia keju, kandungan gizi, serta jenisnya.

Sebaiknya Anda membeli keju cheddar sesuai kebutuhan. Jika ingin membuat makanan dalam jumlah sedikit, pilihlah keju varian 100 g hingga 250 g. Sementara, ketika ingin memasak dalam porsi besar, lebih hemat membeli keju ukuran 1 kg atau lebih. Semoga ulasan ini membantu Anda memperoleh keju cheddar terbaik!

(Visited 244 times, 6 visits today)